24 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan GDP Perkapita

Status sebagai sebuah negara terkaya di dunia memang cukup prestisius. Negara tersebut akan di anggap sebagai negara besar dan terkenal di seantero negeri. Namun, tentu, pembahasan terkait siapa negara yang terkaya di dunia harus mengedepankan informasi akurat terkait dari negara tersebut.

Hal ini di karenakan sumber daya setiap negara berbeda-beda. Perbedaan dari sumber daya alam tersebut di pengaruhi oleh letak geografis dari negara tersebut. Hal ini penting karena akan mempengaruhi ketergantungan sumber ekonomi suatu negara tersebut.

Dalam hal ini, ada negara terkaya di dunia yang sumber ekonominya bergantung pada pertambangan, minyak bumi, gas alam, hasil pertanian, perdagangan, jasa dan lainnya.

Tentu, salah satu indikator untuk menilai apakah negara tersebut kaya atau tidak adalah kemajuan di sektor ekonomi yang akan berpengaruh pada pendapatan per kapita dari suatu negara.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga akan berkorelasi dengan peningkatan pemasukan suatu negara sehingga kekayaan dari negara tersebut akan bertambah dengan cukup signifikan. Nah, di ambil dari beberapa sumber, ada beberapa negara yang masuk dalam daftar terkaya di dunia.

Negara-negara tersebut tersebar di beberapa benua yang berbeda dan mendapatkan sumber kekayaannya dari hal yang berbeda-beda pula. Lantas, apa saja negara yang masuk dalam daftar paling kaya di dunia? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Daftar Negara Terkaya di Dunia

NEGARA TERKAYA DI DUNIA

Sebagaimana di singgung di awal bahwa ada beberapa negara yang masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Adanya daftar tersebut memang sebenarnya menunjukkan adanya dari bangsa-bangsa di dunia. Namun, kekayaan suatu negara memang tidak di dapatkan dengan rumusan yang simple.

Meskipun suatu negara memiliki sumber daya yang melimpah, namun ketika penanganan tidak di lakukan dengan baik, maka kekayaan tersebut bisa jadi tidak akan di nikmati oleh negara tersebut dan ia tetap akan miskin.

Nah, adapun beberapa daftar dari negara terkaya di dunia yang perlu di ketahui adalah sebagai berikut:

Qatar

Qatar
Qatar

Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia yang sangat terkenal saat ini. Negara ini terletak di Asia Barat dan menjadi salah satu negara maju di kawasan Semenanjung Arab. Selain itu, perekonomian yang di miliki oleh Qatar termasuk yang terbaik di dunia dan mampu bersaing dengan beberapa negara lain.

Pada mulanya, perekonomian yang berjalan di Qatar hanya bergantung pada perikanan dan juga mutiara. Namun, kini, perekonomian di Qatar semakin berkembang terlebih setelah di temukannya sumber minyak bumi pada tahun 1939 yang lalu.

Sejak adanya penemuan sumber tambang tersebut, secara drastis perekonomian Qatar langsung meningkat. Tingkat GDP Qatar termasuk yang paling tinggi hingga mencapai US$ 129.276. Kini, Qatar juga menjadi salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Tak heran, status ini membuat Qatar menjadi salah satu negara modern dan di segani.

Luksemburg

Luksemburg
Luksemburg

Luksemburg merupakan negara yang terletak di benua Eropa. Negara ini termasuk salah satu negara terkaya di dunia dengan tingkat GDP yang tinggi. Ya, dari beberapa sumber di temukan bahwa GDP per kapita dari negara ini adalah sebesar US$ 101.936 sehingga tidak heran negara ini pernah menempati posisi kedua sebagai negara paling kaya di dunia.

Meskipun tidak lagi menyandang status tersebut, namun tetap saja negara ini memiliki kondisi perekonomian yang tumbuh dengan sangat pesat. Pertumbuhan ekonomi negara ini bersumber terutama pada sektor perbankan dan sektor industri. Salah satu pengontrol pendapatan terbesar dari negara ini adalah industri baja.

Selain itu, keuntungan dari Luksemburg adalah letak negara ini sangat strategis dan menjadi pusat lalu lintas negara lain. Bayangkan saja, negara ini berada di perbatasan beberapa negara maju, seperti Jerman, Perancis dan lainnya. Karena letaknya inilah Luksemburg mendapatkan cukup banyak keuntungan terutama dari sektor bisnis yang di kembangkan.

Makau

Makau
thegorbalsla.com

Makau merupakan sebuah negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Namun, meskipun demikian, Makau menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan kekayaan yang cukup fantastis.

Kekayaan negara ini di dapatkan dari beberapa sektor yang berbeda, yakni dari pariwisata, industri kecil dan juga garmen.

Dari ketiga sektor tersebut, pariwisata memegang peranan yang sangat penting dalam pendapatan negara dan perkembangan ekonomi yang terjadi di Makau.

Tidak heran, kini negara ini menyandang sebagai salah satu negara dengan kekayaan paling tinggi di dunia dengan tingkat GDP per kapita yang di miliki adalah sekitar US$ 96.147.

Singapura

Singapura
www.slance.com

Singapura adalah negara yang kecil dan terletak di Semenanjung Melayu. Negara Asia Tenggara ini berhasil masuk dalam daftar negara terkaya di dunia hingga saat ini. Hal ini di buktikan dengan keberhasilan Singapura menembus posisi empat sebagai negara paling kaya di seantero dunia.

Singapura berhasil mengalahkan negara-negara lain yang notabene memiliki luas yang berkali lipat lebih besar. Salah satu sumber pendapatan tertinggi negara ini adalah sektor perdagangan. Letaknya yang sangat strategis di jalur perlintasan perdagangan dunia membuat Singapura menjadi negara singgah.

Selain itu, sektor bisnis menjadi salah satu yang paling maju dari negara ini. Banyak perusahaan-perusahaan bisnis yang berdiri di negara ini.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara terkaya yang terletak di Asia Tenggara. Masuknya Brunei sebagai negara cukup mengagetkan. Hal ini di karenakan negara yang menganut sistem Islam ini hanya memiliki luas wilayah yang sangat kecil karena berada di tengah wilayah negara Malaysia.

Namun, meskipun wilayah negara ini cukup kecil, pendapatan per kapita di negara ini cukup tinggi, yakni sekitar US$ 79.710. Keberhasilan Brunei Darussalam masuk ke dalam daftar negara paling kaya di dukung dengan sektor ekonomi yang sangat sehat. Dalam hal ini, Brunei Darussalam kaya dengan tambang bahan mentah dan juga gas alam.

Selain itu, negara juga sangat aktif dalam pembangunan ekonomi yang ada. Dalam hal ini, kebijakan ekonomi di Brunei Darussalam sangat membantu untuk meningkatkan potensi bidang wirausaha dengan lebih kondusif.

Kuwait

Kuwait
www.kw.undp.org

Negara selanjutnya yang berhasil menjadi negara terkaya di dunia adalah Kuwait. Kuwait adalah negara yang terletak di Asia Barat dan sangat di segani di dunia. Salah satu fakta bahwa negara ini memegang peranan penting dalam pergaulan negara terkaya adalah nilai mata uang Kuwait adalah yang terbesar di dunia, yakni Dinar Kuwait.

Selain itu, GDP per kapita di negara ini adalah US$ 71.263. Dengan tingkat GDP tersebut, Kuwait di nobatkan sebagai negara terkaya nomor 6 di dunia. Salah satu hal menarik dari negara ini adalah Kuwait memiliki cadangan minyak 10% dari total cadangan minyak di dunia.

Jumlah ini sangat besar sehingga tidak heran Kuwait menjadi negara super power sekarang ini. Pendapatan negara ini selain di pengaruhi oleh tambang juga di pengaruhi oleh sektor lain. Dalam hal ini, sektor lain yang bergerak untuk menunjang perekonomian Kuwait adalah sektor industri dan juga jasa keuangan.

Irlandia

Irlandia
Irlandia

Meskipun jarang di sebut, namun Irlandia termasuk salah satu negara terkaya di dunia. Tidak main-main, negara di kawasan Eropa ini masuk dalam negara paling kaya nomor 7 di dunia. Negara ini melampaui beberapa negara Eropa lain yang notabene-nya lebih terkenal.

Keberhasilan Irlandia masuk dalam posisi 7 terkaya di pengaruhi dengan tingkat GDP negara tersebut. Dalam hal ini, GDP per kapita di Irlandia adalah US$ 69.274. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di negara ini bisa di katakan sangat pesat. Hal ini di karenakan adanya kemudahan dalam pendirian sektor industri.

Irlandia merupakan negara dengan sektor industri tekstil yang besar dan pertambangan yang cukup maju. Selain itu, negara ini juga memiliki bentang alam yang sangat indah. Detail kondisi dari negara ini membuat Irlandia juga masuk dalam salah satu negara tujuan wisata di dunia yang mendongkrak pendapatan negara tersebut secara keseluruhan.

Norwegia

Norwegia
lampungpro.com

Norwegia merupakan negara yang masuk dalam posisi kedelapan untuk daftar negara terkaya di dunia. Negara yang terletak di kawasan benua Eropa ini memiliki GDP per kapita sebesar US$ 69.296. Tingkat GDP inilah yang membuat Norwegia masuk dan mengalahkan beberapa negara lain dalam peringkat negara terkaya.

Ada beberapa sektor yang menjadi tulang punggung perekonomian negara ini. Di karenakan berbatasan dengan laut, Norwegia memiliki sektor industri perikanan yang sangat maju. Sektor inilah yang menjadi pendukung utama perekonomian dari negara ini.

Selain itu, apa yang menjadi sumber pendapatan negara adalah sektor tambang. Norwegia merupakan negara dengan tambang minyak, gas alam dan mineral yang cukup banyak. Fakta inilah yang membuatnya menjadi salah satu negara yang di segani, terutama dalam pergaulan internasional di dunia.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab
muslimobsession.com

Uni Emirat Arab atau lebih sering di sebut sebagai UEA kini menjelma menjadi salah satu negara paling kaya yang ada di dunia. Status negara terkaya di dunia ini di dapatkan setelah perekonomian UEA maju dengan margin yang sangat besar. Sektor tambang menjadi sektor utama yang mengontrol kondisi ekonomi di UEA.

Di negara ini di temukan cadangan minyak bumi dan gas alam dengan jumlah yang cukup fantastis. Kondisi ini membuat negara ini menjadi negara terbesar di dunia sebagai penghasil minyak. Fakta inilah yang menjadikan UEA menjelma menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Selain itu, perekonomian UEA juga di tunjang dengan beberapa faktor lain. Adapun beberapa faktor tersebut yang membuat tingkat GDP per kapita mencapai hingga US$ 67.696 adalah ekspor bahan tambang lain, seperti berlian, emas, perak serta alumunium

Sektor lain yang menghasilkan pundi kekayaan bagi negara ini adalah sektor pariwisata. Dalam hal ini, UEA memiliki cukup banyak bentang alam yang sangat indah yang menjadi tujuan wisata turis dari berbagai belahan dunia yang berbeda.

San Marino

San Marino
www.danflyingsolo.com

San Marino, jika di lihat dari luas wilayah, merupakan salah satu negara dengan luas wilayah yang paling kecil di dunia. Namun, meskipun memiliki keterbatasan dalam luas wilayah, nyatanya negara ini mampu menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan masuk ke peringkat 10 dari daftar negara-negara terkaya tersebut.

Salah satu faktor utama yang menunjang kondisi ekonomi di San Marino adalah jasa layanan keuangan. Sektor ini menjadi sektor paling besar untuk memberikan pemasukan kekayaan negara. Selain itu, San Marino juga memiliki bentang alam yang sangat indah yang di manfaatkan menjadi sektor pariwisata yang sangat menjanjikan.

Sektor lain yang turut menyumbang GDP San Marino sebesar US$ 64.443 per kapita adalah bisnis ekspor. Negara ini memiliki bisnis ekspor dalam berbagai produk seperti kain, pakaian dan keramik dengan margin yang cukup besar.

Swiss

Swiss
www.ican-education.com

Negara selanjutnya yang masuk dalam daftar negara terkaya di dunia adalah Swiss. Dalam hal ini, Swiss menempati posisi ke sebelas dalam daftar negara yang paling kaya. Salah satu sektor yang menjadi tulang punggung ekonomi di Swiss adalah bidang keuangan. Sektor ini memegang lebih dari setengah pendapatan total negara.

Selain itu, Swiss juga memiliki beberapa sektor lain yang memberikannya keuntungan dalam perekonomian. Beberapa sektor yang berpengaruh dalam kondisi ekonomi negara yang sebenarnya kecil ini adalah industri farmasi, pertanian dan juga perdagangan. Sektor pariwisata juga turut mewarnai kondisi perekonomian negara ini.

Nah, beberapa sektor di atas berhasil membuat Swiss berjaya sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Karena majunya beberapa sektor tersebut, Swiss memiliki tingkat GDP per kapita hingga US$ 59.375.

Hongkong

Hongkong
www.cathaypacific.com

Hongkong adalah salah satu negara di kawasan Asia yang menjadi pusat bisnis dan juga pusat keuangan di dunia. Hal ini di buktikan dengan di gunakannya mata uang Hongkong sebagai salah satu mata uang yang di gunakan dalam perdagangan internasional. Bahkan, ada cukup banyak investor yang bersaing untuk bisa menanam saham di negara ini.

Memang, sektor perdagangan menjadi salah satu sektor paling penting di Hongkong dan menyumbangkan penghasilan paling besar untuk menjaga kondisi ekonomi negara ini. Karena keberhasilan dalam dunia perdagangan yang di terapkan, Hongkong berhasil mendapatkan tingkat GDP per kapita hingga mencapai US$ 58.094.

USA

USA
www.driveaway.com

United States of America atau yang di kenal sebagai Amerika Serikat adalah salah satu negara adikuasa. Negara super power ini terkenal sebagai negara dengan pusat ekonomi terbesar di dunia. Dalam hal ini, pendapatan GDP per kapita di Amerika Serikat adalah sekitar US$ 57.293.

Kondisi ekonomi di negara ini di tunjang oleh beberapa sektor. Adapun beberapa sektor yang menjadi tulang punggung kondisi ekonomi di Amerika Serikat adalah layanan publik, bidang teknologi, keuangan, kesehatan, industri manufaktur dan lainnya.

Jika di lihat, negara ini memiliki banyak sektor penunjang yang bisa di harapkan. Selain di tunjang dengan beberapa sektor tersebut, secara umum Amerika Serikat juga sangat di untungkan dengan adanya sumber daya manusia yang memang sudah cerdas dan juga terampil dalam beberapa bidang yang di kuasainya.

Saudi Arabia

Saudi Arabia
Saudi Arabia

Saudi Arabia atau Arab Saudi menjadi salah satu negara terkaya di dunia berikutnya. Negara yang menjadi pusat peribadatan kaum Muslim ini masuk dalam urutan ke-14 sebagai negara paling kaya di dunia. Peringkat ini di dapatkan oleh Arab Saudi karena adanya dukungan sumber minyak bumi sebagai penggerak utama bidang ekonominya.

Dalam hal ini, GDP per kapita dari Arab Saudi adalah sekitar US$ 54.078. Selain itu, apa yang membuat negara ini berhasil masuk dalam peringkat atas negara paling kaya di dunia adalah sistem ekonomi yang di jalankan. Sistem ekonomi anti riba dan kesuksesan menekan jumlah korupsi di pemerintahan membuat ekonomi Arab Saudi terus bertumbuh.

Netherlands

Netherlands
dreamphototours.com

Netherlands atau Belanda merupakan negara yang unik. Negara ini di sebut sebagai Negara Kincir Angin karena posisi tanah Belanda yang berada di bawah garis laut. Namun, meskipun memiliki keterbatasan dalam bentang alam, Belanda masuk dalam peringkat ke-15 untuk negara terkaya di dunia.

Sumber pendapatan negara ini di dukung dengan berbagai bidang yang berbeda. Beberapa sektor yang membangun perekonomian di Belanda adalah sektor pertanian, industri kreatif, layanan publik, manufaktur dan lainnya.

Selain itu, Belanda juga memiliki sektor pertanian dan peternakan yang turut menjadi sumber pendapatan perekonomian bernegara ini. Dengan GDP per kapita sebesar US$ 50.846, Belanda menjadi salah satu negara yang tangguh dalam ekonomi dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar yang tidak bisa di remehkan.

Australia

Australia
www.intertnations.org

Peringkat selanjutnya untuk negara terkaya di dunia adalah Australia. Negara yang terletak di belahan selatan dunia ini masuk ke dalam salah satu negara yang paling kaya. Ada cukup banyak sektor yang menjadi tulang punggung kemajuan negara. Salah satu sektor terbesar yang memasok kekayaan Australia adalah sektor pertambangan.

Sektor ini menjadikan Australia menjadi pengekspor uranium dan emas yang besar untuk memenuhi keperluan penduduk dunia. Selain itu, sektor lain yang turut menyumbang GDP per kapita Australia sebesar US$ 61.887 adalah sektor pertanian, industri, perkebunan dan pariwisata.

Denmark

Denmark
www.moveabroadnow.com

Negara lain yang masuk daftar negara terkaya di dunia adalah Denmark. Negara yang terletak di belahan benua Eropa ini berhasil masuk dalam daftar atas negara paling kaya dengan GPD yang cukup besar. Menurut laporan, GDP per kapita dari negara ini pada tahun 2014 yang lalu adalah sebesar US$ 60.434.

Kondisi ekonomi Denmark yang maju tersebut di dukung dengan beberapa sektor yang berbeda. Adapun beberapa sektor yang menjadi pendongkrak kondisi ekonomi dari Denmark adalah sektor energi, transportasi, teknologi dan beberapa sektor publik lainnya. Selain itu, sistem ekonomi Denmark sangat sehat dengan tingkat korupsi yang sangat rendah.

Swedia

Swedia
ilmugeografi.com

Swedia menjadi negara berikutnya yang masuk daftar negara terkaya di dunia. Negara ini cukup menyenangkan sebagai tempat liburan karena memiliki bentang alam dan kota tua yang sangat indah. Tidak jarang sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang kekayaan dari negara ini.

Namun, penyumbang kekayaan Swedia paling besar dari negara ini adalah pajak. Meskipun mengambil dari pajak, namun berkat pengelolaan yang benar, maka pajak bisa di jadikan sebagai komoditas utama untuk mengatur kondisi keuangan negara.

Selain itu, sektor lain yang berpengaruh terhadap sektor ekonomi di Swedia adalah farmasi dan telekomunikasi. Beberapa sektor tersebut membentuk sebuah sistem ekonomi yang cukup kuat di Swedia. Dengan beberapa sektor tersebut, Swedia berhasil mendapatkan GDP per kapita dengan jumlah US$ 58.887.

Islandia

Islandia
Islandia

Islandia termasuk salah satu negara paling kaya di dunia. Hal ini di buktikan dengan kondisi keuangan negara yang sangat sehat. Menurut data, pada tahun 2014 diketahui pendapatan per kapita dari negara ini adalah US$ 52.111.

Kondisi perekonomian yang sehat dari Islandia di tunjang dengan beberapa sektor. Adapun sektor utama yang membuat negara ini masuk ke dalam peringkat atas negara paling kaya di dunia adalah pembangkit listrik tenaga air dan juga energi dari panas bumi.

Selain itu, ada juga faktor lain yang berpengaruh pada kondisi ekonomi Islandia. Sektor tersebut adalah pariwisata dan perangkat lunak teknologi. Khusus untuk pariwisata, Islandia termasuk salah satu negara dengan bentang alam indah. Di negara ini, para wisatawan yang datang bisa menikmati fenomena alam aurora di waktu-waktu tertentu.

Austria

Austria
sofitel.accorhotels.com

Meskipun memiliki wilayah yang cukup kecil dan terbatas, Austria berhasil menjadi kekuatan baru dalam kondisi ekonomi dunia. Negara kecil ini masuk ke dalam salah satu daftar negara terkaya di dunia yang bertahan hingga saat ini.

Dalam salah satu laporan di sebutkan bahwa GDP per kapita dari negara ini adalah sebesar US$ 50.150. Nah, sektor utama yang menjadi penyumbang pendapatan terbesar dari Austria adalah sektor industri. Industri di Austria bisa di katakan sangat berkembang pesat dengan adanya banyak inovasi yang di lakukan.

Finlandia

Finlandia
www.benankmerah.co

Finlandia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Eropa. Negara yang memiliki luas wilayah tidak terlalu besar ini masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Sebenarnya, selain menjadi negara yang paling kaya, Finlandia juga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Cukup banyak negara yang meniru sistem pendidikan negara ini. Selain sistem pendidikan yang baik, sistem ekonomi Finlandia juga bisa di katakan sangat baik. Hal ini di karenakan hampir tidak ada korupsi yang terjadi di negara ini karena kesadaran penduduknya yang tinggi terkait hukum.

Lantas, apa yang membuat ekonomi negara ini maju? Terkait kondisi ekonomi, ada beberapa sektor yang menunjang pendapatan dari negara ini. Beberapa sektor yang di maksud adalah sumber daya alam yang melimpah, seperti kayu, bijih besi, mineral, metal dan lain sebagainya. Kondisi ini membuat Finlandia mampu mendapatkan GDP per kapita hingga US$ 49.150.

Jerman

Jerman
Jerman

Jerman adalah salah satu negara paling kuat di dunia. Negara ini dulunya sangat di takuti, terutama pada zaman medio Perang Dunia II. Namun, kini, Jerman sudah menjadi sahabat baik dan mitra bisnis dari beberapa negara yang ada di Eropa.

Nah, negara yang di pimpin oleh seorang Kanselir ini masuk dalam salah satu daftar negara terkaya di dunia dengan GDP per kapita sebesar US$ 47.627. Besaran GDP inilah yang membuat ekonomi di Jerman di perhitungkan oleh mata dunia.

Ada beberapa sektor yang menunjang kondisi perekonomian di Jerman. Namun, pemasukan terbesar ekonomi Jerman adalah dari sektor industri dan kemajuan teknologi. Di Jerman, pemerintah memberikan kemudahan riset dan penelitian sehingga ada banyak penemuan terbaru yang di temukan di negara tersebut.

Belgia

Belgia
www.asumsi.co

Belgia juga masuk sebagai salah satu negara paling kaya di dunia. Negara yang cukup terkenal dalam dunia sepak bola ini memiliki tingkat pendapatan GDP per kapita sekitar US$ 47.512. keberhasilan Belgia mendapatkan tingkat GDP tersebut didukung oleh beberapa sektor yang berbeda.

Ada cukup banyak sektor yang berperan dalam usaha untuk meningkatkan kondisi perekonomian Belgia. Adapun beberapa sektor tersebut adalah ekspor mesin, peralatan, bahan kimia, berlian dan lainnya. Selain itu, Belgia, meskipun tidak terlalu mencolok, juga mengembangkan dunia pariwisata.

Inggris

Inggris
www.kompasiana.com

Inggris adalah bagian dari Eropa yang sangat terkenal. Negara yang masih menggunakan ciri feodalisme ini berhasil menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan GDP per kapita sebesar US$ 45.603. Pendapatan ini di peroleh dari sektor keuangan yang menjadi basik ekonomi dari Inggris.

Selain itu, Inggris juga mengembangkan dunia pariwisata. Di Inggris terdapat cukup banyak gedung tua yang menjadi objek wisata sejarah dan berhasil mengundang ribuan wisatawan dari berbagai belahan dunia yang berbeda untuk datang ke sana.

Demikian beberapa ulasan terkait negara terkaya di dunia. Tentu, masih ada kekuatan-kekuatan dunia lain yang juga masuk dalam kelompok negara paling kaya di dunia dengan sumber pendapatan yang berbeda-beda. Nah, pertanyaannya, bagaimana dengan Indonesia?

Tinggalkan komentar