15 Contoh Pidato Singkat Tentang, Pendidikan, Lingkungan, Islami, Dll

Contoh Pidato Singkat – Pidato adalah kegiatan untuk menyampaikan aspirasi, pendapat atau opini terhadap suatu hal di depan khalayak ramai. Bentuk pidato adalah seperti orasi, dan disampaikan dengan tujuan tertentu dan menggambarkan suatu hal yang umumnya merupakan topik hangat.

Pidato bisa untuk mengajak, menghimbau, memberikan informasi, dan lain-lain. Berikut beberapa contoh pidato singkat.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Indonesia

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Indonesia
moondoggiesmusic.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul dalam acara Hari Pendidikan Nasional.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Maksud dari kalimat ini adalah pendidikan memiliki peran untuk membangun kualitas sumber daya manusia suatu negara. Semakin baik dan berkualitas SDM negara tersebut, maka pandangan negara atau bangsa lain terhadapnya pun akan semakin baik.

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk mengenyam pendidikan yang layak. Seperti yang kita tahu, dulu di Indonesia wajib belajar 9 tahun, namun seiringnya berjalannya waktu, kewajiban belajar ditambah menjadi 12 tahun. Ini tentunya merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dalam bidang pendidikan.

Program pendidikan wajib belajar 12 tahun diharapkan dapat membentuk pola pikir anak bangsa serta dapat mencetak generasi bangsa yang cerdas, pintar, berbudi pekerti yang baik, serta berkarakter. Sehingga dapat bersaing dengan negara-negara maju yang lain, juga dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia tanpa meninggalkan nilai-nilai leluhur dari bangsa Indonesia itu sendiri.

Namun, semakin tinggi upaya pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, kendati begitu semangat belajar siswa makin kesini makin menyurut. Menyurutnya semangat belajar tidak hanya didorong oleh satu faktor, namun banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya. Diantaranya yaitu faktor keluarga lingkungan, lingkup pertemanan atau pergaulan, bahkan sampai cara belajar guru yang kurang menarik.

Hadirin yang saya hormati,

Selain dari sudut pandang siswa, pemerintah pun seharusnya bisa mengubah teknis pendidikan di Indonesia. Banyak siswa yang merasa dicekik dengan tugas, pr, praktikum, belum lagi kewajiban ekstrakulikuler di masing-masing sekolah. Mereka diharuskan ke sekolah dan belajar dari jam 7 pagi, dan pulang sore. Itu pun jika tidak ada kegiatan apa-apa.

Banyak negara yang maju dalam bidang pendidikan tetapi tidak menerapkan Ujian Nasional, salah satunya Finlandia. Finlandia menjadi salah satu negara dengan siswa paling cerdas, tetapi mereka tidak menerapkan jam sekolah satu hari full dan kewajiban mengikuti Ujian Nasional. Sistem mereka, apa yang disukai oleh siswa, guru dapat mendampingi hobi atau kesukaan siswa tersebut untuk mengembangkannya.

Banyak persoalan pendidikan di Indonesia yang masih menjadi masalah. Entah itu dari segi siswa atau tenaga pendidik nya. Karena itu, pemerintah seharusnya lebih banyak mencanangkan program-program belajar, dimana tidak mengekang siswa namun dapat secara tepat mencerdaskan anak bangsa dan memiliki budi pekerti yang baik. Ini merupakan pr bangsa Indonesia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter
moondoggiesmusic.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul dalam acara Hari Pendidikan Nasional.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, pendidikan berkarakter merupakan hal awal yang sangat penting untuk diajarkan dari kanak-kanak. Masa peralihan dari anak-anak ke remaja merupakan masa transisi yang sangat genting dan perlu bimbingan serta perhatian lebih oleh orang tua demi perkembangan menuju dewasa yang lebih baik. Selain berkembangnya fisik mereka, perkembangan mental juga sangat rentan dan perlu pengawasan.

Dalam upaya merealisasikan pendidikan karakter yang berlangsung secara nyata bukan hanya wacana semata, dibutuhkan paling tidak 3 komponen pendukung yaitu keluarga, guru atau tenaga pendidik di sekolah, serta masyarakat di lingkungan tempat anak tersebut tinggal. Pendidikan karakter di sekolah tidak semata-mata pembelajaran pengetahuan, tetapi lebih dari itu, seperti halnya penanaman moral.

Hadirin yang saya hormati,

Adapun metode atau cara agar dapat mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolah adalah dari tenaga pendidik yang dapat menjadi teladan yang baik bagi anak-anak atau siswa. Selain itu, pengajaran keagamaan dan kewarganegaraan sangat penting diajarkan dengan metode dua arah, yakni melibatkan anak-anak dalam setiap pembelajaran tersebut, baik itu bertanya atau menyatakan pengalaman empiric.

Salah satu hal yang sangat bermanfaat yang dapat membentuk mental dalam usia remaja adalah dengan mengikuti kegiatan pendidikan karakter, dimana pendidikan karakter dapat membentuk para remaja ke dalam keahlian khusus atau pun bakat-bakat yang melekat pada diri mereka sehingga nantinya saat dewasa mereka akan memiliki keahlian atau pun karakter yang bermanfaat bagi orang lain.

Selain beberapa manfaat tersebut, pendidikan karakter juga dapat melahirkan hal dan nilai-nilai positif terhadap diri mereka dan juga nilai-nilai sifat dan tata krama yang baik. Oleh karena itu, alangkah lebih baik dari sekarang seluruh orang tua, tenaga pendidik atau guru di sekolah, serta masyarakat dapat mendukung pembentukan karakter seorang anak.

Pendidikan berkarakter diharapkan mampu mengarahkan setiap anak dalam menyaring informasi yang didapatkan. Pada era globalisasi ini, budaya asing yang masuk ke Indonesia sudah tidak dapat terelakkan lagi. Karakter-karakter dari budaya asing tersebut banyak yang tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Dengan itu, anak-anak diharapkan dapat memilah karakter mana yang sesuai dan tidak.

Seperti yang bisa kita lihat, remaja saat ini sudah sangat terpengaruh oleh hedonism dan kehidupan yang tidak mengenal batas. Hal ini bisa dilihat dari beberapa data yang ada, seperti fakta yang ditemukan oleh salah satu lembaga independent bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti seks bebas, berciuman dan bahkan berhubungan sesama jenis.

Data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) juga tidak kalah mengejutkan, bahwa pengguna narkoba dari kalangan remaja mencapai 79% pada tahun 2015. Persentase ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun 2014. Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Marilah kita bersama-sama menyelamatkan generasi penerus bangsa yang telah berada di ambang kehancuran ini. Jangan sampai bangsa kita dipenuhi dengan pemuda-pemudi yang tidak memiliki moral dan karakter yang baik. Oleh karena itu, kita harus bertindak secara cepat dengan membantu mereka menemukan jati diri mereka dengan cara memberikan pendidikan karakter.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah
www.maudisini.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato singkat saya yang berjudul “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”.

Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Karena itu, kita semua harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kita agar dapat hidup dengan nyaman. Seperti yang kita tahu, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ini menggambarkan bahwa di agama pun kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, nyaman dan menentramkan sehingga saat kita belajar, kita tidak akan terganggu dengan lingkungan yang kotor yang pastinya akan membuat kita sangat tidak nyaman dan tidak bisa berkonsentrasi untuk belajar. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan, seperti halnya jadwal piket harian.

Kebersihan lingkungan sebenarnya dapat dimulai dari diri kita sendiri, contohnya dengan mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya, melakukan 3M untuk mencegah DBD (Demam Berdarah), dan lain-lain. Apabila kita telah melakukan hal-hal kecil tersebut, maka kita dapat mengajak semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Banyak slogan-slogan yang menempel di sepanjang koridor sekolah kita, diantaranya “Bersih Pangkal Sehat” dan “Jagalah Kebersihan”. Tetapi, apakah selogan-selogan himbauan tersebut telah menggelitik hati kita untuk melakukan dan mengamalkannya? Banyak dari kita yang masih saja membuang sampah sembarangan, contohnya saja sampah bungkus-bungkus bekas jajanan kita.

Hadirin yang berbahagia,

Disediakannya tempat sampah bukanlah tanpa tujuan. Alasan disediakannya tempat sampah yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya, sehingga keadaan sekolah tidak seperti saat selesai sholat idul fitri atau idul adha yang penuh dengan koran bekas pakai, atau seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan untuk konser yang memiliki banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Selain itu, sampah-sampah yang ada dapat di daur ulang, hal pertama yang dilakukan yaitu dengan memisah sampah plastik dengan sampah dedaunan atau pun sampah organik. Sampah-sampah organik dapat dijadikan kompos, sedangkan sampah-sampah plastik dapat di daur ulang menjadi barang-barang kerajinan tangan atau pun hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Untuk itu, demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di sekolah, sangat perlu dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran setiap siswa untuk menjaga kebersihan. Dengan hal kecil seperti membiasakan membuang sampah sisa jajan setelah makan pun sudah membantu untuk menjadikan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar-mengajar.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas
www.wawasan-edukasi.web.id

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Di era globalisasi ini banyak remaja bahkan anak-anak yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah pergaulan yang berlebihan dan menyimpang yang melanggar aturan-aturan atau norma agama yang ada di masyarakat. Beberapa contoh pergaulan bebas adalah mabuk-mabukan, menggunakan narkoba, merokok, balapan liar, dan hamil diluar nikah,

Telah kita ketahui bersama bahwa pergaulan remaja saat ini telah melampaui batas-batas norma kita. Hal ini tentu membuat beberapa anak-anak terjerembab di dalamnya, dan hal ini tentunya sangat meresahkan orang tua. Keresahan mereka sangat beralasan, karena belakangan ini banyak media yang menayangkan dan membahas tentang pergaulan bebas.

Seperti kasus lainnya, pergaulan bebas tentu juga memiliki penyebab. Faktor yang menjadi munculnya pergaulan bebas antara lain kurangnya kasih sayang dari orang tua, misalnya saja anak broken home atau orangtua nya yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu untuk memantau kelakuan anaknya. Selain itu, teman dan lingkungan tempat tinggal pun menjadi faktor yang sangat mendukung.

Penggunaan internet yang tidak bijaksana juga sangat mempengaruhi pergaulan bebas. Jika sebab-sebab tersebut tidak teratasi, maka anak-anak akan semakin terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Bukan tidak mungkin jika anak-anak mesti menanggung konsekuensi negatif akibat pergaulan bebas, seperti kecanduan obat-obatan terlarang, prestasi yang menurun drastis, atau berbagai masalah kriminal.

Data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), sebagian besar para pemakai narkoba berasal dari para remaja dan hal yang mengejutkan adalah hampir 50% remaja wanita di kota-kota besar pernah melakukan hubungan bebas. Ini tentunya membuat kita miris karena pergaulan bebas sangat tak terelakkan lagi, dan bisa saja masa depan generasi muda menjadi rusak karenanya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk upaya pencegahan atau menghindari pergaulan bebas, antara lain mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat atau mengikuti ekstrakulikuler di sekolah sesuai minat dan bakat masing-masing. Selain itu, berani berkata “TIDAK” pada seseorang yang menawarkan atau mengajak untuk melakukan pergaulan bebas juga sangat penting.

Hadirin yang saya hormati,

Upaya lain yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu memberikan kasih sayang yang cukup, serta pengarahan yang tepat kepada anak-anak mereka. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup, anak-anak tidak akan merasa kecewa dan dikucilkan dan otomatis juga tidak akan melampiaskannya dengan melakukan tindakan negatif seperti halnya pergaulan bebas.

Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga patut untuk dilakukan. Dengan cara tersebut, dampak atau pengaruh positif akan tertular kepada anak, sehingga mereka tidak akan terjebak ke dalam pergaulan bebas. Penggunaan internet pun juga harus dibimbing supaya anak-anak tidak dapat mengakses konten negatif yang dapat memicu mereka untuk masuk ke pusaran pergaulan bebas.

Pergaulan bebas merupakan suatu perbuatan yang sangat tidak terpuji dan banyak merugikan diri sendiri maupun orang yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, kita harus menjauhi perbuatan tersebut dan saling menghargai antar sesama manusia agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan menyesal pada akhirnya. Alangkah lebih baik kita cegah dari sekarang.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan
prelo.co.id

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Kesehatan dalam diri kita ternyata bukan hanya kesehatan fisik saja. Namun, kesehatan mental pun menjadi aspek penting yang harus kita miliki. Maka tak heran, jika mata pelajaran olahraga di sekolah sering disebut dengan pendidikan kesehatan jasmani dan rohani, bukan pendidikan kesehatan jasmani saja.

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung, berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal. Dari hal ini dapat kita ketahui, menjaga kesehatan sangat penting hukumnya, untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan meraih prestasi yang banyak.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut mempunyai rakyat yang sehat di dalam bangsa tersebut. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat, begitu pula sebaliknya. Sebagai pelajar, menjaga kesehatan dalam dilakukan dari hal yang sederhana, contohnya seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi, lalu berangkat sekolah tepat waktu.

Agar kesehatan tetap terjaga, maka jagalah pula kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Jangan biarkan lingkungan menjadi kumuh, karena lingkungan kotor dan kumuh merupakan sarang dari segala bakteri dan penyakit. Selain menjaga lingkungan agar tetap bersih, mulailah untuk hidup sehat yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur.

Hadirin yang saya hormati,

Selain menjaga pola makan, istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai. Dengan istirahat yang cukup pula, kita sudah menjaga kesehatan jantung kita karena saat malam hari atau saat tidur jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Tidak ada sesuatu yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, dalam hal ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan metal. Bahkan kegagalan dan halangan malah akan dianggap sebagai pelajaran. Optimisme juga berdampak bagi kesehatan tubuh. Semakin kita merasa optimis, semakin sehat pula tubuh kita karena memompa semangat dan energi.

Kesehatan mental pun harus dijaga, tidak hanya kesehatan fisik kita. Dengan menjaga kesehatan mental kita, maka kita tidak akan mudah mengalami tekanan batin atau depresi akut yang dapat mengakibatkan diri kita melakukan tindakan berbahaya yang dilarang, salah satunya bunuh diri. Beribadah dan berdoa merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap individu.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat yang Benar

Contoh Pidato Singkat yang Benar
obatrindu.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama remaja yang senantiasa bergaul dengan majunya teknologi. Internet zaman sekarang bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular atau yang biasa kita sebut dengan smartphone yang memiliki koneksi internet, internet sudah dapat diakses dengan mudahnya.

Selain melalui smartphone, internet juga dapat diakses di warung-warung penyedia internet yang biasa kita sebut dengan Warnet (Warung Internet). Banyak hal yang dapat dicari di internet, baik itu pelajaran, pengetahuan, berita, informasi, atau hanya sekedar ingin menonton vlog terbaru dari youtuber favorit kita. Dunia informasi tanpa batas, begitu orang-orang menyebutnya.

Teknologi internet sudah sangat maju sekarang ini. Dahulu, internet sangat jarang dipakai karena sebagian besar pengetahuan didapatkan di bangku sekolah. Internet pun dulunya hanya digunakan untuk bersosialisasi antar anggota keluarga atau kerabat yang jauh. Sekarang, internet sudah dapat dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan.

Informasi yang melimpah ruah serta kemudahan aksesnya membuat informasi-informasi yang didapat terutama oleh remaja sangat sulit dipilah. Semakin banyak manfaat dan sisi positif yang bisa kita dapat dari internet, semakin banyak pula mudharat atau sisi negatif yang ditimbulkannya. Bahkan, zaman sekarang kejahatan banyak dilakukan hanya melalui internet.

Hal-hal ini tentunya dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari anak-anak, sehingga dengan semakin seringnya anak-anak menggunakan serta mengakses internet, semakin tidak berkontrasi juga mereka di sekolah. Pemikiran mereka hanya ingin terus membuka internet, bisa kita lihat contohnya zaman sekarang anak-anak tidak bisa lepas dari smartphone mereka.

Hadirin yang saya hormati,

Remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan di sekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominan atau sedang marak yang berada di sekitarnya, jadi kemungkinan terjadinya perubahan drastis dalam masa-masa remaja atau masa-masa peralihan ini akan mendorong ke arah mana remaja itu akan berjalan, ke arah positif atau negatif, tergantung dari mana dimulainya.

Remaja yang kesahariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi di sekitarnya, karena terbiasa mengetahui informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lain. Namun, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh internet dan informasi-informasi di dalam sana yang tidak disaringnya.

Maka dari itu alangkah baiknya jika remaja zaman sekarang bisa dengan bijak menggunakan internet serta menyaring informasi yang mereka dapat di dalam internet. Tidak ada yang salah dengan menggunakan dan mengakses internet, pun karena internet juga merupakan salah satu faktor majunya teknologi zaman sekarang. Tinggal dari diri sendiri menerimanya seperti apa.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba
angalul.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Saat ini, penggunaan narkoba di Indonesia jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Bahkan para pengedar dari luar negeri justru memanfaatkan orang Indonesia untuk membantu aksinya dalam meraup keuntungan yang besar dalam hal perdagangan dan penyelundupan narkoba.

Mengkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang sangat tidak terpuji dan tidak patut untuk ditiru, selain karena diharamkannya penggunaan narkoba, mengkonsumsi narkoba juga merupakan perbuatan keji yang harus kita jauhi karena hanya akan merugikan diri kita sendiri. Dampaknya pun akan terasa bukan hanya pada diri kita, tetapi juga dikucilkannya kita dari masyarakat.

Penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda kini kian meningkat. Padahal kita semua tahu bahwa obat-obatan terlarang itu tidak baik, hanya akan menimbulkan dampak negatif dalam diri kita. Tetapi masih banyak saja remaja dan generasi muda yang terjerumus ke dalamnya, hal ini tentunya sungguh memprihatinkan.

Narkoba sendiri merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang. Selain narkoba, ada juga yang disebut dengan Napza. Napza adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, dan Zat Adiktif lainnya. Zat adiktif sendiri adalah obat-obatan terlarang yang berbahaya dan mengakibatkan seseorang mempunyai rasa ketergantungan terhadap obat-obat tersebut.

Penyalahgunaan zat adiktif serta narkotika dapat memberikan efek yang sangat buruk terhadap masyarakat, sehingga dapat memberikan kerugian yang besar seperti gangguan kesehatan, tindak kekerasan, kriminalitas, perubahan perilaku, menurunnya produktivitas kerja, dan lain-lain. Tentunya hal-hal ini sangat merugikan diri sendiri.

Hadirin yang saya hormati,

Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, dapat diadakan penyuluhan-penyuluhan di setiap daerah baik di lingkungan sekolah atau pun masyarakat. Memberikan pengetahuan yang cukup tentang bahaya narkoba jika sampai dikonsumsi dan bagaimana narkoba dapat meracuni tubuh kita. Dan yang membuat prihatin adalah pengguna narkoba lebih banyak oleh anak-anak remaja dan sekolah.

Biasanya orang-orang melakukan penyalahgunaan narkoba untuk bersenang-senang atau melampiaskan amarah dan kesedihan mereka serta berusaha melarikan diri dari tekanan hidup yang sangat mengganggu mereka. Sekali terjerumus ke dalam narkoba, maka akan sangat sulit untuk keluar. Para pecandu narkoba pada umumnya berusia produktif yaitu pada pelajar.

Usaha pencegahan terhadap narkoba sudah sebaiknya menjadi tanggung jawab bersama, yaitu diantaranya orangtua, guru, serta masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai narkoba. Tetapi yang lebih menentukan bagaimana nantinya adalah diri sendiri, karena diri sendiri lah yang memilih jalan hidup kita akan bagaimana.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja

Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja
wawasan-edukasi.web.id

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Perlu kita ketahui, bahwa kenakalan-kenakalan yang dilakukan remaja zaman sekarang ini kian memprihatinkan. Merokok, berkelahi, tawuran, hingga penyalahgunaan narkotika dan perilaku bullying adalah bentuk-bentuk kenakalan remaja yang marah dilakukan remaja saat ini. Dampak buruk secara moral tentu saja sangat terasa.

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kenakalan remaja antara lain :

  • Kurangnya kasih sayang, perhatian dan pengawasan dari orang tua.
  • Minimnya ilmu agama.
  • Kebebasan yang berlebihan dan tidak ada batas.
  • Tidak adanya bimbingan kepribadian baik dari orang tua maupun pihak sekolah.
  • Perkembangan iptek yang berdampak negatif.

Dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhinya.

Beragam penyebab kenakalan remaja ini dapat berasal dari kesalahan mendidik oleh orang tua atau orang tua yang terlalu sibuk dalam bekerja hingga tidak memperhatikan perkembangan pergaulan lingkungan anak mereka, atau bisa juga disebabkan karena faktor pergaulan remaja yang salah memilih teman. Boleh saja berteman dengan banyak orang, namun harus berhati-hati pula dalam memilih teman.

Hadirin yang saya hormati,

Kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh remaja disebabkan oleh beberapa faktor, baik yang ada di dalam diri sang remaja, maupun yang ada di luar dirinya. Lemahnya kontrol diri di dalam diri remaja adalah faktor internal penyebab remaja melakukan kenakalan. Sementara itu, perceraian orang tua, teman dan lingkungan yang buruk menjadi faktor luar diri remaja.

Untuk menghindari kenakalan remaja supaya tidak akut, kita mesti bisa meminimalisir penyebab kenakalan remaja itu sendiri. Adapun upaya yang dapat kita lakukan antara lain dengan memberi teladan yang baik kepada remaja, serta memberikan motivasi untuk berbuat baik agar kontrol diri mereka lebih kuat, sehingga remaja pun tahan akan godaan untuk melakukan kenakalan remaja.

Para remaja di sekitar kita pun mesti kita didik supaya mampu memilih teman dan lingkungan yang baik, serta berani untuk menghindari dari teman dan lingkungan yang buruk dan merugikan diri sendiri serta membawa dampak negatif. Dengan melakukan upaya tersebut, niscaya remaja dapat terhindar dari perilaku kenakalan remaja dan mereka akan menjadi remaja yang berakhlak mulia.

Selain itu, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mencegah kenakalan remaja, diantaranya :

  • Perlu adanya kasih sayang dan perhatian dari orang tua.
  • Adanya kerjasama antara remaja itu sendiri, orang tua, pihak sekolah maupun pihak-pihak lain.
  • Perlunya pendidikan agama sejak dini untuk mempertebal keimanan remaja.

Marilah kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang yang hanya akan merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Gunakanlah masa-masa remaja kalian untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi diri kita sendirian, orang tua, dan juga orang lain. Dengan menggunakan masa remaja untuk hal positif, masa depan kita tentunya tidak akan hancur.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Zakat

Contoh Pidato Singkat Tentang Zakat
moondoggiesmusic.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang zakat. Zakat berasal dari kata zakka yuzakki yang artinya membersihkan. Zakat merupakan rukun islam yang keempat, karena itu zakat wajib dilaksanakan oleh setiap muslim di dunia. Sesuai dengan pengertian dari bahasa nya, zakat berfungsi untuk membersihkan harta seluruh umat muslim.

Zakat terdiri atas dua, yaitu zakat fitrah dan zakat mal atau zakat harta. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan yang dibayarkan paling lambat sebelum kaum muslimin selesai menunaikan ibadah sholat sunnah idul fitri. Zakat fitrah berfungsi untuk menyucikan, yang dijelaskan dalam Q.S. Al-A’Al ayat 14-15.

Diantara manfaat dari zakat salah satunya adalah mempererat silaturahmi atau persaudaraan terutama bagi saudara seiman yang berkecukupan dan yang membutuhkan. Tidak berhenti disitu, nantinya bersilaturahmi juga dapat memperpanjang usia pula. Siapa yang tidak ingin memiliki kesempatan hidup lebih lama untuk mempersiapkan bekal untuk di akhirat nanti.

Dengan berzakat juga dapat menjadi ungkapan rasa syukur terhadap nikmat atau rizki yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Sekaligus mengingatkan kita juga agar tidak tamak akan harta yang dimiliki, karena harta yang kita miliki bukan milik kita sepenuhnya namun anak milik orang yang membutuhkan di dalamnya.

Hadirin yang saya hormati,

Ada 8 nisab yang menjadi mustahik zakat atau orang yang berhak menerima zakat, antara lain fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharim, ibnu sabil serta fisabilillah. Fakir merupakan orang yang tidak mampu, tidak bekerja, serta tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Miskin merupakan orang yang memiliki pekerjaan namun gaji dari pekerjaannya tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Amil merupakan orang yang mengumpulkan zakat, muallaf merupakan orang yang baru masuk Islam sehingga perlu bimbingan untuk mendalami Islam. Hamba sahaya atau budak merupakan orang suruhan seperti dulu adanya perjualan budak. Gharim merupakan orang yang memiliki hutang dan tidak dapat membayar hutangnya meski masih bisa memenuhi kebutuhan.

Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah, berbeda dengan ibnu sabil yang memiliki artian orang yang sedang dalam perjalanan dan kehabisan bekal. 8 golongan tersebut merupakan mustahik atau orang yang berhak menerima zakat. Para penerima zakat itu menunjukan atau dapat terlihat manfaat zakat bagi mereka.

Banyak hadits yang menjelaskan tentang zakat fitrah. Dapat disimpulkan bahwa membayar zakat fitrah adalah wajib bagi setiap individu yang beragama Islam di setiap bulan Ramadhan, sedangkan orang-orang yang tidak membayar zakat fitrahnya, maka puasanya akan tergantung antara langit dan bumi, sesuai apa yang tertera dalam hadits.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Islami

Contoh Pidato Singkat Islami
thegorbalsla.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya menahan. Menahan disini pengertiannya luas, bisa saja kita sedang berpuasa menahan nafsu untuk melakukan ini dan itu, kita menahan lapar berarti kita harus bersabar dari rasa ingin makan sampai adzan maghrib yaitu untuk berbuka, atau contoh lain yaitu kita harus bersabar menghadapi perilaku buruk seseorang.

Dalam Islam, sabar merupakan salah satu pilar kebahagiaan seorang umat, seorang hamba. Ketika seseorang sanggup untuk bersabar, niscaya orang tersebut akan terjaga dari segala macam kemaksiatan yang akan menghancurkan hidupnya baik di dunia maupun di akhirat. Kesabaran juga akan membawa kita konsisten dalam menjalankan segala ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Selain itu, kesabaran juga dapat menjadi obat ketika mengalami berbagai macam cobaan. Karena dengan sabar, kita akan tabah menghadapi cobaan-cobaan tersebut. Jika diuji Allah dengan sebuah musibah, kita harus menghadapinya dengan sabar kemudian meyakinkan diri jika Allah menguji hamba-Nya sesuai dengan kemampuan hamba-Nya tersebut.

Tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut, karena dari awalnya memang tidak dapat menahan. Oleh karena itu perlunya kita mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Dengan memiliki kesabaran yang tiada batas, kita juga dapat memperoleh pahala yang seluas-luasnya.

Hadirin yang saya hormati,

Sabar memang tidak mudah, sabar adalah ujian, justru karena ketidak mudahan itulah Allah menguji hambanya seberapa hambanya dapat lolos dari ujian sabar. Jika kita lolos, kita selalu beristighfar dan berpikir positif terhadap segala ketentuan Allah dan niscaya kita akan mendapat beribu kemuliaan dan keberuntungan yang datang dari pintu mana pun.

Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat nanti. Dalam Al-Qur’an pun disebutkan bahwa akan ada balasan kedudukan-kedudukan tinggi di surga karena buah dari kesabaran.

Syeikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan sebuah ketaatan kepada Allah, menahan dari suatu perbuatan maksiat kepada Allah, dan menjaganya dari suatu perasaan & sikap marah dalam menghadapi taqdir Allah” (Syarah Tsalatsatul Ushul, hal. 24).

Karena datangnya ujian itu pasti, maka beruntunglah bagi manusia yang dalam menghadapi cobaan/ujian itu bersabar. Mau bagaimana pun manusia itu menanggapi suatu cobaan, cobaan itu tetap terjadi, maka alangkah meruginya manusia yang tidak mampu bersabar. Sekali lagi, Allah tidak akan menguji hamba-Nya diluar kemampuan dan kendali hamba tersebut.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Perpisahan

Contoh Pidato Singkat Perpisahan
penuliscilik.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota baru,

Yang terhormat para guru serta staff tata usaha SMA Negeri 1 Kota baru,

Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid,

Serta seluruh teman-teman yang berbahagia.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Di kesempatan yang berbahagia ini, saya sebagai wakil dari kelas 12 SMA Negeri 1 Kota baru mengucapkan selamat kepada seluruh teman-teman kelas 12 yang telah menyelesaikan rangkaian Ujian Akhir mulai dari Ujian Akhir Nasional sampai Ujian Akhir Sekolah dan sudah menempuh kelulusan dengan hasil yang baik.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang sudah berhasil meluluskan siswa-siswinya. Kelulusan dan keberhasilan kami tak luput dari upaya dan usaha guru-guru kami yang selalu sabar untuk mengajari kami dari nol hingga kami bisa dan berhasil sampai sejauh ini. Tidak ada yang dapat menandingi jasa guru kami yang terus memberikan support 3 tahun ini.

Hadirin yang berbahagia,

Sudah banyak sekali kenangan yang telah kita lewati selama 3 tahun bersekolah di SMA Negeri 1 Kota baru. Sudah banyak juga suka dan duka yang kita lewati bersama, tetapi jika ada pertemuan senantiasa juga akan ada perpisahan. Kini tiba saatnya kami melanjutkan fase pendidikan yang lebih tinggi di hidup kami, yaitu perguruan tinggi.

Pada kesempatan kali ini juga, saya mewakili teman-teman saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah mengorbankan seluruh waktunya untuk mendidik dan membimbing kami. Semoga Allah membalas semua jasa-jasa kalian, karena tanpa kalian kami tidak bisa apa-apa. Tanpa kalian kami tidak akan bisa menyelesaikan ini semua.

Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik perguruan tinggi negeri atau swasta, dalam negeri atau luar negeri, jalur undangan, beasiswa atau pun utusan daerah.

Untuk teman-teman seperjuangan yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mari kita teruskan perjuangan kita dan semoga kita bisa mendapatkan keberhasilan serta kesuksesan nantinya. Semoga kita semua bisa menggapai cita-cita yang kita inginkan. Terus semangat belajar, sampai jumpa di lain waktu.

Dimana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukan akhir dari segalanya. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Bahasa Inggris

Contoh Pidato Singkat Bahasa Inggris
deweezz.com

Good afternoon everyone.

My name is Kira Ramadhani and I’m on my 11th grader in Senior High School. I will explain about the cleanliness in our life and school. Clearliness is one of the most thing that very important for everyone to take care.

Cleanliness is one thing we should care for. Especially, the cleanliness of our classroom, the place where we study everyday. When our classroom is clean, the atmosphire of teaching and learning will be pleasant and comfortable. However, when our classroom is dirty, we, both teachers and students, will be uncomfortable and bothered when the activity of learning and teaching goes on.Therefore, the cleanliness of our classroom should always be kept. The students should not throw trashes away so that the floor will be always clean. We should also take care of our walls and bench; we should not scrawl it. Let us begin right now, to always keep our classroom clean in order we will always be fresh and comfortable when we are learning and studying.

That’s all from me, hope that can help us to think that clearliness is important. Thank you.

Contoh Pidato Bahasa Jawa

Contoh Pidato Bahasa Jawa
sahabatnesia.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak Kepala Sekolah ingkang dahat kinurmatan, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kota baru ingkang sinudarsana, sarta kanca-kanca ingkang kula tresnani. Mangga kula panjenengan sedaya sareng-sareng ngaturaken puja saha puji syukur dhumateng ngarsanipun Gusti Allah ingkang maha mirah, inggih awit saking kamirahanipun kula panjengan sedaya saged kempal wonten ing adicara pahargyan pengetan dinten kartini ing wekdal menika.

Bapak Kepala Sekolah, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kota baru saha kanca-kanca ingkang kula tresnani. Pengetan dinten Kartini wigatos sanget tumrap kula saha panjenengan sedaya. R.A Kartini ibaratipun kados dene sekar ingkang tansah ambabar ganda arum ing bangsa Indonesia. Labuh labetipun R.A Kartini saestu luhur sanget tumrap kaum wanita. Langkung-langkung ing wekdal menika upaya ingkang dipun tindakaken R. A. Kartini saged ndadosaken kangge majengipun bangsa Indonesia ingkang kita tresnani menika.

Bapak Kepala Sekolah, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kotabaru sahakanca-kanca ingkang suka ing basuki. Pancen sampun dados kodratipun wanita limrah nggadahi raos ingkang kalangkung alus. Sanadyan mekaten, greget ing manah tansah makantar pindha waja ngudi kautaman. Sadaya punika inggih awit saking pangaribawa lelabetanipun Ibu Kartini ingkang sampun tumancep saha ngrembaka ing manahipun wanita Indonesia. Kanthi mekaten menika, sumangga para kadang putri sami saged nglajengaken gegayuhan tuwin lelabetanipun Ibu Kartini ingkang luhur punika. Ingkang boten kenging dipunlirwakaken inggih punika ingkang tansah ngudi jati dhirinipun putri Indonesia. Putri Indonesia ingkang prasaja, mrantasi sadhengah karya.

Mugi-mugi wanita Indonesia saged gesang rukun, mat-sinamat, sih sinisihan, lan sami asah, asih, saha asuh. Cekap semanten atur kula, bilih kathah lepatipun kula nyuwun agunging pangapunten.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Hidup Rukun dan Damai

Contoh Pidato Singkat Tentang Hidup Rukun dan Damai
ruangseni.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Tentunya setiap orang menginginkan hidup rukun dan damai, tidak ada orang yang tidak menginginkannya. Hanya saja cara setiap orang meinterpretasikan dan meraihnya berbeda-beda. Hidup rukun dan damai juga akan menciptakan lingkungan yang aman, tenteram, damai dan tenang antar masyarakat.

Jika kita ingin mencapai hidup rukun dan damai, langkah pertama dan paling penting yang harus kita lakukan adalah mencintai sesama kita, baik manusia maupun lingkungan. Hanya dengan mencintai dan menghargai orang lain, kita dapat menerima perlakuan yang sama pula. Hanya dengan mencintai dan dicintai pula, kedamaian dan kerukunan dapat tercipta di kehidupan kita.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan
notepam.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Bapak dan Ibu yang terhormat serta teman-teman yang berbahagia,

Izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato singkat saya yang berjudul “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”.

Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Karena itu, kita semua harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kita agar dapat hidup dengan nyaman. Seperti yang kita tahu, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ini menggambarkan bahwa di agama pun kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, nyaman dan menentramkan sehingga saat kita belajar, kita tidak akan terganggu dengan lingkungan yang kotor yang pastinya akan membuat kita sangat tidak nyaman dan tidak bisa berkonsentrasi untuk belajar. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan, seperti halnya jadwal piket harian.

Kebersihan lingkungan sebenarnya dapat dimulai dari diri kita sendiri, contohnya dengan mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya, melakukan 3M untuk mencegah DBD (Demam Berdarah), dan lain-lain. Apabila kita telah melakukan hal-hal kecil tersebut, maka kita dapat mengajak semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Banyak slogan-slogan yang menempel di sepanjang koridor sekolah kita, diantaranya “Bersih Pangkal Sehat” dan “Jagalah Kebersihan”. Tetapi, apakah selogan-selogan himbauan tersebut telah menggelitik hati kita untuk melakukan dan mengamalkannya? Banyak dari kita yang masih saja membuang sampah sembarangan, contohnya saja sampah bungkus-bungkus bekas jajanan kita.

Hadirin yang berbahagia,

Disediakannya tempat sampah bukanlah tanpa tujuan. Alasan disediakannya tempat sampah yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya, sehingga keadaan sekolah tidak seperti saat selesai sholat idul fitri atau idul adha yang penuh dengan koran bekas pakai, atau seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan untuk konser yang memiliki banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Selain itu, sampah-sampah yang ada dapat di daur ulang, hal pertama yang dilakukan yaitu dengan memisah sampah plastik dengan sampah dedaunan atau pun sampah organik. Sampah-sampah organik dapat dijadikan kompos, sedangkan sampah-sampah plastik dapat di daur ulang menjadi barang-barang kerajinan tangan atau pun hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Untuk itu, demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di sekolah, sangat perlu dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran setiap siswa untuk menjaga kebersihan. Dengan hal kecil seperti membiasakan membuang sampah sisa jajan setelah makan pun sudah membantu untuk menjadikan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar-mengajar.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salah dan khilaf saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan komentar