Kumpulan Contoh Memo, Perusahaan, Sekolah, Pribadi

Contoh Memo – Memo adalah bagian penting dari sebuah pekerjaan. Walaupun orang sering mendengar istilah memo, tetapi ternyata tidak sedikit orang yang masih belum paham makna dari istilah memo itu sendiri. Memo adalah sebuah surat yang isinya singkat, padat, dan jelas. Ditujukan kepada seorang pihak dengan maksud tertentu. Biasanya memo tidak bertele-tele, jadi langsung kepada isi dan maksud penulisnya.

Dalam menulis sebuah memo, penulis tidak perlu menyertakan salam pembuka dan paragraf penutup. Hal inilah yang menjadi perbedaan mencolok antara memo dan surat. Terdapat berbagai jenis memo tergantung pada keperluannya. Maka dari itu artikel ini akan membahas dan mengenal lebih dekat berbagai contoh memo dari perusahaan, sekolah, dan pribadi.

Contoh Memo Perusahaan

Contoh Memo Perusahaan
themoondoggiesmusic.com

Contoh 1

PT. AGUNG KARYA

Jl. Wongsoyudan No. 34 Karanganyar Malang

Telp. (021) 123784753

MEMO

 

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Marketing

 

Tolong sampaikan kepada para anggota yang berada di bagian marketing untuk mempersiapkan diri menghadiri acara seminar yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Agustus 2016 di Aula PT. Agung Karya. Saya berharap agar seluruh anggota marketing untuk mengikuti seminar tersebut. Hal tersebut akan menjadi salah satu yang akan dievaluasi dalam rapat rutin bulanan kita. Sekian dan terima kasih.

 

Malang, 24 Agustus 2016

 

Manager

Adif Prasetyo

Contoh 2

PT. JAYA MAKMUR

Jl. Garuda No. 45 Tanjung Kodok Lamongan

Telp. (031)538573749

 

MEMO

 

Dari : Manager

Kepada : Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru

 

Saya berharap kepada seluruh tim pengrekrutan karyawan pada bulan ini agar bergerak lebih cepat. Karena pada bulan – bulan ini perusahaan sedang mengalami banyak karyawan yang keluar karena kontrak sudah habis.

Agar perusahaan ini tetap dapat berkembang, saya mohon kepada bagian pengrekrutan karyawan untuk bergerak lebih cepat. Target karyawan yang harus terpenuhi pada bulan ini sebanyak 100 orang karyawan. Sekian dan terima kasih.

 

Lamongan, 19 Desember 2016

Manager

Bambang Hermawan

Contoh 3

PT. MEKAR JAYA ABADI

Jalan Prima No.31 Sidoarjo

Telp. (021) 432262968

 

MEMO

 

Dari : Manager

Kepada: Wakil Manager

 

Tolong untuk siapkan laporan hasil rapat bulan kemarin, karena ketika rapat tersebut saya tidak menulis hasil rapat. Laporan ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi perusahaan dalam mengeluarkan produk baru atau tidak nantinya.

Jadi tolong usahakan catatan hasil rapat tersebut agar diserahkan kepada saya dalam waktu dekat – dekat ini. Saya berharap agar catatan tersebut diberikan dalam bentuk file yang lengkap serta sesuai dengan hasil rapat. Sekian dan terima kasih.

 

Sidoarjo, 25 Januari 2016

Manager

Agus Nur Cahyo

Contoh 4

PT. PERTAMAX YOGYAKARTA

Jl. Kebangsaan TImur No. 04, Sumatra

 

MEMO

 

Kepada : Seluruh Karyawan PT. Pertamax Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Diberitahukan kepada seluruh karyawan PT. Pertamax Yogyakarta, bahwa :

  • Karyawan wajib mengambil sebuah form di ruang sekretaris untuk mengisi form permohonan cuti.
  • Karyawan yang sudah menjalani waktu cuti diwajibkan untuk kembali bekerja dengan tepat waktu. Karyawan harus mulai kerja sesuai dengan apa yang sudah tercantum pada form cuti.
  • Apabila karyawan yang sudah selesai menjalani waktu cuti, tetapi sedang sakit maka karyawan diwajibkan memberikan surat keterangan sakit dari dokter seperti biasa ketika meminta izin bekerja karena sakit. Jika karyawan tidak atau terlambat memberikan surat keterangan sakit, maka dianggap alpa.
  • Permohonan cuti wajib diserahkan atau disampaikan seminggu sebelum kerja aktif kembali.
  • Diwajibkan melapor bagi karyawan yang sudah selesai mengambil cuti untuk terlebih dahulu ke HR Departemen sebelum bekerja kembali.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan agar bisa dilaksanakan dengan sebaiknya. Sekian dan terima kasih.

 

Yogyakarta, 28 September 2017

Manager

Agus Firmansyah

Contoh 5

PT. MURAH MERIAH BERKAH

Jalan Penduduk Ramai nomor 839A, Kota Antarberantah

 

MEMO

 

Kepada  : Supervisor Bidang Produksi

Dari       : Manajer Cabang Antahberantah

 

Diberitahukan bahwa tenggat waktu pemeriksaan dan pembuatan laporan pemeriksaan tersisa hanya 7 hari lagi. Mohon dikerjakan dengan sebaik – baiknya agar launching produk terbaru tidak menjadi terhambat. Proses promosi dapat dilaksanakan lebih awal apabila proses produksi telah selesai dilakukan. Sekian dan terima kasih.

 

Manager Cabang Antahberantah

Faisal Hamied

Contoh 6

PT. MEGATAMA COLEGATAMA

Jl. Cempaka No. 45 Tanjung Kodok Lamongan Jakarta

Telp. (031)648573749

 

MEMO

 

Kepada      : Kabag. Keuangan

Dari            : Operation Manager

 

Mohon Saudara untuk memberikan laporan keuangan bulan ini karena laporan tersebut akan dipergunakan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan tahunan. Karena saya perlu untuk mengolah data dari laporan tersebut, maka dari itu mohon laporan tersebut dapat saya terima secepatnya, maksimal sudah saya terima dua hari setelah memo ini ( tanggal 10 Mei 2012 ). Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 8 Mei 2012

Operation Manager

Ir. Nurhadi

Contoh 7

PT. ANEKA WARNA

Jln. Angsa No. 45 Jakarta

Telp. 021 675467

 

MEMO

 

Dari       : Manager Direktur

Kepada : Manajer Pemasaran

 

Mohon untuk disiapkan laporan pemasaran terakhir untuk bahan rapat yang nantinya akan diadakan pada tanggal 15 Mei 2017. Laporan ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi perusahaan dalam memutuskan apakah akan melanjutkan promosi yang telah berlangsung atau menggantinya dengan inovasi pemasaran yang baru.

Karena pentingnya laporan tersebut, maka dari itu mohon laporan tersebut dapat saya terima secepatnya, maksimal sudah saya terima tiga hari setelah memo ini ( tanggal 7 April 2018 ). Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 4 April 2018

Direktur PT. Aneka Warna,

Anton Jaya

Contoh 8

PT INDAH BERSINAR

Jln. Melati No. 99 Jakarta Utara

Telp. 021 675428

 

MEMO

 

Dari   : Direktur PT Indah Bersinar

Untuk : Supervisor Lapangan

Hal     : Laporan Penjualan

 

Tolong untuk segera rekap semua hasil penjualan pada bulan Maret 2018, karena akan menjadi bahan rapat laporan bulanan yang akan diselenggarakan pada hari kamis, 30 April 2018. Saya berharap satu minggu sebelum rapat tersebut sudah diberikan kepada saya ( 23 April 2018 ). Jika sudah direkap tolong letakkan di atas meja kerja saya.

Selain itu saya juga meminta soft copy rekap hasil penjualan tersebut. Kirimkan soft copy tersebut ke e-mail saya. Sekian dan terima Kasih.

 

Jakarta, 5 April 2018

Direktur PT. Indah Bersinar

Bagas Aryo

Contoh 9

PT. MEKAR SARI

Jl. Anggrek No. 57 Bantul, Yogyakarta

Telp. (021) 45738945 Email : [email protected]

 

MEMO

 

Dari: Manager keuangan

Kepada: Bagian Keuangan unit 1

 

Tolong Anda siapkan data – data dan laporan yang berkaitan dengan keuangan tahun ini, termasuk pengeluaran untuk bulan ini. Data – data dan laporan tersebut akan menjadi salah satu bahan evaluasi pada rapat rutin tahunan. Saya berharap Anda dapat menyiapkannya dengan lengkap beserta soft copy dari dokumen – dokumen tersebut.

Rapatnya akan berlangsung seminggu lagi dari sekarang yaitu pada hari Selasa, 23 Desember 2018. Maka dari itu saya mengharapkan Anda dapat menyiapkannya dengan cepat. Sekian dan terimakasih.

 

Surabaya, 16 Desember 2018

Manajer Keuangan,

Rudy Sinarta

Contoh 10

PT. Shafira Mandiri

Jalan Projakal KM. 5,5 Graha Indah A No. 28 Balikpapan

Telp. 021 215428

 

MEMO

 

Dari: Direktur Utama

Kepada : Manajer Keuangan

 

Tolong Anda persiapkan laporan keuangan bulan ini. Laporan tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi dengan dewan direksi, yang akan dilaksanakan pada rapat bulanan pada tanggal 18 Juli 2016, pukul 09.00 WITA, di ruang meeting.

Karena begitu penting laporan keuangan tersebut dan masih banyak yang perlu untuk dipersiapkan, maka dari itu saya sangat berharap agar Anda dapat menyiapkan laporan tersebut secepat mungkin. Deadline saya menerima laporan tersebut tiga hari dari sekarang, yaitu pada tanggal 15 Juli 2016. Jangan lupa untuk soft copy laporan tersebut kirimkan ke e–mail saya. Sekian dan terima kasih.

 

Balikpapan, 12 Juli 2016

Direktur Utama

Shafira Nurlita, ST

Contoh Memo Sekolah

Contoh Memo Sekolah
themoondoggiesmusic.com

Contoh 1

SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

Jalan ST Iskandar Muda Kota Banda Aceh

Telp. 0651 44348

MEMO

 

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Seluruh Guru SMP IT Bustanul Ulum

 

Dalam rangka lomba Seni Budaya tingkat daerah tahun depan, diharapkan Bapak / Ibu Guru hendaknya berkenan untuk mau melakukan kerjasama dalam membantu siswanya yang nantinya akan mengikuti lomba tersebut.

Untuk kesediaan dana dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan untuk persiapan lomba silakan membuat Anda membuat proposal secepat mungkin, agar siswa nantinya juga akan semakin cepat menggunakannya. Kami sangat mengharapkan para siswa yang akan akan mengikuti lomba dapat lebih siap menghadapinya dan dapat memenangkan lomba tersebut. Terima kasih.

 

Banda Aceh, 4 Juni 2018

Kepala Sekolah,

Agus Jaya, M. Pd

Contoh 2

SMA PRASETYA HUSADA BANDUNG

Jl. Karangasem No. 37 Perum Indah Permai Bandung

Telp. (081) 33377475 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari        : Kepala Sekolah

Kepada  : Wakil Kepala Sekolah

 

Saya ingin berdiskusi dengan Anda perihal acara pelaksanaan Ujian Nasional yang akan berlangsung satu bulan lagi. Agar murid – murid dapat lebih siap menghadapi Ujian Nasional dan dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, maka perlu ada persiapan yang sesuai untuk mereka.

Diskusi akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2016. Tolong Anda menyiapkan data – data perihal kesiapan soal dan daftar jawaban yang diberikan oleh pemerintah. Insya Allah diskusi ini akan diselenggarakan nanti siang setelah istirahat kedua di ruangan Saya. Sekian dan terima kasih.

 

Bandung, 25 Mei 2016

Kepala Sekolah

Imam Usman

Contoh 3

SMK PENERBANGAN JATINEGARA

Jl. Melati No 37, Panderman, Jatinegara

Telp. (051) 956667238

MEMO

 

Dari : Wakil Kepala Sekolah

Kepada : Dewan Guru

 

Tolong kepada dewan guru untuk mempersiapkan diri, karena saya akan melaksanakan diskusi dengan semua guru untuk membahas tentang program baru sekolah kita yaitu Tahfidzhul Quran. Program tersebut diharapkan dapat membentuk jati diri para siswa yang baik dan juga berakhlak.

Karena masih baru dan pentingnya program tersebut, maka kita perlu untuk menyiapkan berbagai hal penting agar lebih matang dalam pelaksanaan kedepannya. Saya juga minta untuk menyiapkan beberapa masukan dan juga saran terkait program baru yang akan kita terapkan dalam waktu dekat – dekat ini.  Insya Allah diskusi tersebut akan berlangsung pada pukul 09.00 yang bertempat di kantor guru. Sekian dan terima kasih.

 

Jatinegara, 21 November 2016

Wakil Kepala Sekolah

Misbahul Munir

Contoh 4

SMPN 3 MALANG

Jl. Melati No. 54 Batu Malang

Telp. (021) 3475387 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari: Dewan Guru

Kepada Kepala Tata Usaha

 

Pada hari ini seluruh guru termasuk tata usaha akan mengikuti acara rapat dengan kepala sekolah. Pada rapat nanti akan banyak hal yang harus dibahas kesiapan para murid kelas tiga untuk menghadapi ujian nasional, persiapan tujuh belas agustus, dan masih banyak hal lainnya.

Maka dari itu tolong siapkan data – data terkait hal – hal yang akan menjadi bahan evaluasi untuk bulan ini. Dan juga pada hari ini para siswa akan dipulangkan lebih cepat yaitu pada pukul 10.00, oleh karena itu mohon diberitahukan kepada para ketua kelas tentang hal ini.

 

Malang, 4 April 2018

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Malang,

Anton Jaya, M. Pd

Conntoh 5

PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

SMP PELITA BARU

MEMO

 

Dari                 : Kepala Sekolah                                                   

Kepada            : Seluruh Dewan Guru dan Staff Tata Usaha

 

Dimohon untuk segenap dewan guru dan staff tata usaha untuk turut serta mengingatkan anak – anak untuk berkontribusi dalam gerakan cinta lingkungan. Kebersihan sekolah adalah faktor penting untuk kesehatan para guru dan para murid. Maka dari itu perlu untuk diadakan sosialisasi pentingnya untuk cinta lingkungan.

Dari sosialisasi tersebut maka Anak – anak murid diharapkan dapat terlatih dan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya baik itu organik maupun anorganik, dan juga tidak memetik tanaman atau bunga di sekitar sekolah ( hal – hal yang merusak keindahan dan kelestarian lingkungan di sekitar sekolah ). Sekian dan terima kasih

 

Lampung, 26 Februari 2016

Kepala Sekolah

Rumi Al Iman

Conntoh 6

Man Kembangsawit

Jalan. Kebonsari Madiun

Balikpapan

MEMO

 

Dari : Kepala Man kembangsawit

Kepada : Dewan Guru

 

Segera untuk menyiapkan surat keterangan hasil belajar siswa selama satu tahun ajaran untuk melihat perkembangan dari para murid dan juga digunakan sebagai materi rapat pertimbangan kenaikan kelas. Karena sangat penting rapat tersebut maka dari itu persiapkan dokumen secara lengkap surat keterangan beserta hal – hal penting lainnya yang berkaitan dengan evaluasi untuk para murid.

Rapat tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2016 pukul 09.00 WITA. Rapat tersebut akan berlangsung cukup lama, maka dari itu para siswa akan dipulangkan lebih cepat yaitu pada pukul 09.00, selain itu mohon untuk memberitahukan kepada para ketua kelas tentang hal ini.

 

Balikpapan, 23 Mei 2016

Kepala Sekolah

Muhammad Luqman N Spd.i

Contoh 7

SMA Negeri 5 Banda Aceh

Jl. Hamzah Fansuri, Kopelma Darussalam, Banda Aceh

Telepon (0651) 7552032

MEMO

 

Dari    : Kepala Sekolah

Untuk : Wali Kelas

 

Segera merekap ketidak hadiran siswa – siswi paling lambat minggu ini ( 11 April 2018 ), karena laporan tersebut akan digunakan sebagai bahan rapat bulanan pada hari Rabu, 12 April 2018. Kehadiran para siswa adalah bagian penting dari proses belajar dan perkembangan para murid.

Tolong siapkan data tersebut dengan lengkap beserta soft copy. Pada soft copy kirimkan saja ke e – mail pribadi saya. Untuk dokumennya dikumpulkan melalui Staf kesiswaan. Sekian dan terima kasih.

 

Banda Aceh, 4 April 2018,

Kepala Sekolah,

Demian Surya, M. Pd

Contoh 8

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDA ACEH

SMA Negeri 4 Banda Aceh

Jln. Panglima Nyak Makam No. 19 Kota Banda Aceh

MEMO

 

Kepada : Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan

Dari      : Kepala Sekolah

Perihal  : Lomba siswa teladan

 

Pak tolong siswa yang nantinya akan ikut lomba siswa teladan untuk segera diberikan pengarahan dan juga pembinaan. Sebenarnya saya yang seharusnya memerikan pengarahan tersebut, saya hari ini mendadak ada rapat dinas.

 

Banda Aceh, 4 April 2018,

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Banda Aceh,

Baharudin Harahap, M. Pd

Contoh 9

SMP NURUL IMAN SURABAYA

Jl. Sumpah Pemuda No. 95 Tanjung karang Surabaya

Telp. (021) 42549239

MEMO

 

Dari    : Kepala SMP Nurul Iman Surabaya

Untuk : Dewan Panitia Study Tour

 

Segera siapkan laporan hasil pengumpulan suara tentang tujuan study tour siswa kelas VIII yang akan dilaksanakan pada bulan depan. Karena study tour adalah bagian penting dari proses pembelajaran maka hasil pengumpulan suara tersebut akan saya pertimbangkan terlebih dahulu, apakah tujuan tersebut sesuai dengan kebutuhan anak – anak atau tidak sesuai.

Selain itu mohon untuk dewan panitia dapat lebih efisien dalam penggunaan dana, dan juga untuk persiapan dapat dipersiapkan dengan baik. Besar harapannya pada hari – H study tour siswa kelas VIII tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebaiknya acara tersebut diselenggarakan setelah ujian akhir sekolah ( UAS ), agar para murid juga tidak terganggu dalam menghadapi ujian tersebut. Sekian dan terima kasih.

 

Surabaya, 4 April 2018

Kepala Sekolah SMP Nurul Iman Surabaya,

Joko Susanto, M. Pd

Contoh Memo Pribadi

Contoh Memo Pribadi
themoondoggiesmusic.com

Contoh 1

Dari : Albert

Kepada : Dina

 

Jika kamu jadi main ke rumahku, jangan lupa untuk membawa makanan pesananku. Kemarin rencana aku ingin beli makanan itu di dekat daerah rumahmu. Tetapi, kemarin tokonya sedang tutup sehingga aku terpaksa pulang tanpa ada hasil. Nanti uangnya aku ganti di rumah dan ada bonusnya juga. Minta tolong ya Din, ini aku sudah sangat ingin sekali makan camilan itu.

 

Semarang, 4 Febuari 2017

Sahabatmu

Albert

Contoh 2

Dari : Farhan

Kepada : Nidan

 

Maaf ya Nid, kemarin aku tidak sempat balas chat kamu. Kemarin aku lagi ada masalah yang membuat aku ingin sendiri dulu dan tidak ingin bertemu dengan orang banyak. Tapi hari ini masalah tersebut sudah hilang. Sehingga kondisi aku sudah mulai membaik, kamu pun sekarang sudah bisa chat aku lagi hari ini.

Aku juga minta maaf atas segala perbuatan aku yang tidak enak pada kamu. Aku juga minta maaf karena aku tidak bisa berbicara langsung kepada kamu. Aku takut kamu marah ke aku, jadi terpaksa aku nulis memo ini kepadamu. Aku berharap kita dapat berteman lagi seperti sebelumnya.

 

Bandung, 8 Juli 2016

Temanmu

Farhan

Contoh 3

Dari : Agung

Untuk : Kak Dani

 

Kak Dani, besok saya ada tugas kelompok sehingga aku kemungkinan besar tidak bisa pulang cepat kak. Kak, minta tolong juga sampaikan ke mama dan papa jika saya tidak bisa pulang cepat, agar mereka tidak perlu khawatir.

Selambat – lambatnya, mungkin saya selesai belajar kelompok pukul 19.30 atau sekitar habis isya. Jadi, saya minta tolong kepada Kak Dani untuk menjemputku besok pada jam tersebut, agar saya tidak pulang sendirian.

 

Makassar, 18 Oktober 2016

Adikmu Tercinta

Agung Firmansyah

Contoh 4

Dari : Ayah

Untuk : Anisa

 

Kak Anisa, ayah ada acara mendadak ayah sehingga tidak dapat pulang cepat nanti. Ayah minta tolong sama kak Anisa, agar hari ini kamu tidak keluar rumah dulu. Dan hari ini ayah menugaskan Kak Anisa untuk menjaga rumah dan jangan lupa untuk menyapu dan mengepel rumah ya. Nanti jika acara telah selesai, ayah janji akan pulang cepat ke rumah dan membawakan makanan kesukaan Anisa.

 

Malang, 25 April 2016

Ayah Tercinta

Agung Herlambang

Contoh 5

Dari     : Vanesha

Untuk  : Linda

 

Linda, baju yang aku jahitkan di tempat kamu kemarin aku kembalikan. Ada beberapa bagian yang tidak rapi dan sangat menggangu ketika digunakan. Bagian yang perlu diperbaiki sudah aku beri tanda dan aku beri catatan.

Aku sangat buru  -buru hari ini sehingga tidak dapat bertemu dengan kamu secara langsung. Aku menitipkan ini kepada ibumu. Aku minta tolong untuk segera diperbaiki karena baju tersebut akan aku pakai pada pesta pernikahan sepupu aku pada besok lusa. Terima kasih, Linda. Maaf merepotkan.

 

Tertanda,

      Vanesha

Contoh 6

Dari : Ibu

Untuk : Putriku tercinta

 

Ibu sudah membuatkan makanan di meja makan. Makan yang banyak jika bisa segera habiskan semuanya. Jika tidak dapa menghabiskannya, maka taruh makanan sisa tersebut di kulkas. Ibu pada siang nanti sedang pergi ke rumah sakit untuk menjenguk teman ibu yang sedang sakit. Ibu akan pulang nanti sore dan jangan lupa untuk mengangkat jemuran jika sudah kering.

Selain itu, jangan lupa untuk mengerjakan tugas dari sekolah dan juga belajar, agar lebih siap menghadapi ujian akhir sekolah ( UAS ) minggu depan.

 

Ibu

Citra Deviana Puteri

Contoh 7

Dari: Ayah

Kepada : Mba Shafira

 

Tolong jaga rumah selama saya dan anak – anak pergi ke kampung. Saya akan pergi kampung minggu depan pada tanggal 26 Juli 2016. Sudah saya siapkan bahan makanan dan sejumlah uang untuk kebutuhan kamu selama kami pergi nanti.

Selain itu, jangan lupa untuk memberi makan kucing dan menyiram tanaman ibu setiap sore. Kami akan kembali hari senin. Terima kasih

 

Jakarta, 19 Juli 2016

Ayah

Abdillah Achmad Reza

Contoh 8

Untuk : Luqman

 

Jangan lupa bawa Novel Bumi yang kemarin kamu pinjam, karena aku ingin mengembalikannya ke Yuni. Aku sudah janji kepada dia untuk mengembalikannya tidak lebih dari dua bulan. Terima kasih

 

Temanmu

Natasaha Dewi

Dengan semakin padat pekerjaan yang harus dikerjakan seringkali malah lupa untuk menyiapkan dokumen penting atau menghadapi suatu acara penting. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu produktivitas dan juga bisa dimarahi atau bahkan dipecat oleh atasan. Maka dari itu agar tidak lupa, penting untuk membuat memo kepada rekan kerja atau kerabat yang Anda tuju. Semoga dengan berbagai contoh memo di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *