Pencemaran Udara : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Cara Menanggulangi

Pencemaran udara – Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, muncul berbagai faktor yang ternyata dapat mencemarkan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal Anda. Terutama pada komponen udara yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya udara atau oksigen, manusia akan mati.

Akan tetapi, semakin kesini entah di sadari atau tidak udara tidak lagi sebersih dahulu. Banyak sekali faktor baik yang terjadi secara alami maupun akibat ulah manusia membuat udara menjadi kotor. Padahal udara yang kotor dapat menyebabkan dampak yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi.

Oleh karena itu, sudah seharusnya untuk bisa menjaga lingkungan terutama udara agar nantinya bisa di nikmati oleh anak cucu nanti. Untuk lebih mengenal apa pengertian pencemaran udara, penyebab, contoh dan dampaknya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Pencemaran Udara

PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA
salamadian.com

Seperti yang sudah di ketahui bersama bahwasanya udara merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sehingga sudah menjadi sewajarnya manusia untuk bisa menjaga udara yang di hirup selama ini. Akan tetapi, sayangnya pencemaran udara semakin kesini tidak bisa di hindari bahkan udara menjadi sangat kotor terlebih di daerah perkotaan.

Nah untuk lebih memperdalam pengetahuan Anda tentang pencemaran udara dan bagaimana pencegahannya tidak ada salahnya jika Anda menyimak penjelasannya berikut ini. Pencemaran udara pada hakikatnya merupakan sebuah peristiwa yang terjadi yang dapat membuat udara menjadi tercemar.

Pencemaran udara berasal dari dua kata, yaitu pencemaran dan udara. Arti kata pencemaran merupakan tercampurnya berbagai zat atau unsur yang semestinya tidak tercampur karena dapat mengakibatkan sebuah kondisi yang tidak di harapkan (buruk).

Sementara udara merupakan salah satu elemen pada alam yang sangat di butuhkan baik tumbuhan, hewan dan manusia. Dari pengertian dua kata di atas dapat di simpulkan bahwasanya pencemaran udara merupakan sebuah situasi dimana udara telah tercampur dengan zat lain yang dapat berdampak buruk bagi kehidupan di muka bumi.

Tanpa adanya udara maka bagaimana jadinya kehidupan di bumi ini? tentunya manusia semua akan mati. Akan tetapi masih saja belum bisa mengurangi sadar untuk bisa mengurangi pencemaran udara yang terjadi saat ini.
Pengertian pencemaran udara menurut beberapa ahli pakar adalah sebagai berikut:

  • Wardhana (2004)

Pencemaran udara dapat pula di artikan adanya bahan-bahan atau zat asing di dalam udara yang menyebabkan terjadinya perubahan komposisi udara dari susunan atau keadaan normalnya. Kehadiran bahan atau zat asing tersebut di dalam udara dalam jumlah dan jangka waktu tertentu akan dapat menimbulkan gangguan pada kehidupan manusia, hewan, maupun tumbuhan.

  • ¬†Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 1997 pasal 1 ayat 12

Dalam Undang-Undang ini berbunyi mengenai Pencemaran Lingkungan, yaitu pencemaran yang di sebabkan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran yang berasal dari pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran sampah, sisa pertanian, dan peristiwa alam seperti kebakaran hutan, letusan gunung api yang mengeluarkan debu, gas, dan awan panas.

  • Harsema dalam Mulia (2005)

pencemaran udara di awali oleh adanya emisi. Emisi merupakan jumlah polutan atau pencemar yang di keluarkan ke udara dalam satuan waktu. Emisi dapat di sebabkan oleh proses alam maupun kegiatan manusia.

Emisi akibat proses alam di sebut biogenic emissions, contohnya yaitu dekomposisi bahan organik oleh bakteri pengurai yang menghasilkan gas metan (CH4). Emisi yang di sebabkan kegiatan manusia di sebut anthropogenic emissions. Contoh anthropogenic emissions yaitu hasil pembakaran bahan bakar fosil, pemakaian zat kimia yang di semprotkan ke udara, dan sebagainya.

  • Menurut Peraturan Pemerintah RI nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah masuknya atau di masukkannya zat, energi, dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

Sumber Pencemaran Udara

SUMBER PENCEMARAN UDARA
informazone.com

Menurut Nugroho (2005) menyebutkan bahwa sumber pencemaran udara adalah istilah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terjadi secara alamiah. Sementara faktor eksternal merupakan pencemaran udara yang terjadi akibat ulah tangan manusia.

  • Sumber Alamiah

Yaitu pencemaran udara yang terjadi secara alami. Tentu saja hal ini merupakan di luar kewenangan manusia. Manusia hanya bisa berupaya untuk bisa mencegah terjadinya hal tersebut. Di antara sumber alamiah yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah letusan gunung berapi.

Letusan gunung berapi sering kali juga di iringi dengan munculnya gas beracun yang berasal dari perut bumi menuju permukaan bumi. Hal ini biasanya terjadi karena di sebabkan oleh jenis tanaman tertentu dan masih banyak hal yang lainnya.

  • Sumber Buatan Manusia

Sumber buatan manusia tentunya adalah merupakan dampak dari ulah tangan manusia itu sendiri. Jika sumber alamiah terjadi tanpa bisa di hindari oleh manusia, berbeda dengan sumber buatan manusia bisa di minimalisir atau bisa di antisipasi.

Dalam hal ini sumber buatan manusia sangatlah beragam. Mulai dari aktivitas industri, kendaraan bermotor, asap rokok dan masih banyak yang lainnya. Aktivitas seperti ini bahkan sudah menjadi kebiasaan atau penunjang kehidupan sehari-hari sehingga seringkali pencemaran udara tidak bisa terelakkan. Dan cukup sulit untuk mengatasinya.

Sumber pencemaran udara juga bisa terbagi atas:

  1. Sumber bergerak, seperti kendaraan bermotor dan lain sebagainya
  2. Sumber tidak bergerak, seperti cerobong asap atau pembakaran terbuka di wilayah pemukiman (Soemirat,2002).

Contoh Pencemaran Udara

CONTOH PENCEMARAN UDARA
saatsantai.com

Contoh terjadinya pencemaran udara mungkin bukan hal yang membingungkan. Karena pada dasarnya saat ini di Indonesia terutama di Pulau Jawa sudah banyak terjadi pencemaran udara. Baik di sebabkan asap kendaraan bermotor, asap rumah tangga, limbah industri maupun aktivitas pertambangan.

Salah satu contoh pencemaran udara yang saat ini sering terjadi adalah gas karbondioksida maupun monoksida. Gas ini muncul akibat proses pembakaran yang tidak sempurna. Gas ini cukup berbahaya karena memiliki sifat beracun apabila menyebar di udara. Gas monoksida ini sangat erat berhubungan dengan limbah industri.

Sementara untuk gas karbondioksida erat dengan tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan gas ini untuk fotosintesis. Sebenarnya jika dalam jumlah sedikit masih aman-aman saja. Akan tetapi jika karbondioksida ini dalam jumlah yang berlebihan maka dapat menimbulkan efek rumah kaca.

Penyebab Pencemaran Udara

PENYEBAB PENCEMARAN UDARA
kalimat.id

Dari berbagai sumber pencemaran udara di atas dapat di simpulkan penyebab terjadinya pencemaran udara yang saat ini banyak terjadi di berbagai negara. Bahkan ada pula negara yang sudah masuk ke daftar kerusakan jaringan udara yang panas, di antaranya di China.

Untuk bisa mendapatkan udara bersih, harus membeli di kantong-kantong plastik. Tentunya hal ini sangat disayangkan bukan? Dan berharap semoga hal ini tidak sampai terjadi di tanah air. Jika sampai terjadi, apa jadinya Indonesia nanti.

Nah oleh karena itu yuk kenali apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara, agar setidaknya bisa bersama-sama untuk mengatasinya. Simak di bawah ini!

Asap Kendaraan Bermotor

ASAP KENDARAAN BERMOTOR
harian.analisadaily.com

Siapa yang saat ini tidak menggunakan kendaraan bermotor. Hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu kendaraan bermotor untuk menunjang aktivitas setiap hari. Tidak mengherankan jika udara di Indonesia semakin tercemar. Pasalnya setiap tahunnya angka pengguna kendaraan bermotor semakin bertambah.

Namun sayangnya, di balik mudahnya transportasi dengan menggunakan kendaraan bermotor ternyata juga berdampak buruk terhadap lingkungan. Asap sisa pembakaran dari kendaraan bermotor tersebut ternyata telah membuat polusi udara dan udara menjadi tercemar.

Pembangkit Listrik

PEMBANGKIT LISTRIK
wirahadie.com

Meskipun perkembangan zaman sudah semaju ini, akan tetapi untuk pembangkit listrik masih saja terdapat beberapa pembangkit listrik yang menggunakan bahan tidak ramah lingkungan, seperti bau bara, gas dan minyak. Padahal pembakaran dari bahan-bahan tersebut terjadi tidak sempurna dan dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya terutama bagi kesehatan manusia.

Hal ini pernah di singgung dalam sebuah film dokumenter yang beberapa waktu lalu pernah viral. Yaitu film Sexy Killers. Dimana dampak dari penggunaan batu bara untuk pembangkit listrik ini sangatlah berbahaya bagi kehidupan manusia termasuk memicu kanker.

Abu Polutan Gunung Berapi

ABU POLUTAN GUNUNG BERAPI
Abu Polutan Gunung Berapi

Penyebab pencemaran udara selanjutnya adalah sumber alamiah. Yaitu berasal dari letusan gunung berapi. Hal ini tentunya sudah menjadi kekuasaan Tuhan dan manusia tidak bisa menghindarinya.

Apalagi jika Anda tinggal di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung berapi paling banyak di dunia. Sehingga akan sangat memungkinnya terjadinya pencemaran udara akibat letusan gunung berapi ini.

Limbah Pertanian

LIMBAH PERTANIAN
Limbah Pertanian

Tidak hanya aktivitas pabrik saja yang dapat menjadi penyebab pencemaran udara, ternyata aktivitas pertanian pun dapat mencemarkan udara. Banyaknya penggunaan pupuk dan bahan-bahan kimia yang di pakai untuk menunjang hasil pertanian ternyata juga mengandung polutan yang mencemarkan udara di sekitarnya.

Apalagi jika bahan-bahan kimia tersebut di gunakan secara berlebihan tentunya menjadi tidak baik bagi lingkungan dan juga tanaman. Belum lagi limbah pertanian yang kemudian di bersihkan dengan cara di bakar, sudah tentu membuat udara menjadi kotor dan tercemar.

Aktivitas Pertambangan

AKTIVITAS PERTAMBANGAN
www.wartaekonomi.co.id

Salah satu aktivitas yang sudah sangat jelas dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara adalah segala aktivitas pertambangan, baik tambang minyak, emas maupun batu bara.

Yang menjadi penyebab utamanya adalah pada saat mineral di ambil dari perut bumi, maka akan muncul polutan yang naik ke permukaan. Apalagi pertambangan yang di lakukan dengan cara pengeboran maka akan menimbulkan banyak efek negatif terhadap alam.

Limbah Industri

LIMBAH INDUSTRI
thegorbalsla.com

Sebuah kegiatan industri memang sangat membantu kegiatan ekonomi masyarakat. Namun di sisi lain ternyata berdampak buruk bagi lingkungan. Sering kali limbah pabrik baik asap maupun limbah lainnya dapat mencemarkan lingkungan. Apalagi mengingat saat ini banyak sekali pabrik yang tentunya mengeluarkan asap yang dapat mencemari udara.

Aktivitas Rumah Tangga

AKTIVITAS RUMAH TANGGA
www.islampos.com

Siapa bilang kegiatan rumah tangga tidak mencemari udara? Nyatanya segala aktivitas rumah tangga cukup memberikan pengaruh terhadap tercemarnya udara. Meskipun intensitasnya tidak sebanyak limbah industri akan tetapi aktivitas rumah tangga ini juga tidak bisa di sepelekan. Pasalnya jumlahnya sangat banyak, hampir setiap rumah melakukan kegiatan yang sama setiap harinya.

Misalnya memasak makanan. Yang tentunya akan menimbulkan asap yang dapat mencemari udara dalam jumlah sedikit. Namun apabila di kalikan dengan jumlah banyaknya rumah, maka tentu saja akan menjadi limbah rumah tangga yang mampu merusak kebersihan udara.

Kebakaran Hutan

KEBAKARAN HUTAN
www.sinarharapan.co

Penyebab pencemaran udara selanjutnya yang cukup berdampak sangat parah terhadap kehidupan manusia adalah kebakaran hutan. Kebakaran hutan ini menjadi salah satu peristiwa yang sangat fatal dan cukup sulit untuk di tanggulangi. Apalagi sering kali kebakaran hutan terjadi tanpa penyebab yang tidak di sangka-sangka atau tanpa penyebab yang jelas.

Ketika terjadi kebakaran hutan maka akan menimbulkan asap yang sangat banyak bahkan bisa terjadi kabut asap di daerah yang berdekatan dengan lokasi kebakaran hutan tersebut. Udara yang berpolusi tersebut sangat mengganggu aktivitas baik sesak nafas maupun penglihatan.

Efek Timbunan Sampah

EFEK TIMBUNAN SAMPAH
Efek Timbunan Sampah

Manusia merupakan makhluk penghasil sampah. Hampir setiap harinya tidak ada manusia yang tidak menyampah.

Meskipun sudah di ketahui bahwa sampah bukanlah sesuatu yang baik untuk kehidupan ini, akan tetapi manusia tidak bisa terlepas dari aktivitas menyampah ini. Timbunan sampah inilah yang sering kali menimbulkan bau dan mencemarkan udara di lingkungan tempat tinggal.

Dampak Pencemaran Udara

DAMPAK PENCEMARAN UDARA
hidupsimpel.com

Dari banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan ini memiliki banyak dampak yang buruk bagi kehidupan manusia di muka bumi. Berbagai dampak ini sangat berbahaya dan tidak bisa di sepelekan begitu saja.

Oleh karena itu betapa pentingnya menjaga lingkungan termasuk udara yang di hirup setiap harinya. Beberapa dampak yang di timbulkan akibat pencemaran udara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dampak Ekonomi

Dampak ekonomi mungkin menjadi dampak pencemaran lingkungan yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.  Akibat pencemaran udara akan mempengaruhi produktivitas individu itu sendiri.

Ketika seseorang merasa tidak nyaman dengan kondisi udara maka tingkat produktivitasnya akan berkurang. Dan hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi masalah ekonomi baik secara pribadi maupun tingkat negara.

  • Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan menjadi salah satu dampak paling nyata akibat pencemaran udara. Udara menjadi salah satu elemen yang paling di butuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa adanya udara maka kehidupan di muka bumi akan tiada.

Apabila udara yang di hirup setiap harinya sudah berada dalam kondisi yang tidak baik atau berpolusi maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang membahayakan dan dapat mengancam nyawa seseorang. Salah satunya kanker paru-paru, kanker , jantung dan lain sebagainya.

  • Dampak Negatif Pada Tumbuhan

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwasanya tidak hanya manusia yang membutuhkan udara untuk kehidupannya sehari-hari. Makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan juga membutuhkan udara untuk kehidupannya.

Tumbuhan membutuhkan udara untuk berfotosintesis. Apabila udara berada dalam kondisi tercemar tentunya akan berpengaruh pada hasil tanaman tersebut. Jika berlangsung lama maka juga akan berpengaruh terhadap hasil pertanian. Bisa memburuk atau berkurang.

  • Hujan Asam

Pencemaran udara merupakan peristiwa tercampurnya udara dengan berbagai zat yang seharusnya tidak tercampur. Zat-zat yang berterbangan ini apabila semakin banyak maka dapat memicu terjadinya hujan asam.

  • Kerusakan Lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan lapisan yang melindungi benda bumi dari berbagai benda langit. Jika lapisan ozon ini rusak akibat pencemaran udara maka di khawatirkan lapisan ozon ini akan rusak. Dan benda-benda dari angkasa dapat mengancam keselamatan bumi.

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

CARA MENANGGULANGI PENCEMARAN UDARA
thegorbalsla.com

mengingat betapa pentingnya udara bagi kehidupan makhluk hidup di bumi, sudah sepantasnya sebagai manusia untuk turut menjaganya agar bisa di nikmati hingga anak cucu nanti. Beberapa hal yang bisa di lakukan sebagai upaya untuk menanggulangi pencemaran udara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menanamkan Cinta alam Sedini Mungkin

Salah satu upaya yang bisa di lakukan untuk menanggulangi terjadinya pencemaran udara adalah memberikan edukasi kepada anak sedini mungkin. Bahwa alam merupakan tempat tinggal yang harus di jaga kelestariannya. Setidaknya ketika sudah terdidik cinta alam maka tentunya upaya pelestarian lingkungan akan terus di lakukan.

  • Pengawasan Perusahaan Industri

Pencemaran udara yang sering terjadi karena adanya beberapa perusahaan yang tidak taat pada aturan yang sudah di tetapkan tentang pengendalian pencemaran udara. Banyak perusahaan yang menyepelekan dampak negatif dari asap limbah pembakaran dalam proses industri yang pada akhirnya mencemari udara.

  • Penguatan Hukum dan Peraturan

Sebenarnya sudah di tetapkan berbagai aturan tentang pencemaran lingkungan. Hanya saja ada beberapa oknum yang berusaha nakal untuk tidak menaatinya.

Padahal akibat tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab tersebut dapat berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Hanya untuk menguntungkan beberapa pihak harus mengorbankan banyak orang akibat pencemaran udara yang terjadi.

  • Menggunakan Bahan-Bahan yang Ramah Lingkungan

Sudah di ketahui bahwasanya manusia merupakan makhluk penghasil sampah. Dimana sampah tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Salah satu upaya yang bisa di lakukan adalah mencoba menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang tidak merusak alam.

  • Penghijauan Lahan

Salah satu cara untuk bisa memiliki udara yang bersih adalah adanya lahan yang hijau. Hal ini terbukti pada saat anda berada di pegunungan yang masih memiliki lingkungan yang asri dengan banyak tumbuhan merasakan udara yang sejuk dan bersih. Semakin banyak lahan terbuka hijau maka udara yang bersih akan semakin tercipta.

Nah itulah berbagai upaya yang bisa Anda lakukan untuk menanggulangi pencemaran udara. Pada dasarnya pencemaran udara sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu harus di lakukan upaya yang di lakukan secara bersama-sama untuk bisa menanggulanginya.

Mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat secara umum. Jika bukan diri kita sendiri yang memulai lalu siapa lagi?

Tinggalkan komentar