Peta Lombok Lengkap Dengan Sejarah, Dan Keanekaragamannya

Peta Lombok – Sudah diketahui banyak orang bahwa Pulau Lombok menjadi idaman destinasi. Pulau dengan keindahan menakjubkan dan keadaan alam yang masih natural ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling favorit. Bukan hanya para pelancong negeri saja, tetapi hingga pelancong manca negara tertarik untuk mengunjunginya. Sebenarnya, pulau Lombok ini bukan hanya terdiri dari satu pulau saja, tetapi dari gugusan atau jajaran pulau kecil.

Jajaran pulau kecil tersebut memiliki keindahan yang eksotis. Pulau tersebut bukanlah pulau kosong, melainkan pulau yang memiliki tingkat kepadatan penduduk padat. Berbagai destinasi wisata, seperti pantai, pulau, gunung bisa ditemui di pulau ini. Berikut beberapa hal terkait dengan pulau Lombok yang tidak boleh dilewatkan.

Peta Pulau Lombok

PETA PULAU LOMBOK

Pulau Lombok memiliki peta dengan bentuk hampir bulat. Pulau ini merupakan pulau yang berpenghuni padat penduduk. Sehingga pada saat Anda berkunjung ke pulau ini, maka suasana nya akan ramai dan menyatu dengan alam. Berikut merupakan peta dari pulau Lombok.

Apabila Anda perhatikan, maka akan terlihat gugusan atau jajaran pulau tersebut. Destinasi yang menjadi favorit ketika berkunjung ke Pulau Lombok adalah gunung Rinjani.

Sejarah Munculnya Pulau Lombok

SEJARAH MUNCULNYA PULAU LOMBOK

Sejarah kemunculan pulau Lombok, dapat ditemukan di dalam babat Lombok. Dalam babad tersebut diceritakan bahwa pulau Lombok memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari zaman kerajaan sampai pada zaman penjajahan. Awalnya, dalam pulau Lombok ini terdapat suatu kerajaan tua yang berpusat di dalamnya. Kerajaan tersebut bernama kerajaan Suwung. Kerajaan ini sangat terkenal karena dipimpin oleh raja yang hebat yaitu Raja betara Indra.

Kerajaan tersebut telah berdiri sebelum abad ke-9 hingga pada akhirnya di abad ke -9, kerajaan ini menjadi sekutu kerajaan Sasak karena dikuasai oleh kerajaan Sasak. Akibat penaklukan tersebut, budaya kerajaan Sasak menjadi salah satu budaya yang tetap dipegang hingga saat ini oleh masyarakat Lombok. Bahkan di Lombok sendiri terdapat suatu suku yang dinamakan Sade Sasak. Dimana seluruh kebudayaan nya berasal dari kerajaan Sasak di Lombok.

Kemudian selain dari budaya kerajaan Sasak, di Lombok sendiri juga terdapat penyebaran budaya Bali yang turut melekat. Budaya Bali akan ditemui pada masyarakat Lombok tepatnya untuk daerah Lombok Barat. Hal tersebut dikarenakan masukkan kekuasaan kerajaan Bali pada tahun 1744, yaitu kerajaan Karangasem.

Kerajaan tersebut menduduki dan berkuasa di Pulau Lombok dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kebudayaan masyarakat sebagian besar mengikuti kebudayaan yang ada di pulau Bali karena pengaruh dari kerajaan ini.

Setelah masa kerajaan, masa penjajahan belanda berlangsung. Di tahun 1894, hampir semua keerajaan besar atau kecil yang ada di Pulau Lombok berangsur mulai tunduk dengan pemerintahan Belanda. Hal tersebut dikarenakan Belanda, melakukan penjarahan besar-besaram terhadap hasil bumi yang ada di wilayah Lombok. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya, Belanda menduduki dan berkuasa di Pulau Lombok.

Setelah masa penjajahan Belanda, masuklah Bangsa Jepang yang turut melakukan penjarahan dan pendudukan pulau ini. Dikarenakan banyaknya sumber daya yang bisa dimanfaatkan, Jepang pun tertarik untuk menduduki pulau ini. Jepang menjadikan Pulau Lombok menjadi Pulau yang strategis dengan membawa segala armada yang berisikan senjata untuk transit di pulau Lombok.

Dengan demikian, pulau Lombok menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diduduki Jepang dan digunaka untuk menghimpun kekuatan Jepang. Selanjutnya di permulaan Indonesia merdeka, pulau ini juga menjadi salah satu bagian dari wilayah Negara Indonesia Timur. Perjuangan kemerdekaan oleh rakyat Indonesia, turut membebaskan pulau ini dari kependudukan Jepang.

Sejarah berlanjut hingga masa kemerdekaan tiba. Setelah merdeka, pulau Lombok muncul sebagai salah satu wilayah yang tergabung dalam provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki ibuk kota di Mataram.

Pada awal berdirinya Nusa Tenggara Barat, dipimpin oleh gubernur yang bernama Ruslan Tjakraningrat. Gubernur tersebut mulai menjabat pada tahun 1958 tepatnya pada tanggal 14 Agustus. Kemudian terdapat pula gubernur yang terkenal yaitu Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru bajang. Tuan Guru Bajang sangat dicintai oleh masyarakat sehingga menjabat selama dua periode yaitu tahun 2008 hingga tahun 2018.

Letak Geografis dari Pulau Lombok

LETAK GEOGRAFIS DARI PULAU LOMBOK

Pulau Lombok memiliki letak geografis tepatnya pada koordinat 116.351 pada bujur timur kemudian pada lintang selatan terletak di koordinat 8.565. Terkait dengan posisi aslinya berdasarkan koordinat tersebut, Anda bisa langsung melihatnya melalui peta pulau Lombok secara langsung.

Pulau Lombok merupakan pulau padat penduduk yang memiliki wilayah dengan luas 5.435 KM2. Dengan luas wilayah tersebut, diketahui bahwa pulau Lombok memiliki 5 wilayah dengan perincian kabupaten 4 wilayah dan kota sebanyak 1 wilayah.

Pulau Lombok dan Batas-batasnya

PULAU LOMBOK DAN BATAS BATASNYA

Meskipun pulau Lombok ini masih tergolong dalam wilayah Nusa Tenggara Barat, namun tetap terdapat batas-batas yang memisahkan antara pulau ini dengan wilayah lainnya. Dimulai dari batas pulau Lombokk yang berada di bagian Timur yaitu Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok dan Kecamatan Lingsar. Selat Lombok sendiri berbatasan pada bagian Barat.

Pada batas bagian utara, juga dibatasi oleh 3 kecamatan yang beriringan yaitu Kecamatan Gunung Sari, Kecamatan Lingsar, Kecamatan Batulayar dan 1 kabupaten yaitu kabupaten Lombok. Sedangkan batasa Kabupaten Lombok Barat dan Kecamatan Labuapi berada di sebelah selatan.

Gambaran Kondisi Topografi Pulau Lombok

Bagi Anda yang hendak berkunjung dan berwisata ke Pulau Lombok, maka bukan hanya terbatas pada keragaman wisata saja. Tetapi, Anda juga harus tahu terkait dengan kondisi topografi serta iklim yang ada disana. Sehingga tidak terkejut saat berkunjung ke Pulau Lombok.

  1. Gambaran keadaan topografi

GAMBARAN KEADAAN TOPOGRAFI

Salah satu yang menarik minat ketika orang berkunjung ke Pulau Lombok adalah kondisi alam yang ada disana. Selain itu, adanya salah satu gunung berapi tertinggi juga menjadi penyebabnya. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi nomor 2 yang berada di Lombok. Pantas saja, keadaan topografi Lombok didominasi oleh beberapa jalur.

Terdapat jalur perbukitan dan juga jalur pegunungan. Karena luas pulau Lombok yang terbatas, maka pada saat Anda berkunjung akan menemukan bahwa gunung Rinjani sendiri menjadi sebagian besar daratan di pulau tersebut.

  1. Gambaran Keadaan Iklim

GAMBARAN KEADAAN IKLIM

Mengerti kondisi iklim di pulau ini juga hal yang tidak kalah penting. Dengan menegtahui iklim, maka Anda nantinya akan terbiasa dan tidak terkejut jika harus berkunjung kesana. Pulau iniĀ  memiliki suhu berkisar 31.4 sampai dengan 33.1 derajat pada saat keadaan disana siang hari. Kemudian di malam hari, suhunya turun menjadi 22.2 sampai dengan 22.6.

Dengan demikian, iklim di pulai ini tergolong dalam iklim tropis. Pada siang hari, Anda akan merasakan sengatan matahari, sedangkan di malam hari kondisinya akan sejuk dan tidak terlalu dingin. Kondisi iklim tersebut sangat disukai oleh para wisatawan asing. Karena dinilai nyaman untuk ditinggali.

Suku yang Ada di Pulau Lombok

SUKU YANG ADA DI PULAU LOMBOK

Padatnya Pulau Lombok dihuni oleh berbagai macam suku. Mulai dari pendatang, ada pula suku asli yang sudah berada di Lombok dalam waktu yang cukup lama atau disebut denngan suku endemic. Apabila dilakukan presentase, Suku Sasak masih menjadi penghuni yang paling banyak mendiami Pulau Lombok yaitu sebanyak 80 persen. Sehingga yang 20 persennya terdiri dari berbagai jenis suku yang mendiami Pulau Lombok.

Suku Sasak merupakan peninggalan kerajaan Sasak yang pada zaman dahulu berkuasa. Selain Suku Sasak, Anda juga akan menemukan suku lainnya, seperti suku Bali yang merupakan sisa dari Kerajaan Karangasem Bali yang dulu juga pernah berkuasa di pulau ini. Sebagian kecil suku yang juga berada di pulau ini adalah Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Batak, Arab, dan juga Tionghoa.

Di pulau inilah Anda akan mendapatkan sensai perpaduan kebudayaan Indonesia yang menarik. Setiap suku yang ada di Lombok memiliki interaksi yang bagus dan juga toleransi yang tinggi. Sehingga bukan hanya keindahan alam yang didapatkan, tetapi juga keindahan kebersamaan dan kedamaian yang akan diperoleh ketika Anda di pulau ini.

Kepercayaan atau Agama Penduduk Pulau Lombok

KEPERCAYAAN ATAU AGAMA PENDUDUK PULAU LOMBOK

Bukan hanya sukunya saja yang berbeda, tetapi dari segi kepercayaan, para penduduk Lombok juga bisa hidup brdampingan antar pemeluk agama yang berbeda. Karena di Pulau Lombok sendiri yang paling dominan adalah Suku Sasak, maka kepercayaan yang paling banyak dianut adalah Agama Islam. Meskipun demikian, juga terdapat yang memiliki kepercayaan Hindu yang dianut oleh suku Bali yang ada disana.

Selain kedua kepercayaan tersebut, suku ini juga memiliki banyak kepercayaan. Mulai dari Kristen, Protestan, Konghucu, dan Budha. Mereka bisa hidup berdampingan tanpa harus membedakan atau membuat pertikaian diantaranya. Hal tersebut yang menjadikan banyak wisatawan lokal atau pun asing yang sangat tertarik untuk mengunjungi Lombok sekaligus belajar tentang kebudayaan yang ada di pulau tersebut.

Bisa dibilang masyarakat pada Pulau Lombok tetap memegang teguh Pancasia dimana persatuan dan kesatuan adalah yang utama. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan masyarakat. Mereka bisa hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan asal suku dan kepercayaan yang dimiliki. Dengan demikian, tercermin sikap toleransi antar umat.

Persatuan dan kesatuan dapat dirasakan ketika para penduduk Pulau Lombok saling bekerja sama dalam memakmurkan wilayah. Mereka tidak segan untuk saling membantu sehingga Pulau Lombok menjadi pulau damai yang memiliki destinasi wisata menarik dengan kearifan lokal dari suku-suku yang ada di dalamnya.

Pulau ini menjadi pulau eksotis yang paling banyak diminati di sepanjang tahun untuk terus dikunjungi. Keramah tamahan penduduk di kombinasikan dengan keindahan alam yang memikat.

Persebaran Wilayah Pulau Lombok

Diketahu bahwasannya Pulau Lombok memiliki 5 wilayah. Masing-masing wilayah memiliki 1 kota dan kabupaten yang berjumlah 4. Sedangkan untuk kecamatan memiliki jumlah yang berbeda setiap wilayah. Agar lebih mengetahu, berikut ini merupakan sebaran wilayah yang ada di Pulau Lombok.

  1. Sebaran wilayah Kota Mataram

SEBARAN WILAYAH KOTA MATARAM

Pada saat Anda mengunjungi Kota Mataram, maka akan menemukan 7 kecamatan yang tersebar diwilayah ini. Mulai dari Kecamatan Selaparang, Kecamatan Sekarbela, Kecamatan Mataram, Kecamatan Cakranegara, dan terkahir ada Kecamatan Sandubaya.

  1. Sebaran wilayah Kabupaten Lombok Barat

SEBARAN WILAYAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

Wilayah ini memiliki 10 kecamatan yang tersebar rata diseluruh wilayah. Mulai dari Kecamatan Kuripan, kemudian terdapat pula Kecamatan Lingsar hingga Labu Api. Kemudian masih ada kecamatan Sekatong, Gerung, dan Gunung Sari.

  1. Sebaran wilayah Kabupaten Lombok Tengah

SEBARAN WILAYAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Di Lombok Tengah ini jumlahh kecamatan bisa terhitung banya yaitu ada 12 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Pujut, Kecamatan Batukliang, Kecamatan Pringgatara, Keccamatan batukliang Utara, Kecamatan Praya Timur, Kecamatan Janapria, Kecamatan Praya Tengah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kecamatan Jonggat, Kecamatan Praya Barat, Kecamatan Kopang, dan yang terakhir Kecamatan Praya.

  1. Sebaran Wilayah Lombok Timur

SEBARAN WILAYAH LOMBOK TIMUR

Jumlah kecamatan yang ada di wilayah ini, bisa dibilang sangat banyak yaitu mencapai 20 kecamatan. Anda akan menemukan kecamatan yang saling berdekatan. Mulai dari Sambelia, Jerowaru hingga Selong. Kemudian juga masih terdapat kecamatan seperti Keruak, Pringgasela, dan Labuhan Haji.

Kecamatan Pringgabaya, Kecamatan Montong Gading, Kecamatan Suwela, Kecamtan Sikur, Kecamatan Terara, Kecamatan Wanasaba, Kecamatan Sembalun dan yang terakhir Kecamatan Masbagik dan masih ada kecamatan lainnya.

  1. Sebaran wilayah Kabupaten Lombok Utara

SEBARAN WILAYAH KABUPATEN LOMBOK UTARA

5 wilayah yang ada di Pulau Lombok, terdapat pula kecamatan yang berada di Kabupaten Lombok Utara. Jumlahnya ada 5 kecamatan. Kecamatan Tanjung, Kecamayan Bayan, Kecamatan Kayangan, Kecamtan Gangga, dan yang terakhir adalah Kecamatan Pemenang.

Sebaran kecamatan yang ada pulau ini, semuanya meiliki penduduk yang banyak. Sehingga Pulau Lombok termasuk pualu yang padat penduduk. Karena dihuni oleh banyak penduduk dari berbagai suku yang tersebar di berbagai kecamatan.

Kelebihan yang Ada pada Pulau Lombok

Pulau Lombok menjadi pulau favorit tentunya bukan tanpa alasan. Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh pulau ini, menyebabkan banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjunginya. Sebenarnya banyak tujuan yang menjadi alasan para pengunjung untuk mengunjungi Pulau Lombok. Bukan hanya sekedar berwisata saja, tetapi juga belajar dari berbagai keragaman dan juga kebudayaan yang ada di pulau tersebut. Berikut kelebihan dari Pulau Lombok.

  1. Memiliki tingkat toleransi yang tinggi

MEMILIKI TINGKAT TOLERANSI YANG TINGGI

Setiap orang tahu bahwa Pulau Lombok memiliki beragam suku yang tersebar diseluruh wilayah yang ada. Setiap suku berasal dari kebudayaan yang berbeda. Ada yang berasal dari kebudayaan Sasak, Kebudayaan Bali dan masih banyak lagi. Bukan hanya suku yang berbeda, tetapi juga kepercayaan yang berbeda. Perbedaan tersebut bukan menjadi jarak pemisah.

Tetapi, malah menambah kerukunan yang ada di antara mereka. Tingginya toleransi, membuat keadaan pulau ini sangat nyaman dan damai. Jika Anda bermukin di pulau ini, maka akan merasakan berdampingan dengan suku yang berbeda dan tetap berdamai bahkan saling mempelajari kebudayaan.

  1. Budaya Khas Melekat

BUDAYA KHAS MELEKAT

Umumnya banyak sekali pulau yang mulai luntur budaya khasnya setelah menjadi destinasi. Bisa disebabkan adanya pendatang baru dan sebagainya. Tetapi, berbeda dengan pulau Lombok. Pulau ini tetap mempertahankan kebudayaan khas yang telah ada sejak dulu.

Cara melestarikannya adalah dengan tetap menggunakan di berbagai acara seperti pernikahan. Penggunaan kebudayaan tersebut merupakan cara yang tepat untuk melestarikan kebudayaan yang ada.

  1. Lombok dengan Keindahan Surgawi

LOMBOK DENGAN KEINDAHAN SURGAWI

Pulau ini sering disebut dengan pulau surgawi. Pulau yang terdiri dari banyak gugusan atau jajaran pulau kecil ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Bahkan setiap orang yang tengah berkunjung di pulau ini, akan kesulitan move on dari keindahannya. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak orang selalu memilih kembali ke Lombok meskipun telah berulang kali mengunjungi. Keindahannya menjadi alasan kuat untuk tutap berkunjung ke pulau ini.

Salah satu bentuk keindahan dari pulau ini terletak pada pantai yang dimilikiny. Pantai tersebut memiliki butiran pasir berwarna purih yang indah dengan perpaduan warna pink. Sehingga kerap disebut dengan pantai pink. Banyaknya pantai di Lombok, merupakan hiburan yang menarik bagi para wisatawan. Setiap pantai memberikan keindahannya tersendiri dengan beragam komponennya.

Kemudian selain dari pantainya yang memikat, Anda akan menemukan tempat petualangan dan pendakian yang bisa dinikmati. Mengasah adrenalin dan juga melatih adrenalin untuk melakukan petualangan. Setiap wisata di Pulau Lombok bisa Anda coba. Dikarenakan disetiap wisata telah dibuka untuk umum dan memiliki juru kunci professional sehingga jika berpetualang, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat.

Gunung Rinjani merupakan gunung yang termasuk dalam kategori gunung tertinggi. Karena ketinggiannya, banyak orang yang berusaha untuk melatih kemampuannya untuk menaklukan ketinggian gunung tersebut. Namun, yang perlu dipahami adalah jika Anda belum merasa yakin untuk melakukan pendakian gunung tersebut, maka lebih baik jangan mendaki. Karena ketinggiaanya dengan kondisi alamnya yang berbeda akan memberikan pengaruh pada Anda.

Begitu menariknya Pulau Lombok, hingga pulau ini terkenal di manca negara. Setiap waktu, pulau ini selalu dibuka untuk turis dan wisatawan baik lokal atau pun asing. Bahkan saking tertariknya dengan pulau ini, banyak para wisatawan yang memilih untuk bermukim. Agar bisa menikmati keindahan pulau tersebut secara langsung.

Peta Lombok Lengkap Dengan Sejarah, Dan Keanekaragamannya

Tinggalkan komentar