Peta Yogyakarta: Lokasi Geografis, Pembagian Peta dan Tempat Wisata

Peta yogyakarta – Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dengan status Daerah Istimewa. Sehingga, daerah ini kerap juga disebut dengan DIY. Coba lihat peta Yogyakarta secara lengkap, maka Anda akan melihat bahwa provinsi ini ada di Pulau Jawa bagian selatan. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa Tengah dan juga Samudera Hindia.

Luas dari provinsi ini adalah 3.185 km2. Yang mana dalam satu provinsi terdiri atas satu kotamadya dan juga empat kabupaten. Kepadatan penduduk di daerah ini mencapai 1084 jiwa per kilometer persegi. Berdasar pada daftar sensus penduduk di tahun 2010, populasi dari penduduk yang ada di Yogyakarta adalah 3.452.390 jiwa.

Meski secara geografis, DIY mempunyai luas yang tidak terlalu besar, tetapi, Yogyakarta sangat terkenal baik di Nusantara maupun di dunia internasional. Hal ini menyebabkan banyak negara yang ada di dunia menjalin kerja sama dengan daerah ini.

Gambar Peta Yogyakarta

Lokasi Geografis Yogyakarta

Lokasi Geografis Yogyakarta
reguoak.blogspot.com

Jika dilihat dari peta Yogyakarta, DIY terletak pada bagian  tengah-selatan pada Pulau Jawa. Secara astronomis, Yogyakarta ada pada 8 derajat LS – 7 derajat LS. Serta 109 BT – 111 BT.

Berdasar pada bentang alam, wilayah ini bisa dikelompokkan dalam empat satuan fisiografi yakni satuan Fisiografi Pegunungan Sewu, satuan fisiografi Gunung api Merapi, satuan fisiografi Dataran rendah, dan satuan fisiografi Pegunungan Kulon Progo.

Pada satuan fisiografi Gunung api Merapi, terbentang dari kerucut gunung api sampai pada dataran fluvial gunung api yang termasuk pada bentang lahan vulkanik. Daerahnya meliputi Kota Yogyakarta, Sleman, dan juga Bantul. Daerah kerucut dan juga lereng gunung api adalah kawasan hutan lindung yang berguna sebagai kawasan resapan air pada daerah bawahan.

Satuan bentang alam ini terletak pada daerah Sleman bagian utara. Gunung Merapi sendiri adalah gunung api aktif yang mempunyai karakteristik khusus dan memiliki daya tarik objek penelitian, pariwisata, dan juga pendidikan. Selanjutnya, ada satuan Pegunungan Selatan atau Pegunungan Seribu yang ada pada wilayah Gunung Kidul.

Yang mana daerah ini terdiri atas perbukitan bentang alam karst dan batu gamping yang tandus. Pada bagian ini mengalami kekurangan air permukaan serta pada bagian tengahnya adalah cekungan Wonosari yang sudah mengalami pengangkatan tektonik sehingga terbentuklah sebuah daerah dengan mana Plato Wonosari atau dataran tinggi Wonosari.

Satuan ini adalah bentang alam yang merupakan hasil proses solusional atau pelarutan, dengan bahan induk berupa batu gamping serta memiliki karakteristik lapisan tanah yang dangkal serta vegetasi penutup yang sangat jarang.

Pembagian Peta Yogyakarta

Pembagian Peta Yogyakarta
www.romadecade.org

Berdasar pada peta yang sudah dilampirkan di atas, provinsi ini terbagi atas 4 kabupaten dan satu kotamadya. Namun, sebelum dibentuk wilayah-wilayah tersebut, Yogyakarta terdiri atas kabupaten kesultanan dan kadipaten pakualaman.

Nah, untuk menjelaskan daerah-daerah yang ada pada peta Yogyakarta, berikut akan di ulas secara lengkap.

  • Kabupaten Bantul

Jika Anda lihat peta Yogyakarta, maka akan mengetahui bahwa lokasi dari Kabupaten Bantul ada pada bagian selatan Yogyakarta. Lebih tepatnya ada pada perbatasan dengan Kabupaten Sleman serta Kota Yogyakarta di bagian utara, berbatasan dengan Kulon Progo pada bagian barat, serta pada bagian timur berbatasan Gunungkidul.

Pada bagian selatan Bantul merupakan ujung barat Pegunungan Sewu. Nah, Pegunungan Sewu ini adalah pegunungan kapur. Kali Progo dan anak sungainya merupakan sungai yang mengalir di sebagian daerah Bantul dan sebagainya.

Kabupaten Bantul mempunyai jumlah penduduk yang mencapai 1.015.465 jiwa. Sementara penduduk yang paling banyak berasal dari Kecamatan Banguntapan. Mata pencaharian dari warga Bantul diantaranya berindustri, pertanian, berdagang, dan jasa.

  • Kabupaten Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul pastinya sudah sangat populer bagi pecinta travelling. Hal ini dikarenakan potensi wisata alamnya yang sangat banyak dan menakjubkan. Salah satu jenis wisata yang paling menonjol di Gunung Kidul adalah pantainya.

Batas langsungnya dengan Samudera Hindia pada bagian selatan membuatnya kaya akan pantai. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Klaten pada bagian utara. Daerah ini juga menyimpan perbukitan dan pegunungan kapur.

Sehingga, Kabupaten Bantul kerap mengalami kekeringan pada musim kemarau. Bahkan, pada daerah ini juga terkenal sebagai daerah yang mempunyai tanah tandus. Gunung Kidul didominasi dengan pegunungan dari gugusan Pegunungan Sewu.

Pegunungan Gunung Kidul terbentuk karena adanya batu gamping yang menunjukkan bahwa masa lalu daerah ini adalah dasar laut. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya penemuan fosil hewan laut purba. Sejak adanya pengangkatan tektonik serta vulkanik pada zaman Miosen. Gunung Kidul pun akhirnya menjadi daratan.

  • Kabupaten Sleman

Pada peta Yogyakarta, Kabupaten Sleman ada pada sebelah utara DIY. Jumlah penduduk yang menempati daerah ini adalah 1.093.110 jiwa. Kepadatan penduduknya mencapai 1.901,66 jiwa per kilometer persegi.

Kabupaten ini berbatasan dengan Jawa Tengah pada bagian timur dan utara. Sedangkan pada bagian selatan dibatasi oleh Kabupaten DIY yang lain. Pada bagian barat, Kabupaten Sleman berbatasan dengan Kulon Progo. Pada bagian utara merupakan daerah pegunungan yakni Gunung Merapi.

Gunung ini terkenal masih aktif dan cukup berbahaya karena beberapa tahun belakangan ini terjadi erupsi. Kabupaten Sleman memiliki banyak universitas, sehingga sangat lekat dengan kehidupan mahasiswa. Dengan banyaknya mahasiswa, sehingga DIY disebut juga sebagai Kota Pelajar.

  • Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten ini berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah dan juga dibatasi Kali Progo pada sebelah timurnya. Ibukota kabupatennya adalah Wates yakni sekitar 25 km dari pusat Yogya.

Perbatasan Kulon Progo adalah Bukit Menoreh dan Kabupaten Magelang. Sedangkan pada sebelah selatan merupakan daerah pesisir pantai. Beberapa pantai yang paling terkenal diantaranya Pantai Glagah, Pantai Congot, Pantai Trisik, dan sebagainya.

Di kabupaten ini terbagi atas 12 kecamatan serta 88 desa atau kelurahan, dusunnya pun terbagi atas 930 dusun. Sementara untuk jumlah penduduknya adalah 470.520 jiwa serta kepadatan penduduknya adalah 802,57 jiwa per km persegi.

  • Kota Yogyakarta

Lihatlah pada peta Yogyakarta di atas, maka Anda akan mengetahui tentang Kota Yogyakarta yang mana merupakan pusat pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adipati Paku Alam serta Sultan Hamengku Buwono menempati Kota Yogyakarta sebagai kediamannya.

Letak Keraton Yogyakarta juga ada di Kota ini. Penduduk dari Kota Yogyakarta adalah 412.331. Apabila Anda melihat peta Yogyakarta pada Google Map, maka letak dari kota ini ada di tengah serta diapit oleh kabupaten yang lainnya. Kota Yogyakarta ada pada lembah tiga sungai di Yogyakarta diantaranya Kali Winongo, Kali Code, dan Kali Gajahwong.

Tempat Wisata di Yogyakarta

Tempat Wisata di Yogyakarta
www.idntimes.com

Anda pastinya sudah mengetahui bahwa Yogyakarta mempunyai banyak julukan. Termasuk juga sebagai kota budaya dan kota pelajar. Namun, tidak hanya itu saja, berdasarkan pada peta Yogyakarta, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa DIY mempunyai beragam potensi budaya baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Potensi budaya fisik diantaranya cagar budaya, serta benda cagar budaya. Sementara potensi budaya non fisik adalah gagasan, karya seni, norma, sistem nilai, dan sebagainya.

Nah, beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan budaya Yogyakarta diantaranya.

  • Malioboro

Malioboro
www.idntimes.com

Malioboro adalah pusat belanja bagi para wisatawan dari berbagai daerah. Anda bisa dengan mudah menemukan ragam oleh-oleh khas Yogyakarta di tempat ini. Lokasi Malioboro ada di Kota Yogyakarta. Anda dapat menemukan tempat ini dengan mudah, cukup lihat pada peta Yogyakarta.

  • Alun-Alun Yogyakarta

Alun-Alun Yogyakarta
www.alodiatour.com

Letak tempat ini tidak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta. Anda dapat menikmati kuliner Yogyakarta di tempat ini. Melepaskan penat sembari menikmati suasana Yogyakarta juga bisa Anda lakukan.

  • Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
garasijogja.com

Satu lagi wisata alam yang ada di Yogyakarta yakni Hutan Pinus Mangunan. Anda bisa mengunjunginya apabila senang dengan objek wisata alam. Selain menyajikan pemandangan alam, Anda bisa juga mengambil gambar dengan background pemandangan hutan pinus yang memesona. Lokasi dari Hutan Pinus Mangunan ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Tebing Breksi

Tebing Breksi
jogja.tribunnews.com

Pecinta pemandangan indah harus mengunjungi daerah ini. Meskipun masih terbilang baru, tetapi, tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi. Lokasinya ada di sebelah selatan Candi prambanan dan dekat dengan kompleks Keraton Boko serta Candi Ijo.

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan
www.alodiatour.com

Lokasi dari Candi Prambanan cukup dekat dengan Tebing Breksi. Sehingga, Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus. Candi Prambanan adalah peninggalan Hindu Budha yang ada di peta Yogyakarta.

  • Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
travel.tribunnews.com

Lokasi dari wisata alam yang satu ini ada di Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Silakan Anda lihat lokasinya di peta Yogyakarta melalui Google Map. Objek wisata ini menampilkan keindahan alam khas perbukitan Gunung Kidul.

Demikian pembahasan tentang peta Yogyakarta. Dapat disimpulkan bahwa Yogyakarta adalah sebuah daerah yang istimewa di Pulau Jawa yang terletak pada sebelah tengah-selatan Pulau jawa serta berbatasan dengan Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Keistimewaan Yogyakarta bukan hanya karena budayanya saja. Melainkan juga karena bentuk pemerintahannya yang berupa kesultanan. DIY dalam peta Yogyakarta lengkap terbagi atas 4 kabupaten serta 1 kota administratif. Diantaranya Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan juga Kota Yogyakarta.

Baca Juga Negara Terkaya Didunia

Masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri yang mana menjadi kebanggaan bagi masyarakatnya. Semoga dapat dijadikan bahan referensi yang valid!

Tinggalkan komentar