10 Contoh Visi Misi yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Contoh visi misi – Di dalam menjalankan sebuah roda organisasi, yayasan maupun lembaga, tentu saja mempunyai satu tujuan serta impian bersama yang ingin dicapai. Nah, tatakan tujuan dan impian tersebutlah yang akan dipakai sebagai landasan dasar untuk menjalankan aktivitas-aktivitas di dalamnya.

Supaya lebih jelas, maka tujuan tersebut akan dibuat ke dalam wujud tulisan yaitu sebagai visi dan misi. Jadi secara sederhana visi merupakan suatu gambaran sedangkan misi merupakan cara untuk bisa meraih apa yang telah di kabarkan tersebut.

Visi dan misi menjadi suatu hal yang paling pokok agar seluruh anggota dalam organisasi atau lembaga tersebut mempunyai titik fokus yang sama. Selain digunakan sebagai pedoman, visi misi juga memiliki fungsi sebagai pemersatu pemikiran supaya target utama dari organisasi atau lembaga tersebut bisa tercapai.

Supaya lebih jelas lagi, maka Anda dapat memahami pembahasan tentang visi dan misi dari berbagai contoh yang akan kami berikan di dalam artikel ini.

Berikut ini beberapa penjelasan seputar contoh visi dan misi secara lengkap, yaitu mulai dari contoh visi misi suatu organisasi, OSIS, BEM, visi misi menikah, visi misi hidup dan lain sebagainya.

Contoh Visi Misi Sekolah

Contoh Visi Misi Sekolah
thegorbalsla.com

Secara umum tentunya sebuah lembaga sekolah harus punya visi dan misi yang jelas. Baik itu sekolah swasta maupun sekolah negeri dan baik itu pada sekolah dasar maupun tingkat lanjut. Di bawah ini adalah contoh dari visi dan misi sekolah:

Visi dan Misi Sekolah Muslimat

Visi:

Wujudkan peserta didik yang cerdas, religius serta mempunyai wawasan yang luas dengan berlandaskan Pancasila dan ahlussunnah wal jamaah.

Misi:

  1. Menanamkan sikap religius lewat-lewat pelajaran agama yang diberikan di sekolah
  2. Menanamkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme lewat kegiatan belajar mengajar di sekolah.
  3. Memberikan bimbingan konseling terhadap para siswa di dalam hal kemandirian serta kedisiplinan yang dilakukan secara berkala.
  4. Menjalin kerjasama yang baik antar penduduk sekolah dan sekelilingnya di dalam berbagai event dan kegiatan demi mewujudkan kemajuan sekolah bersama.
  5. Menyelenggarakan berbagai event dan kegiatan untuk mendorong produktivitas, kreativitas dan juga untuk menambah wawasan bagi para peserta didik.

Sekolah negeri merupakan salah satu sekolah swasta yang di dalamnya terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah sampai dengan Madrasah Aliyah. Visi dan misi yang telah dibuat tersebut sengaja berbentuk yang lebih umum serta bisa mencakup seluruh pendidikan dari berbagai usia.

Contoh Visi Misi OSIS SMA

Contoh Visi Misi OSIS SMA
thegorbalsla.com

Sebagaimana di tingkat Sekolah menengah pertama atau SMP, tingkat sekolah menengah atas atau SMA juga mempunyai organisasi siswa yang sama yaitu OSIS.

Sedangkan untuk perbedaannya sendiri tidak terlalu signifikan, hanya saja OSIS SMA memiliki lingkup kegiatan yang lebih besar. Dasar pembuatan visi misi sendiri tak jauh-jauh dari tujuan sekolah itu sendiri. Berikut ini contoh dari sebuah visi misi OSIS SMA.

Visi dan Misi OSIS SMA Islam Primaganda

Visi:

Mewujudkan OSIS SMA Negeri Primaganda serta siswa nasional yang memiliki jiwa internasional yang cerdas, religius, Mandiri serta berlandaskan taqwa yang sesuai dengan syariah.

Misi:

  1. Melakukan kegiatan tentang keagamaan secara berkala di luar jam sekolah.
  2. Memajukan serta mendukung seluruh kegiatan siswa SMA Islam Primaganda yang sifatnya positif dengan berlandaskan iman dan taqwa.
  3. Menumbuhkan jiwa nasionalisme para siswa melalui kegiatan besar yang dilaksanakan.
  4. Mengharumkan nama sekolah SMA Islam Primaganda di kancah nasional dan internasional.
  5. Membentuk program kegiatan yang bisa mengasah kreativitas siswa serta membangun kemandirian.
  6. Menjadikan OSIS sebagai wadah untuk bisa menampung semua aspirasi bagi siswa demi kemajuan sekolah bersama.

SMA Islam Primaganda adalah salah satu sekolah swasta yang lebih mengutamakan pendidikan keagamaan kepada seluruh siswanya.

Akan tetapi juga tidak merupakan rasa nasionalismenya sehingga sekolah SMA Islam Primaganda ini akan mendidik siswanya untuk memiliki jiwa internasionalis serta berwawasan terbuka. Maka dari itu, visi dan misi yang dibentuk oleh OSIS SMA Islam Primaganda akan dibuat selaras dengan tujuan sekolah.

Contoh Visi Misi OSIS SMK

Contoh Visi Misi OSIS SMK
thegorbalsla.com

Walaupun Sekolah menengah atas atau SMA dan sekolah menengah kejuruan atau SMK sama-sama berkedudukan di atas sekolah menengah pertama atau SMP, namun dalam visi misi kedua sekolah tersebut memiliki perbedaan.

Hal tersebut tentu saja tak lepas dari latar belakang kedua lembaga pendidikan tersebut yang mana sekolah SMK akan mengutamakan keterampilan dibandingkan dengan teori. Nah, supaya lebih jelas maka mari kita lihat contoh visi misi OSIS SMK di bawah ini:

Visi dan Misi OSIS SMK Negeri 1 Candipuro

Visi:

Membantu untuk mewujudkan generasi muda yang kreatif, Mandiri, produktif serta inovatif demi kemajuan negara dan bangsa.

Misi:

  1. Mengembangkan rasa tanggung jawab, rasa sosial serta rasa saling menghargai antar warga sekolah.
  2. Mengadakan program kegiatan yang sifatnya mengembangkan kreativitas serta kemandirian siswa SMK Negeri 1 Candipuro.
  3. Mengadakan kegiatan seminar yang berkaitan dengan wirausaha serta kreativitas.
  4. mendukung semua jenis ekstrakurikuler serta semua kegiatan sekolah yang bersifat positif.
  5. Mengembangkan serta melanjutkan program kegiatan yang sudah dibentuk oleh kepengurusan OSIS pada angkatan sebelumnya.

Susunan dari misi yang telah disebutkan di atas telah dirancang dengan berdasarkan tujuan sekolah SMK Negeri 1 Candipuro yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang siap bekerja serta siap menjalani kehidupan yang sebenarnya dengan berbekal keterampilan yang sudah didapatkan di SMK Negeri 1 Candipuro.

Kemudian OSIS akan membantu dalam mewujudkan tujuan sekolah tersebut dengan membentuk visi dan misi yang masih mempunyai keterkaitan dengan tujuan sekolah.

Contoh Visi Misi OSIS SMP

Contoh Visi Misi OSIS SMP
thegorbalsla.com

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa organisasi OSIS adalah organisasi bagi siswa resmi yang wajib untuk dimiliki oleh setiap Sekolah menengah pertama dan Sekolah menengah atas. Sedangkan dalam pengelolaan organisasi OSIS tersebut, maka harus mempunyai visi dan misi yang jelas sebagaimana contoh di bawah ini:

Visi dan Misi OSIS SMP Negeri 1 Candipuro

Visi:

Menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan, cinta lingkungan, cinta keberagaman serta kondusif.

Misi:

  1. Melakukan pengembangan yang maksimal kepada ekstrakurikuler di sekolah.
  2. Menyelenggarakan kegiatan kerja bakti lingkungan sekolah dan sekitarnya secara berkala.
  3. Mengoptimalisasikan peran serta fungsi dari OSIS sebagai panitia penyelenggara berbagai kegiatan siswa SMP Negeri 1 Candipuro.
  4. Menyelenggarakan berbagai event tahunan olahraga dan seni sebagai salah satu wujud dari toleransi perbedaan.
  5. OSIS wajib menjadi pusat tauladan bagi seluruh siswa SMP Negeri 1 Candipuro.
  6. Pengembangan serta peningkatan program-program kerja OSIS yang telah dibuat pada angkatan sebelumnya.

SMP Negeri 1 Candipuro merupakan salah satu sekolah negeri yang siswanya berasal dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda, baik itu latar belakang kebangsaan serta keagamaan.

Dengan demikian, visi dan misi yang telah dibuat oleh OSIS SMP Negeri 1 Candipuro tersebut harus bisa menyatukan perbedaan tersebut serta mampu untuk meningkatkan sikap yang tenggang rasa kepada sesama siswa demi menjaga persatuan dan perdamaian.

Contoh Visi Misi BEM

Contoh Visi Misi BEM
thegorbalsla.com

Jika pada tingkat sekolah menengah yang mempunyai organisasi intera yaitu OSIS, maka tingkatan Universitas juga mempunyai organisasi intera yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa atau disebut dengan BEM.

Keberadaan dari BEM tersebut fungsinya hampir sama dengan OSIS yang ada di tingkat sekolah. Akan tetapi jangkauan dari BEM jauh lebih luas, tujuan serta cita-cita jauh lebih besar, serta massanya lebih banyak. Sebagaimana contoh visi misi BEM di bawah ini:

Visi dan Misi BEM Universitas Tribuana Tunggadewi

Visi :

Mewujudkan mahasiswa yang kreatif, aktif dan produktif di dalam bidang teknologi serta mampu menjadi harapan bagi seluruh masyarakat baik itu nasional maupun internasional.

Misi:

  1. Menyelenggarakan serta mendukung seluruh kegiatan yang memiliki keterkaitan dengan teknologi baik itu yang terdapat di dalam kampus atau di luar kampus.
  2. ikut berpartisipasi aktif dalam setiap event dan juga seminar yang berkaitan dengan teknologi masa depan yang lebih baik di dalam negeri atau bahkan di luar negeri.
  3. Menampung semua aspirasi dari mahasiswa di dalam segala bidang demi mewujudkan kemajuan bersama.
  4. Ikut serta di dalam setiap kompetisi khususnya di bidang teknologi, baik itu kompetisi  di dalam skala regional, nasional atau bahkan internasional.
  5. Membuat berbagai program yang bisa membantu untuk mengasah daya kreativitas serta produktivitas semua mahasiswa.

Dalam hal ini, maka organisasi BEM ini akan ikut serta dalam membantu seluruh aktivitas mahasiswa secara keseluruhan khususnya pada bidang pengembangan teknologi.

Kami memajukan Universitas Tribuana Tunggadewi, maka segala bentuk atas penyampaian pendapat dari seluruh mahasiswa bisa ditampung oleh organisasi badan eksekutif Mahasiswa atau BEM yang selanjutnya akan disampaikan kepada pihak kampus.

Contoh Visi Misi Desa

Contoh Visi Misi Desa
thegorbalsla.com

Desa merupakan bagian paling kecil dari suatu wilayah yang dipimpin oleh kepala desa atau dukuh. Desa mempunyai lembaga harga yang bertujuan untuk memajukan serta mengembangkan penduduknya yaitu LKKMD atau LKMD.

Semua pejabat Desa punya visi dan misi sendiri yang akan berlaku untuk seluruh warganya. Contohnya seperti visi misi desa Bumi jaya di bawah ini:

Visi dan Misi Desa Bumi Jaya

Visi:

Mewujudkan masyarakat desa bumi jaya yang adil dan makmur serta bisa menciptakan kehidupan masyarakat desa bumi jaya yang tenteram dan aman di dalam lingkungan yang tertata dan rapi.

Misi:

  1. Menyelenggarakan program yang bertujuan untuk memajukan masyarakat Desa Bumi Jaya
  2. Memaksimalkan jam belajar bagi masyarakat desa bumi jaya dengan mengadakan kegiatan yang sifatnya produktif.
  3. Menumbuhkan rasa saling menghargai, saling menghormati serta saling toleransi antar umat beragama di desa bumi jaya.
  4. Menampung seluruh aspirasi dari masyarakat desa bumi jaya serta berusaha untuk bisa mencarikan solusi alternatif yang terbaik.
  5. Mengadakan event atau kegiatan kebersihan yang melibatkan seluruh masyarakat desa bumi jaya secara rutin.
  6. Ikut bekerjasama dengan lembaga pemerintah atau instansi yang bisa mengelola desa dan organisasi kepemudaan karang taruna di desa bumi jaya.
  7. Membudayakan kegiatan gotong royong dalam pembangunan.

Visi dan misi desa bumi jaya tersebut dibuat secara umum karena di dalam satu desa tentunya masyarakatnya mempunyai latar belakang yang beraneka ragam serta kepercayaan yang bersifat heterogen.

Maka visi dan misi dari desa bumi jaya ini secara tidak langsung akan mengarahkan masyarakatnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menciptakan keseimbangan di desa bumi jaya itu sendiri.

Contoh Visi Misi Forum Anak

Contoh Visi Misi Forum Anak
thegorbalsla.com

Apakah Anda pernah menjumpai adanya forum anak yang terdapat di tempat Anda tinggal saat ini? Misalnya seperti forum anak mendongeng, forum baca anak, forum dolanan anak dan lain sebagainya.

Walaupun lingkup dari forum anak tersebut kecil dan bukan termasuk organisasi atau lembaga, namun forum anak akan melibatkan banyak orang sehingga perlu adanya visi dan misi demi tercapainya tujuan yang satu.

Visi dan Misi Forum Dolanan Anak

Visi:

Melestarikan dolanan anak serta ikut membantu dalam upaya menyelamatkan masa kecil anak-anak sehingga mereka berkembang sesuai dengan usianya saat ini.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pertemuan dengan mengajak anak-anak bermain sesuai dengan usianya secara berkala dan rutin.
  2. Memperkenalkan permainan-permainan serta dolanan tradisional khas anak-anak.
  3. Memperkenalkan permainan-permainan serta dolanan modern khas anak-anak.
  4. Memberikan metode pengajaran bermain sambil belajar.
  5. Ikut dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang ceria, optimis dan lebih baik.

Itulah tadi contoh dari visi misi forum anak yang barangkali bisa Anda jadikan sebagai referensi saat akan menciptakan forum anak. semoga para pembaca sekalian bisa tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu yang bisa menyelamatkan anak-anak kecil sebagai generasi bangsa yang pada saat ini semakin memprihatinkan.

Contoh Visi Misi Organisasi

Contoh Visi Misi Organisasi
salamadian.com

Dalam setiap pembentukan sebuah organisasi apa saja tentunya punya visi dan misi tertentu yang akan dicapai bersama. Tanpa adanya visi dan misi organisasi, tentu saja seluruh aktivitas di dalam organisasi tersebut tidak akan bisa terarah serta tidak akan terfokus untuk mewujudkan cita-cita bersama-sama. Berikut ini adalah contoh visi misi sebuah organisasi:

Visi dan Misi Organisasi Pemuda Anti Narkoba

Visi:

Membantu dalam mewujudkan Indonesia yang bebas narkoba serta ikut serta dalam menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya zat aditif, narkotika serta psikotropika.

Misi:

  1. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.
  2. Menggencarkan imbauan serta kampanye agar menjauhi narkoba.
  3. Menyelenggarakan kegiatan atau event seperti seminar yang masih berkaitan dengan tema penyalahgunaan narkotika.
  4. Merekrut serta merangkul sebanyak-banyaknya pemuda Indonesia untuk bersama-sama memerangi narkoba.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi anti narkoba lainnya serta dengan badan narkotika milik pemerintah.
  6. Memperluas jaringan organisasi bahkan sampai ke sekolah baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Visi dan misi dari organisasi anti narkoba tersebut hanya semata-mata difokuskan dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan zat aditif, narkotika serta psikotropika.

Kemudian visi dan misi tersebut akan dijadikan sebagai dasar jalannya organisasi pemuda anti narkoba. Hal tersebut juga akan berlaku untuk organisasi-organisasi lainnya, misalnya seperti organisasi seni, organisasi kemahasiswaan, organisasi pecinta alam dan organisasi lainnya.

Contoh Visi Misi Menikah

Contoh Visi Misi Menikah
thegorbalsla.com

Setiap pasangan yang sudah menikah juga harus mempunyai visi dan misi supaya bisa menciptakan kehidupan yang bisa meredam perbedaan serta rukun di dalam menjalani biduk rumah tangga.

Walau bagaimanapun menikah merupakan soal dalam menyatukan dua orang yang memiliki karakter berbeda. Menikah bukan hanya bermodalkan cinta saja namun juga harus mempunyai cita-cita bersama.

Visi dan Misi Menikah

Visi:

Menciptakan kehidupan rumah tangga yang berorientasi pada prinsip samawa (sakinah mawadah dan warohmah)

Misi:

  1. Lebih mengutamakan pada kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan pribadi.
  2. berusaha menjadi orang yang bisa saling memahami serta mengerti dengan pasangan.
  3. Menciptakan kehidupan rumah tangga yang damai, tenteram dan tenang.
  4. Berusaha dan berjanji untuk saling setia, saling mengasihi dan saling mencintai.
  5. Bertekad untuk mengarungi kehidupan bersama sampai Tuhan memisahkan.
  6. Membimbing peserta membesarkan anak-anak bersama-sama dengan penuh kasih dan sayang.

Contoh Visi Misi Hidup

Contoh Visi Misi Hidup
bthecange.com

Sepertinya bukan hanya organisasi atau lembaga yang semakin berumur akan semakin jelas visi misi yang dimiliki. tujuan dari adanya visi misi yaitu supaya hidup lebih terarah serta cita-cita bisa tercapai.

Hal tersebut dikarenakan visi dan misi memiliki sifat untuk memfokuskan. Sebagaimana contoh visi misi hidup yang akan kami berikan di bawah ini:

Visi dan Misi Hidup Seorang Guru

Visi:

Menjadi manusia yang bertakwa serta bisa menjadi suri tauladan, bisa bermanfaat dan juga bisa membagikan ilmu yang dimiliki kepada sesama yang membutuhkan.

Misi:

  1. Memiliki tekad yang bulat untuk mengabdikan diri dan mengajar menjadi seorang guru selama hidup.
  2. Berusaha semaksimal mungkin untuk ikut serta dalam membantu upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa.
  3. Memiliki perilaku yang baik sesuai dengan agama, Pancasila dan hukum.
  4. Ikut memberikan contoh yang baik kepada siswa supaya pribadinya menjadi lebih baik dan memiliki sikap yang terpuji.
  5.  Memiliki sikap yang sabar serta takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  6. Ikut serta dalam upaya pemberantasan kebodohan serta selalu mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk sekitar.

Menjadi seorang guru itu artinya akan menjalankan tugas yang sangat mulia serta akan menjadi perhatian bagi banyak orang. Maka dari itu sudah sewajarnya apabila seorang guru harus mempunyai perilaku dan sikap yang selalu dijaga dengan baik supaya bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat umum.

Sebagaimana pepatah Jawa mengatakan, Guru “digugu lan ditiru” dan itulah yang dapat dijadikan sebagai titik pangkal bagi seorang guru di dalam memberikan pengajaran kepada siswa dan orang-orang di sekitarnya dengan baik.

Baca Juga Pengertian Toleransi

Nah, itulah tadi beberapa dari contoh visi misi yang telah kami rangkum dalam artikel ini. Semoga beberapa contoh visi misi yang telah disebutkan di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda yang akan mendirikan sebuah organisasi atau lembaga, menikah maupun untuk menjalani hidup. 

Tinggalkan komentar