Contoh Biografi Penulis / Tokoh / Pahlawan / Guru / Teman

Contoh Biografi – Biografi adalah sebuah tulisan yang menceritakan perjalanan hidup seseorang. Pengalaman atau riwayat hidup ini biasanya dituangkan dalam beberapa baris kalimat atau menjadi sebuah buku. Biasanya menunjukkan kehidupan seseorang sejak lahir sampai saat ini atau akhir hayatnya. Umumnya dituliskan oleh orang lain.

Selain itu, biografi dapat berisi tulisan mengenai riwayat organisasi dan kelompok. Didalamnya dapat berupa kelebihan, masalah yang pernah dilalui, dan bahkan kekurangannya. Tujuannya untuk menjadi teladan bagi pembaca dan informasi kepada generasi mendatang.

Pengertian Biografi

Biografi berasal dari suatu bahasa Yunani biographia. Bio memiliki arti “hidup”  graphein memiliki arti “menulis”. Dengan demikian, biografi mempunyai arti “tulisan tentang hidup”.  Biografi adalah tulisan tentang riwayat hidup seseorang.

Gaya pencitraan dalam biografi dapat berupa pemaparan biasa tentang seluruh kehidupan secara utuh (mulai dari lahir hingga wafat) atau juga dapat ditulis dengan gaya sastra yang menarik.

Jenis jenis Penulisan Biografi

Ada beberapa macam penulisan biografi, diantaranya yaitu:

  1. Biografi ilmiah. Biografi ilmiah  penuh dengan data yang menyangkut keahlian khusus dari seseorang. Misalnya saja biografi dari Charles Darwin, seorang ahli biologi yang hanya dapat di pahami oleh para ahli biologi saja.
  2. Biografi berat sebelah. Dalam biografi ini, penulis menyembunyikan hal- hal yang buruk bagi seseorang. Dalam biografi ini, tokoh yang di gambarkan dirasa  tampak kurang wajar, misalnya saja terlalu pemberani atau di kenal sebagai orang yang suka berkhianat sehingga melebihi ukuran manusia sewajarnya. Biografi ini biasanya hanya untuk memuja- muja suatu tokoh.
  3. Novel biografi. Pengarang mendramatisir  dan mengkhayalkan kehidupan seorangtokoh meskipun tidak di dukung oleh data- data. Jenis novel biografi ini dapat di temukan dengan mudah, misalnya saja “Hutubalang Raja” oleh Nur Sultan Iskandar.
  4. Biografi populer. Biografi populer adalah jenis biografi yang paling banyak di tulis. Biografi inilah yang menekan penggambaram riwayat hidup seseorang secara jelas, hidup dan penuh warna. Dengan pengambaran yang menarik dan penuh simpati pembaca dapat mengerti dan menghargai pribadi yang ada dalam biografi.

Biografi atau riwayat hidup di tulis karena ketokohan seseorang. Orang yang di tulis biografinya tentu saja memiliki kelebihan dan juga prestasi. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika membaca sebuah biografi adalah sebagai berikut:

  1. Membaca biografi dari tokoh tersebut dengan seksama
  2. Mensarikan riwayat hidup tokoh yang sudah kita baca
  3. Menyimpulkan dari keistimewaan tokoh tersebut
  4. Mengungkapkan ha-hal yang dapat di teladani

Contoh Biografi Siswa

Contoh Biografi Siswa
themoondoggiesmusic.com

Silvia Ramadhani Putri, yang biasa dipanggil dengan nama Puput. Ia lahir di Semarang, 21 Mei 2000. Puput adalah anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan Zacky Umar dan Windu Sulastri. Ayahnya adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 4 Semarang, dan Ibunya merupakan seorang pegawai kantoran di PT. Agung Anugerah Semarang.

Saat berusia 4 tahun, Puput telah mengenyam pendidikan TK di TK Pertiwi II Semarang. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SDN Negeri 1 Semarang. Saat ia duduk di bangku sekolah dasar, untuk pergi ke sekolah harus menempuh jarak 2 km dengan bersepeda. Selain itu, Puput termasuk anak yang berprestasi, selama belajar di sekolah dasar ia selalu berhasil mempertahankan peringkat di 5 besar. Orang tuanya pun bangga dengan jerih payah belajar Puput.

Setelah lulus SD, Puput melanjutkan pendidikan di SMP N 2 Semarang. Namun sayangnya, ketika SMP Puput tidak mendapatkan rangking karena banyak bermain dan jarang belajar. Ketika berangkat ke sekolah Puput biasanya mengayuh sepeda atau naik angkot.

Puput melanjutkan pendidikan SMA di salah satu sekolah favorit di Semarang. SMA Negeri 1 Semarang merupakan SMA favorit pilihan Puput. Saat duduk di bangku kelas 1 Puput mulai sadar bahwa dia tidak ingin gagal dalam studi. Puput tidak ingin membuang-buang waktu untuk bermain dan akhirnya ia mulai berubah menjadi siswi yang rajin.

Saat SMA merupakan masa-masa keemasan bagi Puput karena kerja kerasnya membuahkan hasil. Selama ia bersekolah di SMA Negeri 1 Semarang telah beberapa kali ditunjuk sebagai perwakilan sekolah dalam olimpiade. Tidak hanya itu saja, bahkan Puput dipercayai membawa nama baik SMA nya di ajang debat internasional di Tokyo, Jepang.

Contoh Biografi Seseorang Singkat

Contoh Biografi Seseorang Singkat
uprint.id

Suci Ramadhani yang lebih akrab dipanggil Uci. Dia adalah dara kelahiran Palembang pada 14 Juni 1995. Anak sulung dari pasangan Rayhan Azhar dan Shinta Ramadhani. Suci memiliki 2 orang adik yang bernama Zalia Putri dan Yesri Fitri. Saat ini Suci sedang mengenyam bangku perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Palembang Jurusan Ekonomi Syariah.

Perjalanan pendidikan Suci dimulai sejak ia berusia 4 tahun di TK Fatimah Palembang. Kemudian, ketika sekolah dasar ia menimba ilmu di SD Negeri 19 Palembang. Setelah menamatkan sekolah di tingkat dasar, Suci melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 23 Palembang. Kemudian ia memilih untuk mengenyam pendidikan di SMA Negeri 10 Palembang.

Masa-masa SMA dia lalui dengan semangat belajar tinggi dan aktif dalam kegiatan OSIS. Selain itu, Suci juga ikut serta dalam kegiatan ekstrakulikuler tari. Dia mengasah jiwa kepemimpinan dan di OSIS dan kemampuan menarinya hingga memenangkan beberapa pentas seni tingkat Provinsi. Bukan hanya berbakat dibidang seni saja, Suci juga mengemban amanah menjadi Sekretaris OSIS. Bahkan Suci sempat beberapa kali menduduki peringkat pertama di kelasnya.

Setelah lulus SMA, Suci masih aktif menari di Sanggar Kipas Emas Palembang. Bagi Suci tari merupakan bagian dari dirinya yang sangat ia cintai. Melalui pagelaran seni Suci berhasil mendapatkan penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Meskipun tengah sibuk dalam kegiatan seninya, Suci selalu mengedepankan pendidikannya. Ia tercatat sebagai salah satu mahasiswi di Fakultas Hukum, Universitas Sriwijaya. Selain itu, Suci selalu mengedepankan kewajibannya sebagai seorang muslim yaitu menunaikan sholat 5 waktu.

Contoh Biografi Penulis

Contoh Biografi Penulis
thegorbalsla.com

Fitri Nadira seorang penulis yang namanya tidak asing di tengah masyarakat. Nama lengkapnya Nadira Fitriani Amalia merupakan dara kelahiran Bandung 12 Oktober 1995. Lahir dari pasangan Umar Azharin dan Salimah Saputri orang tua yang berlatar belakang pendidikan tinggi.

Fitri Nadia tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai dunia jurnalistik. Sang ayah telah beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai penulis terbaik tingkat Provinsi. Sedangkan ibunya merupakan wartawan senior di salah satu berita harian lokal. Sejak kecil, Fitri Nadia sudah menunjukkan ketertarikan di bidang jurnalistik. Ia bercita-cita menjadi seorang penulis novel terkenal di Indonesia.

Saat sekolah dasar, ia menimba ilmu di SD Negeri 23 Bandung, Kemudian melanjutkan pendidikan tingkat selanjutnya di SMP Negeri 1 Plus Bandung. Ketika memasuki bangku SMP, Fitri Nadia mulai aktif dalam ekstrakulikuler majalah dinding di sekolahnya. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 2 Bandung yang merupakan sekolah favorit dikotanya.

Pada tahun 2013, ia melanjutkan studi di Fakultas Sastra Indonesia, Universitas Indonesia. Namun, dipertengahan masa belajarnya ia terpaksa stop out untuk sementara waktu karena penyakitnya. Ia divonis dokter terserang asma kronis, sehingga memerlukan perawatan intensif beberapa saat.

Saat masa pemulihan dirinya, Fitri Nadia banyak meluangkan waktunya untuk menulis. Beberapa judul novel yang telah dikirimkan ke berbagai penerbit. Kesuksesan memang tidak diperoleh secara instan, karyanya baru diterbitkan setelah satu tahun perjuangannya mengirim tulisan.

Novel terfavorit pembaca yang ditulisnya ialah Mencintaimu, Sebebas Lamunan Senja, Cinta Di Ujung Jalan, dan Tertatih Menyayangi. Selain menulis novel, Fitri Nadia juga menghasilkan karya-karya puisi fenomenal dan lirik lagu. Kumpulan puisinya telah dibukukan dan diterbitkan dengan judul Aku, Kamu, dan Lembayun Senja.

Hingga saat ini Fitri Nadia masih aktif menulis novel. Rata-rata karya novelnya menjadi incaran anak-anak muda hingga orang dewasa. Hal itu membuat Fitri Nadia meraih penghargaan Best Seller Writer selama 3 tahun berturut-turut pada 2015 hingga 2017. Ada pula gelar yang disematkan pada dirinya oleh penggemarnya kepada dia yaitu ‘Penulis Senja’.

Selain menghasilkan karya novel, ia juga sering diundang untuk mengisi materi dalam seminar maupun forum diskusi. Semangat dan mimpi Fitri Nadia telah menjadi inspirasi bagi kaum remaja. Ia memiliki motto hidup ‘Do your best and your dream will come true’.

Ia juga merupakan salah satu pembina dari Komunitas Pencinta Jurnalistik di Universitas Indonesia saat ini. Fitri Nadia terus menyuarakan semangat literasi melalui komunitasnya dan media sosial miliknya.

Contoh Biografi Tokoh

Contoh Biografi Tokoh
www.kompasiana.com

Biografi BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie merupakan Presiden Ketiga RI. Darah asli Sulawesi Selatan mengalir dalam dirinya, ia lahir di Kota Pare-Pare pada 25 Juni 1936. Semasa SMA, beliau mengenyam pendidikan di SMAK Dago di Kota Bandung tahun 1954.

Setelah menamatkan pendidikan atasnya, ia mengambil perkuliahan di ITB. Namun, tidak berselang beberapa bulan, beliau memutuskan untuk bersekolah di Jerman mengikuti jejak teman-temannya. Ia melanjutkan pendidikan perguruan tinggi dengan biaya pribadi berasal dari ibunya R.A.Tuti Puspowardoyo.

Saat pemerintahan dibawah kepemimpinan Ir. Soekarno yang sedang gencar mendanai pemuda cerdas Indonesia. Saat itu para pemuda/i yang cerdas dikirimkan ke luar negeri untuk menimba ilmu. BJ Habibie termasuk dalam rombongan kedua dari banyak pelajar SMA yang mendapat beasiswa pendidikan di luar negeri.

Beliau mengambil jurusan Teknik Penerbangan dengan kekhususan ilmu konstruksi pesawat terbang. pendidikan perkuliahan yang ditempuh beliau bukan sekedar kursus singkat tetapi sekolah dan kerja praktek. Sejak awal masuk perkuliahan, beliau sudah tertarik untuk membuat pesawat terbang komersial untuk Indonesia. Hal tersebut menjadi ide dari Ir. Soekarno, sehingga lahirlah perusahaan strategis.

Dahulu telah lahir PT PAL dan IPTN. Saat ia tinggal di Jerman, beliau membulatkan tekad untuk belajar sungguh-sungguh. Beliau berjanji dalam dirinya tidak akan menyia-nyiakan pengorbanan sang ibu yang membiayai kehidupan sehari-harinya. Beberapa tahun berlalu hingga pada tahun 1955 mahasiswa yang sekolah di sana mendapat beasiswa penuh.

Bagi BJ Habibie, saat liburan bukan menjadi kesempatan untuk bersantai. Melainkan beliau harus bekerja mencari uang untuk membeli buku dan mengikuti ujian. Setelah liburan usai, BJ Habibie lantas tidak pernah meninggalkan kegiatan belajarnya. Pada tahun 1960, beliau berhasil meraih gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule.

Dengan nilai sangat memuaskan diatas rata-rata 9,5 dan predikat cumlaude. Gelar insinyur yang ia dapatkan membulatkan tekad Habibie untuk memasukkan lamaran kerja di Firma Talbot. Firma tersebut merupakan salah satu industri kereta api besar di Jerman.

Haus akan ilmu pengetahuan lantas BJ Habibie melanjutkan studi di Hochschule Die Facultaet Fure Maschinenwesen. Beliau berhasil mendapatkan gelar doktor dari universitas tersebut. Pada tahun 1962, BJ Habibi berhasil mempersunting tambatan hatinya yaitu Hasri Ainun Habibie. Setelah menikah beliau memboyong sang istri ke Jerman. Kehidupan di Jerman tidak berjalan dengan mudah.

Ia harus melangkahkan kaki cepat untuk berangkat ke tempat kerja demi menghemat biaya. Malam harinya digunakan beliau untuk belajar. Hidupnya yang penuh perjuangan saat awal pernikahan tidak menghentikan semangat beliau belajar. Hingga akhirnya beliau dan istri juga anak-anaknya pulang ke Indonesia dan diamanahkan menjadi Presiden RI Ketiga.

Biografi Iwan Fals

Iwan Fals merupakan seorang musisi yang memiliki kharisma dan pengaruh yang melampaui  bidangnya, yaitu musik pop. Iwan Fals atau Visgiawan Listianto memiliki karunia untuk mendengarkan aspirasi rakyat kecil, yang kemudian menuangkannya sebagai lagu yang  merakyat baik lirik maupun musiknya.

Kredo dari Iwan Fals  adalah musik sebagai kritik sosial, selain sebagai medium ekspresi  perasaan manusia yang terdalam, yaitu cinta. Sebagai kritik sosial, lagu- lagu Iwan Fals memang banyak menyindir penguasa dan segala kebrobokan yang ada. Itulah sebabnya ia pernah dicekal oleh rezim Orde Baru.

Iwan Fals identik dengan julukan “penyanyi tukang protes”. Musiknya dianggap mirip dengan musik Bob Dylan, karena nuansa musik country. Bedanya, syairnya lagu- lagunya tersebut terasa lebih telanjang dan lugas.

Iwan Fals yang lahir pada 3 September 1961 di Jakarta ini namanya menjadi meroket sejak album Oemar Bakri. Album tersebut meroket pada tahun 1980- an. Lagu- lagu tersebut menyuarakan keberpihakannya pada seorang sosok guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu di rundung malang. Sejak saat itu, album – albumnya laku keras.

Iwan Fals memiliki jutaan penggemar  fanatik yang mana kebanyakan adalah anak muda. Mereka tidak hanya mengoleksi album dari Iwan Fals, tetapi juga mengikuti nilai- nilai dan ajaran moral yang terkandung dalam lagu- lagunya.

Setiap konser Iwan Fals, selalu di penuhi oleh para penonton. Tahun 1989 dan 1993, beberapa konsernya berakhir dengan suatu kerusuhan. Oleh karena itu, yang awalnya rencana  tur musik di 100 kota tidak mendapatkan izin. Ia juga di cekal untuk tampil di saluran televisi satu- satunya saat itu yaitu TVRI.

Pada awal dekade 1990-an, Iwan Fals aktif di padepokan Rendra di Citayam. Ia menciptaka musik kolaborasi dengan W. S. Rendra, Setiawan Djodi dan Sawung Jabo dalam Katata Takwa. Beberapa lagu dari mereka  misalnya lagu “Bongkar” dan “Bento” sempat memberi inspirasi bagi anak- anak muda untuk mempertanyakan status quo kekuasaan. Lagu tersebut bahkan sempat berkumandang ketika para mahasiswa melakukan suatu demonstrasi.

Iwan Fals tinggal bersama dengan istrinya dan putrinya di rumahnya yang lapang dan berfungsi juga sebagai studionya yang berlokasi di kawasan Cibubur Jawa Barat. Selain menciptakan lagu, pada waktu senggang ia juga asyik menekuni hobinya yang lain yaitu melukis.

Setelah hiruk pikuk reformasi di Indonesia, kini Iwan sesekali kembali ke dunia panggung untuk kembali menyapa publik dan melantunkan tembang- tembangnya.

Biografi Ismail Marzuki

Ismail Marzuki adalah seorang komponis besar kebangaan negara Indonesia yang mewarnai sejarah kemerdekaan bangsa ini dengan lagu- lagunya yang patrotik. Ia lahir pada tahun 1914 di kampung Kwitang, Jakarta. Ayahnya adalah seorang pemilik bengkel mobil yang begitu sukses. Namun Ismail memilih gaya hidup yang berbeda dengan sang ayah. Jauh dari mesin dan oli, Ismail diberi anugerah dengan keahliannya memainnkan sejumlah alat musik dengan suara yang sangat merdu. Tidak salah jika Ismail lebih tertarik ke dalam dunia musik. Talenta yang di milikinya sungguh ajaib. Pada usia 17 tahun, ketika para remaja lain sibuk mencari identitasnya, Ismail telah membuktikan kemampuannya dengan mengarang lagu sendiri.

Dengan segala bakat yang dimiliki oleh Ismail, ia pun memberanikan diri untuk bergabung dengan sebuah orkes yang bernama “Lief Java”. Saat pendudukan Jepang, orkes ini berubah nama menjadi “Kirei na Jawa”. Ternyata keputusan Ismail tidaklah salah, orkes papan atas ini telah membawa kegemilangan untuknya. Selain di Jawa, ia juga sering naik pentas tampil di negara Malaysia.

Demam kemerdekaan juga mempengaruhi Ismail. Masa- masa yang penuh heroik dan patriotisme itu menginspirasi Ismail untuk meciptakan lagu- lagu dengan tema  perjuangan. Seperti lagu Halo- halo Bandung, Kopral Jono, Gugur Bunga, Indonesia Tanah Pusaka, dan  Sepasang Mata Bola. Lagu- lagu legendaris yang abadi sampai sekarang  terus di lantunkan oleh segenap rakyat negeri ini untuk mengenang perjuangan melepaskan diri dari para penjajah.

Mungkin memang sudah takdir, Ismail medapatkan seorang itri yang juga berasal daru kalangan pemusik. Pada tahun 1941, Ismail menikahi Euis Zuraidah, seorang pemimpin orkes keroncong yang bernama “Hea An”.

Ismail sangat totalitas dalam bermusik, dan jiwa patriotismenya tidak di ragukan lagi. Hingga pusat kesenian dan kebudayaan terbesar di Indonesia dinamakan Taman Ismail Marzuki (TIM). Musisi yang serba bisa dan sekaligus komponis ini yang anda besar ini sampai meningal dunia di tahun 1958 telah menciptakan tidak kurang dari 200 judul lagu dalam berbagai irama.

Contoh Biografi Tokoh Dunia

Stan Lee Kreator Pahlawan Super Marvel
nawalakarsa.com

Stan Lee Kreator Pahlawan Super Marvel

Stanley Martin atau lebih dikenal dengan Stan Lee lahir pada 28 Desember 1922 di New York City. Berlatar belakang keluarga imigran asal Romania, dari pasangan Celia dan Jack Lieber. Dia menghabiskan masa kecilnya pada era Great Depression US. Kehidupan keluarga yang ekonominya lemah membuat Stan Lee harus tinggal di apartemen satu kamar.

Stan Lee kecil sudah menunjukkan minat dalam membaca komik. Ia juga menggemari saat membaca dan menonton film. Mimpi masa kecilnya yang telah terwujud ialah menulis ‘The Great American Novel’. Saat senior high school, ia memilih menimba ilmu di Dewitt Clinton, The Bronx. Ia sudah mulai bekerja paruh waktu pada siaran pers di National Tuberculosis Center dan menulis berita kematian. Bahkan Stan Lee sempat bekerja sebagai office boy.

Beliau menjadi asisten editor untuk pertama kalinya saat berusia 16 tahun untuk Timely Comics. Saat ini Timely Comics telah bertransformasi menjadi Marvel Comics. Itulah merupakan pijakan pertama karirnya. Ia berhadil membuat sebut pertama untuk mengisi teks Captain America pada tahun 1941. Nama panggung pertama yang ia gunakan saat debut itu ialah Stan Lee, yang terkenal sampai saat ini.

Banyak komik yang telah ia ciptakan yakni Jack Frost in USA, Destroyer in Mystic Comics, dan Father Time in Captain America. Stan Lee bergabung di Angkatan Darat AS pada tahun 1942. Rekan-rekan di angkatan darat menjulukinya sebagai dramawan. Dipanggil demikian karena ia banyak menghasilkan kreativitas selama berada di dunia militer. Setelah menyelesaikan tugas sebagai tentara angkatan darat Amerika, ia bergabung dengan perusahaan Comic Atlas.

Meskipun telah sukses menjadi kreator komik ia belum puas dengan pencapaiannya. Pada tahun 1950-an, DC Comics meminta Stan Lee untuk menciptakan sebuah tim yang berkarakter pahlawan super. Bersama rekannya, mereka berhasil menciptakan karakter Fantastic Four, Iron Man, Hulk, Doctor Strange, Thor, X-Men, Spider-Man, dan pahlawan super lainnya.

Selain itu, Stan Lee memulai debut cameo pada tahun 1989 di film The Trial of Incredible Hulk. Beberapa debut cameo ia perankan di setiap film Marvel era 2000-an yakni Fantastic Four, X-Men, Spider-Men, dan Iron Man. Ia juga pernah meraih penghargaan dari Presiden George W Bush yakni Medal of Arts. Bahkan sempat meluncurkan acara yang berjudul Stan Lee’s Superhumans di History Channel.

Stan Lee menghembuskan nafas terakhirnya pada 12 November 2018 saat umurnya yang ke 95 tahun. Sebelum wafat ia berjuang melawan penyakit pneumonia yang dideritanya. Kondisinya yang memburuk sehingga dilarikan ke Pusat Kesehatan Cedars-Sinai, California, Amerika Serikat.

Biografi Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan terhebat pada abad ke-20. Einstein lahir pada tahun 1870 di kota Ulm Jerman. Pada tahun 1990 Einstein memulai pendidikan dan karirnya dengan masuk ke perguruan tinggi di Swiss hingga menjadi warga negara Swiss.

Tahun 1905, Einstein  mendapat gelas Doktor dari Universitas Zurich namun anehnya tidak bisa meraih posisi akademis pada saat itu. Pada tahun yang sama (1905), Einstein menerbitkan kertas kerja megenai relatif khusus, tentang suatu efek foto elektrik, dan mengenai teori tentang gerak Brown.

Hanya dalam kurun waktu beberapa tahun   kertas- kertas tersebut, apalagi yang membahas perihal relativitas, kemudian mengangkat Einstein menjadi seorang ilmuwan yang paling cemerlang dan paling orisinal di dunia.

Tahun 1913, teori- teori dar Einstein menjadi kontroversial, akibatnya pada tahun tersebut dia diangkat menjadi mahaguru di Universita Berlin dan pada saat yang sama pula menjadi Direktur Lembaga Fisika “Kaisar Wilhelm” serta menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia.

Pada  tahun 1921 dua tahun kemudian, Einstein sukses meumuskan “teori umum relativitas”, Einstein kemudian mendapatkan hadiah nobel pada tahun 1921.  Separuh dari kehidupan terakhirnya, Einstein banyak di bicarakan di seluruh dunia dan dia adalah seorang yang paling masyhur di dunia selama ini.

Tahun 1933, kehidupan Einstein di Jerman menjadi tidak aman ketika Hitler berkuasa karena Einstein adalah seorang Yahudi. Einstein kemudian hijrah ke Princeton, New Jersey Amerika Serikat pada tahun 1933, dan bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan pada tahun 1940 dia menjadi warga negara Amerika Serikat.

Dalam hal cara berpakaian dan kebiasaan- kebiasaan sosial dia tampak sebagai seorang yang individualis. Menyukai humor, sederhana dan mempunyai bakat memainkan biola. Einstein meninggal dunia  pada tahun 1955 di Princeton.

Biografi John Kennedy

John Fitzgerald Kennedy adalah seorang tokoh yang lahir pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts dan wafat di Dallas, Texas pada 22 November 1963 di usianya yang ke 46 tahun. Beliau adalah seorang presiden Amerika Serika yang ke – 35 padatahun 1960. Beliau merupakan presiden termuda yang terpilih mejadi Presiden Amerika Serkat. Beliau termuda kedua setelah Theodore Roosevelt untuk yang menjabat sebgai presiden. Kennedy di lantik menjadi seorang presiden pada 20 Januari 1961.

Jabatan Presidennya terhenti pada tahun 1963 setelah terjadi peristiwa pembunuhan terhadap dirinya. Beliau tewas oleh terjangan peluru pada 22 November 1963 saat melakukan kunjungan ke Dallas, Texas. Kennedy jatuh dari mobil saat mobil terbuka yang membawanya melintas di kerumunan orang yang menyambut kunjungannya.

Kennedy merupakan seorang anggota klan yang berasal dari darah Irlandia- Amerika. Kennedy  di anggap menjadi suatu lambang liberalisme Amerika Serikat, atau paham kebebasan di Amerika. Pada perang dunia ke II, Kennedy di kagumi karena mempunyai keberanian dan kepahlawanannya ketika beliau menyelamatkan sorang rekan pelaut di Samudera Pasifik Selatan.

Kennedy mewakili Massachusetts pada 1947 sampai 1960 sebagai anggota Dewan Perwakilan dan senat Amerika Serikat. Beliau terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat pada 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam satu pemilu yang paling ketat dalam sejarah Amerika Serikat.

Biografi Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte (1769 – 1821) mungkin merupakan sosok yang selalu menimbulan kontroversi bagi orang banyak. Orang- orang yang ada pada masa itu atau setelah itu,  banyak yang merasa dilema dalam menilai Napoleon, apakah dia merupakan orang yang mempunyai sifat bengis dan bar- bar yang suka membunuh orang ataukah seorang pemimpin yang selalu mendapat simpati dari para pengikutnya.

Ia di kabarkan selalu memberi racun tentaranya yang terluka setiap usai peperangan. Apakah itu di sebabkan ia tidak peduli kepada mereka atau justru karena ia tidak tega melihat mereka menderita dan tidak ingin melihat mereka menderita? Konok cerita, ia juga selalu membawa bekal yang sedikit di setiap peperangan dari yang semestinya diperlukan pasukannya. Apakah itu dikarenakan ia kejam dan tidak mempunyai belas kasih atau justru ia merupakan  seorang yang realistis? Mungkin ia berpikir bahwa akan ada banyak yang mati ketika peperangan yang menjadikan pasukan perang Napoleon menjadi berkurang.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Contoh Biografi Diri Sendiri
tutugan.com

Saya adalah seorang perempuan bernama Rani Safrianti, kelahiran Bandung 21 Agustus 1994. Saya merupakan anak pertama dari empat bersaudara dan lahir dari pasangan Sutadi Anwar dan Susi Arinawati. Sejak lahir saya tinggal di Kota Bandung, menamatkan pendidikan dasar di SD Al-Falah. Setelah menamatkan lulus dari bangku SD, saya melanjutkan di SMP favorit di Bandung yaitu SMP N 10 Bandung.

Saat berumur 15 tahun saya ikut orang tua pindah di Surabaya. Rumah baru yang saya tempati bersama keluarga tidak jauh jaraknya dengan sekolah saya. Saat itu saya sedang melanjutkan sekolah di SMA Negeri 5 Surabaya. Dengan keluarga yang berlatar belakang pendidikan tinggi, saya membulatkan tekad meneruskan pendidikan di Universitas Gadjah Mada.

Saya sangat senang berkomunikasi dan bertemu orang-orang baru oleh sebab itu saya memilih jurusan Ilmu Komunikasi. selama mengenyam bangku perkuliahan saya giat belajar dan mendulang banyak prestasi. Hal itu membuat saya diberi kepercayaan oleh kampus untuk mengikuti berbagai macam lomba. Lomba-lomba tersebut tidak hanya di tingkat universitas dan provinsi, bahkan saya telah menembus kompetisi internasional.

Saya menjalani bangku perkuliahan selama 3 tahun 9 bulan tanpa kendala dan pengulangan mata kuliah. kecintaan saya di dunia komunikasi membuat saya memulai karir sebagai pembawa berita di salah satu stasiun televisi daerah. Liputan yang saya bawakan adalah Breaking News, Morning Session, dan Yogyakarta Dalam Berita.

Demikianlah biografi singkat perjalanan hidup saya Rani Safrianti. Semoga sepenggal perjalanan saya ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Contoh Biografi Teman

Contoh Biografi Teman
themoondoggies.com

Dia adalah seorang laki-laki yang sangat baik hati dan berjiwa sosial tinggi, teman masa kecilku. Namanya unik dan gagah, orang-orang biasa memanggilnya Bayu. Nama lengkapnya adalah Adhiyaksa Bayu Putra, namun aku memanggilnya Yuyu. Ketika aku berteriak ‘Yuyu’ saat memanggil Bayu, semua teman-teman di sekolah awalnya mengira ia anak perempuan.

Bayu lahir pada tanggal 18 September 1995 di Solo. Ia dibesarkan dari keluarga yang berlatar belakang pebisnis. Ayahnya memiliki bisnis perabot interior besar di Jakarta. Sedangkan ibu Bayu merupakan seorang ibu rumah tangga biasa namun memiliki bisnis online yang banyak pelanggannya. Bayu adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Ia memiliki saudara laki-laki dan perempuan yang bernama Rudi Akbar dan Fauzia Fatmawati.

Bayu menghabiskan masa kecil dengan berlatih sepak bola. Kebetulan satu sekolah dengan ku, ketika duduk di bangku SMA ia banyak absen karena mewakili sekolah dalam turnamen bola. Tidak terhitung lagi berapa banyak piala yang ia bawa pulang dari hasil kemenangannya bertanding di lapangan hijau. Bayu lulus dari SMA Al-Azhar dengan nilai yang memuaskan dan prestasi yang berlimpah. Ia selalu masuk dalam peringkat 5 besar di kelasnya.

Dengan segudang prestasi dan nilai ujian nasional yang memuaskan membawa Bayu mendapatkan beasiswa berkuliah ke Australia. Sejak mengenyam pendidikan di negeri kanguru, kami sering berkomunikasi via telepon. Ia memberitahukan aku bahwa telah mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika dan Prancis.

Disamping itu, Bayu sering mengikuti kegiatan kemanusiaan seperti menjadi relawan lingkungan sekitar. bayu bercita-cita menjadi seorang pesepak bola handal seperti Ronaldo idolanya. Saat ini Bayu sedang disibukkan dengan tugas akhir kuliahnya. Ia juga sering diundang sebagai pembicara dalam talkshow motivasi di Australia maupun di Indonesia.   

Contoh Biografi Guru 1

Contoh Biografi Guru
themoondoggies.com

Susanto, S.Pd bekerja sebagai seorang guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Bandung. Beliau lebih akrab dipanggil Pak Santo. Pak Santo lahir di Magelang, pada tanggal 22 Oktober 1970. Memiliki berat badan 65 kg dan tinggi 167 cm, beliau merupakan anak laki-laki dari pasangan Hermanto dan Dian Sari.

Kedua orang tua Pak Santo bekerja di Desa Nyentilik sebagai petani. sejak duduk di bangku sekolah dasar, Pak Santo telah bercita-cita ingin menjadi seorang guru. Ia menimba ilmu di SD Negeri 22 Magelang. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 10 Magelang, dan SMA Negeri 2 Magelang.

Beliau telah menunjukkan kecintaannya didunia jurnalistik sejak SMP. Dengan semangat belajar, ia aktif dalam ekstrakulikuler majalah sekolah. Selain itu, Pak Santo juga sempat menjadi wartawan muda ketika duduk di bangku SMA. ketika mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan, ia sudah mengajar sebagai guru pengganti di SMK Swasta Bina Harapan di Magelang.

Usai menamatkan kuliah, Pak Santo mengabdikan diri sebagai guru di berbagai sekolah. Sekolah tempat pengabdiannya diantaranya SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 11 Bandung, dan SMK 1 Bandung. saat berusia 30 tahun beliau menikahi tambatan hatinya yaitu Sinar Mentari, Spd yang tidak lain teman satu kuliahnya.

Setelah menikah, ia dan istri bekerja di sekolah yang sama yaitu SMA Negeri 2 Bandung hingga sekarang. Dari pernikahan mereka dikaruniai 3 orang anak yaitu Randi Pangestu, Putra Atmaja, dan Fika Pratiwi. Ia bersama keluarganya kini tinggal di Jln. Kamboja II No.16, Bandung.

Pak Santo merupakan guru yang berprestasi dan ramah. Selama mengajar ia tidak hanya memenangkan penghargaan sebagai guru teladan tetapi melahirkan juara olimpiade dari SMA Negeri 2 Bandung. Kegigihan dan jerih payahnya berhasil menyekolahkan semua anaknya hingga mendapatkan gelar sarjana.

Diusianya yang sudah memasuki setengah abad, ia mengharapkan semua putra putrinya sukses. Tidak hanya sukses dikarirnya namun sukses secara kerohanian dan menjadi teladan bagi orang lain. Bapak Santo adalah orang yang taat beribadah dan menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Beliau selalu berpesan untuk mengutamakan pendidikan dan nilai-nilai moral keagamaan di masyarakat.

Contoh Biografi Guru 2

Ania Hariarti adalah seorang guru matematika yang lahir di Solo pada 12 Juni 1973 yang mengajar di sebuah sekolah menengah atas swasta di Jombang. Beliau merupakan anak termuada dari  pasangan suami isteri Sudarmono dan Tri Astuti dan mempunyai tiga orang kakak, satu kakak laki- laki dan yang dua adalah kakak perempuan. Bu Ania merupakan guru yang sangat ramah dan suka bercanda dengan para siswanya dan mampu menjadikan suasana belajar menjadi kondusif dan asyik.

Bu Ania menyesaikan kuliah Strata satu di Universitas Negeri Yogyakarta selama empat tahun di jurusan Pendidikan Matematika.  Beliau sangat sering mengikuti berbagai ajang perlombaan yang berhubungan dengan matematika. Banyak prestasi yang di peroleh beliau, hingga akhirnya beliau mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan masternya di negara tetangga yaitu Singapura.

Setelah lulus dari pendidikan master di Singapura dan kembali ke Indonesia, Bu Ania kemudian mulai mengajar di berbagai bimbingan belajar yang ada di Surabaya.  Beliau kemudian menjadi salah satu pengajar di sekolah menengah Jombang setelah satu tahun lulus dari pendidikannya. Sampai sekarang, beliau sering menjadi pembina untuk olimpiade matematika bagi para pelajar. Banyak dari murid bimbingannya yang memperoleh prestasi dalam olimpiade Matematika. Ada dua siswa binaan dari bu Ania yang berhasil lolos ke tingkat nasional dan memperoleh urutan ketiga internasional.

Banyak tawaran yang datang kepada bu Ania untuk menjadi seorang dosen, namun ternyata bu Ania lebih memilih menjadi pengajar di sekolah menengah. Di luar jam mengajar di sekolah, bu Ania membuka bimbingan belajar. Banyak siswa yang menjadi murid di tempat bimbingan belajarnya. Sikap bu Ania yang sangat ramah, menjadikan bu Ania disegani oleh semua kalangan.

Contoh Biografi Pahlawan Nasional

Jendral Soedirman
iyakan.com

Jendral Soedirman

Beliau merupakan seorang pahlawan nasional yang mengemban amanah sebagai Jendral Besar TNI Anumert Sudirman. Jendral Soedirman lahir di Purbalingga pada 24 Januari 1916. Beliau lahir dari pasangan suami istri rakyat biasa dan diadopsi pamannya yang merupakan priyayi. Pada tahun 1916, setelah keluarganya hijrah ke daerah Cilacap, ia tumbuh menjadi murid yang rajin.

Selain itu, Jendral Soedirman juga aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler. Jiwa kepemimpinannya telah terasah sejak sekolah menengah. Beliau sangat dihormati oleh masyarakat karena ilmu agamanya yang kuat. pada tahun 1937 beliau menjadi pemimpin dari Kelompok Pemuda Muhammadiyah.

Meskipun aktif dalam kegiatan organisasi, Jendral Soedirman tetap mengajar. Kemudian, di tahun 1944, Jendral Soedirman memutuskan untuk bergabung dengan tentara PETA. Saat aktif dalam tentara Pembela Tanah Air (PETA), beliau dipercayai sebagai Komandan Batalyon Banyumas.

Saat mengemban jabatan, beliau bersama rekan prajuritnya melakukan pemberontakan. Akibat pemberontakannya, beliau diasingkan di Kota Bogor. Beliau bersama pendiri proklamator lainnya terus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jendral Soedirman merupakan salah satu orang yang berjasa pada Revolusi Nasional Indonesia. Pada 18 Desember 1948, ia diangkat sebagai Panglima Besar.

Nama beliau menjadi terkenal sejak Perang Gerilya pada 1 Maret 1949. Ia menjadi komando dalam beberapa kegiatan militer yang berlangsung di Pulau Jawa termasuk Perang Gerilya tersebut. Kemudian pada tanggal 29 Januari 1950 di Magelang beliau menghembuskan nafas terakhir. Jendral Soedirman wafat diusianya yang masih 34 tahun.

Fatmawati

Fatmawati
www.inbiografi.com

Beliau memiliki nama asli Fatimah merupakan dara kelahiran 5 Februari 1923 di Bengkulu. Fatmawati merupakan istri ke-3 dari Presiden Indonesia Ir. Soekarno. Ibu Fatmawati dikenang berkat jasanya menjahit Sang Saka Merah Putih dalam upacara proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Ibu Fatmawati adalah anak dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Orang tua beliau adalah keturunan Puti Indrapura yakni salah satu anggota keluarga raja pada zaman Kesultanan Indrapura. Sang ayah merupakan tokoh Muhammadiyah di Provinsi Bengkulu.

Sejak Fatmawati menduduki bangku sekolah dasar, ia sudah menunjukkan minatnya pada organisasi. Ketika itu ia sudah aktif dalam Nasyatul Asyiyah adalah sub organisasi khusus perempuan dari Muhammadiyah.

Pertemuan Fatmawati dengan Soekarno bermula saat Bung Karno diasingkan di Flores, NTT. Bung Karno saat itu adalah pengajar di sekolah Muhammadiyah, sedangkan Fatmawati merupakan muridnya.

Fatmawati mengikat janji suci dengan Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1943. Dari pernikahan mereka dikaruniai lima orang putera dan puteri. Buah cinta ialah Guntur Soekarno putra, Megawati Soekarno Puteri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarno putra.

Beliau menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke 57 tahun tepatnya 14 Mei 1980 di Malaysia. Penyebab wafat Fatmawati berasal dari serangan jantung saat perjalanan pulang umroh. Fatmawati dikebumikan di TPU Karet Bivak daerah Jakarta. Untuk mengenang jasanya, nama beliau diabadikan menjadi nama jalan dan rumah sakit nasional yaitu RS Fatmawati di Jakarta.

Demikian uraian berbagai contoh biografi agar dapat menjadikan referensi bagi pembaca. Jangan lupa dalam membuat biografi harus memperhatikan aspek struktur tulisan agar lebih menarik. Sebab biografi juga mengandung ajakan untuk meneladani tokoh atau seseorang yang diceritakan.

Biografi Presiden Soekarno

Orang yang pertama kali menjabat sebagai presiden di Republik Indonesia adalah Ir. Soekarno. Soekarno atau yang biasa di panggil dengan Bung Karno, lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ayah dari Bung Karno bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, Bung Karno mempunyai tiga orang istri dengan delapan anak.

Dari istri Fatmawati, lahir anak- anak yang bernama Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini lahir anak yang di beri nama Taufan dan Bayu. Sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi yang merupakan wanita turunan Jepang dengan nama asli Naoko Nemoto lahirlah seorang anak yang bernama Kartika.

Soekarno, semasa kecil hanya hidup beberapa tahun saja di Blitar  bersama dengan orang tuanya. Setelah tamat dari SD, Bung Karno tinggal di Surabaya di rumah seorang politisi pendiri Syarikat Islam yang bernama Haji Oemar Said Tokroaminoto. Bung Karno kemudian melanjutkan sekolahnya di HBS. Pada tahun 1920, beliau lulus dari HBS kemudian pindah ke Bandung untuk melanjutkan ke THS atau sekolah Tinggi Tehnik. Hingga pada 25 ME 1926 Bung Karno memperoleh gelar “Ir”.

Tinggalkan komentar