Site icon Made Blog

Urutan Pangkat TNI AL,AU,AD (Lengkap)

!

Urutan Pangkat TNI – Indonesia memiliki angkatan militer yang bernama TNI atau Tentara Nasional Indonesia. Ada tiga tingkatan bersenjata dalam TNI yaitu AD atau Angkatan Darat, AL atau Angkatan Laut dan AU atau Angkatan Udara. Perlu kita ketahui bahwa TNI memiliki struktur tingkatan pangkat. Tingkat tertinggi dalam TNI disebut prawira sedangkan tingkat paling rendah disebut tamtama.

Dari dulu sudah ada jenjang angkatan TNI, meskipun dulu awalnya TNI bernama Tentara Keamanan Rakyat yang disingkat dengan TKR. Namun kini TNI mengalami banyak sekali perubahan nama, baik itu jenjang karirnya. Lebih tepatnya pada tahun 1997 terjadi perubahan yang terakhir dan perubahan inilah bertahan hingga sekarang. Karena sudah ada peraturan yang tercantum dalam peraturan pemerintah nomor 32 pada tahun 1997.

Warga Negara Indonesia khususnya pria pasti ingin menjadi seorang TNI, karena TNI menjadi idaman banyak orang. Bahkan banyak juga seorang wanita yang ingin memiliki pendamping hidup seorang TNI, karena terlihat membanggakan. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin mendaftar menjadi anggota TNi penting sekali untuk mengetahui susunan dan lambang pangkat TNI. Baik itu pangkat TNI yang paling tinggi hingga yang terendah dari Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat. selengkapnya berikut ini ulasan mengenai urutan pangkat TNI.

Urutan Pangkat TNI Angkatan Laut atau AL

Kepala staf angkatan laut merupakan seseorang yang memimpin TNI angkatan laut atau AL. Tugas utama dari TNI angkatan laut yaitu sebagai kekuatan utama dalam pasukan laut indonesia. Armada angkatan laut ini juga memiliki dua armada secara terpisah yaitu armada timur dan armada barat. Armada yang pertama yaitu terletak di tanjung perak surabaya yang disebut dengan armada timur. Sedangkan armada barat terletak di tanjung priuk jakarta.

Dalam angkatan laut ini juga terdapat Korps Marinir. Tugas dari korps marinir yang profesional yaitu mengamankan wilayah laut yang ada di republik Indonesia. Ketika bertugas TNI angkatan laut ini berada dalam satu komando lintas militer atau yang disebut dengan kolilalnmil. Ketika berlakunya peraturan pemerintah terbaru yang terjadi pada tahun 1997. Inilah tanda kept angkatan TNI angkatan laut tercantum.

Perwira Tinggi Angkatan Laut

Perwira tinggi angkatan laut merupakan salah satu periode dharma bhakti. Yang mana perwira ini di titik beratkan dari peralihan pengembangan ke pemanfaatan agar lebih maksimal. Dengan meraih dedikasi prestasi dan kerja keras dharma bhakti bisa didapatkan.

TNI angkatan laut yang memiliki potensi terbaik dari seorang perwira bisa mendapatkan pangkat perwira tinggi. Hal ini didapatkan dari bentuk tanggung jawab dan amanah yang diberikan dari sebuah jabatan strategis yang memiliki nilai politis. Selain itu seorang TNI yang memiliki tingkatan perwira tinggi ini memiliki nilai jual terhadap sebuah kebijakan-kebijakan yang ada dalam pertahanan negara. Baik itu kebijakan yang berhubungan dengan pemerintah sendiri ataupun dengan negara lain.

Adapun berikut ini ada urutan perwira tinggi TNI dari angkatan laut yang terdiri dari 4 tingkatan, sebagaimana berikut ini:

Tingkat terendah dari semua jajaran pangkat perwira tinggi yaitu laksamana pertama jenderal TNI angkatan laut. Satu bintang merupakan lambang yang menandakan TNI dalam pangkat laksamana pertama.

Satu pangkat di atas laksamana pertama jenderal yaitu laksamana muda TNI angkatan laut. Laksamana muda jenderal ini juga satu tingkat di bawah laksamana madya. Dua bintang merupakan lambang yang menandakan TNI yang berada di pangkat laksamana muda jenderal.

Satu pangkat di atas laksamana muda jenderal yaitu letnan jenderal. Yang mana pangkat ini diraih dengan tanda adanya lambang tiga bintang.

Tingkatan TNI angkatan laut pangkat yang paling tertinggi yaitu laksamana. Yang mana pangkat ini ditandai dengan lambang gambar 4 bintang.

Perwira Menengah TNI Angkatan Laut

Selain perwira tinggi, angkatan laut yang memiliki tingkatan perwira menengah. Angkatan laut juga memiliki tingkatan yang terdiri dari tiga yaitu mayor, letnan kolonel dan kolonel. Dari ketiga tingkatan tersebut berikut ini penjelasannya:

Pangkat terendah pada TNI Angkatan Laut di tingkat perwira menengah yaitu mayor TNI. Yang memiliki tingkatan ini ditandai dengan lambang pangkat yaitu 1 bunga melati emas.

Satu pangkat di atas tingkat pangkat mayor yaitu letnan kolonel TNI angkatan laut. Lebih tepatnya letnan kolonel ini satu pangkat di bawah pangkat kolonel memiliki lambang yaitu 2 bunga melati emas.

Pangkat tertinggi pada TNI angkatan laut di tingkat perwira menengah yaitu kolonel. Pangkat ini memiliki lambang satu bunga melati emas.

Perwira Pertama TNI Angkatan Laut

Perwira pertama TNI angkatan laut juga memiliki beberapa jenjang kept angkatan. Yang mana jenjang ini terdiri dari tiga tingkatan yaitu letnan dua, letnan  satu dan kapten. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga tingkatan perwira pertama  TNI angkatan laut yang perlu diketahui:

Pangkat terendah dalam jajaran tingkatan perwira pertama yaitu letnan dua tni angkatan laut. Pangkat ini biasa disebut dengan Leda. Pangkat letnan dua ini memiliki lambang yaitu satu balok emas.

Satu pangkat di atas letnan dua yaitu Lettu atau letnan satu TNI angkatan laut. Letnan satu ini juga satu tingkat di bawah pangkat kapten. Dua balok emas merupakan lambang dari pangkat letnan satu.

Pangkat tertinggi dalam tingkatan prawira pertama TNI angkatan laut yaitu kapten. tiga balok emas menandakan lambang dari seorang kapten TNI angkatan laut.

Bintara Tinggi TNI Angkatan Laut

Di tingkatan bintara tinggi TNI angkatan laut terdiri dari dua pangkat yaitu pembantu letnan dua dan pembantu letnan satu. Adapun berikut ini penjelasan dari dua pangkat di bintara tinggi TNI angkatan laut mulai dari yang tertinggi hinggayang terendah.

Pangkat terendam dalam tingkatan bintara tinggi angkatan laut yaitu pembantu letnan dua. Sedangkan satu balok emas bergelombang merupakan lambang yang dimiliki pangkat ini.

Pangkat tertinggi dalam tingkatan bintara tinggi TNI angkatan laut yaitu pembantu letnan dua. Yang mana pangkat ini ditandai dengan lambang dua balok emas bergelombang.

Tingkatan Bintara TNI Angkatan Laut

Tingkatan bintara TNI angkatan laut memiliki empat pangkat yaitu sersan dua, sersan satu, sersan kepala dan sersan mayor. Dari keempat pangkat tersebut berikut ini penjelasan lengkapnya yang perlu diketahui:

Pangkat terendah dalam tingkatan bintara TNI angkatan laut yaitu sersan dua TNI angkatan laut. Biasanya pangkat ini disingkat dengan serda. Pangkat ini ditandai dengan lambang yaitu satu balok kuning yang menyerupai huruf V.

Satu tingkat lebih tinggi dari sersan dua yaitu sersan satu. Yang mana pangkat ini lebih tinggi dari serda dalam tingkat Bintaro. Pangkat ini ditandai dengan adanya lambang balok kuning berjumlah 2 yang menyerupai huruf V.

Sedangkan pangkat di atas sersan satu dalam tingkatan bintara TNI angkatan laut yaitu sersan kepala. Yang mana sersan ini dibawa tingkat sersan mayor. Sersan kepala ditandai dengan adanya lambang tiga balok kuning yang menyerupai huruf V.

Pangkat tertinggi dalam tingkatan bintara TNI angkatan laut yaitu sersan mayor. Yang mana sersan mayor ini ditandai dengan adanya lambang 4 balok berwarna kuning menyerupai huruf V.

Tamtama Kepala TNI Angkatan Laut

TNI angkatan laut dalam jenjang ke pangkalan tamtama terdiri dari 3 pangkat. Adapun yang termasuk ke dalam tingkatan tamtama TNI angkatan laut yaitu kopral dua, kopral satu dan kopral kepala. Adapun berikut ini penjelasan mengenai tiga tingkat dalam tingkatan tamtama:

Kopral dua lebih sering dikenal dengan kopda. Yang mana pangkat ini di bawah tingkatan tamtama kepala TNI angkatan laut. Satu tanda berwarna merah yang menyerupai huruf V merupakan lambang untuk pangkat kopda.

Satu pangkat di atas kopral dua yaitu kopral satu. TNI angkatan laut. Lebih tepatnya kopral satu TNI angkatan laut ini dibawah kopral kepala dua. Balok berwarna merah yang menyerupai huruf V ini menjadi lambang dari pangkat kopral satu.

Pangkat tertinggi dalam tingkatan tamtama kepala TNI angkatan laut yaitu kopral kepala. Tiga balok berwarna merah menyerupai huruf V merupakan lambang yang dimiliki pangkat kopral kepala.

Tamtama TNI Angkatan Laut

Ada tiga tingkatan dalam jenjang kepangkatan TNI angkatan laut atau tamtama yaitu prajurit dua, prajurit satu dan prajurit kepala. Dari ketiga jenjang ini akan dijelaskan pada ulasan berikut ini:

Pangkat yang paling rendah di tingkatan tamtama TNI angkatan laut yaitu prajurit dua atau biasa disingkat dengan prada. Satu balok  berwarna merah lurus merupakan lambang yang dimiliki pangkat prada.

Pangkat yang ada dibawah prajurit kepala yaitu prajurit satu TNI angkatan laut atau biasa disingkat dengan pratudua. Balok berwarna merah lurus merupakan lambang yang dimiliki pangkat pratu.

Pangkat tertinggi dalam tingkatan tamtama TNI angkatan laut yaitu prajurit kepala. Yang mana prajurit ini memiliki lambang tiga balok berwarna merah lurus.

Urutan Pangkat TNI Angkatan Darat

TNI Angkatan darat merupakan salah satu TNI yang biasanya lebih dikenal dengan TNI AD. Tugas dan tanggung jawab TNI angkatan darat ini yaitu beroperasi untuk pertahanan di bagian darat. TNI Angkatan darat ini pembentukan pertama terjadi pada tanggal 15 Oktober 1945.

Pangkat jenderal besar yaitu pangkat kehormatan TNI Angkatan darat yang dilambangkan dengan adanya bintang 5. Tidak semua TNI bisa mencapai pangkat kehormatan. Bahkan dalam sepanjang sejarah hanya ada 3 orang yang pernah mendapatkan pangkat jenderal besar yaitu Sudirman, Soeharto dan Abdul Haris Nasution.

Ada empat kepangkatan dalam jenjang kept angkatan perwira tinggi angkatan darat. Dalam angkatan darat pangkat yang tertinggi disebut dengan jenderal. Jenderal ini memiliki lambang yaitu 4 bintang. Sedangkan pangkat di bawah jenderal yaitu letnan jenderal atau biasa disingkat dengan letjen, yang mana pangkat ini dilambangkan dengan tiga bintang.

Sedangkan pangkat di bawah letjen yaitu mayor jenderal yang dilambangkan dengan dua bintang. Sedangkan pangkat yang terakhir yaitu brigadir jenderal. Biasanya pangkat ini lebih dikenal dengan singkatan brigjen yang memiliki lambang satu bintang.

Dalam tingkat perwira menengah TNI angkatan darat terdapat 3 pangkat mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Kolonel atau disingkat kol merupakan pangkat yang tertinggi dari tingkatan perwira menengah. Sedangkan tingkatan kedua setelah kolonel yaitu letnan kolonel atau yang biasa disingkat dengan letkol. Sedangkan tingkat yang terendah yaitu mayor atau biasa disingkat dengan may. Kolonel memiliki lambang tiga bunga. Letnal kolonel memiliki tanda dua bunga dan mayor memiliki tanda satu bunga.

Dalam TNI angkatan darat di tingkat prawira pertama atau prama ada tiga pangkat yaitu kapten letnan satu dan letnan dua. Pangkat kapten memiliki lambang tiga garis. Pangkat letnan satu memiliki lambang dua garis dan letnan satu di memiliki lambang tanda satu garis.

Di tingkatan bintara tinggi TNI angkatan darat terdapat dua tingkat yaitu pembantu letnan satu dan pembantu letnan dua. Yang mana pembantu letnan satu ini memiliki lambang dua garis gelombang. Sedangkan untuk membantu letnan dua memiliki lambang satu garis yang bergelombang.

Ada empat tingkat di tingkatan bintara yang terdiri dari sersan mayor, sersan satu dan sersan dua. Sersan mayor atau biasa disingkat dengan sermay memiliki lambang 4 garis panah. Sersan dua  disingkat dengan serdu ini memiliki lambang tiga garis panah dan sersan satu atau biasa disingkat dengan sertu ini memiliki lambang tanda dua garis panah. Sedangkan yang terakhir yaitu sersan dua yang memiliki lambang satu garis panah.

Tingkatan bintara TNI angkatan darat terdiri dari 3 pangkat yaitu kopral kepala, kopral satu dan kopral dua. Kopral kepala ini memiliki lambang tanda 3 garis panah berwarna merah dan kopral kepala satu memiliki lambang dua garis panah berwarna merah. Sedangkan untuk kopral dua memiliki lambang satu garis panah berwarna merah.

Singkatan tamtama TNI angkatan darat terdiri dari tiga jenjang pangkat yaitu prajurit, kepala prajurit satu dan prajurit dua. Prajurit kepala ini memiliki lambang tanda tiga garis berwarna merah. Prajurit dua memiliki lambang dua garis berwarna merah dan prajurit dua memiliki tanda satu garis berwarna merah.

Urutan Pangkat TNI Angkatan Udara

TNI AU  atau angkatan udara juga memiliki urutan pangkat di dalamnya, namun pangkat kehormatan yang dimiliki  TNI angkatan udara berupa pangkat marsekal besar yang memiliki lambang tanda bintang lima. Angkatan udara mendapatkan tingkatan ini memang sulit didapatkan. Bahkan sepanjang sejarah di indonesia belum ada satu orang pun yang mendapatkan pangkat ini.

Di tingkatan perwira tinggi TNI angkatan udara terdapat empat jenjang pangkat yang meliputi Mersekal, Kemduian, Marsekal Madya dan Marsekal Pertama. Marsekal atau biasa disingkat dengan mars memiliki lambang tanda 4 bintang. Sedangkan untuk marsekal madya memiliki lambang tiga bintang. Untuk marsekal muda memiliki lambang dua bintang dan marsekal pertama memiliki lambang satu bintang.

Pada tingkatan perwira menengah TNI Angkatan udara terdapat 3 pangkat yang meliputi kolonel letnal, kolonel dan mayor. Pada pangkat letnan kolonel memiliki lambang tiga simbol, Letnal kolonel atau biasa disingkat dengan letkol memiliki 2 lambang dan mayor memiliki lambang dengan 1 lambang.

Pada tingkatan perwira pertama TNI angkatan udara terdapat tiga pangkat yang meliputi kapten, letnan satu dan letnan dua. Pangkat kapten yang biasa disingkat dengan kapt memiliki lambang tanda tiga garis. Untuk letnan satu atau biasa disingkat dengan lettu memiliki lambang dengan tanda dua garis. Sedangkan untuk letnan dua yang biasa disingkat dengan letda ini memiliki lambang tanda satu garis.

Pada tingkatan bintara tinggi TNI angkatan udara terdiri dari 2 tingkat yang meliputi pembantu letnan satu dan pembantu letnan dua. Yang mana pembantu letnan satu ini memiliki lambang dua garis. Sedangkan pembantu letnan dua memiliki lambang tanda satu garis.

Pada tingkatan bintara tentara angkatan udara terdiri dari sersan mayor atau biasa disingkat sermay yang memiliki lambang 4 garis panah. Sersan dua memiliki lambang tiga garis panah. Pada pangkat ketiga yaitu adanya sersan satu yang memiliki palembang tanda dua garis tanah yang terakhir yaitu urusan dua yang memiliki lambang tanda satu panah.

Pada tingkatan tamtama kepala terdapat 3 pangkat. Tingkat pertama yaitu kopral kepala atau biasa disingkat dengan kopka, yang mana pada tingkatan ini memiliki lambang tiga panah merah. Tingkat kedua yaitu koprol satu yang biasa disingkat dengan koptu memiliki lambang tanda dua panah merah. Sedangkan pada tingkat yang terakhir yaitu kopral dua yang biasa disingkat dengan kopdar memiliki lambang satu panah berwarna merah.

Pada tingkatan tamtama TNI angkatan darat terdapat tiga pangkat yang meliputi prajurit, kepala prajurit satu dan prajurit dua. Pada pangkat prajurit kepala atau biasa disingkat dengan praka ini memiliki lambang tanda tiga garis merah. Pada pangkat prajurit satu atau biasa disingkat dengan pratu memiliki lambang tanda 2 garis merah. Sedangkan untuk prajurit dua atau prada memiliki lambang tanda satu garis merah.

Itulah ulasan lengkap mengenai urutan pangkat TNI. Baik itu TNI  angkatan laut, TNI angkatan darat dan TNI angkatan udara. Dari ulasan ini bisa memberikan pelajaran dan pengetahuan baru bagi kita mengenai pangkat-pangkat yang ada dalam Tentara Negara Indonesia.

Urutan Pangkat TNI AL,AU,AD (Lengkap)

Exit mobile version