Peta Jepang: Pembagian Provinsi dan Rekomendasi Tempat Wisata

Peta jepang – Jepang adalah salah satu negara yang terletak di Asia Timur dan bersebelahan dengan beberapa negara lain, seperti Korea, Russia hingga China. Sesuai dengan apa yang digambarkan dalam peta Jepang, maka negara ini memiliki batas dengan Samudera Pasifik di sebelah barat dan Laut Jepang di sebelah timur.

Perlu diketahui bahwa Jepang merupakan sebuah negara kepulauan. Ada sekitar 6.000 pulau mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar yang menjadi bagian dari negara Jepang. Memang, secara umum, beberapa pulau tidak terlalu jelas terlihat di peta Jepang karena mungkin ukurannya yang terlalu kecil.

Fakta menarik lain terkait Jepang adalah kemajuan negara ini. Perlu diketahui bahwa produk-produk Jepang banyak beredar dan tersebar di seluruh dunia. Ini adalah salah satu fakta di mana menunjukkan bahwa Jepang menjadi salah satu negara industri terbesar di dunia dan juga menjadi salah satu negara maju yang sangat disegani.

Selain fakta sebagai negara maju dan memiliki pengaruh cukup besar terhadap kondisi ekonomi dunia, Jepang juga menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat indah. Ya, ada cukup banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan untuk bisa dikunjungi di Jepang.

Salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi adalah Gunung Fuji. Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang yang pada bagian puncaknya diselimuti salju yang sangat indah. Nah, pemandangan yang indah inilah yang membuat Gunung Fuji menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik.

Anda bisa mengecek peta Jepang untuk mengetahui di mana lokasi gunung ini dan juga destinasi wisata lainnya.

Pembagian Provinsi di Jepang

Pembagian Provinsi di Jepang
jefrihutagalung.wordpress.com

Dalam tampilan peta Jepang, ada beberapa pembagian provinsi di Jepang. Nah, secara keseluruhan, Jepang dibagi menjadi 47 prefecture di mana bisa dikelompokkan menjadi delapan wilayah. Nah, sebagian besar wilayah Jepang berada di Pulau Honshu.

Nah, untuk mengetahui pembagian wilayah di Jepang dengan lebih jelas dan sesuai dengan peta Jepang yang ditampilkan, ada beberapa provinsi di Jepang yang perlu diketahui. Adapun pembagian wilayah provinsi di Jepang sesuai dengan peta Jepang tersebut adalah sebagai berikut.

  • Hokkaido

peta hokkaido
japan-guide.com

Jika Anda mengamati detail peta Jepang, maka Anda akan menemukan jika Hokkaido terletak di wilayah Jepang paling utara. Dalam hal ini, perlu diketahui jika Hokkaido adalah pulau terbesar nomor dua di Jepang.

Nah, pulau ini dipisahkan dengan Selat Tsugaru. Selat ini membentang dan memisahkan Pulau Hokkaido dengan Pulau Honshu. Selain itu, jika dibandingkan dengan Pulau Kyushu, Hokkaido memiliki luas wilayah dua kali lipat. Hanya saja, penduduk di wilayah Hokkaido cenderung lebih sedikit sekitar 5,4 juta penduduk saja.

Hokkaido sendiri dibagi menjadi beberapa bagian wilayah yang berbeda. Adapun pembagian wilayah di Hokkaido adalah Dounan, Douou, Doutou dan Doukoku. Keempat wilayah ini masih memiliki sub prefecture dengan wilayah yang lebih kecil lagi.

  • Tohoku

PETA TOHOKU
japan-guide.com

Wilayah lain di Jepang yang cukup besar adalah Touhoku. Wilayah ini terletak di Pulau Honshu, tepatnya di sebelah timur laut pulau dan dipisahkan oleh Selat Tsugaru. Nah, wilayah Touhoku ini memiliki total 6 prefecture. Adapun prefecture yang ada di wilayah ini adalah Fukushima, Yamagata, Akita, Miyagi, Iwate dan juga Aomori.

Hal unik yang ada di Touhoku adalah batas wilayah. Dalam hal ini, Touhoku sebelah barat dan sebelah timur dipisahkan dengan pegunungan Oou. Pegunungan ini cukup unik karena memiliki wilayah dengan musim panas yang bisa dikatakan cukup pendek.

Nah, biasanya, wilayah Touhoku sebelah timur akan memiliki iklim sejuk pada musim panas namun bisa merusak tanaman. Sedangkan dalam musim dingin, wilayah Touhoku terutama di sebelah barat cenderung memiliki musim dingin yang lebih panjang.

  • Kantou

PETA KaNTO

Wilayah pembagian berdasar peta Jepang lainnya adalah Kantou. Wilayah ini terletak di bagian Pulau Honshu tepatnya di bagian tenggara dan berbatasan secara langsung dengan Samudera Pasifik. Nah, wilayah ini sendiri memiliki pembagian 7 prefecture, yaitu Kanagawa, Tokyo, Chiba, Saitama, Gunma, Tochigi dan juga Ibaraki.

Perlu diketahui bahwa sebagaimana bisa dilihat di peta Jepang, daerah ini memiliki dataran paling luas di Jepang. Dataran yang dimaksud adalah dataran rendah Tokyo. Selain itu, beberapa kota besar di Jepang, seperti Tokyo, Yokohama, Saitama dan beberapa lainnya ada di Kantou.

Kondisi ini membuat wilayah Kantou menjadi wilayah dengan penduduk yang paling banyak di Jepang. Selain itu, wilayah ini masuk ke dalam salah satu wilayah industri yang paling besar di Jepang. Ada zona Industri terbesar di Jepang yang ada di wilayah ini, yaitu Keihin dan Keiyou.

  • Chuubu

PETA CHUBU

Berdasarkan peta Jepang, wilayah Chuubu terletak di bagian Pulau Honshu, tepatnya di bagian tengah. Wilayah ini juga menjadi wilayah yang paling luas di Pulau Honshu. Nah, di wilayah ini, terdapat 9 prefecture, yaitu Aichi, Shizuoka, Gifu, Nagano, Yamanashi, Fukui, Ishikawa, Toyama dan Niigata.

Uniknya, daerah ini memiliki iklim yang berbeda di setiap wilayah pembagian tersebut. Untuk wilayah prefecture yang terletak di sekitar Laut Jepang, maka wilayah tersebut akan memiliki curah salju yang cukup besar di musim dingin.

Sedangkan untuk wilayah yang terletak di sekitar Samudera Pasifik, maka wilayah tersebut akan memiliki iklim cenderung sedang setiap tahunnya. Nah, wilayah Chuubu ini banyak menghasilkan beberapa bahan makanan dan menjadi salah satu pemasok di Jepang. Beberapa barang yang dihasilkan adalah teh, jeruk dan juga beras.

  • Kinki

Pembagian wilayah lain berdasarkan peta Jepang adalah Kinki. Nama Kinki adalah sebutan untuk wilayah geografis yang terletak di bagian tengah agak ke barat dari Pulau Honshu. Wilayah ini memiliki nama lain yaitu Kansai di mana nama tersebut digunakan untuk menyebut konteks budaya dan sejarah dari wilayah Kinki tersebut.

Nah, wilayah Kinki dibagi lagi menjadi 7 buah prefecture. Adapun prefecture yang terdapat di wilayah Kinki adalah Wakayama, Nara, Hyogo, Osaka, Kyoto, Shiga dan juga Mie. Luas wilayah Kinki, berdasar peta Jepang, adalah sekitar 9% dari total wilayah Jepang secara keseluruhan.

  • Chuugoku

Chuugoku adalah wilayah yang menurut peta Jepang terletak di Pulau Honshu bagian barat. Wilayah ini kemudian dibagi lagi menjadi setidaknya 5 prefecture. Adapun prefecture di wilayah ini adalah Yamaguchi, Hiroshima, Okayama, Shimane dan juga Tottori.

Berdasar peta Jepang, Chuugoku dibagi menjadi dua bagian wilayah utama. Kedua wilayah tersebut adalah wilayah San-in yang menghadap ke laut Jepang serta wilayah San’you yang menghadap ke Laut Pedalaman Seto.

  • Shikoku

Provinsi lain menurut peta Jepang adalah Shikoku. Dari empat pulau utama yang ada di Jepang, maka bisa dikatakan bahwa wilayah Shikoku adalah wilayah yang memiliki pulau paling kecil dan berada di sebelah barat daya dari Pulau Honshu. Di wilayah ini terdapat jembatan Seto Ohashi di mana menjadi penghubung dengan Pulau Honshu.

Di wilayah ini terdapat empat prefecture yang lebih kecil. Adapun beberapa prefecture tersebut adalah Kochi, Ehime, Kagawa dan juga Tokushima. Perlu diketahui bahwa bagian utara dari pulau ini memiliki iklim sedikit hujan dan cenderung hangat sehingga menjadikannya sebagai wilayah industri pertanian serta kehutanan.

  • Kyuushuu

PETA KYUSHU

Kyuushuu merupakan provinsi yang terletak di bagian paling barat daya di Jepang. Jika dilihat di peta Jepang, maka wilayah ini juga merupakan pulau ketiga terbesar yang ada di Jepang.

Nah, wilayah ini memiliki 8 prefecture yang lebih kecil. Adapun prefecture di wilayah Kyuushuu adalah Okinawa, Kagoshima, Miyazaki, Oita, Kumamoto, Nagasaki, Saga dan Fukuoka. Wilayah ini secara administratif memiliki tiga bagian yang berbeda, yaitu Kyuushuu Utara, Kyuushuu Tengah dan Kyuushuu Selatan.

Nah, menurut peta Jepang, maka pembagian wilayah di Jepang adalah sebagaimana dijelaskan di awal. Meskipun bisa dikatakan negara Jepang memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, namun ada cukup banyak pembagian wilayah yang membuat penataan wilayah di Jepang semakin bagus dan teratur.

Rekomendasi Wisata yang Ada di Jepang

Rekomendasi Wisata yang Ada di Jepang
wisatajepang.co.id

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Jepang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menyenangkan di dunia. Nah, ada cukup banyak destinasi wisata yang sangat menarik di Jepang untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Jepang. Beberapa rekomendasi destinasi wisata terbaik di Jepang adalah sebagai berikut.

  • Universal Studios

Universal Studios
www.japan-guide.com

Universal Studios adalah destinasi wisata yang ada di Osaka. Lokasi ini sangat ramai dikunjungi terutama saat musim panas. Nah, Anda bisa mengenal industri dan hiburan di Jepang dengan berkunjung ke tempat ini.

  • Orofure Pass Observatory

Orofure Pass Observatory
map.uu-hokkaido.jp

Orofure Pass Observatory adalah destinasi wisata alam menarik untuk dikunjungi. Wilayah ini terletak sekitar 930 di atas permukaan laut. Selain ada pemandangan Gunung Yotei, Anda bisa juga melihat keindahan Danau Toya di sini.

  • Hitachi Seaside Park

Hitachi Seaside Park
www.japan-guide.com

Hitachi Seaside Park adalah destinasi wisata unik yang terletak di Ibaraki. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi saat musim gugur karena menawarkan pemandangan yang sangat eksotis.

Baca Juga Destinasi Wisata Tangerang 

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai peta Jepang dan beberapa destinasi wisata menarik di sana. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar