5 Contoh Autobiografi Pengertian, Manfaat, Contoh

Contoh Autobiografi – Hidup adalah tentang perjalanan yang tak akan mungkin terlewatkan begitu saja. Untuk sebuah impian memang perjuangan haruslah terus dikenang, saat Anda mulai bisa sampai pada tujuan Anda maka bisa dipastikan bahwa Anda adalah orang yang memiliki pengalaman yang luar biasa. Pengalaman tersebut layaknya bisa dibagikan kepada sesama agar memotivasi manusia lainnya.

Segala catatan tentang perjalanan kita dari awal sampai di titik ini dapat termasuk ke dalam autobiografi. Untuk Anda yang baru mengenal istilah tersebut berikut kami paparkan mengenai pengertian sampai contoh autobiografi mulai dari autobiografi diri sendiri, autobiografi pahlawan, autobiografi pengusaha dan lain sebagainya.

Pengertian Autobiografi

PENGERTIAN AUTOBIOGRAFI

Sebelum pada contoh autobiografi, kiranya perlu untuk Anda mengetahui sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan autobiografi. Nah, terkadang banyak yang salah mengartikan nih antara Biografi sama autobiografi. Padahal kedua istilah tersebut memiliki arti berbeda loh. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Autobiografi atau riwayat hidup adalah catatan perjalanan dari tokoh itu sendiri. Kata autobiografi berasal dari kata autos, bios, dan graphein. Berturut-turut kata tersebut berarti sendiri, bios yang berarti hidup dan graphein yang berarti menulis. Sehingga secara keseluruhan autobiografi adalah tulisan yang merupakan pengalaman, riwayat hidup, perjalanan seseorang, dari semenjak ia kecil hingga saat ini yang kemudian ditulis oleh yang bersangkutan (sudut pandang orang pertama).

Dalam penulisan autobiografi biasanya orang tersebut mengambil beberapa sudut pandang serta beragam dokumen, bahkan autobiografi dapat juga di dasarkan secara komprehensif pada ingatan pengarang. Selain itu istilah autobiografi dan biografi adalah berbeda, autobiografi adalah rentetan perjalanan panjang yang dituliskan secara detail, sedangkan biografi hanya berupa kisah hidup singkat atau bahkan hanya riwayat pendidikan saja.

Seperti yang kita tahu, karena autobiografi merupakan kisah dari suatu perjalanan maka di dalamnya juga terdapat segala lika-liku kehidupan orang tersebut. Saat ia menjalani masa sulitnya, bahagianya, kesuksesan dan kegagalannya.

Manfaat Autobiografi

MANFAAT AUTOBIOGRAFI

Sebenarnya apa sih manfaat autobiografi? Nah, dengan autobiografi pembaca akan mengetahui sepak terjang tokoh tersebut. Sehingga menulis autobiografi tidaklah merugikan malah akan memberikan kita banyak pengetahuan tentang pengalaman-pengalaman yang telah ditempuh orang tersebut.

Dengan menulis atau membaca autobiografi Anda bisa introspeksi diri, kira-kira sejauh mana jalan yang di tempuh dan usaha apa yang harus dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa contoh autobiografi berikut ini

Contoh Autobiografi Singkat Tokoh Islam

Salah satu pembela Nabi dan Khulafaurrasyidin, beliau lah Sayyidina Ali bin Abi Thalib salah satu tokoh bersejarah dan berjasa pada Islam. Ali bin Abi thalib adalah salah satu keponakan Nabi yang merupakan anak dari Abu Thalib pamannya. Sayyidina Ali adalah sahabat Rasulullah sekaligus menantunya yang selalu mendukung dakwah beliau.

Ali bin Abi thalib adalah sosok teladan, dengan menilik suatu kisah yang terjadi pada masa itu. Fatimah binti Asad, ibu dari sayyidina Ali sedang hamil namun masih ikut bertawaf di sekitar kakbah. Saat ia merasa letih ibunya pun duduk di depan pintu kakbah sambil bermunajat pada Allah agar senantiasa memberinya kekuatan. Namun tanpa disangka terbukalah dinding kakbah dan masuklah sang ibu tersebut ke dalamnya. Maka saat itu pula terlahirlah seorang bayi laki-laki yang kelak menjadi orang besar yang bernama Ali bin Abi Thalib as.

Ali bin Abi Thalib adalah sahabat Nabi yang setia, sejak kecil pun  beliau sudah mengikuti didikan Nabi Muhammad SAW. Hal ini juga berkaitan dengan perkatan Ali : Nabi membesarkanku dengan suapannya, dan aku pun selalu mengikuti beliau kemanapun selayaknya anak unta yang terus saja mengikuti induknya. Di setiap harinya selalu kudapati mukjizat dan kemuliaan beliau dan bagiku perkataannya adalah sebuah perintah.

Sejak masa kecilnya Ali telah begitu membela Rasulullah bahkan ia pun membantu mengusir utusan kaum Quraisy yang diperintahkan untuk melempari RAsulullah dengan batu. Nabi pun mengakui Ali sebagai sosok yang tak tertandingi dalam bidang keilmuan sehingga Ali mendapat julukan dari baginda Rasulullah sebagai pintu ilmu.

Setelah dewasa ia pun selalu ikut berperang dengan Rasulullah. Seperti pada saat perang Badar, musuh banyak mati di ujung pedang Sayyidina Ali. Saat Rasulullah wafat pun Sayyidina Ali tetap aktif dalam membela Islam dan dimulailah masa pemerintahan khulafaurrasyidin, dan Sayyidina Ali sebagai PEmimpin keempat setelah wafatnya Utsman bin Affan. Pada saat pemerintahannya inilah banyak konflik politik yang terjadi sehingga mengharuskan pejuang Islam ini menghadapi tantangan keras dari umatnya sendiri.

Tuntutan dan tantangan bermula semenjak meninggalnya khalifah Utsman yang masih terus berlanjut dan semakin meluas. Dan menjelang subuh tertanggal 19 Ramadhan 40 H Khalifah Ali wafat setelah terkena pukulan pedang beracun milik Abdurrahman bin Muljam. Dan sampai di sinilah perjalanan hidup beliau. Singa Allah yang dilahirkan di dalam kakbah sang pemilik hati paling berani wafat.

Contoh Autobiografi Singkat Pengusaha Muda

CONTOH AUTOBIOGRAFI SINGKAT PENGUSAHA MUDA

Nama saya Atnan, tepatnya Atnan Putra Darmansyah. Saya lahir  di Jawa Tengah pada tahun 1990. Sejak kecil saya dibesarkan di sana oleh orang tua saya dan mereka adalah orang tua yang baik serta penuh kasih sayang.

Asrinya desa yang saya tempati  membuat saya nyaman. Sejak di tingkat sekolah dasar saya telah banyak belajar mengenai ilmu sosial dan cara berinteraksi dengan orang lain dan semua hal itu diajari oleh orang tua saya. Sampai tingkat menengah atas pun saya tetap bersekolah di daerah tersebut.

Sungguh perjalanan kehidupan membuat saya tahu bagaimana perjuang orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Keluarga saya bukanlah keluarga berada dan itulah yang membuat saya bertekad untuk mengembangan ekonomi orang tua saya menjadi lebih baik.

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas saya memutuskan untuk kuliah meski saya tahu betul ekonomi saat itu tidak memungkinkan, kondisi keluarga sudah cukup untuk menamatkan SMA saya. Hal itulah yang membuat saya kuliah sambil bekerja.

Saya sadar semakin waktu berganti teknologi akan semakin menjadi pilihan masyarakat Indonesia sehingga hal itu membuat saya mengambil jurusan teknologi. Saya memulai karir dengan menjadi freelancer karena disitulah terdapat bidang yang saya sukai seperti writer, desain, fotografi, dan lain sebagainya.

Pekerjaan yang saya ambil selagi kuliah cukup untuk memenuhi biaya perkuliahan dan makan sehari-hari. Pekerjaan saya memberi dampak yang luar biasa terhadap jurusan yang saya ambil. Dengan berbekal pengalaman, ketika lulus kuliah saya memutuskan untuk membangun beberapa bisnis online yang seiring perkembangannya cukup menjanjikan.

Usaha saya selama lima tahun kini membuahkan hasil yang positif. Usaha yang saya geluti telah mampu membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang mengetahui teknologi modern seperti komputer. Saya pun selalu bersyukur atas indahnya karunia ini. Saya yakin selama ada tekad yang kuat mimpi setinggi apapun pasti akan terwujud. Saya bahagia karena bisa membanggakan orang tua saya, hal ini juga yang menyadarkan saya bahwa keterbatasan ekonomi tidak boleh membuat orang terbut putus dalam bermimpi. Usaha yang keras adalah awal dari sukses.

Contoh Autobiografi Singkat Diri Sendiri

CONTOH AUTOBIOGRAFI SINGKAT DIRI SENDIRI

Namaku Anang Prayoga, orang-orang biasa menyebutku dengan panggilan Yoga. Aku lahir di BAtu tanggal 24 Januari 1992, tahun ini tepat usiaku 27 tahun. Di batu inilah saya melalui masa-masa indah saya ketika masih anak-anak, dengan difasilitasi oleh indahnya alam desaku.

Batu adalah ibu kota Kota Malang yang wilayahnya sangat cocok untuk bertani. Di tempat kelahiranku inilah aku dapat belajar mengenai cara bertani yang baik, terlebih lagi kedua orang tuaku pun bermata pencaharian sebagai petani. Mungkin sebab itulah aku menjadi tertarik dengan dunia pertanian dan mulai berkecimpung di sana.

Jenjang pendidikan yang ku tempuh juga tak muluk-muluk, aku bersekolah di sekitar tempat tinggalku, dan ketertarikan terhadap pertanian itu tumbuh begitu saja ketika aku telah duduk di bangku SMK. Oleh karena itu aku pun mengambil jurusan pertanian dan mulai belajar secara lebih rinci tentang ilmu pertanian.

Perjalananku di mulai sejak lulus dari SMK, dengan bekal ilmu yang ku dapat, aku memulai menerapkannya di desaku yang saat itu modal yang kupunya juga tidak seberapa. Jika saya ditanya kenapa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi aku akan menjawab bahwa ekonomi yang tak memadai membuat aku berfikir bahwa dengan memulai usaha adalah sesuatu yang lebih baik.

Tak disangka ketekunanku dalam dunia pertanian membuahkan hasil, usahaku mulai berkembang. Modal yang dulu kujadikan sebagai modal utama telah kembali dan aku pun mendapat keuntungan berlipat ganda. Hal ini pula lah yang membuat saya semakin yakin untuk terus menekuni serta mengembangkan usahaku.

Di umur yang ke 25 tahun aku memutuskan untuk menikah dan tanggung jawab pun bertambah. Namun begitu rejeki pun juga semakin melimpah berkat Tuhan yang memberi saya rizki tak terkira. Aku terus berusaha belajar dari berbagai pengalaman hidup yang ku jalani dengan terus mengembangkan usaha pertanian modern. Di tahun kedua pertanian, Alhamdulillah aku di anugerahi seorang anak.

Sampai saat ini pun aku berusaha memberikan yang terbaik untuk keluargaku agar dapat mengangkat kondisi ekonomi orang tuaku. Dengan berbekal pada tekat untuk membahagiakan keluarga saya membuat saya ingin terus berjuang. Lebih dari itu sungguh ku ucapkan segala bentuk syukur pada Tuhan.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri 2

CONTOH AUTOBIOGRAFI DIRI SENDIRI 2

Aku lahir di Samarinda pada tanggal 15 April 1997, saat ini aku telah tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu murid SMA di salah satu sekolah yang berada di sana. Hobiku adalah membaca buku yang bertemakan tumbuh-tumbuhan, sedangkan dalam bidang olahraga aku lebih menyukai lari ini terbukti bahwa aku adalah seorang juara lomba lari tingkat kecamatan.

Aku pernah tinggal di dekat sungai ciliwung sehingga dapat kurasakan tiap kali hujan datang rumahku tak pernah bebas dari banjir. Kami pun selalu mengungsi sampai banjir mulai surut, dan hal itulah yang selalu kami lakukan dari tahun ke tahun. Namun sekarang aku tahu bahwa banjir tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi masyarakat juga harus berpartisipasi.

Saat ini aku juga telah bergabung dalam komunitas Peduli Lingkungan dimana tugas kami ada mensosialisasikan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bencana alam seperti banjir. Dengan seperti ini aku merasa menjadi manusia yang berguna dari pada terus menerus menyalahkan pemerintah. Dengan berbagi ilmu hidupku menjadi lebih sempurna.

Di usiaku yang ke 23 sekarang aku tinggal bersama ayahku dan aku telah bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta, selain itu aku juga ikut dalam komunitas Goowes Jakarta serta Komunitas Parkour Batavia. Aku berharap setiap orang sadar bahwa lingkungan haruslah terus dijaga, mungkin dapat dimulai dari membuang sampah pada tempatnya. Lingkungan yang bersih akan mengurangi penyebaran penyakit.

Contoh Autobiografi Pelajar

CONTOH AUTOBIOGRAFI PELAJAR

Nama saya Intan Kumala yang biasanya orang memanggil saya dengan sebuta Intan. Saya lahir di Banjarnegara, 21 desember 1996 tepatnya di kecamatan Banjarmangu. Dengan ekonomi berkecukupan saya dipenuhi dengan kasih sayang serta didikan yang luar biasa oleh orang tua saya.

pada tahun 2008 saya lulus tingkat sekolah dasar, dan sejak lulus SD orang tua saya telah memberikan saya kesempatan menentukan keputusan sendiri dengan memberikan beberapa opsi. Sejak kecil saya sudah dididik untuk bertanggung jawab. Keluarga kami juga memiliki jadwal beberapa jam dalam sehari yang digunakan hanya untuk membaca dan berdiskusi. Nal inilah yang dapat mengantarkan saya menjadi peringkat pertama di setiap jenjangnya.

Saya yakin orang tua saya bangga anaknya bisa berpengetahuan luas. Sampai pada jengan SMA saya selalu aktif dalam kegiatan osis serta ekstrakulikuler seperti Pramuka. Di OSIS saya menjabat sebagai ketuanya dan Alhamdulillah saya pernah menjuarai lomba cerdas cermat tingkat sekolah dan menjadi juara satu. Ibuku adalah seorang pemain piano, dan hal inilah yang membuatku juga menyukai piano sejak kecil.

Setelah lulus dari jenjang SMA saya mulai melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Semarang dan mendapat gelar S.Pd saya diusia 21 tahun dalam kategori comlaude. Pada saat kuliah saya memilih mengambil jurusan pendidikan, karena saya berfikir bahwa mendidik adalah jasa yang luar biasa.

Sambil mengajar di sekolah SMA saya dulu, saya juga melanjutkan S2 saya dan sampai saat ini pun saya masih ingin terus belajar karena saya tahu bahwa ilmu tak akan habis untuk dipelajari. Untuk kalian para pelajar jangan patah semangat untuk terus menuntut ilmu, karena dunia sudah semakin maju dengan tuntutan yang lenig berat pula.

Gambaran Contoh Autobiografi Pahlawan

GAMBARAN CONTOH AUTOBIOGRAFI PAHLAWAN

Siapa yang tak mengenal pahlam bangsa serta seorang  tokoh pendidikan  bangsa Indonesia. Pangeran Diponegooro lahir di Yogyakarta, 17 November 1785, merupakan anak dari Sultan  Hamengkubuono III dan R. A Mangkarawati. Beliau memiliki nama asli B.R.M Antawirya. Pangeran Diponegoro sangat berkonstribusi dalam perang Hindia – Belanda.

Masa kecil Pengeran Diponegoro dihabiskan di Yogyakarta dan dengan keberaniannya beliau mulai ikut melawan para penjajah negeri. Ayahnya yang seorang raja bermaksud menjadikannya pemimpin tahta selanjutnya karena melihat kemuliaan dan ketinggian akhlak beliau. Namun Pangeran Diponegoro menolak karena dirasa keputusan raja tidaklah tepat, dan seharusnya yang menjadi raja adalah anak dari permaisuri bukan anak selir sepertinya. Pangeran Diponegoro khawatir akan menimbulkan konflik yang tak berkesudahan di wilayah keraton.

Diceritakan dalam sejarahnya bahwa beliau pernah menikah hingga 9 kali dan memiliki 22 putra dan putri, selain itu Pangeran Diponegoro juga tak pernah mau tinggal di istana dan ia lebih memilih tinggal di kampung halaman permaisuri dari Sultan Hamengkubuono I yang bernama Tegalrejo.

Pangeran Diponegoro adalah pahlawan perang yang telah berhasil membangkitkan semangat orang desa untuk mengusir penjajah. Hingga sampai terjadilah Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830 yang disebabkan oleh penolakan beliau tentang kebijakan Belanda yang melakukan pematokan tanah secara paksa serta pemberlakuan pajak yang besar pada tanah milik mereka.

Pada tanggal 8 januari 1855 Pangeran Diponegoro dinyatakan meninggal dunia dikarenakan kondisi fisik yang terus menurun. Pangeran Diponegoro kemudian di makamkan bersama keris pusakanya Kiai Bondoyudo di Makasar yakni jalan Diponegoro, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo . Dalam setiap perjuangannya Pangeran Diponegoro, anaknya yang bernama Bagus Singklon selalu membantunya. Sebab perjuangannya itulah beliau dianggap sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1973 melalui Keppres No. 87/TK/1973.

Selain Pangeran Diponegoro banyak pahlawan lain yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sehingga dampaknya bisa kita rasakan sampai sekarang.

Nah, sudah paham bukan mengenai autobiografi. Anda bisa mencoba menuliskan autobiografi Anda sendiri dengan mengacu pada beberapa cara berikut:

Cara Menulis Autobiografi

CARA MENULIS AUTOBIOGRAFI

  1. Cobalah untuk mengingat peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi, seperti kapan terjadinya peristiwa tersebut dan lain sebagainya.
  2. Tuliskan siapapun yang terlibat beserta karakternya atau orang terdekat yang mungkin mempengaruhi keberhasilanmu
  3. Buatlah kerangka karangan sehingga akan menghasilkan tulisan yang rapi dan sistematis yakni berurutan dari kecil hingga masa sekarang. Agar menjadi karya yang bagus bangun tulisan dengan ketegangan, konflik, dan klimaks serta penyelesaian masalah.
  4. Tulislah autobiografi sesuai dengan karakter dan kepribadianmu serta menulislah dengan jujur yang bisa disampaikan melalui detail kejadian

Setiap orang memiliki pengalaman hidup sendiri-sendiri, serumit apapun jalannya haruslah tetap berjuang.

Semoga bermanfaat!

5 Contoh Autobiografi Pengertian, Manfaat, Contoh

Tinggalkan komentar