Burung Pleci: Ciri-Ciri, Variasi, Keunikan beserta Cara Merawatnya

Burung pleci – Burung adalah hewan yang memiliki sayap dan memiliki bulu untuk terbang. Burung pleci memiliki nama dalam bahasa latin Zosterops sedangkan dalam bahasa Indonesia burung ini sering disebut dengan burung kacamata. Burung pleci disebut dengan burung kacamata karena memiliki lingkaran yang ukurannya kecil dan berwarna hitam atau putih disekitar matanya.

Burung pleci bisa ditemukan di wilayah tropis Afrika dan juga Asia, namun di wilayah Asia burung pleci hanya dapat ditemukan di wilayah Indomalaya dan juga Australia pada bagian utara. Burung ini banyak dipelihara sebagai burung kicauan, dengan ukurannya yang kecil burung ini bisa mengeluarkan bunyi yang mendencing dan juga khas.

Ketika Anda memelihara pleci maka Anda juga harus lebih teliti dan juga harus merawat dengan baik. Perawatan pleci memang bisa tergolong sulit makanya Anda juga harus memberikan perawatan yang lebih supaya burung pleci lebih sehat dan juga bisa mengeluarkan suara kicauan yang merdu dan indah. Makanya Anda perlu mengetahui mengenai burung pleci terlebih dahulu sebelum memeliharanya.

Ciri-ciri dan Karakteristik Dari Burung Pleci

Ciri-ciri dan Karaktristik Dari Burung Pleci
www.jalaksuren.net

Setiap hewan pasti memiliki ciri khas, Anda perlu mengetahui ciri khas dan juga karakter dari burung pleci. pleci adalah burung dengan jenis montanus yang memiliki ukuran tubuh yang relatif besar daripada yang jenis Pleci Auri dan juga Buxtoni.

Sedangkan rata-rata panjang tubuhnya adalah sekitar 11 sentimeter. Selain ukurannya yang besar burung ini memiliki warna yang hitam serta abu-abu di bagian perutnya. Diantara spesies pleci memang ada sub spesiesnya yang perutnya berwarna garis kuning.

Sedangkan untuk ciri khas yang dimiliki pleci montanus ada pada bagian tenggorokannya. Yaitu dengan adanya warna kuning pada bagian tenggorokan. Selain itu juga warna mata dari pleci montanus ini irisnya berwarna putih.

Dan pada bagian tubuhnya, pleci montanus memiliki warna yang cenderung kecoklatan, membuatnya berbeda dengan pleci lain. Untuk makanan dari burung pleci ini adalah serangga, namun tidak semuanya karena ada juga pleci yang memakan nektar dan juga buah-buahan.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk paruh si pleci. Namun yang tak kalah pentingnya adalah cara membedakan pleci jantan dan pleci betina, berikut ini adalah ulasannya.

Ciri yang Dimiliki Burung Pleci Jantan

Ciri yang Dimiliki Burung Pleci Jantan
balticmusicalseasons.com
  • Bentuk ekor pleci jantan kebanyakan adalah lancip di ujungnya akan membentuk seperti huruf V.
  • Bentuk kepala pleci jantan bulat dan juga besar.
  • Klep yang ada pada bagian mata terlihat putus-putus dan menebal di bagian bawah mata.
  • Dubur burung jantan panjang dan juga ditumbuhi banyak bulu di sekitarnya.
  • Paruh pleci jantan lebih pendek.
  • Warna bulu pleci jantan lebih tajam sehingga terlihat lebih cantik.
  • Ukuran badan pleci jantan lebih panjang dan juga ramping daripada yang betina.
  • Pada bagian kanan dan kiri tenggorokan akan terdapat warna hitam.

Ciri yang Dimiliki Burung Pleci Betina

Ciri yang Dimiliki Burung Pleci Betina
burungnya.com
  • Berbeda dengan pleci jantan, ekor pleci betina pendek dan ujungnya bentuknya rata.
  • Ukuran kepala pleci betina lebih kecil.
  • Klep pada matanya tidak putus-putus dan tetap menebal jadi seperti kacamata.
  • Bagian dubur pleci betina kecil dan juga ditumbuhi sedikit bulu.
  • Ukuran paruh pleci betina lebih panjang dibandingkan pejantan.
  • Warna bulunya kusam dan tidak tajam berbeda dengan yang jantan.
  • Bentuk badannya bulat dan juga pendek, lebih bulat ketimbang yang jantan.
  • Jika pada jantan tenggorokannya hitam, pada betina tenggorokannya ada warna merah muda.

Variasi dan Jenis dari Burung Pleci

Variasi dan Jenis dari Burung Pleci
www.sakadoci.com

Setiap hewan selalu ada yang namanya perbedaan jenis, dimana memang perbedaan jenis juga itu tentunya setiap jenisnya memiliki banyak perbedaan fisik maupun sifat.

Kalau bagi masyarakat Indonesia yang suka dengan burung pleci atau pleci mania pasti tidaklah sulit dalam membedakan setiap jenis pleci yang dipelihara atau dilombakan sebagai burung kicau.

Makanya jika Anda gemar dengan burung pleci Anda juga harus bisa membedakan berbagai jenis dari pleci. Berikut ini adalah beberapa variasi dari pleci yang perlu Anda ketahui.

  • Burung Pleci Buxtoni

Burung Pleci Buxtoni
hobiburung.org

Pleci buxtoni merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari famili zosteropidae dan sering juga disebut dengan burung kacamata.

Pleci jenis ini jika dibandingkan dengan pleci jenis lainnya memang termasuk lebih unggul. Keunggulan burung pleci buxtoni ini bisa dilihat dari kicauannya yang merdu dan karakternya yang sama seperti burung pleci lain.

  • Burung Pleci Dakun Maput

Burung Pleci Dakun Maput
reptilnesia.com

Burung pleci dakun maput ini adalah salah satu jenis pleci yang memiliki suara kicauan terbaik. Selain itu burung ini juga sering diperlombakan kicauannya karena suaranya yang sangat merdu. 

Selain suaranya yang merdu pleci dakun maput ini juga sangat pandai bertarung, dan nama lainnya adalah pleci muria atau pleci kudus. Untuk harga pleci jenis ini biasanya harganya jika sudah pernah memenangkan perlombaan bisa mencapai tiga juta hingga lima juta rupiah. 

  • Burung Pleci Dakun Macok

Burung Pleci Dakun Macok
www.jalaksuren.net

Burung pleci dengan jenis dakun macok ini cirinya untuk fisik dari burung ini adalah memiliki dada dengan warna kuning dan matanya berwarna cokelat. Dibandingkan dengan burung pleci jenis yang lain, pleci ini harganya di pasaran tergolong cukup murah. 

Dengan begitu membuat banyak orang yang berminat dengan pleci untuk dipelihara banyak yang memilih pleci dakun macok ini. Dan harga dari pleci dakun macok ini sendiri adalah ada di kisaran harga 150 ribu sampai 350 ribu rupiah.

  • Burung Pleci Auriventer

Burung Pleci Auriventer
jogja.tribunnews.com

Burung pleci auriventer memang merupakan jenis pleci yang memiliki warna yang cantik dan juga sulit untuk dicari. Jika Anda ingin memiliki pleci dengan jenis ini maka Anda harus memesan terlebih dahulu ketika membeli. 

Warna dari pleci auriventer adalah kuning pada bagian atas dan berwarna abu-abu pada bagian bawah. Dan harganya juga termasuk murah dan tidak terlalu mahal yaitu kisaran 110 ribu sampai 500 ribu rupiah.

  • Burung Pleci Montanus

Burung Pleci Montanus
www.jalaksuren.net

Burung pleci montanus adalah jenis burung pleci yang ukuran tubuhnya paling besar jika dibandingkan dengan jenis burung pleci yang lainnya.

Ukuran tubuh pleci montanus ini adalah mulai dari 11 cm sampai dengan 15 cm. Sedangkan untuk warna bulu pada tubuhnya, memiliki warna abu-abu pada bagian perut, sedangkan untuk bagian tubuh yang lainnya warnanya kecoklatan.

Untuk masalah gacor, pleci montanus termasuk jenis burung yang lama. Sedangkan untuk harga pleci montanus ini adalah ada di kisaran 180 ribu sampai dengan 350 ribu rupiah.

Keunikan yang Dimiliki Oleh Burung Pleci

Keunikan yang Dimiliki Oleh Burung Pleci
www.burungcantik.com

Setiap jenis binatang pastinya memiliki keunikan tersendiri, begitupun dengan burung pleci ini, mungkin masih ada keunikan dari pleci yang belum Anda ketahui.

Biasanya burung pleci membuat sarangnya di pucuk atau ujung dari ranting pohon. Dan pohon yang biasa digunakan untuk tempatnya bersarang adalah seperti pohon jengkol, pohon laban, pohon trembesi, dan juga pohon sengon jawa.

Sedangkan untuk bentuk dari sarang pleci ini biasanya bentuknya bulat kecil namun dengan tekstur yang rapi. Hal ini mungkin karena bentuk tubuh dan juga ukuran tubuh dari pleci yang kecil sehingga hanya membutuhkan sarang yang kecil, begitupun dengan sangkarnya Anda bisa juga menaruh burung pleci pada sangkar yang kecil. Dengan sangkar yang kecil Anda bisa membawanya dengan mudah kemana saja.

Burung pleci memiliki harga yang relatif terjangkau, makanya menjadi favorit bagi pecinta kicauan burung. Unggulnya  lagi dari pleci adalah kemampuannya dalam beradaptasi yang cepat dan mudah membuatnya tidak mudah stres. Untuk perawatannya, pleci bisa dikategorikan cukup mudah dalam perawatannya sehari-hari.

Untuk makanan yang harus Anda berikan kepada pleci bisa dengan menggunakan pakan Ronggolawe. Karena memang pakan ini adalah voer yang berkualitas sera mengandung banyak vitamin serta berbagai sari buah yang baik untuk pleci.

Jika Anda mau mengkombinasikan makanannya, Anda bisa dengan memberi pleci serangga misalnya kroto, ulat hongkong, maupun diberi madu. Karena pleci adalah burung kicau yang mudah beradaptasi maka membuat pleci ini juga mudah untuk berkicau.

Jadi bagi Anda yang suka dengan kicauan burung Anda bisa menikmati kicauan saat berada di rumah lebih cepat. Asalkan kondisi pleci sehat dan juga fit, maka burung ini akan bertingkah lincah dan aktif, selain itu juga akan mengeluarkan kicauannya yang merdu.

Cara Merawat Burung Pleci yang Sudah Dewasa

Cara Merawat Burung Pleci yang Sudah Dewasa
merawat-burung-pleci.blogspot.com

Perawatan pleci memang sangat diperlukan dan juga sangat penting. Karena memang perawatan yang baik sangat memengaruhi suara merdu yang dihasilkan oleh pleci saat berkicau.

Makanya Anda juga harus memberikan perawatan yang rutin dan intensif untuk pleci Anda. karena semakin baik Anda merawat pleci Anda maka kicauannya juga akan semakin baik.

Biasanya dalam perawatannya para pemilik pleci akan sangat memerhatikan pakannya, dan biasanya pakan yang diberikan kepada burung pleci adalah berupa voer. Untuk pleci kacamata memang memiliki nafsu makan yang lebih besar dibandingkan dengan pleci yang jenis lainnya.

Dan tentunya setiap jenis pleci juga memerlukan perawatan yang berbeda supaya bisa menghasilkan suara yang merdu. Memang benar jika setiap jenis pleci memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda, dan itu yang bisa membedakan perawatan yang harus Anda lakukan.

Namun ketika Anda melakukan perawatan yang lebih maka pleci milik Anda juga akan semakin jinak. Dan untuk makanan yang Anda berikan kepada pleci, Anda tidak bisa memberikan sembarang makanan. Makanan yang harus Anda berikan juga harus sesuai dengan bentuk paruh si burung.

Untuk memberi makan pleci dengan bentuk paruhnya yang seperti itu, maka Anda bisa memberi pakan berupa buah-buahan. Dan buah yang bisa Anda berikan adalah seperti pisang kepok, apel, pepaya, dan berbagai buah-buahan lainnya. Berikut adalah cara merawat pleci dengan baik supaya pleci sehat.

  1. Lakukan secara rutin untuk pemasteran burung.
  2. Gantung sarang pleci diantara sarang pleci yang lain.
  3. Latih pleci di kandang yang umbaran.
  4. Lakukan pengembunan sarang pleci pada setiap pagi hari.
  5. Mandikan pleci secara rutin.
  6. Beri pakan tambahan pada burung atau beri EF.
  7. Istirahatkan pleci secara teratur dan cukup.
  8. Jangan lupa untuk membawa pleci jalan-jalan supaya tidak stres.

Cara Merawat Burung Pleci Anakan

Cara Merawat Burung Pleci Anakan
burungnya.com

Perawatan pleci yang sudah dewasa dengan yang masih anakan pastinya berbeda, dan Anda tidak boleh sembarangan dalam merawat yang anakan. Karena sudah ada cara tersendiri jika Anda mau merawat anak pleci supaya nanti tumbuhnya menjadi sehat dan juga badannya besar.

Biasanya burung kicau ini warnanya hijau yang cukup cantik  dan cocok untuk dijadikan burung hias sekaligus burung kicau. Anda bisa merawat pleci anakan supaya tumbuh dewasa dan memiliki suara yang merdu. Jika Anda berhasil merawat dengan baik dan kicauan pleci Anda merdu, Anda bisa mengikuti lomba kicauan burung.

Kalau pleci Anda berhasil menang maka harga jualnya juga akan semakin tinggi. Makanya Anda perlu mengetahui mengenai cara merawat pleci sejak kecil dan masih anakan. Agar bisa merawat anakan pleci memang bukanlah hal yang mudah, Anda perlu merawat anakan dengan hati-hati, teliti dan membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Karena memang pleci yang masih anakan daya bertahan hidupnya masih rendah apalagi kalau soal makanan. Jadi Anda memang harus memberi makanan yang pas porsinya, tidak terlalu banyak yang membuat kekenyangan dan tidak kurang yang membuat tidak kenyang.

Karena kalau Anda memberi makanan yang tidak pas akan membuat pleci anakan mati baik itu karena kelaparan maupun kekenyangan. Makanya Anda harus merawat anakan pleci dengan rutin dan benar dan jangan lupa juga untuk berhati-hati dan teliti ketika merawatnya. 

Dengan memberikan takaran makanan yang pas kepada anakan burung pleci dan juga secara rutin memberikan minum yang cukup dan juga pemberian vitamin Anda sudah merawat dengan baik. Untuk pemberian makan, Anda bisa memberinya setiap dua jam sekali.

Cara Untuk Mengawinkan Burung Pleci dengan Benar

Cara Untuk Mengawinkan Burung Pleci dengan Benar
www.jalaksuren.net

Yang namanya makhluk hidup pasti juga membutuhkan berkembang biak supaya ada yang meneruskan keturunannya. Begitupun dengan burung pleci, Anda juga perlu untuk mengawinkan burung pleci peliharaan Anda supaya bisa berkembang biak, berikut adalah caranya.

  1. Pertama yang perlu Anda siapkan adalah pasangan untuk burung pleci supaya bisa berkembang biak dan menghasilkan anakan pleci. Namun pastinya Anda ingin mendapatkan anakan yang sempurna, dan ada beberapa cara untuk bisa mendapatkannya.

Bahan untuk mengawinkan pasangan indukan adalah pasangan indukan terpilih, kandang untuk indukan, pakan perawatan setelah burung pleci bertelur.

  1. Setelah itu hal harus Anda lakukan adalah mendekatkan pasangan indukan dengan cara menaruhnya di dalam sangkar yang sama selama satu hingga dua minggu. Hal ini perlu dilakukan supaya pleci mengenal satu sama lain.
  2. Jika sudah mengenal, maka Anda perlu memberikan EF protein hewani untuk pasangan indukan pleci yang akan dikawinkan. Anda bisa memberi EF seperti kroto atau ulat hongkong pada masa pengenalan.
  3. Jika waktu pengenalan sudah selesai, maka Anda harus memisahkan supaya pasangan indukan tidak saling melihat. Anda bisa memperhatikan reaksi jika sudah dipisahkan, jika setelah di pisah saling sahut-sahutan dan memanggil maka berarti proses pendekatannya sudah berhasil.
  4. Jika proses pendekatan sudah berhasil, maka pada malam harinya Anda bisa memasukkan pasangan indukan tersebut pada satu kandang yang sama lagi. Setelah dijadikan satu kandang, perhatikan apakah sang pejantan membawakan bahan sarang atau susuh kepada sang betina.

Namun jika sang pejantan bersikap terlalu agresif dalam mengejar sang betina, maka Anda memisahkannya lagi selama tiga hari. Setelah itu Anda bisa ulangi langkah tersebut sampai berhasil.

  1. Jika pasangan indukan Anda rasa sudah berjodoh, maka Anda harus menjaga birahi pleci dengan memberikan pakan tambahan yang berprotein hewani. Hal ini supaya anakan yang dihasilkan sehat dan juga memiliki suara yang merdu.

Pakan yang Terbaik Untuk Diberikan Kepada Burung Pleci

Pakan yang Terbaik Untuk Diberikan Kepada Burung Pleci
burungnya.com

Jika Anda sengaja memelihara pleci sebagai burung kicau yang di lombakan, maka Anda sangat perlu untuk menjaga pola makan dan juga makanan untuk pleci.

Apalagi kicauan pleci adalah salah satu kicauan favorit dari kicau mania. Tak melihat fisiknya yang mungil, burung ini bisa mengeluarkan suara kicauan yang sangat indah.

Sedangkan kalau berada di alam liar, pleci adalah burung yang berkoloni dan juga suka dengan bersahutan kicauan dengan sesama koloninya. Variasi kicauan dari pleci ini memang sangat khas karena tidak ada yang bisa menyamai kicauan pleci. Dengan kekhasan kicauannya burung ini biasanya disebut dengan ngalas.

Anda perlu memberikan beberapa makanan supaya kicauan pleci Anda ngalas yang merdu dan juga lantang. Beberapa makanan yang perlu Anda berikan adalah buah dan sayur yang segar, dan pakan tambahan. Berikut ini adalah makanan yang bisa Anda berikan kepada pleci Anda.

Buah Segar

Buah segar adalah makanan utama untuk pleci dan Anda memang harus memberikannya setiap hari. buah segar memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pleci dan juga perkembangan suaranya. Lebih baik jika Anda memberikan buah yang segar supaya pleci bisa tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah daftar buah yang bisa Anda berikan,

  • Pisang
  • Pepaya
  • Kelengkeng
  • Wolfberry
  • Apel
  • Jeruk
  • Pear
  • Dan berbagai buah segar lainnya.

Sayuran Segar

Selain buah segar, Anda juga perlu memberi makanan berupa sayur segar kepada pleci. Karena sayur sangat diperlukan untuk mempercantik tampilan burung seperti mempercantik bulu dan juga kesegaran tubuh pleci. Selain itu sayur segar juga bisa membuat suara burung pleci menjadi lebih merdu. Berikut adalah sayur yang bisa Anda berikan.

  • Mentimun
  • Gambas atau oyong
  • Wortel
  • Tomat 
  • Dan berbagai sayur segar lainnya.

Makanan Tambahan atau Extra Fooding

Makanan tambahan memang sangat diperlukan untuk mencukupi nutrisi dari pleci. Berikut ini adalah beberapa makanan tambahan atau EF yang bisa Anda berikan untuk pleci,

  • Ulat kandang
  • Jangkrik 
  • Kroto 
  • Ulat hongkong

Ukuran ulat kandang memang lebih kecil jika dibandingkan dengan ulat hongkong, tapi jangan salah kandung protein pada ulat kandang cukup tinggi dan baik untuk pleci. Berikan ulat kandang secukupnya saja supaya kicauannya merdu, kalau berlebihan malah pleci bisa iver birahi.

Perawatan Untuk Kandang Burung Pleci yang Perlu Anda Tahu

Perawatan Untuk Kandang Burung Pleci yang Perlu Anda Tahu
zakapedia.com
  • Tentukan Ukuran dan Jenis Kandang untuk Pleci

Jenis kandang dan juga ukuran kandang untuk burung ini harus Anda pilih dengan baik. Karena ukuran sangkar burung akan memengaruhi kualitas suara kicauan burung. Dengan ukuran yang pas maka burung ini bisa berkicau dengan merdu dan merasa lebih nyaman.

  • Pembersihan Kotoran Pleci

Jika Anda sudah menemukan ukuran yang pas dan bisa membuat pleci Anda merasa nyaman, maka selanjutnya adalah perawatan kandang dengan membersihkan kotoran pleci.

Hal ini sangat penting dan juga sangat berpengaruh pada kesehatan pleci, karena jika kotoran menumpuk tidak dibersihkan nantinya akan bisa menimbulkan penyakit pada burung pleci.

Makanya, ketika Anda membeli kandang untuk burung pleci Anda, Anda harus memperhatikan letak serta bentuk dari tempat pembuangan kotoran. Karena memang tempat pembuangan bisa dibuka tutup yang bisa memudahkan proses pembersihan kotoran.

  • Pembersihan Tempat Makan dan Minum

Selain kotoran, Anda juga harus rutin membersihkan tempat makan dan juga tempat minum dari burung tersebut. Hal ini supaya tempat makan dan minum tidak lumutan dan menimbulkan kuman jahat yang bisa tercampur pada makanan burung ini.

Jika ini tidak rajin dan rutin dibersihkan maka bisa menyebabkan penyakit pada burung ini karena makanan dan minumnya terkontaminasi kuman. Makanya Anda perlu membersihkan tempat makan dan minum burung ini secara rutin supaya burung selalu sehat.

Cara Memilih Burung Pleci Terbaik Ketika Membelinya

Cara Memilih Burung Pleci Terbaik Ketika Membelinya
burungnya.com

Memilih burung yang tepat dan terbaik memang sangat diperlukan supaya Anda bisa medengarkan kicauan yang merdu dan indah. Apalagi jika di lombakan dan berhasil menang membuat harga burung tersebut semakin naik dan mahal. Anda selaku kicau mania perlu tahu mengenai cara memilih burung terbaik berikut ini.

Pilih Burung Pleci dengan Jenis Kelamin Jantan

Untuk burung dengan memiliki potensi berkualitas, berikut ini adalah cirinya,

  • Tampang atau tampilannya tampak lebih garang.
  • Postur tubuh pleci panjang dan ramping.
  • Pleci akan senang ketika didekati.
  • Kicauan burung ini tampak sangat riang.
  • Ketika di pisah dari koloni burung bisa tenang.

Perhatikan Usia Burung Pleci

  • Perhatikan Mengenai Sisi Katuranggansi Burung Pleci

Keunggulan Ketika Anda Memiliki Burung Pleci

  1. Burung pleci memiliki postur dan ukuran tubuh yang kecil dan mungil, dan hal ini memungkinkan Anda untuk menaruhnya di sangkar yang tidak terlalu besar. Dengan begitu maka Anda bisa dengan mudah membawa pleci Anda untuk jalan-jalan maupun untuk lomba.
  2. Harga pleci memang relatif murah, makanya jika Anda suka dengan burung kicau tapi budget minim burung pleci bisa Anda jadikan pilihan.
  3. Kemampuan pleci yang sangat baik dalam beradaptasi sehingga bisa beradaptasi secara mudah dengan lingkungan baru.
  4. Perawatan sehari-hari pleci relatif mudah, jadi bisa memudahkan Anda yang suka memelihara burung atau dijadikan sebagai burung perlombaan. Asalkan pakan yang Anda berikan pas dan memenuhi nutrisi itu sudah cukup untuk makanan.
  5. Extra fooding memang tetap dibutuhkan namun itu dibutuhkan hanya ketika saat tertentu dan tidak setiap hari.
  6. Kicauan pleci yang merdu serta lantang bisa Anda nikmati di rumah sebagai media refreshing.

Cara Supaya Burung Pleci Bisa Cepat Buka Paruh

Sebagai burung kicau maka sangat penting jika pleci bisa dengan cepat membuka paruhnya. Cara untuk bisa mempercepat pleci untuk buka paruh sebenarnya mudah dan Anda perlu tekun dan sabar saja supaya nanti pleci bisa buka paruh dan mengeluarkan kicauan dengan volume yang keras.

Apalagi pleci adalah burung kicau yang pintar dan juga mempunyai suara yang merdu. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan supaya pleci Anda mau membuka paruh.

  1. Setiap pagi hari embunkan pleci secara teratur.
  2. Mandikan pleci secara rutin sesuai dengan ketentuan.
  3. Jemur pleci di bawah sinar matahari secara teratur.
  4. Beri multivitamin supaya pleci sehat secara teratur.
  5. Letakkan pleci pada tempat yang sejuk dan tidak panas.
  6. Lakukan pemasteran pleci.
  7. Buka kerodong pada sangkar ketika malam hari.
  8. Tempatkan pleci di dalam kandang umbaran agar tidak stres.
  9. Lakukan grouping dengan pleci lainnya supaya tidak stres.

Cara Memilih Sarang atau Sangkar Pleci yang Bagus

Para pecinta burung tentunya sangat mengidolakan pleci dan burung ini memang sudah menjadi primadona. Dengan ukuran tubuh pleci yang kecil namun suara kicauan yang merdu membuat banyak pecinta burung kicau menyukai pleci ini.

Namun ketika Anda memelihara pleci maka Anda perlu memperhatikan kenyamanan dan juga kebutuhan dari pleci.

Salah satu yang memengaruhi kenyamanan dan kenyamanan pleci adalah sangkarnya, karena memang sangkar adalah tempat tinggalnya selama Anda pelihara. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk memilih sangkar yang bagus untuk pleci.

  1. Pilih sangkar dengan bentuk yang tepat, kalau bingung pilih saja yang bentuknya bulat.
  2. Tentukan ukuran sangkar yang sesuai dengan burung.
  3. Amati sangkar pleci sebelum digunakan, aman atau tidak.
  4. Pilih sangar pleci yang warnanya sesuai dan bisa membuat pleci merasa nyaman.
  5. Pilih sangkar burung yang memiliki model tangkringan yang bagus.

Baca Juga Hewan Peliharaan

Itulah beberapa informasi mengenai pleci dan juga beberapa tipsnya.

Tinggalkan komentar