7 Contoh Artikel yang Baik dan Benar dengan Berbagai Topik

Contoh artikel Informasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi manusia, apapun itu informasinya pasti memiliki makna dan juga berfungsi dalam kehidupan sehari-hari . Dan untuk bisa mendapat informasi Anda bisa mencari dari berbagai sumber, salah satunya adalah melalui internet.

Kalau di internet Anda bisa mendapat informasi penting dari artikel, tapi sebenarnya artikel itu bukan hanya dari internet saja. Anda bisa menemukan di berbagai media lainnya seperti majalah, koran, dan berbagai media baca lainnya.

Informasi yang dimuat dalam artikel memang tidak membahas semua topik menjadi satu dan dikategorikan di topik tertentu dan pembahasannya lebih dalam. Dalam sebuah artikel juga memuat fakta, opini yang berupa pendapat para ahli atau seseorang, dan juga fakta yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

Jenis-jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui
fastwork.id

Artikel juga bukan hanya satu jenis, jika di golongkan menurut penulisnya artikel terbagi menjadi tiga jenis, yaitu berikut ini.

1. Artikel Deskriptif

Seperti namanya, artikel deskriptif adalah artikel yang memuat penggambaran secara garis besar informasi yang disampaikan kepada pembaca.

Isi informasi yang disampaikan biasanya adalah hal baru dengan tujuan memberikan pengetahuan tambahan bagi pembaca. Karena memang deskriptif menggambarkan secara garis besar saja. Maka artikel jenis ini tidak membahas suatu topik atau permasalahan secara detail dan mendalam.  

2. Artikel Prediktif

Kalau Anda mendengar kata prediktif pasti tidak lepas dengan yang namanya prediksi. Memang artikel prediktif isinya adalah tentang prediksi untuk suatu peristiwa atau permasalahan di masa yang akan datang.

Jadi sudah pasti jika kejadian atau pada masa sekarang ini akan berdampak pada masa depan. Pembahasan masalah dalam artikel prediktif memang membahas masalah atau peristiwa yang sedang terjadi di masa sekarang, namun di ulas juga mengenai prediksi yang akan terjadi di masa depan mengenai peristiwa tersebut.

3. Artikel Eksplanatif

Kalau artikel deskriptif adalah artikel yang menunjukkan penggambaran secara garis besar dari sebuah topik yang dibahas, sedangkan artikel eksplanatif adalah kebalikannya.

Artikel eksplanatif memang isinya sama dengan yang lain yaitu memberikan informasi, namun informasinya lebih detail dan juga lebih merinci. Bahkan isi dari artikel eksplanatif itu sebagian besar adalah fakta opini dari sang penulis. Namun informasi yang disampaikan lebih jelas dan detail, jadi kalau Anda memahaminya bisa sampai akar permasalahannya.

Contoh Artikel yang Benar dengan Berbagai Topik atau Permasalahan Agar Anda Lebih Paham

Contoh Artikel yang Benar dengan Berbagai Topik atau Permasalahan Agar Anda Lebih Paham
www.romadecade.org

Supaya Anda lebih mengerti mengenai artikel maka Anda memerlukan contoh untuk dipelajari. Anda juga perlu mempelajari berbagai contoh artikel dari berbagai topik permasalahan yang dibahas supaya Anda bisa membedakan per topiknya.

Dan per topiknya juga terbagi menjadi tujuh topik ada, bahasa Indonesia, menarik, populer, lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan, dan juga ilmiah.

Contoh Artikel dengan Topik Lingkungan Hidup

Contoh Artikel dengan Topik Lingkungan Hidup
www.sewakantorcbd.com

Artikel dengan topik permasalahan lingkungan hidup memang sedang banyak muncul akhir-akhir ini karena memang di Indonesia sendiri sedang banyak mengalami permasalahan lingkungan. Berikut ini adalah contoh artikel untuk pembahasan topik lingkungan hidup.

Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang sering disebut sebagai zamrud khatulistiwa, mengapa demikian? Karena memang jika dilihat dari luar angkasa pancaran warna hijaunya memang cantik, ini karena  karena luasnya hutan sehingga memancarkan warna hijau.

Namun ironisnya, malah akhir-akhir ini hutan di Indonesia mengalami masalah serius yaitu kebakaran hutan, ini disebabkan karena alam/musim dan juga manusia. Kalau faktor musim panas itu masih bisa dimaklumi karena tidak bisa dicegah, namun kalau faktor manusia itu perlu dievaluasi, karena memang dengan terjadinya karhutla sangat merugikan baik sesama manusia dan juga keseimbangan alam.

Dan untuk para pembakar hutan dan ingin membuka lahan, seharusnya diadili dengan hukuman berat. Karena di hutan itu ada berbagai spesies flora dan fauna, dan dengan adanya karhutla mengancam keberadaannya. Berbagai tumbuhan hangus karena di lalap si jago merah, dan hewan juga banyak yang mati serta terkena penyakit bahkan mereka kehilangan habitat dan melarikan diri ke pemukiman. 

Bahkan sekarang ini, ada berbagai hewan liar turun dan melarikan diri ke pemukiman warga, dan itu bukan hanya membahayakan hewannya saja namun juga warga sekitar. Kalau untuk faktor alam, biasanya penyebabnya adalah musim kemarau panjang yang membuat lahan gambut terbakar dan juga sambaran petir yang membakar pepohonan. 

Musim memang tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi, baik kemarau dan hujan tetap saja bisa menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran hutan. Namun kalau musim hujan api masih bisa padam dengan adanya air hujan yang turun, namun kalau musim kemarau siapa yang akan memadamkan?

Contoh Artikel dengan Topik Menarik

Contoh Artikel dengan Topik Menarik
mediagarda.com

Mungkin Anda kurang mengetahui mengenai maksud dari topik yang menarik. Tapi singkatnya, topik yang ini memang biasanya membahas topik atau permasalahan yang sedang banyak terjadi dan juga menjadi trending dan bisa menarik perhatian pembaca.

Supaya Anda bisa mengerti mengenai artikel dengan topik pembahasan yang menarik, Anda bisa perhatikan contohnya berikut ini.

Fenomena yang Sering Terjadi, Pelakor

Pada zaman dulu, memang hubungan suami istri bukan hanya dilakukan satu pasangan saja, dimana maksudnya adalah seorang suami bisa memiliki istri lebih dari satu dan menikah beberapa kali.

Tetapi untuk sekarang ini, hal itu sudah jarang berlaku, karena memang pasangan setia lebih banyak disukai di kalangan masyarakat. Mungkin seperti yang Anda ketahui sebagai contoh nyatanya adalah Bapak Habibie dan Ibu Ainun yang cintanya abadi.

Namun, sekarang ini sedang marak terjadinya fenomena perebutan suami orang sehingga seorang laki-laki memiliki istri lebih dari satu. Namun sayangnya sekarang tidak seperti zaman dahulu, jadi istri yang kedua biasa disebut sebagai pelakor oleh masyarakat.

Pelakor sendiri adalah singkatan dari perebut laki orang, dan biasanya yang terjadi adalah istri sah pertama tidak terima suaminya mendua dan menjadi viral di sosial media. Biasanya para istri pertama mencurahkan perasaannya di sosial medianya, sehingga banyak netizen yang mengetahui dan membacanya, dan akhirnya menjadi viral.

Kalau sudah viral, pasti yang terjadi adalah netizen memberikan kata hujatan kepada sang pelakor, dan mungkin para netizen melakukan hujatan karena merasa bisa sama tersakiti sebagai wanita. Karena memang perasaan lebih menguasai wanita membuat hal ini bukanlah hal yang besar.

Contoh Artikel dengan Topik Ilmiah

Contoh Artikel dengan Topik Ilmiah
pandaibesi.com

Seperti yang Anda ketahui, artikel ilmiah itu membahas suatu permasalahan secara mendetail dan terinci, jadi bisa dikategorikan ke dalam artikel eksplanatif. Isi dari airtikel pembahasan ilmiah adalah mengenai sebuah fakta, sistematis, dan rasional. Artikel ilmiah memiliki ciri tersendiri, berikut adalah ciri dari artikel ilmiah:

a. Sumber artikel yang sudah terpercaya dan teruji

b. Terdapat sintesa mengenai pembahasan topik

c. Penulis artikel menjadi bagian dari artikel

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai artikel ilmiah, maka Anda perlu tahu contohnya berikut ini.

Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Untuk Tubuh

Makanan cepat saji atau lebih dikenal dengan junk food memang menjadi makanan yang banyak disukai karena rasanya enak dan juga sangat mudah ditemukan. Perkembangannya di Indonesia juga sangat pesat sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan restoran makanan cepat saji, harganya juga terbilang murah, jadi banyak orang yang suka.

Tetapi, di samping rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau, makanan cepat saji memiliki kandungan zat berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kandungan bahan pengawet dan juga MSG pada makanan cepat saji juga tergolong tinggi sehingga membuatnya sangat tidak sehat.

Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa makanan cepat saji itu tidak baik dan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Memang dampak negatif makanan cepat saji tidak secara langsung dan butuh jangka waktu lama, tapi penyakit yang ditimbulkannya itu sangat berbahaya. 

Penyakitnya itu bisa kanker, stroke, usus buntu, ginjal, jantung, dan juga kolesterol tinggi, dan itu semuanya berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Makanya, kalau Anda suka dengan makanan cepat saji Anda kurangi dan hindari supaya sehat selalu. Anda harus mencintai diri Anda sendiri karena semuanya itu berawal dari diri kita sendiri. 

Contoh Artikel dengan Topik Pendidikan

Contoh Artikel dengan Topik Pendidikan
pastiguna.com

Sepertinya kalau yang satu ini sudah jelas apa yang dibahas dalam artikel ini, yaitu mengenai permasalahan pendidikan. Kalau Anda mau tahu lebih jelasnya Anda bisa pahami contoh artikel pendidikan berikut ini.

Pendidikan Bagi Anak Pedalaman

Indonesia memang termasuk negara dengan jumlah suku terbanyak, namun itu juga membuat adanya suku yang belum terjangkau fasilitas publik.

Salah satunya yang sangat memengaruhi adalah pendidikan, dan pastinya anak-anak pedalaman sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dan masih banyak juga ketertinggalan mereka kalau dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Hak mereka untuk mendapatkan pendidikan itu memang banyak rintangannya, padahal pendidikan wajib dua belas tahun bagi anak Indonesia. Meskipun itu bukan salah mereka, namun keadaan yang memaksa menjadi seperti itu, dimana mereka sulit untuk menjangkau sekolah dan harus benar-benar berjuang dari jarak sampai medannya. 

Mereka harus berjuang berjalan kaki sejauh puluhan kilometer, dan itupun banyak yang tidak memakai sepatu atau tanpa alas kaki karena memang sulit mendapatkannya. Faktor lainnya adalah karena kurangnya pengajar yang mau mengajar di wilayah pedalaman.

Hal ini sangat disayangkan, karena pendidikan itu sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia, itupun juga berlaku untuk anak pedalaman.

Contoh Artikel dengan Topik Bahasa Indonesia

Contoh Artikel dengan Topik Bahasa Indonesia
moondoggiesmusic.com

Kalau artikel bahasa Indonesia ini mungkin dari topik yang dibahasnya juga sudah jelas kalau membahas mengenai semua artikel yang berbahasa Indonesia. Kalau contohnya Anda bisa simak berikut ini.

Berita Telur Palsu yang Beredar di Pasaran

Beberapa bulan lalu, di Indonesia dihebohkan dengan berita yang katanya di pasaran banyak beredar telur palsu. Dalam berita itu, katanya kalau telur yang palsu itu baunya tidak amis, putih telurnya encer dan tidak kental, dan warna merahnya terlihat pudar.

Setelah munculnya berita itu, membuat masyarakat heboh dan berimbas pada penjualan telur menurun drastis yang sangat merugikan. Kerugian bukan hanya ditanggung oleh pedagangnya saja, tapi juga para peternak ayamnya, namun konsumen juga dirugikan dengan berkurangnya konsumsi protein.

Tapi setelah ditelusuri, ternyata berita mengenai terlalu palsu hanya berita bohong atau hoax. Berita ini tentunya disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan berita tersebut untuk mencari keuntungan pribadi.

Dengan terbongkarnya kalau berita tersebut adalah hoax membuat penjualan telur bisa normal lagi. Dan masyarakat juga tidak khawatir lagi mengenai konsumsi telur dan membelinya. Kan sayang kalau tidak makan telur, telur bisa diolah menjadi apa saja dan tentunya dengan harga murah dan berprotein tinggi.

Contoh Artikel dengan Topik Kesehatan

Contoh Artikel dengan Topik Kesehatan
jagad.id

Sama seperti contoh artikel yang lainnya, topik yang bersangkutan adalah mengenai kesehatan, jadi sudah pasti kalau di dalam artikel juga memuat berbagai informasi mengenai kesehatan tubuh.

Mulai dari bahan yang baik untuk kesehatan sampai dengan penyakit dan penangannya. Untuk pemahaman lebih lanjut Anda bisa simak dan pahami contoh artikel kesehatan berikut ini.

Manfaat Madu Untuk Tubuh

Madu adalah cairan alami yang diproduksi oleh lebah dan berasal dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Cairan lebah ini memiliki rasa yang manis, dan hebatnya lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan sekarang saja sudah banyak orang yang beternak lebah untuk diambil madunya. 

Madu sendiri juga banyak dimanfaatkan di bidang kesehatan, baik itu untuk pengobatan ataupun untuk menjaga kesehatan saja. karena faktanya madu sangat baik dan juga aman karena memang bahan alami. Kalau manfaatnya sih Anda bisa simak berikut ini.

a. Madu Bermanfaat Untuk Memelihara Kecantikan Kulit

Madu memang banyak manfaatnya salah satunya adalah di bidang kecantikan, dan bukan hanya pengobatan saja. Memang bahan alami yang satu ini bisa digunakan untuk memelihara kecantikan kulit. Bukan hanya kulit tubuh, namun juga bisa Anda gunakan untuk kulit wajah. 

Manfaatnya untuk wajah adalah meredakan jerawat jika Anda campur dengan jeruk nipis. Dan jika Anda menggunakan secara teratur sebagai masker, maka madu bisa membuat pori-pori kecil dan kulit wajah menjadi halus.

b. Madu Sebagai Obat Alami Pereda Batuk

Mungkin bagi Anda yang baru tahu pasti agak merasa aneh dengan hal yang satu ini dan kurang terbukti. Namun Anda salah, pada suatu jurnal pada tahun 2007 dituliskan bahwa batuk bisa diredakan dengan madu. Penelitiannya, sebanyak 270 anak. Dan yang meminum satu sendok makan madu sebelum tidur itu batuknya mereda.

c. Kandungan Antioksidan Madu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu adalah salah satu super food karena punya banyak manfaat untuk tubuh, kandungan vitamin dan mineral pada madu juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Apalagi kandungan antioksidan pada madu itu tinggi jadi bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah kanker. Jadi tidak heran jika para orang tua banyak yang memberikan madu untuk anaknya agar lebih sehat dan kebal.

d. Anti bakteri Pada Madu Membunuh Berbagai Bakteri Jahat

Selain antiokasidan, madu juga mengandung anti bakteri yang tentunya senyawanya bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab penyakit.

Dalam studi dan penelitian juga sudah terbukti khasiat madu dalam membasmi bakteri seperti E. Colli dan Salmonella, serta berbagai bakteri jahat lainnya. Makanya Anda bisa mengkonsumsi madu supaya bebas dari penyakit yang bisa datang kapan saja.

Contoh Artikel dengan Topik Populer

Contoh Artikel dengan Topik Populer
pandaibesi.com

Artikel populer memang biasanya memuat berita tentang peristiwa yang sedang populer dan banyak dibicarakan. Artikel populer memang dibuat supaya Anda lebih update mengenai informasi terkini yang menggemparkan dan juga sedang hangat dibicarakan masyarakat. Jika  Anda mau tahu dan memahami lebih dalam Anda bisa memerhatikan contoh artikel populer berikut.

Fenomena Lelaki Tulen Berpenampilan Bagai Seorang Wanita

Kalau Anda suka mengikuti perkembangan berita terkini, pastinya sudah sering dibahas lelaki seperti wanita. Sebenarnya mereka adalah seorang lelaki tulen dan itu adalah fakta yang ada.

Namun anehnya, entah apa yang terjadi membuatnya berpenampilan layaknya seorang wanita tulen dan menutupi identitasnya sebagai laki-laki. Bahkan penampilannya saja feminim dan bahkan menggunakan make up seperti wanita.

Apapun itu yang sedang ada di dalam pikiran mereka yang membuat mereka melakukan perubahan penampilan dan identitas, itu tetap saja buruk. Namun, jika Anda takut dengan hal yang seperti ini Anda bisa menghindarinya, berikut ini adalah caranya supaya Anda dan orang terdekat terhindar.

1. Memperdalam Ilmu Agama dan Keyakinan Kepada Tuhan

Setiap orang sejak lahir orang juga memiliki agama, dan itu biasanya mengikuti keyakinan dari orang tua. Agama adalah pondasi dan tiang kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan juga menjaga sikap, perbuatan, pola pikir serta norma.

Jika agama tidak ada maka manusia tidak ada yang menuntun dan tak tentu arah hidupnya. Dan dengan ini bisa memungkinkan jika seseorang tidak mensyukuri pemberian Tuhan, dan berganti kelamin.

2. Menjaga Lingkungan Pergaulan

Pergaulan memang sangat memengaruhi seseorang, jika Anda mau aman Anda bergaulah dengan orang yang baik dan beriman saja. apalagi sekarang ini kan perkembangan teknologi membawa perluasan lingkungan pergaulan.

Sehingga hal ini bisa berakibat buruk, dimana seseorang bisa bergaul sesukanya dengan berbagai orang dari berbagai belahan dunia. dan hal ini juga bisa menjadi penyebab seseorang lupa dengan Tuhan dan mengganti gender.

Dengan berbekal dua cara itu, diharapkan setiap orang bisa menjaga hidupnya dan masa depannya dengan membatasi diri untuk melakukan hal yang menentang takdir dan menyalahi Tuhan. Setiap orang harus merasa percaya diri dan selalu bersyukur kepada Tuhan dengan apa yang Ia berikan dalam kehidupan.

Baca Juga Contoh Memo

Dan untuk laki-laki harus percaya diri untuk menjadi seorang suami, sedangkan perempuan jadilah istri yang baik. Itulah beberapa ulasan mengenai artikel dan juga contoh-contohnya yang bisa Anda ketahui sebagai tambahan wawasan. Dengan membaca beberapa contoh di atas tentu Anda akan mendapatkan pengalaman baru. 

Contoh Artikel yang Baik dan Benar dengan Berbagai Topik

Tinggalkan komentar