Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Agar Berkah Semuanya

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun – Pada dasarnya, terdapat banyak penanggalan yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Penanggalan tersebut digunakan untuk menentukan kapan suatu tahun akan berakhir dan dimulainya awal tahun yang baru. Untuk penanggalan internasional, Kalender Masehi yang didasarkan pada revolusi bumi terhadap matahari yang digunakan.

Sedangkan untuk umat muslim, mereka menggunakan periode revolusi bulan yang biasa disebut dengan Kalender Hijriyah. Selain itu, terdapat juga Kalender Saka Bali yang digunakan oleh Umat Hindu yang mendiami Provinsi Bali, Kalender Jawa, Kalender Sunda, dan masih banyak lagi. Kesemuanya menggunakan perhitungan waktu tertentu untuk memulai dan mengakhiri penanggalan.

Bagi sebagian orang, akhir tahun dan awal tahun sering mereka jadikan sebagai suatu langkah untuk membuat resolusi baru. Bagaimana dengan Anda? Secara umum, manusia akan menginginkan suatu kehidupan yang lebih baik seiring dengan pergantian tahun. Oleh sebab itulah, tidak sedikit dari mereka yang memanjatkan doa kepada Sang Khalik baik pada akhir tahun maupun awal tahun.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun, di bawah ini akan dijelaskan mengenai kedua bacaan doa tersebut baik dalam Bahasa Latin maupun Bahasa Arab. Selain itu, akan dijelaskan pula mengenai arti dari doa tersebut, keutamaan membaca doa tersebut, hukum membaca doa tersebut, serta bagaimana tata cara pembacaannya.

Bacaan Doa Akhir Tahun Dalam Bahasa Arab

IMAGE001

Kalender Hijriyah digunakan sebagai patokan untuk melaksanakan momen-momen penting Islam bagi masyarakat muslim di seluruh dunia. Misalnya untuk menentukan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah, Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal, untuk menentukan kapan awal dimulainya Puasa Ramadhan, dan lain sebagainya.

Periode revolusi bulan dari bulan baru hingga bulan mati yang digunakan untuk menentukan penanggalan ini. Dengan begitu, maka umat muslim dapat mengetahui kapan akhir tahun Hijriyah serta awal tahun yang biasanya ditandai dengan tanggal 1 Muharram. Sudah menjadi harapan bagi setiap umat muslim untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di awal tahun.

Untuk itulah, mereka memanjatkan doa baik pada akhir tahun maupun awal tahun dengan harapan agar tahun berikutnya akan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain itu, doa ini juga sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala karena telah memberikan kita pertambahan usia. Meskipun sebenarnya, doa ini tidaklah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa akhir tahun memiliki beberapa versi yang tersebar di masyarakat. Terdapat banyak bacaan doa akhir tahun dengan lafal yang berbeda-beda namun memiliki arti yang hampir sama. Untuk warga NU atau Nahdatul Ulama biasanya memanjatkan doa akhir tahun yang diambil dari kitab karya Habib Usman bin Aqil bin Yahya yang berjudul Maslak al Akhyar yang memiliki lafal sebagai berikut :

IMAGE002

Bacaan Doa Akhir Tahun Dalam Bahasa Latin

BACAAN DOA AKHIR TAHUN DALAM BAHASA LATIN

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam membaca doa akhir tahun dalam Bahasa Arab, di bawah ini akan diberikan bacaan doa akhir tahun dalam Bahasa Latin yang akan memudahkan Anda, yaitu :

Bissmilllahir rohman nir rahiim

Alhamdulillahirabbil ‘alaamiin

Wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam

Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu

Wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii

Wada ‘autanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika

Fainnii astaghfiruka faghfirli wamaa ‘amiltu fiihaa

Mimmaa tardlaa hu wawa’ adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as aluka allaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa li wal ikraami

An tataqabbalaahu minni

Walaa taqto’ rojaa ii minka yaa kariim

Wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam

Arti Bacaan Doa Akhir Tahun

ARTI BACAAN DOA AKHIR TAHUN

Dalam bacaan doa akhir tahun berisi tentang permohonan ampun atas kesalahan yang telah dilakukan serta rasa syukur atas apa yang telah didapat pada tahun sebelumnya. Hal tersebut sama seperti halnya saat Anda memanjatkan doa-doa yang lainnya. Untuk lebih menghayati doa akhir tahun yang Anda panjatkan, alangkah baiknya jika Anda mengetahui arti dari doa akhir tahun yaitu :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam

Semoga limpahan rahmat dan keselamatan Allah berikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya

Ya Allah, segala yang kami kerjakan pada tahun ini mungkin ada yang menjadi laranganMu

Sedangkan kami belum bertaubat karenanya, padahal Engkau selalu bersabar dengan segala kasih sayangMu dan tidak melupakannya

Sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan azab kepada kami namun Engkau berlembut hati mengajak kami melakukan taubat setelah bermaksiat

Oleh sebab itu Ya Allah, berilah ampunan kepada kami dan kami mohon ampun kepadaMu atas semua kesalahan kami

Segala amal baik yang telah kami lakukan pada tahun ini, segala perbuatan yang Engkau ridhoi serta Engkau janjikan ganjaran karenanya, Wahai Dzat Yang Maha Pemurah, kami mohon kepadaMu terimalah amal kami, wahai Dzat yang memiliki Kemuliaan dan Kebesaran, terimalah taubat kami dan jangan putuskan harapan kami kepadaMu, Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah

Dan semoga rahmat dan keselamatan Allah berikan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Amiin ya rabbal ‘alamiin (Semoga Allah mengabulkan doa yang kita panjatkan)

Bacaan Doa Awal Tahun Dalam Bahasa Arab

IMAGE003

 

 

Berbeda dengan doa akhir tahun yang kita panjatkan untuk memohon taubat kepada Allah atas semua dosa yang kita lakukan pada satu tahun terakhir serta rasa syukur karena Allah telah memberikan pertambahan usia, doa awal tahun justru berisi tentang permohonan perlindungan kepada Allah SWT serta harapan yang ingin diraih pada satu tahun ke depannya.

Untuk bacaan doa awal tahun, sama seperti halnya doa akhir tahun yang memiliki banyak versi namun pada dasarnya inti atau makna dari doa tersebut hampir serupa. Di bawah ini merupakan bacaan doa awal tahun yang diambil dari kitab karya Habib Usman bin Aqil bin Yahya yang berjudul Maslak al Akhyar.

IMAGE004

 

 

Bacaan Doa Awal Tahun Dalam Bahasa Latin

Doa awal tahun di atas jika dituliskan dalam Bahasa Latin adalah :

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin

Wa shallallahu ‘alaa (sayyidinaa) Muhammadin asrofil mursaaliin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii ajmain

Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu

Wa ‘alaa fadhlikal ‘azhimi wuzuudikal mu’awwali

Wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’aluka ‘ishmata fiihi minashy syaithaani

Wa auliyaa‘ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’i wal isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikram yaa arhamar raahimin

Wa shallallahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam

Walhamdulillahirabbil ‘alamiin

Arti Bacaan Doa Awal Tahun

Dalam doa awal tahun berisi tentang permohonan perlindungan kepada Allah SWT serta harapan-harapan yang ingin diraih pada tahun berikutnya. Kita berharap agar semua dapat terlewati dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Agar lebih menghayati dalam membaca doa awal tahun, alangkah baiknya jika kita memahami arti doa awal tahun yang kita panjatkan.

Terjemahan dari doa awal tahun adalah sebagai berikut :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih serta Maha Penyayang

Semoga rahmat dan keselamatan selalu Allah limpahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya

Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Kekal, Dahulu, serta awal

Dan tempat kami bergantung hanyalah kepada kedermawanan dan anugerahMu yang Agung

Dan tibalah tahun baru di hadapan kami. Lindungilah kami dari godaan setan, bala tentaranya serta kekasih-kekasihnya dalam tahun ini

Dan kami mohon pertolongan agar dapat mengalahkan amarah serta hawa nafsu yang mengarah pada kejahatan, sehingga kami akan lebih sibuk melakukan amalan yang dapat membawa kami lebih dekat kepadaMu wahai Dzat yang mempunyai Kemuliaan dan Keagungan

Semoga limpahan rahmat dan keselamatan selalu Allah berikan kepada junjungan kita Baginda Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya

Dan segala puji hanyalah milik Allah Tuhan seru sekalian alam

Amin yaa rabbal ‘alamin (Semoga Allah mengabulkan doa yang kita panjatkan)

Hukum Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

HUKUM BACAAN DOA AKHIR TAHUN DAN AWAL TAHUN

Pada dasarnya, doa akhir tahun maupun doa awal tahun tidak pernah diriwayatkan dalam hadist Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan perayaan untuk menyambut datangnya awal tahun maupun akhir tahun pun juga tidak pernah ada. Jika menilik ke belakang, itu artinya doa akhir tahun maupun awal tahun merupakan doa yang dikarang oleh seseorang.

Hal ini mungkin disebabkan penetapan Kalender Hijriyah baru dilakukan sepeninggal Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab radiyallahu ‘anhu. Sebelumnya, pada masa pemerintahan Rasulullah hingga khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq, momen penting Islam ditetapkan berdasarkan peristiwa yang terjadi pada tahun tersebut.

Peristiwa alam maupun perayaan manusia yang digunakan sebagai penetapan momen penting Islam sebelumnya. Untuk patokan perbedaan tahun didasarkan pada pentapan momen penting yang terjadi antara tahun yang satu dengan tahun berikutnya secara berbeda. Sehingga pada masa Khalifah Umar, dibuatlah Kalender Hijriyah yang dihitung dari tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pendapat Dr. Bakr Abu Zaid (w, 1429 H) menyatakan bahwa :

IMAGE005

 

Tidak ada dalil khusus dalam syariat Islam yang menerangkan mengenai doa akhir tahun dan doa awal tahun maupun dzikir khusus untuk menyambutnya. Masyarakat sendiri yang menyusun sebuah kalimat doa yang pada dasarnya dalam syariat tidak diijinkan. Doa semacam ini tidak memiliki dasar dan murni tidak diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam (Tashih Ad Dua :108)

Jadi, berdasarkan pendapat di atas maka sumber dari doa akhir tahun maupun awal tahun belum memiliki kejelasan. Doa ini juga bukan merupakan perintah yang terdapat dalam hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, dapat disimpulkan jika doa akhir tahun dan awal tahun merupakan doa yang dikarang atau gubahan seseorang.

Sebagai seorang muslim, dasar hukum yang dipakai adalah Al quran dan hadist sehingga Anda dapat mengabaikan untuk membaca doa akhir tahun maupun awal tahun jika Anda berpatokan pada keduanya. Tetapi, jika Anda tetap ingin berdoa baik di akhir maupun di awal tahun, Anda tetap dapat berdoa dengan arti dan esensi yang baik meski tanpa perlu mengikuti bacaan doa di atas.

Waallahu a’lam.

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun

KEUTAMAAN MEMBACA DOA AKHIR TAHUN

Jika Anda tidak memberikan arti khusus pada doa akhir tahun maupun doa awal tahun, beberapa sumber tetap memperbolehkan untuk membaca doa tersebut. Jadi, doa akhir tahun dan doa awal tahun diangggap seperti doa-doa biasa yang kita panjatkan. Namun, jika Anda mengikuti hukum membaca doa akhir tahun dan awal tahun, maka sebenarnya kedua doa tersebut tidak perlu dibaca.

Sebenarnya, doa akhir tahun kita panjatkan merupakan ungkapan rasa syukur atas segala amalan yang dapat kita lakukan pada tahun sebelumnya, atas segala rejeki yang telah kita dapatkan di tahun tersebut serta permohonan ampun atas segala dosa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya. Secara tidak langsung, membaca doa akhir tahun dapat meningkatkan rasa syukur terhadap Allah.

Dengan mengucapkan kalimat taubat kepada Allah atau kalimat permohonan ampun maka kita akan senantiasa tersadar akan kesalahan-kesalahan serta dosa-dosa yang telah kita lakukan. Hal tersebut tentu akan mempertebal rasa keimanan kita kepada Allah serta mendorong untuk selalu melakukan hal-hal yang jauh dari larangan Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Ada suatu riwayat yang menyebutkan jika barang siapa yang membaca doa akhir tahun sesudah sholat ashar sebanyak 3 kali maka setan akan berkata jika pekerjaannya dalam setahun ini telah gagal dan sia-sia dalam menggoda manusia. Doa akhir tahun yang dipanjatkan dan disertai membaca istighfar maka insya allah dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

Keutamaan Membaca Doa Awal Tahun

KEUTAMAAN MEMBACA DOA AWAL TAHUN

Sedangkan untuk doa awal tahun, bisa kita panjatkan dengan memohon agar apa yang kita harapkan dapat tercapai di tahun mendatang. Harapan dalam hal ini tidak hanya berkisar tentang harapan dunia saja melainkan harapan tentang kehidupan akhirat juga. Misalnya saja target ibadah yang lebih rajin dan khusyu’, tingkat keimanan yang semakin meningkat, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga bisa memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala, sang pemiliki qadha dan qadar senantiasa memberikan perlindungan kepada kita. Hal ini secara tidak langsung dapat memupuk  rasa keimanan kita bahwa hanya Allahlah Sang Maha Kuasa atas segalanya. Allahlah yang akan menentukan segalanya sedangkan manusia hanya mampu berencana.

Terdapat suatu riwayat yang menyebutkan jika barangsiapa yang memanjatkan doa awal tahun dengan bersungguh-sungguh maka Allah akan melindungi dan memberikan pertolongan kepadanya dari godaan setan dan segala macam bencana. Bahkan Allah akan mengutus dua malaikat untuk selalu melindunginya agar dia tidak terjerumus dalam fitnah dan tipu daya setan yang menyesatkan.

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

TATA CARA MEMBACA DOA AKHIR TAHUN DAN DOA AWAL TAHUN

Bagi Anda yang ingin membaca doa awal tahun dan akhir tahun ternyata terdapat tata cara pelaksanaan tersendiri. Konon katanya, hal ini agar lebih mengena tepat pada awal tahun maupun  akhir Tahun Hijriyah. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat serta bagaimana tata cara membaca doa akhir tahun maupun doa awal tahun, berikut penjelasannya!

Pembacaan doa akhir tahun, menurut beberapa sumber lebih disarankan jika dipanjatkan sekitar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah antara waktu ashar hingga waktu maghrib. Jadi tepatnya pada hari terakhir Bulan Dzulhijjah. Hal ini diharapkan agar kita dapat mengakhiri tahun Hijriyah dengan memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Anda dapat memanjatkan permohonan ampun kepada Allah SWT atas dosa ataupun kesalahan yang telah Anda lakukan pada tahun terakhir. Jadi, doa yang dipanjatkan boleh tidak sama dengan doa di atas asalkan inti atau maknanya merupakan doa untuk memohon ampunan serta agar Allah meridhoi segala amal baik yang telah kita lakukan pada tahun tersebut.

Sedangkan untuk doa awal tahun, waktu yang tepat untuk membacanya adalah sesudah sholat maghrib sebanyak 3 kali. Waktu ini adalah waktu dimana kita telah memasuki tanggal 1 Muharram, awal tahun baru Hijriyah. Kita dapat memohon agar tercapainya harapan pada tahun berikutnya serta permohonan tingkat ketaqwaan dan keimanan yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Tetapi yang harus digaris bawahi dalam hal ini adalah, para ulama yang memegang kuat Al quran dan hadist masih belum mendapatkan fatwah serta rujukan yang tepat dalam hadist maupun Al quran mengenai tata cara pembacaan maupun bacaan doa awal tahun maupun doa akhir tahun yang sebenarnya. Wallahu a’lam.

Kesimpulan

KESIMPULAN

Doa awal tahun dan akhir tahun adalah doa yang dipanjatkan saat kita akan memasuki pergantian tahun. Doa akhir tahun merupakan ungkapan permohonan ampun atas dosa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya serta perwujudan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Sedangkan doa awal tahun merupakan doa yang kita panjatkan agar tercapainya harapan di tahun berikutnya.

Selain itu, doa awal tahun juga kita panjatkan agar Allah senantiasa melindungi kita dalam menjalani kehidupan di tahun mendatang. Pada dasarnya, doa awal tahun dan doa akhir tahun belum ada nashnya dalam Al quran maupun hadist. Jadi, dasar hukum dalam pembacaan maupun tata cara dalam membaca doa awal tahun dan doa akhir tahun belum ada kejelasan.

Terlepas dari itu semua, membaca doa akhir tahun maupun awal tahun tergantung dari masing-masing pribadi. Jika kita hanya sekedar membaca doa awal tahun maupun akhir tahun tanpa mengistimewakannya maka beberapa sumber masih memperbolehkannya. Segala hal yang kita lakukan tergantung dari niatnya, begitu juga dalam membaca doa akhir tahun dan awal tahun.

Sebagai umat muslim, alangkah baiknya jika kita mengakhiri tahun Hijriyah dengan banyak memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang kita lakukan pada tahun sebelumnya serta semoga amal shaleh yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT. Dan kita awali tahun baru Hijriyah dengan harapan dunia dan akhirat yang lebih baik serta memohon agar selalu dilindungi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Agar Berkah Semuanya

 

Tinggalkan komentar