18 Aplikasi Edit Video Terbaik yang Bisa Kamu Install

Aplikasi edit video – Apakah Anda pernah melihat video-video singkat dengan tampilan yang apik dan mengagumkan? Nah, sedangkan untuk membuat video yang bagus juga tak harus menggunakan kamera yang bagus seperti DSLR.

Sebab hanya dengan menggunakan smarthphone saja sebuah video yang bagus bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Anda bisa mendownload aplikasi-aplikasi edit video sebagai aplikasi pihak ketiga di Google play store maupun App Store.

Mungkin Anda sudah punya aplikasi untuk edit video yang digunakan pada PC misalnya seperti iMovie atau juga Windows Movie Maker. Nah, kadang kala kegiatan sehari-hari Anda mengurangi kesempatan untuk bekerja di depan komputer.

Namun yang menjadi kabar baiknya yaitu sudah banyak muncul aplikasi untuk mengedit video harga terjangkau dan bahkan gratis pada smarthphone atau tablet yang Anda miliki. Mungkin beberapa aplikasi yang akan kami sebutkan di bawah ini bisa Anda coba untuk membuat video yang bagus. Di bawah ini akan kami ulas secara singkat terkait dengan aplikasi-aplikasi edit video.

APLIKASI MAGISTO

APLIKASI MAGISTO
pandetpandet.blogspot.com

Aplikasi Magisto menjadi aplikasi pertama yang kami sebutkan di dalam artikel ini. Aplikasi tersebut akan memungkinkan Anda membuat video-video yang sangat mengagumkan tanpa harus meninggalkan smarthphone Anda ke dalam 3 tahapan.

Tahap pertama yaitu Anda bisa memilih sendiri gaya pengeditan video maupun cerita di dalam video yang Anda muat. Tahap kedua yaitu Anda bisa memilih foto dan juga video yang nantinya akan Anda jadikan sebagai konten dalam video tersebut.

Dan tahap yang ketiga yaitu Anda bisa memilih musik yang Anda suka yang telah aplikasi tersebut sediakan. Aplikasi Magisto ini menggunakan teknologi AI atau Artifical Intelligence sehingga aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengelola dokumentasi Anda ke dalam bentuk video. Dengan demikian pesan yang ingin Anda sampaikan yang ada di pikiran Anda bisa tertuangkan dalam video yang Anda buat.

Aplikasi ini ada versi gratisnya dan penggunaannya sudah sangat memuaskan penggunanya, namun untuk versi berlangganan dengan membayar perbulan, Anda akan mendapatkan berbagai video dengan durasi yang lebih panjang dan sangat beragam. Sedangkan harga yang ditawarkan untuk berlangganan aplikasi ini terbilang terjangkau karena sesuai dengan fitur-fitur yang akan Anda peroleh.

APLIKASI QUIK

APLIKASI QUIK
loop.co.id

Quik menjadi salah satu aplikasi untuk mengedit video terfavorit. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini bisa membuat video menjadi menarik. Selain itu, aplikasi ini juga sangat cepat untuk digunakan mengedit video dan semuanya gratis. Caranya Anda tinggal pilih video atau foto favorit Anda yang akan Anda buat sebagai video.

Walaupun aplikasi Quik ini gratis, namun aplikasi ini sama sekali tidak menampilkan iklan sebagaimana aplikasi-aplikasi gratis lainnya. Bahkan yang paling terbaik dari aplikasi ini yaitu bisa melakukan pengeditan video secara otomatis. Selain itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dalam aplikasi Quik ini.

Contohnya seperti pemotongan video, penyelarasan video dengan musik, penambahan teks dan juga efek. Jika sudah selesai mengedit video, maka Anda juga bisa memilih kualitas video yang akan Anda simpan seperti 720p atau 1080p dan bisa langsung Anda bagikan ke media sosial.

WONDERSHARE FILMORAGO

WONDERSHARE FILMORAGO
abbaspcsoft.blogspot.com

Aplikasi edit video yang bisa Anda coba berikutnya yaitu Wondershare Filmorago. aplikasi ini sangat cocok untuk membuat video yang akan Anda upload di instagram maupun media sosial lainnya. Anda akan mendapatkan pengeditan video dasar beserta alat yang lebih banyak untuk kedepannya.

Pada mulanya aplikasi ini hanya disediakan untuk penggunaan komputer Mac dan juga Windows. Akan tetapi saat ini FilmoraGo telah hadir untuk versi Android dan juga IOS. Dengan demikian mengedit video bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja.

Apalagi tersedia juga easy mode yang akan membuat Anda tak merasa ribet saat mengedit video. Easy mode tersebut akan membuat Anda semakin mudah dalam melakukan berbagai tambahan seperti penambahan musik, pengaturan posisi video klip serta menyelesaikan produksi video yang lebih profesional hanya dalam hitungan menit saja.

Fitur yang terdapat di aplikasi FilmoraGo juga sangat banyak dan Anda juga akan diberikan kesempatan untuk mengunjungi toko efek yang di dalamnya tersedia banyak sekali tema, intro dan juga transisi untuk membuat kreasi pada video Anda.

Semua fitur yang ada di FilmoraGo bisa Anda gunakan secara gratis namun di akhir video akan terlihat watermark. Nah, supaya watermark tersebut hilang, maka Anda bisa membayar untuk menggunakan layanan premiumnya.

APLIKASI KINEMASTER

APLIKASI KINEMASTER
blogmedia.web.id

KineMater menjadi salah satu aplikasi edit video yang memiliki tampilan cukup menarik dan fitur-fiturnya sangat mendukung. Selain itu, aplikasi ini sangat praktis untuk digunakan pada Android. Anda bisa melakukan impor video menggunakan cara drag n drop serta menawarkan kontrol yang akan membuat video Anda lebih profesional.

Selain itu, berbagai macam transisi yang digunakan antara potongan video satu dengan yang lainnya bisa Anda tambahkan pada video Anda. Namun supaya hasil video yang Anda buat tidak memiliki watermark, Anda diharuskan membeli versi premiumnya. Di samping itu, sebagian besar fitur yang ada di KineMaster ini bisa Anda pakai secara gratis.

APLIKASI INSHOT

APLIKASI INSHOT
www.adyblog.com

Mungkin Anda membutuhkan aplikasi untuk mengedit video Anda hanya untuk memotong maupun mengedit video tanpa kolase. Nah, aplikasi InShot sangat cocok untuk Anda gunakan untuk keperluan tersebut, mulai dari untuk mempercepat, memotong maupun menambah musik ke dalam video. Fungsi yang disediakan tersebut memang sangat mendasar sehingga mampu memudahkan pekerjaan Anda dalam mengedit video.

APLIKASI VIVAVIDEO

APLIKASI VIVAVIDEO
www.foldertekno.com

Aplikasi edit video VivaVideo juga menjadi aplikasi yang banyak dimiliki oleh pengguna Android. Di dalamnya tersedia berbagai macam fitur yang sangat menakjubkan untuk digunakan. Saat pertama kali Anda menggunakan aplikasi ini, maka Anda langsung paham bahwa aplikasi ini didesain untuk membuat video dengan hasil yang profesional hanya dengan menggunakan perangkat Android.

Ada ratusan efek yang terdapat di dalam aplikasi ini yang bisa Anda pilih sesuka hati. Selain itu juga ada banyak filter, stiker, subtitle dan juga klip animasi. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membuat video slow motion serta slideshow.

Ada juga berbagai fungsi video dasar seperti pemotongan video, cut-paste, penggabungan klip dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, aplikasi edit video VivaVideo ini juga punya lebih dari 200 juta pengguna yang berasal dari berbagai negara di dunia ini.

Itu artinya aplikasi VivaVideo ini keberadaannya sebagai aplikasi pengeditan video menjadi yang terbaik untuk Android. Nah, jika Anda sudah selesai mengedit video di aplikasi VivaVideo, maka Anda sudah bisa membagikan ke sosial media Anda secara langsung.

APLIKASI POWERDIRECTOR

APLIKASI POWERDIRECTOR
www.droidnext.com

Aplikasi edit video yang tak kalah terkenal lainnya yaitu PowerDirector yang memiliki banyak fitur serta tampilannya yang sangat sederhana. Akan tetapi mungkin Anda masih harus sedikit penyesuaian jika Anda bau saja memiliki aplikasi ini.

Namun jika Anda sudah terbiasa, maka aplikasi ini sangat mudah untuk dikuasai dan bisa menciptakan video yang terkesan profesional dengan berbagai efek. Di dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 30 efek serta transisi yang bisa Anda pilih sesuka hati untuk ditambahkan ke alam video yang Anda buat.

Video green screen juga bisa Anda buat dengan menggunakan aplikasi PowerDirector ini. Sedangkan jika Anda membutuhkan bantuan, maka Anda tak perlu khawatir karena aplikasi PowerDirector ini juga telah menyediakan tutorial di setiap fitur yang disediakan.

Hampir semua fitur di dalam aplikasi PowerDirector ini bisa Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi untuk versi berbayarnya akan jauh lebih banyak memberikan pengalaman menarik mengedit video seperti hilangnya watermark, iklan dan bahkan bisa menggunakan resolusi HD 1080p atau 4K. Namun aplikasi PowerDirector ini hanya bisa digunakan oleh Android versi 2.3 ke atas.

APLIKASI VIDEOSHOW

APLIKASI VIDEOSHOW
www.teknotrone.com

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi edit video yang satu ini. VideoShow menjadi salah satu aplikasi edit video yang telah menerima berbagai penghargaan. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi terbaik untuk melakukan pengeditan video secara gratis.

Tampilannya sangat mudah untuk digunakan siapa saja sehingga sangat bisa untuk diandalkan. Selain bisa menggunakannya untuk fungsi dasarnya, aplikasi VideoShow juga bisa mempercantik video Anda dengan menambahkan berbagai pernik-perniknya seperti efek, teks, musik, dubbing atau juga efek suara.

Tema yang tersedia di dalam aplikasi ini ada sekitar 50 tema da yang paling bahagianya Anda bisa mengurangi ukuran video sehingga jika memori Anda terbatas, Anda tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Sedangkan kualitasnya juga tak banyak berkurang. Untuk durasinya tak ada batasnya dan bisa dipakai pada semua android.

APLIKASI VIDEOSHOP

APLIKASI VIDEOSHOP
jalantikus.com

Salah satu aplikasi edit video yang sangat sederhana dengan hasil video yang sangat tinggi kualitasnya yaitu VideoShop. Anda bisa membuat gabungan antara beberapa video dengan  aplikasi VideoShop. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan transisi antar video, judul, filter, pemotongan, musik, penyesuaian kontras warna, voice over dan juga efek suara.

Di dalam aplikasi ini juga memberikan berbagai mode spesial seperti pemutaran video terbalik, slow motion dan juga video stop motion. Selain itu ada fitur titl-shift supaya video Anda bisa difokuskan ke suatu objek tertentu. Namun aplikasi ini bukan merupakan aplikasi edit video yang gratis namun juga harganya cukup terjangkau mengingat banyaknya fitur yang bisa Anda coba.

Aplikasi Splice

Aplikasi Splice
ngelag.com

Aplikasi Splice merupakan aplikasi yang dirilis oleh pembuat kamera GoPro ikut merilis aplikasi untuk mengedit video dengan menggabungkan beberapa video klip yang berbeda di smarthphone yang Anda miliki sehingga menjadi kolase bergerak.

Dengan demikian, para pengguna aplikasi Splice ini  akan merasakan keseruan ketika mereka mencoba berbagai fitur yang disediakan.. Terlebih lagi aplikasi Splice menyediakan berbagai kumpulan musik untuk Anda pakai sebagai backsound pada video yang Anda buat.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk memangkas serta mengedit video di bagian tertentu saja serta bisa melakukan pengaturan pada panjangnya transisi di suatu bagian adegan dalam video ke bagian adegan yang lainnya.

ADOBE PREMIERE CLIP

ADOBE PREMIERE CLIP
rexdl.com

Adobe Premiere Clip merupakan salah satu aplikasi edit video yang cukup populer keluaran Adobe untuk dipakai di smarthphone. Akan tetapi ada yang paling menyenangkan dari aplikasi ini yaitu bisa Anda pakai secara gratis.

Bahkan aplikasi ini oleh seorang pengulas aplikasi telah dijuluki sebagai pengantar menuju aplikasi pengeditan video Adobe Premiere Pro untuk dekstop. Kini Anda bisa buktikan sendiri dengan mendownloadnya di Google Play Store. Sebagaimana aplikasi Magisto, aplikasi Adobe Premiere Pro juga akan secara otomatis menyelaraskan video Anda dengan backsound musik yang sudah Anda pilih.

Selain itu ada juga fitur editor freeform untuk pengeditan video yang lebih lanjut. Fitur yang terdapat di aplikasi ini sangat mumpuni untuk membantu Anda dalam melakukan pemotongan serta memindahkan potongan-potongan video atau juga gambar yang bisa Anda dapat langsung dari galeri di smarthphone Anda.

Dan bisa Anda urutkan sesuka Anda. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menambah pencahayaan, manipulasi kecepatan durasi video bahkan berbagi video secara langsung ke berbagai sosial media seperti YouTube, Facebook, Instagram maupun Twitter.

APLIKASI FUNIMATE

APLIKASI FUNIMATE
hempasan.com

Aplikasi edit video yang selanjutnya yaitu Funimate yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk melakukan pengeditan video dengan cara yang mudah dan seru. Dengan menggunakan aplikasi edit video Funimate ini, maka momen sehari-hari Anda bisa menjadi sebuah video yang kreatif. 

Selain itu, ada sekitar 20 efek video yang sengaja didesain untuk membuat video Anda menjadi video singkat. Untuk menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus melakukan log ini terlebih dahulu ke akun Funimate ini. Aplikasi Funimate ini sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan.

APLIKASI IMOVIE

APLIKASI IMOVIE
inwepo.co

Aplikasi edit video yang satu ini didesain khusus untuk bisa digunakan pada perangkat Ios. Aplikasi ini memang dibuat oleh Apple untuk Anda gunakan sebagai aplikasi pengeditan video.

Aplikasi ini digunakan dengan gratis dengan hasil yang profesional dan indah. Terdapat juga drag n drop yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pengeditan video. Selain itu tata letak klip juga bisa Anda atur sendiri beserta dengan pengaturan durasi.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan teks, filter, efek, judul dan juga split screen dengan menggabungkan dua video menjadi satu. Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini juga sangat menarik dan Anda bisa memasukkan klip video yang sudah disediakan oleh aplikasi ini ke dalam template.

APLIKASI PICPLAYPOST

APLIKASI PICPLAYPOST
www.carolinaratri.com

Sebagaian besar dari kita mungkin sudah pernah menggunakan aplikasi untuk membuat kolase foto bukan? Akan tetapi apakah pernah Anda membuat kolase untuk video? Nah, hal tersebut pasti sangat menaik bukan? Kini Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi edit video PicPlayPost.

Aplikasi ini sangat sederhana hanya dengan mengingat-ingat suara yang ada di video tersebut yang nantinya akan dimainkan secara bersamaan sehingga harus Anda pastikan bahwa hal tersebut tak akan menjadi masalah. Aplikasi ini akan sangat banyak kegunaannya. Misalnya seperti bagi seorang instruktur olahraga yang digunakan untuk menggabungkan video olahraga beserta dengan video instruksi.

APLIKASI CLIPS

APLIKASI CLIPS
inet.detik.com

Ada aplikasi yang bisa untuk menggabungkan beberapa gambar, video dan juga diberi judul untuk digunakan sebagai konten untuk di upload di media sosial, maka aplikasi Clips ini sangat cocok untuk Anda pilih.

Aplikasi ini sangat sederhana untuk mengedit video dengan hasil yang menarik. Selain itu, video yang akan Anda edit juga bisa langsung direkam dengan aplikasi ini. Di dalamnya juga disediakan berbagai filter termasuk filter gaya kartun atau bisa memilih seperti gambar menggunakan pensil.

Ada salah satu fitur unik dari aplikasi Clips ini yaitu ketika Anda melakukan perekaman video melalui aplikasi ini, maka sudah langsung bisa Anda beri caption. Jadi, aplikasi ini sangat cocok jika Anda ingin melakukan pengeditan video dengan singkat dan mudah. 

APLIKASI HYPERLAPSE

APLIKASI HYPERLAPSE
dailysocial.id

Instagram juga telah merilis aplikasi edit video bernama Hyperlapse yang digunakan untuk memadatkan berbagai video menjadi satu video yang memiliki kecepatan tinggi yang kemudian bisa Anda upload di Instagram maupun Facebook.

Selain itu, kecepatan video juga bisa Anda pilih sendiri dari berbagai kecepatan yang disediakan. Misalnya apabila video Anda berdurasi 30 detik, maka Anda bisa menggunakan 6x hyperlapse maka video Anda bisa menjadi 5 detik saja. Jadi, aplikasi ini sangat cocok bagian Anda yang ingin mengabadikan momen yang berlangsung sangat sebentar misalnya sunset.

APLIKASI WEVIDEO

APLIKASI WEVIDEO
rasta-komp.blogspot.com

Apakah smarthphone Anda kapasitas memorinya sangat terbatas sehingga tak mampu jika harus download aplikasi video yang kapasitasnya tinggi? Tenang saja, sebab saat ini melakukan pengeditan video via cloud yakni bisa dilakukan secara online tanpa memakan ruang di smarthphone bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi WeVideo.

Memang saat ini pengeditan berbasis cloud sedang populer dari masa ke masa. Aplikasi WeVidoe ini akan memberikan Anda kemampuan serta fitur pengeditan video yang hebat. Termasuk di dalamnya terdapat fitur pengeditan audio, berbagi video dengan resolusi 4K HD dan juga berbagai musik dengan lisensi komersil.

Akan tetapi untuk versi gratisnya punya batasan-batasan tertentu. Versi gratis aplikasi ini salah satu kekurangannya yaitu Anda hanya mendapatkan penyimpanan cloud sebesar 10 GB saja. Akan tetapi jika proyek pembuatan video Anda cukup banyak, maka ruang 10 GB tersebut akan kurang karena hanya muat beberapa video saja.

Di samping itu, melakukan pengeditan vido di aplikasi WeVideo menggunakan versi gratis akan ada watermark yang menempel di video tersebut. Selain tersedia untuk Android, aplikasi WeVideo juga ada dalam penggunaan komputer. Hanya tinggal pilih saja, apakah Anda akan menggunakan versi gratis atau versi berbayar. Nah, untuk bisa mengetahui perbedaan antara kedua versi tersebut maka Anda bisa mengunjungi situsnya.

APLIKASI CAMEO

APLIKASI CAMEO
inovasi.com

Aplikasi edit video yang terakhir yaitu aplikasi Cameo yang didesain khusus untuk pengguna iPhone. Aplikasi Cameo merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pembuat aplikasi Vimeo.

Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam mengedit video dasar, akan tetapi bisa bekerja dengan sangat baik. Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana serta intuitif. Jika Anda menginginkan aplikasi pengeditan video dengan mendasar dan cepat, maka pemilihan aplikasi Cameo ini sangat tepat.

Aplikasi edit video yang satu ini bisa melakukan beberapa kemampuan unggulnya seperti mengimpor video dan foto yang ada di galeri ponsel Anda. Kemudian Anda juga bisa melakukan pemotongan video dengan sangat mudah melalui aplikasi ini.

Baca Juga Aplikasi Edit Foto

Bukan hanya itu saja, video yang akan Anda edit juga bisa dilengkapi dengan tema, penambahan musik dan lain sebagainya. Bahkan yang lebih unggul lagi dari aplikasi ini yaitu bisa melakukan pengaturan intensitas tema yang akan Anda pakai di dalam video untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Semua aplikasi edit video di atas bisa Anda dapatkan di Google Play Store maupun di App Store secara gratis. Selamat mencoba dan dapatkan hasil yang menawan untuk Anda upload di sosial media Anda.

Tinggalkan komentar