Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan Yang Baik Dan Benar

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan – Membuat sebuah karya ilmiah umumnya sangat diperlukan oleh para mahasiswa di dunia perkuliahan. Selain untuk kebutuhan akademik, namun karya ilmiah juga penting untuk membuat kredibilitas kampus meningkat. Namun, tak semua mahasiswa benar-benar memahami tentang cara penulisan karya ilmiah secara baik dan benar.

Masih cukup banyak mahasiswa yang bingung dan belum mempunyai gambaran tepat ketika membuat karya tulis ilmiah. Maka dari itu, agar Anda mengetahui tentang gambaran menulis karya ilmiah yang baik, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Penasaran? Berikut pembahasan tersebut serta satu contoh karya tulis ilmiah, yaitu contoh karya tulis ilmiah tentang kesehatan.

Langkah-Langkah Penulisan Karya Ilmiah yang Baik

Langkah-Langkah Penulisan Karya Ilmiah yang Baik

Ada cukup banyak langkah yang harus Anda lakukan sebelum menyusun atau memulai penulisan karya ilmiah. Dengan begitu, Anda bisa membuat sebuah karya ilmiah yang baik dan benar. Berikut adalah berbagai langkah yang harus Anda lakukan tersebut:

  • Tentukan dahulu topik atau tema penelitian
  • Buatlah kerangka atau outline penelitian
  • Kumpulkan semua bahan penelitian yang dibutuhkan
  • Melakukan survei lapangan
  • Membangun bibliografi
  • Susun hipotesis
  • Susun rancangan dari penelitian
  • Laksanakan percobaan yang berdasarkan dengan metode yang sudah direncanakan
  • Laksanakan pengamatan serta pengumpulan data penelitian
  • Melakukan analisis dan menginterpretasikan data penelitian
  • Rumuskan teori dan kesimpulan

Selain mengetahui tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dan diterapkan sebelum menulis karya ilmiah, Anda juga perlu mengetahui contoh karya ilmiah. Contoh tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam penyusunan karya ilmiah nantinya. Berikut adalah contoh karya tulis ilmiah tentang kesehatan.

Contoh Karya Ilmiah Singkat

Contoh Karya Ilmiah Singkat

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah

Salah satu organ vital pada tubuh manusia adalah jantung. Sebab itu banyak orang selalu berusaha menjaga kesehatan organ tersebut. Namun, tampaknya masih cukup banyak orang yang tidak terlalu memperdulikannya. Hal itu terbukti dengan banyaknya korban jiwa dari berbagai penyakit yang menyerang jantung mereka. Maka dari itu, penelitian tentang menjaga kesehatan organ jantung penting dilakukan.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan organ jantung?

  1. Tujuan Penelitian

Dapat untuk mengetahui cara untuk menjaga kesehatan organ jantung.

BAB II

Pembahasan

Cara Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Ada cukup banyak penyakit menyerang jantung yang masih saja menjadi masalah yang besar untuk sebagian orang. Padahal saat ini ada cara-cara mudah menjaga kesehatan jantung. Melalui riset mendalam, peneliti menmukan beberapa cara tersebut, di antaranya:

Menghindari stress agar tidak memicu darah tinggi dan hormone adrenalin abnormal.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Olahraga teratur

Mengatur pola makan seperti mengurangi lemak dan makanan cepat saji, lalu perbanyak konsumsi buah dan sayur.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan jantung demi mendapatkan umur panjang. Pada kenyataannya mendapatkan jantung sehat tidak membutuhkan usaha yang sulit bahkan bisa dilakukan pada keseharian. Dengan menjaga kesehatan dari organ jantung, diharapkan untuk semakin sedikit korban jiwa karena penyakit yang menyerang organ jantung.

Demikian pembahasan kali ini tentang berbagai langkah penulisan karya ilmiah dan contoh karya tulis ilmiah tentang kesehatan. Semoga bermanfaat.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan Yang Baik Dan Benar

Tinggalkan komentar