Kumpulan Doa Untuk Anak Serta Manfaat Keutamaan Pembacaan Doa

Doa untuk anak – Senjata dari orang Islam yang paling ampuh adalah doa. Sehingga seluruh orang tua akan selalu meluangkan waktunya untuk mendoakan sang anak. Kesuksesan dari sang anak selain bergantung pada usaha, di dalamnya juga terdapat unsur dari doa.

Terlebih doa dari orang tua. Doa dengan diiringi usaha dalam mencapai kesuksesan merupakan dua unsur yang tidak dapat di pisahkan. Orang tua memiliki kewajiban penuh dalam mendoakan sang anak agar menjadi anak yang berbakti dan baik. Berdoa tidak terbatas tempat atau waktu.

Namun, terdapat beberapa waktu yang mustajab yang dapat di gunakan untuk berdoa. Doa akan terkabul apabila di iringi dengan hati yang yakin. Meskipun seseorang berdoa tetapi ia pesimis akan doanya, maka kecil kemungkinan doa akan terkabul. Berikut ini beberapa doa untuk anak.

Manfaat serta keutamaan Pembacaan Doa Khusus untuk Anak

www.tribunnews.com

Doa memang tidak terlepas dari kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, umat Islam selalu di anjurkan untuk memperbanyak doa dalam keadaan apapun. Setiap usaha yang di lalui, haruslah di iringi dengan doa, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga berkah. Berikut ini merupakan keutamaan dari memanjatkan doa untuk anak.

  • Memberikan Suatu Keselamatan

Setiap orang tua pasti selalu mengharapkan keselamatan untuk sang buah hati. Oleh karena itu, menjaga sang buah hati mulai dari kandungan, hingga terlahir ke dunia sangat lah penting. Penjagaan tersebut dapat di wujudkan dari untaian doa yang selalu di panjatkan untuk kesehatan dan keselamatan sang anak.

Anak yang selalu di doakan oleh orang tua akan memiliki karakter yang berbeda dari anak-anak lainnya. Anak yang sholeh merupakan harapan seluruh orang tua. Anak yang sholeh akan menjadi tabungan yang dapat membantu orang tua kelak di akhirat. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus selalu mendoakan sang anak.

  • Memberikan Suatu Rahmat pada Anak

Banyaknya memanjatkan doa, juga akan memberikan rahmat kepada anak. Anak yang di beri rahmat oleh Allah akan memiliki karakter yang baik dan juga selalu membanggakan orang tua.

  • Menghindarkan Diri Agar Tidak Dimurkai Oleh Allah

Semakin banyak seseorang berdoa maka, besar kemungkinan orang tersebut akan mendapat murka Allah. Hal tersebut di karenakan orang yang sering berdoa akan memiliki hati yang lunak dan mudah tersentuh, sehingga orang tersebut tidak akan sampai hati jika berbuat dosa yang dapat mengundang murka dari Allah.

  • Berubahnya Takdir Karena Doa

Doa dapat merubah takdir. Hal tersebut juga telah di perjelas dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, bahwa sesuatu yang dapat mengubah takdir adalah doa. Sesuatu yang dapat menambah umur adalah kebaikan. Dosa dapat membuat orang di jauhkan dari rezeki.

Itulah beberapa doa khusus untuk anak yang dapat di panjatkan oleh para orang tua. Doa pasti lah memiliki makna yang baik. Oleh karena itu segala sesuatu harus diiringi oleh doa. Doa memiliki berbagai keutamaan. Sehingga dengan berdoa secara terus menerus, tanpa di sadari maka orang tersebut akan mendapat banyak keutamaan. 

Doa Agar Memiliki Anak yang Sholeh

www.wajibbaca.com

Terdapat suatu istilah yaitu, buah jauh tidak akan jauh dari pohonnya. Hal tersebut berarti bahwa perilaku sang anak pasti ada sebagian yang mirip dengan perilaku orang tua. Keluarga merupakan tempat belajar atau sekolah pertama bagi sang anak. Oleh karena itu, orang tua harus menampilkan sikap yang baik di hadapan sang anak. Sehingga anak akan tumbuh dan berkembang di iringi dengan karakter yang baik. 

 “Ya Allah ya tuhan kami, kami memohon untuk menjadikan keturunan kami, anak dan cucu kami sebagai orang-orang yang selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah sholat. Ya Allah ya tuhan kami, kabulkanlah doa kami”

Doa tersebut merupakan doa yang berisi tentang permohonan kepada Allah agar para orang tua memiliki keturunan yang selalu rajin dan istikamah dalam menjalankan sholat. Selain itu, berikut ini juga termasuk salah satu doa agar memiliki anak yang sholeh.

 “Ya Allah, ya robbi. Hamba mohon agar hamba dan keturunan hamba Engkau berkahi. Jauhkanlah segala bentuk mala petaka kepada keturunan hamba. Berikan pula hidayah mu kepada mereka dan juga taufik serta rahmatmu. Karuniai hamba rezeki yang mulia yaitu berupa bakti dari keturunan hamba”.

Doa tersebut memiliki isi mengenai permohonan agar Allah menjadikan keturunan para orang tua, anak yang berbakti dan selalu selamat dari segala macam mala petaka. Kedua doa tersebut dapat dibaca dimana saja dan kapan saja. Akan lebih baik apabila di baca setiap selesai mengerjakan sholat fardhu, sehingga doa akan terus di baca dan di ulangi sebanyak 5 kali dalam sehari.

Tetapi, terdapat hal yang perlu di ingat, selain doa, pendidikan dan pembinaan karakter dari orang tua sangat lah penting dan harus tetap di perhatikan oleh para orang tua. Hal tersebut bertujuan agar sang anak memiliki karakter yang bagus.

Doa Agar Sang Anak Berkarakter Baik

informazone.com

Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangat lah penting. Pasalnya, anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan pengajaran yang ia dapatkan dari orang tua.

Orang tua harus selalu mengajarkan kepada anak nilai-nilai karakter yang baik, sehingga pada saat anak menjadi dewasa, ia tetap berkelakuan baik. Selain mengajari anak, orang tua harus selalu mendoakan sang Anak. Berikut merupakan doa yang bisa di panjatkan.

 “Ya Allah Ya Robby. Berikanlah kepada kami yaitu, istri-istri serta keturunan kami yang selalu menggembirakan hati (kami). Kemudian bimbinglah kami agar menjadi imam untuk seluruh orang yang bertakwa”

Doa tersebut memiliki makna yaitu berharap agar mendapatkan keturunan yang selalu menggembirakan hati dan juga memiliki karakter yang baik.

Doa Ditujukan untuk Anak yang Masih dalam Kandungan

thegorbalsla.com

Bagi seorang ibu, mengandung adalah hal yang selalu di impikan dan di idam-idamkan. Tahukah ibu, bahwa sebenarnya karakter dari sang anak sudah dapat di bentuk mulai dari kandungan. Dengan selalu membacakan doa, maka sang anak akan mulai terbiasa dengan hal-hal yang positif.

Selain pembentukan karakter sebelum lahir, dengan memperbanyak membaca doa, juga merupakan suatu upaya agar ibu di beri kemudahan saat melahirkan.

Berikut ini merupakan doa yang bisa di baca ketika ibu sedang mengandung, agar sang ibu memiliki kemudahan dalam persalinannya.

 “Dan pada saat Allah menunjukkan kuasanya dengan mengeluarkan kalian untuk terlahir ke dunia dari rahim para ibu kalian pada suatu waktu yang baik (persalinan)”

Doa agar memiliki persalinan yang mudah bukan hanya untuk ibu saja, namun sang ayah juga harus berdoa agar istrinya di beri kelancaran pada saat melahirkan. Doa persalinan bukan hanya untuk mempermudah persalinan saja, namun agar anak yang dilahirkan normal dan juga memiliki fisik yang sehat.

Bagi sang ayah cukup membaca surat Al-Hasyr berulang kali setiap hari sebanyak 7 kali, selain itu juga memperbanyak membaca Al-Fatihah sebanyak 7 kali setelah selesai sholat subuh. Berikut ini juga merupakan doa yang harus di baca oleh sang ayah.

 “Ya Allah Ya Robbi. Hamba mohon perlindunganmu untuk selalu menjaga anak hamba yang berada dalam rahim istri hamba. Engkau yang maha menyehatkan maka hamba mohon sehatkanlah anak hamba. Jauhkan anak hamba dari segala macam penyakit. Ya Robbi berilah rupa dan bentuk untuk anak hamba dalam bentuk yang baik. Berilah keimanan yang kuat dalam hatinya. Keimanan terhadap Engkau dan juga Rasul-Mu. Ya Robbi permudahkanlah istri hamba pada saat melahirkan anak hamba. Lancarkan lah, mudahkanlah dan selamatkanlah. Ya Robby keluarkan anak hamba dalam keadaan sempurna dan utuh. Berilah ia rupa yang bagus, lisan yang fasih, jasad yang selalu sehat, umur yang panjang, cerdas. Berilah ia kemudahan dalam membaca ayat suci Al-Qur’an yang mulia dengan segala berkah lantaran nabi Muhammad Saw. Segala puji bagi Engkau ya Allah wahai Tuhan penguasa alam”.

Doa tersebut merupakan ungkapan doa dari ayah yang di peruntukan untuk sang anak agar anak memiliki kemampuan dan sang istri dapat melahirkan dengan lancar.

Doa Khusus Anak yang Baru Lahir

islam.nu.or.id

Anak yang baru lahir masih memiliki kesucian baik dhohirnya atau pun batin nya. Oleh karena itu, anak yang baru lahir harus terus di doakan agar tidak diganggu oleh setan dan terhindar dari marabahaya.

Sebagai orang tua, mendoakan anak yang baru lahir merupakan suatu kewajiban dan wujud kasih sayang orang tua pada sang anak. Berikut merupakan doa yang bisa di panjatkan para orang tua untuk anak yang baru lahir.

“Ya Allah, ya Robby. Sebenarnya yang hamba lahirkan adalah anak perempuan dan Engkaulah yang maha mengetahui mengenai apa yang di lahirkan. Sesungguhnya seorang anak laki-laki itu tidak sama dengan seorang anak perempuan. Sebenarnya telah kunamai anak tersebut dengan nama Maryam dan ku Mohon agar mendapat perlindungan untuk dia dan anak keturunannya pada Mu dari Setan yang di laknat”

Bayi yang baru lahir masih rentan di ganggu oleh setan. Oleh karena itu, orang tua harus selalu memanjatkan doa perlindungan agar sang anak di lindungi dari sentuhan setan. Betapa pentingnya berdoa untuk anak yang baru lahir juga di tuangkan dalam sebuah hadis sebagai berikut.

 “Seluruh bayi dari keturunan Adam akan selalu di ganggu oleh setan dengan cara menusuknya menggunakan tangannya. Oleh karena itu, saat bayi lahir maka ia akan berteriak hingga menangis. Karena telah disentuh dengan tangan setan. Kecuali bayi dari keturunan Maryam dan putra nya”

Adanya hadis tersebut mengajarkan para orang tua agar senantiasa menjaga anaknya dengan balutan doa. Karena pada saat sang anak baru lahir, maka setan akan terus mengawasinya dan mengganggunya hingga membuat ia menangis.

Doa pada Saat Anak Sakit, Agar Sembuh dari Penyakitnya

rumus.web.id

Kesehatan anak merupakan hal utama yang selalu di perhatikan oleh para orang tua. Oleh karena itu, pada saat anak jatuh sakit maka orang tua akan pusing dan kerepotan untuk mengupayakan kesembuhan sang anak. Berbagai cara di tempuh oleh orang tua guna mendapatkan kesembuhan dari sang anak.

Orang tua harus memiliki sikap sigap agar sakit yang di alami oleh anak dengan cepat dapat teratasi. Selain menempuh jalur pengobatan dan berbagai usaha yang maksimal. Orang tua juga harus mendoakan untuk kesembuhan sang anak dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut ini merupakan doa yang bisa di panjatkan oleh orang tua guna meminta kesembuhan untuk sang anak.

 “Ya Allah ya Robby, Engkaulah Tuhan semesta alam segala manusia. Kami memohon untuk menghilangkan penyakitnya serta memberikan kesembuhan kepadanya. Hanya Engkau yang bisa memberikan kesembuhan. Jauhkanlah agar ia tidak menderita dan kambuh lagi”

Doa tersebut merupakan doa yang di panjatkan oleh orang tua terhadap anaknya yang sedang sakit. Orang tua akan merasa sangat bahagia apabila anaknya kembali dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit yang dapat kambuh lagi.

Doa Agar Memiliki Anak yang Cerdas

thegorbalsla.com

Anak yang cerdas di sertai dengan tajam nya daya ingat merupakan kebanggaan tersendiri pada orang tua. Tahukah Anda, bahwa kecerdasan anak tergantung dengan apa yang ia konsumsi dan ia pelajari. Pada umumnya kecerdasan otak yang dimiliki setiap anak adalah sama.

Namun yang membedakan adalah bagaimana cara mengolah kecerdasan tersebut, sehingga terus meningkat dan tidak mengalami penurunan kecerdasan otak. Makanan yang di konsumsi oleh anak haruslah makanan yang mengandung gizi yang tinggi. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya harus benar-benar terpenuhi.

Kesalahan yang dapat merusak kecerdasan anak yaitu pada saat anak mengkonsumsi banyak makanan instan atau cepat saji yang sudah tentu tidak sehat. Sebagai orang tua harus pintar untuk mengarahkan anak agar selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan sehat merupakan makanan yang terbuat dari bahan rempah alami dan di masak di rumah atau masakan rumah. Selain dari makanan, sistem belajar dan proses belajar sang anak juga memberikan dampak bagi kecerdasan otak. Sebagai orang tua, harus memiliki ide agar proses belajar anak dapat sesuai dengan kemampuan otak dan juga dapat meningkatkan kecerdasan.

Selain kedua faktor tersebut, orang tua harus selalu mendoakan sang anak agar memiliki kecerdasan. Sehingga setiap usaha harus di iringi dengan kalimat doa. Berikut merupakan untaian doa yang dapat di panjatkan oleh para orang tua agar memiliki anak yang cerdas.

 “Ya Allah ya Robby. Berilah selalu cahaya serta hikmah kepada hati anak kami. Dan ubahlah agar mereka selalu menjadi sebagian dari hamba-Mu yang layak untuk mendapatkan nikmat dan karuniamu. Senantiasa perbaiki diri mereka dan juga umat ini.”

Doa tersebut di panjatkan agar sang anak selalu memperoleh nikmat dan mampu menjadi khalifah. Doa tersebut paling baik apabila di panjatkan dengan rutin dengan waktu yang paling utama adalah setelah melaksanakan sholat fardhu. Selain doa tersebut, berikut ini juga merupakan doa yang bisa di panjatkan oleh kedua orang tua.

 “Ya Allah, ya Robby. Senantiasa jadikanlah dia menjadi anak yang memiliki kesehatan sempurna dengan kecerdasan ilmu serta melalui amal.”

Doa tersebut juga dapat di panjatkan dengan rutin. Orang tua harus memiliki sikap peduli pada anak. Bentuk kepedulian orang tua terhadap anak yaitu, dengan cara memberikan pengetahuan kepada anak bahwa kecerdasan agama dan kecerdasan ilmu pengetahuan haruslah memiliki porsi yang seimbang. Sehingga apabila sang anak ingin mendapatkan sesuatu atau kesuksesan, pasti akan melalui jalan dan proses yang baik.

Doa Menangani Anak yang Rewel

www.solusisehatku.com

Anak yang rewel, kerap sekali membuat para orang tua kewalahan. Oleh karena itu para orang tua harus memiliki cara agar sang anak tidak rewel. Banyak sekali faktor yang membuat anak menjadi rewel, apalagi jika sang anak masih bayi atau sudah beranjak besar.

Meskipun orang tua ingin membuat sang anak tidak rewel, maka mereka harus memiliki cara yang tepat. Bukan dengan memanjakan atau membuat anak menjadi tidak bisa mandiri. Orang tua harus memberikan pengajaran kepada anak sedikit demi sedikit sembari mendiamkan sang anak agar tidak rewel dan membuat pusing para orang tua.

Setelah segala upaya di lakukan. Maka sang orang tua juga harus mendoakan sang anak agar anak tidak rewel terus menerus. Doa orang tua kepada anak memang merupakan kewajiban dari orang tua dan merupakan salah satu bentuk kasih sayang kepada anak.

Berikut ini merupakan doa yang bisa orang tua panjatkan agar anak tidak menjadi rewel atau untuk menangani anak yang selalu rewel.

 “Dengan senantiasa mengingat dan menyebut nama Allah. Tuhan yang penuh dengan kasih dan sayang. Dengan senantiasa menyebut nama Allah. Dengan Nama-nya, tidak ada sesuatu pun yang dapat memberikan bahaya segala sesuatu yang ada di bumi serta di langit. Allah Tuhan maha mendengar dan juga Tuhan maha mengetahui”

Doa tersebut dapat di ulangi setiap hari. Akan lebih baik apabila di ulangi pada saat waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga akan lebih mudah untuk di ijabahi.

Manfaat serta keutamaan Pembacaan Doa Khusus untuk Anak

www.islamituindah.us

Doa memang tidak terlepas dari kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, umat Islam selalu di anjurkan untuk memperbanyak doa dalam keadaan maupun situasi apapun.

Setiap usaha yang di lalui, haruslah di iringi dengan doa, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga berkah. Berikut ini merupakan keutamaan dari memanjatkan doa untuk anak.

  • Memberikan Suatu Keselamatan

Setiap orang tua pasti selalu mengharapkan keselamatan untuk sang buah hati. Oleh karena itu, menjaga sang buah hati mulai dari kandungan, hingga terlahir ke dunia sangat lah penting. Penjagaan tersebut dapat di wujudkan dari untaian doa yang selalu di panjatkan untuk kesehatan dan keselamatan sang anak.

Anak yang selalu di doakan oleh orang tua akan memiliki karakter yang berbeda dari anak-anak lainnya. Anak yang sholeh merupakan harapan seluruh orang tua. Anak yang sholeh akan menjadi tabungan yang dapat membantu orang tua kelak di akhirat. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus selalu mendoakan sang anak.

  • Memberikan Suatu Rahmat pada Anak

Banyaknya memanjatkan doa, juga akan memberikan rahmat kepada anak. Anak yang di beri rahmat oleh Allah akan memiliki karakter yang baik dan juga selalu membanggakan orang tua.

  • Menghindarkan Diri Agar Tidak Dimurkai Oleh Allah

Semakin banyak seseorang berdoa maka, besar kemungkinan orang tersebut akan mendapat murka Allah. Hal tersebut di karenakan orang yang sering berdoa akan memiliki hati yang lunak dan mudah tersentuh, sehingga orang tersebut tidak akan sampai hati jika berbuat dosa yang dapat mengundang murka dari Allah.

  • Berubahnya Takdir Karena Doa

Doa dapat merubah takdir. Hal tersebut juga telah di perjelas dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, bahwa sesuatu yang dapat mengubah takdir adalah doa. Sesuatu yang dapat menambah umur adalah kebaikan. Dosa dapat membuat orang di jauhkan dari rezeki.

Baca Juga Pendidikan Karakter

Itulah beberapa doa khusus untuk anak yang dapat di panjatkan oleh para orang tua. Doa pasti lah memiliki makna yang baik. Oleh karena itu segala sesuatu harus diiringi oleh doa. Doa memiliki berbagai keutamaan. Sehingga dengan berdoa secara terus menerus, tanpa di sadari maka orang tersebut akan mendapat banyak keutamaan. 

Apabila seseorang ingin doa yang di panjatkannya terkabul, maka orang tersebut harus yakin dan optimis terhadap terkabulnya doa. Apabila orang tersebut pesimis terhadap doa yang ia panjatkan maka kecil kemungkinan doa akan terkabul. Doa orang tua untuk anak tak lain adalah bentuk kasih sayang orang tua kepada anak. Oleh karena itu setiap anak yang sukses dalam pekerjaan atau jalan hidupnya, sudah pasti tidak terlepas dari doa orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *