10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diyakini

Nama-Nama Malaikat – Dalam Islam ada satu kelompok makhluk ghaib yang di ciptakan tanpa hawa nafsu, sehingga begitu patuh dan taat pada Allah SWT, makhluk tersebut adalah malaikat. Jumlah malaikat pun sebenarnya sangat banyak, hanya saja dalam Al-Qur’an di sebutkan 10 nama malaikat yang wajib di ketahui oleh umat manusia.

Kesepuluh malaikat ini memiliki tugas masing-masing, dan sebagai umat manusia kita wajib beriman kepada malaikat sebab perintah ini merupakan rukun iman yang kedua. Maksud dari beriman pada malaikat yaitu mempercayai adanya malaikat serta mengimani adanya malaikat.

Meski tidak dapat di lihat secara kasat mata, dan hanya manusia-manusia pilihan Allah yang dapat melihat Allah, namun kita wajib meyakini jika Allah menciptakan malaikat dari cahaya.

Pengertian Malaikat

PENGERTIAN MALAIKAT
pasberita.com

Kata malaikat berasal dari bahasa Arab “malaikahatau malak” yang artinya adalah kekuatan. Kata malak sendiri berasal dari kata “masdhar al-aklukah” yang artinya risalah atau misi. Sedangkan menurut syariat dan istilah, malaikat mempunyai arti makhluk Allah SWT yang di ciptakan dari nur atau cahaya serta sifatnya ghaib.

Seluruh makhluk Allah di ciptakan mempunyai sifat serta karakteristik berbeda-beda. Malaikat mempunyai sifat yang berbeda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya, seperti jin dan manusia. Malaikat tak memiliki hawa nafsu dan rasa lapar layaknya jin dan manusia.

Makhluk ghaib ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti makhluk ciptaan Allah lainnya. Kelebihan malaikat salah satunya ialah selalu taat dan patuh terhadap tugas yang Allah berikan atau perintahkan kepadanya. Mereka pun tak pernah tidur, makan ataupun minum. Malaikat senantiasa selalu berdzikir pada Allah SWT. Dalam surat Fathir ayat 1 Allah berfirman tentang wujud para malaikat yang mempunyai 2, 3 dan 4 sayap.

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

NAMA NAMA MALAIKAT DAN TUGAS
wbur.com

Apa sajakah nama-nama malaikat dan tugasnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang menjadi pemimpin para malaikat. Tugas utama dari malaikat Jibril ialah sebagai penyampai wahyu kemudian mengajarkannya pada para nabi dan rasul Allah.

Malaikat Jibril di kenal sebagai sarana penyampainya firman Allah SWT ke bumi ini pada nabi dan rasul Allah yang di beri amanah untuk mengajak manusia agar menyembah hanya pada Allah SWT.

Tugas malaikat Jibril ini untuk menyampaikan wahyu dan mengajarkannya pada Nabi/Rasul Allah untuk kemudian di sebarkan.

Seperti tugasnya untuk menyampaikan wahyu dari Allah pada nabi Muhammad SAW yang selanjutnya di tulis dalam Al-Quran sebagai panduan hidup manusia. Tugas malaikat Jibril ini pun tertulis dalam QS. MAwyam:64.

“Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang di belakang kita, dan apa-apa yang ada di antara keduanya dan tidaklah Tuhanmu lupa”(QS Mawyam:64).

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail ialah malaikat kedua yang tugasnya memberikan rezeki pada seluruh makhluk ciptaan Allah, baik yang beriman pada Allah ataupun tidak dengan seizin Allah. Rezeki yang di bagikan malaikat Mikail bisa berupa harta, kesehatan, keluarga dan lain sebagainya, selain itu malaikat Mikail juga mengatur turunnya hujan, petir serta mengatur air yang ada di dunia ini.

Untuk menjalankan tugasnya ini malaikat Mikail tidak sendirian, Ia memiliki pasukan yang akan membantunya mengatur alam seperti angin, hujan, jalannya matahari, bulan, bintang dan juga tanaman agar bisa tumbuh serta berputar sebagaimana mestinya.

Tentunya malaikat Mikail bukan hanya memberikan rezeki pada manusia saja akan tetapi pada seluruh makhluk ciptaan Allah. Selain itu, malaikat Mikail juga memiliki tugas lain yaitu membantu Rasulullah atas izin dan kekuasaan Allah SWT. Tugas ini di buktikan dengan sabda Ibnu Abbas.

“Sesungguhnya Allah menguatkanku dengan empat pembantu: dan dari penduduk langit yaitu Jibril dan Mikail dan dua dari penduduk bumi yaitu Abu Bakar dan Umar.” (HR. IBu Abbas)

Malaikat Isrofil

Malaikat ketiga yang wajib Anda yakini keberadaannya adalah malaikat Isrofil yang bertugas meniup terompet Sangkakala. Malaikat Isrofil hanya akan meniup Sangkakala pada hari kiamat nanti sebanyak 3 kali tiupan, dimana setiap tiupan memiliki makdus tujuan tertentu.

Tiupan pertama dari malaikat Isrofil adalah sebagai tanda hari kehancuran, tiupan kedua untuk hari kematian dan tiupan ketiga untuk hari kebangkitan. Ya ketika malaikat Isrofil meniup terompetnya pertama kali maka ini merupakan tanda bahwa hari kiamat sudah tiba dan dunia seisinya akan di guncangakan.

Pada tiupan kedua seluruh makhluk yang ada di bumi dan langit akan mati kecuali malaikat yang Allah kehendaki untuk tetap hidup. Kemudian pada tiupan ketiga ialah tiupan yang bertujuan untuk membangkitkan semua yang telah mati.

Setelah tiupan ketiga seluruh ruh akan kembali ke jasadnya masing-masing dan kembali hidup. Tepat pada waktu inilah hari kebangkitan dimulai. Untuk mengakhiri tugasnya Allah telah menetapkan batasan waktu sesuai kehendak-Nya.

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail ialah malaikat keempat yang tugasnya mencabut nyawa seluruh makhluk Allah. Malaikat Izrail sendiri akan menjalankan tugasnya dalam 2 jenis bagian. Yang pertama yaitu ketika orang yang akan di cabut nyawanya adalah orang sholeh/sholehah dengan amal kebaikan banyak, maka malaikat Izrail akan mencabutnya dengan perlahan serta lembut layaknya mencabut sehelai bulu.

Berbanding terbalik dengan ketika mencabut nyawa orang yang memiliki sedikit amal kebaikan atau bahkan lebih banyak memiliki amal buruk, maka malaikat Izrail akan mencabut nyawanya dengan keras dan kasar. Tugas malaikat Izrail akan terus berjalan sampai hari kiamat kelak datang.

Setelah semua makhluk hidup yang ada di bumi dan langit mati, maka Allah akan memerintahkannya untuk mencabut nyawanya sendiri. Hingga pada hari itu malaikat Izrail merasakan betapa dahsyatnya sakaratul maut yang sedang terjadi pada dirinya sendiri.

Saat di cabut nyawanya sendiri malaikat Izrail bahkan sampai berkata: “Ya Allah seandainya saya tahu betapa pedihnya sekali sakaratul maut ini, tidak akan tega saya mencabut nyawa seorang mukmin.”

Malaikat Munkar

Malaikat kelima yang harus Anda percayai yaitu malaikat Munkar. Malaikat munkar adalah malaikat yang tugasnya menanyakan serta memeriksa amal perbuatan manusia dan juga segala tindak-tanduk manusia semua hidup di dunia. Manusia tak akan bisa berbohong ketika di tanya di alam kubur oleh malaikat Munkar dan Nankir.

Allah SWT telah berfirman dan tertuliskan di Al-Quran tentang 3 contoh pertanyaan yang akan di ajukan malaikat Munkar dan Nankir agar manusia di dunia bisa membayangkan betapa dahsyatnya alam kubur sehingga manusia bisa sadar jika hidup di dunia bukan hanya untuk bersenang-senang namun untuk beribadah kepada Allah.

Ketiga pertanyaan yang akan di tanyakan pada manusia saat di alam kubur adalah:

  • “Siapa Tuhan mu?”
  • “Siapa Nabi mu?”
  • “Apa agama mu?”

Ketiga pertanyaan tersebut akan di berikan pada seluruh makhluk hidup yang telah mati dan semuanya harus di jawab dengan cepat. Mereka yang memiliki banyak amal sholeh maka akan dengan mudah menjawab ketiga pertanyaan tersebut, sedangkan bagi mereka yang memiliki banyak amal buruk maka tidak akan bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Ketika manusia tidak bisa menjawab ketiga pertanyaan tersebut dengan benar maka malaikat Munkar akan menyiksanya dengan kejam. Ketenangan atau bahkan siksaan yang di berikan malaikat Munkar akan di rasakan manusia sampai hari kebangkitan kelak.

Jadi bisa di bayangkan betapa pedihnya siksa kubur jika semasa di dunia tak bisa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Malaikat Nankir

Hampir sama dengan malaikat Munkar, malaikar Nankir juga memiliki tugas untuk memberi pertanyaan pada manusia ketika di alam kubur atau di alam barzah.

Namun malaikat Nakir hanya akan mendatangi manusia yang memiliki banyak amal bagus. Pertanyaan yang di berikan kedua malaikat ini pun sama yaitu tentang amal perbuatan apa saja yang telah di lakukan semasa di dunia dan memintai pertanggung jawaban atasnya.

Ketika di tanyai oleh malaikat Munkar dan Nankir manusia tak bisa berbohong sebab yang menjawab bukanlah mulut melainkan seluruh anggota tubuh yang telah menjadi saksi bisu selama di dunia.

Anggota tubuh yang menjadi saksi atas kehendak Allah akan menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nankir dengan jujur. Ketika alam perbuatan manusia baik maka saksi tubuh mereka akan menjawabnya dengan mudah, namun berbanding terbalik jika amal perbuatan mereka buruk.

Malaikat Raqib

Setiap amal baik yang di lakukan oleh manusia akan di catat oleh malaikat bernama Raqib. Ya malaikat Raqib adalah malaikat yang bertugas untuk mencatat amal baik yang sudah di lakukan oleh manusia.

Sekecil apapun amal baik yang di lakukan manusia tak akan luput dari pencatatan malaikat Raqib sebab Ia akan selalu bersama manusia setiap detiknya. Semenjak manusia lahir ke dunia sampai manusia mati, malaikat Raqib akan bersamanya sehingga tak ada satu amal pun tak terlewat untuk di catat.

Semua amal baik yang di lakukan manusia pun akan di catat dengan baik dan begitu detail, dengan begitu manusia akan lebih mudah ketika di mintai pertanggung jawaban di alam akhirat kelak.

Malaikat Atid

Berbanding terbalik dengan malaikat Raqib, malaikat Atid merupakan malaikat yang tugasnya mencatat segala amal buruk manusia. Namun malaikat Atid juga akan selalu bersama manusia sama seperti malaikat Raqib.

Kedua malaikat ini akan berada di pundak kanan dan kiri manusia, sehingga ketika manusia melakukan amal buruk atau baik tak ada akan satu pun yang terlewat dari pencatatan.

Meskipun Allah bisa secara langsung menilai manusia dan sebenarnya tak membutuhkan bantuan makhluknya, namun Allah memerintahkan malaikat Raqib dan Atid sebagai bentuk pembuktian ketaatan keduanya. Pastinya catatan yang di berikan oleh malaikat Raqib dan Atid, baik catatan amal baik ataupun buruk semua bisa di pertanggung jawabkan.

Bukti bahwa Allah selalu memberikan pengawalan dua malaikat pada diri seorang manusia yang bertugas untuk mencatat amal baik dan buruk mereka telah di sampaikan di QS Qaf: 18.

“Tiada satu ucapan pun yang di ucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.: QS. Qaf: 18

Hasil catatan ini nantinya akan di timbang ada Hari Perhitungan, dimana manusia yang memiliki timbangan amal baik lebih banyak akan lolos ke surga-nya dan mereka yang memiliki timbangan amal buruk lebih banyak akan masuk ke neraka-Nya.

Malaikat Malik

Berikutnya ada malaikat Malik yang tugasnya adalah menjaga pintu neraka. Malaikat Malik di kenal sebagai salah satu malaikat yang berwujud seram karena tugasnya menjaga pintu tempat paling buruk di akhirat.

Malaikat Malik juga di kenal sebagai malaikat yang tegas serta sangat patuh pada perintah Allah. Sehingga setiap manusia yang masuk ke dalam neraka tidak akan mendapat ampun dari siksaannya.

Keburukan neraka sendiri tak bisa di bayangkan oleh pikiran manusia, dimana segala hal yang ada di dalamnya amat sangat buruk dan menyakitkan. Hingga ketika memasukinya setiap manusia pasti tidak akan sanggup menahan rasa pedih atas balasan amal perbuatannya selama di dunia.

Bukti dari ketaatan dan tugas malaikat Malik telah di sampaikan Allah dalam QS At-Tahrim ayat 6.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang di perintahkan.” (QS. At Tahrim: 6)

Malaikat Ridwan

Malaikat kesepuluh yang mungkin juga sangat di dambakan oleh manusia untuk bisa berjumpa dengannya adalah malaikat Ridwan. Dimana Ia adalah malaikat penjaga pintu surga.

Setiap manusia yang masuk ke surga akan di sambut dengan ramah oleh malaikat Ridwan, dan pastinya inilah momen yang sangat di rindukan manusia beriman.

Senyuman dan keramahan yang di berikan malaikat Ridwan ketika menyambut manusia masuk ke dalam surga menjadi satu hal yang menjadi alasan mengapa manusia sangat merindukannya. Begitu besar dan banyak kenikmatan serta keindahan yang akan di dapatkan oleh umat manusia ketika hendak memasuki surga.

Terlebih lagi kenikmatan setelah masuk surga, Subhanallah tak ada manusia yang bisa membayangkan betapa bahagia dan kagumnya dengan surga Allah.

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka di sediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka di beri rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu. Mereka di beri buah-buahan yang serupa untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah: 25)

Dari ayat di atas pun di jelaskan jika manusia telah berhasil masuk ke surga-nya maka mereka akan kekal di dalamnya. Tak ada satu hal pun yang bisa membuatnya keluar dari kenikmatan tersebut kecuali atas kehendak Allah SWT.

Cara Beriman Kepada Malaikat

CARA BERIMAN KEPADA MALAIKAT

10 nama malaikat di atas wajib Anda ketahui dan imani keberadaannya. Lalu bagaimana cara mengimani kesepuluh malaikat dengan tugasnya masing-masing? Berikut empat cara beriman kepada malaikat:

  • Meyakini Keberadaannya

Setiap umat muslim wajib meyakini jika malaikat itu ada di dunia. Dimana dengan meyakini adanya malaikat serta tugasnya maka manusia akan lebih berhati-hati dan menjadi lebih patuh terhadap perintah Allah serta berubah menghindari segala larangan-Nya.

  • Meyakini Nama-Nama Malaikat

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, manusia juga perlu meyakini nama-nama malaikat terutama 10 nama malaikat yang di sebutkan dalam Al-Quran yaitu malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Malik, Izrail, Raqib, Atid, Munkar, Nankir, dan malaikat Ridwan.

  • Meyakini Sifat dan Karakter Para Malaikat

Salah satu golongan makhluk ciptaan Allah yang juga perlu di contoh adalah malaikat, dimana malaikat selalu patuh kepada Allah dan tak pernah melanggar apa yang di larang-Nya.

Perintah untuk meyakini sifat dan karakter malaikat juga sudah di jelaskan dalam QS. Fathir: 35.

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan kepada ciptaan-Nya apa yang di kehendaki-Nya Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

  • Meyakini Tugas-Tugasnya

Dari 10 malaikat yang wajib di yakini keberadaan dan namanya, semua memiliki tugas besar yang di pikulnya. Sebagai manusia kita pun harus meyakini tugas-tugas yang di pikul para malaikat.

Sama seperti meyakini keberadaannya, meyakini tugas-tugas malaikat juga akan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik karena merasa selalu di awasi oleh utusan Allah. Ketika Allah telah berkehendak untuk mengutus makhluknya, maka tak ada yang bisa di sembunyikan manusia.

Dengan menerapkan 4 cara meyakini malaikat di atas di harapkan kita bisa menjadi pribadi yang semakin dekat dengan Allah. Sebab tidak ada satu kebahagiaan melainkan hati kita selalu merasa dekat dengan-Nya.

Lalu apakah perintah ini hanya sunah atau perbuatan yang tidak wajib? Tentunya tidak, menjadi rukun iman ke-2 menjadikan iman terhadap malaikat wajib di lakukan oleh seluruh makhluk. Jangan sampai ketaatan kita terhadap Allah menjadi tidak sempurna hanya karena kita tidak meyakini nama-nama malaikat dan tugasnya.

Baca juga doa setelah adzan

Mari tingkatkan iman kita sejak saat ini, jangan sampai malaikat Izrail menjemput sebelum jiwa kita siap untuk bertemu dengan Sang Rabb. Sungguh merugi manusia yang tidak sempat melakukan taubatan nasuha atau taubat sesungguh sungguhnya taubat.

Semoga ulasan nama-nama malaikat dan tugasnya diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan komentar