DEFINISI OCR – KERJA, KEGUNAAN DAN MANFAAT

DEFINISI OCR – Di era digital ini, Anda mungkin diminta untuk mengekstrak informasi bermakna dari kertas cetak, gambar teks, dan sumber lainnya. Dalam ekstraksi teks, istilah “OCR” sering digunakan. Ini adalah teknik yang digunakan oleh individu dan bisnis untuk dengan cepat mengekstraksi informasi penting dari dokumen yang dipindai, kuitansi, foto, dan media lainnya.

Esai hari ini akan memberikan gambaran singkat tentang teknologi bermanfaat ini, termasuk definisi, pengoperasian, penerapan, dan manfaatnya.

Contents

OCR – Definisi

OCR adalah singkatan dari Pengenalan Karakter Optik. Ini adalah sistem yang mengekstrak teks yang dapat diedit dari dokumen dan foto yang dipindai menggunakan algoritma pengenalan pola. Teks yang diekstraksi dapat diubah, dikategorikan, dan dicari.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu OCR, mari kita lihat cara kerjanya.

Bekerja

Bekerja

Ingatlah bahwa OCR hanyalah sebuah teknik yang dapat digunakan bersama dengan alat atau perangkat lunak tertentu. Kami telah membahas cara kerja OCR secara mendalam di sini. Secara umum, pengoperasian OCR dibagi menjadi tiga fase.

1.     Pra-Pemrosesan

Pada langkah ini, alat atau perangkat lunak OCR akan menghilangkan distorsi, noise, dan keburaman dari gambar masukan/dokumen yang dipindai. Melakukan hal ini akan memungkinkan alat membedakan karakter/kata dan latar belakang secara efisien.

2.     Pengenalan Teks

Setelah pra-pemrosesan, OCR kemudian akan mulai mengenali teks dalam masukan. Pada langkah ini, OCR akan mulai mengekstraksi teks yang dapat diedit dari gambar masukan. Alat ini melakukan proses ini dengan menganalisis kata-kata dalam gambar masukan dan kemudian membandingkannya dengan database-nya. Kemudian mengekstrak kata-kata yang cocok.

3.     Pengolahan pasca

Pengolahan pasca

Terakhir, pada langkah pasca-pemrosesan, perangkat lunak OCR menangani banyak elemen. Salah satunya adalah deteksi kesalahan di mana perangkat lunak akan mendeteksi segala jenis kesalahan tata bahasa dalam teks yang diekstraksi. Elemen lainnya adalah koreksi kesalahan di mana alat akan secara otomatis memperbaiki kesalahan yang terdeteksi.

Mari kita pahami dengan sebuah contoh. Kami telah mengambil gambar teks dan memberikannya ke alat OCR untuk melihat seberapa efisien alat tersebut mengambil teks dari gambar. Kami akan menggunakan alat berbasis OCR yang populer bernama Image to Text untuk demonstrasi ini.

Seperti yang Anda lihat, alat OCR dengan cepat dan akurat mengekstraksi semua teks dari gambar teks yang diberikan. Sekarang, Anda mungkin sudah mendapat gambaran tentang cara kerja OCR.

Kegunaan OCR

Pengenalan Karakter Optik (OCR) digunakan untuk beberapa tujuan, beberapa tujuan yang paling umum adalah sebagai berikut.

1.     Konversi dokumen cetak menjadi teks yang dapat diedit

Penggunaan pertama OCR adalah konversi dokumen cetak menjadi teks yang dapat diedit. Sebelum diperkenalkannya OCR, orang perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mengekstraksi data secara manual dari dokumen yang dipindai dan kemudian mengetiknya ke dalam komputer.

Namun kini dengan bantuan OCR, orang dapat dengan cepat mengubah dokumen yang dipindai atau bahkan tulisan tangan menjadi teks yang dapat diedit (dapat dicari, ditinjau, diindeks) dan menyimpannya secara digital.

2.     Entri data untuk laporan bisnis (laporan bank, kwitansi, dll.)

Kegunaan lain dari teknologi OCR adalah kemudahan proses entri data untuk laporan bisnis. Misalnya, bank memanfaatkan OCR untuk mendapatkan data berguna dengan cepat dari slip setoran, cek, dll., dan menyimpannya secara digital.

Menyimpan data bank secara elektronik akan memudahkan seluruh karyawan mengakses dan mengeditnya dengan cepat. Tidak hanya itu, menyimpan data penting secara digital juga mengurangi kemungkinan pencurian data.

3.     Ekstraksi teks otomatis dari gambar

OCR juga dapat digunakan untuk mengekstrak teks dari gambar secara otomatis. Ada kalanya Anda menemukan gambar yang berisi informasi berguna, dan Anda ingin menyimpan informasi tersebut dalam bentuk teks.

Di sinilah Anda dapat memanfaatkan teknologi OCR. Dengan cepat memindai gambar teks dan mendapatkan semua teks darinya secara otomatis dalam format yang dapat diedit.

Manfaat OCR

Di bawah ini adalah beberapa manfaat Pengenalan Karakter Optik yang paling berguna.

1.     Akurasi maksimal

Mengekstraksi informasi berguna dari gambar, kwitansi, atau tulisan tangan secara manual akan selalu memiliki kemungkinan kesalahan.

Misalnya, orang tersebut mungkin secara tidak sengaja melewatkan beberapa kata atau membuat kesalahan tata bahasa selama proses ekstraksi. Adanya kesalahan dalam informasi yang digali akan merusak kredibilitas kerja orang tersebut.

Namun, dengan bantuan OCR yang didukung AI, orang dapat mencapai akurasi maksimum dalam ekstraksi data. Hal ini terjadi karena teknologi ini secara efisien memindai dan mengekstrak data berguna tanpa membuat kesalahan apa pun.

2.     Keamanan yang ditingkatkan

Manfaat lain dari OCR adalah berkontribusi terhadap peningkatan keamanan data penting. Mari kami jelaskan caranya. Saat Anda mengekstrak data penting dari dokumen fisik dan menyimpannya secara digital, ini berarti Anda hampir menghilangkan risiko pelanggaran data.

Di sisi lain, jika Anda menyimpan informasi penting dalam dokumen bentuk keras, selalu ada kemungkinan seseorang mencuri atau merusak informasi tersebut.

3.     Peningkatan efisiensi

Terakhir, teknologi OCR juga berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi manusia. Jika Anda adalah seorang karyawan yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengekstrak dan memasukkan data secara manual ke dalam database perusahaan, maka Anda dapat menggunakan OCR.

Ini akan menghemat waktu dan tenaga yang Anda habiskan untuk ekstraksi data, sehingga Anda juga bisa fokus pada tugas lain. Hal ini selanjutnya menghasilkan peningkatan efisiensi.

Membungkus

Pengenalan Karakter Optik adalah teknologi populer yang digunakan untuk mengubah dokumen cetak, gambar teks, dll. ke dalam format yang dapat dibaca mesin. Namun, masih ada sebagian orang yang familiar dengan OCR dan kemampuannya. Pada artikel ini, kami telah membahas segala sesuatu tentang teknologi ini mulai dari definisi hingga cara kerja, kegunaan hingga manfaatnya, semoga informasinya bermanfaat bagi Anda.

DEFINISI OCR – KERJA, KEGUNAAN DAN MANFAAT

 

Tinggalkan komentar