29 Jenis-Jenis Kucing yang Tersebar di Seluruh Dunia

Jangan Mengaku Sebagai Ailurophile, Jika Anda tidak Kenal Jenis-Jenis Kucing Berikut Ini!

Ailurophile merupakan sebutan bagi mereka yang mengaku pecinta kucing. Kucing merupakan salah satu jenis binatang yang banyak disukai. Bagaimana tidak? Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan selalu membuat jatuh hati siapa saja yang melihatnya. Termasuk Anda bukan?

Selain menjadi hewan peliharaan, terkadang kucing bisa menjadi seorang teman. Tidak pernah mengeluh saat mendengar keluh kesah. Dan setia menemani Anda setiap saat. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menganggap kucing sebagai bagian dari anggota keluarga di rumah.

Ada banyak jenis-jenis kucing di dunia. Masing-masing memiliki ciri khusus yang istimewa. Menurut data dari International Federation for Animal Health Europe, setidaknya terdapat 220 juta jenis kucing dengan berbagai ras.

Jenis-jenis Kucing

JENIS-JENIS KUCING

Nah untuk lebih mengetahui bagaimana detailnya, yuk simak ulasan tentang jenis-jenis kucing berikut ini! Check it out!

Kucing Snowshoe

Jenis Kucing Snowshoe
www.catlover.id

Salah satu jenis kucing yang cukup populer adalah Snowshoe. Atau yang biasa dikenal dengan sebutan kucing sepatu salju. Kucing ini dinamakan snowshoe karena memiliki bulu yang berwarna putih, sementara bagian kakinya berwarna gelap.

Kucing ini termasuk ke dalam jenis-jenis kucing berbulu pendek, halus. Ada yang berwarna purple, cokleat, biru dan lain sebagainya. Sebenarnya kucing yang satu ini termasuk kucing langka serta memiliki sifat gen yang resesif.

Kucing Rex Devon

Jenis Kucing Rex Devon
thegorbalsla.com

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing rex devon. Jenis kucing ini berasal dari Eropa tepatnya adalah Inggris. Kucing yang satu ini memiliki bulu pendek, bertekstur lembut serta keriting. Bulu rex devon menjadi kering merupakan akibat dari mutasi genetik.

Tidak seperti kucing yang lainnya yang memiliki kumis kucing yang panjang, kucing ini ada beberapa yang memiliki kumis yang sangat pendek. Kucing ini sering juga dikenal dengan sebutan kucing peri atau kucing alien. Nama tersebut diberikan karena memiliki penampakan seperti alien pada beberapa film hollywood yang memiliki bentuk telinga yang besar dan bulat.

Kucing Ragamuffin

Jenis Kucing Ragamuffin
www.rimma.co

Ragamuffin merupakan jenis kucing dari keturunan Ragdoll. Secara sepintas, kucing ini memiliki penampakan yang sama dengan indukannya. Hanya saja yang membedakan adalah ukuran tubuhnya yang sedang.

Kucing ini memiliki bulu yang panjang, lebat dan halus serta tidak mudah kusut, sehingga akan terlihat imut dan lucu. Selain itu, kucing ini juga memiliki pipi berbulu dengan bentuk mata yang imut seperti buah kenari. Menarik bukan?

Kucing Lykoi

Jenis Kucing Lykoi
Kucing Lykoi

Kucing Lykoi ini juga sering dikenal sebagai kucing serigala. Pasalnya secara sekilas kucing ini memiliki penampakan yang hampir sama dengan serigala. Kucing ini merupakan kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat, akan tetapi mengalami mutasi genetik sehingga membuat dirinya menjadi seperti serigala.

Ciri khas yang dimiliki jenis kucing ini adalah tidak memiliki bulu pada sekitar mata, hidung, moncong serta telinga. Biasanya memiliki warna hitam. Kucing ini terkenal memiliki pergerakan yang elastis dan sangat lincah sehingga pandai berburu.

Kucing Singapura

Jenis Kucing Singapura
thegorbalsla.com

Jika sebelumnya membahas jenis kucing asal Amerika Serikat, kali ini adalah jenis-jenis kucing yang berasal dari negeri tetangga. Mana lagi jika bukan Singapura. Jenis kucing yang satu ini merupakan jenis kucing domestik Singapura.

Ciri khusus yang dimiliki oleh jenis kucing yang satu ini antara lain adalah memiliki warna sepia agouti, memiliki pola bintik-bintik, memiliki bulu pendek yang halus. Karena bentuknya yang menarik, tidak mengherankan jika jenis kucing ini dijadikan maskot pariwisata di Singapura. Menarik bukan? apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal
kucingpedia.org

Berbicara jenis kucing yang satu ini sekilas hampir mirip seperti macan. Hal ini sangat beralasan karena kucing ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni mencapai 10 kg untuk ukuran jantan dewasa dengan tubuh atletisnya. Kucing ini memiliki pola spotted wild cat.

Si Bengal ini memiliki sifat ras yang menyukai air. Bahkan kucing yang satu ini dikenal sangat cerdas dan aktif. Ras bengal ini sebenarnya merupakan hasil perkawinan antara kucing asian leopard dengan american shorthair, yang kemudian anak yang betina dikawinkan dengan indukannya lagi.

Kucing Russian Blue

Jenis Kucing Russian Blue
Jenis Kucing Russian Blue

Siapa sih yang tidak gemas melihat kucing yang satu ini? Kucing yang memiliki warna abu-abu kebiruan ini merupakan jenis-jenis kucing Russian Blue. Russian Blue memiliki jenis bulu yang pendek dengan warna yang sedikit mengkilap.

Russian blue sering kali dijadikan indukan untuk bisa menciptakan jenis ras lainnya. Kucing ini memiliki sifat yang pemalu, ramah, sensitif dan cerdas. Hal ini ditunjukkan dengan sifat ingin tahu yang tinggi.

Kucing Britania

Jenis Kucing Britania
Kucing Britania

Jenis-jenis kucing bulu pendek yang lainnya adalah jenis kucing Britania. Jenis kucing Britania ini merupakan jenis ras kucing tertua yang ada di Rusia. Dinamakan kucing Britania karena kucing ini awalnya dibawa oleh bangsa Britania saat menjajah Romawi.

Ras kucing yang satu ini memiliki bulu yang pendek dengan warna keabu-abuan. Kucing ini sering kali dikawinkan dengan jenis kucing Persia agar bisa menghasilkan berbagai kucing bulu pendek dengan berbagai warna. Kucing ini merupakan ikon dari nama produk makanan kucing “Whiskas”.

Kucing Persia

Kucing Persia
Kucing Persia

Untuk jenis kucing yang satu ini sudah tidak asing bukan? di Indonesia sudah banyak yang memeliharanya. Kucing yang memiliki wajah bulat dan moncong pesek ini berasal dari Persia, Iran.

Umumnya kucing ini memiliki ukuran tubuh yang besar, gemuk dan berhidung pesek. Namun seiring perkembangan zaman, kucing ini banyak dikawinkan silang untuk bisa menghasilkan jenis ras lainnya agar lebih  berwarna dengan ciri khas hidung pesek yang masih setia.

Kucing Sphynx

Jenis Kucing Sphynx
Jenis Kucing Sphynx

Bagi Anda penggemar comica Raditya Dika, tentu sudah mengenal jenis kucing yang satu ini. Komika yang satu ini memiliki jenis kucing sphynx. Kucing ini berasal dari Kanada merupakan kucing hasil rekayasa genetika dari jenis kucing tanpa bulu.

Seluruh tubuh sphynx dari kepala, tubuh hingga ujung kaki semuanya tampak botak tak berbulu. Hanya terdapat beberapa bulu yang sangat pendek pada bagian kaki, telinga, leher dan dekat organ kelamin. Nama Sphynx ini diambil dari nama patung yang ada di Mesir.

Kucing Siam

Jenis Kucing Siam
Kucing Siam

Kucing siam atau kucing Thailand merupakan jenis kucing oriental pertama yang ada di Thailand. Ras kucing ini memiliki jenis bulu yang pendek dengan ciri khas corak panda pada bagian kaki, wajah dan ekornya. Kucing ini termasuk salah satu kucing paling dicari dan sangat populer di dunia.

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh kucing yang satu ini adalah memiliki bola mata yang berwarna biru dengan bentuk tubuh yang ramping dan memiliki ekor yang panjang. Selain itu, wajahnya berbentuk seperti buah apel dengan segitiga sehingga terlihat imut dan menggemaskan.

Kucing Telinga Lipat Skotlandia

Jenis Kucing Telinga Lipat Skotlandia
id.wikipedia.org

Jenis-jenis kucing selanjutnya berasal dari Skotlandia. Kucing skotlandia memiliki ciri khas dengan bentuk telinga yang terlipat. Kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang ramah dan bersahabat sehingga banyak disukai orang.

Ciri khas yang dimiliki dari kucing ini selain bentuk telinga yang terlipat adalah memiliki hidung yang pesek, kaki dan leher yang pendek serta kepala dan bentuk mata yang bulat. Sangat menarik bukan? apakah Anda tertarik untuk memeliharanya?

Kucing Maine Coon

Jenis Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing berukuran besar. Kucing ini berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini bisa tumbuh besar hingga 1 meter. Kucing ini diyakini sebagai keturunan rakun dengan sifat yang sedikit liar. Bentuk mukanya pun hampir mirip seperti rakun.

Maine coon memiliki bulu yang panjang dan lebat serta sangat halus. Terlebih pada area leher dan juga ekornya. Bahkan jika dilihat sepintas, kucing ini hampir terlihat seperti singa.

Kucing Ragdoll

Jenis Kucing Ragdoll
Jenis Kucing Ragdoll

Jenis-jenis kucing besar lainnya adalah jenis kucing ragdoll yang berasal dari Amerika Serikat kucing ini dikembangbiakkan oleh seorang bernama Ann Baker. Ciri yang dimiliki dari kucing ragdoll adalah bentuk tubuh dengan dada yang besar serta panggul yang lebar.

Kucing Ragdoll ini merupakan keturunan dari ras Burmese,man dan Persia. Bulu-bulu yang dimilikinya sangat lembut seperti kelinci. Kucing ini cukup banyak memiliki banyak varian, diantaranya dengan pola bicolor, mitted dan vandan tortie, lynx, solid.

Kucing Chartreux

Kucing Chartreux
kucinggue.blogspot.com

Jenis kucing kali ini berasal dari Perancis. Kucing yang satu ini memiliki hampir sama dengan jenis kucing asal Britania yang memiliki bulu yang pendek. Kucing ini termasuk ke dalam jenis-jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh yang besar.

Tubuhnya diselimuti dengan bulu yang tebal dengan warna yang keabu-abuan. Chartreux ini termasuk ke dalam jenis kucing yang pandai berburu. Akan tetapi kucing ini sangat ramah dan tidak agresif. Hal ini didukung dengan bentuk rahangnya yang membentuk wajahnya untuk selalu terlihat tersenyum. Bahkan kucing ini termasuk yang disukai oleh anak-anak.

Kucing Abisinia

Jenis Kucing Abisinia
Kucing Abisinia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya ada ratusan jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai ras. Salah satu diantaranya adalah kucing Abisinia. Jenis kucing ini termasuk sebagai ras tertua dari jenis kucing berbulu pendek.

Kucing ini memiliki bentuk yang unik, bahkan hampir mirip dengan bentuk patung kucing yang ada di Mesir sebagai peninggalan sejarah kuno. Kucing Abisinia ini memiliki tangan dan kaki yang panjang, serta telinga dan moncong yang berbentuk segitiga dengan bentuk mata seperti almond.

Sementara bentuk ekornya panjang dan meruncing. Untuk warna bulunya memiliki bulu yang berwarna kecoklatan dengan beberapa pola agouti berbintik. Sangat menarik bukan?

Kucing Birma

Jenis Kucing Birma
Kucing Birma

Kucing yang satu ini berasal dari perancis. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, sekitar 4 hingga 6 kg. kucing yang satu ini sangat lekat dengan legenda kuil Lao-Tsun. Dimana ketika kucing ini meninggal maka akan ada arwah dari seorang pendeta yang menemaninya dan dianggap sebagai salah satu hewan yang dimuliakan.

Kucing ini memiliki ciri khas dengan warna bulu putih keemasan dan mata yang berwarna biru. Sementara untuk warna ekor, telinga, muka dan kaki cenderung berwarna gelap. Kecuali pada bagian cakarnya yang memiliki warna putih.

Kucing Hutan Norwegia

Jenis Kucing Hutan Norwegia
thrgorbalsla.com

Jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing berbulu panjang. Kucing ini merupakan ras alami yang berasal dari hutan di Norwegia. Kucing yang satu ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, terlebih pada perubahan musim.

Apabila musim dingin tiba, maka bulu-bulu yang dimiliki akan memanjang dan menebal. Sedangkan ketika musim kemarau tiba, maka bulu-bulunya akan menipis dan rontok. Kucing hutan ini memiliki cakar yang kuat sehingga sangat pandai dalam memanjat pohon.

Kucing Sabana

Jenis-Kucing Sabana
Kucing Sabana

Kucing sabana atau yang juga dikenal dengan nama kucing savannah ini merupakan hasil hibrida dari ras kucing bengal dengan kucing afrika, siam dan mau Mesir.

Kucing ini berasal dari amerika Serikat. Bahkan termasuk salah satu jenis kucing terpanjang di dunia. Karena kucing ini mampu tumbuh hingga panjang tubuhnya mencapai 44 centimeter.

Kucing ini termasuk ke dalam jenis kucing liar yang buas. Akan tetapi sebenarnya kucing ini sangat ramah, setia dan cerdas. Warna bulunya memiliki corak totol seperti macan. Keistimewaan lainnya dari kucing ini adalah kucing ini pandai bersosialisasi.

Kucing Telinga Ikal Asal Amerika

Jenis Kucing Telinga Ikal Asal Amerika
Kucing Telinga Ikal Asal Amerika

Satu lagi jenis kucing yang berasal dari Amerika. Kali ini, jenis kucing yang memiliki ciri khas dengan telinga ikal.  Kucing ini berasal dari Amerika Serikat tepatnya dari California. Telinga ikalnya merupakan bentuk genetik alami.

Kucing ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni kucing telinga ikal dengan bulu pendek dan telinga ikal dengan bulu yang panjang. Ukuran standar dari kucing ini sekitar 2,2 hingga 4,5 kilogram. Ciri khas telinga melengkung atau ikal ini biasanya baru akan dikenali setelah 10 hari setelah hari kelahiran.

Kucing Laperm

Jenis Kucing Laperm
thegorbalsla.com

Jenis-jenis kucing selanjutnya merupakan jenis kucing laperm. Jenis kucing ini memiliki bulu yang keriting pada seluruh bagian tubuhnya. Sebenarnya ini merupakan masalah mutasi genetik.

Meskipun demikian, kucing ini terlihat lucu dengan bulu-bulunya yang keriting menyelimuti semua bagian tubuh, bahkan pada area leher dan perut bulunya sangat tebal. Kucing ini dikenal sangat aktif, dan senang diajak bepergian.

Kucing Nebelung

Jenis Kucing Nebelung
thegorbalsla.com

Mungkin Anda masih cukup asing dengan jenis kucing yang satu ini. Kucing ini memiliki nama kucing Nebelung. Kucing ini berasal dari Jerman. Nama nebelung didapat dari bahasa Jerman “neber” yang memiliki arti kabut.

Hal ini disematkan karena kucing ini memiliki warna bulu abu-abu kebiruan yang tampak perak seperti kabut dari kejauhan.

Kucing ini sebenarnya hampir mirip dengan jenis kucing russian blue. Ukuran tubuhnya sedang dengan badan yang berotot dan kuat. Ekornya panjang dan mengembang. Sementara bentuk telinganya adalah segitiga.

 Kucing Rex Cornish

 Jenis Kucing Rex Cornish
Kucing Rex Cornish

Kucing Rex cornish merupakan jenis kucing yang memiliki bentuk yang sangat unik. Berbeda dengan jenis kucing pada umumnya, kucing ini memiliki bulu keriting dengan ukuran yang sangat pendek. Kucing ini pertama kali ditemukan di Inggris pada tahun 1950-an.

Rex cornish memiliki bulu yang demikian karena hasil mutasi genetik yang didapat dari nenek moyangnya dari bulu yang keriting. Namun setelah jenis kucing ini dikawinkan dengan ras kucing siam warna menjadi semakin beragam. Yang lebih membahagiakan dari kucing ini adalah, bulu-bulunya tidak menyebabkan alergi.

Kucing Toyger

Jenis Kucing Toyger
Jenis Kucing Toyger

Dari nama yang dimiliki tentunya Anda sudah bisa membayangkan bukan bagaimana bentuk dari kucing yang satu ini. Dinamakan kucing Toyger karena memiliki bentuk seperti harimau atau tiger. Namun karena kucing ini bisa diajak bermain maka diambilah kata toy yang berarti mainan.

Toyger merupakan jenis kucing domestik yang memiliki bulu yang pendek yang berasal dari ras kucing bengal.  Bulu-bulunya berwarna cokelat dengan corak seperti harimau. Kucing ini memiliki sifat yang cerdas, ramah dan interaktif.

Kucing Anggora Turki

Jenis Kucing Anggora Turki
Jenis Kucing Anggora Turki

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing anggora dari Turki. Kucing yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Banyak orang Indonesia mengadopsinya untuk dipelihara. Hal ini mengingat karena kucing ini ramah dan cantik.

Kucing ini juga dikenal dengan sebutan kucing anggora yang tergolong sebagai ras domestik yang tertua di dunia. Kucing ini terkenal memiliki bulu yang tebal dan lebat. Tubuhnya ramping dengan bentuk kepalanya segitiga serta hidung yang mancung.

Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie
Jenis Kucing Chausie

Sekilas kucing ini terlihat kucing rumahan biasa atau kucing kampung. Namun bagi ailurophile tentunya bisa membedakan jika kucing ini merupakan jenis kucing chausie. Kucing ini adalah ras kucing hasil hibrida dari kucing hutan dan kucing bulu pendek.

Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang panjang, langsing dengan ukuran tubuhnya yang sedang. Kucing ini senang berlari kesana kemari. Ada berbagai varian warna dari jenis kucing Chausie, yaitu perak, cokelat, hitam, tabi hitam dan hitam tutul.

Kucing Bali

Kucing Bali
Kucing Bali

Memiliki nama kucing Bali bukan berarti kucing ini berasal dari Bali, Indonesia. Melainkan kucing ini berasal dari New York. Dinamakan kucing bali karena memiliki mata yang indah serta geraknya yang gemulai bak penari bali.

Kucing ini merupakan bagian dari ras kucing Siam yang mengalami mutasi genetika sehingga menghasilkan bulu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan ras kucing Siam sebelumnya. Kucing ini memiliki tanda khas pada bagian ekor, wajah dan kakinya.

Kucing Himalaya

Jenis Kucing Himalaya
Jenis Kucing Himalaya

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah ras kucing himalaya. Kucing ini merupakan jenis kucing domestik hasil keturunan dari kucing siam dan kucing persia.

Hasil persilangan tersebut menghasilkan jenis kucing dengan tubuh yang besar dan gemuk seperti kucing Persia. Sedangkan coraknya memiliki warna poin dan mata yang berwarna biru seperti kucing Siam.

Kucing ini juga sering dijadikan sebagai bentuk boneka. Berdasarkan bentuk wajah yang dimiliki, kucing ini dibedakan menjadi dua jenis. Pertama adalah kucing himalaya wajah boneka dan yang kedua ras himalaya dengan wajah datar, bahkan hidungnya sangat pesek. Beberapa corak warna yang dimiliki antara lain adalah Links, tortil dan pola tabi.

Nah itulah sebagian dari jenis-jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing memiliki ciri khusus yang sangat menarik. Jadi, manakah jenis kucing yang menjadi kesukaan Anda?

Tinggalkan komentar