Sejarah Bola Voli : Pencipta, Peraturan, dan Teknik Bermainnya

Sejarah Bola Voli – Siapa yang tidak tahu mengenai olahraga bola voli? Semua orang pasti mengetahuinya. Olahraga ini kerap menjadi ajaran wajib di banyak sekolah SD, SMP maupun SMA. Selain diajarkan di sekolah, masyarakat pada umumnya juga menggemari permainan bola satu ini. Tak ayal, banyak pertandingan bola voli yang dilakukan mulai dari lingkungan desa, komplek, sekolah, dan lainnya.

Tidak sampai di situ, olahraga bola voli yang telah mendapatkan hati di masyarakat semakin terkenal karena adanya kejuaraan nasional. Banyak atlet kita yang meraih berbagai medali emas, perak maupun perunggu di kompetisi permainan bola voli, dari mulai booming-nya permainan bola voli sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Itu semua berkat adanya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau yang biasa disingkat dengan PBVSI. PBVSI sendiri memiliki induk yang dinamakan Federation Internationale de Volleyball, atau bisa disebut dengan FIVB. FIVB ini adalah merupakan pusat dari seluruh persatuan bola voli di berbagai penjuru negara di dunia.

Bola Voli memang permainan yang mengasyikkan. Permainan ini mampu merekatkan hubungan persaudaraan antar pemain.

Selain itu, olahraga ini menggerakkan seluruh badan kita secara aktif, sehingga banyak keringat sehat yang keluar. Itu sebabnya olahraga ini termasuk olahraga yang paling digemari.

Permainan bola voli cukup simpel dan mudah dimengerti. Dimainkan oleh dua tim yang tiap timnya berisi enam orang pemain inti dan beberapa anggota cadangan, jadi di lapangan terdapat dua belas pemain. Namun lain halnya dengan bola voli pantai, di mana satu tim hanya terdapat dua anggota.

Jadi untuk bola voli pantai terdapat empat orang di satu lapangan. Jika Anda adalah salah satu penggemar bola voli, maka artikel kali ini sayang untuk Anda lewatkan. Sudah semestinya Anda memahami sejarah permainan bola voli apabila anda menyukai olahraga ini.

Meskipun bukan atlet, bukan berarti Anda boleh melewatkan sejarah. Bukan hal yang salah jika Anda membaca sejarah permainan bola voli sebagai pengetahuan umum dan menambah wawasan. Di sini, kami akan membahas tentang sejarah asal muasalnya permainan bola voli.

Mulai dari awal terbentuknya permainan, bagaimana bisa menjadi permainan bola voli seutuhnya, hingga sejarah secara internasional maupun nasional.

Sudah mulai penasaran bagaimanakah awal dari permainan bola voli ini? Yuk disimak baik-baik artikel berikut, dan kalau perlu Anda bisa mencatat poin-poin pokok yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Awal Mula Permainan Bola Voli Adalah Mintonette

awal mula permainan bola voli adalah mintonette
satujam.com

Bagi yang belum tahu, mungkin fakta ini akan sedikit mengejutkan Anda. Permainan bola voli sebenarnya adalah kompilasi atau kumpulan dari berbagai olahraga yang sudah ada sejak dulu lho! Terdapat empat permainan besar yang juga memakai bola yang turut membuat permainan bola voli ini.

Keempat permainan bola besar tersebut terdiri atas bola basket, baseball, bola tangan atau yang biasa disebut dengan handball dan yang terakhir adalah tennis. Dengan sedemikian rupa, keempat olahraga tersebut digabungkan menjadi satu. Dan jadilah sebuah permainan baru yang sekarang dikenal dengan nama permainan bola voli.

Ya, baru jaman sekarang saja permainan bola voli disebut dengan nama bola voli. Lho? Lantas, dulu disebut apa? Dulu, permainan ini disebut dengan Mintonette. Nama ini ditentukan oleh sang pembuat cabang olahraga bola voli, yaitu William G. Morgan.

Siapa itu William G. Morgan?

Siapa itu William G. Morgan
www.indiatoday.in

Siapa itu William G. Morgan dan kenapa beliau bisa mempunyai sebuah ide untuk menggabungkan beberapa olahraga menjadi permainan bola voli? William G. Morgan ternyata memang bekerja di bidang yang berhubungan dengan olahraga, sehingga beliau bisa memiliki aspirasi seperti itu.

Lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942 di Amerika Serikat, William G. Morgan menyukai hal-hal yang berbau olahraga. Beliau menghabiskan hidupnya untuk bekerja sebagai seorang pelatih atau instruktur pendidikan jasmani. Jelasnya, beliau bekerja sebagai Director of Physical Education di YMCA.

Hari bersejarah di mana William G. Morgan menciptakan permainan olahraga Mintonette ini pada tanggal 9 Februari tahun 1895. Beliau menemukan permainan bola voli ini tepatnya di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Apa itu YMCA?

Apa itu YMCA
YMCA

Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa William G. Morgan bekerja sebagai pelatih atau instruktur pendidikan jasmani di YMCA, mungkin ada dari Anda yang bertanya-tanya tentang YMCA. Apa itu YMCA?

YMCA, atau kepanjangan dari Young Men Christian Association bukanlah sebuah sekumpulan orang Kristen biasa seperti yang dikira banyak orang. Sejatinya, YMCA adalah merupakan organisasi sah yang tujuan utamanya adalah menyebarkan ajaran Injil kepada umat yang beragama Kristen.

Seperti namanya, YMCA membidik khusus ke para pemuda yang berjiwa kuat. YMCA pertama kali dibangun pada tanggal 6 Juni 1884 yang berlokasi di kota London, Inggris. Organisasi ini dibiayai secara prakarsa oleh seorang dermawan yang bernama George William.

Tidak lama, organisasi ini pun berkembang secara pesat di London dan membuatnya terkenal, seiring penyebaran Injil yang semakin meluas. Lambat laun, YMCA tidak hanya memfokuskan pada pengajaran secara teori dan rohani.

Karena organisasi ini bertujuan untuk menarik para pemuda, YMCA berusaha untuk memberikan fasilitas yang baru dan terbaik. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti fasilitas penginapan, pendidikan di luar sekolah, dan fasilitas olahraga. Itulah mengapa William G. Morgan bekerja sebagai instruktur di sini.

Inspirasi William G.Morgan Berasal Dari Bola Basket

Inspirasi William G.Morgan Berasal Dari Bola Basket
www.penjasorkes.com

Sampai di sini mungkin Anda berpikir, bagaimana bisa William G. Morgan mempunyai ide cemerlang seperti itu? Ternyata, selain karena lingkungannya yang berhubungan dengan olahraga, William G. Morgan mempunyai sosok besar yang membuat beliau mempunyai inspirasi sampai sejauh ini. Orang tersebut adalah James Naismith.

Siapa itu James Naismith dan mengapa orang seperti William G. Morgan mengaguminya? James Naismith adalah sosok yang menemukan permainan bola basket. James Naismith ini terpaut 9 tahun dengan William G. Morgan, di mana beliau lahir tanggal 6 November 1861. Beliau meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939.

Bagaimana William G. Morgan dan James Naismith ini bisa bertemu? Jawabannya ada di pekerjaan. ya, James Naismith ini juga sama-sama bekerja sebagai pelatih atau instruktur pendidikan jasmani di YMCA. Mereka sama-sama berpikir dan tidak berhenti berinovasi untuk anak-anak didik mereka yang belajar di organisasi YMCA.

Pada suatu saat, James Naismith berhasil menciptakan permainan bola basket. Dan selang empat tahun kemudian, William G. Morgan yang terinspirasi dari James Naismith menciptakan permainan Mintonette. Pada saat itu namanya masih Mintonette dan bukan bola voli seperti sekarang, ya, jadi jangan bingung dengan istilahnya.

Sejatinya, permainan bola voli yang diciptakan oleh William G. Morgan ini hanya diperuntukkan bagi anggota YMCA saja. William G. Morgan bermaksud, agar anggota-anggota YMCA yang usianya sudah tidak lagi muda dan kurang produktif bisa masih tetap berolahraga dan menjaga kesehatan mereka.

Karena alasan itulah, permainan bola voli pada awalnya tidak begitu dikenal dan tidak seaktif permainan bola basket. Karena selain hanya untuk anggota usia lanjut, banyak dari anggota YMCA lebih menyukai permainan bola basket karena sudah terbiasa.

Aturan-Aturan Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Voli

Aturan-Aturan Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Voli
infopengertian.biz

Yang namanya permainan, sudah pasti ada peraturan yang berlaku. Pun juga dengan permainan bola voli ini, walaupun peraturannya masih terbilang sangat simpel dan tidak sekompleks jaman sekarang. Tentu saja, pembuat aturan permainan bola voli adalah pencetus cabang olahraga itu sendiri, William G. Morgan.

Awalnya, beliau menciptakan sebuah jaring dengan tinggi hampir dua meter. Kemudian jaring tersebut dipasang di tengah lapangan. Lapangan dari permainan bola voli sendiri berukuran 7,6 meter x 15,2 meter persegi. Soal lama durasi dari permainan, William G. Morgan menentukan bahwa setiap pertandingan terdiri dari sembilan sesi, dengan tiga kali servis di tiap tim secara adil.

Istilah Mintonette Menjadi Bola Voli

Istilah Mintonette Menjadi Bola Voli
danayasasoma.blogspot.com

Cabang olahraga yang bernama Mintonette ini akhirnya berubah nama menjadi volleyball pada tahun 1896. Jika dibahasa Indonesiakan, volleyball berarti bola voli. Perubahan nama ini disahkan secara resmi ketika YMCA bagian Training School mengadakan event demonstrasi pertandingan bola voli.

Event tersebut didatangi oleh semua pelatih dan instruktur yang ada di YMCA. Di depan para instruktur, William G. Morgan selaku pencipta dari olahraga ini menjelaskan secara detail apa dan bagaimana cara bermain bola voli ini. Pada waktu itu, beliau juga membawa serta dua tim di mana di setiap timnya terdapat lima orang.

Diakui Di Seluruh Dunia

Diakui Di Seluruh Dunia
gaznaz.com

Setelah adanya event tersebut, permainan bola voli semakin dikenal dan pada akhirnya olahraga ini terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya itu, dalam aturan permainannya pun terjadi perubahan sedikit demi sedikit. Seperti misalnya, pada tahun 1916 diperkenalkan teknik spike dan smash.

Pada tahun 1947 akhirnya dunia pun mengakui ketenaran olahraga ini, dengan dibentuknya Federasi Internasional Bola Voli atau yang biasa disebut dengan FIVB. Dan pada tahun 1949, mereka menyelenggarakan kompetisi kejuaraan permainan bola voliĀ  untuk pertama kalinya.

Permainan Bola Voli Di Indonesia

Permainan Bola Voli Di Indonesia
www.romadecade.org

Seiring berkembangnya jaman, akhirnya permainan bola voli masuk ke Indonesia pada tahun 1928, pada saat Indonesia masih dijajah oleh sekutu Belanda. Tapi yang membuat sedikit kesal adalah, permainan bola voli ini hanya boleh dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.

Namun lambat laun, akhirnya permainan ini meluas semenjak didatangkannya para instruktur bola voli langsung dari Belanda. Belanda mendatangkan mereka dengan tujuan melatih para tentara yang ada di Indonesia. Mereka bermain bola voli kebanyakan di ruang tertutup seperti asrama, namun tidak jarang juga di lapangan terbuka. Mereka juga sering berkompetisi satu sama lain.

Bagaimana Terbentuknya PBVSI

Bagaimana Terbentuknya PBVSI
PBVSI

Sejak saat itu, permainan bola voli meningkat secara pesat ke seluruh penjuru nusantara. Semakin banyak bermunculan komunitas-komunitas pecinta bola voli yang kemudian menjadi klub bola voli. Hal tersebutlah yang memicu berdirinya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada tanggal 22 Januari 1955.

Setelah didirikan, PBVSI termasuk organisasi yang aktif. PBVSI berupaya untuk terus mendukung dan menyelenggarakan beragam permainan bola voli di kota-kota di Indonesia. Tidak hanya di lokal, PBVSI juga menyelenggarakannya di luar negeri.

Pertandingan Resmi

Pertandingan Resmi
riuhimaji.com

Perkembangan dari permainan bola voli ini semakin meningkat cepat di Indonesia, khususnya pada saat adanya Asian Games ke IV pada tahun 1962. Tidak hanya itu, ada juga kompetisi Ganefo I di tahun 1963.

Akhirnya, permainan bola voli ini yang awalnya hanya sebagai hiburan saja, secara resmi dibuat kompetisi di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1951, permainan bola voli naik derajat sebagai pertandingan resmi di Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Itulah tadi sejarah dari permainan bola voli, mulai dari bagaimana terbentuknya bola voli hingga maraknya permainan ini sampai sekarang. Permainan bola voli memang tidak ada matinya karena sebagai cabang olahraga, permainan ini akan terus berkembang. Semoga dengan penjelasan dari sejarah bola voli ini membuat wawasan Anda menjadi lebih luas.

Tinggalkan komentar