11 Contoh Latar Belakang, Karya Ilmiah, Laporan PKL, Skripsi, Penelitian

Contoh Latar Belakang – Latar belakang adalah salah satu hal yang harus ada atau harus dibuat di dalam sebuah laporan, baik laporan skripsi atau jenis laporan karya tulis lainnya.

Misalnya di laporan skripsi, biasanya ada contoh latar belakang yang disimpan di bagian bab pertama. Lengkap dengan rumusan masalah dan tujuan ditulisnya skripsi tersebut, yang disesuaikan dengan judul dari skripsi itu sendiri.

Latar belakang yang terdapat pada jenis laporan lainnya pun, memiliki fungsi yang hampir serupa. Yaitu memberi tahu mengenai sebab dan alasan mengapa dibuatnya laporan tersebut. dengan begitu setiap orang yang membaca laporan tersebut, paham akan maksud dan tujuan mengapa laporan itu ditulis.

Contoh Latar Belakang Magang

Contoh Latar Belakang Magang
www.jobstreet.co.id

Latar Belakang

Selama menjalani pendidikan strata 1 atau S1 selama 6 tahun lamanya, hampir semua mahasiswa dan mahasiswi mendapat asupan ilmu dan wawasan selama masa perkuliahan. Ilmu yang didapatkan tersebut menjadi bekal kami, setelah kami lulus nanti. Ilmu yang didapat selama masa perkuliahan ini, diharapkan dapat dioptimalkan ketika pada saatnya kami memasuki dunia kerja nantinya.

Agar ilmu yang didapatkan tersebut dapat bekerja dengan optimal, maka diadakanlah mata kuliah job training atau yang sering disebut dengan magang. Dengan adanya program tersebut, maka seluruh mahasiswa akan mendapat gambaran awal. Mengenai bagaimana suasana di tempat kerja, bagaimana cara mengaplikasikan ilmu di dunia kerja, dan lain sebagainya.

Khusus untuk mahasiswa jurusan komunikasi yang mengambil mata kuliah jurnalistik, maka magang ini sangatlah diperlukan. Agar para mahasiswa mengetahui bagaimana situasi kerja di media masa, dan bagaimana suasana kerja di lapangan. Mahasiswa juga dituntut untuk selalu melatih mentalnya, selama menjalani magang ini dalam mengasah kemampuan mereka di bidang tulis menulis dan jurnalistik.

Dengan melakukan simulasi secara langsung di media, maka kami bisa mengetahui bagaimana cara menulis yang benar yang sesuai dengan ketentuan suatu media tertentu. Walaupun dasar penulisannya relatif sama, tetapi biasanya setiap media memiliki kebijakan redaksionalnya masing-masing.

Namun setiap mahasiswa juga dituntut untuk bisa magang di berbagai tempat, bukan hanya di media masa saja. misalnya melakukan job training ini di televisi maupun di radio, atau segala hal yang berhubungan dengan komunikasi. Salah satunya adalah bisa mencoba media daring atau online, yang merupakan media yang baru bagi para mahasiswa jurusan komunikasi jurnalistik.

Di sana kami bisa melatih mental, kemampuan, dan mengetahui jenis pelanggaran apa saja yang ada di media tempat mereka bekerja. setelah job training atau magang ini selesai, maka para mahasiswa ini diwajibkan untuk membuat suatu laporan magang. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami sebagai mahasiswa, terhadap kegiatan magang tersebut.

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour
mastsavlebeli.ge

Latar Belakang

Karya wisata adalah suatu jenis kegiatan wisata yang dilakukan untuk menambah pengetahuan para siswa, dan menambah pengalaman para siswa tersebut. setelah kegiatan karya wisata ini selesai dilaksanakan, maka kami selaku siswa yang mengikuti kegiatan tersebut wajib membuat laporan karya tulis yang berhubungan dengan study tour atau karya wisata yang telah dilaksanakan.

Laporan karya tulis ini merupakan salah satu tugas, untuk semua angkatan kelas XII SMU 1 Jember. Di dalam penyusunan karya tulis ini, semua siswa yang mengikuti karya wisata diharapkan dapat melaporkan semua pengetahuan dan pengalamannya selama karya wisata berlangsung. Yang diperoleh selama jangka waktu 3 hari 3 malam, dari tanggal 21-24 Juni 2018.

Pengalaman serta pengetahuan yang didapatkan oleh kami para siswa, dalam mengikuti study tour ke Jakarta-Jogjakarta-Solo diharapkan memiliki manfaat yang baik bagi kami. Serta dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Di dalam laporan karya tulis ini, kami juga membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour dari 3 kota tersebut yang telah kami kunjungi.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan
bagiinfo.com

Latar Belakang

Di dalam dunia pemasaran tentu ada banyak sekali usaha atau bisnis, di bidang aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar. Dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal dan sangat mahal. Dengan aktivitas setiap orang yang semakin padat setiap harinya, maka semakin banyak orang yang membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat khususnya bagi kesehatan.

Jenis makanan yang sudah tersedia di pasaran ini, tentunya jumlahnya sangat beragam. Tetapi pada umumnya makanan yang dijual di pasaran ini bukan makanan tradisional, khas masakan Indonesia. Tetapi kebanyakan jenis makanan yang dijual di pasaran, adalah makanan ala barat yang kekinian. Harga yang ditawarkan pun cenderung lebih mahal.

Salah satu jenis makanan tradisional yang enak dan lezat, dan masih disukai oleh banyak orang hingga kini adalah keripik pedas yang terbuat dari campuran singkong dan buah nanas. Makanan keripik pedas ini cocok disantap di saat santai, atau di masa liburan bersama teman atau keluarga. Pembuatan makanan tradisional ini dibuat dengan cara sederhana, dan tentu saja higienis.

Selain itu makanan ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, oleh semua kalangan masyarakat. Makanan khas tradisional Indonesia ini memiliki rasa yang enak, lezat, gurih, dan pedasnya mantap. Makanan ini baru berkembang dan dipromosikan ke semua lapisan masyarakat. Yang layak dikembangkan sebagai salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.

Dengan latar belakang jenis makanan tersebut, maka saya ingin membuka usaha makanan Keripik Pedas Singkong Nanas Pak Jajang.

Contoh Latar Belakang Makalah Agama

Contoh Latar Belakang Makalah Agama
baabun.com

Latar Belakang

Agama adalah persoalan tentang keyakinan dan kepercayaan masing-masing individu akan adanya Tuhan, dan mampu membawa kemaslahatan dan juga kebahagiaan di dunia dan akhirat. Masalah-masalah yang berhubungan dengan agama, tak jarang menimbulkan konflik serius antar pemeluk agama itu sendiri.

Apalagi jika agama yang diyakini, dibandingkan dengan agama yang diyakini oleh orang lainnya. Karena memiliki agama atau beragama, sudah menjadi darah dan daging di dalam diri setiap orang. Yang juga melekat di jiwa dan raga setiap orang, di dalam kehidupannya masing-masing.

Sebagian dari pemeluk suatu agama, menyadari bahwa dari sekian banyak agama di bumi agamanya lah yang paling benar. Setelah seseorang menemukan agama yang dianut yang dianggapnya benar dan lurus, bisa melakukan peralihan keyakinan dari agama yang lama ke agama yang baru.

Hal ini disebut dengan konversi agama. Tetapi konversi ini tidak selalu menjadi topik yang baik, karena hal itu bahkan bisa membakar emosi kita saat ada orang yang melakukan konversi dari agama yang sama dengan kita ke agama yang lain. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna, dibandingkan dengan makhluk Tuhan lainnya.

Sehingga manusia memiliki egonya masing-masing. Tetapi yang terpenting dalam memeluk suatu agama adalah, bahwa agama tersebut dapat menimbulkan kebahagiaan, ketentraman, dan kedamaian di hati kita apapun agama yang kita pilih.

Contoh Latar Belakang Skripsi Pendidikan

Contoh Latar Belakang Skripsi Pendidikan
moondoggiesmusic.com

Latar Belakang

Pendidikan tentunya memiliki peran yang sangat penting di dalam kehidupan kita setiap harinya. Serta di dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karena itu pendidikan sangat perlu untuk dikembangkan, karena suatu pendidikan yang berkualitas akan dapat meningkatkan kecerdasan setiap manusia di dalam suatu bangsa.

Pendidikan juga adalah bagian yang penting dalam proses pembangunan nasional yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Lebih dari itu pendidikan menjadi suatu investasi, dalam hal pengembangan sumber daya manusia. Yang dimana dalam meningkatkan kecakapan dan kemampuan, sebagai faktor pendukung manusia dalam mengarungi kehidupan.

Tujuan adanya pendidikan bagi pancasila adalah untuk meningkatkan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan di Indonesia. Mutu pendidikan juga harus selalu diperhatikan, agar dapat dilihat hasilnya dari anak-anak Indonesia.

Karena proses pembelajaran di dalam pendidikan akan menanamkan makna, bagi setiap anak-anak Indonesia yang belajar agar memberi manfaat bagi kehidupannya di masa sekarang dan masa yang akan datang. Setiap siswa dituntut untuk mengkaji setiap pelajaran yang diberikan, agar mereka mendapat pengetahuan dan wawasan yang utuh.

Atas dasar pemikiran itulah yang membuat penulis, tergerak untuk melakukan suatu penelitian. Terhadap pendidikan anak-anak Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas, dengan judul skripsi “ Pengaruh Pendidikan Bagi Anak-Anak SD, SMP, dan SMU Bakti Mulya Bandung, Bagi Hasil Pembelajaran yang Diterima Setiap Harinya Baik di Rumah Maupun di Sekolah.”

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah tentang Sampah

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah tentang Sampah
enjiner.com

Latar Belakang

Pemanasan global telah menjadi ancaman serius bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Salah satu penyebab dari adanya pemanasan global tersebut adalah, pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh pemakaian plastik. Dengan meningkatkan dampak buruk dari penumpukan sampah, maka semakin hilang juga kesadaran manusia akan kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Sikap kurang mencintai terhadap lingkungan, semakin meningkatkan egoisme di seluruh kalangan masyarakat, akan semakin membuat bumi yang kita huni selama ini menjadi tempat yang tak layak untuk dihuni. Contohnya saja setiap kali kita mengkonsumsi suatu jenis makanan yang dibungkus plastik, maka bungkus plastik tersebut akan dibuang begitu saja yang makin lama makin menumpuk.

Tanpa kita sadari hal itu justru akan menimbulkan efek yang buruk pada kehidupan kita, di masa yang akan datang. Sadarkah kita bahwa sudah berapa juta plastik yang kita hasilkan setiap harinya, bahkan kita sampai menganggap wajar pada setiap sampah plastik yang bertebaran di mana-mana. Kita juga tidak sadar dampak dari sampah plastik yang kita buang tersebut, bagi kehidupan dan kesehatan kita.

Maka dari itu dibuatlah laporan karya tulis ilmiah yang satu ini, tentang bagaimana menjaga agar sampah khususnya sampah plastik tidak menumpuk begitu saja. Serta menambah pemanasan global semakin meluas di muka bumi.

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Akuntansi

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Akuntansi
sumber : 500px.com

Latar Belakang

Perkembangan dunia usaha di Indonesia, semakin menuntut setiap perusahaan untuk dapat mengolah dan melaksanakan manajemen perusahaan dengan cara yang lebih profesional. Apalagi dengan bertambahnya pesaing, baik pesaing yang orientasinya lokal atau pun internasional maka setiap perusahaan harus selalu menampilkan yang terbaik.

Oleh karena itu akuntansi yang menyangkut dengan manajemen keuangan di suatu perusahaan, sangat berpengaruh pada setiap kegiatan di dalam perusahaan tersebut. maka setiap manajer keuangan pun akan dituntut untuk dapat menjalankan manajemen keuangan dengan baik. Agar kegiatan operasional perusahaan akan lebih efektif dan juga efisien.

Suatu perusahaan juga harus bisa menganalisa setiap laporan keuangan, dan mengetahui kemampuan perusahaan tersebut dalam mengatasi masalah keuangan. Selain itu manajer keuangan juga harus mengambil keputusan yang cepat dan tepat, setiap kali muncul masalah di bidang keuangan suatu perusahaan.

Dengan adanya analisis pada laporan keuangan tersebut, maka manajemen akan mengetahui posisi, kinerja dan juga kekuatan pada keuangan suatu perusahaan. Hal ini juga akan sangat berguna bagi kreditor, investor, dan pemerintah dalam menilai kondisi dan perkembangan suatu perusahaan tertentu.

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka penulis pun tertarik untuk menulis suatu laporan tugas akhir akuntansi, mengenai “Pengaruh Analisa Laporan Keuangan Terhadap Kondisi dan Perkembangan Suatu Perusahaan Dagang.”

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah
thegorbalsla.com

Latar Belakang

Observasi adalah suatu jenis kegiatan yang dilakukan dengan cara meninjau ke lapangan, dengan tujuan untuk mencari informasi sedetail dan semaksimal mungkin. Mengenai suatu materi yang sebelumnya dipilih dan kemudian dipelajari. Di dalam kegiatan obervasi kali ini, kami mendapat tugas dari mata kuliah Sosiologi untuk meninjau ke sekolah.

Bagaimana pembelajaran sosiologi di suatu sekolah, khususnya mengenai kesenjangan sosial di dalam suatu sekolah atau sistem pendidikan tertentu. Kami juga melakukan observasi yang dilakukan secara langsung, ke salah satu SMU yang berada di Bandung yaitu SMU 112 Bandung. Kami juga melakukan beberapa kegiatan yang berhubungan langsung dengan tema dan mata kuliah kami.

Selain itu kami juga mencari informasi pada setiap guru yang ada di sekolah, khususnya Guru Sosiologi yang mengajar di sekolah tersebut. bahkan kami pun menjadikan para siswa yang bersekolah di sana sebagai nara sumber. Setelah itu kami pun memilih 1 guru dan 1 siswa sebagai nara sumber utama, yang dapat dimintai informasi mengenai pendapat dan penjelasan dari pertanyaan yang akan kami ajukan.

Pada jenjang SMU ini, untuk mata pelajaran sosiologi sendiri baru ada di kelas 11. Karena untuk anak-anak di kelas 10, kurikulumnya memang belum ada. Mengenai mata pelajaran sosiologi itu sendiri, sudah berlangsung dengan cukup baik di sekolah tersebut. bahkan anak-anak yang menjadi nara sumber, bisa menganalisa masalah dengan cukup baik.

Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Contoh Latar Belakang Laporan PKL
moondoggiesmusic.com

Latar Belakang

Pelaksanaan praktik kerja industri atau yang lebih sering disebut dengan nama PRAKERIN, adalah sebuah pelatihan dan juga pembelajaran yang dilaksanakan di dalam dunia usaha atau bahkan di dunia industri. Yang sifatnya relevan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki oleh individu masing-masing. Hal ini bertujuan dalam meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Selain itu PRAKERIN ini juga dilakukan untuk menambah bekal di masa yang akan datang, bagi setiap siswa yang mengikutinya. Yang di mana hal itu akan sangat berguna saat mereka memasuki dunia kerja, yang persaingannya semakin lama semakin ketat hingga saat ini. Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada banyak peralatan baru yang menunjang.

Yang berkaitan dengan permintaan produksi barang atau permintaan jasa, yang menimbulkan perubahan yang sangat mendasar dalam mendapatkan suatu jenis pekerjaan. Sehingga setiap tenaga kerja akan dituntut untuk harus fleksibel dan berwawasan luas, bukan hanya memiliki kemampuan teknis yang mendasar saja.

Mereka juga dituntut untuk selalu memiliki sikap inovatif, yang tentunya harus didukung oleh keterampilan yang kompeten. Maka dari itu dengan diselenggarakannya kegiatan PRAKERIN ini, para siswa dan siswi ini diharapkan dapat mengasah serta mengimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah.

Secara langsung ke dunia pekerjaan, misalnya dunia usaha dan industri yang tentunya relevan dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing. Di dalam upaya mewujudkan visi dan misinya, SMK 1 Pekalongan akan melaksanakan berbagai macam kegiatan demi menjadikan para siswa dan siswinya siap dalam memasuki dunia kerja atau dunia industri.

Termasuk dalam melaksanakan kegiatan PRAKERIN ini, yang membawa banyak manfaat bagi mereka. Tentunya hal itu tidak mudah, karena dibutuhkan banyak ilmu dan pengalaman bagi siswa dan siswi tersebut dalam memasuki dunia kerja. Mereka tidak hanya belajar teori yang ada di sekolah, tetapi mereka juga harus belajar mengenai lingkungan kerja dan apa yang akan mereka hadapi nanti di sana.

Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian

Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian
pastiguna.com

Latar Belakang

Dewasa ini informasi dan komunikasi menjadi hal yang mutlak khususnya bagi setiap organisasi, baik organisasi dalam pemerintahan maupun organisasi dalam pihak swasta. Sehingga informasi menjadi bagian yang sangat penting, di dalam proses kerja administrasi dalam pelaksanaan fungsi manajemen. Dari birokrasi yang menghadapi perubahan situasi, dan juga kondisi dalam perkembangan yang cepat.

Salah satu sumber informasi yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi atau birokrasi adalah arsip. Arsip adalah rekaman informasi yang berasal dari seluruh aktivitas organisasi. Selain itu arsip juga berfungsi sebagai pusat ingatan seseorang, alat bantu dalam mengambil keputusan, adanya bukti eksistensi organisasi dan juga untuk kepentingan organisasi lainnya.

Pengelolaan arsip dengan baik dapat menunjang kegiatan administrasi agar menjadi lebih lancar. Walaupun masih banyak kendala di lapangan, seperti misalnya kurangnya tenaga arsiparis, atau pun minimnya sarana dan prasarana yang membuat pengelolaan arsip menjadi memburuk. Problem tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, karena citra kearsipan menjadi kurang baik.

Kegiatan arsip dan juga kearsipan masih menjadi jenis kegiatan teknis, namun mengingat ruang lingkup pelayanan umum yang diberikan oleh instansi atau lembaga ternyata sangat luas. Sehingga seharusnya ada hal yang diupayakan dalam kegiatan pengarsipan ini. Untuk menanggulangi hal tersebut, maka diperlukan pengembangan dan sistem manajemen yang disebarluaskan.

Maka berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis mencoba untuk membuat proposal mengenai penelitian sistem kearsipan. Dengan judul, “Bagaimana Peranan Arsip di Dalam Meningkatkan Pelayanan pada Setiap Masyarakat Di Kantor Walikota Bandung.”

Contoh Latar Belakang Jurnal

Contoh Latar Belakang Jurnal
ciputrauseo.net

Latar Belakang

Artikel jurnal penelitian yang dilakukan untuk tugas akhir, di suatu instansi perguruan tinggi tentu saja menjadi hal yang sangat berharga. Artikel jurnal tugas akhir ini masih banyak yang berbentuk cetak atau hard copy. Sehingga bentuk yang seperti ini tentu memerlukan ruang yang tidak sedikit.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi terkini, hal itu juga akan memberikan dampak positif. Tetapi sayangnya kemudahan di bidang teknologi dan informasi tersebut sering disalahgunakan oleh banyak mahasiswa, yang ingin membuat tugas akhir dengan cara cepat.

Hal ini tentu menjadi tindakan yang sangat negatif dan tidak boleh di contoh, sehingga banyak juga jurnal tugas akhir ini yang ternyata tidak sesuai dengan judul atau bahkan jurusan yang diambil. Langkah selanjutnya adalah, bagaimana mengatasi hal tersebut. agar mereka tetap berfokus saja dalam mengembangkan tujuan yang positif, dalam memanfaatkan teknologi dalam penyimpanan jurnal.

Tinggalkan komentar