18 Contoh Notulen Rapat Natalis, Kantor, Seminar, Dll

Contoh Notulen Rapat – Salah satu tanda bahwa manajemen suatu lembaga atau institusi dalam kondisi yang baik adalah dengan di catatnya seluruh aktivitas yang di lakukan. Seperti seminar, diskusi, rapat, perkumpulan dan kegiatan lainnya. Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki manajemen aktivitas yang baik pula.

Baik itu organisasi kesiswaan di sekolah, perusahaan, kemahasiswaan, karang taruna dan lain sebagainya. Notulen adalah satu hal yang wajib ada dalam setiap pertemuan, rapat maupun diskusi. Notulen rapat memiliki karakteristik tulisan yang padat, singkat, ringkas dan sistematis, supaya ketika kegiatan sudah selesai, seseorang atau anggota rapat yang lain dapat mengetahui hasil rapat sebagai bahan dokumentasi.

Hasil tulisan notulen rapat juga sangat bervariasi, tergantung pada jenis kegiatan, organisasi atau perusahaan penyelenggara dan hal-hal lain. Selain sebagai dokumentasi, notulen merupakan salah satu bukti bahwa suatu intitusi atau lembaga sudah melakukan suatu rapat atau pun diskusi.

Dengan adanya notulen, seseorang juga dapat mengetahui kapan rapat di lakukan, berapa orang dan siapa saja yang mengikutinya, apa saja hal yang di bahas dan yang hal-hal lainnya. Seseorang yang menulis notulen di sebut dengan notulis. Seorang notulis harus bisa mengerti dan menangkap dengan baik hal-hal apa saja yang sedang di bahas dalam rapat.

Notulis sendiri otomatis juga harus berada di dalam rapat. Sehingga dia bisa mencatat semua kegiatan rapat serta mengambil kesimpulan dari diskusi dalam rapat tersebut. Seorang notulis memiliki peranan penting dalam sebuah rapat. Sebab notulis harus bisa mendokumentasikan rapat dengan baik dan benar, serta tepat juga efektif.

Manfaat Notulen Rapat

MANFAAT NOTULEN RAPAT
pixabay.com

Notulen mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah  beberapa manfaat notulen yang ada dalam rapat.

1. Sebagai Pedoman untuk Rapat Berikutnya

Notulen bisa di gunakan sebagai pedoman untuk rapat-rapat selanjutnya. Terlebih jika seuatu rapat tertunda karena keterbatasan  waktu atau beberapa rapat sebelumnya membutuhkan tindak lanjut. Sehingga rapat selanjutnya di realisasikan. Notulen rapat sebelumnya dapat di jadikan pedoman dalam rapat selanjutnya.

2. Sebagai Alat Bukti

Notulen dapat di jadikan sebagai alat bukti dalam hukum atau di pengadilan. Misalnya sebuah notulen mengenai pendaftaran suatu organisasi atau lembaga. Apabila terdapat perubahan mengenai bentuk organisasi atau terjadi penutupan organisasi tersebut, cara paling tepat untuk membuktikanya adalah dengan menggunakan notulen yang telah di tulis.

3. Sebagai Sumber Informasi untuk Peserta yang Tidak Mengikuti Rapat

Dalam penyelenggaraan suatu rapat terkadang ada seorang anggota yang tidak dapat hadir karena suatu alasan atau halangan tertentu. Di sinilah pentingnya notulen. Sebab dengan adanya notulen, peserta yang tidak hadir tetap bisa memperoleh informasi terkait apa saja yang di bahas dalam rapat beserta hasilnya.

4. Sebagai Alat untuk Rapat Fiktif

Rapat semu atau  rapat fiktif adalah rapat yang tidak pernah di lakukan. Dalam menyusun notulen perlu di konsultasikan terlebih dahulu pada ahli hukum apabila ingin di gunakan sebagai suatu unsur berkaitan dengan hukum. 

5. Sebagai Bahan Dokumentasi

Notulen harus di tulis dengan lengkap dan jelas, sebab akan di jadikan sebagai arsip atau dokumen organisasi. Selain itu, notulen juga harus di simpan juga di susun dengan rapi berdasar kronologi waktunya. Hal ini akan memudahkan siapapun ketika membutuhkan dan mencari dokumen notulen tersebut suatu saat nanti.

6. Sebagai Alat Pengingat untuk Peserta Rapat

Dalam sebuah rapat pada umumnya, setelah pembukaan rapat, pemimpin rapat akan membacakan dan mengulas notulen rapat sebelumnya. Oleh karena itu, notulen rapat dapat di jadikan sebagai pengingat bagi para peserta rapat tentang apa saja yang telah di bahas sebelumnya.

7. Sebagai Parameter untuk Menilai Apa yang Tertuang pada Rapat

Dalam penulisan notulen rapat, pasti terdapat tujuan untuk apa rapat itu di adakan. Adanya notulen rapat, akan di ketahui apakah tujuan rapat yang sudah tertuang pada notulen tersebut dapat di laksanakan dengan baik atau kah tidak.

8. Untuk Mencapai Tujuan Tertentu

Rapat rutin bulanan dalam sebuah organisasi, perusahaan maupun kantor sangat sering di lakukan untuk melakukan penetapan anggaran keuangan. Ketika rapat bulanan tidak di lakukan, maka notulen dapat di buat berdasar pada notulen lama. Hal ini di lakukan sebagai bukti pengeluaran keperluan rapat setiap bulannya.

9. Dijadikan Sebagai Manometer Rapat

Manometer berjalannya rapat dapat di lihat dari notulen yang ada. Dengan melihat notulen sebuah organisasi akan mengetahui apakah sebuah rapat berjalan dengan sesuai rencana atau tidak. Maka dari itu, pembuatan notulen rapat harus jelas dan ringkas, sehingga dapat dengan mudah di pahami oleh semua anggota.

Bagian-bagian Notulen Rapat

BAGIAN BAGIAN NOTULEN RAPAT
www.plimbi.,com

Pada umumnya sudah terdapat format atau draft khusus terutama pada perusahaan atau dinas untuk penulisan notulen rapat. Namun, ada juga beberapa organisasi yang belum memiliki format penulisan notulen rapat yang benar. Sehingga beberapa anggota bahkan notulis masih belum mengetahui bagaimana cara membuat notulen rapat yang tepat. Berikut ini adalah langkah dan cara membuat notulen rapat yang tepat dan benar.

1. Nama atau Kop Organisasi

Kop organisasi atau institusi terletak di bagian paling atas dalam sebuah notulen. Kop ini sekaligus sebagai identitas dari organisasi atau instansi tersebut. Biasanya kop surat di lengkapi dengan logo, alamat dan nomor atau kontak yang dapat di hubungi.

Akan tetapi, untuk beberapa notulen ada juga yang tidak mencantumkan kop surat, karena bukanlah bagian dari instansi, organisasi, atau perusahaan tertentu. Sehingga, tak jarang beberapa notulen hanya mencantumkan kop surat dengan nama komunitas yang ada.

2. Detail Kegiatan

Pada bagian setelah kop surat, terdapat agenda rapat. Agenda rapat ini berisi hari dan tanggal rapat di laksanakan, waktu rapat, tempat di laksanakannya rapat, agenda rapat berupa topik yang di bahas serta jumlah peserta yang mengikuti rapat.

3. Isi Notulen

Seorang notulis dapat menuliskan beberapa hal pada bagian isi notulen, seperti susunan acara rapat lengkap yang di bacakan oleh pembawa acara, ringkasan sambutan beserta inti atau poin isi sambutan, pembahasan, dan diskusi. Dalam poin pembahasan dan diskusi, seorang notulis tidak perlu menuliskan semua hal yang di bicarakan, tapi cukup hal-hal yang sekiranya penting saja.

Seperti misalnya usulan, tanggapan terhadap usulan serta hasil keputusan musyawarah. Sebuah notulen juga harus di bubuhi tanda tangan notulis dan pemimpin rapat. Tanda tangan ini dapat di jadikan sebagai bukti bahwa notulen yang di tulis telah sesuai dengan hasil rapat. Dapat pula di sertakan daftar hadir di bagian bawah sebagai saksi jalannya rapat.

Contoh Notulen Rapat yang Baik dan Benar

CONTOH NOTULEN RAPAT YANG BAIK DAN BENAR
www.romadecade.org

Hampir semua organisasi, seperti kantor, rapat desa, karang taruna, rapat organisasi kemahasiswaan, rapat OSIS di sekolah, rapat perusahaan, rapat kerja, hingga rapat dinas melakukan kegiatan pertemuan. Sehingga bentuk notulennya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh notulen rapat yang dapat di jadikan referensi.

1. Contoh Notulen Rapat Dewan Guru

1. CONTOH NOTULEN RAPAT DEWAN GURU
www.romadecade.org

Dewan guru di sekolah juga sering mengadakan rapat. Salah satunya mengenai penetapan tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil. Berikut ini adalah contoh notulen rapat dewan guru sekolah:

SMA Negeri 7 Malang

Hari/Tanggal : Kamis, 7 April 2019

Waktu      : 13.00 – 15.00 WIB

Tempat        : Ruang Auditorium SMA Negeri 7 Malang

Pemimpin Rapat   : Arif Rahman Hakim, S.Pd

Jumlah Peserta : 28 orang

Materi Rapat           : Penetapan Tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil

Kegiatan Pembukaan:

  1. Rapat di buka oleh Arif Rahman Hakim, S.Pd
  2. Sambutan dari Kepala Sekolah

Hasil Keputusan Rapat:

Berdasarkan rapat yang telah di laksanakan pada Kamis, 7 April 2019, maka di tetapkan tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil pada tanggal 20 April 2019. Ujian tersebut akan di ikuti oleh semua siswa SMA Negeri 7 Malang.

Pemimpin Rapat,      Notulis,

Arif Rahman Hakim, S.Pd Kartika Sari Dewi, S.Pd

2. Contoh Notulen Rapat Pengurus Desa

2. CONTOH NOTULEN RAPAT PENGURUS DESA
pixabay.com

Rapat atau pertemuan juga sering di selenggarakan di lingkup desa. Salah satu yang biasanya di rapatkan adalah tentang penetapan pemenang lomba dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia antara Rukun Tetangga atau RT. Berikut ini adalah contoh notulen rapat desa yang membahas acara tersebut:

Desa Siliwangi

Hari/Tanggal  : Sabtu, 20 Agustus 2018

Waktu          : 09.00 – 11.00 WIB

Tempat      : Balai Desa Siliwangi

Pemimpin Rapat  : Romy Purbo

Jumlah Peserta : 10 orang

Materi Rapat      : Penetapan Lomba Kebersihan dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia antar Rukun Tetangga (RT) di Desa Siliwangi

Kegiatan Pembukaan:

  1. Di buka oleh Ketua pelaksana lomba desa terbersih
  2. Sambutan dari Kepala Desa Siliwangi

Hasil Keputusan Rapat:

Rapat di laksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2018 dan di putuskan pemenang lomba kebersihan alam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia antar Rukun Tetangga (RT) adalah RT 38 dengan perolehan nilai 195. Penghargaan akan di berikan pada hari Kamis, 25 Agustus 2018.

Pemimpin rapat,        Notulis,

Romy Purbo   Citra Lestari

3. Contoh Notulen Rapat dalam Kerja Kelompok

3. CONTOH NOTULEN RAPAT DALAM KERJA KELOMPOK
www.intipesan.com

NOTULEN RAPAT

Agenda Diskusi  : Pembahsan kerja kelompok

Hari/ Tanggal      : 19 April 2019

Pukul    : 09.00 WIB – selesai

Tempat      : Kampung Jawa Resto

Pemimpin Diskusi  : Nady Laksita Devy sebagai Ketua kelompok

Notulis     : Sri Lestari Indriyani

Notulen Rapat      :

Kerja kelompok akan mengagendakan sebuah kegiatan survei di PT. Cipta Karya Husada untuk mengenai faktor produksi dalam pembuatan kosmetik dan obat. Hasil survei tersebut akan di tulis dalam bentuk laporan kelompok. Laporan ini akan di lanjutkan dan di serahkan kepada guru pembimbing mata pelajaran pelajaran ekonomi guna pemeriksaan.

 

4. Contoh Notulen Rapat Pengurus OSIS

4. CONTOH NOTULEN RAPAT PENGURUS OSIS
suratmenyurat.net

Setiap sekolah, khususnya SMP atau SMA pasti memiliki organisasi kesiswaan yang di sebut dengan OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini tentu sering mengadakan rapat untuk membahas berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Berikut ini adalah contoh notulen rapat OSIS yang membahas tentang Hari Pramuka.

Rapat Organisasi Intra Sekolah (OSIS)

SMA Negeri 7 Makassar

Hari/Tanggal  : Rabu, 16 Juli 2018

Waktu    : 08.00 – 11.00 WIB

Tempat  : Ruang OSIS SMA N 7 Makassar

Pemimpin Rapat : Muhammad Nur Sidiq

Jumlah Peserta  : 25 orang

Materi Rapat    : Persiapan menyambut Hari Pramuka

Kegiatan Pembukaan :

  1. Di buka oleh Ketua OSIS
  2. Sambutan oleh Pembina OSIS

Hasil Kegiatan Rapat :

Telah di bentuk susunan kepanitiaan Peringatan Hari Pramuka sebagai berikut:

  1. Ketua pelaksana : Rahman Hadi
  2. Sekretaris      : Sita Nur Rahma
  3. Bendahara      : Denis Anggia
  4. Seksi Acara      : Lita Juliana
  5. Seksi Humas    : Nur Hidayat
  6. Seksi Perlengkapan : Pandu Buana Jati
  7. Seksi Konsumsi : Kurnia Sari

Kegiatan rapat di tutup oleh Ketua OSIS pada pukul 11.00 WIB

Pemimpin Rapat,  Notulis,

Muhammad Nur Sidiq Elsa Prabawati

 

5. Contoh Notulen Rapat Pegawai Puskesmas

5. CONTOH NOTULEN RAPAT PEGAWAI PUSKESMAS
www.wattpad.com

NOTULEN RAPAT

SOSIALISASI KELENGKAPAN PENGISIAN DATA REKAM MEDIS/ STATUS PASIEN DI POLI UMUM

PUSKESMAS MAGELANG

Hari/ Tanggal     : Rabu, 12 Februari 2019

Waktu : 09.00 – selesai

Tempat   : Ruang Pertemuan

Pemimpin Rapat        : Diaz Agfa

Jumlah Peserta  : 13 orang

Susunan Acara :

  1. Pembukaan            : Oleh pimpinan rapat di dahului Doa
  2. Sambutan    : dr. Prima Citra
  3. Pembahasan Masalah : Pengisian kelengkapan data rekam medis atau status pasien Poli Umum
  4. Penutup        : Oleh Pimpinan rapat dengan doa

 

PEMBAHASAN RAPAT  :

Cara pengisian kelengkapan data rekam medis dan status pasien Poli Umum

ISI RAPAT                   :

Pencatatan rekam medis/ status pasien :

  • Pencatatan dan pengisian rekam medis hanya di lakukan oleh yang bertugas di Poli Umum atau yang berwenang memeriksa pasien
  • Pengisian data rekam medis harus lengkap dan jelas
  • Pengisian dan perubahan data rekam medis harus di ketahui dan di bubuhi paraf

Isi rekam medis meliputi  :

  • Nama berikut identitas pasien
  • Nomor regristasi dan data rekam medis
  • Tanggal dan waktu pemeriksaan
  • Umur pasien
  • Berat badan
  • Anamnesa penyakit pasien, riwayat penyakit sebelumnya, riwayat penyakit dalam keluarga, dan riwayat penyakit saat ini
  • Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya
  • Pemeriksaan tanda-tanda vital pasien meliputi suhu badan, frekuensi denyut nadi, tekanan darah dan pernafasan
  • Diagnosis pasien
  • Pengobatan yang di berikan selama di Poli Umum

Kegunaan :

  • Guna menjamin keberlanjutan pelayanan medis pasien yang berkualitas
  • Sebagai bahan informasi apabila pasien berobat kembali
  • Sebagai bahan penilaian dan evaluasi pelayanan medis

 

Pimpinan Rapat,                 Notulis,

Diaz Agfa Grandis              Tectona

 

6. Contoh Notulen Rapat Karang Taruna Desa

6. CONTOH NOTULEN RAPAT KARANG TARUNA DESA
sijai.com

Karang Taruna merupakan organisasi remaja yang ada di setiap desa. Organisasi ini juga mengadakan berbagai macam rapat salah satunya seperti berikut.

Karang Taruna Batang Hijau

Desa Buana

Kabupaten Purwakarta

Hari/ Tanggal : Jumat, 16 Februari 2019

Waktu        : 20.00 – selesai

Tempat          : Gedung Serbaguna Desa Buana

Pemimpin Rapat    : Panji Prasaja

Jumlah Peserta    : 19 orang

Materi Rapat        : Pembentukan Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Desa Buana

Kegiatan Pembukaan:

  1. Rapat di buka oleh Panji Prasaja
  2. Sambutan dari Kepala Desa Buana

Hasil Keputusan Rapat:

Pada hari Jumat, 16 Februari 2019 telah di selengarakan rapat pembentukan panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat desa Buana dengan susunan kepanitiaan sebagai berikut :

  1. Ketua Pelaksana  : Ahmad Ariyanto
  2. Sekretaris          : Fitriani Soliha
  3. Bendahara              : Putri Mawaddah
  4. Koord. Seksi Acara  : Heni Eka
  5. Koord. Seksi Humas  : Satya Nugraha
  6. Koord. Perlengkapan : Heru Nur Cahyo
  7. Koord. Sek si Konsumsi  : Nadya Mulia
  8. Koord. Seksi Keamanan  : Jati Kumbara

Pemimpin Rapat,    Notulis,

Panji Prasaja  Fatiha Rahma

 

7. Contoh Notulen Rapat Acara Seminar

7. CONTOH NOTULEN RAPAT ACARA SEMINAR
www.lahiya.com

Dalam sebuah penyelengaraan acara seminar akan ada seseorang yang bertugas untuk menulis notulen. Berikut ini adalah contoh notulen rapat seminar:

Notulen Seminar

Tema Seminar  : Interaksi dalam Sudut Pandang Islam

Hari/ Tanggal     : Sabtu, 15 Maret 2019

Pukul      : 09.00 WIB – selesai

Tempat          : Ambarrukmo Plaza lantai 2

Notulen      : Larisa Hakim

Notulensi Seminar   :

Proses interaksi dalam Islam sebagai bentuk komunikasi yang di bangun serta patuh di atas landasan juga prinsip nilai-nilai Islam yang damai, ramah, anti kekerasan dan santun. Hal ini selayaknya harus bisa menghadirkan kenyamanan baik bagi orang yang melakukan interaksi maupun lingkungan di sekitarnya. Karakter dari interaksi dan komunikasi dalam Islam bersumber dari dua pedoman utama Islam yakni Al-Qur’an dan Hadist.

 

Pemimpin Rapat,  Notulis,

Ahmad Arif Larisa Hakim

 

8. Contoh Notulen Rapat Komunitas Rider

8. CONTOH NOTULEN RAPAT KOMUNITAS RIDER
www.imandiri.id

NOTULEN RAPAT

Hari/ Tanggal   : Kamis, 21 Maret 2019

Pukul      : 10.00 – selesai

Tempat      : Sinergi Co-working Space

Acara        :

  1. Pengukuhan pengurus harian perkumpulan Rider se-Indonesia
  2. Pembacaan narasi pernyataan setiap tanggal 21 Maret
  3. Penjelasan dari Ketua Umum Perkumpulan Rider se-Indonesia sebagai Adendum Pernyataan

Keputusan     :

  1. Memahami sepenuhnya narasi pernyataan sikap pada tanggal 21 Maret 219 (terlampir)
  2. Menerima langsung penjelasan dan paparan dari Ketua Umum Perkumpulan Rider se-Indonesia sebagai Adendum pernyataan sikap.

 

Notulis,

Bagas Rahmat

 

9. Contoh Notulen Rapat Panitia Pentas Seni Sekolah

9. CONTOH NOTULEN RAPAT PANITIA PENTAS SENI SEKOLAH
www.romadecade.org

NOTULEN RAPAT

PANITIA PENTAS SENI SMA N 3 DEMAK 2019

Hari/ tanggal   : Senin, 16 April 2019

Waktu        : 08.00 – selesai

Tempat            : Ruang Multimedia SMA Negeri 3 Demak

Agenda        : Pembahasan pembentukan panitia dan persiapan pentas seni 2019

Pimpinan rapat  : Fauzan Abdillah (Ketua panitia pentas seni)

Peserta rapat   : Guru pembimbing : Sapto Nugraha, M.Pd , Dimas Anggara S.Pd

Pengurus OSIS : Lia Nur Sari, Indina Mensa, Latifa Hidayati, Arif Mustofa

Notulis  : Tika Andini

Ringkasan acara      :

  1. Rapat di buka pukul 08.15 oleh Pemimpin Rapat
  2. Bapak Sapto Nugraha, M.Pd memberikan arahan serta masukan tentang tujuan di adakannya Pentas Seni SMA N 3 Demak 2019, yakni untuk mengembangkan kreativitas para siswa dan guna menunjang bidang akademik siswa, terutama setelah menempuh ujian akhir semester.
  3. Bapak Dimas Anggara S.Pd memberikan pesan agar Pentas Seni SMA N 3 Demak rutin di adakan setiap tahun dengan baik.
  4. Ketua panitia memberi instruksi kepada setiap seksi untuk mengerjakan tugas masing-masing degan baik dan menyertakan detailnya seperti kegiatan apa saja yang akan di laksanakan berikut jumlah anggaran yang di butuhkan.
  5. Seksi acara membuat agenda pelaksanaan acara mengenai siapa dan kegiatan apa saja yang akan di lakukan.
  6. Seksi perlengkapan, dokumentasi dan publikasi segera mempersiapkan alat-alat yang di perlukan demi menunjang kelancaran acara pentas seni.
  7. Seksi keuangan memerlukan dana dan sponsorship untuk tambahan biaya.
  1. Kesimpulan
  • Seksi publikasi segera membuat flyer dan poster guna penyebaran informasi.
  • Seksi publikasi dan keuangan segera mencari dana sponsor untuk menambah biaya acara.
  • Seksi dokumentasi segera mempersiapkan peralatan dokumentasi sebagai bukti terlaksananya acara pentas seni SMA N 3 Demak 2019.
  1. Penutup/ Doa
  • Rapat di tutup oleh Ketua Panitia pada pukul 12.15
  • Doa di pimpin oleh Arif Mustofa

 

PENGESAHAN

Notulis Pimpinan Rapat

 

Tika Andini Fauzan Abdillah

Guru Pembimbing

Sapto Nugraha, M.Pd Dimas Anggara S.Pd

 

10. Contoh Notulen Rapat Unit Kegiatan Mahasiswa

10. CONTOH NOTULEN RAPAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA
www.romadecade.org

NOTULEN RAPAT

PERSIAPAN PENSI MENYAMBUT DIES NATALIS UNIVERSITAS

Hari/ Tanggal       : Selasa, 11 Maret 2019

Waktu                  : 08.00 – 13.00

Materi Rapat             : Persiapan Pensi dalam rangka Dies Nataies Universitas

Pimpinan Rapat      : Hans Christian (Ketua UKM)

Notulis                  : Muhammad Arkan

Peserta           : 21 orang

Terdiri Atas                : 21 orang

Tidak Hadir               : –

Pelaksana Rapat   : Anggota UKM

Kegiatan Pembukaan    :

  • Acara di buka oleh Ketua UKM
  • Sambutan dari pihak Rektorat
  • Dalam sambutannya Rektorat menyarankan agar panitia pelaksana kegiatan terdiri dari perwakilan setiap jurusan
  • Pengisi acara pensi dalam rangka Dies Natalies dari UKM untuk setiap fakultas
  • Acara Inti
  • Pembentukan Panitia Pelaksana Pensi

Dengan memperhatikan berbagai arahan yang di berikan oleh Rektorat, susunan panitia pelaksana acara pensi Dies Natalis Universitas sebagai berikut:

  1. Ketua : Andi Pratama
  2. Sektretaris : Taufan Jaya
  3. Bendahara : Feby Tiana
  4. Seksi Acara : Dafa Fandy di bantu oleh beberapa orang:
  • Lidya Wati
  • Herlina Anggia
  • Fera Andara
  • Caroline Nadya
  • Ahmad Masduqi

Pelaksana Acara

  1. Persiapan pensi 14-20 Maret 2019
  2. Rapat Kepanitiaan 22 Maret 2019
  3. Pelaksanaan kegiatan pensi 24 Maret 2019

Kegiatan rapat di tutup oleh Ketua UKM selaku pemimpin rapat pada pukul 12.00 WIB.

 

Notulis,

Muhammad Arkan

 

11. Contoh Notulen Rapat Kantor

11. CONTOH NOTULEN RAPAT KANTOR
www.romadecade.org

Notulen Rapat

Agenda Rapat      : Pemutusan Hubungan Kerja Pegawai

Hari/ Tanggal    : Kamis, 16 Januari 2019

Waktu        : 11.00 WIB

Tempat      : Ruang Pertemuan Lantai 3

Pemimpin Rapat : Direktur Utama PT. Prabu Chandra

Notulis            : Diva Rinhaidi

Notulensi Rapat :

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan di lakukan oleh PT. Prabu Chandra akibat adanya krisis ekonomi internal perusahaan. Oleh karena itu, PHK terpaksa di lakukan agar perusahaan dapat terus beroperasi dengan baik. Bagi karyawan yang di PHK akan di beri uang pesangon sesuai dengan posisi jabatan yang di jabat saat ini.

 

Notulis.

Diva Rinhaidi

 

12. Contoh Notulen Rapat Perlombaan Karyawan Perusahaan

12. CONTOH NOTULEN RAPAT PERLOMBAAN KARYAWAN PERUSAHAAN
pixabay.com

Notulen Rapat Semeru Group

Tangerang Selatan

Hari/ Tanggal     : Selasa, 12 Febuari 2019

Waktu    : 13.00 – 15.00 WIB

Tempat    : Ruang Auditorium Semeru Group

Pemimpin Rapat  : Dicky Nicholas

Jumlah Peserta  : 22 orang

Materi Rapat    : Pembahasan acara perlombaan antar karyawan

Kegiatan Pembuka :

  • Rapat di buka oleh Dicky Nicholas
  • Sambutan oleh manajer Semeru Group

Hasil Rapat    :

Berdasarkan rapat internal yang telah di laksanakan pada hari Selasa, 12 Febuari 2019, akan di laksanakan acara perlombaan antar karyawan pada hari Minggu, 17 Febuari 2019. Acara perlombaan ini di ketuai oleh Tristan Satria.

 

Pemimpin Rapat,   Notulis,

Dicky Nicholas Rina Mulyani 

 

13. Contoh Notulen Rapat di Kantor Pemerintah.

13. CONTOH NOTULEN RAPAT DI KANTOR PEMERINTAH.
www.romadecade.org

NOTULEN RAPAT

Hari/ Tanggal    : Kamis, 11 Januari 2019

Waktu                 : 09.00 – selesai

Tempat      : Gedung Serbaguna Lantai 2

Acara       : Koordinasi dan evaluasi terkait pengendalian faktor penyakit Typus

Undangan    : 1. Kasudin Kesmas Se-DI Yogyakarta

  1. Para Camat Se-DI Yogyakarta
  2. Para Lurah Se-DI Yogyakarta

Pimpinan Rapat : Kepala Dinas Kesmas Provinsi DI Yogyakarta

Kesimpulan Rapat    :

Hasil kegiatan berdasarkan undangan dari Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta sebagai berikut :

  1. Acara di buka oleh Sekda Provinsi DI Yogyakarta dan di lanjutkan dengan arahan
  2. Penyampaian Materi:
  • Koordinasi dan evaluasi mengenai penanggulangan Typus di Provinsi DI Yogyakarta oleh Kepala Biro Bintal dan Kesmas
  • Strategi untuk antisipasi meningkatnya kasus Typus oleh Departemen Kesehatan

Demikian notulen ini di buat untuk di jadikan bahan pertimbangan lebih lanjut.

 

Yogyakarta 11 Januari 2019

Peserta Rapat,

Wakil Camat

 

Pantau Diangga

 

Tembusan :

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Prov. DI Yogyakarta

 

14. Contoh Notulen Rapat Yayasan

14. CONTOH NOTULEN RAPAT YAYASAN
www.romadecade.org

NOTULEN RAPAT

Dari Rapat Gabungan Pengurus dan Dewan Pembina Yayasan Karima yang berkedudukan di Kabupaten Kulon Progo, yang di adakan pada:

Hari        : Jumat

Tanggal   : 3 April 2019

Jam  : 09.00 – selesai

Bertempat : Gedung Serbaguna Kulon Progo

Yang Hadir :

  1. Kresna Abimanyu, lahir di Magelang, 23 Juni 1988, Warga Negara Indonesia, Karyawan Swasta bertempat tinggal di Kulon Progo.

Pemegang KTP dengan NIK : 31230498765002

  • Selaku Ketua Pembina Yayasan
  1. Hangky Ramadan lahir di Depok, 17 Agustus 1986, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Kulon Progo.

Pemegang KTP dengan NIK : 34541987980003

  • Selaku Ketua Pengurus Yayasan
  1. Maher Ali, lahir di Kulon Progo, 11 Oktober 1989, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Kulon Progo.

Pemegang KTP dengan NIK : 39876512870009

  • Selaku Sekretaris Yayasan
  1. Rahmat Bagus, lahir di Kulon Progo, 21 Juli 1992, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Kulon Progo.

Pemegang KTP dengan NIK : 37681986706740003

  • Sebagai Bendahara Yayasan

 Dalam rapat ini Kresna Abimanyu sebagai Pimpinan rapat membuka rapat, sesuai dengan aturan Pasal 22 ayat 1 Anggara Dasar Yayasan sebagai berikut :

  • Rapat di hadiri oleh seluruh Pengurus, Pengawas dan Pembina Yayasan.

Agenda rapat :

  • Persetujuan dalam transaksi tanah dengan PT. Sejahtera Utama dengan cara menghibahkan Tanah Milik Yayasan seluas 800m² kepada PT. Sejahtera Utama. Serta menerima dana penggantian dari PT. Sejahtera Utama berupa hibah atas sebidang tanah dengan luas yang sama dengan lokasi yang akan di tentukan di waktu selanjutnya.
  • Persetujuan untuk memberikan kuasa dengan Hak Subtitusi kepada Kresna Abimanyu untuk nilai di perlukannya. Menyatakan bahwa hasil keputusan rapat ini dalam suatu akta Notaris dan merealisasikan peralihan bidang tanah tersebut dengan menghadap Notaris.
  • Rapat di tutup pada jam 13.00 WIB.

 

Kulon Progo, 3 April 2019

Ketua Rapat,

Notulis,

 

Kresna Abimanyu

Pandu Wijaya

 

15. Contoh Notulen Dies Natalis Universitas

15. CONTOH NOTULEN DIES NATALIS UNIVERSITAS
www.romadecade.org

Rapat Persiapan Pensi Menyambut Dies Natalis Universitas

Hari, Tanggal : Selasa, 19 Februari 2019

Tempat : Ruang Auditorium Fakultas Ekonomi

Waktu : 09.00 – 11.00 WIB

Materi Rapat : Persiapan Acara Pensi Menyambut Dies Natalis Universitas

 

Rapat persiapan pensi menyambut Dies Natalis Universitas di hadiri oleh :

Pimpinan : Wahyu Herjuno (Ketua UKM)

Rapat Notulis : Hilmy Muhmmad

Peserta : 17 orang

Terdiri atas : –

Tidak hadir : –

Kegiatan Pembukaan

  • Acara Rapat di buka oleh Ketua UKM
  • Sambutan dari pihak Rektorat
  • Pihak Rektorat menyarankan agar Panitia Pelaksana Kegiatan terdiri atas perwakilan setiap fakultas.
  • Pengisi acara Pensi Dies Natalis lebih baik terdiri dari setiap UKM masing-masing fakultas.

Acara Inti

Pembentukan Panitia Pelaksana

Memperhatikan arahan yang telah di berikan oleh pihak Rektorat, maka panitia pelaksana acara Pensi Dies Natalis Universitas adalah:

  • Ketua : Septian Aji
  • Sekretaris : Triana Lestari
  • Bendahara : Nining Hayati
  • Seksi acara : Heru Arifin, di bantu oleh beberapa orang:
  1. Maya Widya
  2. Lalili Mawaddah
  3. Skolastika mega
  4. Aisyah Nanda
  5. Malea Rini
  6. Suci Hidayati
  7. Arsyad Muzammil

Pelaksanaan Acara :

  • Persiapan pensi 22-28 Februari 2019
  • Rapat kepanitianaan 1 Maret 2019
  • Pelaksanaan Kegiatan Pensi 5 Maret 2019

Penutup

Kegiatan rapat di tutup pimpinan rapat pada pukul 11.00 WIB.

 

ttd

Notulis,

 

16. Contoh Notulen Rapat di Pondok Pesantren

16. CONTOH NOTULEN RAPAT DI PONDOK PESANTREN
www.romadecade.org

Notulen Rapat

Sidang/ Rapat   : Rapat Panitia Haul Akbar Pondok Pesantren Leser Grobogan

Hari/ Tanggal     : 24 Maret 2019

Waktu        : 20.00 WIB – selesai

Acara            :

  • Pembukaan
  • Sambutan
  • Acara Inti
  • Penutup

Pimpinan/ peserta :

  • Ketua      : Drs. KH Nur Hidayat
  • Wakil Ketua : K.H. Mahfud Yasin
  • Sekretaris  : Hj. Hafshoh
  • Pencatat  : K.H. Ali Yaqin

Peserta        :

  • Kepala Jama’ah Leser Grobogan
  • Bupati Kabupaten Grobogan
  • Jama’ah Leser Grobogan
  • Takmir Masjid Agung Grobogan

Kegiatan rapat             :

  • Penentuan tempat dan waktu pelaksanaan Haul Akbar
  • Penentuan tugas dan tanggung jawab panitia
  • Penentuan anggaran dana
  • Penentuan lokasi penginapan bagi jama’ah dari luar kota

 

17. Notulen Rapat Kantor

17. NOTULEN RAPAT KANTOR
saatsantai.com

Notulen Rapat

Agenda Rapat : Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai

Hari/ Tanggal  : 19 Januari 2019

Pukul            : 09.00 WIB

Tempat         : Ruang Rapat Lantai 2

Pemimpin Rapat : Rasya Ishaq sebagai Direktur Utama Kantor

Notulen Rapat : Lidya Mayasari

Notulensi Rapat :

Strategi dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah dengan cara memotivasi pegawai supaya bekerja lebih giat lagi. Di tambah dengan meningkatkan fasilitas yang ada di kantor supaya pegawai yang bekerja bisa betah, dengan begitu maka kinerjanya akan menjadi lebih baik.

Notulen,

Lidya Mayasari

 

18. Contoh Notulen Rapat Siswa Sekolah

18. CONTOH NOTULEN RAPAT SISWA SEKOLAH
pixabay.com

NOTULEN RAPAT OSIS

SMK 1 BANDUNG

Hari, tanggal : Sabtu, 11 Maret 2019

Waktu : 11.00 – 13.00 WIB

Tempat : Ruang OSIS SMK 1 Bandung

Materi Rapat : Penyelenggaraan Pentas Budaya Tahunan

Pimpinan Rapat : Syauqi Ramadhan (Ketua OSIS)

Notulis : Madina Syaqila

Jumlah peserta : 21 orang

Tidak hadir :  –

Susunan acara :

  1. Pembukaan
  2. Diskusi
  3. Penutup

Pokok Diskusi :

  1. Tujuan di adakan Pentas Budaya Tahunan
  2. Waktu dan tempat pelaksanaan Pentas Budaya
  3. Peserta pentas
  4. Biaya dan anggaran dana pelaksanaan pentas
  5. Pembuka acara
  6. Pembentukan panitia Pentas Budaya

Hasil pembahasan :

  1. Kegiatan Pentas Budaya bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia
  2. Kegiatan Pentas Budaya akan di laksanakan pada 22 Maret 2019
  3. Peserta Pentas Budaya adalah para siswa SMK 1 Bandung
  4. Biaya pelaksanaan kegiatan berasal dari anggaran OSIS dan dana sponsor
  5. Acara Pentas Budaya akan di buka oleh Kepala SMK 1 Bandung
  6. Panitia pelaksanaan pentas budaya di ketuai oleh Bayu Kurniawan

 

Bandung, 11 Maret 2019

Ketua       Notulis

Syauqi Ramadhan Madina Syaqila

 

Itulah beberapa hal dan contoh berbagai macam notulen rapat yang perlu di ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Tinggalkan komentar