7 Contoh Khutbah Jumat yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Khutbah jum’at – Syarat sahnya sholat Jum’at salah satunya adalah harus diawali dengan dua khutbah. Biasanya Khuthbah tersebut dilakukan sebelum melaksanakan salat Jumat sebanyak dua kali yakni di antara khutbah pertama dan khutbah yang kedua akan dipisahkan oleh duduk.

Khutbah Jum’at sendiri punya rukunnya tersendiri yang tentu saja wajib untuk dipenuhi saat salat Jumat sudah tiba. Rukun khutbah jumat ada lima yang disyaratkan harus memakai bahasa Arab, dilakukan secara tertib, harus berurutan serta harus berkesinambungan atau muawalah.

Berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkapnya terkait dengan khutbah Jumat. Mulai dari contoh khutbah Jumat terbaru sampai dengan contoh khutbah Jumat lengkap.

Rukun Khutbah Jumat

Rukun Khutbah Jumat
islam.nu.or.id

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa rukun khotbah Jumat ada 5. Berikut ini akan kami sebutkan secara lengkap hanya untuk Anda.

  • Memuji Allah SWT

Memuji Allah SWT di kedua khutbah menjadi rukun khutbah sholat Jum’at yang pertama. Namun dalam pelaksanaannya harus dengan syarat yaitu memakai kata hamdun dengan lafadz 1 akar kata. Misalnya seperti kata Ahmadu, nahmadu serta alhamdu.

Demikian pula dengan lafadz Allah yang mana tidak bisa pakai lafadz Allah saja, namun harus diikuti lafadz yang lainnya. Pelafalan yang benar adalah seperti ini nahmadu lillah, alhamdu lillah serta lillahi alhamdu.

  • Membaca Sholawat Nabi pada Kedua Khutbah

Rukun khutbah yang kedua dalam pelaksanaannya yaitu harus membaca sholawat dengan menggunakan kata ashsholatu cara menggunakan lafadz yang satu akar dengan ashsholatu tersebut.

Sedangkan ketika menyebut nama nabi Muhammad SAW, maka penyebutannya dilarang menggunakan kata ganti atau isim dilamir namun harus memakai isim dhohir.

  • Berwasiat pada Ketakwaan pada Khutbah yang Kedua

Rukun khotbah Jumat yang ketiga sebenarnya tidak terdapat ketentuan redaksi yang paten dan hanya menggunakan prinsip harus berisikan tentang pesan-pesan yang membawa akan kebaikan. Selain itu juga harus mengajak kepada ketaatan dan juga harus menjauhi segala kemaksiatan.

Tidak hanya cukup dengan mengingatkan akan kebaikan dan mengingatkan dari tipu daya dunia, akan tetapi juga harus mengandung pesan yang mengajak untuk tidak melakukan kemaksiatan.

  • Membaca Ayat Al-Qur’an di Salah Satu Khutbah Jumat

Rukun khutbah Jumat yang keempat yaitu harus membaca ayat al-quran di salah satu khotbah Jumatnya. Ayat Alquran yang dibaca Ini standarnya yaitu ayat-ayat yang memberikan tentang pemahaman serta makna yang dimaksudkan dengan cara yang sempurna. Baik itu yang memiliki keterkaitan dengan ancaman, janji-janji, cerita-cerita, mauidhah dan lain sebagainya.

  • Doa untuk Semua Kaum Muslim pada Khutbah yang Terakhir

Rukun khutbah yang terakhir yaitu berdoa kepada seluruh kaum muslimin yang dilakukan di khutbah yang terakhir. Doa yang disebutkan di dalam khotbah yang terakhir ini harus berisikan tentang arahan menuju akhirat.

Misalnya seperti “Ya Allah, semoga kami ingin Engkau selamatkan dari siksa dan panasnya api neraka”, atau “Ya Allah, ampunilah dosa kami dan segala dosa-dosa kaum muslimin wal muslimat”.

Contoh Khutbah Sholat Jumat

Contoh Khutbah Sholat Jumat
www.tongkronganislami.net
  • Doa khutbah jumat

Doa khutbah jumat
thegorbalsla.com

Assalamualaikum wr wb.

Jamaah sholat Jum’at yang selalu diberi Rahmat oleh Allah SWT,

Telah diwasiatkan oleh Khatib kepada kita semua supaya senantiasa berusaha dalam meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Salah satu cara yang harus dilakukan supaya ketakwaan kita meningkat kepada Allah SWT maka harus mengikhlaskan setiap amal baik yang kita lakukan.

Jangan sampai kita mengharapkan imbalan apapun dan ridho siapapun kecuali Ridha Allah SWT. Supaya semua amal baik yang sudah kita lakukan diterima di sisi Allah SWT dan di akhirat akan mendapatkan balasannya yakni Jannah-Nya yang tentu saja di dalamnya penuh dengan kenikmatan.

Jamaah salat Jumat yang selalu diberkati Allah SWT

Pada hari ini kita semua telah berada dan dihadapkan di masa-masa yang mana kedudukan, harta serta pujian dari sesama manusia sudah menjadi tolak ukur dari tingkat kemuliaan serta ketinggian derajat seseorang di hadapan orang lainnya.

Bagi orang-orang yang hebat dan namanya terkenal akan selalu disebut di mana-mana, dan juga orang-orang yang sukses adalah dianggap orang-orang yang punya kekuasaan, kedudukan dan juga harta berlimpah. Sebenarnya itu semua sudah merusak atas pemahaman kita sebagai manusia terkait dengan makna kemuliaan dan kesuksesan.

Hal tersebut bertujuan agar para manusia dapat tertipu dan lupa dengan hakikat kemuliaan yang sesungguhnya. Hakikat dari tingginya dan mulianya manusia yang sesungguhnya adalah taqwa dan taat kepada Allah SWT, sebagaimana surat Al Hujurat ayat 13 telah disebutkan.

“Sesungguhnya orang-orang di antara kalian yang paling mulia yaitu orang-orang yang paling bertakwa kepada Allah SWT. Sungguh hanya Allahlah yang Maha mengetahui lagi Maha teliti”. Maka dari itu tidak sedikit orang-orang yang beramal bukan mencari ridho Allah dan bahkan tak ingat akan pahala yang diberikan Allah SWT.

Mereka beranggapan bahwa jika semua pekerjaan yang mereka lakukan merupakan pekerjaan yang disenangi oleh orang-orang, dan mereka merelakan syariat Allah dijadikan sebagai tumbal. Lalu muncullah golongan orang-orang yang ingin beramal supaya dilihat oleh orang dan karena riya.

Orang-orang yang demikianlah yang hanya mengejar ke sia-siaan di dunia saja. Semoga Allah SWT menjadikan hati kita selalu ikhlas untuk beramal baik dan menjauhi kan kita dari sifat ingin dipuji orang lain. Sungguh Allah yang Maha mengetahui semua yang kita sembunyikan di dalam hati.

Contoh Khutbah Jumat Singkat

Contoh Khutbah Jumat Singkat
www.wajibbaca.com
  • Doa khutbah jumat

Doa khutbah jumat
thegorbalsla.com

Para jamaah sholat Jum’at rohimakumullah

Terdapat suatu kisah yang pada suatu hari saat sepeninggal Rasulullah SAW, pada saat itu didapati Abu Hurairah sedang i’tikaf di dalam Masjid Nabawi. Ketika itu dia tertarik dengan orang yang sedang duduk di sana dan menghampirinya.

Kemudian ia bertanya apa hal yang membuatnya bersedih dan Abu Hurairah ingin menawarkan bantuan. Berkatalah Abu Hurairah, “marilah ikut denganku wahai saudaraku”. Abu Hurairah mengajak orang tersebut keluar dari masjid. Kemudian orang tersebut bertanya “Apakah Macau berhenti beristirahat karena hanya ingin menolongku saja?”.

Abu Hurairah menjawab “Rasulullah SAW pernah bersabda bahwasannya apabila di antara kalian mampu membantu orang lain yang sedang membutuhkan, maka pahala kalian jauh lebih baik dibandingkan 1 bulan i’tikaf”.

Jamaah sholat Jum’at yang selalu diberi rahmat Allah SWT

Kita sebagai seorang muslim sudah seharusnya merasa terpanggil untuk membantu sesama kita. Sudah sewajarnya juga kita punya semangat serta jiwa yang bisa bermanfaat bagi sesamanya. Indikator kebaikan dari seseorang bisa dilihat dari menolong orang lain yang sedang membutuhkan dan hati nuraninya juga merasa terpanggil untuk membantunya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi orang lain.

Di dalam surat az zariyat ayat 56 dikatakan bahwa orientasi hidup seorang muslim haruslah bermanfaat untuk orang lain. Siapapun iya dan dimanapun ia berada bahkan apa saja profesinya tetap harus bermanfaat untuk orang lain. Bukan menjadi orang egois yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan orang lain.

Misalnya seorang muslim yang bekerja sebagai pedagang yang mana orientasi dalam hidupnya seharusnya bukan hanya ingin meraih keuntungan yang sebesar-besarnya namun juga harus bisa bermanfaat untuk orang lain. Caranya yaitu dengan memberikan pertolongan apa yang dibutuhkannya. Oleh karena itu berbuat baiklah kepada sesama manusia dengan ikhlas maka Allah akan membuat hidup kita berkah.

Contoh Khutbah Jumat Lengkap

Contoh Khutbah Jumaat Lengkap
www.berbagaireviews.com
  • Doa khutbah jumat

Doa khutbah jumat
www.nahimunkar.org

Jamaah sholat Jum’at sekalian yang dirahmati Allah

Taqwa telah menjadi kata yang tidak asing lagi didengar kita. Taqwa kepada Allah SWT menurut para ulama yaitu menjalankan semua perintah serta menjauhi semua larangannya Allah SWT. Akan tetapi kalimat tersebut kerap kali pemahamannya disalahgunakan sehingga banyak yang mengartikan dengan dangkal.

Pernahkah kita bertanya dalam diri Apa saja bentuk dari perintah Allah SWT? di dalam kitab suci Alquran kita akan banyak menemukan perintah-perintah Allah SWT. Baik itu perintah kepada sesama manusia, binatang dan juga alam semesta.

Sedangkan perintah tersebut juga punya jenis yang berbeda-beda, mulai dari tentang syariat agama sampai dengan tentang hukum alam. Barangsiapa yang taat dengan semua perintah yang Allah berikan, maka tentunya ia akan mendapatkan ganjaran dan begitupun sebaliknya, apabila melakukan larangan Allah maka ia juga akan mendapatkan balasannya.

Allah adalah Maha adil jadi Allah tidak akan memilah dan memilih. Allah juga tidak lalai dan tidak tidur. Manusia yang akan mendapatkan ganjaran dari ibadah syariat seperti salat, puasa, zakat, mengaji dan lain sebagainya akan diberikan Allah SWT ketika di akhirat nanti.

Akan tetapi beda halnya dengan sunnatullah seperti misalnya belajar dan bekerja dengan giat, maka ia akan mendapatkan ganjarannya semasa ia masih ada di dunia seperti menjadi sukses. Bukankah hukum yang ada di masyarakat dan alam merupakan bentuk dari ciptaan dan ketentuan Allah SWT.

Lalu Mengapa manusia masih ragu dengan penyakit dan kemiskinan yang diakibatkan karena melanggar perintah Allah SWT. Dan akhirnya jangan bertanya lagi mengapa rezeki tidak cepat datang meskipun sudah beritikaf dan tahajud sekalipun.

Kita sebagai hamba Allah harus sadar bahwa kita masih mengamalkan setengah dari taqwa yang seharusnya. Sedangkan taqwa yang setengahnya lagi dilakukan oleh umat yang lainnya. Tidak sedikit di antara kita yang tidak dapat menghayati dan bahkan ada yang belum paham dan mengerti apa Allah perintahkan kepada kita.

Contoh Khutbah Jumat Terbaru

Contoh Khuthbah Jumat Terbaru
thegorbalsla.com

Sayyidina Umar bin Khattab berkata bagaimana bisa banyak manusia yang diperbudak sedangkan ibunya telah melahirkannya dengan merdeka.

Pada saat itu ia sedang mempertanyakan hakikat dari dirinya sebagai manusia yang sejatinya manusia telah merdeka. Bayi-bayi yang lahir ke dunia tidak hanya lahir dengan keadaan yang suci namun juga merdeka dari keterbatasan.

Maka dari itu sesungguhnya penjajah merupakan bentuk dari lingkaran atas sifat hakiki dari seorang manusia yang sebenarnya. Saat pada orang-orang yang melakukan kedzaliman kepada kita, makalah islam memperbolehkan kita untuk melakukan pembelaan pada diri kita.

Bahkan apabila datang penjajah dalam bentuk serupa ancaman kepada jiwa, maka Islam juga memperbolehkan kita untuk melawan dan bahkan boleh ada peperangan untuk mempertahankan diri kita. Itu juga yang pernah dilakukan oleh para ulama beserta santrinya pada zaman dahulu, saat Indonesia dijajah oleh Jepang dan Belanda.

Perjuangan yang telah mereka lakukan zaman dahulu adalah elemen yang begitu penting dari sejarah bangsa Indonesia. Sebab mereka semua bukan hanya berbeda antar suku saja melainkan juga berbeda daerah dan bahkan beda agama.

Hal tersebut dikarenakan kemerdekaan memang tentang persoalan manusia yang keseluruhan dan bukan hanya untuk kepentingan personal semata. Islam juga telah mengakui tentang masalah penjajahan dan juga kemerdekaan itu yang universal.

Jamaah Jum’at rahimakumullah

Indonesia sebagai tanah air juga menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan pada zaman dahulu. Tanah air bagaikan sebuah rumah yang di dalamnya berisi oleh ratusan dan bahkan jutaan manusia.

Islam juga telah mengakui terhadap hak tempat tinggal yang aman sehingga kita diperbolehkan untuk membela diri jika suatu saat terjadi suatu ancaman yang bisa membahayakan tempat tinggal yang kita miliki.

Bahkan telah disebutkan dalam surat mumtahanah ayat 8 yang artinya “Allah tidak akan memberikan larangan kepadamu untuk melakukan kebaikan serta bersikap adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu sebab agama serta tidak akan mengusir kamu dari negaramu. Sungguh Allah sangat suka dengan orang-orang yang adil”.

Contoh Khutbah Jumat Bulan Ramadhan

Contoh Khuthbah Jumat Bulan Ramadhan
pwnuntb.or.id
  • Doa khutbah jumat

Doa khutbah jumat
thegorbalsla.com

Hadirin shalat jumat yang senantiasa mendapatkan barokah Allah SWT.

Bagi seorang muslim yang melakukan kebaikan pasti dia mampu mengambil hikmah dari bulan Ramadhan. Caranya yaitu dengan menjadi pribadi yang lebih baik ketika masih bukan ramadhan dan setelahnya. Sebab apabila kita masih sama saja dengan bulan-bulan sebelum ramadhan tiba, maka kita termasuk orang yang rugi.

Sebab tanda dari amalan kita diterima kartika bulan ramadhan yaitu adanya perubahan sikap setelah bulan ramadhan. Hal tersebut dikarenakan sejarah jeleknya orang yaitu orang yang beribadah hanya selama bulan ramadan saja.

Pesan pertama yang harus dilakukan setelah selesai bulan ramadhan yaitu senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT. Sebagaimana yang telah Allah firmankan di dalam al-quran “Wahai orang-orang yang kalian beriman bertakwalah kalian semua kepada Allah SWT dan perhatikanlah setiap apa yang kalian perbuat. Sungguh Allah adalah Maha Mengetahui atas semua yang kamu lakukan.”

Pesan kedua yang disampaikan yaitu ingatlah perlu sesungguhnya umur kita ini terbatas. Dan pasti nantinya kita akan ditanyakan oleh Allah SWT. “Kedua kaki yang dimiliki seorang hamba tidak akan bisa beranjak ketika sudah datang hari akhirat nantinya hingga ia selesai ditanya tentang usia yang sudah ia habiskan.” (HR Tirmidzi no 2417). Jadi umur yang diberikan Allah SWT kepada kita harus benar-benar kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Pesan ketiga untuk cinta yaitu bertobat telah sebelum waktunya terlambat dan sebelum Allah memanggil kita. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Bakar Asshiddiq “Tidakkah seorang hamba yang telah melakukan dosa dan selanjutnya ia bersuci dan berdiri menjalankan shalat 2 rakaat seraya mohon ampun dirinya kepada Allah SWT. Kecuali hanya Allah yang akan memberikan ampunan kepadanya.”

Pesan terakhir yaitu sudah seharusnya kita senantiasa mengikutkan kebaikan dengan maksiat, adalah salah satu tanda yang tidak diterimanya amalan ketika bulan Ramadan. Allah disebutkan juga oleh para ulama bahwasannya diantara balasan kebaikan yaitu adanya kebaikan berikutnya. sedangkan diantara balasan kecelakaan yaitu kecelakaan yang berikutnya pula.

Contoh Khutbah Jumat Terbaik

Contoh Khutbah Jumat Terbaik
satriabajahitam.com
  • Doa khutbah jumat

Doa khutbah jumat
thegorbalsla.com

Jamaah salat Jumat rahimakumullah, marilah kita semua senantiasa bertakwa hanya kepada Allah SWT dan belajar serta menjalankan semua syariat-Nya. Caranya adalah dengan mencari ilmu yang manfaat. Sebab ilmu itulah yang akan menjadi cahaya sekaligus menjadi petunjuk.

Sedangkan kebutuhan kegelapan dan kesesatan yang nyata. Para ulama merupakan pewaris nabi, sebab pada zaman dahulu nabi tidak pernah mewariskan hartanya seperti uang, melainkan nabi hanya mewariskan ilmunya yang bermanfaat kepada umat.

Oleh karena itu siapa orang yang mencari ilmu bermanfaat, maka artinya ia sudah berhasil mengambil bagian dari ilmu yang telah diwariskan nabi. Pelajarilah segala macam ilmu, sebab kemuliaan bisa Anda dapatkan dari ilmu tersebut, baik itu di dalam kehidupan dunia dan juga di akhirat.

Selain itu, ilmu yang bermanfaat juga akan memberikan pahala yang mengalir terus sampai hari kiamat. Seperti firman Allah dalam surat al-mujadilah ayat 11 menyebutkan bahwa “Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang telah diberikan ilmu pengetahuan sebanyak beberapa derajat.

” Dengan kita mempunyai ilmu yang sebanyak-banyaknya, maka kita tidak akan rugi. Apalagi jika ilmu tersebut akan kita amalkan sebaik-baiknya. Maka bisa Anda rasakan sendiri bahwasannya ilmu yang diwariskan oleh para nabi, para ulama terdahulu dan juga orang-orang suci masih bisa kita rasakan sampai saat ini bahkan sesudah berjuta-juta tahun lamanya.

Namun pengaruh yang nabi berikan terpuji, jalan yang mereka ambil masih diikuti, nama mereka juga masih terus disebut hingga sekarang. Selain itu, usaha para nabi dan ulama patut untuk kita syukuri.

Apabila di dalam majelis menyebutkan nama mereka, maka setiap orang yang mendengarkan akan berdoa dan memintakan rahmat sebaik-baiknya. Apabila disebutkan sebagai amal saleh serta adab yang luhur, maka mereka semua merupakan teladan bagi kita dalam melaksanakannya. Oleh karena itu Belajarlah ilmu dan amalkanlah, sebab belajar ilmu termasuk jihad fisabilillah.

Manfaatkanlah sebaik mungkin ilmu yang Anda miliki dimanapun Anda berada. Sebab ilmu yang sudah kita miliki tidak akan pernah bisa hilang, tidak akan pernah dapat dicuri dan juga tidak akan berat saat kita bawa mati. Maka raihlah ilmu sebanyak-banyaknya dan amalkanlah kepada orang-orang di sekitar kita supaya hidup kita berkah dengan mengamalkan ilmu yang bermanfaat.

Baca Juga Doa Mandi Wajib

Contoh-contoh khutbah sholat Jum’at di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi saat akan melakukan khutbah. Jadi, semoga contoh khutbah sholat Jum’at di atas bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan komentar