35 Hewan Peliharaan Menarik, Lucu dan Menggemaskan

Kesenangan untuk memelihara hewan peliharaan adalah hal yang wajar karena ikatan antara manusia dan binatang bisa menjadi sangat dekat. Memberikan kasih sayang dan perhatian kepada hewan peliharaan dapat memberikan rasa bahagia.

Saling berbagi antar makhluk hidup membuat kita dapat merasakan sebuah kesenangan yang sama halnya dengan melakukan suatu kegiatan yang di sukai.

Memelihara binatang juga cukup membantu keseharian kita. Misalnya untuk menjaga rumah seperti anjing, untuk menemani kegiatan di rumah dan melepaskan rasa ingin memberikan perhatian.

Mulai dari binatang yang unik dan lucu hingga binatang yang terbilang cukup ekstrim sering di pelihara oleh para pecinta binatang.

Biasanya mereka bahkan memiliki koleksi binatang kesukaan. Tiap binatang tentu memiliki ciri, karakteristik, fungsi dan metode perawatan yang berbeda. Tergantung bagaimana kebutuhan dan kesukaan seseorang terhadap tiap jenis hewan peliharaan.

Kumpulan Jenis Hewan Peliharaan Lucu

kumpulan jenis hewan peliharaan
masterpet.com

Jika ingin memiliki hewan peliharaan yang ramah dan manja, kucing mungkin akan cocok. Namun tulisan ini akan menghadirkan beberapa jenis binatang yang layak di coba untuk Anda pelihara.

ANJING SHIBA INU

ANJING SHIBA INU
www.dictio.id

Anjing seringkali di pilih menjadi hewan peliharaan karena di anggap menarik dan memiliki banyak fungsi, selain untuk dijadikan hewan peliharaan anjing asal Jepang bernama Shiba Inu ini juga cocok di fungsikan sebagai teman dan penjaga rumah. Ia bertelinga kecil yang cukup tegak lurus ke arah atas dan memiliki tubuh berukuran sedang.

Sedangkan bagian belakang tubuhnya berbulu coklat dan putih di bagian dada membuatnya tampak menarik dan lucu. Sekilas tampilan anjing Shiba Inu tampak seperti serigala. Ia pun sangat mandiri dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu detil.

Anjing Shiba Inu adalah jenis anjing yang berasal dari negara Jepang, anjing ini memiliki ciri khas pada telinganya yaitu memiliki ukuran sedang yang terlihat kecil dan cukup tegak ke atas. Di tambah lagi dengan struktur yang melengkung membuat anjing ini terlihat sangat mirip dengan serigala.

Anjing Shiba Inu juga memiliki fitur lincah, suka bermain, dan dapat dengan mudah belajar hal baru. Bulunya yang halus berwarna cokelat di bagian belakangnya dan berwarna putih di bagian dadanya membuat anjing ini tampak lucu memiliki ukuran tubuh sedang. Anjing ini terbilang sangat mandiri sehingga sangat membutuhkan perawatan dari manusia.

ANJING ELKHOUND NORWEGIA

ANJING ELKHOUND NORWEGIA
thegorbalsla.com

Kali ini kita masih membicarakan jenis anjing bertubuh besar dengan nama Elkhound yang berasal dari Norwegia atau biasa di juluki dengan nama Elkhound Norwegia. Berbekal tubuh besar nan gagah anjing ini biasanya juga di percayai ampuh untuk menjaga rumah.

Karena tak hanya besar, Elkhound juga bertelinga seperti serigala menjadikannya tampak cukup sangar. Sementara itu bulu hitamnya semakin mendukung tampilan gaharnya. Namun ada corak putih di tubuh bagian bawah seperti dada dan perut. Sedangkan keempat kakinya biasanya dominan berbulu hitam.

Meski mirip dengan serigala dan tampak gahar karena tubuh besarnya Elkhound ternyata merupakan anjing yang penurut dan sangat peka terutama pada pemiliknya. Di percaya bahwa Elkhound juga merupakan anjing yang senantiasa menghibur tuannya ketika tampak bersedih di hadapannya.

Biasanya Elkhound mendekati tuannya dan merebahkan tubuh di pangkuan pemiliknya. Ternyata binatang yang tampaknya menyeramkan bisa menjadi sahabat manusia yang mampu menemani dan menghibur ya.

ANJING GOLDEN RETRIEVER

ANJING GOLDEN RETRIEVER
id.wikipedia.org

Golden Retriever memang dapat menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan. Dengan ukuran sedang dan berbulu putih agak cokelat yang lebat. Golden Retriever adalah anjing yang menyenangkan dan ramah sehingga cocok untuk di jadikan hewan peliharaan di rumah.

Untuk perawatannya Golden Retriever membutuhkan ciri perawatan yang rutin dan memerlukan shampo khusus untuk di gunakan secara teratur.

Bulunya yang halus tumbuh dengan cepat menjadi panjang, maka setelah di mandikan dan di keringkan sisirlah bulunya agar rapi dan tidak kusut menggunakan sisir yang lembut.

Tipe anjing yang menyenangkan ini bisa di ajak bermain di halaman rumah dan tidak mengganggu di dalam rumah. Kebersihannya harus selalu di jaga agar terhindar dari penyakit. Golden Retriever cukup lepas untuk di jadikan sahabat manusia dan patuh pada pemiliknya.

ANJING POMERANIAN

ANJING POMERANIAN
Anjing Pomeranian

Beberapa mungkin sudah sangat mengenal anjing ini. Biasanya Pomeranian sangat di anjurkan pada pemelihara pemula. Alasan karena Pomeranian cukup mudah di atur. Selain itu jenis perawatannya juga tidak rumit. Ukuran tubuh Pomeranian yang kecil menjadikannya tampak lucu dan di senangi sebagian besar orang.

Tingkah polahnya juga menambah kelucuan Pomeranian yang senang berlarian kesana kemari. Ia memang anjing dengan tipe ceria yang menyenangkan dan cukup manja pada manusia. Dengan bulu putih agak coklat yang lembut dan halus Pomeranian tampak imut dan menarik.

Namun, perawatan terhadap bulu-bulunya juga perlu di perhatikan yakni harus di sisir terutama setelah di mandikan, tujuannya tentu saja supaya tidak kusut dan ikal. Pemandian anjing ini ialah dengan menggunakan shampo dan segera di keringkan layaknya anjing-anjing lainnya.

Pomeranian sangat cocok tinggal bersama manusia di rumah, namun ia juga memerlukan rumah istirahatnya sendiri, tidak perlu terlalu besar namun tetap harus nyaman bagi si Pomeranian. Sebagai teman bermain, tentu tidak perlu di ragukan, ia pun bisa menjadi sahabat bagi si kecil.

KUCING ANGGORA

KUCING ANGGORA
kucing.co.id

Anggora, kucing yang lucu dan manis dengan bulu lebat yang familiar di kalangan pecinta hewan peliharaan khususnya kucing. Anggora ada hampir di setiap negara. Bulunya halus panjang, ukuran tubuhnya sedang dan bisa tumbuh cukup besar di banding kucing pada umumnya.

Selain halus dan panjang, Anggora juga memiliki tipe bulu yang mengembang memenuhi seluruh bagian tubuhnya sehingga tampak lucu dan menarik. Sebagian besar kucing Anggora memiliki ekor yang mengembang. Anggora tidak hanya lembut bulunya, ia juga jinak dan manis kepada banyak orang.

Jadi kucing jenis ini tidak berbahaya. Anggora sangat senang bila di ajak bermain karena ia tergolong kucing yang aktif.

Tidak lengkap rasanya jika pecinta kucing tak mencoba memelihara kucing Anggora. Karena perawatannya tak begitu sulit dan termasuk mudah. Anggora hanya perlu di pelihara seperti kucing peliharaan pada umumnya.

Yang paling penting di perhatikan adalah jenis makanan dan kesehatan bulu-bulunya. Anggora juga akan lebih senang jika memiliki rumah istirahat dan tempat bermain sederhana. Anda juga bisa mengajaknya bermain di teras atau halaman rumah dan menjadikan Anggora sebagai teman di rumah atau teman bermain putra-putri kecil Anda selagi itu tidak membahayakan mereka maupun kucing itu sendiri.

KUCING PERSIA

KUCING PERSIA
Kucing Persia

Masih membahas spesies yang sama yakni kucing. Kali ini ada kucing Persia yang bisa Anda jadikan pilihan hewan peliharaan rumahan. Kucing persia berpostur mungil sehingga sangat lucu. Kaki-kakinya pendek dan berbulu lebat. Hampir semua orang menyukai kucing Persia.

Kucing Persia juga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga mudah pula di rawat dan akrab dengan pemilik dan orang sekitar. Sama halnya dengan kucing Anggora hal yang perlu di perhatikan dari perawatan kucing ini di antaranya yang terkait dengan makanan dan perawatan bulu.

Itu tidak sulit, Anda hanya perlu menyediakan makanan yang tepat bagi kucing Persia dan memandikannya secara rutin dan selalu merapikan bulunya setelah di mandikan. Tidak perlu terlalu sering memandikannya, cukup seminggu sekali untuk merontokkan bulu-bulu tua yang sudah rusak.

KUCING KAMPUNG

KUCING KAMPUNG
pasberita.com

Selain kedua jenis kucing di sebelumnya, jenis kucing ini adalah kucing yang paling atau bahkan sangat mudah di rawat. Asalnya dari Indonesia, karena itu sering di juluki kucing kampung. Memang, tampilannya cukup biasa, warnanya beragam ada yang hitam pekat, putih, coklat muda, coklat tua atau kombinasi beberapa warna.

Meskipun tampilannya tampak biasa, namun mereka juga bisa sangat manis dan jinak jika di pelihara dan di sayangi dengan baik. Untuk memelihara kucing ini, bisa di mandikan seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Sedangkan untuk makanan, pemberiannya tidak terlalu rumit.

Bisa menggunakan makanan khusus kucing, namun bisa pula menggunakan lauk pauk yang kita makan sehari-hari seperti campuran nasi dan ikan asin, teri atau telur. Kucing ini juga memakan makanan daging seperti daging ayam dan ikan air baik tawar maupun ikan laut. Jadi untuk perawatan soal makanan, kucing inilah yang paling mudah.

Selain mudah di rawat, mereka juga terbilang mandiri, jinak dan menyenangkan. Beberapa kucing ada yang bermata besar dan bulat. Ada pula yang bermata sedikit panjang dan tidak terlalu besar. Ada yang berekor panjang dan ada yang berekor pendek. Peranakannya juga cukup cepat, satu induk kucing bisa melahirkan satu hingga lima kucing sekaligus. Rumah jadi semakin ramai dan menyenangkan.

LANDAK MINI

LANDAK MINI

Bicara tentang landak, mungkin yang paling pertama muncul di pikiran kita adalah tentang duri-duri tajamnya. Namun, landak yang akan kita bahas tidak seekstrim landak berukuran cukup besar yang bisa di temui di hutan yang sekarang sudah mulai langka.

Kini ada referensi menarik soal hewan peliharaan di mana Landak Mini sedemikian lucunya untuk di miliki. Pecinta binatang mungkin akan menyukainya. Landak Mini tentu berukuran kecil. Untuk memeliharanya memerlukan kandang yang tidak terlalu besar dan di sesuaikan saja.

Beberapa warna yang di miliki landak ini ada mulai dari hitam, cokelat dan juga putih. Namun meskipun imut dan lucu ada bagian duri yang sedikit berbahaya dan terletak di bagian belakang tubuhnya. Untuk perawatannya kita bisa membiarkan Landak Mini tinggal di kandang kecil dan memandikannya rutin secara hati-hati.

HAMSTER

HAMSTER
Hamster

Masih bicara binatang kecil nan lucu Hamster juga menarik minat kalangan pecinta binatang. Hamster yang berbentuk hampir sepenuhnya bulat, memiliki ekor kecil dan variasi warna yang beragam menyeret perhatian banyak orang seperti putih, hitam, abu-abu, cokelat bahkan merah muda.

Hewan ini banyak di pelihara dalam sebuah kandang kecil di dalam rumah. Hamster banyak terdapat di wilayah Eropa, begitupun dengan Asia. Salah satunya di negara kita, Indonesia. Sudah banyak pecinta binatang yang memelihara Hamster.

Binatang ini juga cocok bagi pemelihara binatang yang masih pemula. Anda bisa memilih Hamster dengan warna yang di sukai. Memeliharanya juga cukup mudah, ia tidak terlalu banyak makan dan sangat lucu pula bila di tempatkan di dalam rumah.

MARMUT

MARMUT
thegorbalsla.com

Jika mengingat Hamster, Marmut adalah salah satu binatang yang hampir mirip bentuknya, hanya saja Marmut memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar.

Selebihnya kedua jenis binatang ini memiliki ciri yang mirip atau bahkan sama. Dalam hal perawatan tentu marmut lebih mudah di pelihara dan bisa di tempatkan di kandang di luar rumah dengan situasi serta kondisi yang sesuai dan mendukung.

AYAM ONAGADARI

AYAM ONAGADARI
Ayam Onagadari

Bergeser ke binatang peliharaan jenis unggas, kini kita akan membahas tentang jenis Ayam Onagadari. Dari namanya mungkin sudah cukup menjelaskan dari mana asal binatang unggas yang satu ini. Sudah pasti tentu saja Jepang. Di sana, Onagadari sudah di pelihara sejak abag 16 Masehi.

Sedangkan di Indonesia baru beberapa tahun di budidayakan dan di gadang sebagai binatang peliharaan yang cukup mahal dengan harga mencapai dua juta rupiah per ekor. Ayam Onagadari cukup unik dengan ekor panjangnya yang bisa mencapai angka panjang 15 hingga 20 meter.

Bedanya di Indonesia hasil budi dayanya hanya mencapai panjang minimal satu meter hingga dua meter. Hal ini di sebabkan oleh kondisi lingkungan dan makanan yang berbeda dari negara asalnya, Jepang. Namun Onagadari masih sangat menarik untuk di pelihara para pecinta binatang.

AYAM CEMANI

AYAM CEMANI
siswonesia.com

Setelah membicarakan ayam hasil budi daya unggas asal Jepang. Kini kita beralih ke unggas lokal bernama Ayam Cemani. Bedanya, harga ayam ini sangat jauh di atas Onagadari karena mencapai angka 40 juta per ekor. Apa yang membuat binatang unggas yang satu ini sangat mahal?

Rupanya Ayam Cemani memiliki berbagai keunikan. Mulai dari kepala, bulu, kaki dan seluruh tubuhnya juga dari segi warna yang hitam pekat hingga daging dan tulangnya.

Cukup unik dan menarik mengingat ayam normal memiliki daging merah jambu dan tulang putih. Sehingga Ayam Cemani menjadi binatang unggas yang tampak spesial.

KELINCI NEW ZEALAND WHITE

KELINCI NEW ZEALAND WHITE
www.kelinci.net

New Zealand White adalah nama dari sebuah kelinci. Sebagaimana namanya, warna kelinci ini putih bersih dengan berat tubuh mencapai angka lima kilogram. Asal muasalnya adalah dari negara Belanda ketika negara tersebut menjajah Indonesia. Kini Kelinci New Zealand White mudah di temukan di Indonesia.

Tak hanya sebagai binatang peliharaan, kelinci ini juga di jadikan salah satu binatang yang bisa di olah menjadi makanan. Namun, bagi pecinta binatang mungkin mereka akan lebih memilih menjadikan Kelinci New Zealand White sebagai binatang peliharaan. Perkembangan yang terjadi, kelinci ini banyak di jadikan sebagai kelinci hias.

Perawatannya cukup mudah, bulunya yang putih bersih bisa di bersihkan secara rutin. New Zealand White dapat menghasilkan keturunan 10 hingga 12 ekor dalam sekali waktu melahirkan. Sehingga perkembangbiakannya terbilang cepat. Untuk di jadikan binatang peliharaan tentu sangat cocok.

KELINCI LION HEAD

KELINCI LION HEAD
www.dictio.id

Namanya Lion Head memang cukup unik ketika di sematkan pada spesies kelinci. Namun, hal itu tentu bukan tanpa sebab melainkan karena kelinci ini berwarna mirip dengan warna singa. Bulunya lebat serta halus dan telinganya tegak dengan kepala yang cukup bulat.

Sikap dan sifatnya lucu, binatang ini tampak menarik. Ukuran tubuh Kelinci Lion Head cukup sedang beratnya bisa mencapai satu hingga dua kilogram. Pemeliharaan Kelinci Lion Head terbilang mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak biaya.

Selain itu ukurannya yang tidak terlalu besar membuat kelinci ini sangat cocok untuk di buatkan hewan peliharaan, kelinci besar ini hanya dapat di gunakan antara 1 hingga 2 kg saja. Untuk pemeliharaannya cukup mudah, tidak perlu biaya besar dan makanan dari kelinci sangat mudah di dapat.

KELINCI NETHERLAND DWAF

KELINCI NETHERLAND DWAF
duniakelinci.com

Eropa dan Asia merupakan tempat penyebaran Kelinci Netherland Dwaf. Asalnya dari Belanda, kelinci ini lucu dengan bentuk tubuhnya yang mungil serta bulu halus yang lembut.

Budi daya banyak di lakukan terhadap Kelinci Netherland Dwaf ini. Sedangkan di Indonesia sendiri Netherland Dwaf sudah ada sejak masa kolonialisme pada kisaran abad ke 18 dan abad ke 19 dan cukup mudah di temui.

Kelinci ini cukup lihai dalam bertahan hidup maka perawatannya pun tidak begitu sulit. Netherland Dwaf mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pemeliharaan binatang ini.

KATAK

KATAK
pixabay.com

Di berbagai tempat kita sering menemui katak. Binatang ini ternyata cuga dapat di pelihara bahkan di pilih menjadi salah satu binatang hias di rumah.

Jika biasanya kita menemui katak dengan warna gelap dan kurang menarik, hal yang memberikan daya lebih dari katak yang cocok untuk di pelihara adalah bagian warna dan bentuknya.

Misalnya katak Pacman, binatang asal Amerika ini cukup unik dan mahal. Beberapa katak berwarna cerah bisa menjadi pilihan untuk di pelihara dan menjadi binatang hias. Akan sangat menarik di tampilkan.

ULAR

ULAR
cnnindonesia.com

Ular merupakan salah satu binatang yang berbahaya bahkan beberapa cukup mematikan. Tetapi para pecinta binatang tak kehabisan nyali untuk memelihara binatang ini. Berbagai corak ular yang menarik menjadi perhatian khusus bagi mereka yang sangat menyukai aneka binatang.

Adapun spesies dari ular juga menjadi alternatif penting untuk memilih ular yang akan di pelihara. Tentu harus mempertimbangkan pula tingkat kebahayaan yang mungkin terjadi meskipun sebagian ular dapat di hilangkan bisanya ketika hendak di pelihara.

Beberapa jenis yang paling sering di pilih di antaranya ular piton, sanca atau ular hijau. Namun, untuk memutuskan memelihara binatang yang memiliki potensi bahaya di perlukan pertimbangan dan fasilitas keamanan yang matang seperti kandang yang aman.

KADAL

KADAL
thegorbalsla.com

Binatang kecil ini juga menarik untuk di lirik sebagai penghias ruang tamu atau halaman koleksi binatang peliharaan. Kadal dengan jenis seperti Crested Gecko, Leopard Gecko, Blue Skinks dan Bearded Dragon memiliki ciri khas masing-masing yang menggugah daya tarik pecinta reptil atau pecinta binatang.

Tak jarang banyak orang mengkoleksi berbagai jenis kadal. Proses pemeliharaan yang tidak begitu rumit, cukup dengan memberi makan teratur dalam kandang memberikan kemudahan dalam memiliki binatang ini.

KURA KURA

KURA KURA
news.detik.com

Mulai dari usia yang masih muda hingga kura-kura dewasa banyak di pelihara oleh sebagian orang. Kura-kura dengan spesies yang masih banyak di dapat dapat di pelihara dengan mudah. Berbeda halnya dengan jenis kura-kura yang jumlahnya terbatas atau telah langka, di perlukan izin untuk dapat memiliki dan memeliharanya.

Terjadinya penangkapan liar satwa yang satu ini menjadi sebab kelangkaan beberapa jenis kura-kura tersebut. Pemeliharaannya tidak boleh di lakukan secara ilegal atau tanpa izin untuk menghindari kepunahan.

TARANTULA

TARANTULA
www.selwomarina.es

Banyak orang mengenal Tarantula sebagai laba-laba berukuran besar karena bentuknya yang memang mirip. Secara spesies memang antara Tarantula dan laba-laba memiliki kedekatan, namun dengan ukuran yang sedemikian berbeda dengan beberapa karakteristik khas lainnya maka keduanya tak bisa di samakan.

Para pecinta binatang tampaknya cukup tertarik untuk memeliharanya. Namun, beberapa spesies cukup berbahaya bagi manusia karena memiliki racun pada tubuhnya. Meskipun begitu bagi mereka yang penasaran dan menyukai Tarantula akan tetap memeliharanya dengan beberapa catatan mengenai kehati-hatian.

Secara fisik corak dan warna Tarantula cukup menarik perhatian. Namun, dalam proses perawatan tetaplah berhati-hati.

MUSANG

MUSANG
Musang

Mungkin sebagian menganggap bahwa musang adalah salah satu binatang yang senang merusak tanaman atau memburu hewan ternak yang di pelihara di sekitar rumah seperti unggas.

Namun, memeliharanya ternyata bisa memberikan keuntungan bagi petani kopi, terutama Musang Pandan yang sangat lihai membedakan biji kopi dengan kualitas tinggi.

Bentuk ekornya panjang, penampakannya juga lucu lengkap dengan corak yang membuat Musang semakin menarik di lihat. Binatang ini juga rupanya ramah dengan manusia.

Beberapa jenis lain yang mungkin untuk di pelihara di antaranya Musang Binturung, Musang Pandan, Musang Akar, Musang Rase, dan Musang Bulan.

SUGAR GLIDER

SUGAR GLIDER
www.worldatlas.com

Binatang nokturnal ini banyak terdapat di wilayah Timur negara kita, seperti Papua dan juga Maluku. Bentuk tubuhnya yang kecil mungil dan beberapa jenis warna kebanyakan binatang seperti cokelat, hitam dan putih.

Karena tubuhnya yang berukuran kecil, binatang ini bahkan bisa masuk ke dalam saku sehingga dapat di bawa kemana-mana.

Sugar Glider cukup populer belakangan ini. Bahkan terdapat suatu komunitas pecintanya. Bentuknya lucu dan unik serta mudah untuk di pelihara. Mungkin saja Anda akan turut tertarik memilikinya.

BURUNG KAKATUA

BURUNG KAKATUA
hargakatalog.id

Sebagian besar wilayah Australia, Indonesia Timur dan wilayah Papua Nugini menjadi tempat tinggal bagi Burung Kakatua. Burung yang di dapuk sebagai binatang terbang dengan kecerdasan di atas rata-rata ini memang menjadi salah satu pilihan yang banyak menarik perhatian.

Kecerdasan yang di sorot di antaranya adalah kemampuan menirukan suara manusia. Biasanya burung ini di latih hingga mampu melakukan hal tersebut. Itulah yang membuatnya menarik dan di jadikan binatang peliharaan di rumah.

Biasanya di letakkan dalam sebuah sangkar burung dengan satu cup untuk tempat makanan dan satu cup untuk tempat minumannya.

Selain kemampuannya, fisik Burung Kakatua juga menarik dengan corak warna-warni yang cerah. Namun, hanya beberapa jenis burung saja yang mampu di latih dan menirukan suara manusia.

BURUNG HANTU

BURUNG HANTU
Burung Hantu

Keberadaan Burung Hantu sebagai binatang peliharaan sudah tidak asing lagi. Keunikannya banyak di kenal oleh masyarakat luas.

Seperti kepala yang bisa berputar hingga 180 derajat penuh, berbulu halus, bermata bulat dan besar dan wajahnya tampak cukup seram bagi sebagian orang. Karena itulah burung ini di namai Burung Hantu.

Awalnya Burung Hantu tak menjadi pilihan sebagai binatang peliharaan. Namun semakin ke belakang, rupanya kekhasan Burung Hantu menarik perhatian para pecinta binatang. Bersamaan dengan itu, rupanya Burung Hantu bisa menjadi binatang yang jinak dan ramah pada manusia.

LOVE BIRD

LOVE BIRD
www.smithsonianmag.com

Love Bird sebuah nama yang menggambarkan bagaimana keutuhan seekor burung peliharaan yang cantik dan indah. Nama ini memang menggambarkan burung tersebut. Berawal dari keindahan corak dan warna Love Bird, ia pun menjadi semakin populer dan membuat banyak orang penasaran.

Mulailah burung ini di pelihara hingga semakin hari semakin banyak yang menyukainya. Warna cerah seperti hijau, orange, biru dan merah merupakan warna yang indah di lihat. Selain indah, pemeliharaan dan perkembangbiakannya pun cukup mudah sehingga bisa Anda pilih sebagai binatang peliharaan kesayangan.

BURUNG JALAK

BURUNG JALAK
Burung Jalak

Burung Jalak adalah salah satu jenis burung yang biasa di dengar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ciri utamanya ialah memiliki suara yang nyaring. Tentu saja binatang ini dapat di pilih menjadi hewan peliharaan Anda di rumah. Persebarannya pun merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Namun, tidak semua jenis Burung Jalak dapat di pelihara begitu saja karena saat ini beberapa jenisnya sudah mulai banyak berkurang hingga Burung Jalak harus di lestarikan dengan di biarkan bebas terbang di alam. Misalnya seperti Burung Jalak Bali.

BURUNG KENARI

BURUNG KENARI
Burung Kenari

Kenari, salah satu nama burung dengan daya tahan tubuh yang di kenal kebal dan memiliki warna serta kicauan yang indah. Persebarannya mencakup wilayah Eropa dan Asia. Di Indonesia, burung ini mudah di jumpai. Anda bisa memeliharanya di rumah dalam sebuah sangkar dan perawatan sederhana.

IKAN CUPANG

IKAN CUPANG
Ikan Cupang

Dari usia muda hingga tua, penggemar Ikan Cupang begitu banyaknya. Ikan ini banyak di jual di pasaran, terutama pasar ikan.

Ikan petarung ini memiliki warna-warna yang sangat bervariasi, mulai dai warna gelap hingga warna yang cukup mencolok.

Bentuknya pun di perindah dengan sirip gemulai kepunyaannya. Eksistensi Ikan Cupang masih tinggi hingga saat ini. Sangat cocok pula di jadikan binatang hias di akuarium rumah.

IKAN MAS

IKAN MAS
mediaindoinesia.com

Tak berbeda dengan Ikan Cupang, Ikan Mas pun masih cukup eksis untuk di pelihara. Bedanya, Ikan Mas dapat di konsumsi selain di pelihara. Namun banyak pula yang hanya menjadikannya ikan hias hingga ukuran yang cukup besar.

Pemeliharaannya bisa di kolam dan di beri makan secara rutin. Untuk mendapatkannya tentu sangat mudah mengingat persebarannya ada hampir di seluruh wilayah Indonesia dan berbagai negara di Asia.

IKAN ARWANA

IKAN ARWANA
Ikan Arwana

Binatang endemis ini berbentuk cantik dengan warna kemerahan. Namun, keberadaannya cukup sulit di temukan karena sudah mulai langka. Akibatnya harga Ikan Arwana cukup mahal. Namun, sangat layak untuk di jadikan binatang penghias akuarium di rumah Anda. Bagi pecinta ikan, Arwana menarik untuk di miliki sebagai bagian dari koleksi.

IKAN GUPPY

IKAN GUPPY
www.jitunews.com

Guppy, bentuknya kecil dengan beragam warna yang cantik. Ikan Guppy bisa menjadi sangat menawan bagi para pecinta ikan. Dunia ikan hias tentu tak asing dengan keberadaan Guppy. Selain mudah di kembangbiakkan, perawatan Guppy sangat mudah. Anda mungkin tertarik memelihara Guppy.

IKAN KUMPAI

IKAN KUMPAI
thegorbalsla.com

 

Mulai dari kuning, cokelat hingga warna putih yang bersih adalah warna dari Ikan Kumpai, ikan bersirip rumbai yang tampak indah dan cantik. Itulah ciri khas Ikan Kumpai. Mudah di pelihara, mudah di rawat dengan metode hampir sama dengan spesies ikan pada umumnya. Bisa di jadikan sebagai ikan hias pula.

KUDA

KUDA
www.aminoku.com

Anda suka menunggang Kuda? Atau sekedar senang melihatnya? Memelihara binatang yang cukup elit ini dapat memberikan kesan tersendiri. Terlebih jika sudah bisa di ajak berjalan-jalan sambil naik di atasnya. Anda bisa memelihara kuda dengan usia sejak muda untuk mendapatkan pengalaman merawat kuda.

Harganya memang cukup mahal, namun hal itu sebanding dengan rasa kesenangan dan kesempatan berkuda dengan Kuda kesayangan. Namun, pemeliharaannya pun tak boleh sembarangan. Kuda Anda harus di perhatikan mulai dari asupan makanan hingga kebersihan kandangnya agar Kuda tidak mudah terserang penyakit. Tentunya hal itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

KAMBING

KAMBING
Kambing

Kambing cukup bisa di andalkan untuk menjadi binatang peliharaan yang dapat mendatangkan banyak keuntungan. Mulai dari sekedar memelihara, untuk dikonsumsi secara pribadi dengan memanfaatkan dagingnya, atau bahkan untuk kepentingan bisnis.

Binatang ini mudah di temui karena banyak pemelihara dan penjualnya mulai dari kambing kecil hingga kambing dewasa. Untuk perawatan maksimal bisa dengan memberikannya rumput khusus ternak dan menjaga kebersihan kandang dengan membersihkannya secara rutin.

Namun, dapat pula dengan memberikan rumput biasa. Jangan lupa untuk memberi minumnya. Beberapa jenis kambing cukup menarik untuk sekedar di pelihara tanpa ada hubungannya dengan konsumsi pribadi atau kegiatan jual beli.

SAPI

SAPI
Sapi

Tak berbeda dengan Kambing, binatang ternak yang satu ini juga mungkin di pelihara di Indonesia. Perawatannya juga tak terlalu sulit.

Selain di pelihara, dagingnya dapat di konsumsi. Namun beberapa jenis sapi unggulan mungkin lebih cocok untuk di jadikan binatang peliharaan saja.

Sedangkan sebagian besar masyarakat terutama di pedesaan memilih Sapi sebagai binatang ternak untuk di konsumsi atau kegiatan jual beli.

Tinggalkan komentar