18 Buah Untuk Ibu Hamil yang Baik Bagi Kesehatan

Buah untuk ibu hamil – Ibu hamil lebih banyak membutuhkan nutrisi daripada kondisi yang biasanya. Karena pada masa kehamilan ini, wanita tidak hanya mencukupi nutrisi untuk dirinya saja namun juga untuk bayi yang ada didalam kandungannya. Sebab itulah ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan pola makan.

Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat dibandingkan ketika sebelum masa kehamilan, hal ini dikarenakan ibu hamil perlu memberikan asupan yang baik untuk tubuhnya. Selain itu juga harus memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh janin yang ada di dalam kandungannya.

Tidak perlu bingung untuk memilih makanan seperti apa yang baik untuk ibu hamil, karena ada banyak sekali makanan sehat yang dapat di konsumsi ibu hamil. Makanan yang sangat baik untuk ibu hamil salah satunya adalah buah-buahan, karena banyak sekali kandungan yang pada buah-buahan yang cukup untuk memenuhi nutrisi selama masa kehamilan.

Ada begitu banyak sekali kandungan nutrisi dan serat yang terdapat dalam buah-buahan dan tentunya sangat di butuhkan ketika hamil. Diantara kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah adalah kalium, beta karoten, dan asam folat. Kandungan tersebut tentu sangat baik bagi ibu hamil, karena mampu menjaga kesehatan tubuh ibu dan bayi dalam perut.

Mengkonsumsi buah bagi ibu hamil bukan hanya sekedar anjuran saja, namun memang wajib di konsumsi setiap harinya sebanyak 2 sampai 4 sajian buah. Namun tidak semua buah dapat di konsumsi oleh ibu hamil, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak di konsumsi, bahkan juga ada beberapa buah yang tak boleh dikonsumsi sewaktu hamil.

Yang perlu diingat, ketika wanita dalam masa hamil dia wajib untuk lebih memperhatikan kondisi kehamilannya. Dengan cara apa? Yaitu dengan memberikan nutrisi yang baik dan tepat yang di butuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini dapat diperoleh dari makanan terutama buah-buahan yang memang banyak diketahui kaya oleh nutrisi dan vitamin.

Namun jangan pula berlebihan dalam mengkonsumsi buah-buahan, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Alangkah lebih baiknya jika di konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi buah, sehingga mengetahui manfaat baiknya.

Karena jika mengkonsumsi buah-buahan ketika hamil dengan tanpa memperhatikan jumlah nutrisinya, bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu bahkan bayi yang ada dalam perut.

Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa pembahasan yang bisa dijadikan untuk referensi mengenai buah-buahan yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Buah Alpukat

Buah Alpukat
doktersehat.com

Buah ini berwarna hijau dan memiliki banyak nutrisi yang ada di dalamnya. Buah alpukat kaya akan zat bergizi yakni vitamin K, vitamin B, vitamin C, Kalium, Kolin dan Magnesium. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah alpukat tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Seringkali ibu hamil merasa mual di masa awal-awal kehamilan, kandungan Magnesium dan Kalium yang terdapat dalam buah alpukat ini bermanfaat untuk membantu meredakan mual. Sehingga cocok sekali jika di konsumsi semasa awal-awal kehamilan.

Gejala kram yang biasanya muncul ketika hamil juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah ini. Memakan buah alpukat juga baik bagi bayi karena bisa menjaga perkembangan otak dan syaraf pada bayi. Ibu hamil bisa mengolah buah ini menjadi jus atau di konsumsi langsung, bisa juga diolah menjadi beberapa menu masakan.

Buah Mangga

Buah Mangga
www.nuasa.web.id

Buah mangga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Buah mangga ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. 

Kandungan vitamin C berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi sembelit. Dan kandungan vitamin A yang sangat banyak dalam buah mangga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh bayi yang ada dalam kandungan supaya terhindar dari macam-macam gangguan sistem pertahanan.

Buah mangga ini juga banyak di cari ibu hamil ketika sedang mengalami masa ngidam. Buah mangga merupakan buah di segala musim, sehingga mudah untuk mencari buah mangga setiap waktu. Kebutuhan akan vitamin C dalam satu hari, bisa didapatkan di dalam semangkuk buah mangga.

Buah Semangka 

Buah Semangka 
www,idntimes.com

Kandungan air yang cukup banyak pada buah semangka bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil agar tidak mengalami dehidrasi. Buah semangka ini selain segar rasanya juga manis, bisa dinikmati langsung atau juga bisa di olah menjadi jus semangka.

Buah semangka kaya akan kandungan vitamin, potasium dan magnesium yang berfungsi untuk membantu mengurangi kram otot yang memang seringkali dialami oleh ibu hamil, terlebih ketika memasuki kehamilan trimester terakhir.

Buah Cherry

Buah Cherry
sahabatnesia.co.id

Kandungan vitamin C di dalam buah cherry sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Buah cherry sangat bagus jika di konsumsi oleh ibu hamil, karena bisa membantu untuk meningkatkan persediaan darah ke plasenta dan juga bayi. Sehingga membuat plasenta bisa lebih efisien.

Seringkali ibu hamil ini memiliki gangguan susah tidur karena dilanda kecemasan. Maka mengkonsumsi buah cherry ini sangat bagus bagi ibu hamil karena dapat meredakan kecemasan sehingga membuat tidur lebih terasa nyenyak.

Biasa wanita ketika hamil mengalami gangguan tidur akibat kecemasan, maka buah cherry ini mengandung kandungan melotin yang bisa merangsang pertumbuhan sel untuk membantu ibu hamil bisa tidur lebih nyenyak.

Buah Jeruk

Buah Jeruk
kumparan.com

Selain buah cherry, buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Terdapat kandungan folat dan asupan cairan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil di dalam buah jeruk yang berfungsi untuk menghindari dehidrasi. 

Manfaat dari vitamin C adalah sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah adanya kerusakan pada sel. Manfaat lainnya yaitu untuk penyerapan zat besi. Untuk mencegah janin mengalami kecacatan otak dan saraf tulang, buah jeruk ini cocok sekali di konsumsi karena terdapat kandungan folat di dalamnya.

Sangat mudah sekali mendapatkan buah jeruk untuk di konsumsi setiap hari oleh ibu hamil, karena memang buah jeruk ini ada di setiap musimnya. 

Jambu Biji 

Jambu Biji 
lifestyle.okezone.com

Jambu biji adalah salah satu buah tropis yang mudah didapatkan. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, karatenoid, flavanoid dan polifenol. Jambu biji juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstabilkan tekanan darah selama waktu kehamilan.

Kandungan nutrisi dalam buah jambu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan dapat pula mengurangi konstipasi. Manfaat lainnya dari buah jambu yaitu dapat melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang kini sedang hamil, buah jambu ini cocok sekali jika dibuat bahan utama sebagai jus yang tentu rasanya nikmat dan segar.

Buah Apel

Buah Apel
hellosehat.com

Buah apel sangat cocok jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah apel seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E dan Zinc yang semua diperlukan oleh ibu hamil Selain nikmat buah apel ini juga makanan yang sehat untuk ibu hamil.

Karena itu tadi, buah apel memiliki banyak sekali kandungan zat gizi dan nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Manfaat buah apel ini yaitu untuk mempercepat pertumbuhan bayi dalam perut dan juga bisa menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya jika mengkonsumsi buah apel ketika hamil akan mengurangi resiko asma pada bayi dalam kandungan dan juga ibu hamil.

Buah Pisang

Buah Pisang
lifestyle.sindonews.com

Siapa yang tak tahu buah yang satu ini, kulitnya berwarna kuning dan memiliki rasa manis dan mudah sekali di dapatkan. Buah pisang menjadi rekomendasi makanan sehat yang tepat untuk ibu hamil karena buah ini memiliki kandungan kalium dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kandungan ini memiliki manfaat untuk memasok energi dan untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Bagi ibu hamil yang sering mengalami mual dan muntah, buah pisang ini baik sekali untuk di konsumsi.

Kandungan lain yang ada pada buah pisang yakni vitamin B6 dan vitamin C serta serat yang diperlukan oleh ibu hamil. Buah ini juga bisa dimakan langsung atau dijadikan olahan lain seperti ditambah dengan yoghurt dan untuk di makan bersama  buah yang lain.

Buah Kurma

Buah Kurma
www.gulalives.co

Buah manis yang satu ini sangat terkenal jika memasuki bulan puasa, namun jangan salah ternyata buah ini juga bagus sekali untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Kandungan glukosa yang sangat tinggi mencapai 60 sampai 70 persen, kandungan glukosa yang tinggi ini sangat baik untuk memenuhi asupan energi harian yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Buah kurma juga banyak memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk ibu hamil seperti zat besi, vitamin B kompleks dan juga kalium. Selain itu buah ini juga sangat baik untuk bayi dalam perut, karena dapat meningkatkan rangsangan syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan otak pada bayi.

Agar lebih mudah dan hemat, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah kurma secara langsung. Namun buah kurma juga dapat dijadikan sebagai bahan kue

Buah Aprikot

Buah Aprikot
hellosehat.com

Ada sebagian orang yang belum pernah melihat atau tidak tahu bagaimana sih buah aprikot. Buah aprikot ini berwarna kuning dan juga banyak mengandung vitamin dan beta karoten kalsium, potasium dan juga zat besi.

Maka dari itu, ibu hamil sangat cocok mengkonsumsi buah ini karena nutrisi yang terdapat di dalamnya bisa membantu tumbuh kembang bayi semenjak di dalam perut. Kebutuhan akan zat besi pada wanita hamil bisa meningkat hingga 50 persen daripada ketika kondisi tubuh normal.

Untuk itu buah aprikot ini ketika di konsumsi ibu hamil bisa berfungsi untuk menyediakan asupan zat besi untuk ibu hamil.Jika sudah bosan mengkonsumsi buah yang itu-itu saya, ibu bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah aprikot.

Buah Pepaya

Buah Pepaya
kumparan.com

Berikutnya buah yang baik untuk di konsumsi ibu hamil adalah pepaya. Bukan pepaya yang masih hampir matang, tetapi yang bagus adalah pepaya yang memang sudah benar-benar matang. Karena sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit terdapat pada buah pepaya yang matang.

Ibu hamil kerap kali mengalami sembelit maka untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan buah pepaya untuk di konsumsi. Terlebih buah pepaya ini kaya akan vitamin C dan vitamin E. Tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah pepaya yang masih belum matang, karena buah pepaya yang belum matang mengandung letak di dalamnya sehingga memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

Supaya lebih aman, alangkah lebih baiknya jika ingin mengkonsumsi buah pepaya ini ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sehingga dapat mengetahui seberapa banyak ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya.

Buah Anggur

Buah Anggur
www.idntimes.com

Terdapat nutrisi yang baik pada buah anggur yang bagus dikonsumsi bagi wanita hamil. Buah anggur kaya akan kandungan folat, magnesium dan beberapa vitamin.

Kandungan magnesium yang terdapat dalam buah anggur bermanfaat untuk mengurangi kram yang biasa terjadi ketika masa kehamilan. Manfaat lain yang diperoleh dari mengkonsumsi buah anggur yaitu dapat memperlancar pencernaan sewaktu hamil dan dapat menambah metabolisme untuk ibu hamil.

Buah Lemon

Buah Lemon
www.pegipegi.com

Buah melon ini memiliki rasa yang asam, namun baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil yang biasanya sering mengalami mual muntah di bulan-bulan pertama masa kehamilan yang membuat kondisi perut menjadi kurang nyaman.

Gejala mual muntah pada ibu hamil disebut neusea, hal ini bisa diatasi dengan manfaat buah lemon sebagai minuman. Bisa dengan cara meminum lemonade atau air lemon langsung. Dan juga buah lemon ini dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga menghindari sembelit. Manfaat lainnya bisa juga untuk menjaga enemel gigi agar membuatnya lebih kuat lagi.

Buah Nanas

Buah Nanas
www.idntimes.com

Selama banyak wanita yang tidak mau untuk mengkonsumsi buah nanas ketika dirinya sedang masa kehamilan. Kebanyakan mempercayai jika buah ini bisa menggugurkan kandungan, sehingga harus dihindari semasa hamil. Karena bisa membahayakan bayi yang ada dalam perut.

Tetapi faktanya hingga kini belum terdapat penelitian yang bisa membuktikan jika mengkonsumsi buah nanas sewaktu hamil dapat membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Didalam buah nanas terdapat kandungan yang bernama bromelain, maka jika mengkonsumsi buah nanas dengan jumlah yang banyak, dipercaya dapat menyebabkan pendarahan yang bisa membahayakan kehamilan.

Yang lebih membahayakan lagi dapat menyebabkan keguguran ketika hamil. Namun dalam satu buah nanas, justru terdapat banyak nutrisi yang di baik untuk ibu hamil, yaitu  kaya akan vitamin B6, vitamin C, zat besi, asam folat, magnesium dan masih ada nutrisi lain yang baik untuk kebutuhan ibu hamil.

Bahkan didalam satu sajian buah nanas, kandungan bromelainnya sangat kecil kemungkinannya menyebabkan terjadinya gangguan sewaktu masa kehamilan.

Untuk ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif, alangkah lebih baiknya untuk menghindari konsumsi buah nanas dengan berlebihan. Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ketika ingin mengkonsumsi buah nanas ketika hamil ya.

Buah Pir

Buah Pir
www.khasiatsehat.com

Ibu hamil sangat cocok mengkonsumsi buah pir karena didalamnya kaya akan kandungan asam folat. Untuk menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil, didalam buah pir juga sumber serat yang bagus yang di butuhkan oleh ibu hamil.

Dengan mengkonsumsi buah pir ini juga akan meningkatkan asupan serat yang akan membantu ibu hamil agar perutnya tidak merasakan kembung. Namun, penting juga selain banyak membutuhkan kandungan serat dari buah pir juga harus banyak-banyak mengkonsumsi air putih sebagai penyeimbangnya.

Buah Delima 

Buah Delima 
www.alodokter.com

Jika ibu hamil kekurangan zat besi, maka buah delima menjadi salah satu buah yang bisa di makan sehingga dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil. Kandungan vitamin K yang terdapat didalam buah delima memiliki manfaat untuk membentuk tulang bayi dan juga memperkuat tulang ibu.

Banyak sekali kandungan nutrisi yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah delima. Selain itu buah ini juga memberikan banyak sekali energi yang di perlukan oleh tubuh ibu hamil seperti zat besi, folat, kalsium, protein serta nutrisi yang lainnya.

Buah Kiwi

Buah Kiwi
m.jitunews.com

Buah kiwi merupakan buah yang tidak hanya bisa dinikmati tidak hanya dagingnya saja namun juga dengan kulitnya. Kulit buah kiwi ini diketahui mempunyai manfaat untuk bisa menyembuhkan sistem respirasi atau sistem pertukaran gas.

Selain itu juga mampu membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat ketika waktu cuaca dingin. Manfaat yang lainnya yaitu dapat mencegah pembekuan darah yang dapat membahayakan. Dan juga kandungan zat besi dalam buah kiwi juga sangat di butuhkan oleh ibu hamil. 

Buah Strowberi atau Blueberry

Buah Stroberi atau Blueberry
hellosehat.com

Buah-buahan bery ini sangat bagus untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Karena banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan ini seperti folat, kalium dan vitamin C.

Fungsi kandungan kalium dalam buah berry yaitu bisa menjaga tekanan darah sewaktu masa kehamilan. Sedangkan manfaat dari kandungan folat da vitamin C yaitu dapat membantu mencegah anemi pada ibu hamil.

kandungan serat yang terdapat di dalam buah-buahan berry ini bagus untuk sistem pencernaan pada ibu hamil. Nah itu tadi beberapa buah yang bagus jika di konsumsi oleh ibu hamil, selain menyehatkan buah-buahan diatas juga tentu rasanya nikmat dan menyegarkan. 

Namun yang perlu diingat, meskipun buah-buahan di atas merupakan buah yang menyehatkan dan baik ketika dikonsumsi sewaktu hamil, namun ibu-ibu juga harus tetap memperhatikan jumlah buah yang harus di konsumsi setiap harinya ya. 

Tidak berarti ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan di atas dengan jumlah yang berlebihan ya, tetap mengkonsumsi buah sesuai dengan kebutuhan saja. Karena memang ada beberapa buah jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan dampak yang tidak baik bagi ibu hamil dan janin yang sedang di kandung. 

Baca Juga Manfaat Temulawak

Agar mendapatkan manfaat yang cukup dan baik saat mengkonsumsi buah-buahan, akan lebih baiknya juga di konsultasikan dengan dokter yang lebih ahli saja. Sehingga ibu hamil tidak asal ketika akan mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya.

Tinggalkan komentar