Peta Bandung: Sejarah, Wilayah beserta Gambar dan Penjelasan

Peta bandung – Negara Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya. Bukan hanya kaya akan rempah maupun kekayaan alam lainnya. Negeri yang satu ini juga kaya akan kebudayaannya. Indonesia terdiri dari beberapa pulau yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki jumlah populasi terbanyak adalah Pulau Jawa.

Nah, pada Pulau Jawa ini terbagi menjadi 4 provinsi dan dari masing-masing provinsi tersebut terbagi menjadi beberapa kota. Salah satu kota yang terdapat pada Pulau Jawa tepatnya di provinsi Jawa Barat adalah Kota Bandung, yang merupakan kota metropolitan danĀ  memiliki jumlah populasi terbesar di Jawa Barat.

Jika dilihat dari peta Bandung, kota yang satu ini terletak di sebelah tenggara dari ibu kota jakarta. Dalam kota yang satu ini terdapat kabupaten yang bernama kabupaten Bandung letaknya berada di Soreang. Pemandangan di Bandung sangat indah dan menyejukkan mata.

Di sekeliling kota terdapat pemandangan gunung serta pepohonan yang tumbuh subur. Tak heran jika kota ini dijuluki sebagai Kota Kembang. Mayoritas penduduk Kota Bandung bersuku sunda sebagai warga asli Jawa Barat. Namun ada juga yang bersuku jawa dan terdapat suku-suku pendatang lainnya.

Kota kembang ini sudah ada sejak masa penjajahan. Bahkan kota ini juga merupakan kota yang bersejarah karena, di kota kembang inilah tercatat peristiwa sejarah penting tingkat dunia terjadi. Ya, peristiwa tersebut adalah Konferensi Asia Afrika yang biasa disebut dengan KAA.

Selain itu, kota yang satu ini juga kerap dijuluki sebagai kota tua yang ada di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya yuk, simak berikut ini mengenai peta Bandung.

Sejarah Kota Bandung

Sejarah Kota Bandung
budayajawa.id

Dahulu, Jawa Barat dikenal sebagai bumi priangan yang telah jaya sejak zaman kerajaan pajajaran di era kesultanan Mataram. Tak lama kemudian tepatnya pada tanggal 20 April 1641 Mataram menata wilayahnya kembali menjadi 4 kabupaten yang salah satu kabupatennya adalah Bandung.

Setelah Sultan Agung wafat dan masa pemerintahannya selesai, Mataram semakin melemah. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai masalah yang muncul baik itu masalah eksternal maupun internal, sehingga kekuasaannya pun jatuh ke tangan republik batavia, semua urusan pemerintahan kini dikendalikan oleh mereka.

Seorang bupati Bandung yang bernama R.A Wiranakusumah IV membangun kembali Kota Bandung dan menjadikannya ibu kota. Pembangunan tersebut tepatnya dimulai pada tanggal 25 September 1810.

Ibu kota tersebut dibuat dengan tatanan kota secara tradisional seperti bangunan pendopo yang terletak di sebelah selatan alun-alun, yang arahnya menghadap ke gunung tangkuban perahu, sedangkan masjid Agung yang kini berubah nama menjadi masjid Raya Bandung terletak di sebelah barat alun-alun.

Pada tanggal 1 Maret 1906 Bandung mengalami peningkatan status menjadi pemerintahan kota. Jadi, saat Kota Bandung statusnya resmi diubah, kini Bandung mampu berdiri sebagai pemerintahan sendiri yaitu Kota Bandung.

Wilayah Peta Bandung

Wilayah Peta Bandung
ppdbkotabandung.wordpress.com

Bandung terdiri dari 2 wilayah pemerintahan yaitu kabupaten dan kota. Jika Anda lihat pada peta Bandung, kota dan kabupatennya jaraknya saling berhimpitan. Keduanya membawahi kecamatan yang berada pada wilayah masing-masing.

Untuk pemimpin dari kedua pemerintahan tersebut berbeda, wilayah kota dipimpin oleh walikota dan wilayah kabupaten dipimpin oleh bupati. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini mengenai pembagian wilayah Kota Bandung yang sesuai dengan peta Bandung.

  • Wilayah Kabupaten

Untuk wilayah kabupaten, membawahi 31 kecamatan. Luas masing-masing wilayah setiap kecamatan berbeda, mulai dari 2.322 hektar hingga ada yang luasnya mencapai 20.243 hektar.

  • Wilayah Kota

Nah, pada wilayah kota terdiri dari beberapa bagian yaitu 30 kecamatan yang dinaunginya. Kecamatan tersebut dipimpin oleh camat tentunya, serta terdapat 68 kelurahan yang dipimpin oleh lurah.

Aturan pembagian wilayah tersebut berdasarkan peraturan daerah Kota Bandung Nomor 06 tahun 2008 dan Nomor 06 tahun 2006, yang berisi tentang pemekaran dan perubahan serta pembentukan wilayah kerja kelurahan dan kecamatan yang berada di lingkungan Kota Bandung.

Nah, seperti itulah beberapa kecamatan dan kelurahan yang terdapat di kota dan kabupaten Bandung. Untuk letak geografisnya Anda bisa langsung melihat di peta Bandung. dengan melihatnya di peta, Anda akan mengetahui dan melihat batas-batasnya secara jelas pada setiap wilayah yang ada.

Pesona Bandung

Pesona Bandung
blog.reservasi.com

Berhubungan dengan adanya letak geografis yang mendukung pada wilayah yang satu ini. Kota Bandung memiliki daya tarik yang sangat tinggi. Selain memiliki tempat wisata alam yang menarik dan populer. Disini juga terdapat beberapa wisata kuliner yang sangat unik dan memiliki rasa yang khas.

Oleh karenanya, tak heran jika banyak sekali para wisatawan yang ingin berkunjung untuk melihat pesona alamnya yang indah. Dengan bantuan peta Bandung Anda dan khususnya para wisatawan akan lebih mudah untuk menelusuri berbagai tempat wisata yang ada. Selain itu, di kota ini juga terdapat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan seperti berikut ini.

  • Iklim yang Bersahabat

Daya tarik yang paling utama bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing terletak pada iklimnya yang dingin. Dengan beriklim demikian tempat ini sangat cocok untuk melepas penat para wisatawan.

Meski kondisi cuaca saat ini berbeda dengan dahulu. Akan tetapi cuaca di kota yang satu ini masih tetap sejuk jika dibanding dengan wilayah lain seperti Jakarta. Tak heran jika wisata alamnya selalu ramai pengunjung pada setiap hari maupun akhir pekan.

  • Sarana Transportasi

Pemerintah di kota kembang ini sangat memperhatikan mengenai sarana transportasi untuk para wisatawan. Sebab, transportasi ini digunakan sebagai penunjang utama pariwisata di daerah ini. Untuk jalur darat Anda bisa melalui jembatan layang Pasopati. Nah, untuk jalur daratnya terdapat bandara Husein Sastranegara.

Akses transportasi yang ada sangat berpengaruh terhadap kelancaran berwisata. Oleh karenanya, jarak yang jauh tidak akan menjadi masalah jika akses yang ditempuh lancar. Hal inilah yang membuat para wisatawan memilih berlibur dan berpetualang di kota ini.

  • Nilai Sejarah

Sudah banyak sekali orang yang mengenal bahwa Bandung merupakan kota yang penuh dengan histori. Bahkan, dunia internasional menyebutnya dengan sebutan kota asia afrika. Hal ini dikarenakan pada saat itu Bandung menjadi tempat untuk rapat besar yaitu konferensi asia afrika.

Selain itu, kota tua yang satu ini juga sudah ada sejak zaman penjajahan. Bukan hanya itu, kota yang satu ini juga pernah di bumi hanguskan. Nah, peristiwa tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik asing maupun lokal.

  • Wisata Alam

Sehubungan dengan lokasinya yang terletak di daerah pegunungan. Maka wisata andalan yang memikat hati para wisatawan adalah wisata alamnya. Di kawasan wisata alam ini banyak sekali tempat yang cocok untuk liburan keluarga.

Tempat tersebut bisa digunakan untuk sarana edukasi bagi Anda yang memiliki anak-anak. Objek wisata yang ditawarkan disini sangat beragam dan memiliki pesona yang menawan, mulai dari wisata air panas di Ciater, gunung Tangkuban Perahu di Lembang, perkebunan teh dan lain-lain.

  • Wisata Fashion

Tidak kalah dengan wisata alam yang dapat menyejukkan mata. Di kota yang satu ini juga terdapat wisata unik yaitu wisata fashion. Nah, untuk Anda para pecinta fashion, wajib untuk datang ke tempat ini.

Tak hanya memiliki beragam model fashion yang unik dan menarik saja. Kota ini juga dijuluki oleh dunia internasional sebagai Paris Van Java. Yang menjadikan daya tarik bagi wisatawan adalah banyaknya factory outlet yang menyediakan baju model kekinian dengan harga yang murah.

  • Budaya Lokal

Kota yang satu ini selain memiliki beragam tempat wisata dan tempat bersejarah. Disini juga terdapat budaya lokal yang sudah mendunia yaitu angklung. Alat musik ini sesuai dengan penduduk daerah tersebut yang bermayoritas sunda. Alat musik yang satu ini sudah terkenal luas di Indonesia maupun di luar negeri.

Bahkan alat musik ini juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Selain alat musik, di tempat ini juga terdapat kesenian lain yang tidak kalah populernya seperti tari jaipong, wayang golek, dan lain-lain.

Keramahan warga lokal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing, sehingga tak heran jika di beberapa tempat tertentu banyak sekali turis yang berkunjung.

  • Wisata Kuliner

Setiap daerah selalu memiliki wisata kuliner dengan berbagai keunikannya sendiri. Demikian juga dengan kota kembang ini yang memiliki wisata kuliner sangat menakjubkan. Bukan hanya soal rasa yang khas, namun nilai kreativitasnya pun sangat unik dan selalu membuat para wisatawan tertarik dengannya.

Pada setiap pedagang yang menjual makanan tersebut memiliki aneka bentuk dan rasa, sehingga saat Anda mencicipinya tidak akan terasa bosan. Di kota ini semua makanan yang dijual memiliki harga terjangkau dan enak tentunya.

Baca Juga Pengertian Kebudayaan

Demikian ulasan mengenai Kota Bandung. Di kota inilah terdapat beragam kebudayaan hingga nilai sejarah yang tinggi. Selain itu tempat wisata yang ditawarkan sangat beragam, sehingga para wisatawan banyak yang penasaran dengan tempat ini.

Nah untuk Anda yang ingin berkunjung ke kota ini bisa menggunakan peta Bandung sebagai sarana pencarian lokasi. Semoga informasi ini bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan berguna bagi Anda yang ingin mengetahui tentang Kota Bandung.

Tinggalkan komentar