Pengertian Ekologi : Ruang Lingkup, Manfaat, Jenis, Aspek dan Prinsipnya

Pengertian Ekologi – Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda sering mendengar kata ekologi atau bahkan menggunakan kata tersebut dalam sebuah kalimat. Namun sudah tahukah Anda apa itu ekologi, aspek apa saja yang perlu diperhatikan, manfaatnya bagi kehidupan manusia serta jenis-jenis ekologi yang ada di bumi?

Nah, di bawah ini akan dibahas secara detail apa yang dimaksud dengan ekologi, aspek penting di dalamnya, manfaat ekologi bagi manusia serta jenis-jenisnya. Secara umum, ekologi adalah suatu ilmu yang membahas tentang hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidupnya.

Ada pula yang menerangkan pengertian ekologi yakni suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup maupun kelompok makhluk hidup dengan lingkungannya. Dengan kata lain, ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang ekosistem makhluk hidup.

Secara etimologis, istilah ‘ekologi’ berasal dari bahasa Yunani yakni ‘oikos’ yang memiliki arti habitat dan ‘logos’ yang memiliki arti ilmu. Jadi secara bahasa, definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama makhluk hidup serta organisme dengan lingkungannya.

Contents

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli
Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Selain pengertian ekologi secara umum, beberapa ahli di bawah ini juga menjabarkan pengertian ekologi yang akan membantu Anda memahami lebih dalam apa itu ekologi.

  • C. J. Krebs

Menurut C. J. Krebs (1972), pengertian ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

  • Ernst Haeckel

Menurut Ernst Haeckel (1866), pengertian ekologi adalah ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.

  • E. P. Odum

Menurut E. P. Odum (1963), pengertian ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam “The study of The Structure and Function of Nature”.

  • G. Tyler Miller

Menurut G. Tyler Miller (1975), definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain dan dengan lingkungannya.

  • Charles Elton

Menurut Charles Elton (1927), pengertian ekologi adalah sejarah alam yang sifatnya ilmiah “Scientific Natural History”.

  • C. Elton

Menurut C. Elton, ekologi adalah ilmu yang mengkaji kehidupan alam secara ilmiah atau dapat disingkat ilmu yang mempelajari sejarah alam.

  • Resosoedarmo

Menurut Resosoedarmo pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.

  • Otto Soemarwoto

Menurut Otto Soemarwoto pengertian ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

  • Andrewartha

Menurut Andrewartha ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebab dan juga kelimpahan organisme.

Ruang Lingkup Ekologi

Ruang Lingkup Ekologi
www.pelajaran.id

Jika dilihat secara umum, ekologi mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya. Adapun batasan pokok bahasan atau ruang lingkup ekologi ini adalah sebagai berikut.

  • Individu

Individu ialah satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu. Semisal seorang manusia, seekor burung, seekor ikan, seekor singa, seekor buaya dan lain sebagainya.

  • Populasi

Populasi ialah suatu kelompok individu sejenis yang ada di suatu tempat dan waktu tertentu. Semisal populasi manusia, populasi rumput, populasi burung dan lain sebagainya.

  • Komunitas

Komunitas ialah suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi dan saling berinteraksi satu sama lain pada sebuah tempat dan waktu tertentu. Semisal komunitas padang rumput yang di dalamnya ada populasi rumput, populasi burung, populasi belalang, populasi ulat, populasi ular dan lain sebagainya.

  • Ekosistem

Ekosistem ialah suatu kondisi dimana ada hubungan timbal balik serta saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Semisal ekosistem air laut, ekosistem hutan, dan lain sebagainya.

  • Biosfer

Biosfer ialah tingkatan organisasi biologi yang paling besar, dimana di dalamnya ada seluruh kehidupan yang ada di bumi serta terdapat interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.

Aspek dan Prinsip dalam Ekologi

Aspek dan Prinsip dalam Ekologi
moondoggiesmusic.com

Ketika mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya, ada beberapa aspek serta prinsip yang perlu diperhatikan dengan baik. Mengacu dari pengertian ekologi di atas, di bawah ini adalah aspek sera prinsip pada ekologi.

Aspek Utama dalam Ekologi

Aspek utama atau aspek penting pada ekologi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Studi tentang interaksi organisme/kelompok organisme dengan lingkungannya.
  2. Studi tentang interaksi organisme/kelompok organisme dengan lingkungannya.
  3. Studi tentang struktur dan fungsi alam.

Prinsip Utama dalam Ekologi

Beberapa yang termasuk dalam prinsip utama ekologi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya interaksi (interaction).
  2. Adanya saling ketergantungan (interdependence).
  3. Adanya keanekaragaman (diversity).
  4. Adanya keharmonisan (harmony).
  5. Adanya kemampuan berkelanjutan (sustainability).

Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Manfaat Ekologi Bagi Manusia
Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Ekologi memberikan manfaat yang begitu besar pada manusia maupun lingkungan hidupnya. Di bawah ini adalah manfaat ekologi untuk manusia.

  • Mengenal Keragaman Hayati

Dengan adanya ekologi, manusia bisa memahami berbagai makhluk hidup yang ada di bumi serta hubungannya dengan tempat tinggalnya. Sebagai contoh bagaimana seekor unta bisa bertahan hidup pada tempat yang memiliki suhu tinggi, sedangkan penguin dapat bertahan hidup pada tempat yang memiliki suhu rendah.

  • Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Ekologi juga akan membantu manusia dalam mengenal perilaku makhluk hidup lain yang dapat memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Sebagai contoh pengenalan perilaku kelelawar yang kemudian diadaptasi pada sistem solar kapal selam, mengenal perilaku lumba-lumba yang ternyata dapat memberikan manfaat yakni untuk menentukan sebuah lokasi dan masih banyak contoh lainnya.

  • Mengetahui Peran Manusia pada Lingkungan

Manfaat ekologi lainnya ialah untuk membantu manusia dalam mengetahui dampak produk yang dihasilkan terhadap lingkungan. Sebagai contoh penggunaan produk DDT yang bertujuan untuk memberantas hama ternyata berpotensi mencemari lingkungan manusia maupun organisme lainnya.

  • Memetakan Konsumsi Pangan

Ekologi juga dapat membantu manusia mengetahui struktur serta skala pangan setiap makhluk hidup. Contohnya tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat pertama, hewan karnivora sebagai konsumen tingkat kedua, manusia sebagai konsumen tingkat ketiga, hewan pengurai dan kemudian hasil penguraian tersebut akan kembali dikonsumsi oleh produsen sebagai sumber energi.

  • Memecahkan Masalah Pertanian

Dalam masalah pertanian, ekologi memiliki peranan yang begitu penting. Dimana ekologi bisa membantu memecahkan masalah pertanian yang kerap dihadapi manusia. Seperti menjaga kesuburan tanah dengan menambahkan beberapa mikroba yang bisa menghasilkan amonium dan nitrat.

  • Memecahkan Masalah Energi

Manfaat ekologi berikutnya ialah untuk membantu manusia dalam memastikan ketersediaan energi untuk menunjang kehidupannya. Semisal penggunaan energi alternatif dari tenaga surya yang menghasilkan energi listrik.

  • Memecahkan masalah kesehatan

Ekologi juga bisa membantu manusia dalam memecahkan masalah kesehatan yang dihadapi. Contohnya yakni mengetahui jika nyamuk Aedes Aegypti ialah penyebab demam berdarah yang bisa dibasmi dengan suatu penanganan atau tindakan, seperti menguras bak mandi, membersihkan selokan dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Ekologi

Jenis-Jenis Ekologi
moondoggiesmusic.com

Sebenarnya, istilah ekologi bukan hanya digunakan pada satu bidang kehidupan saja, namun pada beberapa bidang kehidupan manusia. Adapun jenis-jenis ekologi adalah sebagai berikut.

  • Ekologi Manusia

Yaitu cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.

  • Ekologi Tumbuhan

Yaitu cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang tumbuhan sebagai organisme dan mengabaikan manusia maupun hewan.

  • Ekologi Hewan

Yakni cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang hewan sebagai organisme dan mengabaikan manusia maupun tumbuhan.

  • Ekologi Populasi

Yakni canag ekologi yang hanya fokus mempelajari hubungan antar kelompok organisme, jumlah individu serta faktor penentu besar populasi maupun penyebarannya.

  • Ekologi Habitat

Yakni canag ekologi yang hanya fokus pada pembahasan tentang sifat dari sebuah habitat.

  • Ekologi Sosial

Yakni cabang ekologi yang membahas tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan alam serta teknologi.

  • Ekologi Bahasa

Yakni cabang arkeologi yang mempelajari serta menyelidiki tentang hubungan antara bahasa serta lingkungan manusia.

  • Ekologi Antariksa

Yakni cabang ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang mampu menopang kehidupan manusia selama penerbangan antariksa.

Bagaimana, sudah paham dengan apa yang dimaksud ekologi? Aspek, manfaat dan juga jenis-jenisnya? Dengan memahami apa itu ekologi dan segala hal yang bersinggungan, tentunya kita harus mampu meningkatkan kepekaan serta memaksimalkan peran dalam melestarikan ekologi tersebut.

Jika sudah memahami rangkaian dari informasi di atas, jangan lupa juga untuk membagikannya dengan orang terdekat Anda ya, sehingga informasi baik yang Anda punya bisa terus tersebar dan bermanfaat bagi orang lain pula. semoga pengertian ekologi di atas bermanfaat ya sobat.

Pengertian Ekologi : Ruang Lingkup, Manfaat, Jenis, Aspek dan Prinsipnya

Tinggalkan komentar