Pengertian Konveksi : Memulai Bisnis Konveksi dengan Skala Rumahan

Pengertian konveksi – Bisnis konveksi menjadi salah satu bisnis yang bisa dibilang cukup memberikan keuntungan. Saat ini, tidak sulit bagi Anda untuk bisa menemukan bisnis konveksi tersebut. Ternyata, bisnis konveksi bisa menjadi bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan.

Konveksi adalah salah satu bisnis dalam bidang pakaian yang biasanya memproduksi pakaian dalam jumlah yang cukup besar atau sesuai dengan permintaan. Permintaan pasar yang cukup tinggi membuat bisnis satu ini banyak diminati, terutama beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, bisnis tersebut juga masih memiliki kompetitor yang rendah. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa untuk membangun bisnis satu iniĀ  Anda tidak harus membangun pabrik garmen terlebih dahulu. Namun, Anda bisa memulainya dalam skala rumahan dan dapat digunakan sebagai bisnis sampingan.

Tentu, jika Anda bisa tekun dalam menjalaninya, tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang Anda jalani tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Nah, sebelum Anda menjalani bisnis yang satu ini, tentu Anda harus memahami dengan baik apa itu konveksi sebagai bisnis rumahan dan bagaimana cara memulai bisnis konveksi dalam skala rumahan. Di bawah ini akan diberikan penjelasan yang yang cukup gambling tentang konveksi sebagai bisnis rumahan.

Pengertian Konveksi

Pengertian Konveksi
www.maxmanroe.com

Apa yang dimaksud dengan konveksi? Konveksi adalah suatu tempat yang dibuat dengan khusus guna memproduksi merchandise yang berhubungan dengan keperluan sandang manusia.

Secara sederhana, konveksi adalah tempat yang digunakan untuk memproduksi pakaian ataupun jenis fashion yang lainnya dalam jumlah tertentu dan sesuai dengan permintaan atau pesanan.

Ada berbagai macam jenis fashion yang dibuat dalam bisnis konveksi satu ini, diantaranya adalah: celana, jaket, kaos, seragam dan masih banyak lagi yang lainnya. Biasanya, untuk bisnis yang satu ini memproduksi jenis pakaian atau fashion yang dipesan dalam jumlah yang tidak sedikit, contohnya yakni 1 kodi.

Dengan pengertian konveksi tersebut, tentu Anda sudah bisa membedakan antara konveksi garmen dan penjahit rumahan. Nah, penjahit rumahan hanya dapat menyelesaikan beberapa pakaian saja. Sementara itu, garmen memiliki skala bisnis yang lebih besar karena mempunyai peralatan yang lebih dan karyawan yang lebih banyak.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan perbedaan dari konveksi, garmen dan penjahit rumahan tersebut, berikut akan diberikan ilustrasi tentang perbedaan dari ketiganya.

Ilustrasi perbedaan konveksi, garmen dan penjahit rumahan.

  1. Para penjahit rumahan, hanya mampu memproduksi pesanan sekitar 1 sampai 5 pcs saja.
  2. Sedangkan, konveksi dapat memproduksi lebih banyak barang atau pesanan jika dibandingkan dengan penjahit rumahan, yakni sekitar 12 sampai 10.000 pcs. Ini karena konveksi didukung dengan menggunakan pekerja yang lebih banyak dan alat yang digunakan juga lebih lengkap.
  3. Sementara itu, garmen bisa memproduksi lebih banyak barang atau pesanan jika dibandingkan dengan konveksi. Yakni, lebih dari 10.000 pcs pesanan. Hal tersebut karena garmen sudah dilengkapi dengan peralatan yang lebih lengkap serta lebih modern. Tak hanya itu, bahkan karyawan yang dimiliki oleh dimiliki oleh garmen jauh lebih banyak dan professional.

Tahapan yang Harus Dilakukan untuk Memulai Bisnis Konveksi Skala Rumahan

Setelah Anda mengetahui pengertian dari konveksi dan membedakannya dengan garmen serta penjahit rumahan, kini tiba saatnya Anda untuk mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis konveksi rumahan satu ini.

Berikut adalah tahapan persiapan yang harus Anda lakukan:

  • Analisa Bisnis

Tahap awal persiapan yang harus Anda lakukan ialah dengan analisa bisnis. Tentunya, untuk bisa memulai sebuah usaha, dibutuhkan persiapan yang matang dan analisa yang mendalam terkait dengan bisnis yang akan Anda geluti tersebut.

Pastikan pula bahwa beberapa hal sudah Anda siapkan dengan matang termasuk resiko bisnis yang akan Anda alami nantinya. Menjalankan bisnis butuh tekad dan keyakinan yang kuat agar Anda bisa menjalankannya sesuai dengan time line.

Untuk persiapan dari bisnis satu ini meliputi beberapa hal, seperti: analisis peluang, persediaan modal yang dimiliki, potensi pasar yang ada dan berbagai macam hambatan kecil yang bisa saja Anda alami di tengah perjalanan.

Satu hal yang harus Anda perhatikan, bahwa bisnis yang baik merupakan bisnis yang dijalankan bersama dengan tim. Nah, paling tidak usahakan untuk membuat tim kecil terlebih dahulu agar dapat membantu Anda dalam berbagai hal terutama saat menganalisis bisnis.

Pikirkan berapa banyak karyawan yang harus anda pekerjakan dan jumlah alat yang harus dibeli. Pastikan bahwa Anda tidak merekrut terlalu banyak karyawan terlebih Anda baru saja memulai bisnis konveksi rumahan tersebut.

  • Melakukan Persiapan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana menjadi bagian yang teramat penting untuk Anda yang ingin membuka sebuah bisnis. Konveksi adalah sebuah bisnis yang membutuhkan tempat untuk bisa menjalankannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sarana seperti beberapa peralatan bisnis yang dibutuhkan. Untuk prasarananya sendiri, karena bisnis ini merupakan bisnis skala rumahan, maka Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai prasarana bisnis.

Berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis konveksi adalah obras, mesin jahit, rantai, overdeck, meja potong, meja steam, mesin potong, beberapa peralatan menjahit seperti gunting, meteran dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Carilah Supplier Kain yang Memiliki Harga Terjangkau

Dengan mencari supplier kain yang murah, ini dapat membuat hasil produksi dari bisnis konveksi Anda bisa bersaing di pasaran. Kain dan benang menjadi bahan utama dalam sebuah bisnis konveksi. Dalam membangun bisnis yang satu ini, Anda tidak hanya menyediakan tempat, membeli beberapa peralatan dan merekrut beberapa karyawan saja.

Namun, Anda juga harus menjalin relasi yang baik dengan penyedia kain serta benang yang menawarkan harga terjangkau. Tak hanya itu, pastikan pula bahwa penyedia kain dan benang tersebut memiliki kualitas serta mutu yang terjamin.

Bagi Anda para pemula dalam bisnis konveksi, sangat disarankan untuk menghemat budget yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan baku. Jadi, saat Anda mencari supplier yang akan dipercaya, jangan sampai salah pilih.

  • Strategi Pemasaran atau Promosi Grosir Pakaian yang Tepat

Apabila Anda sudah mantab dan berbagai persiapan sudah disiapkan dengan matang, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah dengan menyusun strategi pemasaran yang harus dilakukan. Bagi para pemula, tahap yang satu ini bisa dibilang merupakan tahapan paling sulit yang harus dilakukan karena Anda harus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen terlebih dahulu.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan strategi yang tepat bagi bisnis yang akan Anda jalani. Ada berbagai jalan yang bisa ditempuh mulai dari promosi dengan menggunakan sosial media, diskon selama beberapa hari pertama saat bisnis baru saja dibuka dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Manajemen Resiko

Konveksi adalah bisnis yang bisa dijalani oleh siapa saja. Bahkan, bisnis yang satu ini pun bisa Anda jalani dalam skala rumahan. Jika Anda bisa menekuninya dengan baik dan memiliki tekad yang kuat, bisnis yang Anda mulai dengan skala rumahan tersebut bisa menjadi besar.

Tinggalkan komentar