Peta Pulau Jawa: Batas, Sejarah dan Suku yang Ada di Dalamnya

Peta pulau jawa – Jika Anda melihat peta Pulau Jawa, maka akan terlihat jika pulau ini memiliki penduduk yang lebih padat ketimbang pulau lain yang ada di Indonesia. Pulau Jawa juga bisa dibilang sebagai pusat sejarah peradaban yang telah ada semenjak zaman kerajaan Majapahit.

Dengan banyaknya jejak sejarah, maka otomatis akan menjadi tempat yang banyak dikunjungi baik oleh wisatawan dari dalam atau luar negeri. Bisa dilihat melalui peta bahwa Pulau Jawa terbagi atas 6 provinsi.

Masing-masing provinsi adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), dan juga Banten. Pembagian ini berdasar pada data administratif yang mana masing-masing provinsi membawahi kabupaten serta kota yang berbeda diantara satu provinsi dengan yang lainnya.

Nah, tidak perlu berlama-lama, bagi Anda yang membutuhkan referensi peta Pulau Jawa dan beberapa provinsi yang ada di daerah tersebut. Silakan Anda simak di bawah ini!

Peta Pulau Jawa Lengkap

Peta Pulau Jawa: Jawa Timur

Peta Pulau Jawa: Provinsi Jawa Tengah

Peta Pulau Jawa: Provinsi Jawa Barat

Batas Pulau Jawa

Jika Anda melihat peta Pulau Jawa, pastinya akan dengan mudah menentukan mana saja batas-batas daerahnya. Nah, secara rinci, batas-batas Pulau Jawa diantaranya:

  • Batas barat: Selat Sunda
  • batas Utara: Laut Jawa
  • Batas Timur: Selat Bali
  • Batas Selatan: Samudera Hindia (Samudera Indonesia).

Pembagian Peta Pulau Jawa

Pembagian Peta Pulau Jawa
www.faktadaerah.com

Sudah dibahas pada awal artikel bahwa Pulau Jawa terdiri atas beberapa provinsi. Semua provinsinya memanjang dari barat hingga ke timur. Langsung saja silakan Anda simak pembagian peta Pulau Jawa berikut.

  • Peta Jawa Timur (29 Kabupaten 9 Kota)

Pada peta Pulau Jawa, Anda bisa lihat bahwa provinsi Jawa Timur terletak pada sisi paling timur pulau. Pada bagian utara provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa. Pada bagian barat berbatasan dengan Jawa Tengah, selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, serta bagian timur berbatasan dengan Selat Bali.

Jawa Timur mempunyai ibukota di Surabaya. Kota ini juga kerap dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Termasuk pada kota terbesar yang kedua yang ada di negara Indonesia. Luas wilayah Jawa Timur adalah 47.922 km2 dengan penduduk yang berjumlah 38.847.561 jiwa berdasar pada data penduduk di tahun 2015.

Beberapa wilayah yang ada pada provinsi Jawa Timur termasuk Pulau Madura, Pulau bawaan, seta Pulau Kangean. Sementara beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Laut Jawa yakni Kepulauan Masalembu sementara yang ada di Samudera Hindia adalah Pulau Sempu dan Nusa Barung.

Jawa Timur terbagi dari 29 kabupaten serta 9 kota yang dapat dilihat dari administratif. Provinsi paling timur yang ada di Pulau Jawa ini terdiri atas 637 kecamatan serta terdapat 8.418 kelurahan.

  • Peta Jawa Barat (18 Kabupaten 9 Kota)

Lihatlah Peta Pulau Jawa, maka Anda akan melihat sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat Pulau Jawa. Ya, itulah Jawa Barat. Batas-batas dari provinsi Jawa Barat adalah pada bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa, bagian timur dengan Jawa Tengah, bagian selatan dengan Samudera Hindia dan bagian barat dengan Banten dan DKI Jakarta.

Provinsi Jawa Barat beribu kota di Bandung. Sedangkan luas wilayahnya kurang lebih 35.222,18 km persegi. Provinsi ini terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota. Dari data administratif tersebut, jumlah kecamatan dan desa atau kelurahannya terdiri atas 558 kecamatan serta 5.578 desa maupun kelurahan.

Ada beberapa tempat wisata yang terkenal di Jawa Barat diantaranya Kawah Putih Ciwidey Bandung, kebun Raya Bogor, Gunung Tangkuban Perahu, Kebun Binatang Bandung, Gunung Pancar, dan sebagainya.

  • Peta Jawa Tengah (29 Kabupaten dan 6 Kota)

Bergeser sedikit ke bagian tengah peta Pulau Jawa, Anda akan menemukan sebuah  provinsi yakni Jawa Tengah.Provinsi ini kerap disebut sebagai jantung budaya Jawa. Yang mana terdiri atas 29 kabupaten dan 6 kota.

Jika dilihat pada Peta Pulau Jawa, akan terpampang luasnya yakni 29% dari keseluruhan Pulau Jawa. Termasuk diantaranya Pulau Nusakambangan yang ada di sebelah selatan Kabupaten Cilacap serta Kepulauan Karimun Jawa yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Kabupaten Jepara.

  • Peta DIY (Daerah istimewa Yogyakarta) (4 Kabupaten 1 Kota)

Daerah Istimewa yogyakarta adalah salah satu daerah otonom yang setingkat dengan provinsi di Indonesia. Ibukota provinsi ini ada di Yogyakarta. Status daerah istimewa ini bukan tanpa alasan. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan seperti sejarah berdirinya provinsi baik sebelum atau sesudah proklamasi.

DIY terdiri atas 4 kabupaten serta 1 kota. Beberapa diantaranya adalah Kabupaten Bantul yang beribu kota di Bantul, Kabupaten Gunung Kidul yang berpusat di Wonosari, Kabupaten Sleman yang memiliki pusat di Sleman, serta ada juga Kabupaten Kulon Progo yang ada di Wates.

Luas wilayah daerah ini adalah 3.185,80 km2 yang mana terdiri atas 78 kecamatan, serta 438 desa. Jika menilik data sensus penduduk tahun 2010, maka terdiri atas 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.504 laki-laki dan 1.746.986 orang perempuan. Kepadatan penduduknya adalah 1.084 jiwa/km2.

Sejarah Peta Pulau Jawa

Pembagian Peta Pulau Jawa
www.nomadic.co.id

Pulau Jawa mempunyai sejarah yang menarik untuk diulik. Buktinya ada pada warisan kebumian yang masih terjaga sampai saat ini. Warisan budaya ini paling banyak bisa Anda temukan di DIY. Tidak hanya itu saja, terdapat situs geologi dari berbagai periode.

Yang mana warisan ini sudah berasal dari ratusan tahun yang lalu dan menceritakan secara detail mengenai pembentukan peta Pulau Jawa. Terbentuknya Pulau Jawa sudah diawali sejak 60 juta tahun lalu yakni sejak zaman pre tersier. Lebih tepat lagi sejak Pulau Jawa masih menjadi bagian dari benua besar yakni super benua Pangea.

Pulau Jawa terdiri atas beberapa bagian yakni barat, tengah, dan timur. Ketiga bagian ini mempunyai asal usul dan juga usia yang berbeda. Jawa Barat merupakan daerah yang terbentuk saat zaman kapur akan berakhir yakni sekitar 145 hingga 65 juta tahun yang lalu.

Lantas, tanah ini akhirnya menjadi salah satu bagian dari Paparan Sunda. Untuk daerah Jawa Timur berasal dari pecahan Benua Australia. Lantas, bagian ini bergabung dan menabrak bagian Pulau Jawa pada sekitar 100 hingga 70 juta tahun yang lalu. Akhirnya, pecahan-pecahan tersebut membentuk menjadi Pulau Jawa.

Sehingga, bisa dibilang jika Pulau Jawa merupakan gabungan bagian barat dan timur. Nama “Jawa” sendiri diambil dari nama tanaman Jawawut yang kerap ditemukan sejak zaman purbakala. Sedangkan menurut bahasa Sansekerta, Yava berarti tanaman jelai yang mana membuat pulau menjadi terkenal.

Suku Yang Ada di Pulau Jawa

Suku Yang Ada di Pulau Jawa
Suku Yang Ada di Pulau Jawa

Ada beberapa suku yang ada di Pulau Jawa diantaranya Suku Osing, Suku Jawa, Suku Tengger, Suku Sunda, Suku Samin, Suku Cirebon, Suku betawi, serta Suku Baduy. Yang mana suku ini mempunyai ciri khas masing-masing. Beberapa diantaranya adalah.

  • Suku Jawa

Suku Jawa
moondoggiesmusic.com

Suku Jawa adalah suku dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Jawa. Seluruh bagian di Pulau Jawa hampir semuanya memiliki penduduk yang berasal dari Pulau Jawa. Baik di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, maupun DIY.

  • Suku Tengger

Suku Tengger
blogkulo.com

Suku di Pulau Jawa yang selanjutnya adalah Suku tengger. Suku ini merupakan masyarakat yang beragama Hindu. Suku Tengger tinggal di sekitar wisata Gunung bromo, Jawa Timur. Suku ini menempati beberapa daerah seperti Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, serta Malang.

  • Suku Osing

Suku Osing
www.asliindonesia.com

Suku Osing disebut juga sebagai suku wong Blambangan. Di mana saat Majapahit jatuh, warga yang menjadi bagian dari suku ini lari ke berbagai tempat seperti Blambangan, Bali, dan Gunung Bromo. Hingga akhirnya lahirlah kerajaan Hindu-Budha.

  • Suku Sunda

Suku Sunda
www.romadecade.org

Suku yang selanjutnya adalah Sunda. Suku ini merupakan yang terbesar kedua di Pulau Jawa yang menempati daerah Jawa Barat. Menurut Peta Pulau Jawa, suku ini mencakup wilayah provinsi Jawa Barat, Jakarta, Lampung, dan juga Banten.

  • Suku Samin

Suku Samin
www.liputan6.com

Suku yang keempat adalah Samin yang merupakan keturunan para pengikut dari seseorang yang bernama Samin Soersentiko. Samin mengajarkan ajaran Sedulur Sikep yang mana ia mengobarkan semangat perlawanan pada Belanda dalam bentuk menolak pajak serta peraturan pada zaman kolonial.

  • Suku Cirebon

Suku Cirebon
satujam.com

Suku Cirebon adalah perpaduan antara suku Sunda dan Jawa. Meski begitu, Suku Cirebon berbeda dengan keduanya. Hal ini bisa Anda buktikan dengan jejak sejarah yang mengungkapkan bahwa nama Cirebon berasal dari kata Sarumban yang mana jika diucapkan lebih mudah dengan kata Caruban yang berkembang menjadi Cirebon dengan makna “campuran”.

  • Suku Baduy

Suku Baduy
www.romadecade.org

Selanjutnya ada juga Suku Baduy yang merupakan suku asli dari daerah Banten. Jumlah penduduk suku Baduy saat ini hanya sekitar 5000 hingga 8000 orang. Masyarakatnya berdomisili di kaki Gunung kendeng Desa Kenekes, Leuwidamar, Lebak, Rangkasbitung, Banten.

Suku Baduy terbagi atas dua jenis yakni suku luar dan suku dalam. Suku Baduy dalam masih menjaga pikukuhnya sedangkan Baduy luar sudah mulai berbaur dengan masyarakat lain.

  • Suku Betawi

Suku Betawi
web.werosae.com

Suku yang terakhir adalah Betawi yang merupakan kawin mawin antara berbagai etnis dan bangsa di masa lampau. Suku Betawi adalah pendatang baru dari keturunan kaum berdarah campuran aneka suku yang didatangkan oleh Bangsa Belanda ke wilayah Batavia.

Suku ini merupakan gabungan antara Sunda, Arab, Bali, Jawa, Melayu, Ambon, Sumbawa, dan juga Tionghoa.

Kesimpulan

Jika Anda melihat peta Pulau Jawa, maka bisa dibilang kalau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki penduduk paling padat yang ada di dunia. Pulau ini adalah yang ketiga belas terbesar di dunia.

Baca Juga Peta Yogyakarta

Jika dikaitkan dengan banyak penduduk di Indonesia, maka dilihat dari peta Jawa, maka pulau ini mewakili setidaknya 60% penduduk Indonesia. Bahkan, Jawa juga menjadi pulau yang merupakan pusat sejarah yang ada di Indonesia. DI tempat ini juga terdapat banyak gunung berapi dan membentuk jajaran yang mana terbentang dari timur sampai barat.

Tinggalkan komentar