10 Resep Memasak Agar-Agar yang Lezat Untuk Keluarga di Rumah

Resep memasak agar agar – Siapa sih yang tidak suka agar-agar, makanan yang sangat lembut di mulut ini memiliki cita rasa yang khas yang menjadikan siapa saja yang memakannya ketagihan. Saking diminatinya, saat ini banyak beredar agar-agar dengan berbagai merek dan juga rasa yang baru.

Bahkan, sebagai seorang konsumen kadang Anda merasa bingung mau bikin jenis agar apa dengan rasa yang seperti apa. Perlu Anda tahu, agar-agar sendiri merupakan sebuah zat yang memiliki bentuk gel yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar rumput laut maupun alga.

Di Jepang, agar-agar disebut dengan nama Kanten sedangkan di Sunda disebut dengan nama lengkong. Adapun jenis rumput laut yang bisa diubah menjadi agar-agar adalah Eucheuma spinosum. Agar-agar sendiri termasuk dalam salah satu kategori makanan yang sangat pas disantap pada saat panas atau musim kemarau telah tiba.

Pasalnya, makanan ini benar-benar sangat menyegarkan saat dimakan. Selain itu rasanya yang enak juga membuat siapa saja yang mencicipinya akan merasa ketagihan. Tidak hanya itu saja, untuk membuat agar-agar bagi sebagian orang juga dianggap sepele.

Namun, untuk orang yang belum pernah membuat agar-agar, hal ini dianggap menjadi hal yang sulit. Padahal sudah menggunakan agar-agar instan, namun tetap saja hasilnya tidak jadi. Salah satu kesulitan dan lama memasak makanan yang satu ini adalah ia mudah menggumpal. Sehingga saat jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Padahal Anda sudah membuatnya dengan sepenuh hati dengan tujuan agar-agar tersebut bisa dimakan bersama dengan keluarga. Eits jangan sedih ya, sebab untuk membuat agar-agar yang sempurna itu caranya sangat mudah kok. Asalkan Anda tahu tekniknya dijamin Anda bisa membuat agar yang enak dan juga sempurna.

Mau tahu bagaimana teknik dalam membuat agar? Langsung saja simak semua informasinya di bawah ini.

Cara Memasak Agar-Agar yang Mudah

Cara Memasak Agar-Agar yang Mudah
Cara Memasak Agar-Agar yang Mudah

Cara memasak agar itu sangat mudah, bahkan caranya lebih mudah jika dibandingkan dengan memasak bubur kacang hijau. Di sini Anda cukup membeli agar instan dan ikuti langkahnya di bawah ini.

  • Mencampurkan Agar Dengan Air

Siakan air sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan agar instan. Sebelum menyalakan api, hal yang paling utama yang harus Anda lakukan dalam memasak agar-agar adalah dengan mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. Hal ini sangat penting dan jangan sampai terlupakan.

Mengapa demikian? Sebab jika Anda melewati step ini, maka pada saat diaduk agar akan menggumpal. Untuk itu, hal yang paling benar adalah dengan mencampurkan agar dengan air terlebih dahulu. Baru setelah itu diaduk terus menerus. Dengan mengikuti step ini, maka dijamin deh agar yang Anda buat tidak akan menggumpal.

Jadi di sini saat si agar sudah tercampur terlebih dahulu dengan air, maka campurannya akan lebih berasa. Lain halnya jika Anda menyalakan api dan menaruh agar setelah api dinyalakan, maka kemungkinan agar yang Anda buat akan menggumpal.

  • Mengaduknya Baru Kemudian Nyalakan Api

Jika agar sudah tercampur dengan air, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaduknya terlebih dahulu. Tujuannya adalah satu agar bahan agar tercampur sempurna dengan air. Jika sudah, baru deh nyalakan api untuk memasak agar.

Mengapa tidak boleh menyalakan api terlebih dahulu? Sebab, jika Anda menyalakan api terlebih dahulu maka ada kemungkinan ada agar yang akan mengental terlebih dahulu sebelum selesai diaduk. Pada saat seperti itu, maka agar akan menggumpal.

Untuk itu aduk terlebih dahulu agar instan dengan air dan gula sebelum pada akhirnya  api dinyalakan. Ingat, khusus untuk api dinyalakan dalam kondisi yang sedang.

  • Aduk hingga Mendidih

Cara yang ketiga dalam membuat agar adalah dengan mengaduknya terus menerus tanpa berhenti hingga adonan benar-benar mendidih. Pastikan pula Anda tidak meninggalkan agar sendirian pada saat memasaknya.

Mengapa demikian? sebab, agar-agar adalah salah satu zat yang sangat mudah menggumpal saat dipanaskan. Sedangkan alasan yang kedua adalah agar sangat mudah meletup pada saat mendidih, sehingga ada saat ditinggalkan cairan agar bisa keluar panci.

Untuk itu, semenjak api dinyalakan, dalam proses pembuatan agar harus diaduk terus menerus hingga agar-agar mendidih dan kemudian baru api dimatikan. Dalam proses mengaduk, Anda bisa menggunakan spatula yang tahan panas agar pada saat menggunakannya tetap aman. Jadi deh, agar sia untuk dimasukkan ke dalam cetakan.

Sebagai tambahan, untuk Anda para pemula dan kebetulan memilih agar jenis jelly, maka nanti Anda akan menemukan bubuk acid. Kadang Anda akan merasa bingung kapan si bubuk ini harus dimasukkan. Jadi, bubuk acid adalah bubuk penambah rasa yang membuat agar jeli ini lebih segar.

Adapun waktu yang paling tepat untuk menambahkan bubuk ini adalah pada saat api dimatikan. Jadi, dalam proses ini, Anda harus memasak agar hingga mendidih kemudian matikan kompornya. Jika kompor sudah dimatikan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan bubuk acid.

Baru deh diaduk dan agar bisa langsung dicetak pada cetakan yang sudah disediakan. Bagaimana? Bukankah sangat mudah untuk membuat agar-agar yang pas dan menyegarkan tanpa harus ada darma agar menggumpal.

Resep Agar-Agar Lezat

Resep Agar-Agar Lezat
www.cicicookies.com

Membuat agar bagi sebagian orang adalah hal yang mudah. Namun, belum tentu Anda bisa membuat agar yang lezat. Nah, agar agar-agar yang Anda buat ini semakin lezat, ternyata ada beberapa tambahan bahan yang harus dicampurkan.

Mau tahu bahan apa saja yang perlu dicampurkan? Yuk langsung saja simak kreasi resep membuat agar yang lezat yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Resep Agar Lumut

Resep Agar Lumut
www.romadecade.org

Resep agar-agar yang pertama adalah agar lumut. Agar-agar ini dibuat dengan menggunakan bahan yang sama namun tekstur yang dihasilkan berbeda. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar instan
  • 700 ml air
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 2 sendok makan santan kara

Cara membuat :

  1. Pertama, campurkan agar-agar, air, dan juga gula pasir. Aduk sampai rata, kemudian nyalakan api dalam keadaan sedang. Jika sudah aduk terus menerus.
  2. Sementara agar diaduk, kocok telur lepas, kemudian masukkan santan dan juga pasta pandan ke dalam telur.
  3. Saat agar dalam keadaan yang sudah mendidih dan teksturnya sudah mau mengental, tuangkan telur, santan dan pasta pandan ke dalam adonan yang sedang mendidih. Kemudian campur dengan cepat dengan mengaduknya menggunakan sendok sayur.
  4. Tunggulah hingga adonan perlahan mendidih, jika sudah mendidih segera matikan api. Tuangkan agar ke dalam loyang yang sudah disediakan, jika sudah diamkan agar mengental atau di dinginkan. Potong agar yang sudah mengental dan nikmati tekstur agar yang berbeda dengan agar biasanya.

2. Agar-Agar Pepaya Dingin

Agar-Agar Pepaya Dingin
resepkoki.id

Kreasi agar yang selanjutnya adalah agar-agar pepaya dingin. Untuk membuat agar jenis ini Anda bisa simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar instan
  • Gula secukupnya
  • SKM secukupnya
  • 1 buah pepaya

Cara membuat :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat agar ini adalah dengan blender buah pepaya terlebih dahulu. Setelah buah pepaya selesai di blender, masukkan ke dalam panci kemudian tambahkan air secukupnya.
  2. Masukkan gula dan juga SKM ke dalam panci, kemudian aduk semuanya dengan merata.
  3. Jika sudah, segera nyalakan api dalam keadaan yang sedang. Aduk terus hingga agar-agar mendidih.
  4. Setelah itu, siapkan loyang atau cetakan untuk mencetak agar-agar. Masukkan agar-agar yang sudah dibuat ke dalam cetakan. Kemudian masukkan agar-agar ke dalam lemari es dan sajikan dalam keadaan yang dingin. Agar pepaya dingin ini pasti sangat menyegarkan untuk dicicipi.

3. Agar-agar Vanilla Latte

Agar-agar Vanilla Latte
sajiansedap.grid.id

Kreasi agar yang selanjutnya bisa Anda buat di rumah adalah agar Vanilla latte. Untuk membuat agar ini maka Anda bisa mengikuti bahan dan juga cara membuatnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar rasa vanila
  • Satu bungkus kopi torabika late atau bisa diganti dengan kopi latte lainnya
  • Air secukupnya
  • 5 sendok makan gula

Cara membuat :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat agar ini adalah dengan mencairkan kopi Torabika Latte terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Jika sudah, masukkan agar ke dalam panci, dan kemudian masukan kopi latte yang sudah agar dingin ke dalam panci. Aduk dan tambahkan gula hingga tidak ada lagi yang menggumpal.
  2. Setelah itu, nyalakan api dan aduk adonan agar hingga mendidih. Jika sudah mendidih. Matikan kompor dan tuangkan agar ke dalam cetakan. Sajikan agar ini dalam keadaan yang beku. Hmmm, dijamin deh rasanya bakal bikin Anda ketagihan.

4. Agar-Agar Gula Merah

Agar-Agar Gula Merah
cookpad.com

Jika pada umumnya agar-agar dibuat dengan menggunakan gula pasir, maka kreasi agar yang satu ini akan menggunakan gula jawa sebagai pemanisnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar instan
  • 100 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 700 ml air santan

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, campurkan semua bahan yang sudah disediakan. Setelah itu, nyalakan api dan kemudian aduk terus adonan agar hingga benar-benar mendidih.
  2. Setelah agar mendidih, matikan ai dan kemudian siapkan cetakan untuk membuat agar-agar. Tuangkan agar ke dalam cetakan dan biarkan hingga dingin.
  3. Saat agar-agar sudah dalam keadaan yang dingin, masukkan ke dalam lemari es hingga benar-benar beku. Agar gula jawa merah siap untuk dihidangkan dan sangat cocok untuk santap santai bersama dengan keluarga.

5. Agar-Agar Dodol

Agar-Agar Dodol
cookpad.com

Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya dodol. Ya, dodol ini dibuat dengan menggunakan bahan yang khas dan memiliki ciri khas. Namun, apa jadinya jika dodol dibuat menjadi agar? Mau tahu bagaimana cara membuatnya, yuk simak resepnya di bawah ini.

Bahan :

  • 4 bungkus agar-agar instan
  • 200 ml santan kara
  • 1 kaleng SKM cokelat
  • 1 kg gula pasir
  • 150 gram cokelat bubuk
  • 1000-200 ml air matang
  • Vanila secukupnya

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, siapkan wadah yang besar. Setelah itu, campurkan semua bahan tersebut menjadi satu. Saring adonan tersebut ke dalam panci ataupun wajan.
  2. Nyalakan api yang sedang, kemudian masak hingga adonan tersebut mengental.
  3. Jika sudah mengental, angkat dan kemudian tuangkan adonan agar-agar ke dalam cetakan. Pastikan Anda tidak membiarkan adonan terlalu lama di panci atau wajan, karena adonan akan cepat membeku.
  4. Saat adonan sudah dimasukkan ke dalam cetakan, tunggulah sebentar hingga dingin. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam kulkas dan nikmati agar-agar dodol dalam keadaan yang dingin.

6. Agar-Agar Jagung

Agar-Agar Jagung
Agar-Agar Jagung

Kreasi agar selanjutnya yang bisa Anda coba adalah agar-agar jagung. Sesuai dengan namanya, dalam membuat agar-agar ini Anda harus menambahkan jagung manis agar rasanya menjadi lebih nikmat. Mau tahu bagaimana cara membuat agar-agar ini? yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar instan
  • 7 sendok makan gula pasir
  • 3 gelas santan yang diambil dari satu butir buah kepala
  • 1 buah jagung manis
  • Susu kental manis untuk dijadikan toping

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, masukkan santan ke dalam wadah campurkan dengan gula. Masukkan agar-agar dan juga jagung manis yang sudah diiris.
  2. Nyalakan api, dan masak agar-agar dengan menggunakan api yang sedang sambil terus diaduk hingga adonannya benar-benar mendidih.
  3. Jika sudah, masukkan adonan ke dalam cetakkan. Diamkan dan juga dinginkan. Potong-potong sesuai dengan selera dan kemudian tuangkan susu kental manis di atasnya untuk dijadikan sebagai toping. Jadi deh, agar-agar jagung siap untuk disantap bersama dengan keluarga.

7. Agar-Agar Santan

Agar-Agar Santan
resepmedia.com

Pernah coba membuat agar santan? Bagi Anda yang belum, kali ini akan dibahas mengenai resep agar santan yang sangat lezat. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar
  • 65 ml santan kara
  • 3 gelas air
  • 10 sendok makan gula pasir

Cara membuat :

  1. Masukkan air ke dalam panci, kemudian masukkan agar-agar ke dalamnya. Tambahkan gula pasir dan santan kemudian aduk hingga merata.
  2. Letakkan panci di atas kompor, kemudian aduk terus adonan hingga mendidih. Saat sudah mendidih, barulah api dimatikan.
  3. Jika sudah, tuangkan agar-agar ke dalam cetakan dan tunggu hingga dingin dan mengental. Potong agar-agar dan sajikan kepada keluarga tercinta Anda.

8. Agar-Agar Waluh

Agar-Agar Waluh
www.fimela.com

Pernah dengar agar-agar waluh? Waluh yang dimaksud di sini adalah labu kuning. Bagaimana cara membuat agar-agar ini? yuk langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Bahan :

  • Satu bungkus agar-agar plain
  • 1 bungkus vanili
  • 1 buah labu kuning
  • 1 gelas gula pasir
  • 2 gelas air

Cara membuat agar-agar waluh :

  1. Langkah pertama untuk membuat agar-agar ini adalah dengan mengupas labu kuning kemudian mengukusnya sampai matang. Jika sudah matang, blender labu hingga benar-benar halus.
  2. Setelah itu, campurkan gula, vanili dan juga agar ke dalam wadah yang sama dengan labu. Tambahkan dua gelas air ke dalamnya.
  3. Nyalakan api dalam keadaan api yang sedang. Setelah itu, didihkan agar-agar sambil terus diaduk.
  4. Matikan api kemudian tuangkan adonan agar ke dalam loyang. Tunggu dingin dan simpan di lemari es. Potong dan agar-agar siap untuk disajikan.

9. Agar-agar Kacang Hijau

Agar-agar Kacang Hijau
lifestyle.okezone.com

Resep agar-agar yang selanjutnya adalah agar-agar kacang hijau. Bagaimana cara membuat agar-agar ini? untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 bungkus SKM
  • 1 gelas gula pasir
  • Semangkuk bubur kacang hijau
  • 3 gelas air

Cara membuat :

  1. Langkah pertama dalam membuat agar-agar kacang hijau adalah dengan mencampurkan agar-agar, gula pasir dan juga kacang hijau ke dalam wadah yang sama. Masukkan satu setengah gelas air, kemudian masak hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan tuangkan agar-agar ke dalam cetakan yang sudah disiapkan Diamkan hingga mengeras jika perlu masukkan ke dalam kulkas.
  3. Langkah kedua, buatlah agar-agar susunya dengan cara mencampur sisa agar-agar dengan susu kental manis. Masak adonan hingga benar-benar mendidih.
  4. Setelah itu, tuangkan agar-agar susu di atas agar-agar sebelumnya yang sudah mengembang, Tunggulah hingga uap agar-agar hilang dan kembali agar dimasukkan ke dalam kulkas.
  5. Potong agar-agar sesuai dengan selera kemudian sajikan untuk keluarga tercinta.

10. Agar-Agar Kelapa Muda

Agar-Agar Kelapa Muda
Agar-Agar Kelapa Muda

Kelapa muda memang sangat menyegarkan, akan lebih menyegarkan jika kelapa muda dicampur dengan menggunakan agar-agar. Mau tahu bagaimana cara membuat agar-agar kelapa muda? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar instan warna putih
  • 100 ml santan kelapa
  • 50 gra, gula pasir
  • 80 ml air kelapa muda
  • 100 gram daging kelapa muda
  • 1 lembar daun pandan
  • ½ teh garam

Cara membuat agar-agar kelapa muda :

  1. Langkah pertama untuk membuat agar-agar ini adalah dengan mencampurkan gula, garam, agar-agar, air kelapa muda dan juga pandan serta santan ke dalam satu panci. Aduk hingga merata.
  2. Nyalakan api, kemudian masak agar-agar hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Jika sudah, matikan kompor dan tunggulah sebentar hingga uapnya agak hilang.
  3. Tata dading buah pada cetakan yang sudah disediakan. Masukkan adonan agar-agar di atasnya. Jika sudah, biarkan agar-agar mengeras dan simpan di kulkas. Agar-agar kelapa muda siap disantap dalam keadaan yang dingin.

Menarik bukan? Agar-agar yang tadinya biasa bisa diubah menjadi berbagai kreasi yang menarik dan tentunya lezat. Semoga adanya informasi ini menambah wawasan Anda dalam hal membuat agar-agar untuk keluarga tercinta.

Tinggalkan komentar