9 Contoh Surat Penawaran Resmi Dan Profesional

Contoh Surat Penawaran – Surat penawaran yang baik menjadi suatu pertimbangan penting untuk dilakukan dalam dunia bisnis. Sebab, negosiasi awal dilakukan melalui surat penawaran. Surat penawaran sendiri adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan sesuatu, baik barang, jasa atau kerjasama dengan seseorang dan perusahaan tertentu.

Penawaran suatu barang, jasa hingga kerjasama dengan pihak lain akan lebih baik apabila menggunakan surat penawaran. Surat penawaran ini diharapkan menjadi awal mula atau pembuka kerjasama antara pihak perusahaan dengan klien atau perusahaan lain. Lewat surat inilah kedua perusahaan akan melakukan suatu kerjasama.

Surat penawaran  bisanya keluar setelah adanya surat permintaan. Umumnya pihak klien akan membuat surat permintaan, dimana surat inilah yang dijadikan pegangan bagi distributor untuk mengeluarkan surat penawaran.

Berikut beberapa hal mengenai surat penawaran yang harus diketahui sebelum mulai membuat surat penawaran.

Kelengkapan Surat Penawaran

Surat penawaran memiliki kelengkapan-kelengkapan yang wajib diperhatikan. Kelengkapan surat ini adalah hal penting yang setiap bagiannya memiliki fungsinya masing-masing.

1. Kop Surat

Surat penawaran yang baik memiliki kop surat yang terletak pada bagian awal surat. Kop surat ini menyertakan nama perusahaan, alamat perusahaan, kontak telepon hingga email perusahaan  yang dapat dihubungi. Kop surat ini berfungsi untuk memberikan identitas pada surat penawaran tersebut. Sehingga penerima akan mengetahui dari mana surat penawaran itu berasal. Kop surat juga menunjukkan profesionalitas dari sang pengirim. Sehingga kop surat ini sangat penting dan tidak tidak boleh dilupakan.

2.  Surat

Kepala surat berisi beberapa penjelasan dan keterangan mengenai identitas surat. Pada umumnya bagian kop surat mencantumkan nomor surat, tanggal, perihal, jumlah lampiran, hingga tujuan surat. Seperti halnya kop surat, bagian kepala surat ini tak boleh dilupakan.

3. Pembuka Surat

Bagian pembuat surat penawaran memberikan penjelasan singkat tentang beberapa hal umum. Seperti misalnya menanggapi surat yang mana, atau perihal apa surat penawaran tersebut dikirimkan. Terkadang, ada juga yang menyertakan informasi mengenai produk yang akan di tawarkan.

4. Isi Surat

Bagian isi surat menjadi hal yang paling penting dari surat. Bagian isi surat menjelaskan berbagai macam hal yang menyangkut inti dari surat penawaran tersebut seperti penjelasan mengenai produk yang akan ditawarkan, apabila yang ditawarkan berupa produk. Selain itu, isi surat juga menjelaskan mengenai cara pemesanan, pembayaran hingga pengiriman produknya. Pada bagian isi ini juga dapat diberikan keterangan sesuai dengan permintaan dari klien.

Memberikan penjelasan secara singkat, tepat dan padat adalah yang terbaik. Apabila masih ada hal-hal  lain yang perlu dijelaskan lebih rinci, dapat diberikan dalam bagian lampiran. Ketika membuat isi surat, pastikan juga informasi yang dibutuhkan oleh klien sudah terlampir di dalam surat tersebut.

Sedangkan lampiran berisikan rincian tentang sebuah produk atau katalog untuk barang yang jumlahnya banyak. Bisa juga diberikan detail mengenai mekanisme kerjasama. Sebaiknya jelaskan  juga mengenai apa saja yang ada di bagian lampiran jika ada detail lain yang ingin diikutsertakan. Berikan juga penjelasan secara singkat tentang isi masing-masing lampiran jika memang diperlukan.

5. Penutup Surat

Bagian penutup surat ini penting untuk memperhatikan mengenai himbauan hubungan kerja yang akan berlangsung. Sertakan kembali kontak perusahaan yang dapat dihubungi. Buat sebuah kalimat penutup yang baik yang bersifat persuasif dengan ajakan yang dapat memperlancar  terjadinya kerjasama antara pengirim surat dan klien.

Berikan penutup yang membuat klien yakin dan percaya untuk melakukan kerjasama. Gunakan kalimat penutup yang baik dan sopan, guna memberi kesan baik pada klien.

Membuat Surat Penawaran yang Profesional

Dalam membuat surat penawaran agar terlihat profesional, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.

1. Identitas Perusahaan

Hal paling penting yang harus dituliskan dalam sebuah surat penawaran adalah identitas pengirim atau identitas perusahaan yang mengirim surat penawaran tersebut. Nama perusahaan atau instansi menjadi hal yang sangat penting untuk dicantumkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah klien untuk mengenali perusahaan atau distributor yang dituju.

Cantumkan juga sedikit ulasan, review atau alamat perusahaan agar klien bisa dengan mudah mengenalinya. Identitas perusahaan salah satunya dapat dituliskan pada bagian kop surat, sehingga saat pertama kali membaca, klien akan langsung memahami siapa yang mengirim surat tersebut.

Selain pada kop surat, bisa juga mencantumkan identitas perusahaan pada bagian utama surat. Apabila ingin memberikan informasi yang lebih detail seperti profil hingga protofolio, bisa juga memberikannya pada bagian lampiran.Sehingga klien bisa lebih mengenal terkait data-data dan rekam jejak perusahaan yang menjadi pengirim surat penawaran tersebut.

2. Jumlah Stok Barang

Jumlah stok barang yang dimiliki menjadi hal lain yang harus dilampirkan. Adanya lampiran jumlah stok barang ini akan mempermudah klien mengerti menilai kemampuan pengirim yang akan menjalin kerjasama dengannya.Dengan melampirkan jumlah barang ataupun stok barang oleh pihak penawar akan memudahkan klien untuk memperkirakan kesanggupan dari pihak penawar untuk memenuhi kebutuhan klien.

Hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan penting  bagi klien. Memberikan keterangan secara detail mengenai stok barang yang ada, serta seberapa banyak kebutuhan tersebut dapat dipenuhi apabila pasokan kebutuhan dilakukan secara rutin adalah hal yang sangat penting untuk dicantumkan. Rincian yang lebih detail bisa juga dilampirkan apabila dianggap penting. Sehingga klien dapat memiliki pertimbangan yang lebih baik.

3. Penjelasan Produk

Penjelasan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan menjadi hal yang perlu dituliskan dalam surat penawaran. Berikan penjelasan yang detail dan jelas mengenai produk yang akan ditawarkan. Mulai dari spesifikasi produk hingga pilihan produk yang dapat diberikan. Hal ini akan lebih mengutungkan apabila terdapat lebih dari satu jenis produk yang dapat menjadi pilihan bagi klien untuk memenuhi kebutuhannya.

Penting juga untuk mencantumkan nama atau merk produk dalam surat penawaran Hal ini menjadi salah satu faktor yang dapat menambah ketertarikan klien untuk membeli produk tersebut.Kualitas suatu produk juga sangat berpengaruh terhadap minat klien untuk membeli produk tersebut. Sehingga dengan mencantumkan kualitas produk yang ditawarkan pada surat penawaran, akan lebih meyakinkan klien untuk membelinya.

Penjelasan produk ini akan memberikan gambaran tentang kondisi produk yang dimiliki pada klien terkait. Sehingga klien bisa mempertimbangkan pada bagian apa atau produk mana yang akan diminta untuk bekerja sama. Dengan melampirkan penjelasan tentang jenis-jenis produk yang bisa dijadikan alternatif juga dapat memberikan peluang kerjasama yang baru.

4. Harga Khusus

Harga menjadi salah satu pertimbangan penting ketika akan melakukan pembelian barang. Sehingga harga menjadi hal yang perlu dicantumkan dalam surat penawaran. Maka akan menjadi nilai lebih untuk melampirkan ‘harga khusus’ atau diskon bagi klien yang akan diajak bekerjasama

Diskon menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen dalam pertimbangannya untuk membeli suatu produk. Setiap konsumen  pasti menginginkan harga yang terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika pihak penawar menyediakan harga khusus tentu klien akan semakin tertarik, sehingga penting untuk mencantumkannya.

Harga khusus yang dilampirkan akan menjadi kelebihan tersendiri yang dapat ditonjolkan pada klien. Terlebih untuk pembelian produk dalam jumlah yang banyak. Jangan lupa untuk menyertakan range harga jika harga barang tersebut diperkirakan naik atau turun.

5. Tata Cara Pembayaran

Tata cara pembayaran juga menjadi hal penting lain untuk dijelaskan dalam sebuah surat penawaran. Karena kesepakatan pembayaran menjadi salah satu poin perjanjian yang akan mempengaruhi kerjasama selanjutnya. Terlebih tiap perusahaan memiliki kriteria pembayaran yang berbeda-beda. Sehingga perlu untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana tata cara pembayaran di awal.

Terdapat beberapa tata cara pembayaran yang biasanya ditawarkan pada klien. Mulai dari pembayaran yang langsung lunas di awal transaksi, pembayaran dengan uang muka atau DP (down payment), hingga pembayaran di tempat. Sebaiknya sertakan keterangan apabila masalah pembayaran dapat dibicarakan lebih lanjut.

Hal ini biasanya akan menjadi bahan pertimbangan  bagi klien untuk membeli produk tersebut. Karena setiap klien memiliki kriteria dan manajemen keuangan yang berbeda-beda.

6. Pengiriman Barang

Sebuah surat penawaran yang baik, tentu turut melampirkan perihal pengiriman barang. Pengiriman barang ini biasanya tak terlepas dari poin pembayaran. Sebab tak jarang, barang akan  dikirim setelah perjanjian pembayaran antara pihak penawar dengan klien mendapatkan titik temu.

Untuk barang-barang tertentu yang memiliki bahan berbeda atau memerlukan perlakuan khusus, maka menjadi penting untuk mencantumkan bagaimana barang tersebut dikemas, metode transportasi apa yang akan digunakan dan berbagai hal lainnya.

Pengiriman barang menjadi  penting untuk memberikan jaminan pada klien jika barang yang dipesan akan tiba di tujuan dengan selamat dan utuh. Setiap konsumen pasti menginginkan barang yang dibelinya sampai di tangannya dengan aman. Maka dari itu, penting untuk mencantumkan cara pengiriman atau jasa ekspedisi barang apa yang digunakan. Sehingga perlu untuk meyakinkan klien terkait dengan hal pengiriman barang.

7. Sifat Penawaran Dengan Klien

Ada berbagai sifat penawaran yang dapat ditawarkan pada klien. Berbagai sifat penawaran ini sebaiknya dijelaskan pada bagian surat penawaran. Beberapa sifat penawaran yang ada antara lain sebagai berikut.

  • Penawaran terikat. Pada penawaran jenis ini maka penawaran yang terjadi antara klien dan perusahaan pengirim penawaran sifatnya terikat. Sehingga jika ada perubahan harga atau jumlah barang pihak perusahaan wajib memberitahukan pada pihak klien. Begitu juga sebaliknya.
  • Jenis penawaran tidak terikat atau penawaran bebas. Di penawaran jenis ini maka jika ada perubahan harga maupun jumlah produk pihak perusahaan maupun klien tidak wajib saling memberitahukan. Inilah yang membuat penawaran ini diberi nama penawaran bebas. Karena pihak klien dan perusahaan tidak saling terikat.
  • Penawaran berjangka waktu. Jenis penawaran yang satu ini berlaku di jangka waktu tertentu. Biasanya jenis penawaran yang satu ini berlaku untuk penawaran jasa. Sehingga kerjasama hanya berlaku pada jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian.

8. Administrasi Pendukung

Administrasi pendukung menjadi hal penting lain untuk dilampirkan. Administrasi perusahaan atau pemberi usaha yang lengkap dan baik dapat menjadi salah satu nilai tambah yang membuat klien menjadi semakin yakin dan tertarik.

Beberapa administrasi pendukung yang dapat digunakan dan dapat membuat klien menjadi semakin yakin sebagai berikut.

  • NPWP.
  • Surat Izin Perdagangan (SIUP).
  • Daftar Rekam Jejak (TDR).

Selain yang di atas, administrasi pendukung lain yang diperkirakan mampu membuat klien semakin yakin untuk mengadakan kerjasama juga bisa dilampirkan. Masukkan hal-hal tersebut ke dalam surat penawaran yang akan diajukan.

Contoh Surat Penawaran Jasa

Pembuatan surat penawaran perlu juga diperhatikan jenis dan produk yang ditawarkan pada klien, sehingga surat yang diberikan bisa digunakan secara efektif. Berikut ini beberapa contoh surat penawaran di bidang jasa:

Contoh Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

Contoh Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

JAYA SEJATI ELEKTRO

Penyedia instalasi kelistrikan dan perawatan instalasi listrik terbaik

Jl. Nusantara Dua 8, Bandung Telp : 9898-6565

Bandung, 2 Maret 2019

Nomor     : 45/PEN/V/2019

Lampiran : 1 (Satu) rangkap

Hal              : Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Kepada

Manajer Pengadaan PT. Makmur Sejahtera

Jl. Rawa Pening No. 7

Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini perkenankan kami untuk memperkenalkan diri. Kami adalah PT. Jaya Sejati Elektro yang fokus di bidang pengadaan, instalasi dan perawatan peralatan listrik. Berkaitan dengan rencana pekerjaan Instalasi Listrik di Kantor Cabang PT. Makmur Sejahtera. Melalui surat ini, kami mengajukan penawaran kerjasama untuk pekerjaan tersebut di atas.

Penawaran instalasi yang kami ajukan sudah memenuhi persyaratan yang diminta dalam dokumen pendanaan guna pekerjaan instalasi tersebut. Kami juga sudah memenuhi persyaratan sertifikasi dalam bidang kelistrikan. Bersama surat ini kami melampirkan beberapa dokumen sebagai salah satu pertimbangan berikut ini.

  1. Profil Perusahaan.
  2. Fotokopi Sertifikat Instalasi Kelistrikan.
  3. Berkas Kualifikasi Tenaga Ahli.
  4. Perjanjian Kerjasama.
  5. Dokumen lain yang disyaratkan.

Demikian Surat Penawaran ini kami ajukan. Semoga kerjasama dapat terjalin dalam pekerjaan ini juga pekerjaan lain untuk ke depannya. Besar harapan kami supaya diberi kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan PT. Makmur Sejahtera. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Jaya Sejati Elektro

William Volt

Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Jasa Keamanan

Contoh Surat Penawaran Jasa Keamanan

PT.LANCAR ABADI

ANDA AMAN KAMI SENANG

Jl. Tentara Pelajar 17, Surakarta, Telepon : 5454-9898

Surakarta, 3 Januari 2019

Nomor          : 65/S.Pen/IX/2019

Lampiran      : 1 Bendel Profil Perusahaan

Hal : Penawaran Jasa Keamanan

Kepada,

Manajer PT. Surya Fajar

Jl. Sungai Kuning No. 8 Baciro

Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya surat permintaan profil perusahaan serta daftar jasa dari perusahaan saudara yang bernomor 62/MN/III/2019 yang telah kami terima. Kami mengucapkan terima kasih banyak untuk permintaan penawaran yang telah dialamatkan pada perusahaan kami.

Kami merupakan perusahaan penyedia jasa keamanan yang sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama. Kami siap memberikan pelayanan terbaik dalam hal keamanan di PT. Surya  Fajar. Bersama dengan surat ini izinkanlah kami untuk mengajukan penawaran dalam pekerjaan jasa keamanan di PT. Surya Fajar. Kami lampirkan Profil Company perusahaan kami sebagai bahan pertimbangan.

Demikian Surat Penawaran ini kami ajukan. Besar harapan kami agar dapat menjalin kerjasama dengan PT. Surya Fajar untuk selanjutnya. Informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi customer service kami di nomor 5454-9898. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Lancar Abadi

Milky Way

Manajer Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

PRAKARSA UTAMA

Melayani kebutuhan kebersihan anda

Jl. Kolonel Sugiono, Jakarta Telp : 021-900800

Jakarta, 20 Maret 2019

Nomor : 12/S.Pen/V/2019

Lampiran   : 1 (Satu) rangkap

Hal       : Penawaran Jasa Cleaning Service

 

Yth.,

Manajer Pengadaan PT. Gunung Agung

Jl. Panggung Harjo No. 25

Depok

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami, PT. Prakarsa Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa cleaning service. Perusahaan kami telah berpengalaman menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama.

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan, PT. Gunung Agung sedang membutuhkan jasa pekerjaan cleaning service. Berakitan dengan hal tersebut, izinkanlah kami untuk menawarkan jasa cleaning service yang kami miliki. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kebersihan setiap perusahaan mitra kami. Sebagai pertimbangan, kami sertakan berbagai pengalaman yang telah kami miliki bersama surat ini.

Demikian Surat Penawaran ini kami buat. Kami berharap agar surat penawaran ini dapat menjadi sebuah langkah awal kerjasama kami dengan PT. Gunung Agung. Kami siap untuk memberikan presentasi lanjutan apabila diperkenankan, dengan tanggal yang disepakati. Demikian surat penawaran dari kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Prakarsa Utama

Benedict Cullen.

Marketing Manager

Surat penawaran barang ini memiliki format yang hampir sama dengan surat penawaran jasa. Ciri dari surat penawaran barang ini adalah disebutkan barang atau produk yang akan ditawarkan. Berikut adalah beberapa contohnya.

Contoh Surat Penawaran Jasa Servis AC

Contoh Surat Penawaran Jasa Servis AC
www.slideshare.net

SENTOSA SERVICE

Pemasangan, Perbaikan, dan Perawatan AC

Jl. Bermuda Indah No. 3 Basen-Surabaya

HP: 081387876000 e-mail: [email protected]

Surabaya, 3 Januari 2019

 

Nomor : 07/air-serv/II/2019

Hal : Penawaran Jasa Servis

Lamp. : –

 

Yth.,

Ibu Sinta Wardoyo

Manajer Wisma Surya Citra

Di tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenankan kami memperkenalkan mitra kami kepada Ibu Pimpinan wisma “Surya Citra”. Mitra kami bekerja  di bidang servis dan maintenance AC. Kami melayani berbagai macam servis, baik perbaikan AC, pemasangan AC baru atau lama, pencucian (steam) AC, dan hal-hal yang berhubungan dengan perawatan AC.

Dengan adanya kerjasama servis dan perawatan AC bersama kami, akan menjadikan wisma yang ibu kelola semakin terasa lebih nyaman karena kondisi AC yang terawatt dengan baik yang dikerjakan oleh pekerja profesional. Memiliki mesin AC yang awet dan tahan lama pasti menjadi salah satu impian setiap pengelola penginapan. Berikut kami sertakan juga rincian biaya  pemasangan dan perawatan AC secara berkala:

No Jenis Pekerjaan Satuan Harga (Rp)
1 Cleaning AC split 0,5 – 1 70.000
2 Cleaning AC split 1,5 – 2,5 110.000
3 Tambah freon AC Per PK 135.000
4 Isi Freon AC dari 0 Per PK 180.000
5 Biaya Perbaikan Menyesuaikan
6 Biaya Pasang AC Split 0,5 – 1 185.000
7 Biaya Pasang AC Split 1,5 – 2,5 230.000

Demikian surat penawaran perbaikan dan perawatan AC ini kami ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Ibu.

Hormat kami,

Sentosa Service

Contoh Surat Penawaran Catering

Contoh Surat Penawaran Jasa Catering
www.google.com

CITRA BOGA CATERING

Jl. Nakula Sadewa RT. 12 RW 015 Kota Malang

Hp: 085240006000 e-mail: [email protected]

12 Maret 2019

Nomor : 32/pnr-ctb/XII/2019

Hal : Penawaran Jasa Catering

Lamp. : –

Yth.,

Kepala SMAN 11 Surabaya

Di  tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga kita tetap dalam lindungan-Nya. Bersama dengan surat ini, perkenankan kami dari pihak “Citra Boga Catering” memperkenalkan produk kami kepada institusi yang bapak/ibu pimpin. Berdasar informasi yang kami peroleh, kami mengetahui bahwa institusi yang bapak/ ibu pimpim sering menggelar acara besar yang luar biasa. Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan kerjasama jasa catering kepada institusi yang bapak/ ibu pimpin.

Hidangan catering kami diracik oleh para ahli dibidangnya, dengan sangat memperhatikan rasa, higienitas, dan kepuasan konsumen.

Berikut kami sertakan daftar menu beserta harganya:

Paket Snack Box
Paket 1 – 3 macam kue @Rp 7000
Paket 2 – air mineral

– Jeruk/ semangka,

      • Snack kriuk (kacang, kripik)

– Air Mineral

@Rp 9000
Paket 3 – 4 macam kue– Jeruk/ semangka, kriuk (kacang, kripik)

– Air mineral

@Rp 11000
Paket Coffe Break
Paket 1 – 2 macam kue

– Teh atau kopi

@Rp 7000
Paket 2 – 2 macam kue

– 1 macam kriuk

– Teh atau Kopi

@Rp 8500
Paket 3 – 3 macam kue

– 1 macam kriuk

– Krmer

– Teh atau Kopi

@Rp 11000
Paket Nasi Box
Paket 1 – Nasi

– Ayam

    • Sayur
@Rp 11000
Paket 2 – Nasi

– Ayam

– Sayur

– Buah

@Rp 13000
Paket 3 – Nasi

– Ayam

    • Sayur

– Buah

-Air mineral

@Rp 15000

Sebagai informasi, untuk pesanan nasi box di atas 50 kotak akan mendapatkan diskon sebesar 15% di akumulasi akhir. Sedangkan untuk pemesanan selain nasi box yang lebih dari 40 buah mendapat gratis 1 dus air mineral dan diskon 5% di akumulasi akhir.

Demikian surat penawaran kami ajukan. Besar harapan kami agar dapat bekerjasama dengan institusi yang bapak/ibu pimpin. Apabila dari lembaga yang bapak/ibu pimpin tertarik dengan catering kami, dapat menghubungi melalui kontak yang tersedia. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Hormat Kami,

Citra Boga Catering

Contoh Surat Penawaran Alat Keperluan Kantor

 Contoh Surat Penawaran Alat Keperluan Kantor

INDAH MAKMUR JAYA

Menyediakan berbagai kebutuhan kantor berkualitas

Jl. Randu Putih No. 16, Seturan-Yogyakarta

Telp : 0274-500099 E-mail : [email protected]

Yogyakarta, 5 April 2019

Nomor  : 23/S.Pen/V/2019

Lampiran  : 1 (Satu) bendel

Hal                 : Penawaran Peralatan Kantor

 

Kepada,

Manajer Pengadaan PT. Vesuvius Indojaya

Jl. Nyi Ageng Serang No. 34 Yogyakarta

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri. Kami CV. Indah Makmur Jaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang suplier peralatan kantor. Kami telah berpengalaman selama kurang lebih 15 tahun dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama.

Perkenankan kami untuk memberikan penawaran berbagai peralatan kantor yang siap untuk kami pasok ke perusahaan Bapak/Ibu. Berbagai barang yang kami sediakan hadir dalam berbagai merk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sehingga tak perlu khawatir mengenai kualitas dan harga.

Kami juga siap melakukan negosiasi terkait harga dan mekanisme pembelian. Jika PT. Vesuvius Indojaya berminat melakukan kerjasama dengan perusahaan kami. Bersama dengan surat ini, kami turut melampirkan dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, sebagai berikut.

  1. Dokumen Company Profile,
  2. Mekanisme Kerjasama
  3. Katalog Produk
  4. Dokumen-dokumen lain yang diperlukan.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Semoga surat penawaran ini dapat menjadi jembatan bagi kerjasama antara CV. Indah Makmur Jaya dan PT. Vesuvius Indojaya. Demikian surat penawaran kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Indah Makmur Jaya

Putra Darmawan

Marketing Executive

Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

ADI UTAMA

Distributor bahan bangunan berkualitas

Jl. Darmawangsa Utara, Semarang

Email : [email protected]ail.com Fax : 027-800900 Telepon : 037-400500

Surabaya, 13 Februari 2019

Nomor   : 29/S.Pen/XV/2019

Lampiran : 1 (Satu) Bendel

Hal         : Penawaran Bahan-bahan Bangunan

Yth.,

Manajer Pengadaan PT. Bangun Jaya Kontraktor

Jl. Sisingamangaraja No. 16

Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini perkenankan kami memperkenalkan diri lebih dahulu. Kami PT. Adi Utama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distributor bahan bangunan. Berbagai jenis bahan bangunan siap kami distribusikan. Kualitas barang terbaik dengan harga yang bersaing.

Bersamaan dengan surat ini kami ingin memberikan penawaran kerjasama dengan PT. Bangun Jaya Kontraktor. Kami mengajukan penawaran terkait dengan suplai bahan bangunan untuk berbagai bidang pengerjaan di PT. Bangun Jaya Kontraktor. Kami siap mendistribusikan barang-barang berkualitas dengan harga kompetitif. Sebagai bahan pertimbangan kami turut menyertakan beberapa dokumen, sebagai berikut.

  1. Bukti distributor resmi.
  2. Katalog produk beserta harga.
  3. Mekanisme kerjasama.
  4. Dokumen perjanjian kerjasama.
  5. Metode pembayaran yang kami berikan.

Kami berharap lampiran dokumen tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk keberlanjutan kerjasama ke depannya. Hal-hal mengenai kelangsungan kerjasama, negosiasi mekanisme pembayaran serta hal lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Besar harapan kami kerjasama antara kami dan pihak PT. Bangun Jaya Kontraktor dapat berjalan. Informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi customer service kami di 027-400500. Sekian surat penawaran kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Adi Utama

Bagus Wibowo.

Marketing Executive

Contoh Surat Penawaran Perlengkapan Elektronik

 Contoh Surat Penawaran Perlengkapan Elektronik

MARGO MULYO

Penyedia berbagai perlengkapan elektronik untuk beragam kebutuhan

Jl. Merpati Putih No. 21, Surabaya

Email : [email protected] Fax : 031-200100 Telepon : 031-333444

Surabaya, 24 Maret 2019

Nomor   : 26/Pen/IV/2019

Lampiran   : 1 (Satu) rangkap

Hal            : Penawaran Perlengkapan Elektronik

Yth.,

Manajer Pengadaan PT. Beringin Perkasa

Jl. Cik Ditiro No. 13, Malang

Dengan hormat,

Melalui surat penawaran ini izinkan kami memperkenalkan diri lebih dahulu. Kami CV. Margo Mulyo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan alat-alat elektronik. Sudah lebih dari 50 perusahaan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan kami. Beragam pengalaman dalam bidang pengadaan barang elektronik membuat kami berkembang menjadi salah satu perusahaan penyedia barang elektronik dengan servis terbaik.

Berkaitan dengan informasi mengenai agenda pengadaan perlengkapan elektronik. Bersama dengan ini kami mengajukan penawaran kerjasama untuk pengadaan perlengkapan elektronik yang dibutuhkan oleh PT. Beingin Perkasa. Katalog produk yang dapat kami suplai turut kami sertakan dalam lampiran surat ini. Mekanisme pembayaran yang kami tawarkan mencakup tiga jenis pembayaran.

  1. Mekanisme pembayaran cash ketika barang sampai di PT. Beringin Perkasa.
  2. Pembayaran menggunakan kartu kredit menggunakan bank BNI maupun BCA.
  3. Sistem pembayaran cicilan selama 3 kali periode dengan DP minimal 50%.

Mekanisme pembayaran di luar ketiga jenis mekanisme pembayaran tersebut bisa dibicarakan lebih lanjut. Begitu jga dengan harga dan juga potongan untuk jumlah pembelian tertentu.

Demikian Surat Penawaran ini kami ajukan. Besar harapan kami dapat melakukan kerjasama dengan PT. Beringin Perkasa. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Margo Mulyo

Fajar Ardian

Manajer Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang
rocketmanajemen.com

JIWA SARANA

Jl. Sudirman No. 34  Bogor

Telp. 0821360007000   Email: [email protected]

Bogor, 12 April 2019

Nomor : 21/S-P/VII/2019

Hal : Penting

Lampiran : 2 lembar

Yth.

Gemah Ripah

Jl. Colombo No. 24 Bogor

Dengan hormat,

Berdasar surat yang kami terima bernomor  018/mbr-k/III/ 2019 yang berisi mengenai permintaan data  barang berupa peralatan kerja kantor kepada perusahaan kami, maka bersama surat ini kami menawarkan beberapa produk unggulan di perusahaan kami.

Kami turut melampirkan katalog tentang produk-produk yang kami produksi. Selain itu, kami juga memberikan potongan harga khusus untuk pembelian pada bulan ini sebesar 15% sebelum tanggal 30 April 2019. Kali memberikan garansi selama 1 tahun pemakaian untuk setiap produk. Pembayaran bisa dilakukan dengan uang muka sebesar 30% dari jumlah harga total produk yang dibeli dengan angsuran yang akan dijelaskan dalam dokumen terlampir.

Demikian surat penawaran barang kami ajukan. Besar harapan kami dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu. Semoga ini menjadi awal kerjasama yang baik. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Jiwa Sarana,

Sutrisna Wijaya

Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

contoh surat penawaran kerjasama

Nomor : 23/MD/CVDB/VI/2019
Lamp : –

Kepada, Yth:
Bapak Heru Firmansyag
Pimpinan CV Metro Timur
Jl Gedangan Baru Malang

Dengan hormat,
Kami dari PT. Aman Sejahtera bermaksud untuk menjalin penawaran kerjasama antar perusahaan di mana CV Metro Timur bisa menjadi distributor produk-produk kami yang berupa:

1. Peralatan Alat Tulis Kantor
2. Peralatan Elektronik (Komputer, Laptop)

Perusahaan kami akan memberikan potongan harga untuk CV Metro Timur apabila berkenan menjadi distributor tetap kami secara resmi. Untuk rincian proses kerjasama tersebut kedepannya, kami akan mengadakan pertemuan antar kedua belah pihak jika pihak dari CV Metro Timur berminat dengan kerjasama ini.

Demikian surat penawaran dari kami, atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Aman Sejahtera

Gito Herlambang
Manager Pemasaran

Itulah contoh surat penawaran yang bisa dijadikan sebagai referensi agar surat lebih resmi dan profesional. Semoga bermanfaat!

Satu pemikiran pada “9 Contoh Surat Penawaran Resmi Dan Profesional”

Tinggalkan komentar