20 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat ibu hamil – Ketika memasuki masa kehamilan seorang ibu memang harus benar-benar memperhatikan kesehatan tubuhnya. Bukan hanya memperhatikan kesehatan untuk dirinya sendiri, namun ibu juga harus menjaga kesehatan calon bayi yang ada didalam kandungannya.

Tidak hanya dengan rajin melakukan kontrol kandungan ke dokter, untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil juga harus menjaga pola hidup sehat dengan cara istirahat yang cukup dan banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Memperhatikan pola makan sewaktu hamil ini menjadi salah satu faktor kesehatan bagi ibu dan calon bayi dalam kandungan. Untuk itu wajib bagi ibu hamil untuk lebih memperhatikan jenis makanan yang di konsumsinya, sehingga tidak hanya kenyang namun juga asupan gizi untuk dirinya dan calon bayi bisa terpenuhi.

Pada saat memasuki sekitar trimester ke dua dan ke tiga, ibu hamil membutuhkan sekitar 350 sampai 500 kalori tambahan pada setiap harinya. Dengan mengatur pola makan yang baik akan memberikan dampak positif yang dirasakan oleh tubuh, tetapi jika pemilihan makanan secara asal dan tidak memperhatikan kandungan nutrisi yang ada pada makanan, akan dapat berdampak buruk pada ibu dan juga perkembangan bayi yang ada dalam kandungan.

Terlebih lagi bagi ibu hamil yang biasa memiliki pola makan yang buruk, sehingga menyebabkan kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan ini tidak baik untuk ibu hamil, karena dapat meningkatkan resiko diabetes gestasional dan dapat membahayakan sewaktu melahirkan seperti terjadinya komplikasi.

Rekomendasi Makanan Sehat Ibu Hamil

Berikut dibawah ini ada beberapa rekomendasi daftar makanan sehat yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil, selain sehat untuk ibu juga baik untuk bayi yang ada didalam kandungan.

Yoghurt

Yoghurt
hellosehat.com

Susu selama ini dikenal paling banyak memiliki kandungan kalsiumnya, namun perlu diketahui yoghurt polos ternyata memiliki sedikit lebih banyak kandungan kalsium dibandingkan dengan susu. Di dalam yoghurt juga ada nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B.

Wanita ketika hamil memerlukan kalsium cukup banyak kurang lebih sekitar 1000 mg yang gunanya untuk menjaga kesehatan tulang sewaktu masa kehamilan. Yoghurt sendiri memiliki kandungan kalsium yang sangat baik yang bermanfaat untuk menjaga tulang dan gigi supaya tetap sehat.

Apabila kandungan kalsium semasa hamil kurang, akan menyebabkan resiko ibu terkena osteoporosis di kemudian hari. Maka jika ibu hamil kurang mendapatkan kalsium, bayi yang ada dalam kandungan akan mengambil kebutuhan kalsium dari tulang ibunya, sehingga menyebabkan resiko osteoporosis tadi.

Hal lain yang bisa terjadi jika ibu hamil kekurangan kalsium yaitu sangat beresiko sekali bayi lahir dengan memiliki bobot tubuh yang rendah, atau hal terburuknya bayi bisa lahir dalam keadaan prematur. Maka dari itu dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi yoghurt karena baik sekali untuk kesehatan ibu dan calon bayi.

Almond

Almond
review.bukalapak.com

Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil, dan tentunya memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya.

Almond diketahui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Cara mengkonsumsinya juga bisa di variasi, bisa di makan langsung atau bisa di bikin campuran makanan lain. Kacang almond memiliki kandungan vitamin E dan protein didalamnya sehingga baik bagi kesehatan jika di konsumsi secara rutin tiap hari.

Untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam perut, ibu hamil bisa mendapatkannya dari kandungan baik yang terdapat di dalam kacang almond. Manfaat lain dari kacang almond yaitu dapat membantu perkembangan tulang pada bayi semenjak dari dalam kandungan.

Daging Tanpa Lemak

Daging Tanpa Lemak
blogunik.com

Ibu hamil di wajibkan untuk mengkonsumsi daging, karena sudah menjadi rahasia umum jika daging memiliki kandungan sumber protein yang sangat baik yang di perlukan oleh tubuh. Mengapa ibu hamil membutuhkan protein? Karena protein ini berfungsi untuk perkembangan otot-otot pada pertumbuhan janin yang ada dalam perut.

Untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak, karena daging tanpa lemak dapat membantu untuk pensuplaian vitamin B yang diperlukan oleh bayi karena memang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan dan pertumbuhan otak bayi. Kandungan vitamin B 12 pada daging tanpa lemak memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel darah merah dan syaraf.

Jus Jeruk

Jus Jeruk
www.groufiee.com

Jus jeruk ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, tidak hanya untuk di konsumsi oleh orang biasa, tapi jus jeruk juga bagus sekali untuk di konsumsi oleh ibu hamil. kandungan dalam jus jeruk memiliki manfaat untuk mencegah cacat lahir di awal kehamilan.

Untuk itu ibu hamil sehat hingga proses melahirkan , dianjurkan untuk mengkonsumsi jus jeruk dengan rutin. Mengkonsumsi jus jeruk ini bisa dilakukan di pagi hari, karena satu gelas jus jeruk memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terdapat kandungan nutrisi yang ada didalam jus jeruk, diantaranya vitamin C, folat dan kalium.

Kandungan kalium yang terdapat dalam satu gelas jus jeruk bermanfaat untuk menjaga fungsi otot metabolisme dan untuk menjaga kesehatan sewaktu proses kehamilan. Manfaat lainnya yang ada dalam jus jeruk yaitu dapat membantu tubuh agar bisa menyerap zat besi serta bisa menjaga gigi dan tulang supaya bisa sehat dan kuat.

Ubi 

Ubi 
liputan6.com

Ubi kerap kali dianggap sebagai makanan sederhana atau sebagai cemilan saja, namun siapa sangga jika ternyata ubi ini merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung serat bergizi. Banyak nutrisi yang ada dalam ubi seperti potasium, vitamin C, vitamin B6, zat besi dan juga beta karoten yang tinggi.

Kegunaan nutrisi pada ubi ternyata sangat di perlukan untuk ibu hamil karena bermanfaat untuk perkembangan tulang, mata dan kulit pada bayi. Selain itu mudah sekali untuk mengolah ubi ini, ubi bisa di olah dengan berbagai macam cara. Ubi dapat dimasak dengan cara di rebus, di kukus, di panggang atau di goreng.

Daun Bayam

Daun Bayam
wanita22.com

Daun bayam ini merupakan salah satu sayuran yang seringkali terhidangkan di masakan rumah. Siapa yang tak tau daun bayam ini, karena makanan yang terbuat dari olahan daun bayam sudah sering diberikan semenjak kecil.

Selain itu mengkonsumsi daun bayam memang bagus bagi kesehatan tubuh, karena daun bayam banyak mengandung zat besi didalamnya. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daun bayam ini, karena kandungan zat besi pada daun baya berfungsi untuk membantu perkembangan sel darah sehat pada bayi dalam kandungan.

Gandum dan Beras Merah

Gandum dan Beras Merah
hot.liputan6.com

Ibu hamil perlu untuk melengkapi asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan baik jika di konsumsi oleh ibu hamil adalah gandum.

Gandum ini menjadi sumber makanan yang menyehatkan bagi ibu hamil. Biasa cukup sulit untuk mendapatkan gandum, namun tidak perlu bingung karena ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum seperti roti gandum, atau biskuit yang bahan dasarnya menggunakan gandum. 

Telur

Telur
www.grid.id

Telur menjadi salah satu makanan yang sehat dan baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. telur memiliki banyak kandungan omega 3 yang menjadi salah satu sumber zat besi, kolin dan folat.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika ibu hamil mengkomsumsi telur, diantaranya yaitu telur dapat membantu perkembangan otak pada janin sehingga mengurangi resiko cacat saraf ketika nanti bayi dalam kandungan telah lahir.

Agar mendapatkan seluruh manfaatnya, ibu hamil harus mengkonsumsi bagian putih telur maupun kuning telur. Telur bisa di olah sesuai dengan selera baik itu di goreng maupun di rebus, atau di olah dengan cara yang lain.

Brokoli dan Sayuran Hijau

Brokoli dan Sayuran Hijau
www.alodokter.com

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan sehat bagi ibu hamil. Sayuran hijau ini seperti halnya brokoli atau sayuran yang lainnya. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli yaitu asam folat, zat besi dan juga kalsium yang memang sangat di butuhkan untuk ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungannya.

Kandungan zat besi yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia,  karena di masa awal kehamilan ibu hamil sering mengalami anemia. Lebih penting lagi bahwa brokoli ini juga kaya sekali akan kandungan antioksidan di dalamnya.

Dan juga mengandung senyawa tanaman yang manfaatnya untuk ibu hamil yaitu untuk sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan. Selain itu kandungan asam folat yang ada didalam sayur brokoli bermanfaat untuk melindungi bayi dari kelainan tulang belakang serta cacat tabung syaraf ketika nanti telah di lahirkan.

Kandungan lain yang terdapat dalam buah brokoli yakni serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk membantu ibu hamil dalam mencegah masalah sembelit yang memang biasanya sudah umum dan juga sering kali dialami oleh ibu-ibu hamil.

Buah Alpukat

Buah Alpukat
blog.regopantes.com

Didalam buah alpukat terdapat kandungan lemak yang banyak, namun jangan salah lemak yang ada didalam buah alpukat bukanlah lemak jenuh yang dapat membahayakan tubuh, tetapi lemak yang ada dalam buah alpukat aman dan mempunyai manfaat jika di konsumsi oleh ibu hamil.

Buah alpukat juga memiliki banyak sekali kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menyehatkan ibu dan juga bayi yang sedang berkembang di dalam perut. Di dalam buah alpukat juga banyak menyimpan kandungan vitamin E, vitamin K, dan vitamin B yang perlu sekali dibutuhkan oleh ibu hamil.

Menjadikan buah alpukat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Buah alpukat bisa di konsumsi dengan cara di buat minuman atau bisa juga di olah menjadi beberapa menu makanan yang tentunya enak jika di makan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
lifestyle.kompas.com

Diketahui banyak sekali nutrisi yang ada didalam kacang-kacangan, nutrisi ini sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Diantara kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang-kacangan adalah mineral, folat, zat besi, kalsium dan juga serat. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang-kacangan ini dapat mengurangi bayi lahir dalam keadaan prematur dengan berat badan yang rendah.

Untuk Anda yang sedang hamil namun terbiasa hidup sebagai vegetarian dan menghindari makanan berbahan hewani, kacang-kacangan ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi Anda. Di lain itu kacang-kacangan ini sangat nikmat saat di konsumsi dan tentu memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Ikan salmon

Ikan salmon
www.idntimes.com

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang sehat untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Terkenal dengan kandungan omega 3 dan kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan.

Ikan salmon memiliki asam lemak omega 3 yang dikenal dengan DHA dan EPA, bermanfaat untuk perkembangan otak bayi yang ada dalam kandungan. Dengan ibu hamil mengkonsumsi ikan salmon ini semasa kehamilannya, dapat mengurangi resiko masalah neurologis yang dapat terjadi pada anak di kemudian hari.

Selain itu ikan salmon juga mampu meningkatkan keterampilan motori pada bayi dalam perut. Jika ibu hamil mengkonsumsi ikan salmon semasa kehamilannya secara rutin, ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan IQ pada anak.

Ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang rendah sehingga sangat aman jika di konsumsi oleh wanita hamil. Namun juga tetap harus memperhatikan asupannya, jangan mengkonsumsi ikan salmon secara berlebihan dan tetap dalam jumlah yang pas saat di konsumsi semasa hamil.

Buah Beri

Buah Beri
hellosehat.com

Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bisa bermanfaat baik untuk bayi yang ada dalam kandungan. Buah-buahan sendiri memiliki banyak sekali kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah beri merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil, karena memiliki banyak sekali kandungan vitamin C-nya. Manfaat dari vitamin C ini bagus bagi kesehatan bayi dalam perut karena dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh bayi dan juga ibu.

Manfaat lainnya dari vitamin C dalam buah beri adalah baik untuk kesehatan kulit bayi yang berada dalam kandungan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Buah Apel

Buah Apel
www.jurukunci.net

Buah warna merah satu ini selain memiliki rasa yang nikmat juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil.

Buah apel diketahui memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan, sehingga ketika ibu hamil memakannya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada didalam kandungan. Tidak hanya kaya dengan kandungan antioksidannya, namun buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Kandungan serat yang ada dalam buah apel bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang biasanya sering kali dialami oleh ibu hamil. Buah ini terasa enak jika dikonsumsi secara langsung namun juga nikmat ketika dijadikan jus dicampur dengan sayur dan buah yang lainnya.

Keju

Keju
doktersehat.com

Keju ini merupakan salah satu makanan sehat yang baik di jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam keju terdapat kandungan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi bayi. Selain itu keju juga termasuk sebagai sumber protein yang penting untuk ibu hamil.

Kandungan protein pada keju berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel otot dan membantu dalam tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Ibu hamil dapat memilih keju yang rendah lemak untuk menjaga supaya tidak menghasilkan lemak dan kalori yang berlebihan.

Beras Merah

Beras Merah
bp-guide.id

Beras merah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik, yang di butuhkan oleh ibu hamil, diantaranya kaya akan vitamin B, manganase, selenium, phosphorus, magnesium dan serat.

Dan juga terdapat kandungan vitamin B6 yang memiliki manfaat untuk mengatasi mual muntah yang sering dialami oleh ibu hamil. dan juga manfaat serat pada beras merah yaitu untuk menjaga kadar gula darah ketika masa kehamilan.

Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari
www.idntimes.com

Biji bunga matahari yang biasanya di konsumsi sebagai cemilan nonton tv atau belajar ternyata memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil.

Terdapat beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bunga matahari seperti vitamin E dan asam folat. Vitamin E pada biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Selain itu juga dapat membuat kulit, rambut dan kuku pada janin dalam kandungan selalu sehat. Sedangkan kandungan asam folat yang ada di dalam biji bunga merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena dapat mencegah kecatatan pada bayi yang ada dalam kandungan.

Cokelat

Cokelat
www.jagapati.com

Cokelat merupakan makanan yang sebagian besar orang banyak yang suka mengkonsumsi makanan yang satu ini. Cokelat memiliki kandungan yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Ketika ibu hamil rutin mengkonsumsi cokelat semasa kehamilannya dipercaya bisa membuat mood pada ibu hamil menjadi baik, sehingga akan merasa lebih bahagia dan lebih ceria.

Karena ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan seringkali moodnya naik turun, sehingga akan menjadi lebih sensitif lagi.

Jagung 

Jagung 
doktersehat.com

Kandungan nutrisi yang ada didalam jagung diantaranya adalah fosfor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang pada janin yang ada dalam kandungan.

Selain itu terdapat kandungan vitamin A yang  penting untuk penglihatan dan kesehatan kulit bayi. Jagung ini menjadi makanan yang baik dan menyehatkan untuk di konsumsi oleh ibu hamil. cara pengolahannya juga bisa sesuai dengan selera, bisa di rebus atau bisa di olah jadi perkedel jagung.

Baiklah itu tadi beberapa makanan sehat yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil. Wanita ketika mengandung tidak hanya membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuhnya sendiri. Namun juga ada janin dalam perut yang kebutuhan gizinya sangat perlu juga untuk diperhatikan, untuk membantu pertumbuhan janin.

Tetapi dalam mengkonsumsi makanan-makanan diatas, ibu hamil juga perlu untuk memperhatikan jumlah takaran makanan yang harus di konsumsi. Jangan sampai makanan yang di konsumsi berlebihan jumlahnya. Karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik untuk tubuh ibu hamil.

Pola makan yang tidak diatur dengan baik bisa menjadi penyebab naiknya berat badan, dan kondisi tersebut tidak baik untuk ibu hamil. Berat badan yang berlebihan ketika hamil justru akan membuat proses kehamilan menjadi lebih sulit.

Baca Juga Manfaat Bawang Putih

Oleh sebab itu tetap perhatikan jumlah asupan makanan yang di konsumsi agar tetap seimbang dan cukup untuk memenuhi nutrisi yang di butuhkan oleh ibu hamil. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter ahli untuk mengetahui jumlah gizi makanan yang harus di konsumsi.

Tinggalkan komentar