10 Resep Bolu Kukus beserta Bahan dan Cara Membuatnya

Resep bolu kukus – Kue basah mungkin adalah sesuatu yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena memang sudah menjadi khas untuk cemilan tradisional Indonesia, apalagi dengan harganya yang terjangkau menjadi lebih digemari.

Salah satu jenis kue basah yaitu bolu kukus, dimana memang kue ini memiliki tekstur yang lembut serta rasanya manis, cara membuatnya juga tergolong mudah. Kalau dari segi varian rasa, memang sekarang sudah ada banyak varian rasa dari bolu kukus, mulai dari pisang, jahe, coklat, dan berbagai varian rasa yang lainnya.

Meskipun kue bolu kukus mudah dijumpai di pasaran dan harganya tergolong murah serta Anda bisa membelinya dengan mudah. Kalau Anda ingin membuat bolu kukus sendiri juga tidak masalah, Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa resep dari kue bolu kukus dengan berbagai varian beserta tipsnya.

Bahan Dasar Untuk Membuat Bolu Kukus Dijamin Sukses dan Jadi Anti Gagal

Bahan Dasar Untuk Membuat Bolu Kukus Dijamin Sukses dan Jadi Anti Gagal
thegorbalsla.com

Kalau Anda mau membuat bolu kukus maka Anda harus tahu dulu bahan dasar yang bisa membuat bolu kukus Anda anti gagal. Berikut ini adalah bahan dasar yang Anda perlukan untuk membuat bolu kukus.

  • Tepung

Tepung memang bisa menjadi bahan utama dasarnya, dan Anda bisa menggunakan tepung terigu untuk membuat bolu kukus. Untuk jenis tepung terigunya, Anda bisa menggunakan tepung terigu dengan kandungan protein yang sedang ataupun rendah. Mengapa demikian? Karena memang gluten atau proten terigu sifatnya kenyal dan elastis, jadi kalau pakai yang rendah maka bolu kukus akan lembut.

Namun jika Anda suka berkreasi dengan kue, Anda bisa mengganti tepung terigu dengan jenis tepung lain sesuai dengan kreasi Anda. misalkan saja Anda bisa menggunakan tepung coklat, tepung ketan hitam. Atau bisa juga tepung maizena.

  • Gula

Ketika Anda membuat kue bolu kukus, gula yang Anda gunakan tidak serta merta harus menggunakan gula pasir. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan menggunakan gula merah, tergantung dengan variasi bolu kukus dan juga selera gula Anda. Jika Anda menggunakan gula merah, Anda bisa merasakan rasa legit pada bolu kukus.

Tapi, jika Anda ingin membuat variasi kue yang memiliki warna cerah atau putih saja Anda pilih saja gula pasir. Kalau bisa gunakan gula yang butirannya kecil supaya bisa larut dan tercampur dengan mudah. Penggunaan gula secukupnya saja dan jangan terlalu banyak supaya bagian tengah permukaan bolu tidak jatuh.

  • Telur

Telur adalah bahan wajib jika Anda mau membuat kue, dan pastinya telur juga berperan penting dalam cita rasa kue. Untuk penggunaan telur di kue bolu, Anda perlu menambahkan banyak kuning telur, semakin banyak semakin baik. Karena kalau semakin banyak maka tekstur kue bolu kukus akan semakin lembut.

Dalam pemilihan telur untuk kue yang baik adalah telur yang tidak berbunyi ketika diguncang, serta ketika dimasukkan di air tidak tenggelam. Jika Anda ingin adonan kue Anda warnanya semakin kuning, Anda bisa menggunakan kuning telur dari telur yang cangkangnya lonjong dan coklat. Karena yang seperti itu kuningnya lebih besar dan warnanya juga lebih pekat.

Namun Anda tidak boleh menggunakan telur yang masih baru saja dikeluarkan dari kulkas. Karena suhunya masih rendah dan sulit untuk menangkap udara, sehingga telur susah mengembang. Anda bisa tunggu telur sampai suhunya sama dengan suhu ruangan agar bisa mengembang dan bolu kukus hasilnya bisa maksimal.

  • Cake Emulsifer

Bahan yang satu ini adalah bahan tambahan yang berfungsi sebagai media mencampur adonan. Untuk bahan yang bisa menjadi cake emulsifer adalah seperti ovalet, TBM, serta SP. Dengan adanya bahan ini kue bolu kukus bisa menjadi lebih mengembang dan lembut. Penggunaan bahan ini juga tidak boleh terlalu banyak agar tekstur bolu kukus tidak hilang.

  • Lemak 

Lemak bisa Anda gunakan sebagai bahan penambah cita rasa kue. Lemak bisa Anda dapatkan dari bahan seperti santan, minyak, margarin, dan berbagai bahan lain yang mengandung lemak. Selain sebagai cita rasa, dengan adanya lemak maka kue akan lembab dan teksturnya menjadi empuk. Anda bisa menggunakan lemak yang masih baru dan baik seperti lemak dari margarin.

Penyebab Bolu Kukus Tidak Bisa Mekar dengan Sempurna

Penyebab Bolu Kukus Tidak Bisa Mekar dengan Sempurna
sajiansedap.grid.id
  • Jangan Menggunakan Kukusan Bertingkat

Pada kukusan bertingkat panas atau uap panas berkumpul di bagian atas, maka Anda tidak disarankan menggunakan kukusan jenis ini. Karena kalau panas hanya di atas, maka kue yang ada di bagian bawah bisa gagal karena suhunya kurang panas. Jadi akan lebih maksimal hasilnya kalau Anda menggunakan kukusan satu saja supaya matangnya juga lebih merata.

  • Jangan Buka Tutup Ketika Mengukus

Ketika mengukus memang suhu dan juga tekanan udara di dalam kukusan perlu diperhatikan. Makanya, Anda tidak bolek membuka tutup kukusan ketika tengah mengukus.

Karena kalau dibuka maka uap air akan hilang dan bisa menurunkan suhu serta tekanan sehingga bolu bisa gagal untuk mekar. Jadi supaya menghindari Anda membuka kukusan di tengah-tengah mengukus, maka Anda bisa menambahkan air yang banyak sebelumnya, dan setelah selesai satu kukusan, Anda bisa isi ulang air lagi.

  • Adonan Terlalu Banyak

Tahap memasukkan adonan di cetakan ke kukusan memang penting, dan jumlah adonan yang dimasukkan juga perlu diperhatikan. Anda tidak boleh memasukkan adonan ke loyang terlalu banyak dan juga terlalu rapat. Karena dengan seperti itu maka bolu bisa tidak mendapatkan panas dan akhirnya tidak bisa mekar. Jadi Anda harus memberi jarak dan jangan taruh banyak adonan.

  • Uap Tidak Merata

Uap yang rata memang sangat penting untuk proses mengembangnya adonan ketika di kukus. Makanya kalau bisa usahakan Anda menggunakan kukusan dengan lubang yang besar.  Karena dengan begitu uapnya bisa merata dan adonan bisa mengembang dengan baik. Begitu pun dengan sebaliknya, jika uap tidak merata maka adonan juga bakal sulit untuk mengembang. 

  • Kukusan Suhunya Kurang Panas

Suhu memang penting ketika Anda memasak sesuatu, begitu pun dengan mengukus bolu. Jadi ketika Anda mau memasukkan adonan, pastikan kalau loyangnya sudah benar-benar panas dan uapnya juga banyak supaya adonannya bisa mengembang sempurna.

Jika adonan bolu sudah Anda tuang ke dalam loyang, maka sebaiknya Anda cepat masukkan ke dalam kukusan supaya uapnya tidak hilang. Karena jika uap sudah hilang maka kue bolu kukus Anda bisa bantet.

  • Soda Sudah Lama Dibuka

Pengembang dalam kue memang bahan yang dibutuhkan supaya kue bolu bisa mekar. Salah satu pengembangnya adalah soda, jadi kalau bisa Anda gunakan soda yang baru dibuka supaya bisa mengembang sempurna. Karena memang soda adalah zat mudah menguap, sehingga kalau sudah dibuka lama sudah pasti tidak bisa mengambang.

Tips Membuat Bolu Kukus Agar Bisa Mekar dan Mengembang dengan Sempurna

Tips Membuat Bolu Kukus Agar Bisa Mekar dan Mengembang dengan Sempurna
resepdapoeribu.blogspot.com
  • Mengocok Adonan

Ketika mengocok adonan berpengaruh kepada hasil mengembangnya adonan nanti. Jadi Anda harus mengocok adonan seperti gula, telur, emulfier hingga adonan benar-benar kental. Kalau Anda masih bingung bagaimana caranya, Anda bisa mengikuti petunjuk pada resep.

  • Pemilihan Telur

Telur sangat penting pada bolu kukus, jadi ketika Anda memilih telur pilih yang ukurannya tidak terlalu besar. Karena telur yang terlalu banyak bisa menjadikan adonan tidak bisa mengental dengan baik dan jelek. Dengan begitu maka adonan juga tidak bisa mekar dengan baik, jangan lupa pakai telur yang suhunya sama dengan ruangan.

  • Pemakaian Gula

Kue bolu kuku memang sudah dikenal sebagai kue yang manis, jadi tentu penggunaan gulanya juga cukup banyak. Selain berpengaruh pada rasa, gula juga bisa membuat adonan kue menjadi kental sehingga bisa mengembang dengan baik. Jadi kalau Anda merasa takaran gula pada resep terlalu banyak, jangan asal dikurangi saja.

  • Loyang Adonan

Loyang yang digunakan juga berpengaruh pada pengembangan adonan. Memang supaya adonan bisa sempurna maka panasnya harus rata. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan loyang yang bolongnya rata di samping dan bawah. Sebelum adonan di tuang ke loyang, jangan lupa untuk melapisi dulu dengan kertas roti. 

  • Menyimpan Bolu Kukus

Jika bolu kukus sudah matang, maka tentunya Anda perlu menyimpannya. Namun Anda tidak bisa menyimpannya di wadah terbuka karena kue ini bisa mengering, jadi Anda simpan di wadah yang tertutup. Tetapi jika bolu Anda sudah kering, Anda bisa mengukusnya lagi agar tidak kering.

  • Cara Mengukus

Mengukus sangat berpengaruh pada mekarnya adonan, Anda bisa menggunakan kukusan yang lubangnya besar, atau bisa juga kukusan yang lubangnya kecil tapi banyak. Ketika mengukus juga gunakan api besar supaya panas dan uapnya banyak, tutup kukusan dengan kain sebelum dengan tutupnya supaya airnya tidak menetes ke bolu.

Resep Bolu Kukus Pisang

Resep Bolu Kukus Pisang
www.fimela.com

Bahan-bahan kue:

  • 25 gram coklat meses
  • Dua ratus mL soda tawar
  • Lima puluh gram pisang ambon yang sudah di haluskan
  • Tiga perempat sendok teh baking powder
  • 270 gram tepung terigu
  • Dua ratus gram gula pasir
  • Seperempat sendok teh garam
  • Emulsifier setengah sendok makan, bisa menggunakan SP atau juga TBM

Cara membuat kue bolu kukus pisang:

  1. Haluskan pisang dengan dicampur soda tawar sampai halus, Anda bisa menggunakan blender supaya bisa sangat halus.
  2. Setelah itu, Anda kocok garam, telur, gula pasir, serta emulsifier hingga adonan kaku selama sepuluh menit sampai merata.
  3. Jika sudah, Anda bisa menambahkan tepung terigu serta baking powder secara perlahan, lalu aduk dan kocok lagi sampai merata.
  4. Jika sudah rata dan tidak ada gumpalan tepung lagi, Anda bisa memasukkan pisang yang sudah di blender serta coklat meses, lalu aduk sampai rata dan meses menyebar.
  5. Setelah itu Anda harus melapisi cetakan bolu kukus dengan menggunakan kertas roti atau bisa juga dengan cup kertas, setelah itu Anda tuangkan adonan ke dalam cetakan setengah saja.
  6. Jika semua adonan sudah masuk ke dalam cetakan, atau semua cetakan sudah terisi, Anda bisa mengukus adonan yang sudah di cetak dengan menggunakan kukusan dan api besar. Anda tunggu selama sepuluh menit sampai adonannya matang dan mengembang.
  7. Jika sudah, angkat bolu, lalu dinginkan, kalau sudah dingin Anda bisa mengeluarkan kue dari cetakan. Kemudian sajikan kue dengan topping kalau Anda suka, atau dengan begitu saja sudah enak. 

Resep Bolu Kukus Sederhana

Resep Bolu Kukus Sederhana
doktersehat.com

Bahan-bahan kue:

  • Margarin secukupnya
  • Seratus ml air
  • Satu sendok teh baking soda
  • Empat butir telur ayam
  • Lima sendok makan susu bubuk vanila
  • Dua ratus gram gula pasir
  • Dua ratus gram tepung terigu

Cara membuat bolu kukus sederhana:

  1. Langkah awal adalah mengoleskan margarin dengan tipis di loyang.
  2. Setelah itu cairkan gula untuk dijadikan caramel, yaitu dengan menggunakan teflon, lalu masukkan seratus gram gula dan seratus ml air. Tunggu sampai sedikit kecoklatan dan aduk dan jangan sampai gosong. Jika sudah selesai, diamkan caramel sampai dingin.
  3. Kemudian, Anda ayak tepung terigu dengan menggunakan ayakan, selain tepung terigu, ayak juga baking soda dan susu bubuk rasa vanila.
  4. Selanjutnya, kocok telur dengan menggunakan mixer lalu tambahkan gula ke dalam telur, kocok sampai adonan telur mengembang.
  5. Lalu Anda campur bahan-bahan kue yang sudah diayak dengan caramel gula di wadah.
  6. Jika sudah, Anda masukkan juga kocokan telur yang sudah mengembang, kemudian aduk dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi.
  7. Jika adonan sudah kental dan juga tercampur rata, Anda bisa menuangkan adonan ke loyang yang sudah ada olesan margarinnya.
  8. Kalau sudah Anda kukus adonannya dengan waktu sekitar dua puluh menit kemudian tunggu sampai adonan mengembang dan juga matang.
  9. Jika kue sudah matang, Anda bisa mengangkatnya dan dinginkan dengan suhu ruang, jika sudah Anda bisa menghidangkan bolu kukus sederhana yang lembut dan manis.   

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Resep Bolu Kukus Gula Merah
cookpad.com

Bahan-bahan kue:

  • Dua butir telur ayam
  • Seratus gram gula merah yang sudah disisir
  • Lima puluh gram gula pasir
  • 135 gram tepung terigu
  • 75 mL minuman bersoda yang tawar

Cara membuat kue bolu kukus gula merah:

  1. Pecahkan satu butir telur ke dalam wadah, kemudian yang satunya Anda pecahkan dan pisah dengan putihnya. Setelah itu, Anda bisa mencampurkan kuning telur yang sudah di pisah dengan telur yang campur, lalu kocok sampai rata.
  2. Jika sudah rata, Anda tambahkan gula pasir dan gula merah, kemudian Anda kocok lagi sampai mengembang adonannya.
  3. Kalau sudah mengembang Anda masukkan tepung terigu serta minuman bersoda secara bergantian, kemudian lanjutkan mengocoknya sampai rata.
  4. Jika adonan sudah rata, biarkan sebentar, lalu Anda lapisi cetakan bolu kukusnya dengan menggunakan kertas roti.
  5. Lalu jika kertas roti sudah melapisi semua cetakan, Anda tuangkan adonan ke dalam cetakan, setengahnya saja supaya bisa mengembang dan tidak luber.
  6. Setelah itu, Anda kukus adonan dengan kukusan serta gunakan api besar untuk mengukus, tunggu hingga matang dan mekar selama sepuluh menit.
  7. Jika kue bolu kukus sudah matang, Anda keluarkan dari kukusan dan biarkan sampai dingin, kemudian Anda copot kuenya dari cetakan.
  8. Bolu kukus gula merah tradisional yang legit siap dihidangkan ke keluarga.

Resep Bolu Kukus Pandan

Resep Bolu Kukus Pandan
craftlog.com

Bahan-bahan kue:

  • Seperempat sendok teh pasta pandan
  • Seperempat sendok teh garam
  • Dua puluh lima susu cair
  • Lima puluh gram margarin
  • Dua pul gram tepung maizena
  • 150 gram gula pasir
  • Seratus gram tepung terigu
  • Delapan butir telur ayam

Cara membuat kue bolu kukus pandan:

  1. Langkah pertama adalah melelehkan margarin, setelah margarinnya leleh Anda campurkan dengan pasta pandang, garam , dan juga susu cair, lalu aduk sampai rata adonannya.
  2. Setelah itu, Anda pecahkan telur lalu pisahkan putih telurnya dan juga kuning telurnya, kalau sudah, Anda kocok delapan butir kuning telur serta lima butir putihnya.
  3. Tambahkan juga gula pasir 150 gram dan kocok lagi sampai mengembang.
  4. Jika sudah mengembang, Anda tambahkan tepung terigu dan juga tepung maizena sambil diayak supaya halus, kemudian Anda aduk lagi sampai rata.
  5. Selanjutnya, Anda masukkan campuran dari margarin tadi ke dalam adonan tepung dan telur. Ketika Anda memasukkannya perlahan saja dan sedikit sedikit sambil Anda aduk, lalu aduk sampai rata.
  6. Jika sudah rata dan juga adonan kental, Anda tuangkan adonan ke dalam loyang yang sebelumnya diolesi dengan margarin.
  7. Setelah itu Anda panaskan kukusan kalau sudah panas, Anda kukus adonan di loyang selama lima belas menit, tunggu sampai matang dengan menggunakan api sedang.
  8. Kalau sudah matang, Anda angkat kuenya kemudian pisahkan dengan loyang adonan, dan siap disajikan.

Resep Bolu Kukus Coklat

Resep Bolu Kukus Coklat
www.makanajib.com

Bahan-bahan kue:

  • Setengah sendok teh pasta coklat
  • Lima puluh gram dark cooking chocolate yang sudah di lelehkan
  • 225 mL minuman bersoda yang tawar
  • Setengah sendok teh baking powder
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 250 gram tepung terigu
  • Setengah sendok teh emulsifier bisa berupa SP atau juga TBM
  • Seperempat sendok teh garam
  • Dua ratus gram gula pasir
  • Dua butir telur

Cara membuat bolu kukus coklat:

  1. Sebagai langkah awal, Anda lelehkah dark cooking chocolate dengan menggunakan air panas jangan menggunakan kompor langsung, lelehkan sampai chocolate benar-benar leleh dan kental.
  2. Setelah itu, Anda buat adonan dari bahan lain yaitu gula pasir, emulsifier, telur, dan garam dengan cara di kocok. Ketika mengocok, Anda harus mengocoknya terus sampai adonannya mengembang selama delapan menit.
  3. Jika adonan sudah mengembang, Anda bisa menambahkan tepung terigu, baking powder, dan juga cokelat bubuk. Masukkan bahan-bahan tersebut bergantian lalu masukkan soda tawar kemudian kocok secara perlahan.
  4. Jika sudah tercampur dan tidak ada gumpalan terigu, Anda bisa menambahkan dark cooking chocolate yang sudah di lelehkan serta pasta cokelat supaya rasa coklatnya kuat, lalu aduk sampai rata.
  5. Jika adonan sudah bagus, masukkan ke dalam cetakan yang sudah dilapisi degan kertas roti sampai setengah bagiannya.
  6. Jika sudah, Anda kukus dengan menggunakan api besar, tunggu selama dua belas menit sampai bolu kukus matang.
  7. Jika sudah, ambil bolu kukus dari kukusan lalu biarkan sampai suhunya turun dan sama dengan suhu ruangan.
  8. Kue bolu kukus coklat  kesukaan semua orang siap disajikan dan dinikmati. 

Resep Bolu Kukus Talas

Resep Bolu Kukus Talas
sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan kue:

  • Seper delapan sendok teh pasta talas
  • Dua ratus ml minuman soda tawar
  • Setengah sendok teh baking powder
  • 25 gram tepung maizena
  • 275 gram tepung terigu
  • Dua sendok teh emulsifier
  • Seperempat sendok teh garam
  • Dua ratus gram gula pasir
  • Dua butir telur

Cara membuat bolu kukus talas:

  1. Awalnya, Anda kocok terlebih dahulu bahan seperti gula pasir, garam, emulsifier, dan juga telur. Kocok bahan sampai kaku dan bisa membutuhkan waktu sepuluh menit untuk mengocok.
  2. Setelah itu, Anda tambahkan tepung terigu, baking powder dan tepung maizena sambil diayak supaya halus,  tambahkan juga soda tawar serta santan dengan bergantian. Lalu kocok adonan secara perlahan sampai tercampur rata.
  3. Lalu ambil adonan dua ratus gram lalu pisahkan, adonan yang sudah Anda pisahkan bisa Anda tambahkan dengan pasta talas kemudian Anda aduk sampai rata.
  4. Jika sudah, Anda masukkan adonan yang putih ke dalam loyang yang dilapisi dengan kertas roti, lalu tambahkan adonan yang rasa talas di atasnya sampai penuhi loyang.
  5. Jika sudah, Anda panaskan kukusan, kalau sudah panas, Anda kukus dengan menggunakan api besar selama lima belas menit dan bolu kukus matang.
  6. Lalu angkat dan dinginkan baru Anda pisahkan dari loyangnya baru Anda hidangkan bolu kukus talas yang enak.

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi
bilya57.blogspot.com

bahan-bahan kue:

  • 35 gram tape ketan hitam
  • Dua tetes pewarna makanan yang warna hijau
  • Dua tetes pewarna makanan yang warna merah
  • Seperempat sendok teh pasta rasa cokelat
  • 220 ml minuman bersoda yang manis
  • 25 gram susu bubuk
  • 275 gram tepung terigu
  • Dua sendok teh emulsifier
  • 225 gram gula pasir
  • Dua butir telur

Cara membuat bolu kukus pelangi:

  1. Siapkan telur, emulsifier, dan gula pasir, kemudian Anda kocok ketiga bahan tersebut sampai kaku dan warnanya putih dan pucat.
  2. Lalu Anda bisa tambahkan tepung terigu dan juga susu bubuk jika adonan sudah kaku, jangan lupa ketika menambahkan sambil diayak supaya tepungnya halus.
  3. Lalu aduk lagi sampai rata, kemudian Anda tambahkan minuman bersoda lalu Anda aduk lagi sampai adonannya rata.
  4. Kemudian Anda tambahkan ketan hitam dan aduk lagi sampai ketan hitamnya menyebar.
  5. Selanjutnya, Anda perlu membagi adonan menjadi empat bagian, karena harus Anda beri rasa dan warna yang berbeda. Anda beri warna cokelat, hijau, dan merah pada masing-masing ketiga adonan lalu aduk sampai warnanya rata, sedangkan yang satu Anda biarkan putih saja.
  6. Setelah itu Anda lapisi cetakan atau loyang dengan kertas roti kemudian Anda tuangkan adonan berbeda warna tersebut satu persatu dan bergantian.
  7. Lalu Anda masukkan ke dalam kukusan yang sudah panas dan kukus selama sepuluh menit sampai matang.
  8. Kalau sudah, Anda bisa menghidangkan bolu kukus pelangi selagi sudah dingin.

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam
www.pintersest.com

Bahan-bahan kue:

  • Dua sendok makan susu kental manis
  • Dua ratus gram margarin yang sudah di lelehkan
  • Setengah sendok teh vanili bubuk
  • Satu sendok teh baking soda
  • 250 gram tepung ketan hitam
  • Satu sendok teh emusifier, Anda bisa gunakan SP atau bisa juga TBM
  • Seperempat sendok teh garam
  • 250 gram gula pasir
  • Enam butir telur ayam

Cara membuat kue bolu kukus ketan hitam:

  1. Anda perlu melelehkan margarinnya terlebih dahulu sampai margarinnya bisa mencair sempurna.
  2. Selanjutnya, kocok telur, garam, gula pasir, dan juga emulsifier, kocok sampai adonannya mengembang.
  3. Lalu Anda masukkan tepung ketan hitamnya dengan baking powder dan juga vanili bubuk, masukkan sambil diayak kemudian Anda aduk sampai adonannya rata.
  4. Jika adonannya sudah rata, Anda masukkan margarin yang sudah di lelehkan dan juga susu kental manis lalu aduk lagi sampai adonannya rata.
  5. Kalau sudah rata, Anda tuangkan adonan ke dalam loyang, namun sebelum itu Anda lapisi loyang dengan menggunakan kertas roti atau bisa juga olesan margarin.
  6. Kemudian Anda panaskan kukusan sampai kukusannya panas, jika sudah panas, Anda masukkan loyang yang sudah diisi adonan ke dalam kukusan.
  7. Lalu Anda kukus adonannya dengan menggunakan api sedang dan kukus selama 25 menit sampai adonannya matang dan mengembang.
  8. Kalau kue bolu kukus sudah matang, Anda keluarkan dari kukusan lalu Anda dinginkan suhunya supaya sama dengan suhu ruangan, kalau sudah dingin baru Anda ambil bolunya dari loyang.
  9. Bolu kukus ketan hitam sudah bisa Anda nikmati dan Anda sajikan.

Resep Bolu Kukus Duo

Resep Bolu Kukus Duo
cookpad.com

Bahan-bahan kue:

  • Setengah sendok teh garam
  • Seperempat sendok teh pasta rasa cokelat
  • 75 gram santan kental yang instan
  • 120 gram tepung terigu
  • 130 gram gula pasir
  • Dua ratus gram putih telur

Cara membuat bolu kukus duo:

  1. Awalnya, Anda kocok putih telur dengan Anda tambahkan garam sampai terlihat mengembang, jika sudah, Anda tambahkan gula pasir sedikit sedikit dan perlahan. Lalu Anda kocok lagi sampai adonan benar-benar mengembang.
  2. Selanjutnya Anda masukkan tepung terigu dan santan, namun untuk tepung terigunya Anda memasukkannya harus sambil diayak, lalu juga bergantian dengan santan.
  3. Setelah itu, Anda pisahkan adonan sebanyak 75 gram lalu Anda masukkan pasta rasa coklat di adonan yang terpisah tadi, lalu Anda aduk sampai pastanya rata dengan adonan.
  4. Kemudian, jika sudah, Anda tuangkan adonan yang berwarna putih ke dalam loyang, sebelumnya Anda lapisi dulu loyangnya dengan menggunakan kertas roti supaya adonan tidak lengket dengan loyang.
  5. Jika adonan putih sudah masuk ke dalam loyang, Anda masukkan adonan yang cokelat di bagian tengah dari adonan putih.
  6. Setelah itu Anda kukus adonan di loyang dengan kisar watu sekitar dua puluh menit sampai bolu kukusnya matang dan benar-benar mengembang.
  7. Jika sudah matang Anda keluarkan dari kukusan dan dinginkan di suhu ruang, baru Anda ambil dari loyang dan siap dihidangkan.

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam
www.youtube.com

Bahan-bahan kue:

  • Dua sendok makan susu kental manis
  • Dua ratus gram margarin yang sudah di lelehkan
  • Setengah sendok teh vanili bubuk
  • Satu sendok teh baking soda
  • 250 gram tepung ketan hitam
  • Satu sendok teh emusifier, Anda bisa gunakan SP atau bisa juga TBM
  • Seperempat sendok teh garam
  • 250 gram gula pasir
  • Enam butir telur ayam

Cara membuat kue bolu kukus ketan hitam:

  1. Anda perlu melelehkan margarinnya terlebih dahulu sampai margarinnya bisa mencair sempurna.
  2. Selanjutnya, kocok telur, garam, gula pasir, dan juga emulsifier, kocok sampai adonannya mengembang.
  3. Lalu Anda masukkan tepung ketan hitamnya dengan baking powder dan juga vanili bubuk, masukkan sambil diayak kemudian Anda aduk sampai adonannya rata.
  4. Jika adonannya sudah rata, Anda masukkan margarin yang sudah di lelehkan dan juga susu kental manis lalu aduk lagi sampai adonannya rata.
  5. Kalau sudah rata, Anda tuangkan adonan ke dalam loyang, namun sebelum itu Anda lapisi loyang dengan menggunakan kertas roti atau bisa juga olesan margarin.
  6. Kemudian Anda panaskan kukusan sampai kukusannya panas, jika sudah panas, Anda masukkan loyang yang sudah diisi adonan ke dalam kukusan.
  7. Lalu Anda kukus adonannya dengan menggunakan api sedang dan kukus selama 25 menit sampai adonannya matang dan mengembang.
  8. Kalau kue bolu kukus sudah matang, Anda keluarkan dari kukusan lalu Anda dinginkan suhunya supaya sama dengan suhu ruangan, kalau sudah dingin baru Anda ambil bolunya dari loyang.
  9. Bolu kukus ketan hitam sudah bisa Anda nikmati dan Anda sajikan.

Baca Juga Resep Seblak

Itulah beberapa resep dari bolu kukus dengan berbagai variasi, selamat mencobanya di rumah.

Tinggalkan komentar