8 Contoh Resume yang Baik dan Benar beserta Cara Membuatnya

Contoh resume terbaik – Ulasan kali ini akan secara singkat mengulas soal teks resume. Nah, pertanyaannya apa sih teks resume itu? Jawabannya adalah resume merupakan suatu ringkasan atau rangkuman mengenai apa yang telah dibaca atau dipahami.

Pada dasarnya teks resume pun memiliki ciri masing-masing. Yang paling utama adalah ciri teks resume haruslah ringkas. Nah, selain ringkas, ciri lainnya adalah di dalam teks resume harus berisikan ide-ide pokok bacaan. Namun, yang terpenting tetap saja teks resume haruslah lebih ringkas dari bacaan yang di resume. 

Hal Apa yang Harus Dilakukan Pertama Kali saat Meresume?

Adapun dalam meresume, langkah pertama yang dilakukan ialah tentu dengan membaca secara saksama suatu sumber bacaan. Kita diharuskan memahami serta mencermati isi dari apa yang dituliskan oleh buku tersebut. Saat memahami itulah, kemudian kita manfaat kan untuk mencatat poin-poin pokok yang ada dalam buku.

Nah, setelahnya kita akan menulis ringkasan sesuai dengan ide-ide pokok yang pada telah kita catat sebelumnya tadi. Pada saat menulis resume, selalu pastikan dan usahakan kata-kata yang ditulis berbeda dengan kata-kata yang ada pada bacaan.

Untuk mempermudah gambaran cara meresume teks, berikut ini akan di ulas contoh-contoh terbaik dari meresume teks. Ulasan contohnya pun beragam, mulai dari resume makalah, jurnal, buku hingga resume kerja dan juga skripsi. Jadi simak baik-baik ulasan berikut, karena siapa tahu akan sangat bermanfaat  Anda:

Contoh Resume Jurnal

Contoh Resume Jurnal
organicvolunteers.com

Kita ambil contoh saja jurnal dengan judul, “Pengetahuan, Sikap dan Aktivitas Remaja SMA Dalam Kesehatan Reproduksi di Kecamatan Sumbergempol” ditulis oleh mahasiswa IAIN, Tulungagung.

Jurnal ini memuat tentang naiknya jumlah penderita penyakit seksual yakni HIV/AIDS di kalangan remaja. Kenaikan ini sejalan dengan meningkatnya angka Infeksi Menular Seksual (IMS). Bahkan jumlah penderitanya lebih banyak ketimbang penderita usia dewasa.

Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui, kira-kira sejauh mana pemuda atau para remaja Sumbergempol memahami kesehatan reproduksi. Di samping itu, jurnal ini juga dimaksudkan untuk menemukan kerelasi antara aktivitas para remaja dengan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi khususnya di jenjang SMA.

Dengan upaya tersebut, keberadaan jurnal diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pemerintah tentang pelayanan kesehatan reproduksi kepada remaja, khususnya anak di jenjang SMA. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional potong lintang.

Dimana, pendekatan metode ini adalah dengan mempelajari dan mengamati hubungan penyakit dan faktor suatu peristiwa. Penelitian dalam jurnal ini dilakukan kepada sekelompok remaja di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di sekitar kecamatan Sumbergempol. Adapun remaja yang terpilih adalah sejumlah 3675 siswa.

Sedangkan pengambilan sampling dengan random sehingga didapatkan 326 siswa. Dalam jurnal, disebutkan hasil penelitian bahwasanya responden dengan pengetahuan yang baik tentang kesehatan reproduksi adalah mereka yang berumur delapan belas tahun. Adapun hasil ini, banyak ditunjukkan oleh responden berjenis kelamin wanita yang memiliki sikap lebih tinggi yakni 95%.

Begitupun hasil penelitian yang lain mengenai aktivitas kesehatan reproduksi didapat 214 responden mempunyai kegiatan positif sedang sisanya adalah negatif. Melalui penelitian tersebut, juga dilakukan wawancara dengan pekerja di bidang kesehatan Sumbergempol. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, jumlah IMS pada remaja mencapai 50%.

Jumlah tersebut nyatanya menduduki peringkat pertama IMS yang terjadi di Puskesmas Sumbergempol. Dimana IMS ini disebabkan oleh terjadinya pergaulan bebas di kalangan remaja. Sedang faktor lainnya adalah edukasi soal seks belum betul-betul dipahami oleh kalangan remaja.

Berdasarkan hal di atas, diperoleh kesimpulan bahwasanya antara aktivitas, sikap, dan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi memiliki hubungan. Ditemukan pada responden yang memiliki pengetahuan yang baik akan memiliki sikap dan aktivitas yang baik pula. Sedangkan pada responden dengan pengetahuan yang terbatas maka sikap dan aktivitasnya akan buruk pula.

Contoh Resume Kerja

Contoh Resume Kerja
www.jobloker.co.id

Ketika Anda telah menuntaskan pendidikan kemudian akan memasuki dunia kerja, maka diperlukan usaha yang keras. Karena mendapatkan suatu pekerjaan nyatanya bukanlah hal yang mudah. Salah satu syarat yang diperlukan dan menjadi suatu pertimbangan bagi tiap perusahaan untuk dilampirkan saat melamar pekerjaan adalah resume kerja. 

Namun, yang perlu digarisbawahi resume kerja dan curiculum vitae berbeda loh. Untuk gambaran lebih mudahnya, berikut contoh resume kerja:

Nama : Rahmat Abriar Nanda

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 9 Juni 1990

Alamat: Perumahan  Kemuning Jaya Blok C 12 RT 006 RW 002 Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia (67843)

Telepon: 0858-5678-1256

E-mail: [email protected]

Pendidikan:

S1 Jurusan Managemen Bisnis tahun 2006-2010 , Universitas Padjajaran Bandung, IPK 3,68.

S2 Jurusan Managemen Bisnis dan Ekonomi 2010-1012, Universitas Gadjah Mada, IPK 3,72.

Keterampilan:

  • TOEFl 600
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office dengan Baik
  • Mampu berbicara di depan publik menggunakan berbahasa Indonesia dan Inggris dengan baik.

Pengalaman Kerja:

  • Staf Keuangan di PT. Jaya Makmur Abadi Indonesia sejak tahun 2013 hingga 2016.
  • Manager Keuangan di PT. Bima Sakti Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019.

Contoh Resume Buku

Contoh Resume Buku
satriabajahitam.com

Salah satu buku yang baru-baru ini booming yaitu ‘Sifat Koligatif Larutan’ yang ditulis oleh Dr. Amgia Umar Saudia Hana, m. Si dan Saufika Harfiah, M. Sc. Buku ini diterbitkan pada tahun 2017 oleh Klimedia Press Kota Bandung. Buku ini berisikan tentang dunia sains, dengan total 75 halaman yang terbagi ke dalam 4 bab.

Dalam buku ini banyak dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan sains, mulai dari seputar larutan hingga sifat-sifat fisis yang biasa ditemui pada berbagai macam larutan. Berdasarkan masing-masing topik, di bagian pertama, didefinisikan larutan sebagai campuran dua zat atu lebih.

Yang mana di dalamnya terdapat zat terlarut dan pelarut. Umumnya, zat terlarut memiliki jumlah yang lebih sedikit ketimbang zat pelarut. Biasanya zat pelarut berupa air atau akuades. Sedangkan zat terlarut umumnya seperti garam dapur, gula, dan lain sebagainya.

Kemudian jenis larutan yang umumnya terbagi ke dalam dua kelompok yaitu larutan elektrolit dan non elektrolis. Pada larutan elektrolit sendiri terbagi menjadi dua yaitu elektrolit kuat dan lemah. Larutan elektrolit merupakan suatu larutan yang memuat sekaligus dapat menghantarkan listrik.

Sedangkan larutan non elektrolit merupakan kebalikannya yang tidak bisa menghantarkan listrik. Adapun contoh masing-masing, larutan elektrolit yakni HCL dan larutan non elektrolit yakni larutan gula. Selain definisi dan jenis, dalam buku ini juga dibahas soal sifat koligatif larutan. Dimana sifat ini merupakan sifat larutan yang hanya bergantung pada konsentrasi molekul zat terlarutnya saja.

Adapun tipenya terbagi menjadi empat yaitu kenaikan titik didik, penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan tekanan osmotik atau osmosis. Selain bergantung pada konsentrasi molekul zat terlarut, sifat koligatif larutan bergantung pada jenis larutannya. Oleh karenanya, larutan elektrolit dan non elektrolit juga memiliki sifat yang berbeda.

Contoh Resume Kegiatan

Contoh Resume Kegiatan
thegorbalsla.com

Salah satu kegiatan rutinan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Kimia adalah Kegiatan Acara Malam Keakraban atau Makrab. Kegiatan ini rutin dilakukan guna mempererat persaudaraan yang terjalin antar sesama mahasiswa Program Studi Kimia baik yang lama maupun baru.

Acara makrab sendiri diadakan pada hari Sabtu hingga Minggu tertanggal 7 dan 8 Sepetember 2018. Dimana pelaksanaan nya di Desa Panggung Kalak Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Dalam kegiatan makrab, panitia yang tergabung adalah 25 orang sedangkan peserta yang mengikuti adalah 70 orang.

Sedangkan pengisi materi berjumlah tiga orang. Adapun staf pengajar yang ikut hadir ada tiga orang. Selain itu, pihak-pihak yang terlibat diantaranya pembina kegiatan dari Desa Panggung Kalak, petugas konsumsi dan petugas dokumentasi. Di hari Sabtu pagi, seluruh panitia beserta peserta makrab berkumpul di halaman parkir utama Fakultas FTIK pukul 05.30.

Baru kemudian, setelah seluruh panitia dan peserta telah check in, secara bersamaan berangkat menggunakan bis menuju Desa Panggung Kalak pukul 06.00 WIB. Berselang waktu perjalanan dua jam, pukul 08.00 WIB tiba dan kemudian acara dibuka oleh MC.

Di hari pertama acara, kegiatan meliputi sambutan, permainan berkelompok, diskusi umum dan juga pertunjukan seni yang berakhir hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan di hari kedua acara dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali dengan senam SKJ bersama-sama.

Kemudian dilanjutkan kembali dengan materi yang diisi oleh alumni, studi kasus dan di penghujung acara adalah persiapan pulang pada pukul 11.00 WIB. Pukul 11.30 WIB para peserta juga panitia berkumpul di lapangan untuk kemudian dilanjutkan perjalanan pulang dengan bus.

Contoh Resume Makalah

Contoh Resume Makalah
sarungpreneur.com

Makalah dengan judu ‘Sejarah Kebudayaan Islam’ menjelaskan tentang kebudayaan Islam pada masa Kenabian sekaligus selepas masa Kenabian.

Dalam makalah ini mengulas banyak soal kebudayaan yang tumbuh di masa kepemimpinan Nabi Muhammad Saw dan Para Sahabat sebagai Khalifah setelahnya. Bahasan utamanya tentu berupa kebudayaan pada masa Nabi dimulai di Mekah. Yang ditandai sejak turunnya Al-Qur’an pertama kali.

Makalah ini juga membahas beberapa prioritas dakwah yang dilakukan oleh Nabi Saw. Adapun penjelasannya prioritas tersebut antara lain soal persamaan hak bangsawan dan bangsa sahnya. Kemudian adanya larangan taklid orang tua dan larangan membuat patung. Singkatnya langkah yang dilakukan oleh Nabi semasa hidupnya untuk membangun kebudayaan Islam, adalah:

  1. Mendirikan Masjid di Quba
  2. Mempersaudarakan dan menjalin hubungan baik antara kaum Muhajirin dan Anshar
  3. Membentuk dasar tatanan baru nilai kemasyarakan dengan penduduk Madinah

Setelah masa Kenabian berkahir dengan wafatnya Nabi Muhammad Saw, kemudian tampuk kepemimpinan di ampu oleh sahabat Nabi sekaligus mertuanya yakni Abu Bakar As Shidiq selama dua tahun. Kemudian digantikan oleh Umar bin Khattab dengan masa kepemimpinan sepuluh tahun lamanya.

Semasa kepemimpinan Umar, umat Islam kala itu memiliki sejumlah kemajuan yang signifikan. Diantaranya adalah dibangunnya pengadilan, dibentuknya sistem administrasi negara, dan ditambahkan nya shalat teraweh di bulan Ramadhan. Sayangnya, kepemimpinan Umar bin Khattab arus terhenti karena wafat akibat tragedi pembunuhannya oleh budak Abu Lu’lu’lah.

Khalifah berikutnya digantikan oleh Ustman bin Affan, yang mana kepemimpinannya di jabat hingga duabelas tahun. Pada masa kepemimpinannya, banyak kemajuan yang diperoleh seperti pembangunan masjid, penulisan Al-Qur’an juga pembangunan sarana prasana yang semakin maju seperti bendungan.

Sayangnya kemajuan ini juga dibarengi dengan hal negatif dengan adanya nepotisme di kalangan pemerintah. Terakhir, Kjalifah penutup pada masa Khulafaurrasyidin yakni Ali Bin Abi Thalib. Sayangnya, pada masa kekahlifahannya diwarnai oleh berbagai konflik baik itu ekonomi, sosial dan politik.

Terjadinya perpecahan golongan pada masa Ali, yaitu pengikut Ali dan golongan yang keluar barisan Ali. Hal tersebut juga dikarenakan tidak dibaiatnya Ali secara bulat. Demikian sedikit penjelasan dari makalah tersebut. Adapun kesimpulannya baik di masa kenabian dan setelahnya kebudayaan Islam tumbuh bersamaan dengan umat Islam, dan di tiap masanya pun memiliki kekurangan juga kelebihan masing-masing.

Contoh Resume Keperawatan

Contoh Resume Keperawatan
www.bukumedis.com

Berikut contoh resume keperawatan yang umum digunakan di bidang kesehatan, baik puskesmas, klinik dan rumah sakit.

Data Umum

1. Identitas Klien

Nama: An Kelva Azzahra

Tanggal Lahir: 01 Mei 2016

Umur: 3 Tahun 4 Bulan

Berat badan: 16 Kilogram

Jenis Kelamin: Perempuan

Alamat: Kepanjen Kidul RT. 06 RW. 02

Agama: Islam

Diagnosa: Tipes

2. Identitas Orang Tua:

a. Ayah:

Nama: Tn. Kelvin Ramasta

Umur: 32 tahun

Agama: Islam

Alamat: Kepanjen Kidul RT. 06 RW. 02

Pekerjaan: PNS

b. Ibu:

Nama: Ny. Rachelia Van

Umur: 31 tahun

Agama: Islam

Alamat: Kepanjen Kidul RT. 06 RW. 02

Pekerjaan: Wirausaha

Pengkajian

1. Keluhan Utama

a. Demam tinggi dan pucat pasi

b. Penurunan nafsu makan, dan sulit untuk diminta minum

c. Mual dan muntah setelah makan

2. Riwayat Keluhan Utama

Mengalami deman dan panas tinggi sejak dua hari yang lalu. Suhu badan naik turun dan mengalami penurunan nafsu makan. Hari berikutnya, setelah makan anak mengalami mual dan muntah. Sangat sulit diminta untuk minum.

3. Riwayat Penyakit Terdahulu

Belum mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Biasanya hanya mengalami demam saja. Apabila demam tinggi dan ditangani dengan baik dan istirahat yang cukup keesokannya akan kembali normal.

4. Riwayat Penyakit Keluarga

Tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Pemeriksaan secara Fisik

1. Kesadaran: Compos Mentis

2. Sistem pernapasan:

  • Hidung:
  1. Inspeksi : Simetris (terjadi pernapasan dengan cepat)
  2. Palpasi : Tidak ada
  • Dada:
  1. Inspeksi : Pernapasan dada
  2. Palpasi : Tidak ada

Pengelompokan Data

DS :

  • Orang tua dari pasien menyebutkan bahwa sejak dua hari yang lalu anak mengalami demam yang tak kunjung turun.
  • Di hari berikutnya anak tidak nafsu makan juga tidak mau minum, bahkan mengalami mual dan muntah setelah makan.

DO :

  • Anak mengalami demam tinggi
  • Anak tidak nafsu makan dan lemas
  • Anak mengalami mual dan muntah

Diagnose Keperawatan

1. Demam tinggi dan mual menyebabkan anak kurang nafsu makan sehingga cairan dalam tubuh ikut berkurang.

Intervensi

1. Demam dan mual membuat anak kekurangan cairan dalam tubuh akibat dehidrasi dan kurangnya asupan makan dan minum.

  • Tujuan: Anak harus tetap diberi kebutuhan cairan

Intervensi : Berikan paracetamol dan antibiotik untuk menurunkan demam anak juga vitamin untuk membantu menumbuhkan nafsu makan anak. Usaha minum air putih yang banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Implementasi

a. Diagnose Satu (I)

1. Beri paracetamol dan antibiotik untuk menurunkan deman, serta vitamin dan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

H : Orang tua dari pasien harus memberikan obat yang dianjurkan dan minum air putih.

Evaluasi

  • Demam pada anak sudah turun dan tidak lagi merasa lemas
  • Nafsu makan pada anak cukup meningkat
  • Tidak lagi mengalami mual dan muntah saat setelah makan
  • Orang tua pasien rutin memberikan obat yang dianjurkan

Contoh Resume Magang

Contoh Resume Magang
glints.com

Pada dasarnya magang merupakan salah satu bagian dari suatu pelatihan kerja. Magang haruslah dilaksanakan oleh para Mahasiswa tingkat akhir sebagai ketentuan penyelesaian dari studinya. Ketetapan dari Magang telah diatur jelas dalam Undang-undang. Tepatnya telah tercantum di Undang-undang No. 13 tahun 2003. 

Dimana, dalam Undang-undang tersebut disebutkan bahwasanya magang dilaksanakan dengan terpadu dan sesuai dengan pengawasan instruktur. Adapun fungsi magang adalah untuk menguasai keterampilan dan mempraktikkan apa yang didapat selama menempuh studi.

Magang umumnya dilaksanakan dengan tujuan mahasiswanya lebih dini belajar mengenai serba serbi dunia kerja. Dunia kerja nyatanya berbeda dengan masa pendidikan. Saat ini banyak sekali kasus tentang kurangnya keterampilan mahasiswa dalam dunia kerja, bahkan fresh graduate sekalipun.

Mengapa demikian? Penyebabnya adalah disaat para mahasiswa menempuh pendidikan atau studinya banyak diantaranya hanya diajarkan sebatas teori dan pemahamannya saja. Tanpa sama sekali diberi contoh dan praktik nyata yang mana sangat berguna di dunia kerja nantinya.

Pada tangga 20 Agustus sampai 10 Oktober 2018 dilaksanakan kegiatan magang di perusahaan kosmetik PT. Cantika Jaya. Salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia ini, berlokasi di Sleman Jogjakarta. Sebelum pelaksanaan magang, adapun perjanjian yang harus dipatuhi dan ditaati antara peserta dan perusahaan dengan poin:

  1. Hak dan kewajiban tiap tiap peserta magang
  2. Sejumlah biaya yang dikenakan
  3. Bidang terpilih oleh peserta magang
  4. Jangka waktu pelaksanaan magang

Dalam pelaksanaan magang, keterampilan yang didapat adalah cara melakukan proses produksi, mulai dari penyiapan bahan sekaligus pengemasan bahan. Dengan magang, diperoleh cara komunikasi yang baik dari interaksi peserta magang dengan karyawan tetap perusahaan. Keterampilan tambahan yang diperoleh juga cara pendistributoran barang jadi ke tangan konsumen.

Proses distributor ini mulai dari pengemasan, pengepakan, pendataan, pemasukan barang ke dalam kardus hingga ke truk-truk untuk sampai ke konsumen. Kesimpulan akhirnya magang penting untuk mahasiswa sebagai salah satu bentuk pengalaman untuk menghadapi dunia kerja. Dengan magang pun, para mahasiswa diharapkan menjadi lebih terampil dan cakap dalam bekerja.

Contoh Resume Skripsi

Contoh Resume Skripsi
www.nesabamedia.com

Bagi seorang mahsiswa tingkat akhir, skripsi adalah kewajiban akhir yang menjadi syarat kelulusan sehingga dapat menyandang gelar sarjana. Salah satu skripsi yang menarik untuk di bahas adalah ‘Sikap-sikap yang Perlu Dihindari saat Bergadang’ oleh Mochammad Shaleh pada tahun 2017. Adapun kesimpulan akhir, bahwa beberapa sikap yang perlu dihindari saat bergadang adalah:

  • Sikap cuek dan tidak ramah
  • Sikap pesimis
  • Sikap terlena

Baca Juga Contoh Latar Belakang

Hanya inilah yang dapat di ulas dari contoh resume terbaik dan pilihan. Resume bukan sekedar merangkum atau meringkas suatu teks. Tapi juga bagaimana kita memahami dan menangkap pokok utama bahasan dam suatu teks. 

Tinggalkan komentar