9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Bawang Putih – Bagi masyarakat Indonesia, bawang putih adalah bumbu dapur yang wajib ada di dapur. Yang mana hampir setiap masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu pokoknya. Aromanya yang lezat akan membuat rasa masakan menjadi semakin mantap.

Namun tahukah Anda jika bawang putih ternyata tak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa masakan? Ya bawang putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat bawang putih didapatkan tak lain yakni karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Kandungan Nutrisi Bawang Putih
Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bumbu beraroma menyengat yang memiliki nama Latin Allium sativun ini termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae) dan bersaudara dengan bawang merah serta daun bawang. Berambang atau bawang putih ialah umbi suing asli budidaya Asia Tengah, akan tetap juga tumbuh di Italia dan Prancis selatan.

Dalam satu buah bawang putih, umumnya Anda bisa menjumpai 1-10 siug. Setiap siung bawang putih sendiri memiliki berat rata-rata 6-8 gram. Dari 100 gram bawang putih, setidaknya terdapat kandungan nutrisi dengan takaran berikut:

  • 4 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,1 gram serat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
  • 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,4 miligram selenium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • Beberapa antioksidan seperti oligosakarida, asam amino dan flavonoid.

Bawang putih juga memiliki kandungan senyawa slfu aktif seperti allyl propyl disulfide, allili, dialil disulfide serta dialil trisulfida. Saat Anda mengunyah bawang putih mentah, maka zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
health.detik.com

Dengan segudang nutrisi di atas tentu bukan hal aneh jika manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat beragam. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan mengkonsumsi bawang putih.

  • Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol
www.merdeka.com

Sejak jaman dahulu bawang putih sudah terkenal dapat mencegah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of Postgraduate Medicine, menjabarkan jika makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (setara 1-2 siung kecil) setiap hari maka akan menurunkan kolesterol dalam jumlah yang cukup drastis.

Ini bisa dibuktikan dalam kurun waktu 2 bulan. Temuan ini juga semakin diperkuat dengan beragam studi yang lebih kekinian. Salah satunya ialah studi yang dimuat pada International Journal of Medical Science and Public Health di tahun 2016.

T50 peneliti dari India yang awalnya memiliki kolesterol tinggi telah memakan 3 gram bawang putih mentah setiap hari. Setelah 90 hari rutin mengkonsumsi bawang putih, seluruh partisipan mengalami penurunan kadar kolesterol yang cukup signifikan, yakni sekitar 10-13 persen.

Para peneliti menemukan manfaat bawang putih ini didapatkan dari kandungan allicin pada bawang putih. Menariknya, allice hanya akan diproduksi oleh bawang putih jika siungnya dipotong, dihancurkan dengan dikunyah atau ditumbuk. Allici ini akan menghambat enzim yang berperan pada penurunan kolesterol.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Mengendalikan Tekanan Darah
wezzie.com

Sebagian orang Indonesia yang sudah masuk usia 40 tahun ke atas mengalami resiko hipertensi yang cukup tinggi. Ini bisa disebabkan karena pola makan yang buruk maupun pola hidup yang kurang teratur. Dari penyebabnya tersebut, kunci untuk menghindari hipertensi ialah dengan menjaga pola hidup dan mengontrol pola makan.

Berusahalah untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti bawang putih salah satunya. Benar sekali, potensi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sudah terbukti efektif dibandingkan dengan obat hipertensi generik.

Pada sebuah penelitian yang dikutip dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences dilaporkan jika efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolic setelah mengkonsumsi bawang putih mentah hampir setara dengan obat atenolol.

Dan lagi, manfaat bawang putih ini didapatkan karena kandungan allicin yang hanya bisa didapatkan ketika suing bawang dihancurkan ataupun diiris. Cara ini menjadikan allicin lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Selain itu, bawang putih pun memiliki kandungan polisulfida yang bertugas melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah pada tubuh.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan Risiko Kanker
surabaya.tribunnews.com

Kanker merupakan penyakit akut yang sangat ditakuti oleh semua kalangan. Dimana kanker dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Jenis kanker pun sangat beragam, seperti kanker paru-paru, kanker serviks, kanker kulit, kanker darah dan lain sebagainya.

Namun kini Anda tak perlu khawatir karena dengan bumbu dapur berwarna putih ini Anda dapat menurunkan resiko kanker. Dilansir National Cancer Research Institute, dibuktikan jika kaitan antara mengkonsumsi bawang putih secara rutin dengan penurunan beberapa jenis kanker sangatlah besar.

Beberapa kanker yang dapat diminimalisir pertumbuhannya dengan konsumsi bawang putih antara lain ada kanker perut (usus besar, lambung, usus kecil), kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker prostat dan kanker payudara.

Bawang putih mentah memiliki kandungan sulfur aktif yang tinggi dan ini berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker serta menghambat penyebarannya pada tubuh.

  • Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung
www.wowkeren.com

Ketika kesehatan jantung terjaga, risiko beberapa penyakit mematikan akan terminimalisir, seperti stroke, serangan jantung dan lain sebagainya. Kabar baiknya, bawang putih juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung, sehingga resiko penyakit jantung menurun drastis.

Bawang putih yang dikenal ampuh menurunkan kolesterol dan tekanan darah, pada akhirnya berpotensi mengurangi risiko aterosklorosis. Uniknya, manfaat bawang putih  satu ini paling mudah didapatkan ketika Anda mengkonsumsi bawang putih yang dikeringkan (oged garlic).

Dimana ekstra aged garlic dipercaya mampu mengurangi penumpukan plak lunak serta mencegah pembentukan plak batu pada pembuluh arteri. Penelitian dari Journal of Nutrition yang memanfaatkan aged garlic juga menunjukkan efek penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif pada arteri koroner.

Endapan kalsium pada arteri koroner ialah tanda adanya penumpukan plak yang bisa mempersempit atau menyumbat arteri. Sedangkan protein C-reaktif ialah protein khusus yang memicu peradangan. Dua kondisi ini yang kemudian memicu aterosklorosis. Ketika aterosklorosis sudah terjadi, maka Anda akan lebih mudah terserang stroke ataupun serangan jantung.

  • Melawan Radang, Pilek dan Batuk

Melawan Radang, Pilek dan Batuk
manfaat bawang putih

Tahukah Anda, jika bawang putih juga mampu memperkuat daya tahan tubuh? Dengan sistem imun yang baik, maka tubuh akan lebih ampuh melawan berbagai virus penyebab penyakit.

Senyawa aktif allicin yang terkandung pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai macam kuman serta virus penyebab penyakit, seperti flu, pilek, batuk dan juga radang tenggorokan.

Ketika Anda sakit, cukup konsumsi bawang putih mentah untuk mengurangi gejala penyakit tersebut dan membantu Anda lekas pulih. Berbagai penelitian telah melaporkan jika rutin mengkonsumsi bawang putih mentah dapat mengurangi resiko jatuh sakit akibat penularan penyakit umum tersebut. Tak hanya itu, bumbu tradisional Indonesia ini juga efektif mengurangi kecapekan lho.

  • Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang
manfaat bawang putih

Untuk menopang organ tubuh, tulang membutuhkan nutrisi yang membuatnya semakin kuat. Beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tulang antara lain adalah Vitamin D, kalsium dan flavonoid.

Dirangkum dari Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, flavonoid memiliki manfaat untuk meningkatkan pembentukan tulang serta menghambat proses pengeroposan mineral tulang.

Dari keluarga bawang-bawangan, bawang putih merupakan jenis yang paling efektif dalam menghambat proses perapuhan tulang. Bahkan bawang putih pun sangat ampuh mencegah pengeroposan tulang setelah Anda melakukan operasi pengangkatan indung telur (oophorectomy).

  • Menjaga Kesehatan Otak
Menjaga Kesehatan Otak
manfaat bawang putih

Otak merupakan pusat dari seluruh kegiatan dalam tubuh, jadi tak heran jika otak membutuhkan perhatian lebih guna menjaga kestabilan kerjanya. Termasuk nutrisi yang lengkap untuk memaksimalkan kerja otak. Sebuah penelitian dari Universitas Missouri menemukan jika turunan karbohidrat pada bawang putih atau yang dikenal dengan nama FruArg mampu melindungi sel-sel otak dari efek penyakit dan penuaan.

FruArg juga mampu mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikoglia pada otak ketika melawan stress oksidatif dan peradangan. Di satu sisi, peran sel mikroglia sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf. Akan tetapi semakin lama sel mikroglia melawan peradangan maka akan semakin banyak pula produksi oksida nitrat yang dihasilkan.

Kadar oksida nitrat yang berlebihan akan dikaitkan dengan penyebab kerusakan pada sel otak. Untungnya, ruArg pada bawang putih ini mampu memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan oksida nitrat pada otak. Artinya, bawang putih menawarkan manfaat untuk melindungi sel-sel otak dengan cara membuatnya lebih kebal pada resiko penyakit neurologis seperti Alzheimer dan demensia.

  • Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok
kitakini.news

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang mungkin sangat rentan mengalami gangguan rambut rontok. Dengan menggunakan bawang putih, Anda bisa mengatasi masalah rambut rontok ini secara cepat dan efektif. Kebotakan atau alopecia merupakan kondisi yang disebabkan oleh penyakit autoimun.

Namun dengan mengkonsumsi bawang putih mentah, maka pertumbuhan rambut akan terdorong lebih cepat. Selain dengan dikonsumsi, Anda juga dapat mengoleskan minyak bawang putih pada kulit kepala untuk mencegah kebotakan.

  • Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat
www.liputan6.com

Siapa sih yang tak geram dengan jerawat? Pasti semua orang sangat kesal jika pada wajahnya terlihat tumbuh jerawat. Penyebabnya sendiri beragam, baik hormone, makanan, maupun kotoran. Tapi untuk mengatasi masalah ini, Anda tak perlu lagi bingung membeli skincare mahal.

Cukup gunakan bumbu dapur satu ini. Kandungan allicin yang bersifat anti jamur, anti bakteri, anti jamur dan antiseptic ini akan membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat allicin ini akan meredakan pembengkakan serta peradangan pada kulit.

Juga dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan warna kulit. Bawang putih pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dipercaya bisa membasmi jerawat. Mulai dari vitamin B-6, vitamin C, selenium, seng dan tembaga yang bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

Manfaat Bawang Putih Akan Lebih Maksimal Jika Dikonsumsi Mentah

Manfaat Bawang Putih Akan Lebih Maksimal Jika Dikonsumsi Mentah
www.tribunnews.com

Seluruh manfaat bawang putih di atas dapat Anda peroleh secara keseluruhan hanya dengan mengunyah bawang putih mentah. Sebab dalam kondisi paling segarlah, nutrisi bawang putih dapat bekerja maksimal. Meskipun mengkonsumsi bawang putih mentah terasa kurang enak, tapi dengan merebus atau mengolahnya dengan digoreng terlebih dahulu justru akan mengurangi manfaatnya.

Bahkan dapat menghilangkan nutrisi penting pada bawang putih tersebut. Tipsnya agar Anda tidak bosan mengkonsumsi bawang putih mentah, Anda bisa mencampurkannya pada makanan sehari-hari. Yang terpenting adalah selalu rutin konsumsi bawang putih setiap hari.

Boleh Makan Berapa Siung Bawang Putih Mentah Per Hari?

Boleh Makan Berapa Siung Bawang Putih Mentah Per Hari?
manfaat bawang putih

Jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan serius, dengan kata lain tubuh Anda dalam kondisi sehat wal afiat, Anda diperbolehkan mengkonsumsi 1-4 siung bawang putih mentah setiap harinya. Aturan ini sudah dijelaskan oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih lebih dari 1 siung. Selain itu, orang yang mempunyai alergi, bisul, tekanan darah rendah serta masalah tiroid juga disarankan untuk terlebih dahulu konsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih mentah.

Seperti halnya jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan berikut:

  • Isoniazid (Nydrazid)
  • Cyclosporine
  • Obat untuk HIV/AID
  • Obat pengencer darah (Warfarin)
  • Obat anti nyeri NSAID
  • Pil KB.

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut, batasi konsumsi bawang putih agar tidak memicu interaksi yang merugikan. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Tips Mengusir Bau Mulut Setelah Mengkonsumsi Bawang Putih

Tips Mengusir Bau Mulut Setelah Mengkonsumsi Bawang Putih
health.detik.om

Walaupun manfaat bawang putih sangat banyak, namun banyak orang yang enggan mengkonsumsi bawang putih mentah dengan alasan karena mengakibatkan bau mulut. Selain itu mulut juga akan terasa panas, mual, muntah hingga diare.

Untuk menghindari masalah bau mulut dan masalah lain akibat mengkonsumsi bawang putih mentah, berikut adalah tipsnya.

  • Pertama cuci bersih bawang putih mentah yang sudah di kupas menggunakan air dingin yang mengalir.
  • Konsumsi bawang putih mentah bersama dengan daun kemangi atau seledri, sehingga aroma bawang putih tidak terlalu tajam tercium.
  • Minum segelas susu rendah lemak atau konsumsi yogurt plain setelah makan bawang putih mentah.
  • Sikat gigi dan berkumur menggunakan cairan pembersih mulut hingga bersih setelah makan bawang putih mentah.

Coba deh dan buktikan bagaimana aroma mulut Anda setelah mengkonsumsi bawang putih dengan tips-tips di atas.

Cara Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lama
nikita.grid.id

Ketika Anda memiliki stok bawang putih cukup banyak, berikut adalah tips menyimpan bawang putih agar lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu panjang.

  • Simpan di Kulkas

Kulkas memang selalu menjadi tempat terbaik untuk menyimpan berbagai jenis makanan, termasuk bawang. Kondisi kulkas yang dingin akan membuat tetap terjaga kesegarannya serta tidak tumbuh tunas.

Cara menyimpan bawang putih di kulkas ialah dengan mengupasnya terlebih dahulu kemudian dicuci bersih dan masukkan pada wadah kedap udara.

  • Rendam pada Minyak Zaitun

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menyimpan bawang putih ialah dengan merendamnya pada minyak zaitun. Pertama, kupas dulu bawang putih lalu cuci bersih. Setelah itu simpan pada wadah dan tuangkan minyak zaitun, sehingga bawang terendam oleh minyak zaitun. Tutup rapat wadah dna masukkan ke dalam kulkas.

Minyak zaitun yang merendam bawang itu akan terserap dan menambah rasa masakan Anda. Selain itu, minyak zaitun sisa untuk merendam bawang juga akan memiliki aroma bawang, sehingga cocok digunakan untuk saus ataupun dressing salad.

Ingat meskipun Anda sudah merendam bawang putih dalam minyak zaitun, tetap masukkan bawang dan minyak tersebut pada kulkas. Bawang yang akan dimasukkan ke dalam kulkas pun harus dalam kondisi bersih dan disimpan pada wadah yang kedap udara.

Lalu bagaimana dengan bawang yang sudah tumbuh tunas? Anda bisa langsung menanamnya di tanah, karena bawang putih yang sudah bertunas tidak akan baik jika dikonsumsi. Selamat mencoba dan dapatkan berbagai manfaat bawang putih di atas.

Tinggalkan komentar