Sandi Pramuka Pengertian, Sejarah, Tipenya (Terlengkap)

Sandi Pramuka – Tidak asing lagi tentunya ketika kita mendengar sandi pramuka. Karena semasa sekolah, sedikit banyak kita pasti mendapat pelajaran seputar pramuka termasuk sandi pramuka. Menjadi salah satu cara berkomunikasi, sandi merupakan suatu kode rahasia yang sifat kerahasiaannya hanya boleh diketahui oleh sekelompok orang saja.

Sandi, biasanya digunakan ketika akan mengirimkan pesan atau berita yang sifatnya rahasia dan tidak boleh ada yang mengetahui selain dari kelompoknya. Hal semacam itu juga berlaku dalam dunia pramuka. Dimana sandi, dalam dunia kepramukaan (sandi pramuka) digunakan sebagai media latihan yang bertujuan untuk melatih para anggota dari Gerakan Pramuka tersebut untuk bekerja sama, menciptakan kegembiraan, memupuk kreativitas dan juga mengajarkan ketelitian.

Dalam suatu kegiatan dalam pramuka, saling mengirim sandi merupakan suatu kegiatan yang khas. Hal ini dikarenakan, pada sandi pramuka selain sifatnya menyenangkan juga dapat memberikan tantangan bagi seorang yang ingin menguji kemampuannya dalam hal analisis.

Pengertian Sandi Pramuka

PENGERTIAN SANDI PRAMUKA

Sandi sendiri berasal dari bahasa Sangsekerta yang mempunyai arti menyembunyikan atau rahasia. Sandi merupakan salah satu cara yang dikenal untuk mengirim suatu berita atau pesan yang sifatnya rahasia. Dalam hal ini, yang dapat mengetahui isi pesan tersebut hanya lah dari pihak penerima dan juga pengirim.

Sandi di dalam pramuka merupakan suatu media yang digunakan dalam pembelajaran dan dianggap bagus, baik itu untuk pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak maupun pramuka pandega. Hal ini dikarenakan sandi pramuka dianggap dapat melatih ketelitian, kecerdasan, daya ingat maupun konsentrasi. Dalam menyampaikan sandi pramuka, tidak boleh disampaikan sembarangan. Karena dalam penyampaiannya harus diperhatikan golongan pramuka itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan agar dalam penyampaian pembelajaran dapat dengan mudah tercapainya suatu tujuan pembelajaran itu sendiri.

Sejarah Sandi Pramuka

SEJARAH SANDI PRAMUKA

Zaman dahulu kala, para pahlawan sering berkelana dari satu tempat ke tempat yang lainnya yang mana hal ini menjadi awal munculnya sandi. Sandi digunakan oleh para pahlawan untuk berkomunikasi antar kelompok yang sifatnya rahasia agar tidak diketahui oleh pihak lawan. Oleh karena itu para pahlawan kemudian berfikir untuk membuat sandi yang tujuannya agar musuh dapat terkelabuhi.

Sekitar tahun 3000 sebelum masehi, ditemukan tulisan cuneiform di kerajaan Babilonia. Tulisan caneiform  merupakan salah satu jenis tulisan kuno yang bentuknya seperti paku. Biasanya, tulisan caneiform di tulis di atas tanah liat. Kala itu, ketika akan mengirim suatu pesan atau berita rahasia, mereka memanfaatkan kepala para budak yang dicukur dan menuliskan berita menggunakan sandi di kepala para budak tersebut. Untuk berkirim pesan selanjutnya, mereka menunggu hingga rambut dari budak tersebut mulai tumbuh kembali baru kemudian budak pembawa pesan di kirim.

Ketika si budak sampai pada tujuan yang diinginkan, rambut budak tersebut akan dicukur agar pesan yang dikirim dapat dibaca. Ternyata cara seperti itu sangat efektif ketika digunakan untuk mengelabui musuh oleh para pemimpin pada saat itu.

Seorang Julius Caesar pernah mengirim suatu kabar rahasia menggunakan sandi loncat. Cara menuliskan sandi loncat adalah dengan menulis dalam satu baris huruf abjad dan memilih angka yang dirahasiakan. Misalnya saja angka 4. Agar dapat membaca sandi tersebut, jari telunjuk di letakkan pada huruf A. kemudian, loncat sebanyak 4 huruf ke arah samping.  Maka yang ditunjuk setelah itu adalah huruf E. Dan hal itu berlaku seterusnya.

Saat ini, segala sesuatu semakin berkembang. Untuk berkomunikasi pun membutuhkan safeti untuk menjaga kerahasiaan di berbagai bidang, misalnya saja pada militer ataupun pada dinas. Sandi pun juga di gunakan dalam kepramukaan dengan bentuk sandi pramuka yang di manfaatkan sebagai media untuk pembelajaran yang berlaku kepada seluruh anggota.

Berbagai Tipe Tulisan Rahasia

BERBAGAI TIPE TULISAN RAHASIA

Kode dan buku kode

Kode biasa digunakan untuk mengubah suatu kata atau mengubah kalimat. Kumpulan dari kode-kode, terdapat pada sebuah buku kode yang berisi dua kolom. Pada kolom pertama akan dijumpai sebuah kata yang akan disampaikan. Sementara pada kolom kedua akan berisi kode pengganti dari kata di kolom pertama.

Steganografi

Steganogafi atau yang kebanyakan orang menyebutnya dengan tulisan tersembunyi. Metode ini digunakan dengan menutup tulisan atau menyembunyikannya menggunakan tinta invisible. Karena tulisan tersebut sangat kecil, maka agar dapat membacanya Anda harus menggunakan mikroskop. Tipe tulisan ini sudah dikenal sejak lama bahkan sudah dikenalketika masa Yunani, Romawi dan Mesir Kuno.

Manfaat Sandi Pramuka

MANFAAT SANDI PRAMUKA

Sebagai komunikasi antar anggota regu pramuka

Karena dalam suatu kegiatan pramuka selalu dibentuk kelompok atau regu, tentunya membutuhkan komunikasi antar anggota regu agar tidak diketahui oleh regu lain.

Meningkatkan kecerdasan

Dalam memecahkan suatu sandi pramuka, para anggota dituntut untuk berfikir yang mana hal ini dapat meningkatkan kecerdasan dari para anggota.

Meningkatkan daya ingat

Karena sandi pramuka banyak macamnya, secara tidak langsung para anggota diharuskan untuk hafal sandi-sandi tersebut. Dengan demikian hal ini dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat dari para anggota.

Sarana permainan dalam kegiatan pramuka

Sandi pramuka dapat digunakan untuk permainan ketika ada kegiatan dalam kepramukaan. Sandi pramuka ini, biasa digunakan untuk pelengkap ketika wide games atau outbond. Biasanya, sandi pramuka akan diberikan kepada peserta sebagai tantangan untuk melakukan perjalanan yang selanjutnya.

Sarana belajar anggota pramuka sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah

Dengan sandi pramuka, para anggota pramuka akan dihadapkan dengan suatu permasalahan. Mereka akan belajar untuk berpikir bagaimana cara menyelesaikan dengan sandi-sandi tersebut. Yang mana dapat menjadikan para anggota terbiasa dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan suatu masalah dari tantangan yang akan dihadapi.

Berbagai Macam Sandi Pramuka

BERBAGAI MACAM SANDI PRAMUKA

Ada banyak macam-macam sandi pramuka dan kedudukan sandi tersebutpun tidaklah baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi pada masing-masing daerah. Berikut ini beberapa contoh macam sandi pramuka :

Sandi napoleon

Sandi napoleon dikenal karena nama dari sandi ini diambil dari nama seorang kaisar yang berasal dari Perancis. Namun sebenarnya sandi ini, tidak ada hubungannya dengan bapak Napoleon.

Susunan untuk sandi napoleon di buat secara acak atau zig zag. Dengan arti lain, bahwa untuk membaca sandi napoleon adalah dari atas ke bawah kemudian ke atas lalu ke bawah.

Contoh :

P R T A H
R E I L P N
A T N A R E
M A G I E D
U K G I S I

Jawaban dari sandi napoleon di atas adalah PRAMUKA TERTINGGI IALAH PRESIDEN.

 

Sandi kurung

Sandi kurung merupakan salah satu sandi pramuka yang sering juga dipelajari. Sandi ini, kuncinya sudah baku, namun kita bisa membuat sandi-sandi sejenis yang tentu saja kunci dan namanya bisa terserah kita.

A = (

B = ((

C = (((

D = (1

E = (2

F = (3

G = (4

H = (5

I = (6

 

J = (7

K = (8

L = ((1

M = ((2

N = ((3

O = ((4

P = ((5

Q = ((6

R = ((7

 

S = ((8

T = (((1

U = (((2

V = (((3

W = (((4

X = (((5

Y = (((6

Z = (((7

 

Contoh :

((5, (, ((8, (((2, (8, (, ((3

Jawabannya adalah “PASUKAN”.

Sandi merah putih (sandi kordinat)

Sandi merah putih juga dikenal dengan sebutan sandi kordinat. Untuk menggunakan sandi ini, kita harus membuat kata kunci “MERAH PUTIH” pada sebuah tabel. Kata MERAH untuk baris, dan kata PUTIH untuk kolom.  Pada tabel yang kosong isilah dengan huruf antara A sampai dengan Z.

P U T I H
M A B c d E
E F G h i J
R K L m n O
A p Q r s T
H u V w x Y
. . . . . Z

Contoh : AP MP RI MI HI = P A N D U

Sandi jam

Sandi jam merupakan sandi yang penggunaan nya dengan cara menetapkan waktu yang kemudian digunakan sebagai patokan. Misalnya saja digunakan patokan pukul 03.00, maka saat pukul 03.00 itu berarti huruf A. kemudian , jika peda waktu untuk sandi yang digunakan adalah setiap 10 menit, maka pada pukul 03.10 berarti huruf B, dan begitu pula untuk seterusnya. Untuk beda waktu yang digunakan adalah terserah pada sang pelaku pengguna  sandi jam.

Sandi Braile

Sandi braile disebut sebagai salah satu sandi pramuka yang biasa digunakan untuk sehari-hari. Yang mana sandi braile ini dipergunakan oleh para penyandang tuna netra. Bentuk dari sandi braile ini berupa enam titik tumpul yang mana untuk membacanya maka sang tuna netra harus merabanya menggunakan jemari.

Sandi Helen Keller

Sandi Hellen Keller disebut mirip dengan sandi braile jika dilihat dari hal manfaatnya. Sandi Hellen Keller digunakan oleh para penyandang tuli dan bisu. Untuk membentuk suatu pola alphabet, pada sandi ini menggunakan symbol dari jari.

Sandi siput

Disebut sandi siput, karena untuk membaca sandi yang satu ini caranya dengan membaca berputar yang bentuknya menyerupai rumah siput. Untuk memudahkan awal membaca, pada huruf pertama awal di beri tanda dan untuk selanjutnya kita harus memperkirakan bagaimana arah gerakan untuk membacanya.

Sandi Koordinat

1 2 3 4 5
1 A B C D E
2 F G H I J
3 K L M N O
4 P Q R S T
5 U V W X Y Z

 

Contoh :

P A T I H R U M B I H

(1:4) (1:1) (5:4) (4:2) (3:2) (3:4) (1:5) (2:1) (4:2) (3:2)

Sandi batu

Sandi batu adalah bentuk lain dari isyarat morse yang ditampilkan berupa bulatan-bulatan seperti batu. Memang sandi ini bentuk lain dari morse tentunya kuncinya juga menggunakan morse. Hanya saja bentuknya diubah, titik “.” Ditampilkan dengan huruf “o” (baca : batu kecil) dan garis “-“ ditampilkan dengan “O” (baca : batu besar).

Sandi AND

Seperti Namanya, sandi AND merupakan sandi yang akan menggunakan kata “AND” pada tiap kata. Yang mana ini berarti kita diharuskan menyelipkan kata “AND” pada setiap kata yang dimaksud. Untuk dapat mengerti maksud yang disampaikan, maka cukup menghilangkan kata AND pada setiap katanya.

Contoh : CANDE PANDA ANDT artinya CEPAT

Sandi rumput

Kunci pada sandi rumput menggunakan kunci dasar sandi morse. Yang membuat berbeda dengan sandi morse adalah pada tanda titik (.) dan setrip (-) namun arti yang terkandung tetap sama.

Kunci pada sandi rumput adalah (.) titik yang mana digambarkan sebagai rumput yang pendek dan (-) strip digambarkan sebagai rumput yang tinggi.

Sandi angka (nomor)

Sandi pramuka yang satu ini tergolong sandi yang mudah dihafalkan. Karena teknik penulisan pada sandi angka atau sandi nomor ini cukup memberi nomor pada setiap huruf alphabet. Nomor 1 diberikan pada huruf A, huruf B diberi nomor 2 dan seterusnya hingga pada huruf Z.

Contoh : 20 – 1 – 12 – 9

Arti dari sandi diatas adalah T A L I

Sandi semaphore

Sandi yang sat ini tentu sudah tidak asing karena penggunaannya sering dijumpai. Sandi semaphore menggunakan kedua tangan dan bendera dalam aplikasinya. Setiap huruf mempunyai gerakan masing-masing. Penggunaan sandi semaphore dapat kita lihat pada suatu parade yang mana akan menampilkan suatu tarian bendera.

Cara Membuat Sandi Pramuka

CARA MEMBUAT SANDI PRAMUKA

Anda dapat menciptakan sandi pramuka untuk Anda sendiri sebagaimana yang dikatan oleh Boden Powel. Kode yang dibuat, dapat Anda gunakan untuk komunikasi pribadi antar teman agar tidak mudah diketahui ketika sedang membahas suatu hal rahasia. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika ingin membuat sandi sendiri :

Menulis kata-kata dengan cara terbalik

Penulisan untuk sandi yang satu ini terbilang mudah, karena Anda cukup menuliskan kata yang dimaksud secara terbalik. Hal ini bertujuan agar pesan yang Anda tulis tidak akan mudah terbaca dengan sekilas. Karena untuk memecahkan sandi tersebut harus dibaca dari belakang atau secara terbalik. Misalnya Anda akan menyampaikan pesan “ada serangan” maka Anda harus menuliskan “ada nagnares”.

Menggunakan penyerminan pada huruf abjad secara urut sebagai kata sandi

Sepeti istilah yang ditulis diatas, bahwa metode ini seperti Anda meletakkan cermin pada huruf-huruf abjad. Caranya dengan membagi seluruh huruf abjad menjadi dua bagian. Pada baris pertama tuliskanlah huruf abjad dari A sampai dengan M. Kemudian pada baris yang kedua tuliskan huruf N sampai dengan Z.  Maka dapat diketahui jika huruf C berarti yang dimaksud adalah huruf P dan juga sebaliknya.

A B C D E F G H I J K L M
N O P Q R S T U V W X Y Z

 

Contoh : kata B A T U maka ditulis O N G H

Memakai metode tic tac toe atau sandi kotak

Seperti permainan tic tac toe pada umumnya. Anda diharuskan membuat suatu petak sebesar 3 x 3 di kertas. Tulis pada petak tersebut huruf A sampai dengan I saja. Tulis secara urut mulai baris pertama dengan A, B, C kemudian baris kedua diisi dengan D, E, F dan pada baris terahir diisi G, H, I.

Metode petak tic tac toe ditambah dengan titik

Seperti halnya metode tic tac toe,  Anda harus membuat petak kembali 3 x 3. Namun petak yang mulanya diisi dengan huruf A sampai dengan I diganti dengan huruf J sampai dengan Z. Ketentuan sama, yaitu ditulis urut dengan baris pertama berisi huruf J, K, L baris kedua diisi M, N, O dan yang terahir diisi dengan huruf P, Q, R. Dan jangan lupa menambahkan titik (·) pada setiap kotak.

 

Tips Agar Hafal Sandi Pramuka

TIPS AGAR HAFAL SANDI PRAMUKA

bagi sebagian orang, menghafal bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi jika harus menghafalkan sandi-sandi pramuka yang sangat banyak macamnya.  Namun segala suatu dapat diusahakan. Berikut ini tips untuk dapat menghafal beberapa sandi pramuka.

Sandi morse

Agar dapat dengan mudah hafal sandi morse, maka yang perlu dilakukan adalah dengan membaca berulang-ulang – ulangi lagi – coba buka buku – kemudian latihan. Lakukan hal tersebut berulang sampai benar-benar hafal.

Sandi rumput

Karena masih ada kaitannya dengan sandi morse, maka jika Anda sudah hafal sandi morse akan mempermudah Anda mempelajari dan juga menghafal sandi rumput. Karena yang Anda perlukan hanyalah mengubah sandi morse menjadi rumput. Teknik menghafalnya tentunya sama dengan sandi morse, Anda hanya tinggal mengubah pada bagian akhir menjadi sandi rumput.

Sandi koordinat

Jika dibayangkan, memang sulit rasanya menghafalkan sandi koordinat ini. Maka yang harus Anda lakukan kemudian adalah berhenti membayangkan susahnya menghafal, melainkan mencoba menghafal degan cara membacanya – diperhatikan betul-betul setiap sandinya – pahami model – coba latihan. Lakukan hal tersebut sampai Anda benar-benar handal menggunakan sandi koordinat.

Sandi Helleh Keller

Penggunaan sandi Hellen Keller biasanya memanfaatkan tangan kanan.  Tips agar Anda hafal dengan sandi Hellen Keller adalah baca berulang – pelajari betul-betul – ajak teman untuk praktik – buatlah tanya jawab dengan tengan. Ulangi hal tersebut sampai Anda hafal dengan baik.

Sandi semaphore

Untuk menghafalkan sandi yang satu ini, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan bendera. Cukup menggunakan tangan kosong saja namun gerakan tetaplah mengikuti sandi semaphore yang sesungguhnya.  Tips agar Anda hafal sandi semaphore yang pertama Anda harus mempelajari sunggu-sungguh bagaimana gerakannya – kemudian ikuti sembali melihat buku – ulangi gerakan tersebut – lakukan gerakan sandi semaphore tanpa melihat buku. Mintalah tolong seorang teman untuk mengoreksi apakah gerakan yang Anda lakukan sudah sesuai. Lakukan hingga Anda hafal.

Itulah tadi penjelasan mengenai sandi pramuka dan berbagai macamnya. Selain berguna dalam kegiatan berpramuka, sandi pramuka juga dapat kita terapkan dalam kehidupan kita ketika ada suatu maksud yang sifatnya rahasia.

Sandi Pramuka Pengertian, Sejarah, Tipenya (Terlengkap)

 

Tinggalkan komentar