17 Aplikasi Keluarga Sehat yang Bisa Kamu Install

Aplikasi keluarga sehat – Harta yang paling berharga adalah kesehatan. Pasalnya, berapa pun banyak jumlah harta, kekayaan dan seberapa pun tinggi jabatan, apabila memiliki masalah terkait kesehatan, itu semua menjadi tidak berguna. Tetapi saat ini banyak sekali orang yang seolah tidak peduli dengan kesehatan yang dimiliki. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aktivitas yang dilakukan, terkadang tidak memerhatikan tubuh.

Bekerja hingga larut malam bahkan tidak beristirahat adalah salah satu bentuk aktivitas yang merugikan tubuh. Tetapi, yang lebih mencengangkan lagi, hal tersebut menjadi wajar di kalangan para pekerja part time atau para pekerja yang selalu mengambil jatah lembur dan sebagainya.

Pentingnya memelihara kesehatan adalah sebagai upaya agar memiliki waktu yang lebih banyak saat berkumpul bersama keluarga. Bayangkan saja apabila Anda selalu bekerja hingga tidak mengenal waktu tanpa beristirahat sedikitpun sampai merelakan waktu bersama keluarga, jika kesehatan terganggu maka Anda akan kehilangan momen bersama keluarga juga.

Saat ini teknologi telah semakin maju sehingga untuk urusan pribadi saja, sistem teknologi siap membantu. Hal-hal pribadi seperti kesehatan juga dapat diatur menggunakan teknologi. Sekarang, telah banyak aplikasi kesehatan yang dapat di pasang di smartphone yang bisa di gunakan untuk mengingatkan Anda mengenai kesehatan serta memberikan arahan terkait pola hidup sehat bagi Anda dan keluarga.

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai aplikasi yang dapat membantu Anda beserta keluarga untuk terus menjalankan pola hidup sehat di manapun dan kapanpun.

Contents

Google Fit

GOOGLE FIT
www.geek.com

Google merupakan mesin pencarian yang telah populer di berbagai belahan dunia. Bahkan kepopulerannya saja tidak cukup, sehingga ia juga mengeluarkan aplikasi yang dapat di gunakan untuk mengontrol kesehatan Anda. Aplikasi ini berguna sebagai pembantu dalam mendapatkan tubuh yang sehat dan juga bugar.

Aktivitas yang di rancang pada aplikasi ini beragam seperti berlari, berjalan hingga bersepeda. Aplikasi ini juga menyediakan artikel terkait tips agar mampu memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar. Sehingga selain kesehatan yang terkontrol, Anda juga akan lebih mengetahui pengetahuan terkait dengan kesehatan tubuh.

Apasakitku

APASAKITKU
thegorbalsla.com

Seperti namanya, aplikasi ini menerapkan suatu sistem yang dapat di gunakan untuk mengetahui penyakit yang Anda alami dengan mengetahui keluhan-keluhan yang di rasakan. Aplikasi ini akan memberikan informasi berdasarkan keluhan Anda dan di dasarkan juga kepada pengetahuan umum terkait dengan penyakit dan keluhannya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yang banyak di sukai oleh pengguna, yaitu fitur konsultasi terkait keluhan. Konsultasi tersebut dapat di lakukan secara gratis. Kemudian aplikasi ini juga menyediakan fitur artikel terkait dengan kesehatan, sehingga memberikan wawasan mengenai kesehatan kepada Anda dan juga keluarga.

Water Time

WATER TIME
thegorbalsla.com

Tubuh kekurangan cairan merupakan hal yang harus di hindari. Cara menghindarinya dapat melalui rutin dan rajin meminum air putih. Water time merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol cairan yang ada pada tubuh. Aplikasi ini memberikan beberapa fitur yang dapat dinikmati dan sangat bermanfaat.

Fitur tersebut seperti, waktu yang pas untuk minum air. Karena meminum air pada waktu yang tepat juga akan memberikan dampak yang baik pada kesehatan dan kondisi cairan tubuh. Kemudian, jumlah cairan yang seharusnya masuk pada tubuh juga mempengaruhi.

Oleh karena itu, aplikasi ini juga memberikan informasi seputar cairan yang harus di butuhkan dan sesuai untuk tubuh Anda.

BMI Calculator

BMI CALCULATOR
thegorbalsla.com

Berat badan merupakan suatu masalah yang sangat nampak dan banyak di keluhkan hampir oleh semua orang. Memiliki berat badan yang ideal pastinya merupakan mimpi banyak orang.

Namun, dalam mendapatkan hal tersebut, orang yang memiliki kelebihan berat badan harus berusaha keras dan benar-benar mampu menahan diri dari berbagai hal yang dapat meningkatkan berat badannya. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkait dengan berat badan yang dimiliki baik itu, gemuk, kurus atau ideal.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait berat badan yang harus dimiliki agar mendapatkan hasil yang ideal. Berbekal aplikasi ini, akan lebih membuat Anda untuk rajin berolah raga.  Namun, aplikasi ini hanya akan cocok apabila di gunakan untuk orang dengan usia 19 sampai 65 tahun saja.

Soleil Organics

SOLEIL ORGANICS
thegorbalsla.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berguna bagi Anda yang sangat cinta dalam mengkonsumsi makanan organik. Makanan organik merupakan makanan sehat dan tidak memiliki kandungan yang dapat membahayakan tubuh. Tetapi yang menjadi masalah sekarang, makanan organik sangat sulit untuk di temukan.

Bahkan, makanan yang memiliki label organik saja terkadang tidak murni atau benar-benar organik. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membedakan kandungan makanan. Apakah benar organik atau sudah tercampur.

Aplikasi ini di lengkapi dengan sistem sensor yang dapat memindai suatu barcode yang terdapat pada kemasan. Oleh karena itu, cara menggunakannya cukup mudah yaitu tinggal mengarahkan sistem pada barcode maka dengan sendirinya akan terdapat pemindaian.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beragam artikel yang berisi tips bagi Anda yang ingin memiliki pola hidup sehat. Baik tips makanan hingga resep makanan.

Couch to 5K

Couch to 5K
www.eventbrite.co.uk

Smartphone memang sebutan untuk ponsel pintar. Bahkan sekarang aplikasi kesehatan dapat di install di smartphone dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Aplikasi couch to 5K merupakan aplikasi yang paling di rekomendasikan sebagai alat pembantu untuk pola hidup sehat yang di khususkan bagi Anda yang sangat gemar terhadap olahraga lari. Aplikasi ini memiliki fitur khusus yang dapat di gunakan oleh seseorang untuk mendukung latihan lari atau olahraga lari.

Menggunakan fitur tersebut, Anda dapat mengatur rencana terkait kapan waktu yang tepat di gunakan untuk lari, berapa jarak yang akan di tempuh untuk lari. Setiap rencana dapat di berlakukan selama 9 minggu. sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membuat rencana.

Kemudian, fitur yang terdapat pada aplikasi ini juga termasuk fleksibel tidak kaku, sehingga Anda dapat menyesuaikannya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur latihan yang dapat di gunakan. Fitur tersebut seperti latihan untuk durasi waktu 20 sampai dengan 30 menit dalam satu hari.

Kemudian untuk sesi latihan dalam satu minggu, dapat dilakukan sebanyak 3 kali. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu terdapatnya pelatih virtual yang disediakan oleh aplikasi yang dapat memberikan dukungan hingga menemani Anda saat berlari atau berlatih.

Kemudian terdapat pula fitur mp3 yang mampu menyajikan beberapa musik yang dapat menemani Anda saat berlari dan sebagainya. Aplikasi ini dapat di install di Android atau pun IOS.

Zipingo

ZIPINGO
zipingo.org

Zipingo adalah aplikasi yang telah terbukti untuk mengatur pola hidup sehat bagi setiap keluarga. Zipingo mengatur dari segi makanan sehat yang harus di konsumsi beserta dengan waktu makan yang baik. Aplikasi ini memiliki fitur resep masakan yang dapat di ikuti agar seluruh keluarga mengkonsumsi makanan sehat.

Aplikasi ini juga fleksibel karena dapat memberikan kesesuaian resep pada si pengguna. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone dengan basis Android dan IOS. Anda tidak perlu khawatir, karena apa yang telah di resepkan aplikasi ini merupakan hasil ide dari dokter yang berada di Boston Medical Center.

Oleh karena itu, bagi Anda yang kesulitan untuk memulai gaya hidup sehat, cara yang paling mudah untuk memulainya adalah berasal dari pola makan Anda. Aplikasi ini sangat berguna dan dapat membantu Anda.

Sworkit

SWORKIT
medium.com

Apabila Anda merupakan seseorang yang sangat sibuk serta kesulitan atau tidak tertarik untuk melakukan olahraga secara teratur atau intens, maka aplikasi ini dapat di coba. Aplikasi ini akan memberi tampilan berupa demonstrasi olahraga yang di lakukan oleh pelatih yang telah profesional.

Sehingga Anda tidak perlu repot membuat latihan sendiri atau membentuk latihan sendiri. Bentuk dari demonstrasi latihan akan di sesuaikan dengan minat dan keinginan Anda terkait dengan tubuh yang ingin di bentuk. Aplikasi ini tidak memiliki durasi yang lama dalam setiap sesi latihan, hanya beberapa menit saja.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait membuang-buang waktu. Aplikasi ini dapat di nikmati melalui dua cara, yaitu gratis dan berbayar. Jika akses gratis, maka bentuk latihan yang muncul hanya sedikit. Apabila akses berbayar, maka jenis latihan yang muncul akan menjadi lebih bervariasi. Aplikasi ini juga dapat di unduh di berbagai platform, baik Android maupun IOS.

Lumosity Mobile

LUMOSITY MOBILE
www.lumosity.com

Aplikasi ini memiliki fitur rama yang dapat di gunakan oleh anak-anak. Jadi, apabila Anda memiliki anak yang tidak mau berolahraga dan hanya menghabiskan waktu untuk bermain, maka aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengasuh anak agar mau olahraga secara rutin.

Namun, ada yang berbeda adalah aplikasi ini tidak di peruntukkan aktivitas fisik, melainkan untuk aktivitas otak. Dengan kata lain melakukan olahraga otak. Aplikasi ini memang di kembangkan oleh para ahli syaraf yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Aplikasi ini memuat permainan yang di rancang untuk melatih otak. Sehingga daya kognitif yang dimiliki oleh otak menjadi lebih meningkat. Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagi level yang tingkat kesulitannya berbeda, sehingga otak memiliki respon yang berbeda pula.

Aplikasi dapat di unduh di berbagai platform, baik Android atau pun IOS dan dalam mengaksesnya terdapat dua cara gratis dan berbayar. Perbedaan di antara keduanya adalah terletak dalam fitur. Apabila berbayar, maka fitur yang tersedia lengkap dan beragam.

Breathe2Relax

BREATHE2RELAX
depressionpedia.com

Aplikasi ini dapat dibilang sebagai penyuluhan dari stress. Bagi Anda yang merasa stress akibat banyak bekerja atau terjadi karena adanya masalah yang tak kunjung selesai, maka aplikasi ini dapat menjadi salah satu pilihan buat menghilangkan dan mengelola stress. Sehingga tidak memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Aplikasi ini menawarkan dua fitur berupa fitur mengendali kecemasan dan fitur pernapasan. Selain kedua fitur tersebut, aplikasi ini juga menyediakan layanan yang akan berguna untuk mengontrol emosi seperti amarah dan juga dapat mengatasi ketika Anda sedang dalam kondisi tertekan.

Bahkan ada yang menganggap bahwa aplikasi ini merupakan apoteker yang dapat di bawa kemana-mana karena, dengan aplikasi ini Anda dapat mencari daftar obat beserta keterangan dan uraian terkait dengan obat tersebut.

Moves

MOVES
thegorbalsla.com

Aplikasi ini memang di peruntukkan bagi orang yang sangat gemar berolahraga dalam bentuk apapun. Sehingga bagi Anda yang berolah raga secara rutin, namun bingung bagaimana cara mengingat kemajuan setiap olahraga, aplikasi ini merupakan solusi terbaik untuk Anda. Pasalnya aplikasi ini memiliki fitur yang berfungsi untuk mengingat info mengenai rekor setiap perjalanan dan latihan yang Anda lakukan.

Fitur tersebut akan menampilkan jumlah kalori yang telah hilang untuk tiap harinya. Sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan tubuh setiap hari. Data yang disediakan aplikasi ini mudah untuk di baca, karena di tampilkan dalam bentuk grafik. Aplikasi ini cocok menjadi aplikasi keluarga.

SAM

SAM
thegorbalsla.com

Sam merupakan salah satu aplikasi kesehatan yang cocok di gunakan oleh keluarga. Aplikasi ini lebih cenderung ke dalam olahraga psikis bukan fisik, sehingga untuk mengatur tingkat kecemasan Anda beserta keluarga.

Dalam mengoperasikan aplikasi ini terbilang mudah, karena dapat dilakukan sendiri dengan 25 pilihan cara yang beda dalam mengelola suatu kecemasan. Aplikasi ini akan memberikan identifikasi terhadap gejala kecemasan yang diderita oleh seseorang sehingga pengguna akan dapat mengatasinya dengan mudah. Aplikasi ini telah tersedia untuk Android dan juga IOS.

NOOM

NOOM
lalymom.com

Noom adalah aplikasi kesehatan keluarga yang memiliki banyak fitur sehingga sering disebut dengan paket aplikasi lengkap. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet terkait dengan penginstalan di banyak aplikasi yang akan membuat ruang smartphone penuh.

Berbagai fitur unggulan khusus kesehatan telah tersedia dalam aplikasi Noom. Fitur tersebut seperti, riwayat perjalanan yang di lakukan akan tersimpan serta terdapat resep dan menu menarik yang dapat diikuti dan memberikan arahan terkait dengan pola hidup sehat.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam artikel mengenai kesehatan yang berguna bagi Anda. Sehingga selain mengontrol pola hidup sehat, aplikasi ini juga berguna untuk memperluas wawasan seputar pola hidup sehat.

Calm

CALM
www.calm.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur. Seperti susah tidur dan sebagainya. Pemakaian obat tidur memang memberikan rasa kantuk sehingga memudahkan Anda untuk tidur.

Namun, yang perlu di ketahui, penggunaan obat tidur secara rutin, akan membuat Anda semakin ketergantungan dan memberikan efek buruk pada tubuh. Aplikasi ini memiliki sistem kerja berupa meditasi, yang dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan pada Anda sehingga akan memperbaiki kualitas tidur.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat memfokuskan pikiran dan juga musik relaksasi. Musik relaksasi nantinya akan memberikan dampak relaks kepada para pendengarnya. Sehingga Anda akan dengan mudah merasakan ketenangan dan tidak lagi susah tidur.

Nike + Training Club

NIKE + TRAINING CLUB
www.codegent.com

Siapa yang tidak mengenal brand yang satu ini. Nike adalah salah satu brand olahraga terkenal yang telah mendunia. Karena kepopulerannya, bahkan Nike membuat suatu aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal kesehatan. Aplikasi ini memang belum begitu terkenal, namun sudah banyak yang menggunakannya.

Aplikasi ini dapat membantu masalah Anda terkait tubuh yang kurang ideal. Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah banyaknya program latihan yang dapat di lakukan bahkan hingga 150 program. Bagi Anda yang menggunakan aplikasi ini maka seperti memiliki pelatih yang bersedia membantu dalam mengelola tubuh ideal.

Bagi Anda yang masih bingung ketika menggunakan aplikasi ini, baik intensitas dan jenis latihan yang harus di lakukan secara rutin, tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyediakan rekomendasi latihan untuk setiap harinya dan juga rekomendasi intensitas latihan.

Nike + Run Club

NIKE + RUN CLUB
www.nike.com

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi pengembangan bantuan dari Nike. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap sehingga sudah lebih dari pelatih pribadi virtual. Segala rekaman yang ada di tubuh Anda akan di catat secara rinci. Seperti, lokasi, kecepatan hingga detak jantung Anda.

Aplikasi ini akan dapat menjalankan programnya secara maksimal jika Anda menggunakannya dengan baik sesuai yang diarahkan. Contohnya, apabila Anda ingin melakukan lari baik jarak jauh dan jarak dekat, maka hal yang harus di lakukan terlebih dahulu adalah menentukan jarak yang ingin di tempuh pada saat berlari.

Sehingga aplikasi ini juga akan menyediakan program yang sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan. Uniknya lagi, aplikasi ini memberikan sejenis penghargaan bagi orang yang memenuhi targetnya sendiri.

Fat Secret

FAT SECRET
thegorbalsla.com

Apabila di lihat dari namanya maka semua orang sudah tahu bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang berhubungan dengan pembakaran kalori. Aplikasi ini memberikan sistem penghitung untuk kalori. Hal tersebut akan berguna apabila Anda menginginkan tubuh yang ideal.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan suatu tips latihan yang dapat di praktikkan sebagai upaya untuk membakar kalori. Bagi Anda yang sangat menyukai makan, maka aplikasi ini juga memberikan informasi terkait gizi dan berapa jumlah kalori yang terdapat pada makanan yang di santap setiap hari.

Caranya yaitu, pada barcode yang terdapat di kemasan dapat di lakukan pemindaian kemudian sistem akan membaca dan memberikan informasi terkait kandungan yang ada dalam kemasan. Aplikasi sudah tersedia di platform Android dan juga IOS. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet maka aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat agar diet dapat dengan mudah terlaksana.

Baca Juga Aplikasi Karaoke

Itulah sedikit ulasan terkait aplikasi yang dapat membantu Anda dan juga keluarga untuk mengelola pola hidup sehat. Hidup sehat merupakan dambaan yang selalu di inginkan oleh setiap orang. Namun, banyak orang yang malas untuk mengaplikasikan nya, sehingga ia sering mengalami tubuh yang tidak sehat.

Makanan merupakan salah satu yang paling banyak mempengaruhi dalam hal kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh adalah hal yang harus di lakukan. Makanan yang baik mengandung berbagai macam zat besi protein, bukan malah menjadi penambah kalori yang menjadikan berat badan bertambah.

Aplikasi yang telah di sebutkan di atas selain membantu Anda dalam menjaga kesehatan, juga dapat membantu dalam upaya memiliki tubuh ideal. Upaya memiliki tubuh ideal bergantung pada makanan yang di konsumsi dan intensitas olahraga setiap harinya.

Tinggalkan komentar