4 Ragam Gerakan Senam Ibu Hamil yang Disarankan

Senam ibu hamil terkadang masih menjadi salah satu hal yang tabu. Hal ini dikarenakan senam yang dipahami membutuhkan gerakan yang gesit akan berbahaya bagi ibu hamil. Namun, sebenarnya pandangan ini tentu saja salah.

Ya, Bunda harus mengetahui bahwa sebenarnya, senam bumil / ibu hamil cukup disarankan dan justru baik untuk kehamilan. Tentu, senam ini membutuhkan gerakan khusus yang berbeda dengan senam biasanya.

Nah, senam untuk ibu hamil ini bertujuan untuk menjaga kandungan dan memperkuat kandungan. Ada beberapa gerakan yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan senam bumil. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Senam Ibu Hamil

Ragam Senam Ibu Hamil
www.go-dok.com

Sebagaimana disinggung di awal, senam bumil adalah salah satu gerakan yang sebenarnya penting untuk ibu hamil. Gerakan senam ini akan mampu menjaga kesehatan kandungan agar lebih kuat. Nah, lalu, apa saja gerakan senam untuk ibu hamil yang bisa dilakukan?

  • Kegel

Kegel
Kegel

Kegel adalah salah satu gerakan senam yang bisa Bunda lakukan. Gerakan senam ini sangat mudah untuk dilakukan. Nah, gerakan ini, menurut para ahli, akan melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul.

Dengan demikian, maka melahirkan akan menjadi lebih mudah. Selain itu, senam ini juga bisa melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan juga rahim.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan baik sambil berdiri atau duduk. Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, Bunda bisa melakukan gerakan ini sekitar 3-10 detik. Ulangi latihan sebanyak 4 kali sehari.

  • Jalan Kaki

Jalan Kaki
www.merdeka.com

Jalan kaki adalah salah satu gerakan senam yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Ya, salah satu senam akan memberikan manfaat yang sangat besar terutama bagi kelahiran sang buah hati.

Dengan sering berjalan kaki, maka posisi bayi akan masuk ke jalur lahir, sehingga persalinan bisa berlangsung dengan lebih lancar.

  • Posisi Jongkok

Posisi Jongkok
www.hipwee.com

Gerakan lain yang bisa bunda lakukan adalah posisi jongkok. Senam ini dilakukan dengan cara mengatur posisi punggung lurus dan perlahan menurunkan posisi badan sampai jongkok. Nah, tahan gerakan ini selama 10 detik lalu kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali sehari.

Baca Juga Tari Jaipong

Gerakan ini bisa memberikan manfaat untuk memperkuat otot paha dan peregangan otot panggul. Dengan gerakan ini, proses melahirkan akan menjadi lebih mudah.

  • Memiringkan Panggul

Memiringkan Panggul
Memiringkan Panggul

Gerakan senam lainnya yang direkomendasikan untuk dilakukan adalah memiringkan panggul. Ini adalah gerakan senam yang sangat penting untuk dilakukan karena gerakan ini akan meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama ketika kehamilan masuk trimester ketiga.

Nah, demikian beberapa gerakan senam untuk ibu hamil yang bisa Bunda lakukan. Dengan beberapa jenis gerakan senam tadi, kehamilan akan semakin sehat dan persalinan akan semakin lancar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar