Struktur Sosial : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Bentuk

Poin-poin mendasar mengenai struktur sosial sudah di pelajari oleh sebagian besar orang di bangku sekolah. Dari sana kita mendapati bahwa struktur sosial dalam lingkup umum adalah sebuah tatanan atau suatu susunan berdasarkan peran dalam lingkungan masyarakat yang berdasar pada norma-norma tertentu.

Berikut pemaparan tentang pengertian, ciri, unsur, elemen dasar, dan fungsi struktur sosial serta bentuk-bentuknya.

Apa Itu Struktur Sosial?

Apa Itu Struktur Sosial?
Apa Itu Struktur Sosial

Tiap-tiap ahli memberikan variasi pendapat yang berbeda. Struktur sosial adalah rangkaian jalinan antara unsur sosial pokok di antaranya kaidah, lembaga, kelompok-kelompok dan juga lapisan-lapisan sosial. Pengertian ini adalah gambaran struktur sosial menurut Selo Soemardjan serta Soelaiman Soemardi.

Sedangkan Soerjojo Soekanto menghimpunnya dalam beberapa hal yakni kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kekuasaan serta wewenang. Kesimpulan bahwa struktur sosial merupakan bentuk tatanan dalam lingkup kehidupan masyarakat dengan jaringan unsur sosial pokok adalah pandangan menurut Abdul Syani.

Sedangkan D. Hendropuspito menjabarkannya secara lebih lengkap dengan menyatakan bahwa struktur sosial merupakan rangkuman skema nilai sosial budaya yang di sertai dengan organ masyarakat dan di anggap sesuai untuk menunjang fungsi organisme masyarakat serta kepentingan dalam jangka panjang. Mengulas soal pengertian, George Simmel memberikan pengertian yang jauh lebih singkat.

Menurutnya struktur sosial merupakan sekumpulan individu di sertai dengan pola perilaku masing-masing. Sementara itu Firth menganggap bahwa acuan struktur sosial terletak pada hubungan yang bersifat fundamental dan mendasar di masyarakat dengan batas-batas aksi yang bergerak secara terorganisir.

Hubungan erat yang terjalin melalui perilaku sosial dalam struktur sosial merupakan dasar di kehidupan keseharian, itulah pengertiannya menurut George C. Homans.

Tak jauh berbeda dengan George Simmel, William Kornbmul menyatakan bahwa struktur sosial dapat terbentuk akibat pengulangan pola perilaku dari individu.

Pandangan lain di kemukakan oleh E.R. Lanch di mana ia menganggap struktur sosial sebagai cita-cita mengenai distribusi kekuasaan yang terjadi antar individu dalam suatu kelompok sosial.

Mengenali Ciri Struktur Sosial

MENGENALI CIRI STRUKTUR SOSIAL
www.contohtugas.com

Abdul Syani mencetuskan ciri struktur sosial sebagai berikut:

Pendapat ini menjelaskan bahwa hubungan-hubungan sosial mengakibatkan pembentukan dasar masyarakat dengan batas-batas kegiatan yang dapat di lakukan oleh organisasi masyarakat. Konsep ini mencakup peran lembaga, kelompok dan proses sosial yang ada.

Dalam hal ini semua hubungan sosial yang di maksud adalah pola yang terjadi pada saat-saat tertentu, karena itu struktur sosial merupakan aspek non proses dan cenderung bersifat statis. Struktur sosial yang di hasilkan akibat pengaruh budaya mendekatkan derajat susunan sosial di masyarakat.

Sifat statis dalam realitas sosial akibat hubungan itu membentuk kerangka atau tatanan. Dalam tataran ini struktur sosial menjadi ruang perubahan dan perkembangan masyarakat yang memuat dua pengertian.

Adapun bahwa struktur sosial merupakan wadah yang bersifat empiris dan memengaruhi proses perkembangan adalah pengertian yang pertama.

Stabilitas dan integrasi sosial berikut dengan segala macam aturan merupakan bagian dari perubahan dan perkembangan yang terhubung sebelum timbul ketidakpuasan di lingkup masyarakat. Inilah pengertian yang kedua.

Unsur-unsur Struktur Sosial

APA SAJA YANG TERMASUK UNSUR UNSUR SOSIAL
www.slideshare.net

Terdiri dari sepuluh bagian penting, hal ini di sampaikan oleh Charles P.
Loomis sebagai berikut:

1. Memuat pengetahuan dan keyakinan anggota masyarakat sebagai fungsi analisis

2. Memiliki solidaritas antar anggota masyarakat

3. Memiliki dasar tujuan yang searah

4. Memuat nilai dan norma sosial sebagai pedoman dalam bertingkah laku yang harus
di taati oleh tiap-tiap anggota masyarakat

5. Memiliki kedudukan serta peran sosial yang mengatur pola perilaku aau tindakan
masyarakat

6. Terdapat kekuasaan untuk mengorganisir sistem sosial di lingkungan masyarakat

7. Terdapat tingkatan sistem sosial berdasarkan status dan perannya di dalam lingkup
masyarakat

8. Memiliki sistem sanksi berupa hukuman atau ganjaran yang berlaku dalam ruang sosial

9. Memiliki sarana perlengkapan di antaranya pranata sosial maupun lembaga sosial

10. Terdapat ketegangan, penyimpangan atau bahkan konflik di antara perbedaan dan
persepsi antar warga di lingkungan kemasyarakatan

Elemen Dasar Dalam Struktur Sosial?

SUDAHKAH ANDA MENGETAHUI ELEMEN DASAR DALAM STRUKTUR SOSIAL
www.ngelmu.id

1. Status Sosial

Masalah mengenai status sosial sudah sering menjadi perbincangan di arena komunikasi masyarakat. Dalam hal ini keberadaan status sosial ada 3 jenis yakni:

  • Ascribed Status yaitu sebuah status yang di miliki oleh seseorang tanpa di pandang bakat, ciri atau karakteristik yang di milikinya. Artinya ia sudah memiliki status tersebut sejak kelahirannya seperti putra mahkota, pangeran, putri raja, anak bangsawan dan orang-orang semacamnya.
  • Achieved Status adalah sebuah status yang di peroleh melalui usaha mandiri dengan menempuh cara-cara yang mungkin umum di lakukan seperti guru, pengacara, pilot atau dokter dan profesi-profesi lainnya.
  • Assigned Status di mana status ini dapat di miliki oleh seseorang ketika ia mendapatkan penghargaan akibat jasa atau perannya di masyarakat. Misalnya ilmuan, pahlawan dan orang-orang yang berjasa besar.

2. Peranan Sosial

Harapan yang muncul terhadap seseorang dalam suatu posisi merupakan bentuk dari peranan sosial. Di mana dalam hal ini peran menjadi komponen penting yang menyokong adanya struktur sosial. Peranan sosial mampu memberikan kontribusi terhadap stabilitas keadaan masyarakat sehingga di anggap sebagai bagian penting dalam suatu struktur sosial.

3. Kelompok

Dalam suatu kelompok tentu terdapat sejumlah individu-individu yang memiliki kesepakatan berupa tujuan, cita-cita atau kesepakatan atas nilai dan norma.

Di lingkup kelompok terjadi interaksi yang di pengaruhi oleh unsur-unsur sosial lingkungan setempat seperti karang taruna pemuda-pemuda desa, kelompok-kelompok majelis tak’lim dan kelompok lainnya.

4. Institusi atau Lembaga

Organisasi tentu sudah melekat di tatanan kehidupan masyarakat. Di sanalah ada pola yang teratur, kepercayaan dan tindakan-tindakan yang berdasar pada kebutuhan sosial. Ada pula tujuan dan harapan yang di titipkan dalam sebuah institusi atau lembaga.

Menilik Fungsi Struktur Sosial

MENILIK FUNGSI STRUKTUR SOSIAL
prezi.com

1. Fungsi Identitas

Identitas harus di miliki oleh tiap-tiap orang sebagai bentuk kejelasan atas dirinya. Begitupun dengan kelompok, mereka juga harus memiliki identitas dalam lingkungan masyarakat. Biasanya suatu kelompok terbentuk berdasarkan kesamaan latar belakang seperti budaya, ras, dan kehidupan sosialnya.

2. Fungsi Kontrol

Struktur sosial membatasi perilaku dengan norma dan nilai. Hal ini berfungsi untuk mengontrol terjadinya pelanggaran dalam suatu kelompok masyarakat yang hidup bersama.

3. Fungsi Pembelajaran

Untuk memberikan keterarahan terkait dengan solusi suatu masalah atau untuk mengenali bagaimana perilaku masyarakat dalam suatu struktur sosial, dengan menganalisis perkembangan struktur sosial.

Dua Jenis Bentuk Struktur Sosial

DUA JENIS BENTUK STRUKTUR SOSIAL
baabun.com

Peter M. Blau mengelompokkan bentuk sosial menjadi dua jenis di antaranya:

  • Intersected atau penyilangan, di mana struktur sosial dapat di golongkan ke dalam bentuk ini apabila terjadi struktur sosial yang sifatnya menyilang dalam arti memiliki anggota yang berlatar belakang beda mencakup suku, ras atau agama.
  • Consolidated atau penguatan, struktur sosial akan masuk ke dalam jenis ini apabila terdapat konflik antar kelompok karena adanya tolak ukur yang tumpang tindih sehingga memerlukan konsolidasi antar kelompok agar tidak terjadi pertikaian.

Baca juga Interaksi sosial

Mulai dari pengertian, ciri, unsur, elemen, fungsi serta bentuk-bentuk struktur sosial telah menjadi rangkaian pemaparan sederhana. Sekiranya penulis berharap tulisan ini berkenan dan memberikan manfaat.

Tinggalkan komentar