21 Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Skripsi, Praktikum, Bahasa Inggris

contoh kata pengantar – Apabila anda terjun di dunia penulisan, sekolah, universitas, atau pun sekolah tinggi lainnya, anda pasti tidak asing lagi dengan penulisan kata pengantar. Komponen utama yang tidak bisa dilewati dalam suatu karya tulis adalah kata pengantar.

Walaupun tidak diwajibkan, namun sering kali sebuah karya tulis akan dianggap baik jika di dalamnya termuat kata pengantar. Isi dari kata pengantar biasanya berupa ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dari penyusunan karya tulis.

Gambaran umum tentang isi tulisan dan harapan penulis terhadap pembaca juga biasanya termuat. Apabila anda sedang mencari referensi, berikut kumpulan contoh kata pengantar yang bisa digunakan pada karya tulis anda.

Contents

Contoh Kata Pengantar yang Baik

Contoh Kata Pengantar yang Baik
elizato.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT yang sampai saat ini memberikan penulis kemudahan, sehingga bisa menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa bantuan-Nya, makalah ini mungkin tidak bisa diselesaikan dengan baik. Sholawat dan dalam senantiasa dicurahkan untuk baginda rasul, yaitu Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan jalan terbaik dan kita nantikan syafaatnya di akhirat kelak.

Makalah ini dibuat sebagai salah satu bentuk penyelesaian atas tugas yang harus dipenuhi penulis dalam mata kuliah Metode Statistika. Penyelesaian makalah ini tidak terlepas dari arahan, masukan, dan bimbingan dari berbagai pihak. Sehingga, ucapan terima kasih penulis ditujukan untuk semua pihak yang telah membantu.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penulis makalah ini. Apabila ada banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya, penulis memohon maaf. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua pihak. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yogyakarta, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia
contoh.pro

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kesempatan, sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Makalah ini mungkin tidak bisa terselesaikan dengan baik tanpa pertolongan dan izin dari-Nya. Tidak lupa pula, sholawat serta salam Insya Allah akan selalu tercurah untuk Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan dan motivator untuk penulis.

Pembuatan makalah ini merupakan salah satu penyelesaian dari tugas Bahasa Indonesia. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, salah satunya adalah kepada Ibu Khodijah selaku dosen pembimbing. Beliau yang telah memberikan arahan, masukan, serta saran yang membangun demi sempurnanya penulisan makalah ini.

Namun, penulis menyadari bahwa makalah ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk penulisan makalah yang lebih baik. Penulis mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan. Semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Denpasar, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah PKn

Contoh Kata Pengantar Makalah PKn
baabun.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, penulis ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Atas kehadirat-Nya, karunia-Nya, limpahan rahmat-Nya, sehingga penulis masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan penulisan makalah Pendidikan Kewarganegaraan. Tidak lupa pula penulis haturkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi suri teladan sekaligus motivator bagi penulis.

Makalah yang berjudul “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Seluruh Elemen Masyarakat” ini dibuat untuk menyelesaikan salah satu tugas perkuliahan. Terima kasih kepada Ibu Pertiwi Handayani yang senantiasa membimbing dan mengarahkan. Juga kepada seluruh pihak lainnya, yaitu kedua orang tua dan rekan-rekan kelas, yang terlibat dalam membantu dan mendoakan penulis,

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Sehingga, penulis sangat mengharapkan segala saran atau kritik yang membangun demi kesempurnaan penulisan. Penulis berharap bahwa makalah ini bisa bermanfaat untuk pembaca atau pihak lain yang menjadikannya sebagai referensi.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mataram, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah
baabun.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, rasa syukur dan terima kasih penulis ucapkan kepada Allah SWT. Atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis memiliki keinginan kuat untuk menyelesaikan makalah Sejarah ini dengan baik. Sholawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu inspirasi penulis.

Makalah Sejarah dengan judul “Sistem Kepemimpinan Islam di Masa Nabi Muhammad SAW” ini disusun untuk menyelesaikan salah satu tugas perkuliahan. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Maryam Abdullah yang senantiasa membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyusun makalah. Juga kepada kedua orang tua, rekan-rekan kelas, serta seluruh pihak lainnya yang terlibat dalam membantu dan mendoakan penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Penulis sangat mengharapkan segala saran atau kritik yang membangun, sehingga bisa diketahui dan dilakukan perbaikan atas segala kelemahan dan kekurangannya. Penulis berharap besar agar makalah ini bisa bermanfaat untuk pembaca atau pihak lain yang menjadikannya sebagai referensi.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bima, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama
www.yuksinau.id

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT penulis sampaikan, karena atas kesempatan-Nya, sehingga penulis masih diberikan izin untuk menyelesaikan makalah Agama ini dengan baik dan tepat waktu. Sholawat serta salam penulis sampaikan pula kepada Rasulullah, baginda besar, Nabi Muhammad SAW yang selalu memberikan dan menebarkan cahaya di kehidupan manusia. Beliau juga yang memberikan inspirasi penulis dalam menyusun makalah ini.

Pembuatan makalah yang berjudul “Keutamaan Memahami Bacaan Sholat” ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu isi dari makalah ini bisa menjadi pengingat bersama saat hendak melaksanakan sholat. Bahwa akan lebih baik jika bisa memahami bacaannya terlebih dahulu.

Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari banyak pihak yang selalu memberikan bantuan kepada penulis. Teruntuk kedua orang tua yang selalu memberikan dukungan, juga kepada rekan-rekan yang memberikan pertolongan, penulis ucapkan terima kasih. Terkhusus juga kepada Ibu Nur Aisyah selaku dosen pembimbing yang senantiasa sabar dalam memberikan arahan dan masukan.

Penulisan ini tidak terlepas dari kekurangan, karena keterbatasan ilmu yang dimiliki penulis. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan segala jenis saran dan kritik yang membangun untuk penulisan yang lebih baik ke depannya. Akhir kata, semoga makalah ini bisa dijadikan referensi yang bermanfaat untuk semua pihak yang membacanya. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumbawa, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum
sijai.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur penulis sampaikan atas kehadirat Allah SWT, karena penulis masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk bisa menyelesaikan laporan praktikum rutin ini. Sholawat serta salam penulis haturkan pula kepada baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang selalu menjadi inspirasi dan semangat penulis dalam menyelesaikan laporan praktikum rutin ini.

Juga kepada keluarga dan sahabat beliau yang sudah menjadi motivator penulis untuk berbuat lebih baik hari demi hari, termasuk untuk senantiasa selalu memperbaiki penulisan laporan praktikum ini.

Laporan praktikum ini dibuat untuk meningkatkan pemahaman tentang mata kuliah “Analisis Runtun Waktu”, juga untuk memudahkan penulis dalam menyelesaikan studi kasus yang diberikan.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dan mengarahkan, terkhusus untuk asisten praktikum yang sudah sabar dalam membimbing dan menjelaskan materi secara perlahan. Sehingga mudah dipahami dan proses belajar mengajar menjadi lebih baik.

Penulisan laporan praktikum ini tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan, karena keterbatasan ilmu pengetahuan yang dimiliki penulis.

Oleh karena itu, segala jenis saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan. Akhir kata, semoga laporan praktikum ini bisa menjadi panduan penulisan selanjutnya dan dijadikan sebagai referensi yang bermanfaat untuk semua pihak yang membacanya. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kalimantan Barat, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL
obatrindu.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas segala tauhid, rahmat dan inayah yang diberikan. Sholawat dan salam penulis haturkan kepada baginda besar umat Islam Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga dan sahabat sehingga penulis dapat memiliki pedoman hidup sebagaimana yang tertulis di dalam kandungan kitab suci Al-Qur’an.

Alhamdulillahirabbilaalamiin, penulis haturkan doa dan rasa syukur karena dapat melaksanakan PKL dengan kondisi sehat walafiat dari awal dimulainya PKL hingga pembuatan laporan akhir ini. Adapun maksud dari penulisan laporan ini adalah sebagai salah satu pertanggung jawaban penulis setelah melaksanakan PKL di PT Angkasa Pura (I) Persero.

Dalam melaksanakan PKL, penulis bisa mengaplikasikan ilmu dan dimiliki. Penulis juga banyak memperoleh ilmu, pengalaman, dan bantuan dari perusahaan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan terlaksananya PKL dan penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bimbingan, dorongan, dan bantuan berbagai pihak baik bersifat material maupun spiritual. Untuk itu Penulis mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan PKL ini masih banyak kekeliruan dan kekurangan. Untuk itu, penulis memohon maaf lahir dan batin. Penulis juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga laporan PKL ini dapat bermanfaat bagi semua semua pihak serta mendapat Ridho Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kemayoran, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan
themoondoggiesmusic.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT. Atas berkat nikmat iman, kesempatan, dan kesehatan yang diberikan, sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan kegiatan “Buka Puasa Bersama di Panti Asuhan Al-Aziz”. Tidak lupa pula penulis haturkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi motivator dalam menebarkan kebaikan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 09-10 Juni 2018. Kegiatan dimaksudkan untuk mengembalikan ukhuwah yang sudah lama tidak terjalin dengan pihak panti Asuhan Al-Aziz. Selain itu, niat baik dan rasa kepedulian semua pihak yang terlibat menjadi dorongan tersendiri agar kegiatan ini benar terlaksana.

Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada :

  1. Bapak Rajiman, selaku pimpinan Yayasan Keluarga Islam Indonesia, yang telah memberikan kesempatan dan izin lagi untuk melaksanakan kegiatan ini untuk kesekian kalinya.
  2. Bapak H. Murtala, selaku pimpinan Panti Asuhan Al-Aziz, yang telah memberikan kesempatan kepada panitia, sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dengan seluruh pihak panti asuhan, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Seluruh panitia yang telah meluangkan waktu untuk menyiapkan kegiatan ini
  4. Seluruh sponsor yang telah membantu pendanaan kegiatan
  5. Seluruh donatur hamba Allah yang sudah mengikhlaskan segala jenis bantuannya untuk diberikan kepada pihak yang membutuhkan
  6. Peserta kegiatan dan adik-adik panti asuhan yang sudah senantiasa berkontribusi dan menyukseskan kegiatan ini. Mereka adalah pemeran utama dalam kegiatan ini.
  7. Seluruh pihak lain yang juga terlibat, yang tidak bisa penulis disebutkan satu per satu. Sesungguhnya, segala bentuk bantuan yang diberikan sangat bermanfaat. Terima kasih atas segalanya.

Atas segala do’a, dukungan, dan bantuan yang diberikan, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Penulis menyadari bahwa laporan kegiatan ini belum sempurna. Sehingga, penulis sangat mengharapkan saran atau masukan yang membangun. Akhir kata, semoga laporan kegiatan ini bisa menjadi pertanggungjawaban kami selaku panitia dan bermanfaat untuk semua pihak yang membacanya. Semoga kegiatan ini juga bisa terlaksana kembali di kesempatan selanjutnya. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bima, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin
temanbisnis.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT, tuhan semesta alam. Atas kehadirat-Nya yang telah memberikan rahmat dan hidayah, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Praktik Kerja Instansi (Prakerin) ini dengan baik dan tepat waktu. Sholawat dan salam juga senantiasa tercurah kepada utusan Allah, Nabi Muhammad SAW, yang selalu menjadi pengingat dalam hal kebaikan, menjadi motivator penulis untuk segera menyelesaikan tugas Prakerin dan penyusunan laporan ini.

Laporan Prakerin ini dibuat sebagai bukti telah menyelesaikan praktik kerja. Laporan ini dapat diselesaikan dengan lancar atas bantuan dan dukungan dari banyak pihak. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada :

  1. Ibu Nur Aisyah Dewi selaku kepala sekolah SMK 28 Pemberdayaan Perempuan yang telah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan Prakerin selama 1 bulan
  2. Ibu Nabila selaku guru pembina kami yang senantiasa memberikan pembekalan, mengarahkan, dan membimbing sebelum mulai Prakerin hingga selesaikan Prakerin ini
  3. Ibu Aisyah selaku pimpinan Yayasan Pemberdayaan Ibu dan Anak yang telah memberikan izin kepada kami untuk bisa melakukan Prakerin di tempat yang beliau pimpin
  4. Seluruh pimpinan dan anggota divisi pengembangan organisasi yang membimbing kami saat melakukan Prakerin di divisi tersebut
  5. Ibu Budi yang telah memberikan informasi tentang cara menyusun laporan dengan baik dan benar
  6. Orang tua kami yang selalu mendukung dan mendoakan di setiap langkah kami
  7. Rekan-rekan satu tim Prakrerin. Semangat dan motivasi kalian sangat mempengaruhi, sehingga kita bisa menyelesaikan tugas dengan baik
  8. Seluruh pihak yang membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga kegiatan praktik dan penyusunan laporan bisa diselesaikan dengan baik

Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Jika ada kesalahan dan kekeliruan, kami memohon maaf. Kami sangat mengharapkan saran atau masukan yang membangun demi perbaikan laporan ini. Semoga laporan ini bisa membawa kebaikan dan memberikan manfaat untuk pembaca, serta menjadi referensi untuk penulisan laporan Prakerin selanjutnya. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rato, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri
www.antonwidawan.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, tuhan semesta alam. Atas nikmat iman, kesempatan, dan kesehatan yang diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan kunjungan industri ini. Sholawat dan salam juga senantiasa penulis haturkan kepada utusan Allah, Nabi Muhammad SAW, yang selalu menjadi pengingat dalam hal kebaikan, menjadi cahaya dalam kegelapan. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau yang menebarkan dakwah Islam sampai ke seluruh penjuru dunia.

Laporan kunjungan industri ini dibuat sebagai bukti telah selesainya program kunjungan industri di PT Susu Kuda Jaya. Adapun tujuan dari kunjungan industri ini yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan, memperluas wawasan, serta merasakan dan melihat langsung proses produksi dan pemasaran dalam sebuah industri. Kegiatan kunjungan ini sangat membawa energi positif dan memotivasi peserta agar bisa belajar lebih giat dan segera bersiap diri untuk terjun ke lapangan pekerjaan di dunia ekonomi kreatif.

Laporan ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu karena adanya bantuan dan dukungan dari banyak pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Amrullah selaku kepala sekolah SMA 20 Harapan Bangsa yang telah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan kunjungan industri pada tanggal 8-9 Desember 2018
  2. Ibu Dana Shafira selaku guru pembina kami yang senantiasa memberikan pembekalan, mengarahkan, dan membimbing saat melakukan kunjungan industri
  3. Bapak H. Mursalim selaku pimpinan PT Susu Kuda Jaya yang telah memberikan izin kepada kami untuk bisa melakukan kunjungan industri di tempat yang beliau pimpin
  4. Kedua orang tua penulis yang tidak hentinya mendoakan di setiap langkah penulis
  5. Ibu Berki yang telah memberikan informasi tentang cara menyusun laporan dengan baik dan benar
  6. Ibu Haneen yang senantiasa memberikan bantuan ketika kami lelah dan sakit
  7. Seluruh pihak yang membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga akhirnya kegiatan kunjungan industri berjalan dengan lancar dan penyusunan laporan bisa diselesaikan dengan baik

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis memohon maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan. Penulis berharap ada saran atau masukan yang membangun demi perbaikan laporan ini. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat dan menjadi referensi untuk pembaca. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bali, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Study Tour

Contoh Kata Pengantar Laporan Study Tour
satriabajahitam.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rasa syukur penulis sampaikan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis masih diberikan kekuatan untuk menyelesaikan laporan Study Tour ini dengan baik. Berkat nikmat kesehatan dan kesempatan-Nya pula, penulis bisa menyelesaikannya dalam waktu yang ditentukan. Sholawat dan salam juga senantiasa penulis haturkan kepada utusan Allah, Nabi Muhammad SAW, yang selalu menjadi motivator dalam melakukan kebaikan.

Kegiatan study tour yang dilakukan di Kota Yogyakarta ini dilakukan dalam rangka menambah ilmu pengetahuan, memperluas wawasan, serta merasakan suasana pendidikan di kota Pelajar ini. Penyusunan laporannya tidak terlepas dari banyaknya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Abdullah selaku kepala sekolah SMA 24 Ibu Pertiwi yang telah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan study tour pada tanggal 1-2 Desember 2018
  2. Ibu Harti Iman selaku guru pembina kami yang senantiasa memberikan pembekalan, mengarahkan, dan membimbing saat melakukan studi tour
  3. Bapak Arrahmah selaku tour guide yang telah memberikan informasi dan pengarahan saat menikmati perjalanan study tour
  4. Kedua orang tua penulis yang tidak hentinya mendoakan di setiap langkah penulis dan selalu memberikan yang terbaik
  5. Seluruh pihak yang membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga akhirnya kegiatan kunjungan study tour ini berjalan dengan lancar dan penyusunan laporan bisa diselesaikan dengan baik

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis memohon maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan. Penulis berharap ada saran atau masukan yang membangun demi perbaikan laporan study tour ini. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat, membawa kebaikan, dan menjadi referensi untuk pembaca. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bandung, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN
sijai.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rasa syukur penulis sampaikan kepada Allah SWT, atas segala tauhid, rahmat dan inayah-Nya, sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tepat waktu dengan baik. Sholawat serta salam penulis haturkan kepada baginda besar umat Islam, Rasul yang diutus Allah, Nabi Muhammad SAW. Begitu pula kepada para keluarga dan sahabat beliau. Beliau-beliau adalah suri teladan dan motivator dalam kehidupan, sehingga penulis dapat memiliki pedoman hidup sebagaimana yang tertulis di dalam kandungan kitab suci Al-Qur’an.

Alhamdulillahirabbilaalamiin, segala puji bagi Allah. Akhirnya penulis bisa menyelesaikan program KKN Universitas Islam Indonesia (UII) 2016/2017 dalam kondisi sehat walafiat. Sejak awal dimulainya KKN UII yaitu dimulai dari pembekalan, pelaksanaan, dan pembuatan laporan akhir ini bisa penulis selesaikan dengan baik.

Adapun maksud dari penulisan laporan ini adalah sebagai salah satu penilaian dari program KKN. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana program kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan KKN dapat terealisasi dengan baik, sekaligus sebagai laporan pertanggung jawaban mahasiswa KKN selama berada di lokasi KKN di RW 02 (tepatnya di dusun Krajan), Desa Cepedak, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Dalam melaksanakan program-program KKN tersebut, penulis banyak memperoleh bantuan dari rekan-rekan satu unit KKN serta masyarakat desa Cepedak yang senantiasa membantu dan kontribusi dengan rasa antusias dan semangat yang tinggi, sehingga program individu yang telah direncanakan oleh penulis dapat terealisasi dengan baik dan dapat terselesaikan.

Penulis menyadari sepenuhnya keberhasilan terlaksananya program KKN dan penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bimbingan, dorongan, dan bantuan berbagai pihak baik bersifat material maupun spiritual. Untuk itu Penulis mengucapkan terimakasih kepada :

  1. ALLAH SWT, atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya yang selalu ada di setiap langkah. Allah yang senantiasa memberikan kekuatan, kemampuan dan menjaga etos perjuangan untuk dapat menyelesaikan kegiatan KKN ini dengan lancar.
  2. Keluarga, kedua orang tua dan adik-adik penulis yang selalu memberi inspirasi dan motivasi dalam semasa waktu periode KKN.
  3. Bapak Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D., selaku Rektor UII yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan program KKN Reguler.
  4. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Drs. Awan Setya Dewanta, M.Ec.Dev selaku DPL 1 dan Bapak M. Rizal Nasrullah, SEI selaku DPL 2 yang telah terus memberikan pengarahan, bimbingan dan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada penulis.
  5. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII, Bapak Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., beserta seluruh staff DPPM UII yang telah menyelenggarakan KKN angkatan 55.
  6. Bapak Rifa’i, selaku Ketua RW 02 beserta masyarakat RW 02 secara keseluruhan yang sudah memberikan informasi dan membantu penulis dalam kegiatan KKN di RW 02.
  7. Keluarga Mbah Bun dan Mbah Budiono, sebagai pemilik rumah yang ditempati penulis selama melaksanakan KKN atas segala pengertian, bantuan dan kesabarannya.
  8. Bapak Tatas Sudirohandojo, selaku Kepala Desa Cepedak dan seluruh perangkat desa yang telah bersedia berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya terkait kependudukan di Desa Cepedak.
  9. Seluruh anggota unit 43, Alvar Rolly Richadi, Yudha Priangga Putra, Khairul Anwar, Andika Fendi Winanta, Siti Aisyah Ratnaningrat, Salma Inda Windriya, Susilawati Indi L., dan Nurhayati Lestari. Terimakasih atas kebersamaan dan kerjasama selama menjalankan kegiatan KKN ini.
  10. Masyarakat desa Cepedak, Karang Taruna, tokoh-tokoh masyarakat, dan pihak lainnya yang telah berpartisipasi dalam program-program penulis.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam pelaksanaan KKN ini masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam tindak tanduk. Maka dari itu, penulis memohon maaf lahir batin. Semoga laporan akhir dari KKN ini dapat bermanfaat bagi semua semua pihak serta mendapat Ridho Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Purworejo, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi
udfauzi.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam. Puji syukur senantiasa penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah yang tak terhingga. Allah yang memberikan nikmat iman dan islam, kesehatan dan kesempatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir yang berjudul “Kewajiban Dakwah Keluarga dalam Islamsebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam menyelesaikan jenjang strata satu di Jurusan Dakwah Islamiyah, Fakultas Ilmu Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam. Sholawat serta salam Insya Allah selalu tercurah kepada rasul Allah, suri tauladan umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Serta kepada para sahabat dan pengikutnya yang senantiasa berjuang untuk agama Islam hingga akhir. Berkat beliaulah penulis bisa mendapatkan motivasi dan semangat baru dalam menyelesaikan tugas akhir ini.

Penyelesaian tugas akhir ini tidak terlepas dari bantuan berupa dukungan, arahan, dan bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat kesempatan, kesehatan, dan kekuatan sehingga penulis dapat melaksanakan penelitian hingga menyusun Tugas Akhir dengan baik dan lancar, serta tepat waktu.
  2. Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu hamba terbaik dan motivator penulis, semoga kita bisa berkumpul dan mendapatkan syafaat beliau di akhirat kelak. Aamiin.
  3. Kedua orang tua penulis yaitu Mama dan Papa yang selalu menanyakan perkembangan tugas akhir serta memberikan semangat, do’a dan dukungan di setiap langkah penulis. Akhirnya, penulis bisa menyelesaikan tugas akhir ini. Sesungguhnya kebahagiaan ini ditujukan kepada beliau yang menjadi saksi hidup perkembangan penulis.
  4. Adik-adik, yaitu saudara perempuan terbaik yang biasa dipanggil Adik Yun dan saudara laki-laki baik hati yang biasa dipanggil Fairuz.
  5. Keluarga besar lainnya yang selalu mendoakan dan memberikan semangat kepada penulis.
  6. Bapak Karim M.Ag, Ph.D. selaku Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam.
  7. Ibu Dr. Harti Iman, M.Ag. selaku Ketua Program Studi Dakwah Islamiyah sekaligus sebagai dosen pembimbing, yang telah banyak meluangkan waktu, memberikan masukan yang membangun serta arahan yang positif saat melakukan bimbingan.
  8. Seluruh staf pengajar Program Studi Dakwah Islamiyah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam yang telah memberikan bekal ilmu kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
  9. Keluarga besar BEM FIAI, DPM FIAI, KAMMI, serta PIK-M, terimakasih atas kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan, keceriaan dan pelajaran berharga lainnya.
  10. Sahabat seperjuangan “Ukhuwah Kita” yaitu Hani Rahayu, Dewi Fitri, Nur Iman, dan Intan Perihatini yang telah berjuang bersama selama di bangku perkuliahan dan senantiasa menjadi pengingat dalam hal kebaikan. Semoga ukhuwah kita tetap terjaga dan selalu diridhoi Allah SWT.
  11. Rekan-rekan satu bimbingan tugas akhir, yang senantiasa berbagi ilmu dan informasi yang bermanfaat sampai tugas akhir ini selesai.
  12. Teman-teman “Accel 28”, yang selalu mengingatkan dan saling menyemangati untuk menyelesaikan tugas akhir.
  13. Teman-teman Dakwah Islamiyah Angkatan 2012 yang sedang berjuang bersama untuk meraih gelar dan memakai Toga, terimakasih atas pengalaman berharga selama menjadi mahasiswa.
  14. Pihak-pihak lain yang tidak penulis sebutkan satu per satu. Terima kasih banyak atas motivasi dan bentuk rasa peduli yang diberikan sehingga meningkatkan semangat penulis dalam menyelesaikan penyusunan tugas akhir.

Demikian laporan Tugas Akhir ini, penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan baik moril maupun materil yang diberikan. Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini masih jauh dari kata sempurna, tetap ada kekurangan di dalamnya. Ini karena keterbatasan ilmu pengetahuan yang dimiliki penulis semata. Oleh karena itu penulis saran dan kritik dari pembaca sangat dibutuhkan untuk penulisan laporan yang lebih baik. Semoga Tugas Akhir ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya. Semoga pembaca juga bisa mendapatkan kebaikan di dalamnya dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rato, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian
kudo.co.id

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah. Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga proposal yang berjudul ”Analisis Potensi Wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2015” dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, sang suri teladan, serta para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman yang selalu menebar kebaikan.

Proposal penelitian ini dibuat sebagai salah satu tugas yang harus dipenuhi dalam menyelesaikan mata kuliah Statistical Consulting. Penyelesaian proposal ini tidak terlepas dari dukungan, bantuan, arahan, dan bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu, ucapan terima kasih dari penulis kepada semua pihak yang sudah membantu.

Demikian proposal penelitian ini, penulis menyadari bahwa masih banyak berbagai kekurangan karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun diharapkan demi kesempurnaan penulisan proposal ini. Semoga proposal ini bisa menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dan bermanfaat bagi semua pihak. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yogyakarta, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Kliping

Contoh Kata Pengantar Kliping
kliping.co

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah. Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga tugas kliping Bahasa Indonesia ini bisa diselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu mengingatkan kepada hal kebaikan. Semoga kita bisa bertemu dengan-Nya di akhirat kelak.

Pembuatan kliping ini yaitu untuk memenuhi tugas mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai tugas Ujian Akhir Semester. Terima kasih kepada Ibu Maryam selaku guru pembimbing dan selalu memberikan pengarahan dalam pembuatan kliping ini. Beliau juga selalu memberikan masukan demi hasil kliping yang lebih baik. Terima kasih juga kepada pihak lainnya yang sudah senantiasa mendukung dan memberikan bantuan.

Semoga kliping ini bisa memberikan manfaat untuk pembacanya. Segala bentuk saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan isi dari kliping ini. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kelemahan. Semoga bisa menjadi referensi untuk pembuatan kliping selanjutnya. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Woha, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Buku

Contoh Kata Pengantar Buku
bukubiruku.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah atas segala limpahan karunia, taufik, dan hidayah bagi orang-orang yang dikehendaki-Nya. Semoga kita termasuk dalam lingkaran orang-orang yang beruntung itu. Segala puji pun tertuju pada Rasul yang diutus Allah SWT, yaitu Nabi Muhammad SAW, sang manusia teladan, sebagai rahmat bagi semesta alam. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada keluarga dan sahabat beliau, serta seluruh manusia yang mengikuti petunjuknya.

Wanita shalihah adalah sosok mulia yang menjadi salah satu pilar masa depan peradaban manusia. Salah satu dari muslimah yang patut menjadi teladan ideal karena kecemerlangan prestasinya di mata Allah adalah ‘Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau merupakan istri yang paling dicintai oleh Rasulullah dan ayahnya Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Melihat betapa besar kontribusi ‘Aisyah bagi Islam, baik sebagai perempuan maupun istri, serta besarnya pula tantangan yang dihadapi kaum muslimah saat ini, penerbit merasa perlu menghadirkan kembali sosok wanita teladan tersebut ke hadapan para pembaca.

Harapan kami, semoga terbitnya tulisan tentang ‘Aisyah ini menjadi oase di tengah kegersangan krisis keteladanan di kalangan muslimah. Semoga pula buku ini membawa kebaikan bagi dunia dan akhirat. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Surakarta, 14 Desember 2018

 

Penerbit

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah
edukasikeren.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT yang sampai saat ini memberikan penulis kesempatan dan kemudahan, sehingga bisa menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan tepat waktu. Tanpa bantuan dan izin-Nya, karya tulis ini mungkin tidak bisa diselesaikan dengan baik. Sholawat dan dalam senantiasa dicurahkan untuk baginda besar, Rasulullah, yaitu Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan jalan terbaik dan senantiasa menjadi cahaya dalam kegelapan. Juga yang kita nantikan syafaatnya di akhirat kelak.

Karya tulis ilmiah ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan yang harus dipenuhi penulis dalam menempuh pendidikan di Stikes Harapan Bunda dan Bangsa. Penyelesaian karya tulis ini tidak terlepas dari arahan, masukan, bimbingan, juga do’a dari berbagai pihak. Sehingga, ucapan terima kasih penulis sebesar-besarnya ditujukan untuk semua pihak yang telah berkontribusi banyak.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penulisan karya tulis ilmiah yang lebih baik. Apabila terdapat banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya, penulis memohon maaf. Semoga karya tulis ilmiah ini bisa dijadikan sebagai referensi dan bermanfaat untuk semua pihak. Aamiin..

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumbawa, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris
elizato.com

PREFACE

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Thank to Allah SWT who has given his blessing to the writer in finishing this English paper of assignment entitled “Spreading Positivity to the Family”. Deep and sincere gratitude for our prophet, Muhammad SAW, who have guide us from the darkness to the brigthness in this world life. And also to all people who help the writer in completing this assignment

This paper contains deep explanation about how to spread positivity in daily life. There a lot of examples also to help the reader in order to understand about this paper. This paper can be used as a guidance in every kind of situations in a family.

Hopefully, this paper can give positive effect also for the readers. The writer feel so sorry if there are a lot of mistakes in this paper.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yogyakarta, December 14th, 2018

 

Author

Contoh Kata Pengantar Singkat

Contoh Kata Pengantar Singkat
dosensosiologi.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT atas segala karunia yang diberikan kepada penulis. Sholawat serta dalam juga penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang selalu menunjukkan jalan-jalan kebaikan. Serta kepada keluarga serta sahabat beliau.

Makalah yang berjudul “Implementasi metode CNN untuk Klasifikasi Citra Candi” ini disusun untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Analisis Citra. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan makalah ini.

Penulis merasa bahwa makalah ini masih belum sempurna. Sebab itu, segala bentuk saran dan kritik yang membangun, sangat diharapkan oleh penulis. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan makalah yang lebih baik. Semoga makalah ini bisa menjadi referensi dan membawa kebaikan bagi pembaca.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Makassar, 14 Desember 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha
riuhimaji.com

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah. Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya, sehingga proposal usaha ini bisa diselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu mengingatkan kepada hal kebaikan. Semoga kita bisa bertemu dengan-Nya di akhirat kelak.

Pembuatan proposal ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan sebagai tugas Ujian Akhir Semester. Terima kasih kepada Ibu Khadejah selaku dosen pembimbing yang selalu memberikan pengarahan dalam pembuatan proposal usaha ini. Beliau juga selalu memberikan masukan demi hasil proposal usaha yang lebih baik.

Terima kasih juga kepada Ibu Asiyah selaku pimpinan PT Bakpao Coklat yang telah mengizinkan kami untuk bekerja sama dengan beliau dalam proyek wirausaha ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak lainnya yang sudah senantiasa mendukung dan memberikan bantuan.

Semoga proposal usaha ini bisa memberikan manfaat untuk pembacanya. Segala bentuk saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan isi dari proposal usaha ini. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kelemahan. Semoga bisa menjadi referensi untuk pembuatan proposal usaha selanjutnya. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Malang, 14 Desember 2018

 

Penulis

Satu pemikiran pada “21 Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Skripsi, Praktikum, Bahasa Inggris”

Tinggalkan komentar