Pengertian Kewirausahaan: Definisi, Ciri dan Tujuannya

Pengertian Kewirausahaan – Kewirausahaan adalah salah satu hal yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Ya, dalam benak masyarakat, kewirausahaan menjadi salah satu hal yang bisa di lakukan untuk mendapatkan penghasilan selain menjadi seorang pegawai di sebuah perusahaan atau sebuah instansi.

Masyarakat menjadi wirausaha karena beberapa alasan yang berbeda. Nah, secara umum, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses di mana bertujuan untuk melakukan atau menciptakan sesuatu hal yang baru dengan cara yang kreatif dan penuh inovasi.

Tujuan utama dari hal ini adalah untuk memberikan manfaat bagi orang lain dan juga bernilai tambah bagi kehidupan bermasyarakat.

Namun, ada pula pengertian kewirausahaan yang lain, yaitu kewirausahaan merupakan suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, memiliki cipta daya guna membuat sesuatu yang lebih unik dan baru.

Penciptaan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, terutama masyarakat secara umum. Selain itu, detail dari pengertian kewirausahaan lainnya adalah bahwa wirausaha memiliki sebuah proses yang cukup dinamis dalam menciptakan sesuatu.

Mereka secara periodik memiliki kedinamisan pada tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko yang akan di hadapi dalam proses bisnis yang ia kerjakan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli
hadstar.com

Secara bahasa, dalam Wikipedia, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses yang di lakukan untuk mengembangkan, mengidentifikasi dan mewujudkan visi serta misi dari kehidupan. Kata kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha.

Dalam KBBI, wira memiliki arti pejuang, berani dan berwatak agung serta berbudi luhur. Sedangkan kata usaha memiliki arti bekerja, berbuat amal dan melakukan sesuatu. Namun, untuk lebih memahami makna dari kewirausahaan secara lebih luas, berikut ada beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang memiliki kompetensi.

Adapun beberapa pengertian dari kewirausahaan menurut para ahli tersebut adalah sebagai berikut:

  • Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, makna dari kewirausahaan adalah suatu keberanian guna melakukan berbagai upaya guna memenuhi kebutuhan hidup untuk di lakukan oleh seseorang. Hal ini di dasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala jenis potensi yang ia miliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya serta orang lain.

  • Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy, makna dari kewirausahaan adalah sebuah usaha kreatif yang akan di lakukan dengan dasar inovasi guna menghasilkan sesuatu yang baru. Selain itu, usaha kreatif bertujuan untuk membuat sesuatu dengan nilai tambah, adanya manfaat serta menciptakan sebuah lapangan pekerjaan yang hasilnya berguna dengan orang lain.

  • Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang di wujudkan ke dalam perilaku guna di jadikan sebuah sumber daya penggerak, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses serta hasil bisnis.

  • Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro, arti dari kewirausahaan adalah suatu nilai yang di butuhkan guna mengawali sebuah usaha dan juga mengembangkan usaha.

  • Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, arti dari kewirausahaan adalah sebuah kemampuan guna menciptakan sesuatu yang baru dan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

  • Zimmerer

Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas serta inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

  • Siswanto Sudomo

Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni mereka yang memiliki sifat pekerja keras dan juga mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani untuk mengambil risiko keras untuk mewujudkan gagasan yang di miliki.

Dari beberapa poin di atas, terdapat beberapa penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan yang berbeda-beda dari para tokoh. Namun, secara umum, arti dari kewirausahaan tidak jauh dari sebuah usaha dan inovasi yang di lakukan oleh seseorang guna mendapatkan nilai lebih dan manfaat dari bisnis yang ia lakukan.

Ciri-Ciri Seseorang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Ciri-Ciri Seseorang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan
sahabatpegadaian.com

Selain membahas tentang pengertian kewirausahaan, hal lain yang perlu di ketahui terkait kewirausahaan adalah ciri-ciri seseorang memiliki jiwa kewirausahaan. Mengetahui hal ini merupakan salah satu hal yang cukup penting. Dengan mengetahui beberapa ciri tersebut, tentu pemahaman mengenai kewirausahaan akan bertambah dalam.

Adapun beberapa ciri-ciri seorang kewirausahaan yang bisa mendukung pemahaman mengenai arti kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi yang Tinggi

Salah satu ciri khas dan paling khusus dari seorang kewirausahaan atau pebisnis yang sukses adalah ia memiliki keberanian yang tinggi untuk melakukan kreasi. Hal ini di karenakan memiliki kreasi saja tidak cukup sebagai dasar atau landasan untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

Orang atau seorang kewirausahaan yang memiliki keberanian tentu saja tidak akan takut dengan risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu ketika ia memulai bisnis yang ia dambakan. Namun, dalam hal ini, tentu saja tidak cukup hanya keberanian yang di miliki, namun juga harus di tunjang dengan adanya pertimbangan dan perencanaan yang mumpuni.

Hal lain yang perlu di ketahui adalah bahwa jiwa kewirausahaan tersebut akan terbentuk karena adanya kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpi. Jika tidak ada jiwa tersebut, tentu kewirausahaan tidak akan berjalan dengan lancar.

  • Memiliki Semangat Tinggi dan Kemauan Keras

Tidak terbatas hanya pada daya kreativitas saja, seorang yang bergerak dalam kewirausahaan harus memiliki kemauan yang keras dan tinggi untuk bisa membangun bisnis yang ia dambakan. Tujuannya adalah untuk mewujudkan rasa percaya diri bahwa apa yang ia kerjakan akan mengantarkannya pada sebuah keberhasilan.

Selain itu, ada manfaat lain dari adanya kemauan keras yang di miliki oleh mereka yang bergerak dalam bidang kewirausahaan. Dengan adanya kemauan keras tersebut, tentu saja ada mental baja yang akan di miliki guna menghadapi risiko yang mungkin terjadi dalam pola kewirausahaan yang di lakukan.

  • Memiliki Daya Analisis yang Baik

Ciri lain dari seorang wirausaha adalah ia harus memiliki daya analisis yang baik, terutama terkait dengan apa yang sedang ia usahakan. Sebagai contoh, mereka yang bergerak di bidang kewirausahaan harus bisa memperhitungkan untung rugi, persaingan dan juga nilai jual barang atau jasa yang di sediakan serta beberapa kemampuan analisis lainnya.

Kemampuan analisis ini sejalan dengan pengertian kewirausahaan yang mengatakan bahwa seorang wirausaha akan memberikan manfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Nah, buah dari analisis tersebut adalah suatu hal yang memberikan manfaat serta nilai lebih guna menunjang hal bisnis yang di lakukan.

  • Berjiwa Pemimpin dan Tidak Berperilaku Konsumtif

Seorang pebisnis atau wirausaha harus memiliki jiwa seorang pemimpin dan dirinya bukanlah seseorang yang memiliki perilaku konsumtif. Hal ini penting karena dengan adanya jiwa pemimpin, maka seorang wirausaha tentu akan bisa mengatur dirinya sendiri ataupun anggota dan bawahannya.

Manajemen ini sangat penting terutama untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya manajemen yang baik, tentu gerak dari kewirausahaan yang di jalankan akan semakin baik dan kesuksesan yang di impikan bisa di dapatkan dengan lebih mudah.

Selain itu, seorang pemimpin atau mereka yang bergerak dalam bidang kewirausahaan harus menghindari perilaku konsumtif. Rumus dasar pebisnis sesuai dengan pengertian kewirausahaan di atas adalah pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan. Inilah hal yang akan memberikan nilai lebih pada seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis.

  • Membuat Keputusan dan Melaksanakannya

Ciri lain dari seseorang yang bergerak dalam bidang kewirausahaan adalah mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat untuk bisa menghasilkan sesuatu. Seorang wirausaha atau pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah ia yang memiliki perhitungan yang matang dalam setiap keputusan yang ia ambil.

Selain itu, tidak cukup hanya pada pengambilan keputusan saja, namun ia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan harus melaksanakan keputusan tersebut sesuai dengan kesepakatan yang di sepakati dengan tim yang di miliki. Pelaksanaan keputusan secara cepat dan tepat akan meminimalkan hilangnya sebuah peluang.

  • Memiliki Pengabdian yang Besar pada Produk dan Usahanya

Ciri lain dari jiwa kewirausahaan yang di miliki oleh seorang wirausaha adalah ia mampu mengabdikan dirinya terhadap pekerjaan yang di miliki. Seorang pebisnis yang sedang memulai bisnisnya tentu saja harus mengesampingkan kepentingan lain yang sifatnya bisa di tunda demi pekerjaan yang ia geluti.

Meskipun cukup banyak orang mengatakan bahwa bisnis memiliki waktu yang tidak mengikat, namun perlu di ketahui bahwa menekuni bisnis justru membutuhkan waktu yang lebih guna belajar. Tidak hanya belajar, namun juga memahami dan menjalankan segala aspek bisnis dengan baik.

Perlu di ketahui bahwa hal demikian tidak hanya berfungsi pada dirinya sendiri sebagai pebisnis, namun juga orang lain. Seorang pebisnis harus bisa menerapkan jiwa kewirausahaan yang ia miliki pada para pelanggan dan juga calon pelanggan.

Sebagai pengetahuan tambahan, untuk bisa di katakan andal serta professional dalam dunia kewirausahaan, seorang wirausaha harus melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Sangat mengenal serta meyakini produk atau bisnis yang ia miliki
  • Mampu menerima kritik serta saran dan tidak berdebat dengan pelanggan dari bisnisnya atau calon pelanggan bisnis yang ia miliki
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan anggota tim yang ia miliki atau dengan para pelanggan
  • Bersikap yang santun, jujur serta berani untuk mengambil sebuah keputusan yang penting
  • Bertanggung jawab jika suatu saat terdapat produk atau jasa yang merugikan pelanggan yang ia miliki.

Tujuan Seseorang Membangun Kewirausahaan

Tujuan Seseorang Membangun Kewirausahaan
Tujuan Seseorang Membangun Kewirausahaan

Hal penting terkait pemahaman mengenai pengertian kewirausahaan adalah tujuan seseorang yang membangun kewirausahaan. Tentu, tujuan tersebut menjadi dasar kenapa ia menjadi seorang wirausaha. Jadi, karena tujuan tersebutlah mimpi menjadi seorang wirausaha di rajut.

Berkaitan dengan tujuan seseorang untuk membangun kewirausahaan, maka ada beberapa hal yang penting untuk di pahami. Adapun beberapa tujuan dari seseorang untuk menggeluti dunia kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  1. Membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi orang lain yang membutuhkan dan membantu mereka untuk menjadi seorang pengusaha yang mandiri
  2. Menciptakan jaringan bisnis yang baru di mana bisa menyerap banyak tenaga kerja yang berada di sekitarnya
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan juga masyarakat di sekitarnya secara umum yang tinggal di sekitarnya dengan cara membuka lapangan kerja dengan bidang yang ia pahami dengan baik
  4. Menularkan serta mengembangkan semangat dalam kewirausahaan kepada orang lain untuk memberikan inspirasi
  5. Membantu para pengusaha muda untuk bisa melakukan inovasi dan juga kreasi yang baru guna mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang.

Demikian beberapa ulasan terkait pengertian kewirausahaan dan beberapa hal penting lainnya. Tentu, beberapa hal di atas harus di pahami dengan baik agar usaha untuk mengembangkan kewirausahaan bisa di lakukan dengan lebih baik dan maksimal.

Tinggalkan komentar