DOA NURBUAT: Sejarah, Khodam, Keajaiban, Hadist, Bacaan

Doa nurbuat – Do’a Nurbuat banyak juga yang menyebutnya sebagai do’a nubuwwah. Do’a nurbuat atau do’a nubuwwah diyakini mempunyai sangat banyak manfaat di dalamnya. Ada juga yang menyebut do’a nubuwwah ini sebagai doa pengasihan, yang harapannya supaya kita semakin di sayangi oleh orang-orang yang tadinya memusuhi kita.

Do’a ini juga diyakini dapat membantu kita untuk terhindar dari gangguan setan yang akan mendzolimi kita. Kita sebagai manusia yang tak terlepas dari huru hara dunia tentunya menghadapi banyak permasalahan selama hidup, yang terkadang kita sendiri tidak tahu bagaimana mengatasi hal tersebut.

Semakin tua kita, semakin bertambah umur kita, semakin berkurang sisa hidup kita, ternyata masalah yang semakin datang silih berganti. Oleh karena hal-hal tersebut, tentunya kita membutuhkan sesuatu yang dapat menguatkan kita, meringankan beban kita. Misalnya saja dengan membaca doa nurbuat atau do’a nubuwwah. 

BACAAN DO’A NURBUAT (DO’A NUBUWWAH)

BACAAN DO’A NURBUAT (DO’A NUBUWWAH)
www.doaharianislami.com

Berikut ini adalah bacaan arab dari do’a nurbuat (do’a nubuwwah)

Artinya :

“Ya Allah engkau adalah dzat Yang Maha Kuat, Pemilik Segala Anugerah, Zat Maha Mulia, Penguasa kalimat-kalimat sempurna dan Pengabul do’a-do’a, Yang menjamin Al Hasan dan juga Al Husain daripada jiwa yang hak, Pandangan yang penuh dengan kekuasaan, beserta orang-orang yang memandang dari pandangan jin, manusia dan juga setan.

Sungguh orang kafir adalah mereka yang telah dan akan membuatmu terjerumus pada pandangan terhadap mereka. Ketika Al qur’an di perdengarkan kepada mereka, mereka akan berkata “Sungguh benar-benar Muhammad itu orang gila. Al qur’an hanya berfungsi sebagai peringatan terhadap orang setiap umat.

Wahai Allah dzat yang memperkenankan al Qur’an yang agung. Nabi Sulaiman dan juga Nabi Daus. Dan Dia (Allah) dzat Yang Maha Pengasih, Dzat Yang Memiliki Arasy Mulia. Ya Allah Ya Tuhanku, berikan kepanjangan umur untuk ku, segala yang ku perlukan tunaikanlah, perbanyaklah dari anak dan hartaku, jadikanlah permusuhan dari anak-anak terhindar dari ku, hindarkan dari permusuhan  mereka yang masih hidup.

Tetapkanlah siksa bagi orang-orang kafir. Engkau lah Dzat Yang Maha Kuasa Maha Menguasai Segala sesuatu.  Engkau Maha Suci Wahai Tuhanku. Allah Dzar Pemilik Kebesaran terhadap apa (segala) yang Orang Kafir ketahui. Ya Allah, senantiasa limpahkan Segala kesejahteraan MU kepada para Rasul Mu. Segala Puji hanya untuk Mu Ya Allah “. 

KHODAM DO’A NURBUAT

KHODAM DO’A NURBUAT
blog.elevenia.co.id

Banyak orang yang percaya bahwa do’a nubuwwah memberi manfaat yang banyak bagi orang yang mengamalkan dengan istiqomah. Banyak yang mengakui telah merasakan hal-hal mengenai manfaat do’a nubuwwah tersebut. Apa saja sebenarnya manfaat yang di berikan dari pengamalan do’a nubuwwah ini?

Untuk setiap amalan,  syarat utama yaitu mengamalkannya dengan hati yang ikhlas. Begitu juga dengan pengamalan do’a nubuwwah ini, harus didasari dengan keikhlasan hati.  Karena dengan pengamalan yang disertai hati ikhlas, akan menimbulkan manfaat yang sangat luar biasa.

Do’a nubuwwah ini diyakini dapat diterapkan untuk berbagai hajat dan keperluan kita. Diceritakan, bahwa do’a nubuwwah ini dulunya di ajarkan oleh Mbah Sunan Bonang kepada mbah Sunan Kalijaga ketika beliau (Sunan Kalijaga) sedang berada memenuhi tugas gurunya untuk berada di tengah-tengah sungai. 

Menurut cerita, pengijazahan do’a nubuwwah oleh Sunan Bonang kepada Sunan Kalijaga ini berlangsung di atas perahu yang kala itu sedang ramai-ramainya suasana disana. Maka sangat beruntung bagi kaum muslim yang mau dengan iklas mengamalkan do’a nubuwwa dengan istiqomah.

Khodam doa’ nubuwwah ini, do’a diawali terlebih dahulu dengan terlebih dahulu membaca do’a nubuwwah. Caranya, dengan membaca sebanyak tujuh kali do’a nubuwwah kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan dalam hati apa yang sebenarnya di inginkan kepada Allah SWT.

Do’a nubuwwah ini juga sangat di percaya jika mempunyai karomah  tinggi. Katakan saja dalam hal mahabbah atau kata lainnya menaklukkan hati. Misalnya saja, ketika anda menginginkan seseorang untuk menjadi jodoh anda, maka dengan izin yang Allah berikan bisa saja orang yang anda inginkan benar-benar menjadi jodoh anda.

Untuk anda yang  ingin tahu bagaimana seharusnya mengamalkan do’a nubuwwah ini, berikut ini adalah bagaimana cara yang tepat untuk mengamalkannya :

  1. Mengirim wasilah surat fatihah sebanyak satu kali kepada baginda Rasulullah SAW, diawali dengan membaca : ilaa hadratin nabiyyil mustofaa shallalloohu ‘alaihi wa sallaam.
  2. Kemudian membaca surah alfatihah yang di tujukan kepada saudara-saudara kita minal ambiyya’ wal mursalin, kepada para syuhada yang gugur di jalan Allah,  kepada para sahabat, kepada para tabi’in, kepada para ulama’, kepada mushannifi, mukhlisiina, dan kepada seluruh malaikat serta kepada muqarrabina. 
  3. Membaca surah al fatihah sebanyak satu kali yang di tujukan khusus kepada Syekh Majdudin Al Karmani (beliau termasuk orang yang termasuk dalam khodam nurbuat).
  4. Membaca surat al fatihah sebanyak satu kali yang di tujukan kepada Syekh Abdul Qadil Al Jaelani, Syekh Somandari, Syekh Ahmad Al Falati Bauni, Syekh Qori, Syekh Madi, dan Syekh Ahmad AL Falati Bauni.
  5. Kemudian sebanyak tiga kali membaca surat al ikhlas (qulhu).
  6. Dilanjutkan dengan membaca satu kali membaca surat al falaq.
  7. Satu kali membaca surat an nas.
  8. Sebanyak dua belas kali membaca shalawat nabi.

KEAJAIBAN DAN KHASIAT DO’A NURBUAT

KEAJAIBAN DAN KHASIAT DO’A NURBUAT
www.dream.co.id

Berikut ini akan disebutkan apa saja khasiat dan keajaiban dari pengamalan do’a nubuwwah (do’a nurbuat) :

  1. Segala hajat akan di penuhi. Untuk orang-orang yang ikhlas membaca do’a nubuwwah sebanyak satu kali ba’da sholat wajib dengan istiqomah.
  2. Apabila matahari sedang bersinar kemudian dia membaca do’a nubuwwah tersebut, maka diyakini Allah akan mengampuni dosa-dosanya. 
  3. Membaca do’a nubuwwah ketika keluar dari rumah maka diyakini orang yang tadinya memusuhi kita, akan menjadi sayang kepada kita. 
  4. Jika do’a nubuwwah ini di tulis pada kertas kemudian tulisan do’a nubuwwah tersebut di disimpan dalam rumah, maka diyakini hal tersebut dapat menjadi penjaga bagi rumah dan seisinya dari pada gangguan jin seperti santet, sihir atau hal-hal berbahaya lain yang bisa saja masuk ke dalam rumah tanpa di sangka-sangka. Allah yang akan memberikan keamanan perlindungan kepada seluruh isi rumah baik tentang ilmu-ilmu jahat (ilmu hitam) atau bahkan dihindarkan dari berbagai penyakit.
  5. Dipercaya dapat memberikan kesejahteraan fii dunya wal akhirah jika dengan istiqomah membacanya di hari-harinya. 
  6. Jika ingin dijauhkan dari hal menakutkan kekufuran dan hal-hal yang berhubungan maksiat, maka  bacalah do’a nubuwwah sebanyak lima puluh kali ketika malam jum’at tiba. Bacalah do’a nubuwwah tersebut secara istiqomah di malam jum’at. 
  7. Jika ingin diperlihatkan dengan hal-hal indah, maka bacalah do’a nubuwwah pada setiap malam sebanyak 100 kali bacaan. 
  8. Jika ingin selalu terlihat awet muda meski usia sudah waktunya menua, anda dapat mengamalkan do’a nubuwwah ini  setiap malam minggu dengan istiqomah.
  9. Jika di baca dengan rutin pada setiap malam dengan hati yang ikhlas, Allah akan memberikan keselamatan selama hidupnya.
  10. Baca dengan istiqomah setiap malam, Allah juga akan memberikan kekuatan bagi tubuhnya, membuat wajahnya selalu bersinar berseri, dan juga menguatkan gigi-giginya. 
  11. Jika do’a nubuwwah di baca sebanyak seratus kali setiap  sebelum tidur dipercaya dia dapat bertemu dengan baginda Rasulullah SAW. 
  12. Jika di bacakan pada media minyak kelapa, diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya, setelah minyak kelapa selesai dibacakan, minyak kelapa tersebut di usapkan pada bagian tubuh yang terasa sakitnya. 
  13. Jika ingin persalinan bayinya di mudahkan, bacakanlah do’a nubuwwah ini pada bagian pinggang ibu hamil. Atau dapat juga dengan membacakan pada suatu mangkuk putih yang sudah diisi dengan air.  Setelah di bacakan do’a nubuwwah, ibu hamil kemudian meminum air tersebut. Maka dengan izin Allah bayi yang dikandungnya tersebut akan keluar dari rahim sang ibu dengan lancar tanpa disertai rasa sakit yang teramat.
  14. Dipercaya dapat menyembuhkan atau mengurangi sakit pada mata yang sedang sakit. Caranya dengan meniup mata yang sakit sambil membaca do’a nubuwwah dengan hati ikhlas.
  15. Jika selalu istiqomah membaca do’a nubuwwah dengan ikhlas maka dipercaya akan mendapatkan suatu kemulyaan dari mata masyarakat.
  16. Juga dipercaya dapat menjadikan dua orang yang saling bertengkar menjadi luluh dan kemudian mudah memaafkan antar keduanya. 
  17. Jika ingin melangsungkan lamaran dan berharap lamaran diterima, anda dapat mengamalkan do’a nubuwwah ini dengan disertai berpuasa. Caranya, anda  harus berpuasa selama satu hari. Kemudian dianjurkan untuk anda tidak tidur ketika malam harinya. Di barengi dengan membaca do’a nubuwwah ini di tempat sunyi dengan terus. Maka dengan izin Allah, lamaran akan langsung diterima.
  18. Dapat membuat orang disekitar anda semakin mengasihi anda jika anda membaca do’a nubuwwah ini setiap hari paling tidak sekali ketika anda sedang berkumpul dengan orang-orang tersebut.

SEJARAH DO’A NURBUAT

SEJARAH DO’A NURBUAT
thegorbalsla.com

Untuk sejarah dari diprolehnya do’a nubuwwah (do’a nurbuat) sendiri belum dapat dipastikan dengan benar siapa orang yang meriwayatkannya. Sehingga untuk kejelasan sejarahnya pun masih abu-abu. Namun ada suatu kisah yang menceritakan, bahwa suatu hari ketika Rasulullah bersama beberapa sahabat sedang duduk selepas shalat shubuh di Masjidil Haram.

Ketika itu, malaikat Jibril datang dengan membawakan do’a nubuwwah (do’a nurbuat). Malaikat Jibril kemudian berkata kepada Rasulullah : “Wahai Rasul, sesungguhnya Allah mengutusku untuk menyampaikan kepadamu do’a nubuwwah ini”. 

Kemudian setelah kejadian tersebut, Rasulullah bersabda bahwa doa’a nurbuat ini banyak memberi manfaat dan juga banyak faedah jika dibaca dan kemudian di amalkan. Jika tidak hapal dengan do’a nya, maka tulis saja do’a nurbuat tersebut. Maka setelah selesai kau tulis do’a nubuwwah itu, simpan tulisan dalam rumahmu, maka dengan izin Nya rumahmu akan selalu terjaga.

KISAH NYATA ORANG YANG MENGAMALKAN DO’A NURBUAT

KISAH NYATA ORANG YANG MENGAMALKAN DO’A NURBUAT
thegorbalsla.com

1. Zainudin

Diceritakan bahwa Zainuddin merupakan seorang yang rajin mengamalkan do’a nubuwwah. Misalnya saja ketika anak Zainuddin sedang sakit atau ada kerabat yang sedang terkena musibah. Zainuddin  awalnya membaca istighfar terlebih dahulu sebanyak tiga kali.

Dilanjutkan dengan berwasilah Al Fatihah yang ditujukan kepada Rasulullah SAW dilanjutkan kepada para sahabat rasul dan juga para malaikat. Kemudian kepada guru dan juga orang tua. Setelah semua itu, Zainuddin membaca surat AL Ikhlas sebanyak tiga kali, disusul surat AL Falaq sebanyak satu kali, kemudian An Nas sebanyak satu kali.

Setelah semua itu dilanjutkan dengan membaca sholawat sebanyak sebelas kali. Setelah semua itu, kemudian membaca do’a nurbuat sebanyak  tujuh kali. Atau lebih baik sebanyak seratus kali. Jika hal hal tersebut dilakukan, atas izin Allah hajat akan segera di kabulkan oleh Allah. 

Do’a tersebut juga pernah diterapkan oleh Zainuddin ketika keluarganya sedang membutuhkan uang. Kala itu ia bermunajat dengan membaca do’a tersebut dengan harapan istri Zainuddin  dapat menang arisan. Alhasil setelah mengamalkan do’a nubuwwah, Atas kehendak Allah istrinya benar-benar menang arisan. 

2. Herman AL Hakim

Herman AL Hakim mengakui bahwa beliau dahulu pernah mengamalkan do’a nurbuat (do’a nubuwwah) dengan membacanya setiap malam jumat sebanyak seratus kali. Herman AL Hakim mengamalkan do’a tersebut dengan didasari keyakinan mengharap ridho Allah SWT.

Herman meyakini bahwa dengan hal tersebut segala hajatnya akan di penuhi dengan izin Allah. Herman Al Hakim kemudian bercerita, suatu hari ia di datangi oleh seorang perempuan yang meminta tolong padanya. Ia menceritakan bahwa suaminya sedang sakit karena terserang guna-guna (santet).

Alasan mengapa perempuan tersebut mendatangi Herman Al Hakim adalah karena dalam mimpinya perempuan tersebut bertemu dengan Herman. Mendengar hal yang di ceritakan oleh perempuan tersebut, Herman tentunya bingung kenapa kok dia yang ada di mimpi perempuan itu.

Padahal dalam hari-hari biasa, Herman bukanlah orang spesial atau orang yang terkenal sakti. Herman adalah seorang tukang ojek. Tidak ada sama sekali pengalaman yang di alami oleh Herman yang berhubungan dengan hal semacam penyakit yang di terima suami perempuan tersebut.

Akhirnya, karena perempuan tersebut terus meminta dan yakin bahwa Herman dapat menolong, akhirnya dengan penuh kepasrahan Herman mendatangi suami dari perempuan tersebut. Sesampainya di tempat suami perempuan itu, Herman membacakan do’a Nurbuat berkali kali.

Herman pun merasakan bahwa sakit yang di derita oleh suami perempuan tersebut bukan lah penyakit yang pada umumnya. Dua hari kemudian, atas izin dan Kuasa dari Allah orang tersebut sembuh total setelah Herman membacakan do’a nubuwwah terus menerus. 

RAHASIA DO’A NURBUAT MENURUT SUNAN KALIJAGA

RAHASIA DO’A NURBUAT MENURUT SUNAN KALIJAGA
eksepsionline.com
  • Dapat menjadi pelindung dari kemungkinan serangan ilmu hitam

Tidak dapat di pungkiri bahwa ilmu-ilmu hitam masih dipercaya oleh banyak orang. Misalnya saja guna-guna, santet, sihir dan hal-hal lain yang berhubungan dengan ilmu  hitam. Seringnya, ilmu hitam digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mencelakai orang lain yang ia benci.

Bahkan ada pula yang sampai digunakan untuk membunuh. Meskipun saat ini sudah  menjadi zaman modern, namun hal-hal yang berkaitan dengan ilmu hitam masih banyak dipercaya oleh orang banyak. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga dari hal-hal demikian, dirasa perlu untuk mengamalkan do’a nubuwwah (do’a nurbuat) tersebut.

Hal ini seperti yang telah di serukan oleh sang Sunan Kalijaga. Yakni, apabila do’a nubuwwah ini diamalkan maka akan melindungi, menjaga kita  beserta keluarga dari ancaman yang mungkin saja terjadi. Bisa saja ancaman dengan tiba-tiba ancaman datang kepada kita atau pun orang di sekeliling kita. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengamalkan demi keselamatan diri dan juga keluarga kita. 

  • Melindungi diri dari mara bahaya gangguan makhluk halus

Untuk dijadikan sebagai pelindung dari gangguan makhluk harus, cobalah untuk menulisnya pada secarik kertas kemudian letakkan kertas tersebut di tempat tertentu. Atau pada tempat yang dipercaya suka ada gangguan makhluk halus.

Maka setelah di letaki kertas bertuliskan do’a nubuwwah tersebut atas izin Allah tempat itu akan aman. Segala gangguan yang tadinya bersarang disitu akan hilang. 

Bahkan juga dipercaya, jika tulisan do’a nubuwwah pada secarik kertas kemudian di letakkan pada suatu tanaman, maka dipercaya tanaman tersebut akan terhindar dari gangguan hama atau perusak tanaman lainnya. Sungguh luar biasa, semua hal tersebut tak lain  karena Allah berkehendak atas do’a nubuwwah atau do’a nurbuat. 

  • Segala hajat dapat terbantu dengan mengamalkan do’a nurbuat (nubuwwah)

Dikisahkan juga, bahwa Sunan Kalijaga  juga pernah mengatakan bahwa beliau senantiasa mengamalkan do’a nubuwwah sehari-harinya dengan istiqomah. Maka  sudah tidak heran jika hal apa yang diinginkan oleh mbah Sunan Kalijaga senantiasa terpenuhi oleh Allah.

Siapa saja  yang dengan ikhlas mau mengamalkan do’a nubuwwah paling tidak satu kali seusai sholat wajib, maka insya Allah apa saja hajat akan terpenuhi.

  • Dapat menjadi suatu pengasihan

Diberikannya pengasihan merupakan  faedah paling utama dari di amalkannya do’a nubuwwah ini. Yang terpenting adalah, do’a ini dibaca dengan ikhlas dan pastinya dengan istiqomah. Pengasihan dapat berupa apapun. Misalnya saja ketika ada sedang berada di antara banyak orang, maka orang yang ada di sekitar anda akan mengasihi anda. 

HADIST DO’A NURBUAT

HADIST DO’A NURBUAT
www.dutaislam.com

Dikisahkan, bahwa hadis ini  berasal dari ketika sang Nabi sedang mengobati sang cucu dengan membaca do’a nurbuat.

Artinya :

Diriwayatkan dari sahabat Ali bin Abi Thalib, kala itu Nabi  terlihat bersedih kemudian Malaikat Jibril mendatangi beliau.  Ketika mendatangi nabi, Jibril bertanya : “Wahai Muhammad? Sedang ada apa sehingga wajahmu terlihat begitu sedih? Mendengar Jibril bertanya, nabi pun menjawab : “Cucuku, Hasan dan juga Husein matanya sedang sakit. Kemudian Malaikat bertanya lagi kepada Nabi Muhammad. “Mata juga mempunyai hak, maka sembuhkanlah juga mata. Tidaklah engkau mendoakan dengan kalimat-kalimat tersebut kepada keduanya (Hasan dan Husein) ? seraya nabi pun kemudian menanyakan kepada malaikat Jibril kalimat apa yang di maksud oleh malaikat Jibril. 

Wahai Muhammad katakanlah :

Setelah itu, nabi pun segera membacakan do’a yang diberikan oleh Malaikat Jibril kepada kedua cucunya Hasan dan Husein.  Tidak lama setelah itu, Allah memberikan kepada keduanya kesembuhan matanya.

Baca Juga Sunan Giri

Itulah tadi penjelasan mengenai do’a nurbuat atau do’a nubuwwah. Bahwa segala sesuatu apabila kita mengerjakan dengan istiqomah dan disertai hati yang ikhlas maka manfaat nya akan kembali kepada diri kita sendiri. Seperti halnya apabila mau membaca dan juga mengamalkan do’a nubuwwah atau do’a nurbuat tersebut. Semoga Allah senantiasa melindungi kita. 

Tinggalkan komentar