Doa Belajar: Adab, Manfaat, Hadis, Arab, Latin dan Artinya

Doa belajar Belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh semua orang, khususnya bagi pelajar yang masih sekolah. Namun, tidak hanya untuk seorang pelajar saja, belajar juga dilakukan oleh orang dewasa juga. Belajar tidak hanya dilakukan hanya dilakukan ketika masih mengenyam pendidikan sekolah, namun belajar ini merupakan kegiatan yang terus di lakukan hingga seumur hidup.

Belajar tidak hanya diartikan dengan membaca buku saja, karena setiap perjalanan hidup juga dapat dijadikan sebuah pembelajaran. Sebelum belajar, sebagai seseorang yang beragama kita di haruskan untuk mengawali dan mengakhiri dengan membaca doa.

Mengapa sih kita kok di haruskan membaca doa sebelum dan sesudah belajar? Karena ketika kita telah membaca doa, hati kita akan merasa jauh lebih tenang daripada ketika tidak membaca doa. Dengan doa juga ilmu yang kita pelajari bisa barokah dan memperoleh ridho Allah SWT.

Dan juga proses pembelajaran dan memahami apa yang di pelajari akan bisa berjalan dengan lancar. Berikut bisa Anda ketahui mengenai bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dan adab serta manfaat orang yang mencari ilmu. Selain itu agar proses belajar bisa berjalan maksimal ada beberapa serba serbi dari belajar yang perlu Anda perhatikan.

Adab Ketika Mencari Ilmu

Adab Ketika Mencari Ilmu
www.gulalives.co

Seseorang yang mencari ilmu harus di sertai dengan memiliki adab dan akhlak yang mulia. Mengapa demikian? Karena Rasulullah SAW sendiri telah banyak mencontohkan dan menerangkan tentang masalah adab, termasuk adab dalam mencari ilmu. 

Ketika seseorang mencari ilmu, dia harus mengamalkan ilmunya dengan cerminan akhlak dan adab yang baik. Seorang Thalibul Ilmi (orang yang mencari ilmu) harus memiliki akhlak yang baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain, khususnya kepada guru dan orang tua.

Berikut ini beberapa adab yang harus di lakukan seseorang yang sedang menuntut ilmu dalam agama Islam, agar ilmu yang di peroleh menjadi ilmu yang bermanfaat, barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. 

  • Memiliki niat yang ikhlas dalam mencari ilmu

Segala amal itu tergantung pada niatnya, sama halnya dengan seseorang yang sedang mencari ilmu. Seorang yang mencari ilmu harus menanamkan niat dalam hatinya untuk selalu ikhlas dalam proses belajarnya. Niatkan dalam hati untuk mencari ridho Allah, agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat.

Karena jika tidak ada keikhlasan dalam hati ketika mencari ilmu, maka ilmu yang di peroleh tidak akan bermanfaat dan akan sulit untuk di pahami. Niat yang baik akan mendatangkan sebuah kebaikan pula. Maka dari itu sebagai orang yang mencari ilmu tanamkan niat sedari awal untuk sungguh-sungguh dalam mencari ilmu, agar usaha yang didapatkan tidak akan menjadi sia-sia belaka.

  • Selalu Berdoa Kepada Allah, Agar Diberikan Ilmu Yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat akan menjadi salah satu ladang pahala bagi kita hingga kita meninggal nanti. Untuk itu ketika sedang mencari ilmu, jangan bosan-bosan untuk terus berdoa kepada Allah SWT agar di mudahkan dan diberikan ilmu yang bermanfaat.

Seseorang yang tengah mencari ilmu harus diiringi dengan doa, meminta pertolongan kepada Allah SWT karena semua apa yang kita lakukan merupakan kehendak dari Allah SWT.

  • Tidak Malu dan Tidak Sombong Diri Dalam Mencari Ilmu

Ketika sedang mencari ilmu, rasa malu ini tidak boleh melekat pada diri seorang pencari ilmu. Memang benar sifat malu adalah baik, namun malu ketika mencari ilmu tidak akan membuat seseorang berhasil dengan ilmunya. Tidak malu di sini bukan berarti berkelakuan yang tidak pantas, tetapi tidak malu bertanya ketika tidak paham dengan apa yang di pelajarinya.

Kemudian tidak sombong, karena sombong merupakan salah satu penyakit hati yang membuat ilmu tidak bermanfaat. Seseorang yang mencari ilmu tidak diperbolehkan untuk merasa bahwa dirinya yang paling pandai dan paling unggul. Karena sikap rendah hati akan membuat seseorang tidak akan mudah sombong  dan berpuas diri dengan ilmunya.

  • Bersungguh – sungguh dan Merasa Haus Ilmu Dalam Belajar

Seseorang yang mencari ilmu hendaknya ia selalu bersungguh-sungguh dalam belajar. Karena ketika mencari ilmu tidak disertai dengan keseriusan dan sungguh-sungguh, yang didapatkan hanya rasa lelah tanpa adanya keberhasilan. 

Seseorang yang mencari ilmu harus rajin dan tidak bermalas-malasan ketika sedang belajar. Karena untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat dengan izin Allah, salah satu caranya yaitu dengan bersungguh-sungguh ketika mencarinya.

  • Menjauhi Diri Dari Berbuat Dosa dan Melakukan Maksiat

Seseorang yang sedang mencari ilmu kemudian dia melakukan perbuatan dosa dan bermaksiat, maka ilmunya bisa terhalang. Sesungguhnya melakukan maksiat dan bermaksiat menjadi penghalang untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat. Dan juga menyebabkan hati menjadi mati sehingga jauh dari hidayah. 

Ketika mencari ilmu, lalu berbuat dosa dan maksiat akan menyulitkan dalam memahami apa yang sedang di pelajari. Berbuat dosa dan maksiat juga dapat mendatangkan siksa Allah SWT. Namun sebagai orang muslim harus percaya bahwa Allah SWT maha pengampun dan menerima taubat orang yang bermaksiat.

Manfaat Yang Didapat Ketika Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Manfaat Yang Didapat Ketika Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar
www.wajibbaca.com
  • Merasa Lebih Percaya Diri dan Ikhlas

Ketika seseorang yang sedang mencari ilmu selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar, ia akan merasa lebih percaya diri. Karena dengan  berdoa dia sudah memasrahkan segala apa yang telah ia cari kepada Allah SWT. Ikhlas dengan apa yang akan di peroleh dari hasil belajarnya.

Manusia hanya perlu berikhtiar dengan cara berusaha dan berdoa, begitu pula dengan orang yang sedang mencari ilmu. Ikhtiarnya seorang yang mencari ilmu adalah dengan belajar dengan rajin dan bersungguh-sungguh dengan diiringi doa. Dan menanamkan dalam hati, bahwa keberhasilan dalam mencari ilmu semua atas izin Allah SWT.

  • Terhindar Dari Segala Masalah dan Rintangan

Dalam mempelajari suatu ilmu tidak ada yang mudah, tentu pasti ada rintangan yang di hadapi. Rintangan seorang yang sedang mencari ilmu misalnya dia kesulitan untuk memahami, atau pelajaran yang dipelajari susah untuk di mengerti.

Semua itu akan bisa di lewati dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Dengan di mulai dengan berdoa, insya Allah akan mudah saat proses belajar. Ilmu yang didapatkan juga akan menjadi ilmu yang manfaat dan barokah.

  • Memiliki Tujuan Yang Jelas

Seseorang yang mencari ilmu, tentu harus mengerti tujuan dia mencari ilmu. Untuk itu agar memiliki tujuan yang jelas mengenai apa yang akan dipelajari, Anda sebagai orang yang mencari ilmu bisa memantapkan hati dengan berdoa.

Keragu-raguan ketika sedang mencari ilmu bisa Anda hindari dengan adanya tujuan yang jelas. Dengan berdoa, itu sudah menjadi bukti bahwa Anda telah memasrahkan semuanya kepada Allah dan juga diiringi dengan ikhtiar. Karena itu, Anda tidak akan merasa ragu dan lebih mudah untuk mencapai tujuan mencari ilmu.

  • Mendapat Jawaban Yang Tepat

Dengan membaca doa, akan memudahkan untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Maksudnya bagaimana? Seorang pencari ilmu tentu akan di hadapkan dengan ujian, kadang ketika mengerjakan ujian akan menemui kesulitan untuk menemukan jawabannya.

Manfaat dari membaca doa ini, yaitu akan memudahkan ketika akan menjawab soal dan inysa Allah akan di mudahkan untuk menemukan jawaban yang tepat.

  • Dapat Bermanfaat di Kehidupan Dunia dan Akhirat

Segala sesuatu yang di awali dengan doa pasti akan berakhir dengan baik, begitu pula dengan seseorang yang sedang mencari ilmu. Ketika seorang yang mencari ilmu memulai belajarnya dengan membaca doa, maka ilmu yang di peroleh akan menjadi baik dan bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Selain bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat, dengan berdoa kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, karena berdoa merupakan salah satu ibadah. Dan juga kan mendapatkan kemuliaan baik dunia maupun akhirat.

  • Untuk Melatih Kesabaran

Ketika seseorang belajar dan dia mau berdoa untuk keberhasilannya, maka itu termasuk sebuah kesabaran. Allah SWT juga sangat menyayangi orang-orang yang mau bersabar.

Bersabar bukan berarti pasrah tanpa melakukan apapun, tetapi bersabar diiringi dengan usaha dan doa yang maksimal. Karena tidak ada sesuatu yang ingin di capai itu dapat di peroleh dengan cara yang instan. Semua butuh usahan, kerja keras dan proses untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Hadis Yang Menerangkan Tentang Mencari Ilmu

Hadis Yang Menerangkan Tentang Mencari Ilmu
darunnajah.com

Tidak hanya di jelaskan dengan firman-firman Allah SWT yang ada dalam Al-Quran saja ayat-ayat yang menjelaskan tentang keutamaan dalam mencari ilmu. Tetapi banyak juga di jelaskan di dalam hadis-hadis yang di riwayatkan oleh para sahabat, yang menguatkan agar kita selalu mengutamakan dalam mencari ilmu.

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang utama untuk dilakukan manusia. Dan juga termasuk kegiatan yang wajib untuk di lakukan dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang terdapat pada beberapa hadis dibawah ini. Keutamaan seseorang yang sedang mencari ilmu di jelaskan didalam salah satu hadis yang di riwayatkan oleh imam Turmudzi yang berbunyi :

مَنْ خَرَجَفِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَفِى سَبِيْلِ اللَّهِ حَتَّى يَرَجِعَ

Lafadz latin : Man khorojafii tholabul ‘ilmi fahuwa fii sabililllahi hatta yarji’a

Artinya: barang siapa yang keluar memiliki tujuan untuk mencari ilmu, maka dia tetap berada di jalan Allah hingga sesampainya dia pulang kembali.

Menurut hadis yang di riwayatkan oleh imam Bukhari, seseorang yang mencari ilmu merupakan sesuatu yang hukumnya wajib di lakukan oleh setiap manusia. Dan juga tidak memandang jenis kelamin, baik perempuan maupun laki-laki wajib untuk mencari ilmu. Hadisnya yaitu :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةُ عَلَى كُلَّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Lafadz latin : Tholabul ‘ilmi fariidlotun ‘ala kulli muslimin wa muslimat

Artinya : setiap orang muslim diwajibkan untuk mencari ilmu, baik yang laki-laki maupun yang perempuan.

Selain itu ada beberapa hadis lain mengenai belajar, yang dapat dijadikan sebagai memotivasi di saat sedang mencari ilmu. Menurut riwayat yang di katakan oleh Imam Turmudzi menyebutkan bahwa :

مَنْ اَرَادَالَدُنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ. وَمَنْ اَرَدَالْاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ. 

Lafadz latin : Man araa daaddunyaa fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadaal akhirata fa’alayhi bil’ilmi.

Artinya : barang siapa yang ingin hidup di dunia maka hendaklah dia wajib memiliki ilmu, dan siapa orang yang menghendaki keduanya maka wajib bagi mereka untuk memiliki ilmu.

Tentang kewajiban seseorang dalam mencari ilmu dunia dan akhirat juga di jelaskan didalam hadis yang di riwayatkan oleh imam Turmudzi, hadisnya berbuyi:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْثَمِسْ فِيْهِ عِلْمًاشَهَلَ اللَّهُ بِهِ طَرِيْقًأإِلَى الْجَنَّةِ

Lafadz latin : Man salaka thoriiqon yaltamisu fiihi ‘ilman sahhalallahu bihi thoriiiqon ilaljannati

Artinya: siapa orang yang mau menempuh jalan untuk mencari sebuah ilmu. Percayalah Allah akan memberi kemudahan untuk jalan menuju ke surga.

Yang terakhir yaitu hadis yang menunjukkan kewajiban mencari ilmu hingga sampai meninggal :

اَظْلُبِ الْعِلْمَ مِنْ اَلْمَهْدِ اِلَى الَلخْدِ

Lafadz latin : Uthlubil ‘ilma minal mahdi illahdi

Artinya: carilah ilmu mulai dari buaian hingga sampai ke liang lahat. 

Ayat Al-Quran Yang Membahas tentang Ilmu

Allah Subhanallahu Wa Ta’aala telah mengatakan, bahwa seseorang yang tengah mencari ilmu derajatnya akan ditinggikan, jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak mau untuk mencari ilmu.

Hal ini telah di sebutkan oleh Allah dengan banyaknya ayat-ayat didalam Al-Quran yang memerintahkan atau menganjurkan pada manusia untuk mau mencari ilmu. Berikut beberapa ayat-ayatnya yang terdapat dalam surat yang berbeda :

Surat Ali Imran Ayat 18

شَهِدَاللَّهُ اَنَّهُ لَااِلَهَ اِلّا هُوَوَالْمَلَائِكَةُ وَاُوْلُوْالْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ اِلَّاهَوَالْعَزِيْزُالْحَكِيْمُ

 

Lafadz latin : Syahidallahu annahu la ilaha illaa huwa wal-mala ’ikatu wa uuluul ‘ilmi qooimam bilqisthi illa huwal’aziizulkhakiim

Makna dari ayat tersebut yaitu menunjukkan jika seseorang yang memiliki ilmu ditempatkan kedudukannya sama dengan malaikat ketika persaksian. Allah SWT menyatakan persaksian-Nya bahwa tiada Tuhan yang wajib di sembah kecuali Dia.

Surat Az-Zumar Ayat 9

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ

Lafadz latin : Qul hal yastawiillaziina ya’lamuuna wallaziina laa ya’lamuuna

Makna dari ayat diatas yaitu menerangkan tentang perbandingan antara orang yang memiliki ilmu dengan orang yang memiliki ilmu.

Surat Thaaha Ayat 114

وَقُلْ رَبَّ زِذْنِي عِلْمًا

Lafadz latin : Waqul robba zidnii ‘ilmaa

Makna dari ayat diatas yaitu memerintahkan Nabi Muhammad SAW agar memohon kepada Allah SWT tambahan ilmu.

Beberapa Doa Ketika Sebelum dan Sesudah Belajar

Beberapa Doa Ketika Sebelum dan Sesudah Belajar
thegorbalsla.com

Doa belajar yang ke 1

Dibawah ini merupakan doa belajar yang paling sering dan paling umum di baca ketika akan memulai sebuah proses belajar. Doa ini dibaca baik ketika di sekolah, madrasah, di pondok pesantren atau yang lainnya. Selain singkat doa belajar ini tujuan.

رَضِتُ بِاللَّهِ رَبَّا وَبِالْاِسْلَامِدِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍنَبِيَا وَرَسُوْلَا رَبِّزِدْنِيْ عِلْمَا وَرْزُقْنِيْ فَهْمَا

Lafadz latin : Lafadz latin : Rodlittu billahirobba wabil islaamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, rabbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Maknanya yaitu mempercayai bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan agama Islam menjadi agama yang benar serta Nabi Muhammad merupakan Nabi dan Rasul. Dan meminta agar di berikan pemahaman ilmu yang baik bagi seseorang yang sedang mencari ilmu.

Doa belajar yang ke 2

Setelah doa belajar yang lumayan banyak di atas, ada pula doa belajar yang singkat dan mudah untuk di hafalkan. Yakni:

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا, وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا, وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Lafadz latin : Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolikhiin.

Maknanya yaitu meminta kepada Allah SWT untuk di diberikan ilmu serta di berikan karunia untuk dapat memahaminya. Serta di dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang sholeh

Doa sesudah belajar 1

رَبَّنَا انَفَعْنَابِمَا عَلَمْتَنَاالَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَال

Lafadz latin : Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihaal.

Maknanya yaitu semoga Allah Swt menjadi ilmu yang telah di pelajari menjadi ilmu yang bermanfaat, dan akan terus di tambah dalam memahami ilmu. Bagi seseorang yang telah belajar, pastinya menginginkan ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat. Baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain.

Doa sesudah belajar 2

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْ دِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِهِ فَارْدُ دْهُ اِلَىَّ عِنْدَحَاجَتِى وَلَاتَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Lafadz latin : Allahumma innii istawdi’uka maa ‘alamtanihi fardud-hu ilayya ‘ingda haajatii wa laa tangsaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Jika kita melihat dari arti secara harfiah, doa diatas merupakan sebuah doa permohonan kepada Allah SWT agar kita  tidak lupa pada ilmu yang sebelumnya telah kita pelajari. Ketika nanti sedang di hadapkan pada persoalan ilmu yang telah di pelajari, mengharapkan agar Allah SWT memberikan ingatan yang kuat untuk menjawabnya.

Doa sesudah belajar 3

اَللَّهُمَّ أَرِنَاالْحَقَّ حَقَّاوَارْزُقْنَا اتَّبَاعَهُ وَأَرِنَاالْبَا طِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ

Lafadz latin : Allahumma arinalhaqqa haqqan warzuqnattabaa’hu. Waarinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.

Maknanya adalah semoga Allah SWT memberikan petunjuk kepada orang yang mencari ilmu dan di tunjukkan kepada suatu kebenaran. Serta di jauhkan dari perkara yang buruk.

Baca Juga Sunan Bonang

Ilmu yang di maksud dalam penjelasan di atas bukan hanya ilmu yang mencakup keduniawian saja, namun juga tentang ilmu yang berkaitan dengan akhirat dan pelajaran hidup. Ilmu yang ada di dunia adalah bentuk karunia dari Allah SWT. Maka dari itu, penting untuk di pelajari karena sebagai bekal bagi manusia untuk menjalankan tugas sebagai seorang khalifah di bumi.

Tinggalkan komentar