25 Nama Nama Nabi: Kisah, Sejarah, Mukjizat beserta Penjelasannya

Nama nama nabi – Sebagai umat Islam, tentu saja kita sudah faham dan hafal apa saja Rukun Iman. Yang mana Rukun Iman ini harus dipercayai oleh setiap muslim. Salah satu Rukun Iman yaitu Iman kepada Rasul atau Nabi Allah. Apa itu Nabi? Nabi merupakan laki-laki pilihan Allah yang mendapatkan wahyu langsung dari Allah SWT.

Pertanyaan lain yang sering terlintas di kalangan awam yaitu berapa jumlah Nabi dan Rosul. Sebenarnya jumlah Nabi secara keseluruhan yaitu 300. Namun hanya 25 yang perlu Anda ketahui. Meskipun Nabi memiliki wahyu dari Allah SWT, namun Nabi tidak memiliki kewajiban untuk menyebarluaskan wahyu tersebut kepada orang lain. 

Selain kita wajib untuk mengetahui 25 Nama-nama Nabi, kita juga berkewajiban untuk mempercayai akan kenabiannya serta melaksanakan ajaran-ajarannya dan menjauhi larangan-larangannya. Pertanyaan lain yang sering terlintas dalam pikiran yaitu Apa bedanya Nabi dan Rosul.

Nabi adalah laki-laki pilihan Allah yang mendapatkan wahyu dari Tuhan tentang agama. Namun, Rosul merupakan laki-laki pilihan Allah yang di utus untuk menyampaikan dakwah agama Islam.

Setiap Rosul pasti seorang Nabi dan sebaliknya setiap Nabi belum tentu Rosul, sehingga jumlah Nabi lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah Rosul. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai Nama-nama Nabi yang berjumlah 25 beserta kisah-kisahnya, berikut ini ulasannya.

25 Nama-nama Nabi

25 Nama-nama Nabi
moondoggiesmusic.com

Mungkin seringkali kita masih bertanya-tanya kenapa jumlah Nabi yang wajib diketahui ada 25. Pertanyaan mengenai hal ini sudah ditegaskan dalam Al Qur’an  Surat Al Ghafir ayat 78 yang artinya “Sesungguhnya kami sudah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu.

Dari beberapa Rasul tersebut ada yang kami ceritakan dan ada yang tidak kami ceritakan kepadamu”. Dari firman Allah SWT ini bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ada banyak Nabi dan Rosul, namun semuanya tidak diceritakan dan tidak wajib untuk diketahui.

Nabi yang wajib diketahui hanya 25. Salah satunya Nabi Khidir yang ada keberadaannya, namun banyak juga orang yang yang tidak tau. Nah, berikut ini 25 nama Nabi beserta kisah-kisahnya yang wajib diketahui. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Nabi Adam As

Nabi Adam As
www.psikolif.com

Nabi Adam merupakan Nabi pertama sekaligus orang pertama yang diciptakan oleh Allah SWT di Bumi sebagai khalifah. Nabi Adam As diciptakan dari segumpal tanah yang ditiupkan roh oleh Allah SWT. Nama Adam berasal dari kata Adim yang artinya berada di permukaan bumi.

Setelah penciptaan Nabi Adam dari segumpal tanah, lalu Allah SWT menempatkan Nabi Adam ke Surga. Setelah Nabi Adam telah diciptakan, Allah juga menciptakan pasangan bagi Nabi Adam yang bernama Siti Hawa yang berasal dari rusuk sebelah kiri Nabi Adam.

Penciptaan Nabi Adam sebagai manusia pertama dengan keadaan yang sempurna, sehingga Allah memerintahkan kepada semua semua makhluk untuk bersujud kepadanya. Namun, hanya satu makhluk yang tidak melaksanakan perintah tersebut yaitu iblis.

Karena iblis beranggapan bahwa ia diciptakan dari api dan lebih sempurna dibandingkan dengan tanah. Awalnya Nabi Adam dan Siti Hawa hidup bahagia di Surga, namun atas kehendak Allah SWT, Nabi Adam dan Siti Hawa dikeluarkan dan diturunkan ke bumi.

Alasan mereka dikeluarkan yaitu melanggar larangan yang Allah berikan yaitu memakan buah quldi. Selain itu, Nabi Adam dan Siti Hawa juga mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk memperingatkan anak cucu Adam menyembah hanya kepada Allah SWT.

Adapun berikut ini keistimewaan yang dimiliki Nabi Adam As:

  • Nabi adam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah dari segumpal tanah, sebagai khalifah pertama.
  • Dalam sulbinya terdapat cahaya Nabi Muhammad SAW. Pernyataan ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Hadits Nabi yang berbunyi, “Wahai Rasulullah, apakah engkau dicatat sebagai Nabi? Rasulullah bersabda “Ketika Nabi Adam As antara ruh dan jasad”.
  • Nabi Adam memiliki Ruhul Quddus atau roh Suci. Karena Nabi Adam merupakan satu-satunya makhluk hidup yang memiliki anugerah yang sangat sempurna. Kesempurnaan yang dimiliki Nabi Adam As ini tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. 
  • Diciptakannya Nabi Adam As ini dilengkapi dengan rahasia ma’rifat ketuhanan. Sehingga jika dibandingkan dengan makhluk lainnya, pengetahuan yang dimiliki Nabi Adam ini lebih banyak. Bahkan, malaikat juga tidak bisa menandinginya.

Nabi Idris As

Nabi Idris As
www.merdeka.com

Nabi Idris As merupakan Nabi kedua setelah Nabi Adam AS, Nabi Idris juga keturunan ke-6 dari Nabi Adam As. Nabi Adam memiliki empat anak, yang mana Nabi Idris ini merupakan cucu nabi Adam yang merupakan anak dari Qobil da Iqlima.

Nabi Idris memiliki kelebihan tersendiri yaitu menjadi manusia pertama yang bisa dan pandai dalam membaca dan menulis menggunakan pena, karena pada saat itu belum ada sama sekali manusia yang bisa melakukannya. 

Selain memiliki kemampuan tersebut, Nabi Idris As juga memiliki banyak pengetahuan yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya. Nabi Idris memiliki banyak pengetahuan seperti ilmu berhitung atau matematika, merawat kuda, pengetahuan ilmu perbintangan, dan lain sebagainya.

Selain itu, Nabi idris juga memiliki kelebihan yaitu memiliki kepandaian dalam memotong serta menjahit pakaiannya. Karena pada saat itu, manusia hanya menggunakan pakaian dari kulit binatang untuk menutup aurat. Selain memiliki kemampuan dan kepandaian, Nabi Idris As memiliki beberapa ajaran.

Adapun ajaran tersebut seperti tauhid, menegakkan agama Allah, memberikan pedoman hidup pada para pengikutnya serta mengajarkan bagaimana caranya beribadah kepada Allah SWT.

Adapun berikut ini keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi Idris As:

  • Nabi Idris As diberikan oleh Allah keistimewaan dan keunggulan yang tidak dimiliki manusia lainnya. Adapun keistimewaan itu berupa kepandaian, kemampuan dan kemahiran dalam membuat peralatan. Sehingga kemampuan yang dimiliki inilah yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Peralatan ini bukan dalam bentuk barang, melainkan dalam bentuk pengetahuan seperti mengenalkan tulisan, ilmu berhitung, astronomi dan manusia pertama yang menggunakan pena.
  • Keistimewaan lainnya yaitu Nabi Idris As merupakan manusia pertama yang bisa menjahit. Selain itu, Nabi Idris As juga manusia pertama yang menggunakan kain sebagai pakaian.

Nabi Nuh As

Nabi Nuh As
islami.co

Nabi Nuh As merupakan Nabi ketiga yang menjadi keturunan Nabi Adam As. Nabi Nuh memiliki beberapa perintah dari Allah SWT untuk memberikan kebenaran bahwa Allah SWT wajib disembah.

Nabi Nuh merupakan salah satu Nabi yang memiliki umur yang sangat panjang, bahkan diperkirakan Nabi Nuh menjadi seorang Nabi ketika usia sudah mencapai 480 tahun. Dengan adanya perintah tersebut, Nabi Nuh As berusaha untuk melakukannya tanpa tidak mengenal kata lelah.

Nabi Nuh melakukan hal tersebut tidak hanya sebatas untuk keluarga dan orang-orang yang ada disekitarnya, namun juga untuk kebanyakan orang. Nabi Nuh As hanya memiliki pengikut yang sedikit, bahkan perjuangan yang sudah dilakukan ini sudah mencapai hampir 5 abad.

Dengan waktu yang selama itu, Nabi Nuh As hanya memiliki pengikut sekitar 70 sampai 80 orang. Meski begitu, Nabi Nuh As juga memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Nabi-nabi lainnya. Dengan keistimewaan yang dimiliki inilah Nabi Nuh bisa memiliki pengikut, meski hanya sedikit.

Adapun berikut ini keistimewaan atau mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Nuh As:

  • Nabi Nuh As memiliki mukjizat yang sangat istimewa. Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Nuh As yaitu Ketika ia meminta adzab kepada kaumnya yang tidak mengikutinya, Allah mengabulkan doa Nabi Nuh tersebut. Karena pada saat itu kaumnya sedang berada di tengah kesesatan. Adzab yang diberikan Allah kepada kaum nabi Nuh yang sesat yaitu angin kencang serta banjir yang besar, bahkan hampir menutupi seluruh bumi.
  • Nabi Nuh juga mendapatkan seruan dari Allah SWT untuk membuat bahtera atau perahu yang besar. Yang mana perahu ini nantinya akan digunakan untuk mengangkut semua pengikutnya baik itu manusia atau hewan. 
  • Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Nuh As yaitu dimana kotoran manusia yang dibuat umatnya ke dalam perahu bisa digunakan menjadi obat dari segala penyakit.

Nabi Hud

Nabi Hud
kalimat.id

Semenjak diangkat menjadi Nabi, perjuangan Nabi Hud tidaklah mudah. Bahkan untuk berdakwah kepada kaumnya, Nabi Hud harus melakukannya setiap siang hingga malam hari. Pada saat itu, kebanyakan kaum yang ada menyembah berhala.

Sehingga Nabi Nuh melakukan dakwah dengan cara yang lembut dan kasih sayang. Hal ini bertujuan agar kaumnya bisa bertobat dan meninggalkan berhala serta kembali ke jalan yang benar. Meski Nabi Hud sudah berusaha dengan keras, namun sangat disayangkan karena dakwahnya sangat sepi.

Bahkan, tidak ada satupun raja atau orang kaya yang percaya terhadap dakwah yang dibawa oleh Nabi Hud, karena kebanyakan kaumnya beranggapan bahwa itu tidak adil,. Mereka merasa iri karena yang mendapatkan wahyu Nabi Hud bukan mereka.

Nabi Hud menjalankan dakwahnya dengan sabar hingga berpuluh-puluh tahun. Namun sayangnya usaha yang dilakukan ini tidak membuahkan hasil, sehingga kaumnya tidak semakin sadar, malah semakin tersesat dengan menyembah berhala. Nabi Hud As mendapatkan beberapa mukjizat dari Allah SWT.

Adapun berikut ini mukjizat Nabi Hud yang perlu Anda ketahui:

  • Karena ajaka Nabi Hud kepada kaumnya untuk menyembah Allah SWT mereka mengingkarinya karena lebih suka dengan patung-patung berhala, sehingga nabi Hud berdoa kepada Allah untuk didatangkan adzab. Dengan izin Allah SWT, akhirnya turun adzab berupa badai angin topan yang sangat dahsyat. Kedahsyatan angin topan ini berlangsung hingga 7 malam 8 hari, sehingga memporak-porandakan wilayah umat tersebut. 
  • Meski adanya badai topan yang dahsyat, Nabi Hud dan pengikutnya tetap selamat dan tidak merasakan adanya badai topan tersebut.
  • Mukjizat lain dari Nabi Hud yaitu dilahirkan di negeri yang makmur. Nabi Hud juga memiliki umur yang cukup panjang yaitu 130 Tahun.

Nabi Shaleh

Nabi Shaleh
garutnews.com

Nabi Shaleh merupakan anak dari Ubay dan Jabir bin Tsamud, inilah kenapa Nabi Shaleh mendapatkan tugas dari Allah SWT yang menjadikan kaum dari Nabi Saleh yaitu bernama Tsamud. Lebih tepatnya nama kaum nabi Shaleh ini berasal dari nama kakeknya yaitu tsamud bin Air bin iram bin sam bin nuh.

Nabi Shaleh termasuk cucu dari Nabi Nuh, lebih tepatnya menjadi keturunan Nabi Nuh yang ke 6. Jika berbicara mengenai Nabi Shaleh memang tidak terlepas dari Suku Aad, karena kaumnya nabi Shaleh ini tinggal di daerah yang pertama kali ditempati oleh kaum Aad dan tempat tersebut telah kosong.

Dalam sejarah, Tsamud merupakan nama lain dari sebuah suku di bangsa Arab. Ada juga yang berpendapat beda mengenal suku Tsamud, bahwasannya suku Tsamud merupakan golongan bangsa Yahudi. Seperti halnya kaum Aad, kaum Tsamud ini juga tidak mengenal Tuhan.

Karena kaum ini hanya menyembah berhala. Sehingga dengan adanya Nabi Shaleh ini memiliki kewajiban untuk berdakwah dan mengajak kuam Tsamud untuk menyembah Allah SWT. Nabi Shaleh As memiliki beberapa mukjizat yang berupa unta bisa keluar dari bongkahan batu. Unta tersebut menjadi mukjizat Nabi Shaleh As karena beberapa alasan berikut ini:

  • Mukjizat unta Nabi Shaleh ini keluar dari bongkahan batu dalam keadaan bunting.
  • Bukti bahwa unta tersebut adalah mukjizat yaitu ketika unta tersebut meminum air di sebuah sumur, maka tidak ada satupun hewan yang berani untuk mendekati sumur tersebut.
  • Bukti lainnya bahwa unta tersebut adalah mukjizat yaitu air susu unta tersebut bisa digunakan dan bahkan mencukupi untuk diminum oleh ribuan manusia kaum Tsamud. Karena Allah mensyifati unta ini dengan sebutan Naqatullah atau Unta Allah.

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim
www.merdeka.com

Nabi Ibrahim hidup di jaman Raja Namrud yang sangat kejam. Raja Namrud bukanlah raja yang baik, karena ia menganggap dirinya sebagai Tuhan. Bahkan, Raja Namrud ini merupakan raja yang paling ditakuti kaumnya.Nabi Ibrahim mendapatkan tugas untuk membenari kaum yang rusak karena menyembah Tuhan yang salah.

Sedari kecil, Nabi Ibrahim memiliki pemikiran dan selalu tertarik memikirkan kejadian-kejadian alam. Hal ini dikarenakan Nabi Ibrahim As memiliki kesimpulan jika kejadian-kejadian tersebut sudah ada yang mengatur, karena apapun yang terjadi pasti ada sebuah kekuatan dari yang maha kuasa.

Selain itu, nabi Ibrahim juga memiliki beberapa mukjizat dari Allah SWT. Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Ibrahim yaitu api bisa berubah menjadi dingin. Ceritanya, Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup karena difitnah.

Karena Nabi Ibrahim tidak bersalah dan atas kebesaran Allah, api yang panas tersebut berubah menjadi dingin dan Nabi Ibrahim tidak terbakar sama sekali. Selain memiliki mukjizat, Nabi Ibrahim juga memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki manusia lainnya.

Adapun berikut ini keistimewaan Nabi Ibrahim As:

  • Nabi Ibrahim merupakan pemimpin yang teladan, karena beliau lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Hal ini terbukti ketika beliau akan diangkat menjadi pemimpin, beliau bertanya langsung kepada Allah SWT “Ya Allah bagaimana nasib keturunanku nanti jika aku menjadi pemimpin?”. Kemudian Allah menjawab “ Ya, juga keturunanmu, asalkan tetap istiqomah bersamamu”.
  • Nabi Ibrahim sangatlah patuh kepada Allah SWT. Hal ini terbukti seperti halnya ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya bernama Ismail melalui mimpi. Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut tanpa sedikitpun berat hati dan Nabi Ismail juga tidak keberatan akan hal tersebut.  Dengan kesabaran dan ketulusan yang dimiliki Nabi Ibrahim, akhirnya Ismail diganti dengan seekor kambing besar. 
  • Nabi Ibrahim merupakan orang yang sangat hanif atau teguh terhadap agamanya. Nabi Ibrahim memiliki karakter yang istiqomah.
  • Nabi Ibrahim adalah orang yang bertauhid, karena beliau hanya menyembah kepada Allah SWT. Bahkan, Nabi Ibrahim mencoba untuk membakar patung sesembahan raja Namruj, sehingga beliau dihukum dengan dibakar hidup-hidup. 
  • Nabi Ibrahim sangat pemurah tangannya, karena beliau termasuk orang yang sangat bersyukur atas apa yang dimiliki. 

Nabi Ismail

Nabi Ismail
www.imspiradata.com

Nabi Ismail merupakan nabi yang ke delapan, beliau merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Mukjizat yang terkenal dari Nabi Ismail yaitu bisa mengeluarkan air zam-zam dari tanah. Kejadian ini terjadi ketika ibunya Siti Hajar sedang kehabisan makanan.

Sehingga beliau memutuskan untuk berlari dari bukit satu ke bukit lainnya untuk mencari air. Namun, beberapa kali beliau berlari, sama sekali tidak menemukan air minum. Hingga akhirnya Nabi ismail menangis dan hentakan kakinya bisa mengeluarkan air dari tanah yang dinamakan dengan air Zam-zam.

Air ini muncul seperti mata air yang sangat jernih. Hingga saat ini mata air tersebut tetap keluarkan, dan masyarakat menyebutnya sebagai sumur Zamzam. Jika membahas mengenai Nabi Ismail, tak terlepas dari kisah penyembelihan hewan qurban.

Awalnya ayahnya Nabi Ibrahim bermimpi, di dalam mimpinya ada perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail anaknya. Dengan berat hati, Nabi Ibrahim bercerita kepada Nabi ismail akan mimpi yang sedang dialaminya tersebut.

Karena Nabi Ismail taat akan perintah Allah SWT, beliau tidak keberatan untuk melakukannya. Berkat keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Allah menggantikannya dengan seekor domba yang besar untuk disembelih. Hingga saat ini istilah menyembelih domba dikenal dengan hari raya Idul Adha. 

Ada beberapa mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ismail, diantaranya sebagai berikut :

  • Air Zam Zam

Mukjizat yang paling terkenal dari Nabi Ismail yaitu bisa mengeluarkan Air dari hentakan kakinya. Kejadian ini terjadi ketika ibunya Siti Hajar sedang kehabisan makanan.

Sehingga beliau memutuskan untuk berlari dari bukit satu ke bukit lainnya untuk mencari air. Namun, beberapa kali beliau berlari, sama sekali tidak menemukan air minum. Hingga akhirnya Nabi ismail menangis dan hentakan kakinya bisa mengeluarkan air dari tanah yang dinamakan dengan air Zam-zam.

Air ini muncul seperti mata air yang sangat jernih. Hingga saat ini mata air tersebut tetap keluarkan, dan masyarakat menyebutnya sebagai sumur Zamzam.

  • Awal Mula Qurban

Allah menyelamatkan Nabi Ismail saat akan disembelih oleh ayahnya Nabi Ibrahim. Awalnya ayahnya Nabi Ibrahim bermimpi, di dalam mimpinya ada perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail anaknya. Dengan berat hati, Nabi Ibrahim bercerita kepada Nabi ismail akan mimpi yang sedang dialaminya tersebut.

Karena Nabi Ismail taat akan perintah Allah SWT, beliau tidak keberatan untuk melakukannya. Berkat keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Allah menggantikannya dengan seekor domba yang besar untuk disembelih. Hingga saat ini istilah menyembelih domba dikenal dengan hari raya Idul Adha. 

  • Hajar Aswad

Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Ismail yaitu mendapatkan ilham berupa penemuan batu dari surga. Batu ini beliau dapatkan dari surga ketika dalam proses pembangunan ka’bah. Nabi Ibrahim meletakkan batu tersebut di ka’bah, hingga saat ini batu tersebut masih ada dan dinamakan sebagai batu hajar aswad.

  • Menceraikan Istrinya

Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya. Nabi Ismail juga taat akan perintah tersebut, karena istrinya dianggap tidak bisa menerima nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Nabi Luth

Nabi Luth
www.merdeka.com

Berbicara mengenai Nabi Luth, tak terlepas dari Kaum Sodom. Ya, Nabi Luth diutus oleh Allah untuk berdakwah di kaum Sodom dan Gomorah.  Kaum ini berbeda dengan kaum yang dihadapi oleh Nabi-nabi yang lain, karena kedua kaum tersebut memiliki perilaku seks yang menyimpang.

Kedatangan Nabi Luth ini untuk berdakwah yang menyerukan supaya kaum tersebut meninggalkan kebiasaan buruknya. Namun sayangnya Nabi Luth tidak mendapatkan perlakukan yang baik. Justru sebaliknya, Nabi Luth mendapatkan perlakuan buruk dari kaum Sodom.

Perlakuan buruk yang didapatkan Nabi Luth dari kedua kaum ini yaitu diusir dari tempat mereka tinggal. Dengan ketabahan dan kesabaran Nabi Luth, Allah menurunkan azab bagi kaum Sodom dan Gomorah berupa gempa bumi yang dahsyat serta hujan badai ditambah angin kencang yang mampu menghancurkan serta membinasakan penduduk di kota tersebut.

Semua kaum Sodom dan Gomorah tidak ada yang selamat, yang selamat hanyalah Nabi Luth beserta pengikutnya. Secara garis besar, Nabi Luth memiliki dua mukjizat dari Allah SWT. Mukjizat ini didapatkan karena usaha dan kesabarannya dalam menghadapi kaum Sodom dan Gomorah.

Adapun berikut ini mukjizat Nabi Luth:

  • Allah SWT menyelamatkan Nabi Luth dan pengikutnya dari azab yang pedih terhadap kaum Sodom dan Gomorah.
  • Nabi Luth berdoa untuk membinasakan Kaum Sodom dan Gomorah, Allah SWT mengabulkan doa tersebut.

Nabi Ishaq

Nabi Ishaq
kalimat.id

Nabi Ibrahim tidak hanya memiliki putra bermana Nabi Ismail, namun beliau juga memiliki Anak bernama Nabi Ishaq. Selama hidupnya, Nabi Ishaq menemani sang ayah untuk menyampaikan dakwah agama Islam.

Nabi Ishaq menikah dengan seorang perempuan yang bernama Rafka binti batuil, dalam pernikahannya belum dikaruniai anak, karena istrinya mandul. Namun, atas izin Allah SWT, akhirnya istrinya mengandung anak kembar yang bernama Lishu dan Yaqub.

Putranya yang bernama Lishu ini menjadi nenek moyang bangsa Romawi, sedangkan Yaqub menjadi nenek moyang Bani Israil. Nabi Ishaq di utus Allah SWT untuk berdakwah di masyarakat Kana’an. Karena masyarakat ini sama sekali tidak mengenal Allah SWT.

Kisah Nabi Ishaq tidak terlalu banyak, karena dalam Al Qur’an kisah Nabi Ishaq sangat sedikit diceritakan. Dalam Al Qur’an, Nabi Ishaq hanya disebutkan 15 kali, keutamaannya hanya disebutkan 9 kali dan kenabiannya disebutkan sebanyak 10 kali. 

Ada 2 mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ishaq, diantaranya sebagai  berikut:

  • Doa Nabi Ishaq

Doa Nabi Ishaq terkabul perihal ingin memiliki seorang anak. Dikisahkan Nabi Ishaq memiliki istri yang bernama Rafqah binti Batu’il yang mandul, sehingga tidak bisa memiliki anak. Namun, atas izin Allah SWT, istri Nabi Ishaq mengandung anak kembar yang bernama Lishu dan Ya’qub. 

  • Memiliki anak kembar

Nabi ishaq dan istrinya dikaruniai anak kembar bernama Lishu dan Ya’qub. Putranya yang bernama Lishu ini menjadi nenek moyang bangsa Romawi, sedangkan Yaqub menjadi nenek moyang Bani Israil.

Nabi Yakub

Nabi Yakub
pengembara2alam.blogspot.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Nabi Yakub merupakan putra dari Nabi Ishaq. Nabi Yakub dan istrinya dikarunia 12 orang anak yang turut serta menjalankan perintah Allah SWT.

Sebelum wafat, Nabi Yakub berpesan atau berwasiat kepada putra-putranya untuk tetap menjalankan perintah Allah SWT. Nabi Yakub mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil di Syam. Lebih tepatnya pada tahun 1750 SM, beliau diangkat menjadi Nabi.

Nabi Yakub wafat di Alkhalil Hebron Palestina. Dari 12 anaknya tersebut, hanya 2 yang perempuan dan 10 laki-laki. Anak-anak Nabi Yakub bernama Bunyamin, Daan, Gad, Yusuf, Naftail, Asyar, Yasakir, Zabulaon, Yahuda, Lawway, Syam’un dan Rubin. Kedua belas anaknya ini memiliki pengaruh yang besar pada peradaban manusia.

Nabi Yakub memiliki keistimewaan atau mukjizat, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Nabi Yakub menjadi nenek moyang para rosul. Lebih tepatnya sebelum Nabi Muhammad SAW.
  • Nabi Yakub memiliki keistimewaan dalam hal berpikir dan bersikap. Pemikiran dan sikap yang dimiliki ini sangat berpengaruh terhadap para Rasul keturunannya. Sikap dan pemikirannya ini juga sangat berpengaruh terhadap kaum Yahudi dan Nasrani dalam penegakan panji keesaan Allah SWT.
  • Nabi Yaqub dikaruniai 10 putra dan 2 putri yang semuanya turut serta melakukan perintah Allah SWT. Semua putra-putrinya ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi peradaban Manusia.

Nabi Yusuf

Nabi Yusuf
www.kuliahislam.com

Nabi Yusuf memiliki banyak keistimewaan, salah satu keistimewaan Nabi Yusuf yaitu memiliki wajah yang tampan. Ketampanan Nabi Yusuf ini memang berhasil menarik banyak perempuan. Bahkan, ibu angkatnya sendiri yang bernama Raty Zulaiha tertarik kepadanya.

Selain ketampanannya yang membuat beliau dihormati banyak masyarakat, beliau juga memiliki kemampuan untuk menafsirkan mimpi orang. Bahkan, Nabi Yusuf pernah menafsirkan mimpi seorang Raja mesir dan terbukti. Meski begitu, Nabi Yusuf juga tak lepas dari berbagai masalah dan kesengsaraan.

Namun, karena ketabahan dan kesabaran yang dimilikinya ini beliau bisa menjadi seorang pemimpin Mesir. Bahkan meskipun Nabi Yusuf menjadi seorang pemimpin, beliau tetap pada keyakinan dan berdakwah menyebarkan agama Islam.

Beliau sangat mudah menarik hati kaum-kaumnya, karena pidato yang dilontarkan Nabi Yusuf ini sangat manis dan bisa merasuk ke hati siapa saja yang mendengarnya. Selain itu, akhlak yang dimiliki Nabi Yusuf juga sangat baik.

Nabi Yusuf memiliki beberapa keistimewaan dan mukjizat, diantaranya sebagai berikut:

  • Memiliki wajah yang sangat tampan. Bahkan, ketampanannya ini di ibaratkan seperti cahaya matahari. Sehingga siapa saja yang melihatnya bisa akan ketagihan untuk melihatnya terus menerus. 
  • Nabi Yusuf memiliki keutamaan dalam berdoa. Bahkan, doa Nabi Yusuf ini menjadi salah satu doa penting, sehingga doa-doanya bisa dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Nabi Yusuf memiliki keistimewaan yaitu dikatakan ahli dalam tafsir mimpi. Keahlian ini termasuk salah satu mukjizat Nabi yusuf as. Salah satu mukjizat inilah yang menjadikan Nabi Yusuf menarik hati banyak orang. Tafsiran mimpi yang dimiliki Nabi yusuf ini selalu memberikan makna yang mendalam. Sehingga tak heran jika Nabi Yusuf ini lebih mudah untuk menarik banyak orang untuk menjadi pengikutnya.

Nabi Ayub

Nabi Ayub
tfanews.com

Pada masanya, Nabi Ayub memang terkenal sebagai orang yang sangat kaya raya. Tidak hanya memiliki harga yang melimpah, namun Nabi Ayub ini juga memiliki banyak hewan ternak.

Terlampau banyak hewan ternak yang dimiliki, sehingga tak bisa dihitung. Meski kekayaan yang dimiliki sangat melimpah, namun Nabi Ayub As tidak sewenang-wenang. Justru kekayaan tersebut digunakan untuk berbuat baik kepada setiap orang, khususnya golongan fakir miskin.

Memiliki kenikmatan dan kekayaan di dunia tak memuat nabi Ayub lupa kepada Allah SWT, beliau selalu tekun beribadah kepada Allah SWT. Karena beliau selalu berfikir bahwa apa yang dimiliki hanyalah titipan. Sehingga beliau tidak pernah sombong dan senang menolong orang yang menderita terutama dari golongan fakir miskin.

Dengan sikapnya yang seperti itu, akhirnya iblis mencoba untuk menggoda Nabi Ayub As. Pada suatu ketika, Nabi Ayub diberikan cobaan yang sangat berat. Banyaknya kekayaan yang dimiliki habis terbakar dan Nabi Ayub diserang penyakit kulit yang parah. Parahnya lagi, penyakit tersebut tidak sembuh-sembuh hingga 8 tahun lamanya.

Bahkan, beliau ditinggalkan oleh istri dan keluarganya. Dengan besarnya cobaan yang diderita tersebut, sama sekali tidak menggoyahkan keyakinan dan tawakal kepada Allah SWT. Karena kesabaran tersebut, atas izin Allah SWT penyakit yang diderita Nabi Ayub sembuh.

Pada saat itu Allah berfirman bahwasannya Nabi Ayub diperintahkan untuk menapakkan kaki di tanah. tanah itulah yang bisa menyembuhkan penyakit Nabi Ayub As. Nabi Ayub As memiliki mukjizat atau keistimewaan yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya.

Adapun berikut ini mukjizat Nabi Ayub As:

  • Nabi Ayub As memiliki kesabaran tingkat tinggi, bahkan kesabaran yang dimiliki ini tidak dimiliki oleh Nabi lainnya. Kesabaran Nabi Ayub ini dikagumi banyak orang. Bahkan, hingga saat ini Nabi Ayub  As menjadi symbol atau cermin kesabaran. 
  • Nabi Ayub As memiliki keistimewaan yaitu bisa mengeluarkan mata air dengan cara menghentakkan kakinya ke tanah. 

Nabi Syu’aib   

Nabi Syu’aib   
www.islampos.com

Nabi Syu’aib masih keturunan dari Nabi Ibrahim As, beliau juga termasuk Rasul yang ke-14. Nabi Syu’aib diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan dakwah agama Islam di kaum Madyan.

Penduduk Madyan tidak mengenal adanya Allah SWT, mereka merupakan orang-orang kafir yang menyembah sebidang padang pasir yang ditumbuhi dengan beberapa pohon dan tanam-tanaman. Sebelum kedatangan Nabi Syu’aib, penduduk Madyan memiliki kebiasaan atau adat yang sangat jauh dengan ajaran agama.

Sehingga sangat sulit untuk menghilangkan adat tersebut. Dalam Al Qur’an telah disebutkan Nabi Syu’aib sebanyak 17 kali. Nabi Syu’aib merupakan Nabi bangsa Arab, hingga beliau dijuluki dengan juru pidato karena beliau memiliki kecakapan dan kefasihan dalam berdakwah.

Usaha Nabi Syu’aib dalam memperingatkan Kaum Madyan tidak mendapatkan hasil, bahkan mereka tidak menyesali atas apa yang telah diperbuat. Atas kebesaran Allah SWT, Nabi Syu’aib mendapatkan beberapa mukjizat. Mukjizat ini didapatkan Nabi Syu’aib berupa adzab untuk kaumnya yang tidak mau menyembah Allah SWT.

Adapun berikut ini mukjizat Nabi Syu’aib:

  • Nabi Syu’aib beserta kaum yang mengikutinya terselamatkan dari adzab Allah SWT. Azhab tersebut menimpa semua kaum Madyan yang ingkar terhadap perintah Allah SWT.
  • Atas izin Allah SWT, Nabi Syu’aib bisa mendatangkan badai panas untuk kaum Madyan.
  • Atas Doa Nabi Syu’ain, Allah SWT mendatangkan awan hitam, petir dan gempa bumi. Yang mana adzab ini bisa menghancurkan kaum Madyan.

Nabi Musa

Nabi Musa
pondokislam.com

Nabi Musa As mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk berdakwah pada penduduk di kerajaan Raja Fir’aun, yang disebut dengan Bani Israil. Raja Fir’aun merupakan raja yang yang sangat sombong, kejam dan dholim. Parahnya lagi, Raja Fir’aun menganggap dirinya sebagai Tuhan yang wajib untuk disembah oleh penduduknya.

Pada suatu hari, Raja Fir’aun merasa ketakutan dan khawatir, karena ada seorang peramal yang mengatakan bahwa akan ada anak laki-laki yang akan merusak dan menghancurkan kerajaan Fir’aun. Hingga akhirnya setiap bayi laki-laki yang lahir, Raja Fir’aun akan membunuhnya.

Pada suatu hari lahirnya bayi laki-laki dari seorang ibu yang bernama Yukabad dari bani Israil. Ia merasa khawatir dan resah dengan adanya kabar pembunuhan oleh Raja Fir’aun. Namun, atas petunjuk Allah, Yukabad menghanyutkan bayi tersebut atau Nabi Musa di sungai Nil.

Hingga akhirnya bayi tersebut ditemukan oleh Aisah istri Raja Fir’aun yang sedang bersantai di pinggir sungai Nil dalam keadaan terbungkus sebuah kotak. Akhirnya Aisah membawa bayi Nabi Musa ke istana dan raja Fir’aun mengetahuinya dan ingin membunuhnya.

Namun, Aisah menolak dan memohon kepada Raja Fir’aun agar tidak membunuhnya dan menjadikannya sebagai anak angkat. Ketika Nabi Musa sudah beranjak dewasa, Nabi Musa terjadi konflik dengan Raja Fir’aun. Hal ini dikarenakan Nabi Musa mengajak Raja Fir’aun untuk menyembah Allah SWT.

Hingga Allah SWT menurunkan adzab yaitu berupa musim paceklik atau kekurangan bahan makanan. Adzab ini berlangsung hingga beberapa tahun, karena merasa khawatir, Raja Fir’aun berjanji kepada Nabi Musa untuk menyembah Allah.

Allah mengabulkan permintaan tersebut berkat doa dari Nabi Musa. Namun, Raja Fir’aun  berkhianat dengan janjinya, hingga akhirnya Allah menurunkan azhab. Dan janji ini dilakukan berkali-kali tanpa ada niatan untuk menyembah Allah SWT. 

Nabi Musa mendapatkan mukjizat sebuah tongkat yang bisa dirubah menjadi ular. Nabi Musa mendapatkan tongkat ini dari Allah SWT di bukit Thur Sina. Setelah itu, Nabi Musa mendapatkan tantangan dari para penyihir  Raja Fir’aun untuk membuktikan kekuasaan Allah SWT.

Para penyihir berlomba-lomba untuk menyulap sebuah tali menjadi seekor ular. Nabi Musa dengan tenang menghadapi para penyihir-penyihir tersebut, dan menggunakan sebilah tongkatnya untuk di lempar. Seketika tongkat tersebut berubah menjadi seekor ular raksasa yang bisa memakan langsung ular-ular dari penyihir tersebut. 

Selain mendapatkan mukjizat sebuah tongkat yang bisa berubah menjadi ular, Nabi Musa As juga mendapatkan mukjizat berupa tongkat yang bisa membelah laut merah. Singkat cerita, Bani Israil berbondong-bondong menjadi pengikut Nabi Musa As.

Raja Fir’aun menjadi murka setelah mendengar berita tersebut dan ia juga mengetahui jika Nabi Musa dan pengikutnya akan hijrah ke Baitul Maqdis. Sampailah Nabi Musa di tepi laut merah dan mengetahui jika Raja fir’aun sedang mengejarnya.

Dengan keadaan yang sedang mendesak tersebut, atas kuasa Allah SWT, Nabi Musa memukulkan tongkatnya dan ajaibnya lalu merah tersebut terbelah dan dibagian tengahnya terdapat dataran kering layaknya jalan yang bisa di lalui Nabi Musa beserta pengikutnya.

Nabi fir’aun mengejar Nabi Musa melewati laut terbelah tersebut. Setelah Nabi Musa dan pengikutnya sampai ke seberang, laut tersebut kembali dan airnya menenggelamkan Raja fir’aun dan pengikutnya. Tak hanya itu, tongkat Nabi Musa juga sebagai pemicu munculnya mata air.

Hal ini dikarenakan selama perjalanan berhijrah bersama pengikutnya, beliau kesulitan menemukan air. Singkat cerita, Nabi Musa menancapkan tongkat tersebut  ke tanah. Setelah itu, tongkat tersebut kembali dicabut dan tanah bekas tongkat tersebut keluar air.

Bahkan, tongkat ini juga bisa memanjang. Biasanya tongkat ini digunakan untuk menjadi sandaran tenda ketika terik matahari yang sangat panas ketika di gurun pasir. Dalam sebuah riwayat juga dikisahkan jika tongkat tersebut juga bisa digunakan untuk membuat pohon berbuah.

Dengan menancapkan tongkat tersebut pada sebuah tanaman berbuah dan atas izin Allah SWT, pohon tersebut muncul buah-buahan yang segar. Selain itu, tongkat Nabi Musa ini juga bisa bercahaya. Perlu kita ketahui jika tongkat Nabi Musa ini memiliki dua ujung cabang yang tidak saling menyatu.

Setiap ujung tersebut memiliki fungsi masing-masing. Ujung yang satu digunakan untuk menggantung busur beserta anak panahnya, sedangkan untuk ujung satunya digunakan untuk menggantung barang bawaan. Ajaibnya lagi, tongkat ini ketika malam bisa mengeluarkan cahaya layaknya lampu pijar. Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Musa yaitu Kitab Taurat. 

Nabi Harun

Nabi Harun
www.suaramuhammadiyah.id

Dalam sejarahnya, kisah Nabi Harun memang tak lepas dari kisah Nabi Musa, karena Nabi Harun juga termasuk kakak kandung dari Nabi Musa. Pada tahun 1450 SM, Nabi Harun As diangkat sebagai Nabi oleh Allah SWT.

Beliau mendapatkan tugas untuk berdakwah kepada para fir’aun mesir dan bani israil mesir. Nabi Harun telah disebut sebanyak 19 kali di dalam Al Qur’an. Nabi Harun memiliki keistimewaan tersendiri, beliau memiliki kemampuan berbicara yang sangat baik.

Dengan kemampuan yang dimiliki inilah, Nabi Musa As memohon kepada Allah agar Nabi Harun mendampinginya menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam kepada kaum Bani Israil. Keutamaan lain yang dimiliki Nabi Harun yaitu keteguhan dan kesabaran yang dimiliki untuk berjuang memberantas berhala yang dipimpin oleh Samiri atau tukang sihir keturunan kerajaan Firaun.

Ada beberapa keistimewaan atau mukjizat yang dimiliki Nabi Harun As, sebagaimana berikut ini:

  • Nabi Harun Dikaruniai kemampuan bahasa yang sangat baik oleh Allah SWT. sehingga Nabi Musa As memohon kepada Allah agar Nabi Harun mendampinginya menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam kepada kaum Bani Israil.
  • Selain itu, Nabi Harun juga memiliki kemampuan yang gemilang dalam berdakwah.
  • Dalam berdakwah, Nabi Harun memiliki kepandaian tersendiri. Sehingga kaum-kaumnya sangat mudah menerima ajakan atau dakwah Nabi Harun As.

Nabi Zulkifli 

Nabi Zulkifli 
pondokislam.com

Nabi Zulkifli merupakan salah satu nabi yang mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk berdakwah menyampaikan agama Islam kepada kaum Amoriadi Damaskus. Lebih tepatnya pada tahun 1460 SM, Nabi Zulkifli diutus menjadi Nabi untuk mengajarkan tauhid kepada kaumnya dan menyembah Allah SWT.

Nabi Zulkifli memiliki keistimewaan yaitu memiliki kesabaran dan sifat dermawan yang tinggi. Nabi Zulkifli merupakan putra dari Nabi Ayub As, yang semasa hidupnya memiliki 2 orang anak. Tepatnya pada usia 95 tahun, beliau wafat di Damaskus Syiria.

Dalam Al Qur’an Nabi Zulkifli disebutkan dua kali, meski begitu ada sebagian orang yang masih meragukan atau mempertanyakan status kenabiannya. Sebaliknya, masih ada orang yang percaya bahwa Nabi Zulkifli adalah orang yang beriman dan penyabar. Sebagai seorang Nabi, tentu saja Nabi Zulkifli memiliki keistimewaan atau mukjizat.

Adapun berikut ini mukjizat yang dimiliki Nabi Zulkifli:

  • Sebagai seorang Nabi utusan Allah SWT, Nabi Zulkifli memiliki kesabaran yang luar biasa.
  • Selain sabar, Nabi Zulkifli juga memiliki kepribadian yang sangat dermawan meski memiliki harta.
  • Menjadi pemimpin yang disegani banyak orang, karena keadilan dan kebijaksanaannya.

Nabi Daud

Nabi Daud
www.islamaktual.net

Nabi Daud merupakan salah satu Nabi pilihan Allah SWT yang memiliki berbagai mukjizat. Salah satu mukjizat terbesar yang dimiliki Nabi Daud yaitu Kitab Zabur. Meski Allah mengutus Nabi Daud untuk berdakwah menyampaikan ajaran Islam kepada kaumnya, namun Nabi Daud As masih bisa membagi waktunya menjadi empat bagian.

Bagian pertama yaitu untuk bermunajat kepada Allah SWT, kedua yaitu waktu untuk keluarga, ketiga waktu untuk memutuskan perkara diantara mereka atau menasehati satu sama lain dan waktu yang keempat yaitu untuk memenuhi kebutuhannya beserta keluarga atau apapun yang menjadi tanggungannya.

Seperti Nabi-nabi lainnya, Nabi Daud memiliki keutamaan yaitu sosok yang sangat tangguh dalam beribadah.  Selain itu, Nabi Daud juga sosok yang sangat terampil, karena Allah SWT mengkaruniai tangan Nabi Daud mampu membuat baju besi. Yang mana hasil baju besi ini digunakan untuk prajurit saat berperang melawan musuh.

Hal ini merupakan keistimewaan yang dimiliki Nabi Daud, karena beliaulah orang satu-satunya orang pertama yang bisa membuat baju besi. Meski memiliki keistimewaan-keistimewaan tersebut, namun Nabi Daud tetap tidak meninggalkan sifatnya sebagai manusia seperti bekerja, bersosial dan lain sebagainya.

Nabi Daud diberikan Allah berbagai mukjizat, salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Daud yaitu kitab Zabur yang diturunkan oleh Allah. Tidak hanya itu saja, Nabi Daud juga diberi kemampuan yang tidak dimiliki orang lain. Kemampuan yang dimaksudkan yaitu bisa mengerti bahasa burung dan memiliki suara yang sangat merdu.

Bahkan hanya dengan menggunakan tangan kosong Nabi Daud juga mampu melunakkan besi. Allah SWt mengkaruniakan mukjizat kepada Nabi Daud As. Yang mana mukjizat ini tidak dimiliki Nabi lainnya.

Adapun berikut ini mukjizat yang dimiliki Nabi Daud As:

  • Nabi Daud diutus oleh Allah SWT menjadi Nabi dan Rasul yang memiliki keistimewaan atau mukjizat berupa kesempurnaan ilmu, ketelitian amal perbuatan dan kebijaksanaan. Dengan memiliki keistimewaan tersebut, khususnya kebijaksanaannya, Nabi Daud bisa menyelesaikan berbagai perselisihan dalam masyarakat dengan mudah.
  • Keistimewaan lain yang dimiliki Nabi Daud As yaitu pandai berkata-kata, sehingga bisa melebur siapapun jiwa-jiwa yang keras dengan ayat yang dikeluarkan dari mulutnya.
  • Nabi Daud mendapatkan mukjizat dari Allah SWT berupa Kitab Zabur. Yang mana kitab ini berisi qosidah-qosidah dan ayat-ayat yang mengandung tasbih dan pujian kepada Allah SWT. Di dalam kitab zabur ini juga terdapat kisah tentang umat terdahulu. Datangnya Nabi Muhammad juga tercantum dalam kitab Zabur ini.
  • Keistimewaan lain yang dimiliki Nabi Daud yaitu Allah menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih dan mengikuti Nabi Daud As.
  • Nabi Daud memiliki kemampuan memahami suara-suara hewan, khususnya suara burung-burung.

Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman
muslim.okezone.com

Nabi Sulaiman merupakan salah satu dari 25 Nabi yang wajib untuk diimani keberadaannya. Nabi Sulaiman  mendapatkan banyak kenikmatan dan anugerah dari Allah SWT. Salah satunya yaitu Nabi Sulaiman menjadi Nabi yang memiliki kekayaan berlimpah, karena beliau mendapatkan warisan kerajaan dari ayahnya.

Meski kekayaan yang dimiliki sangat melimpah, namun Nabi Sulaiman tetap memiliki sifat bijaksana, cerdas dan adil. Istimewanya lagi, Nabi Sulaiman tidak hanya menjadi rajanya manusia, namun beliau juga menjadi rajanya bangsa binatang dan jin.

Kerajaan yang dimiliki Nabi Sulaiman memang sangat mewah dan penuh dengan kekayaan, dinding yang terbuat dari batu pualam serta pintu dan tiangnya terbuat dari tembaga dan emas. Bahkan, ukiran dan hiasan yang ada didalam kerajaan ini terbuat dari intan dan mutiara serta atapnya terbuat dari perak.

Kerajaan tersebut bukanlah hasil dari kerja kerasnya, melainkan hasil dari gotong royong antar manusia, hewan dan jin. Selain memiliki banyak kekayaan, Nabi Sulaiman As juga memiliki beberapa mukjizat dari Allah SWT. Yang mana mukjizat yang dimiliki ini tidak dimiliki oleh Nabi-nabi lainnya.

Adapun berikut ini mukjizat dari Nabi Sulaiman As:

  • Atas dasar kemauannya, Nabi Sulaiman bisa dengan mudah memerintahkan jin dan hewan. Bahkan, saat Nabi Sulaiman berperang melawan musuh, bangsa jin dan hewan juga turut serta menjadi prajuritnya. Tak hanya berhenti disitu saja, hewan dan seluruh bangsa jin ini juga turut serta dalam pembangunan istana Nabi Sulaiman As.
  • Jika dibandingkan dengan Nabi-nabi lainnya, Nabi Sulaiman As memiliki kekayaan yang tidak ada tandingannya. Hal ini terbukti dengan istananya yang sangat megah dan terbuat dari bahan-bahan berharga seperti emas dan perak. Dalam pembangunan istana tersebut, tidak hanya memanfaatkan gotong royong manusia. Melainkan juga ada ikut campur dari bangsa jin dan hewan.  
  • Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Sulaiman AS yaitu bisa berbicara dengan hewan. Tentu saja mukjizat ini tidak dimiliki oleh Nabi-nabi lainnya. Dengan kemampuan ini, Nabi Sulaiman As bisa dengan mudah memahami dan berbicara dengan hewan. Ajaibnya lagi, hewan-hewan tersebut mau mengikuti semua perintah dari Nabi Sulaiman As. Bahkan ada sebuah kisah mengenai Nabi Sulaiman ketika berperang bersama prajuritnya, ada sekumpulan burung dengan melentangkan sayapnya menutupi Nabi Sulaiman dan prajuritnya sehingga tidak terkena sinar matahari.
  • Mujizat yang dimiliki Nabi Sulaiman yang lainnya yaitu bisa mengatur arah angin, dengan kata lain Nabi Sulaiman As bisa memerintahkan angin bergerak sesuai dengan keinginannya. Tentu saja hal ini bisa beliau lakukan berkat kuasa Allah SWT. Bahkan, ketika angin sedang kencang-kencangnya, Nabi Sulaiman As bisa menundukkan angin tersebut.
  • Nabi Sulaiman termasuk salah satu Nabi yang memiliki sikap kebijaksanaan yang sangat luar biasa. Dengan memiliki sikap tersebut, beliau sangat berperilaku adil dalam mengambil keputusan. Selain memiliki sikap bijaksana dan adil, Nabi Sulaiman juga terkenal sebagai Nabi yang sangat cerdas. Karena Allah SWT memberikan keistimewaan yaitu ilmu yang dimiliki.
  • Allah memberikan mukjizat lain kepada Nabi Sulaiman As yaitu bisa melihat hal-hal ghaib. Dengan menggunakan panca inderanya, nabi Sulaiman bisa melihat apapun hal-hal ghaib. 
  • Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Sulaiman As yaitu bisa mendengar suara lirih meski dari jarak yang sangat jauh. Mungkin bagi orang lain suara tersebut sama sekali tidak terdengar, Namun atas kekuasaan Allah SWT, suara yang sangat pelan bisa didengar jelas oleh Nabi Sulaiman As.
  • Keistimewaan lain yang dimiliki Nabi Sulaiman As yaitu memiliki kecerdasan yang tinggi. Kecerdasan yang dimiliki Nabi Sulaiman As ini sudah ditunjukkan ketika beliau masih kecil.
  • Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Sulaiman As yaitu memiliki cincin yang mempunyai empat sisi yang berasal dari langit. Cincin tersebut memiliki cahaya yang sangat bersinar. Cincin tersebut bisa digunakan untuk mengumpulkan manusia, hewan dan bangsa jin.
  • Istana yang dimiliki Nabi Sulaiman As ini terbuat dari cairan tembaga. Yang mana cairan tembaga ini keluar dari perut bumi langsung. Cairan tembaga ini juga tidak hanya digunakan untuk membangun gedung istana, namun juga digunakan untuk membuat piring ukuran besar, sebesar kolam air.

Nabi Ilyas

Nabi Ilyas
thegorbalsla.com

Nabi Ilyas As merupakan salah satu Nabi yang mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk berdakwah pada kaum Bani Israil. Karena, Kaum Bani Israil ini tidak pernah mengenal Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa dan menyembah berhala atau patung sebagai Tuhannya.

Patung berhala yang disembah Kaum Bani Israil yaitu bernama Ba’al. Meski Nabi Ilyas sudah menyampaikan dakwah yang diperintahkan oleh Allah SWT, namun kaum tersebut masih mengingkari apa yang diajarkan oleh Nabi Ilyas. Atas kuasa Allah SWT, Bani Israil mendapatkan Adzab yang sangat pedih.

Diantaranya adzab tersebut seperti musim kemarau yang panjang dan hujan yang tidak mampu menyentuh bumi. Adzab ini berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya, hingga akhirnya kaum Bani Israil insaf. Hal tersebut dilakukan oleh Bani Israil untuk sementara waktu, karena setelah rahmat Allah datang, mereka kembali ingkar dengan janjinya untuk menyembah Allah SWT.

Akhirnya Allah SWT menurunkan adzab kembali untuk Bani Israil yang sudah ingkar. Nabi Ilyas diangkat menjadi Nabi pada tahun 870 SM, yang disebutkan dalam Al Qur’an sebanyak 2 kali. Nabi Ilyas memiliki beberapa mukjizat yang tidak dimiliki Nabi lainnya.

Adapun berikut ini mukjizat Nabi Ilyas As:

  • Mukijzat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ilyas yaitu beliau tidak pernah meninggal, namun diangkat oleh Allah SWT ke langit. 
  • Nabi Ilyas As mampu mendatangkan adzab kepada kaum  Bani Israil yang ingkar dan tidak mau menyembah Allah SWT. tentu saja beliau melakukan ini berkat izin Allah SWT.

Nabi Ilyasa

Nabi Ilyasa
kalimat.id

Setelah Nabi Ilyas, dilanjutkan dengan Nabi baru yaitu Nabi Ilyasa. Yang mana Nabi Ilyasa ini merupakan anak angkat dari Nabi ilyas atau pengikutnya, beliau merupakan anak kandung dari Akhtub bin ‘Ajuz.

Nabi Ilyasa mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Ba’I yang belum mengenal Allah SWT. Nabi Ilyasa termasuk salah satu hamba yang terbaik, yang taat beribadah dan melakukan semua perintah Allah SWT.

Kisah Nabi Ilyasa memang tidak bisa terlepas dari kisah Nabi Ilyas, karena sebelum menjadi Nabi, beliau menjadi pengikut Nabi Ilyas As. Bahkan, setiap perjalanan dakwah yang dilakukan Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa selalu mengikutinya.

Dengan kesetiaan tersebut, Nabi Ilyas sudah menganggap Nabi Ilyasa sebagai anaknya sendiri. ketika bersama nabi Ilyas, nabi Ilyasa sudah merasakan berbagai rintangan ketika berdakwah. Di dalam Al Qur’an, Nabi ilyasa memang tidak banyak disebutkan.

Namun kisah yang paling banyak yaitu kisah ketika Nabi Ilyasa bersama ayah angkatnya nabi Ilyas. Sehingga data mengenai Nabi Ilyasa ini sangatlah minim. Dalam Al Qur’an Surat Al An’am ayat 86-87 telah dijelaskan bahwasannya Nabi Ilyasa bersama Nabi Ismail, Nabi Yunus dan Nabi Luth merupakan orang yang memiliki derajat lebih tinggi serta keluarga, keturunan dan saudara-saudaranya.

Nabi Ilyasa menjadi seorang Nabi, dipilih langsung oleh Allah SWT serta mendapatkan petunjuk jalan kebenaran langsung dari-Nya. Usaha Nabi ilyasa untuk menyadarkan kaumnya menyembah Allah SWT memang tidak sia-sia, meski awalnya kaum tersebut sering ingkar janji untuk menyembah Allah SWT.

Kaum yang hidup di jamannya memiliki kehidupan yang sangat aman dan makmur, bahkan setiap tahunnya berbagai hasil panen melimpah. Hal ini tidak bertahan terlalu lama, karena setelah Nabi Ilyasa meninggal kaumnya kembali bermaksiat dan melupakan Allah SWT.

Hingga akhirnya Allah murka dan memberikan adzab yang pedih kepada kaum tersebut. Sebagai seorang Nabi pilihan Allah, tentu saja Nabi Ilyasa ini memiliki mukjizat dari Allah SWT. Yang mana mukjizat yang dimiliki ini tidak dimiliki Nabi-nabi lainnya.

Adapun berikut ini mukjizat yang dimiliki Nabi Ilyasa as:

  • Atas kuasa Allah SWT, Nabi Ilyasa memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang yang sudah mati.
  • Atas Izin Allah SWT, Nabi Ilyasa bisa membuat burung dari tanah liat.
  • Bisa menurunkan makanan dari langit. Tentu saja hal ini atas izin Allah SWt.

Nabi Yunus

Nabi Yunus
tangerang.pks.id

Sebagai Nabi pilihan, Nabi Yunus As mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk menyebarkan ajaran agama Islam pada kaum Assyria di Ninawa.

Usaha yang dilakukan Nabi Yunus untuk mengajak kaum tersebut menyembah Allah SWT ternyata mendapatkan sambutan yang tidak baik dari kaum Assyria di Ninawa. Singkat cerita, Nabi Yunus melakukan perjalanan dengan menyeberang samudera dari Ninawa. Namun, kapal yang ditumpanginya terhalang oleh angin topan.

Sehingga sang nahkoda meminta salah satu penumpang untuk diturunkan agar penumpang yang lain tetap selamat. Alhasil Nabi yunus yang dikorbankan, namun atas kuasa Allah SWT nabi Yunus As selamat dan dimakan oleh ikan paus. Ajaibnya selama didalam perut ikan paus tersebut beliau masih tetap hidup.

Selain kisah tersebut, masih banyak kisah ajaib yang dialami Nabi Yunus dan bisa dibilang itu adalah mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Tertelannya nabi yunus dalam perut ikan paus memang sudah terkenal, namun ada juga beberapa kisah dari Nabi yunus yang memang belum banyak diketahui orang.

Adapun berikut ini mukjizat yang dimiliki Nabi Yunus As:

  • Nabi Yunus As memiliki mukjizat yaitu bisa mengutuk lebih dari 100 ribu orang di Ninawa. Singkat cerita nabi Yunus berdakwah di wilayah Ninawa yang memiliki penduduk kurang lebih 100 ribu orang. Namun sayangnya dakwah Nabi Yunus ini tidak diterima dengan baik. Hingga akhirnya Nabi yunus berjanji kepada kaumnya yang ingkar bahwa Allah SWT akan menghancurkannya. Karena nabi Yunus As ketika memutuskan untuk pergi dari daerah tersebut sambil berdoa untuk memberikan adzab kepada kaum-kaumnya yang tidak mempercayai kebenaran yang dibawanya. 
  • Selepas kepergiaannya dari kota tersebut, Nabi Yunus diutus Allah SWT untuk kembali ke kota tersebut. Setibanya di kota tersebut, Nabi Yunus kebingungan karena semua umat di kota tersebut sudah menjadi orang yang sholeh dan taat beribadah. Bahkan, beliau sudah tidak menjumpai patung-patung berhala yang dulu mereka sembah.
  • Nabi Yunus as mendapatkan hukuman dari Allah SWT yaitu dimakan ikan paus, karena beliau pernah ikut permainan undian. Karena beliau mengakui kesalahannya, beliau tetap hidup selama di dalam perut ikan paus tersebut. Nabi Yunus berdoa memohon kepada Allah SWT yang artinya “Tidak ada Tuhan yang pantas disembah kecuali Allah SWT. Maha Suci engkau ya Allah, aku termasuk orang yang berbuat aniaya”. Setelah berdoa, Allah SWT mengampuninya dan ikan paus tersebut memuntahkan Nabi Yunus ke sebuah daerah. Ketika keluar dari perut ikan tersebut, kondisi Nabi Yunus sangat memperihatinkan. Beliau keluar dalam keadaan tubuh kurus dan sakit. 
  • Kondisi yang memperihatinkan Nabi Yunus ketika keluar dari perut ikan paus tersebut, akhirnya Allah memberikan obat berupa sebuah pohon labu untuk ia makan. Karena buah labu ini memiliki nutrisi yang sangat kaya seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan antioksidan. Selain itu, buah labu ini juga memiliki kandungan air yang sangat banyak dan bersifat basa.

Nabi Zakaria

Nabi Zakaria
www.replubika.co.id

Nabi Zakaria merupakan keturunan dari Nabi Sulaiman As dan beliau juga memiliki istri yang bernama Isya. Nabi Zakaria merupakan ulama besar di Bani Israil, karena beliau memang mendapatkan utusan dari Allah SWT untuk kaum Bani Israil yang tinggal di Palestina.

Meski menjadi Nabi pilihan, namun Nabi Zakaria juga tak lepas dari berbagai cobaan dalam hidupnya. Salah satu cobaan yang dihadapi Nabi Zakaria yaitu memiliki istri yang mandul. Namun karena kesabaran yang dimiliki Nabi Zakaria, Allah berkehendak lain yaitu memberikan keturunan ketika Nabi Zakaria sudah berusia tua.

Istri Nabi Zakaria memiliki saudara perempuan yang bernama Hanna yang menjadi istri dari Imran pembesar di kalangan Bani Israil. Seperti halnya Nabi-nabi lainnya, Nabi Zakaria juga memiliki beberapa mukjizat. Mukjizat yang dimiliki Nabi Zakaria ini tidak dimiliki oleh Nabi-nabi lainnya, sebagaimana berikut ini mukjizatnya:

  • Nabi Zakaria bersama istrinya sudah memutuskan untuk membaktikan diri menjaga Baitul Maqdis. Yang mana Baitul maqdis ini menjadi tempat beribadah sebagai peninggalan dari Nabi Sulaiman di Yerussalem.
  • Di usia yang sudah tua sekitar 100 tahun, Nabi Zakaria dan istrinya dikaruniai seorang anak yang bernama Yahya yang akan menjadi seorang Nabi penerusnya. Sebenarnya istri Nabi Zakaria ini mandul, namun atas kebesaran Allah SWT, hal tersebut tidak menjadi mustahil. Hal ini juga berkat dari doa Nabi Zakaria untuk meminta keturunan.
  • Ketika di kejar oleh seorang raja yang dholim, Nabi Zakaria bisa bersembunyi di dalam sebuah pohon atas izin Allah SWT.

Nabi Yahya

Nabi Yahya
kuliahislam.com

Kisah tentang Nabi Yahya memang tak pernah lepas dari kisah Nabi Zakaria. Seperti yang telah dijelaskan pada kisah sebelumnya bahwa Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria. Nabi Yahya lahir ketika usia Nabi Zakaria sudah berusia lanjut. Dalam Al Qur’an Surat Maryam ayat 7 menjelaskan tentang kelahiran Nabi Yahya.

Dari masa kecil, Nabi Yahya memang selalu dipenuhi dengan belajar. Selain itu, setiap kegiatan yang dilakukan juga selalu bermanfaat dan tidak sia-sia baik untuk diri sendiri atau orang lain. Bahkan bisa dibilang masa kecil Nabi Yahya berbeda dengan anak sebayanya.

Dengan kebiasaan dan didikan dari orang tuanya, Nabi Yahya tumbuh menjadi orang yang berilmu dan berakhlak.  Nabi Yahya dibekali oleh Allah SWT kemampuan mengetahui syariat. Bahkan Nabi Yahya mampu memutuskan perkara yang dialami manusia sejak kecil.

Kisah tentang Nabi Yahya memang banyak sekali. Singkat cerita ada sebuah kisah mengenai Nabi Yahya yang sedang menyendiri dan berdoa di gurun pasir. Ketika berdoa, beliau tidak kuasa mengeluarkan air matanya dan hal ini mendorong para hewan terdiam seketika.

Karena hewan-hewan tersebut mengetahui jika Nabi yahya sedang berdoa dan memutuskan untuk menjauh dari Nabi Yahya agar beliau tidak merasa terganggu. Ini merupakan salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Yahya As. Selain itu, ada juga kisah mengenai Nabi yahya yang berbincang dengan iblis.

Pertama iblis mendatangi Nabi yahya dan bermaksud untuk memberikan nasehat kepada Nabi Yahya. Tentu saja Nabi Yahya menolak nasehat tersebut, karena pasti iblis dengan berdusta. Selain itu, masih ada banyak kisah-kisah tentang Nabi Yahya.

Nabi Yahya memiliki keistimewaan yaitu bisa menyelesaikan persoalan diantara manusia. Selain itu, Nabi Yahya juga memiliki kemampuan memberikan penjelasan mengenai rahasia-rahasia agama kepada umatnya. Bahkan Nabi Yahya juga bisa mengenalkan jalan kebenaran, mengingatkan kesalahan atau kekeliruan kepada kaumnya.

Nabi Isa

Nabi Isa
www.kompasiana.com

Dari sekian banyak Nabi pilihan Allah, Nabi isa mendapatkan mukjizat berupa kitab Injil. Tak hanya itu saja, Nabi Isa juga memiliki banyak keistimewaan, salah satunya yaitu bisa berbicara dengan manusia lainnya saat masih berada di dalam kandungan.

Banyak sekali kisah mengenai Nabi isa. Kisah yang paling terkenal dari Nabi isa As yaitu beliau lahir tanpa seorang ayah. Dengan keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki tersebut, Nabi Isa tetap menjadi hamba yang taat beribadah.

Nabi isa memiliki mukjizat yaitu bisa membuat burung dari tanah dengan cara membentuk tanah menyerupai bentuk seekor burung kemudian meniupnya. Tak hanya itu, dengan kebesaran Allah SWT, Nabi Isa As memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang yang sudah mati.

Bahkan, Nabi Isa as juga bisa menurunkan makanan dari langit. Kisah terakhir dari Nabi isa yaitu orang-orang Yahudi berusaha membunuh Nabi Isa dengan cara di salib, namun Allah SWT mengangkat Nabi isa ke langit. 

Nabi Isa as merupakan salah satu Nabi yang memiliki julukan Ulul Azmi atau julukan bagi Nabi yang memiliki ketabahan luar biasa. Nabi Isa juga memiliki banyak mukjizat dari Allah SWT, sebagaimana berikut ini mukjizat yang dimiliki Nabi isa as:

  • Nabi Isa as lahir tanpa seorang ayah, sehingga banyak sekali konflik yang terjadi pada saat itu. Banyak orang yang tidak percaya jika Nabi Isa as lahir tanpa seorang ayah.
  • Nabi isa memiliki kemampuan berbicara ketika masih bayi, ini merupakan mukjizat yang tidak dimiliki Nabi lainnya. Dengan kemampuan yang dimiliki ini, Nabi Isa menggunakannya untuk menerangkan bahwa dirinya ada Nabi utusan Allah untuk bani Israil.
  • Keistimewaan lain yang dimiliki Nabi Isa as yaitu mengetahui isi kitab taurat yang asli. Kitab taurat dari Nabi Musa yang asli disembunyikan oleh kaum Yahudi dan ini merupakan cara yang cerdik. Sehingga kaum Yahudi ini mengubah isi dari kitab Taurat yang asli.
  • Nabi isa memiliki kemampuan membuat burung dari tanah. dengan cara membentuk tanah menyerupai burung dan meniupnya, tanah tersebut langsung berubah menjadi burung.
  • Dengan menggunakan panca inderanya, Nabi isa as memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal ghaib.
  • Nabi isa As bisa menurunkan makanan langsung dari langit, karena permintaan dari Hawariyun.

Nabi Muhammad

Nabi Muhammad
www.islampos.com

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi yang terakhir dan beliau merupakan Nabi yang memiliki keistimewaan sangat luar biasa dari Allah SWT. Banyak sekali mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, salah satu mukjizat terbesarnya yaitu kitab suci Al Quran Al karim yang sampai saat ini masih ada dan digunakan.

Selain itu Nabi Muhammad SAW juga mendapatkan peristiwa yang sangat luar biasa yaitu dikaruniakan sebuah peristiwa Israj dan Mikraj. Sebagai Nabi terakhir, Nabi Muhammad SAW diutus dengan cara yang berbeda seperti Nabi lainnya.

Nabi sebelum-sebelumnya hanya khusus untuk kaum mereka pada waktu itu saja, namun Nabi Muhammad diutus untuk seluruh umat Ada beberapa karakteristik unik dari Nabi Muhammad SAW jika dibandingkan dengan Nabi-nabi sebelumnya.

Sebagaimana berikut ini karakteristik Nabi Muhammad SAW:

  • Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi yang terakhir, karena memang tidak ada Nabi lagi setelahnya. Nabi Muhammad di utus oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada seluruh umat.
  • Sebelum Nabi Adam lahir, Nubuat Nabi Muhammad SAW telah ditetapkan oleh Allah SWT.
  • Nabi Muhammad satu-satunya Nabi yang tidak hanya di utus untuk seluruh umat, namun juga di utus untuk jin. Nabi Muhammad tidak hanya di utus untuk berdakwah pada daerah atau kota tertentu. Nabi Muhammad memiliki keistimewaan yaitu memiliki kekuatan sehingga bisa  menjangkau musuh-musuhnya. Bahkan, sebelum Nabi Muhammad sampai kepadanya, Musuh-musuhnya sudah takut kepadanya.
  • Pengikut Nabi Muhammad SAW sangatlah banyak dan terbesar jika dibandingkan dengan Nabi-nabi sebelumnya. Bahkan dalam sebuah hadits dijelaskan jika banyaknya pengikut Nabi Muhammad SAW ini mencapai sepertiga dari surga.
  • Mukjizat terbesar yang dimiliki Nabi Muhammad SAW yaitu kitab suci Al Qur’an. Jika mukjizat Nabi –nabi sebelumnya hanya bisa dilihat oleh orang yang hidup pada masanya, namun mukjizat Nabi Muhammad SAW ini bisa dilihat, dibaca dan didengarkan oleh umat Islam hingga saat ini.
  • Keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang tidak dimiliki siapapun, bahkan Nabi-nabi lain tidak memilikinya yaitu adanya peristiwa Isra’ Mi’raj. Hanya Nabi Muhammad SAW satu-satunya Nabi yang dipanggil langsung ke hadirat Allah SWT.
  • Nabi Muhammad menjadi pemimpin semua umat manusia dan beliau tidak akan pernah terlupakan oleh berjalannya waktu.
  • Di hari penghakiman, hanya Nabi Muhammad SAW satu-satunya manusia pertama yang dibangkitkan dari dalam kubur.
  • Allah SWT memberikan keberkahan kelimpahan atau Al-Kautsar.
  • Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya manusia yang pertama kali menyeberangi jembatan siratal mustaqim. Nabi Muhammad akan membimbing umatnya ke surganya Allah SWT. Setelah Nabi Adam, Nabi Muhammad orang kedua yang akan masuk ke surga. Meski kita umat terakhir Nabi Muhammad SAW, kita akan memasuki surga dan Rosulullah yang akan membuka gerbangnya.
  • Nabi Muhammad SAW ditempatkan oleh Allah SWT di surga tertinggi.

Baca Juga Sunan Drajat

Itulah ulasan lengkap mengenai nama-nama Nabi yang dilengkapi dengan kisah-kisah serta mukjizat yang dimiliki. Dari kisah-kisah Nabi ini banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan. Mulai dari kesabaran dalam menjalankan cobaan, keikhlasan serta keteguhan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Semoga setelah membaca ulasan kali ini bisa menjadikan kita manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan komentar