12 Resep Donat Kentang yang Bisa Anda Buat Sendiri Dirumah

Resep donat kentang – Donat adalah salah satu makanan atau kue yang telah banyak dikenal oleh banyak orang di Indonesia maupun di luar negeri. Donat termasuk makanan yang bisa menggugah selera terlebih jika di hiasi dengan toping menarik. Jadi tidak heran lagi jika donat sering menjadi makanan favorit oleh semua kalangan.

Apalagi ketika sedang berkumpul bersama keluarga, kue donat sepertinya menjadi makanan yang tak pernah ketinggalan untuk dihidangkan. Jaman dulu mungkin orang-orang membuat donat hanya dari tepung roti saja sebagai bahan dasarnya.

Namun kini pembuatan donat juga bisa dengan menggunakan berbagai macam bahan dasar salah satunya adalah donat yang terbuat dari kentang. Untuk topingnya juga seperti itu, dulu mungkin hanya menggunakan mesis tapi sekarang sudah banyak beragam variasi toping pada kue donat.

Jika Anda ingin merasakan sensasi yang beda, dan  mendapatkan kepuasan pribadi karena membuat kue donat sendiri. Berikut dibawah ini akan dibagikan berbagai macam resep untuk membuat kue donat berbahan dasar kentang. 

Resep Donat Kentang Ala J.CO

Resep Donat Kentang Ala J.CO
cookped.com

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah:

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Haluskan kentang yang sudah di kukus sebanyak 100 gram
  • Butter atau margarin sebanyak 1 sendok makan
  • Gula pasir sebanyak 3 sendok makan, jika kurang manis Anda bisa menambahkannya lagi
  • Susu bubuk sebanyak 2 sendok makan
  • Ragi instan sebanyak 1 sendok teh
  • Kuning telur, cukup satu butir saja
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Air hangat secukupnya

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Sebelumnya aktifkan ragi terlebih dahulu dengan cara siapkan air hangat yang diberi 1 sendok makan gula pasir, kemudian di aduk hingga tercampur. Selanjutnya masukkan ragi dan tunggu sampai mengeluarkan buih yang tandanya ragi sudah aktif. 
  2. Sesudah itu siapkan sebuah wadah dan campurkan tepung terigu, sisa gula pasir tadi, kuning telur dan juga ragi yang sudah diaktifkan. Kemudian aduk bahan-bahan yang telah dicampurkan dan tambahkan air hangat (jangan terlalu banyak agar adonan donat tidak lembek). Lebih baik kurang airnya daripada nantinya adonan menjadi lembek.
  3. Setelah bahan diaduk dengan rata, kemudian uleni terus sambil dimasukkan kentang yang sudah di haluskan tadi. Tambahkan butter dan garam sambil terus di uleni sampai membentuk adonan donat yang kalis.
  4. Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kemudian tutup dengan menggunakan plastik atau jika tidak ada juga bisa dengan menggunakan kain. Diamkan kurang lebih selama 30 menit hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
  5. Setelah mengembang kemudian kempiskan kembali adonan dengan cara di uleni kembali. Timbanglah atau potong adonan agar besarnya bisa sama.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat lalu di gilas dengan menggunakan penggilas tapi jangan sampai adonan menjadi tipis, lubangi adonan donat pada bagian tengahnya dengan menggunakan tutup botol atau bisa juga menggunakan sumpit. Siapkan loyang dengan diberi taburan terigu kemudian letakkan adonan donat diatas loyang.
  7. Adonan donat kembali ditutup dengan menggunakan plastik atau kain sampai mengembang. Kemudian goreng adonan pada minyak yang sudah di panaskan sebelumnya, goreng dengan api yang sedang agar adonan matang dengan rata. Cukup balik donat sekali saja, jika sudah matang lalu angkat dan tiriskan.
  8. Hias donat dengan toping yang sesuai dengan selera Anda, bisa menggunakan keju, cokelat leleh, oreo, glaze dengan berbagai macam rasa yang bisa di kasih hiasan lucu.

Resep Donat Kentang Tanpa Telur

Resep Donat Kentang Tanpa Telur
palapanews.com

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat resep ini adalah:

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  • Margarin sebanyak 1 sendok makan
  • Siapkan 1 buah kentang yang telah di kukus kemudi di haluskan
  • Mesis (dari merek apapun)
  • Air es secukupnya

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Bahan yang telah disiapkan dicampur semua jadi satu kecuali margarin, kemudian uleni adonan hingga menjadi kalis
  2. Setelah kalis, kemudian tambahkan margarin lalu uleni kembali sampai terasa kalis
  3. Setelah selesai menguleni, letakkan adonan ke sebuah wadah. Tutup adonan menggunakan plastik wrap atau bisa juga Anda gunakan serbet, diamkan adonan selama 1 jam 
  4. Setelahnya adonan didiamkan hingga mengembang, kemudian cetak adonan menjadi bentuk bulat-bulat dengan kecil atau sesuai dengan selera Anda.
  5. Setelah dibentuk bulat-bulat tambahkan donat dengan isian mesis atau bisa yang lain sesuai selera Anda.
  6. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu loyang dengan ditaburi dengan tepung agar adonan tidak lengket di loyang. Kemudian letakkan donat diatas loyang, satu catatan bagi Anda ketika membentuk donat, siapkan tepung agar tangan Anda tidak lengket ketika membentuk donat.
  7. Diamkan lagi donat dalam loyang selama 1 jam
  8. Yang terakhir goreng donat dengan menggunakan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Ketika menggoreng donat gunakan api kecil agar donat matang secara merata. Donat jangan terlalu di bolak – balik ketika sedang ada di penggorengan, cukup hanya di balik satu kali agar tidak terlalu banyak menyerap minyak.
  9. Yang terakhir donat yang sudah matang, siap untuk dihidangkan

Resep Donat Kentang Empuk

Resep Donat Kentang Empuk
www.fimela.com

Bahan untuk membuat adonan:

  • Tepung terigu berprotein tinggi bisa menggunakan merk cakra kembar sebanyak 500 gram
  • Blue band cake dan cookie sebanyak 75 gram
  • Siapkan kentang yang sudah di kupas seberat 200 gram, kemudian di kukus lalu di dinginkan
  • Siapkan telur sebanyak 4 butir dan cukup ambil kuningnya saja
  • Air dingin sebanyak 100 ml
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Susu bubuk sebanyak 50 gram
  • Ragi instan sebanyak 11 gram
  • Garam sebanyak 1/ 4 sendok teh

Bahan untuk dijadikan topping:

  • Gunakan gula halus secukupnya
  • Dan dark cooking chocolate yang sudah dipotong sebanyak 250 gram

Langkah membuat donat:

  1. Siapkan wadah untuk mecampurkan tepung terigu serba guna, gula halus dan ragi. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut sebentar saja hingga tercampur semua. Lalu kentang dan kuning telur dimasukkan ke dalam adonan tersebut.
  2. Uleni adonan terus sambil dituangkan air dingin sedikit demi sedikit. Lakukan terus hal ini sampai adonan menjadi kalis serta sampai air dinginnya habis.
  3. Selanjutnya tambahkan garam serta blue band cake anda cookie. Agar seluruh bahan bisa tercampur dengan merata maka uleni adonan kembali. Tutup wadah yang berisi adonan dengan plastik atau bisa juga kain lap yang bersih dan tunggulah selama 20 sampai 30 menit.
  4. Ketika adonan yang didiamkan tadi sudah mengembang, kemudian kempiskan adonan dengan cara di uleni kembali. Lalu cetak adonan dengan menggunakan cetakan khusus donat atau bisa juga tanpa menggunakan cetakan.
  5. Setelah di cetak diamkan kembali adonan donat selama 20 menit.
  6. Jika sudah 20 menit Anda bisa menggoreng adonan donat ke dalam minyak yang sebelumnya sudah dipanaskan, perlu diingat gunakan api kecil ketika menggoreng supaya donat matang secara merata. Masukkan donat sedikit saja ke dalam penggorengan agar temperatur minyak tidak turun drastis.
  7. Gorenglah donat sampai terlihat coklat keemasan dan kedua sisinya matang.
  8. Jika donat dirasa sudah matang bisa di angkat kemudian ditiriskan, diamkan dulu hingga uap panasnya menghilang.
  9. Ketika donat sudah lumayan dingin, kemudian berikan toping pada permukaan donat. Sangat mudah sekali caranya, yaitu celupkan permukaan donat pada dark cooking chocolate yang sudah di lelehkan. Anda bisa memilih toping yang lain dengan menggunakan gula halus.
  10. Yang terakhir donat kentang empuk dan lembut siap untuk disantap.

Resep Donat Kentang Untuk Dijual

Resep Donat Kentang Untuk Dijual
hellosehat.com

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Tepung maizena sebanyak 2 sendok makan
  • Terigu cakra sebanyak 500 gram 
  • Gula pasir sebanyak 3 gram
  • Blueband sebanyak 100 gram
  • Pengembang kue (SP) sebanyak 1 sendok teh
  • Telur sebanyak 2 butir (gunakan kuning telurnya saja)
  • Ragi instan sebanyak 1 sendok makan
  • Garam sedikit saja
  • Bahan untuk toping sesuai yang di suka

Cara untuk membuat adonan :

  1. Siapkan wadah bersih , kemudian masukkan kuning telur, putih, mentega, pengembang kue (SP), garam, ragi instan, gula putih lalu tambahkan air. Aduk terus sampai gula terlihat sudah larut kemudian masukkan maizena serta tepung terigu. Uleni adonan dengan menggunakan tangan.
  2. Adonan di uleni sampai kalis, saat menguleni sebaiknya adonan di letakkan di atas meja sambil terus ditaburi dengan terigu agar saat menguleni adonannya bisa maksimal.
  3. Jika sudah tutup adonan dengan menggunakan plastik atau kain bersih sampai roti mengembang. Lakukan hal ini sebanyak dua kali.
  4. Kempeskan adonan yang sudah mengembang tadi dengan cara meninju-ninjunya dengan tangan. Karena donat nantinya akan di jual, maka usahakan sama besarnya, sebaiknya agar sama gunakan timbangan. Adonan yang sudah di cetak kemudian di letakkan di atas nampan yang sudah di alasi dengan kertas minyak agar mudah saat mengambilnya ketika akan di goreng.
  5. Sebelum menggoreng, terlebih dahulu panaskan minyak dengan menggunakan api sedang. Donat diberi lubang di tengahnya dengan menggunakan telunjuk, lebarkan sambil di rapikan dan di puter. Agar donat tidak berminyak, cukup sekali di goreng sampai donat matang.
  6. Kemudian angkat donat dan tiriskan, berikan toping meses di atas permukaan donat. Toping yang digunakan bisa sesuai dengan selera. Kemudian wadahi donat dalam kemasan dan donat siap untuk dijual.

Donat Kentang Ala Bogasari

Donat Kentang Ala Bogasari
ramesia.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Tepung terigu cakra kembar sebanyak 500 gram
  • Air sebanyak 225 mili liter
  • Ragi instan sebanyak 6 gram
  • Susu cair sebanyak 50 mili liter
  • Garam sebanyak 5 gram
  • Gula pasir sebanyak 60 gram
  • Telur ayam sebanyak 3 butir (diambil kuning telurnya)
  • Pengembang kue atau baking powder sebanyak 1 gram
  • Margarin 30 gram
  • Kentang yang sudah di kupas dan di kukus 100 gram

Cara pembuatan :

  1. Campur bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder dan susu bubuk menjadi satu, kemudian aduk hingga merata
  2. Kemudian tambahkan kuning telur dan susu cair, aduk sampai adonan donat menggumpal
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit, lalu tambahkan kentang yang sudah di kukus dan di haluskan tadi, uleni bahan yang sudah dicampur semua.
  4. Setelah itu, masukkan garam dan margarin, adonan kembali di uleni sampai menjadi kalis.
  5. Agar merata, Anda bisa menimbang adonan sebelum dibagi-bagi, kemudian adonan dibentuk menjadi bulat lalu tutup dengan menggunakan kain. Adonan didiamkan sekitar 10 menit.
  6. Setelah adonan mengembang kemudian tekan-tekan sampai bentuknya jadi menipis kemudian cetak menggunakan cetakan donat
  7. Donat yang sudah di cetak kemudian di letakkan di atas loyang yang sudah ditaburi dengan terigu, kemudian kembali didiamkan selama 1 jam
  8. Jika sudah, donat bisa di goreng dengan menggunakan minyak panas, gunakan api yang kecil ketika menggorengnya agar donat matang secara merata.
  9. Ketika di penggorengan, cukup sekali saja donat di balik kemudian angkat dan tiriskan
  10. Jika sudah dingin, donat bisa ditambahkan dengan topping mesis atau dengan gula halus bisa juga dengan toping yang sesuai dengan selera.
  11. Donat siap untuk disajikan

Resep Donat Kentang Sederhana

Resep Donat Kentang Sederhana
cookpad.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Siapkan kentang sebanyak 2 buah dengan ukuran sedang
  • Tepung terigu serbaguna atau bisa menggunakan segitiga biru sebanyak 250 gram
  • 2 butir telur ambil kuningnya saja
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  • Air dingin sebanyak ½ gelas
  • Susu bubuk atau bisa juga menggunakan susu dancow sebanyak 1 sachet
  • Untuk bahan toping siapkan mesis dan keju

Cara membuat :

  1. Pertama, kentang di kukus sampai matang kemudian di haluskan
  2. Aktifkan fermipan, kemudian campurkan dengan gula, susu bubuk dan tepung terigu. Uleni bahan yang telah dicampurkan sambil diberi air sedikit demi sedikit
  3. Selanjutnya kentang yang sudah di haluskan tadi masukkan ke dalam adonan dan uleni kembali hingga merata
  4. Tambahkan kuning telur dan margarin, kemudian uleni semua adonan sampai benar-benar kalis
  5. Jika sudah, bentuk adonan dengan membentuk bulatan besar lalu tutup kembali dengan kain yang bersih atau menggunakan plastik sampai adonan mengembang. Tunggulah kurang lebih sampai 40 menit
  6. Kemudian Anda bisa membentuk donat sesuai dengan selera
  7. Agar donat bisa matang dengan rata dan tidak gosong maka gorenglah dengan minyak yang sudah dipanaskan dan gunakan api kecil saja
  8. Setelah donat berwarna kuning kecoklatan menandakan bahwa donat sudah matang, angkat lalu tiriskan. Kemudian berilah toping pada permukaan donat sesuai dengan selera Anda. Donat siap di hidangkan

Resep Donat Kentang Isian Daging Ayam

Resep Donat Kentang Isian Daging Ayam
usaharumahan.id

Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat donat :

  • Kupas kentang seberat 100 gram, lalu kukus dan di haluskan
  • Tepung terigu serba guna sebanyak 250 gram
  • Ragi instan atau fermipan sebanyak 1 sendok makan
  • Susu bubuk dancow yang putih sebanyak 1 sachet
  • Kuning telur ayam sebanyak 1 butir
  • Margarin serbaguna sebanyak 40 gram
  • Baking powder sebanyak ¼ sendok teh
  • Garam sebanyak ½ sendok teh

Bahan isian daging Ayam :

  • Rebus daging ayam yang telah di fillet seberat 500 gram dan tambahkan sedikit garam dan dicincang
  • Jahe yang sudah di tumbuk halus sebanyak 3 sendok makan
  • Bawang putih ukuran sedang sebanyak 2 siung
  • Bawang bombai yang sudah di cincang sebanyak ½ siung atau 50 gram
  • Bawang yang sudah diiris-iris sebanyak 2 batang atau 60 gram
  • Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  • Lada bubuk sebanyak ½ sendok teh
  • Saus tiram sebanyak 1 sendok teh
  • Kemudian tambahkan garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis ayam sebanyak 3 sendok makan
  • Untuk menggoreng donat siapkan minyak secukupnya

Cara mengaktifkan ragi instan atau fermipan :

  • Siapkan air mineral yang sudah dihangatkan (hangat kuku) sebanyak 80 ml
  • Bubuk ragi instan dimasukkan kedalam air sebanyak 1 sendok makan
  • Ditambah gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  • Aduk sampai rata dan diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai mengeluarkan busa

Cara membuat adonan donat:

  1. Bahan-bahan untuk membuat adonan donat kentang semuanya di camur jadi satu, kemudian campurkan dengan larutan tadi yang sudah diaktifkan sebelumnya sedikit demi sedikit. Adonan di uleni dan diamkan hingga 20 menit ditutup dengan plastik atau serbet
  2. Isian ayam yang telah disiapkan tadi di tumis, diantaranya adalah bawang putih yang sudah di haluskan dan bawang bombai, di tumis sampai layu dan harum. Kemudian masukkan daging cincang, tambahkan dengan lada bubuk, kecap manis dan saus tiram sambil diaduk terus. Tambahkan dengan daun bawang, jika sudah matang matikan api lalu diamkan sampai dingin
  3. Sesudah 20 menit, kemudian adonan dibagi menjadi 11 buah atau menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Diamkan lagi kurang lebih Kemudian tambahkan garam secukupnya 40 menit. Setelah itu isi masing-masing adonan dengan 3 sendok teh isian ayam yang sudah di bikin tadi.
  4. Jika sudah diisi semua, goreng donat satu persatu ke dalam minyak yang sudah di panaskan dan gunakan api yang kecil ketika menggoreng.
  5. Angkat dan tiriskan donat bila sudah terlihat kecoklatan.

Resep Donat Kentang Rasa Durian

Resep Donat Kentang Rasa Durian
cintaihidup.com

Bahan-bahan donat kentang rasa durian:

  • Siapkan durian yang sudah matang sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Kentang yang sudah di kukus dan di haluskan sebanyak 250 gram
  • Mentega sebanyak 100 gram
  • Ragi instan sebanyak ½ bungkus
  • Gula halus sebanyak 10 gram
  • Garam sebanyak 8 ½ sendok teh
  • Susu dancow warna putih sebanyak 2 sachet
  • Telur sebanyak 4 butir, diambil kuning telurnya saja
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Air mineral 50 ml

Langkah-langkah membuat adonan donat :

  1. Ambil yang wadah bersih kemudian masukkan terigu, kentang kukus yang sudah di haluskan, ragi instan, kuning telur, baking powder, susu bubuk dan garam campur hingga merata
  2. Masukkan air sedikit sambil bahan-bahan yang di uleni.
  3. Kemudian tambahkan mentega dan uleni adonan kembali sampai kalis atau di tangan tidak lengket
  4. Tutup adonan dengan menggunakan kain bersih atau plastik, dan diamkan hingga 30 menit
  5. Setelah itu, adonan di bentuk bulat seperti donat kemudian susun diatas loyang yang sebelumnya sudah ditaburi terigu
  6. Adonan didiamkan sebentar
  7. Goreng adonan donat di dalam minyak yang sudah di panaskan hingga terlihat berwarna kuning keemasan. Donat dibalik cukup sekali saja, lalu angkat dan tiriskan
  8. Kemudian donat di belah menjadi dua, isikan dengan durian kemudian tutup kembali. Beri toping gula halus di bagian atasnya.

Resep Donat Kentang Beku

Resep Donat Kentang Beku
thegorbalsla.com

Bahan yang perlu disiapkan :

  • Siapkan air es sebanyak 100 ml
  • Tepung terigu sebanyak 400 gram
  • Ragi instan sebanyak 6 gram
  • Telur 1 butir
  • Kentung yang sudah di kukus dan di haluskan sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Susu bubuk sebanyak 15 gram
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Margarin sebanyak 35 gram
  • Gula halus untuk digunakan sebagai toping

Cara membuat adonan :

  1. Campurkan bahan-bahan seperti, tepung terigu, ragi instan, baking powder serta susu bubuk. Aduk bahan secara merata kemudian masukkan kentang dan aduk kembali sampai merata.
  2. Tambahkan telur lalu tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil terus di uleni sampai menjadi kalis
  3. Kemudian masukkan garam dan margarin, lalu di uleni lagi sampai kalis. Jika sudah, diamkan adonan donat selama 15 menit 
  4. Adonan di kempiskan kemudian dibagi rata masing-masing beratnya 20 gram bisa sesuai dengan selera, bentuk adonan menjadi bulat lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit. Adonan di pipihkan, pada bagian tengahnya diberi lubang dan letakkan adonan ke atas loyang sudah diberi tepung. Kemudian diamkan lagi adonan selama 35 menit hingga mengembang
  5. Panaskan minyak dahulu kemudian masukkan adonan ke dalamnya, ketika menggoreng gunakan api kecil agar matangnya merata. Kemudian angkat donat sebelum warnanya berubah. Setelah cukup dingin donat di masukkan ke dalam freezer. Keluarkan terlebih dahulu donat dari dalam freezer sebelum Anda mau menggorengnya hingga kembali pada suhu normal. kemudian goreng donat dengan api yang kecil sampai donat berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat donat yang sudah matang dan tiriskan. Tambahkan taburan gula halus di atasnya dan donat siap untuk di sajikan.

Resep Donat Kentang Madu

Resep Donat Kentang Madu
thegorbalsla.com

Bahan yang disiapkan :

  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Tepung terigu sebanyak 300 gram
  • Ragi instan sebanyak 1 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  • Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
  • Madu sebanyak 35 ml
  • Margarin sebanyak 1 sendok makan
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Susu bubuk full krim cream sebanyak 2 sendok makan
  • Air hangat (hangat kuku) sebanyak 100 ml

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Campur ragi dengan sedikit gula agar aktif, seduh dengan menggunakan air hangat kuku, aduk hingga rata kemudian tutup serta diamkan kurang lebih 5 menit sampai keluar buih.
  2. Ambil wadah bersih, lalu masukkan telur, tepung, susu bubuk sisa gula dan ragi yang sudah diaktifkan tadi, vanili, dan madu kedalam wadah. Kemudian aduk sampai rata dan uleni sampai setengah kalis
  3. Jika adonan sudah setengah kalis, tambakan margarin dan garam. Uleni lagi sampai teksturnya menjadi kalis elastis, lalu diamkan di dalam baskom yang sudah di beri minyak sedikit, tutup baskom dengan kain bersih tunggu mengembang hingga 2 kali lipat. Proses ini sekitar 40 sampai 60 menit.
  4. Ketika adonan sudah mengembang 2 kali lipat, adonan di kempiskan. Bagi adonan menjadi beberapa potong sesuai selera, kembali diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat lagi,
  5. Jika sudah, kemudian beri lubang di tengah adonan dengan menggunakan jari, adonan di goreng dalam minyak yang panas serta api yang kecil sampai matang berwarna kuning kecoklatan
  6. Yang terakhir angkat donat dan tiriskan. Sajikan donat selagi masih hangat

Resep Donat Kentang Bakar

Resep Donat Kentang Bakar
selerarasa.com

Bahan yang digunakan:

  • Tepung kentang yang sudah di seduh menggunakan air panas dan di haluskan sebanyak 50 gram
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Susu cair hangat sebanyak 200 ml
  • Ragi instant 2 sendok makan
  • Gula pasir sebanyak 7 sendok makan
  • Garam sebanyak 1 sendok makan
  • Mentega blue band sebanyak 50 gram
  • 1 butir telur yang sudah di kocok
  • Bahan untuk toping : trimit, coklat blok, keju, choco chip, ataupun glaze

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Campur gula setengah larut, susu cair hangat kemudian masukkan ragi instant, lalu aduk sampai mengeluarkan busa. Aduk terus selama 5 sampai 7 menit. 
  2. Masukkan tepung terigu, mentega, tepung kentang dan garam kedalam wadah yang bersih. Aduk semua bahan hingga rata kemudian tambahkan telur dan aduk lagi sampai tercampur semua.
  3. Tuang sedikit demi sedikit ragi instant yang telah berbusa hingga tercampur semua, uleni adonan sampai terasa kalis
  4. Tutup adonan menggunakan serbet dan diamkan selama 20 sampai 30 menit
  5. Setelah terlihat mengembang, lalu bagi adonan menjadi bulat-bulat. Jika ingin rata bisa menggunakan timbangan untuk mengukur besarnya
  6. Yang terakhir panggang adonan menggunakan api yang sedang, kemudian hias menggunakan toping sesuai selera Anda.

Resep Donat Kentang Mini

Resep Donat Kentang Mini
cookpad.com

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • Kentang seberat 500 gram
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu sebanyak 700 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Ragi instan 1 sachet
  • Gula halus sebanyak 3 sendok makan

Cara untuk membuatnya:

  1. Kentang di kukus kurang lebih selama 20 menit, setelah matang lalu haluskan
  2. Campurkan kentang dengan tepung terigu, gula halus, ragi instan, susu bubuk dan telur. Adonan di uleni sampai kalis
  3. Kemudian tambahkan margarin dan uleni kembali
  4. Adonan didiamkan dalam wadah dan ditutup menggunakan kain sampai adonannya mengembang
  5. Setelah itu adonan di tepuk-tepuk dengan tangan, di uleni sebentar, bentuk sesuai dengan keinginan. Lalu diamkan lagi sampai 20 menit sampai adonan mengembang
  6. Adonan di goreng hingga berwarna keemasan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Berikan toping di atas donat sesuai dengan selera.

Baca Juga Resep Nasi Bakar

Bagaimana, mudah bukan membuat donat sendiri di rumah terlebih bahan-bahan yang di butuhkan juga sangat sederhana. Donat yang di buat sendiri tentu memiliki cita rasa lebih enak dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar