28 Organisasi Dibawah Naungan PBB beserta Tugas-Tugasnya

Organisasi dibawah Naungan PBB – Ketika kita sekolah dulu, kita banyak belajar tentang negara-negara di dunia termasuk pelajaran tentang PBB. Apakah sebenarnya PBB itu? Mungkin, semua orang tidak asing lagi dengan istilah PBB.

PBB adalah singkatan dari Perserikatan Bangsa Bangsa atau dalam bahasa inggris disebut United Nations. Jadi, PBB sebenarnya merupakan organisasi internation terbesar di dunia yang beranggotakan negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia sendiri.

Kenapa PBB itu dibentuk? Tentunya, ada alasan penting mengapa PBB ini ada dan apa tujuan dari organisasi ini. Terdapat juga organisasi dibawah PBB yang menangani persoalan tertentu.

Jadi, tujuan utama dari PBB dibentuk adalah untuk mencari solusi berbagai masalah yang ada didunia ini agar bisa bersama-sama diatasi termasuk masalah lingkungan, keamanan, hak asasi manusia, kesehatan, ekonomi, dan sebagainya.

Disini, negara-negara anggota PBB bekerja sama dalam mengatasi semua masalah yang ada didunia agar tercipta kehidupan yang damai dan harmonis serta menjadi masyarakat yang lebih modern dan berpendidikan. Tapi, kamu juga harus tahu beberapa organisasi dibawah PBB yang memiliki fungsi dan tugasnya masing masing.

Organisasi di Bawah Naungan PBB

ORGANISASI DIBAWAH naungan PBB

Sebanyak 28 organisasi yang berada dibawah naungan PBB. Berikut adalah beberapa organisasi dibawah PBB yang mungkin perlu kamu tahu:

FAO

FAO
www.carriereinternasionali.com

Disingkat dari arti dalam bahasa inggris, FAO adalah kepanjangan dari Food and Agriculture Organization atau yang kita kenal denga Organisasi Pangan dan Pertanian. Sesuai dengan sebutannya, organisasi PBB ini bertujuan untuk mengatasi masalah pangan dan pertanian dunia agar penduduk dunia jauh dari kelaparan dan kekurangan gizi.

FAO sendiri memiliki tugas dalam meningkatkan produksi dan mengatasi semua masalah pertanian dan pangan termasuk dalam proses dan pendistribusiannya.

Organsasi FAO memiliki kantor pusat di negara Roma yang awalnya dibentuk di Kanada. Inti dari dibentuknya organisasi FAO ini adalah untuk membantu masyarakat dalam pertanian sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera tanpa adanya kelaparan meskipun saat ini masih banyak penduduk dunia yang masih kelaparan.

Setidaknya, FAO telah membantu banyak negara-negara didunia sehingga menjadi negara yang berkembang dalam urusan pertanian dan pangan. FAO sebenarnya memiliki 4 tugas pokok diantaranya:

  • Memberikan informasi tentang perikanan, pangan, perhutanan, dan nutrisi
  • Menyusun kebijakan tentang masalah pertanian dan pangan
  • Memberi masukan kepada pemerintah negara
  • Dan memberikan bantuan pembangunan kepada negara yang membutuhkan agar lebh berkembang.

 

IAEA

IAEA
dailytimes.com.pk

Organisasi dibawah PBB selanjutnya adalah IAEA singkatan dari International Atomic Energy Agency. Dalam bahasa kita, organisasi ini disebut dengan Badan Tenaga Atom International. IAEA sendiri berbasi di kota Wina Austria. Awalnya, IAEA dibentuk pada tahun 1957 yang memiliki tujuan utama dalam mempromosikan penggunaan nuklir secara bijak dan aman.

IAEA juga memiliki tugas dalam mengawasi penggunaan energi nuklir untuk mliter. Sasaran utama dari organisasi bukanlah masyarakat kecil, melainkan pemerintahan negara-negara yang berusaha untuk memanfaatkan energi nuklir untuk urusan yang membahayakan.

Jadi, IAEA dibentuk untuk membatasi penggunanan energi nuklir untuk tujuan perang. Saat ini, IAEA dipimpin oleh Yukiya Amano. Sebelumnya, organisasi ini dipimpin oleh Mahammed ELBaradei yang juga mendapatkan nobel perdamaian karena usahanya dalam mengatasi permasalahan penggunaan nuklir.

ILO

ILO
www.youthop.com

Selanjutnya, ada ILO yang juga menjadi organisasi dibawah PBB. ILO singkatan dari International Labour Organization atau Organisasi Buruh Internation. Tujuan dari dibentuknya ILO adalah untuk mengatasi masalah buruh dan tenaga kerja diseluruh dunia. Awalnya, ILO dibentuk pada tahun 1919 dan berada dibawah naungan LBB saat perang dunia pertama.

Karane LBB telah bubar, maka ILO sekarang berada dibawah naungan PBB setelah perang dunia kedua hingga saat ini. ILO juga pernah mendapatkan perhargaan atau nobel perdamaian pada tahun 1969. Saat ini, organisasi ILO dipimpin oleh Juan Somavia.

Dalam tugasnya, ILO memberikan solusi dalam mengatasi masalah buruh internasional agar para buruh dalam aman dalam bekerja dan juga mendapatknya hak atau gaji yang sesuai.

ILO memastikan kebutuhan perempuan dan laki-laki yang bekerja dengan menyatukan pemerintah, pengusaha dan pekerja untuk menetapkan standar tenaga kerja, mengembangkan kebijakan dan menyusun program. Struktur utama ILO, di mana pekerja dan pengusaha bersama-sama memiliki suara yang sama dengan pemerintah dalam musyawarahnya, menunjukkan dialog sosial dalam aksi.

Ini memastikan bahwa pandangan mitra sosial tercermin erat dalam standar, kebijakan, dan program perburuhan ILO. ILO mendorong tripartisme ini dalam konstituennya – pengusaha, pekerja dan negara-negara anggota, dengan mempromosikan dialog sosial antara serikat pekerja dan pengusaha dalam merumuskan, dan jika perlu, menerapkan kebijakan nasional tentang masalah sosial, ekonomi, dan banyak masalah lainnya.

IMF

IMF

IMF dikenal dengan Dana Moneter Internasional yang juga merupakan organisasi dibawah PBB. Sesuai dengan sebutannya, IMF bekerja dalam bidang keuangan. Dalam hal ini, IMF dibentuk untuk membantu mengatur sistem keuangan diseluruh dunia. Negara-negara anggota PBB juga bisa mendapatkan bantuan pinjaman keuangan dari IMF dalam jumlah besar dalam upaya mengatasi masalah ekonomi dalam suatu negara.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang mendapatkan bantuan pinjaman keuangan hingga triliunan rupiah. Misi utama dari IMF yaitu membantu negara anggota dalam mengatasi masalah keuangan negara. Akan tetapi, negara yang mendapatkan bantuan tersebut harus menerapkan kebijakan ekonomi sesuai dengan aturan IMF.

Namun demikian, tidak semua anggota masuk dalam anggota IMF. Beberapa negara yang tidak masuk dalam IMF diantaranya adalah Andora, Nauru, Monaco, Andora, dan Korea Utara.

IMO

IMO
itunes.apple.com

IMO atau kepanjangan dari International Maritime Organization dalam bahasa indonesia disebut sebagai Organisasi Maritim Internasional merupakan sebuah organisasi dibawah PBB yang bertujuan untuk menangani masalah kemaritiman internasional. Kantor pusat dari IMO ada di London dan sudah dibentuk sejak tahun 1958. Dalam fungsinya, IMO berperan penting dalam menjaga lingkungan laut, industri pelayaran, dan keselamatan maritim dunia.

Berkat dibentuknya IMO, masyarakat diajarkan bagaimana cara menjaga kelestarian laut sehingga laut internasional tetap terjaga demi kelangsungan hidup biota laut. IMO juga memiliki peran dalam kebersihan air laut dan menjaga laut dari sampah-sampah. Karena masih dalam naungan PBB, kinerja IMO selalu ditinjau oleh anggota-anggota PBB.

UNCHR

UNHCR
www.cendananews.com

UNCHR adalah singkatan dari United Nations Commisions on Human Rights atau dalam bahasa kita disebut dengan Komisi Persatuan Hak Asasi Manusia. UNCHR sendiri masih berada dalam naungan PBB dan memiliki tugas mengatasi masalah hak asasi manusia. Organisasi ini juga masih berada dibawah ECOSOC dalam ruang lingkup organisasi PBB.

Semua masalah yang berkaitan dengan hak asasi akan dibahas dalam forum UNCHR sehingga dapat menemukan solusi dalam menciptakan kehidupan masyarakat dunia yang damai, adil, dan makmur. Semua kasus yang berkaitan dengan hak asasi manusia akan diperhatikan oleh organisasi ini khususnya bagi anggota-anggota PBB lainnya.

UNICEF

UNICEF
www.unicefrosa-progressreport.org

UNICEF adalah singkatan dari United Nations Children’s Fund atau Badan PBB untuk Anak-anak. UNICEF memperluas ruang lingkup kegiatannya pada tahun 1960-an untuk memasukkan advokasi dan memajukan hak anak atas pendidikan, perawatan kesehatan, dan nutrisi. UNICEF memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1965.

UNICEF akhirnya memperluas cakupannya ke perjuangan perempuan, terutama para ibu, di negara berkembang. Misalnya, ia meluncurkan ‘Program Perempuan dalam Pembangunan’ pada tahun 1980. Pada tahun 1982, UNICEF memulai program kesehatan anak-anak baru yang berfokus pada pemantauan pertumbuhan, terapi rehidrasi oral, advokasi menyusui, dan imunisasi.

Pada tahun 1989, Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak-Hak Anak, yang digunakan UNICEF sebagai pedoman untuk program-programnya.

UNIDO

UNIDO
www.von.gov.ng

United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) adalah Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), badan pembangunan internasional PBB, yang berbasis di Wina, yang didirikan oleh Majelis Umum pada 1 Januari 1967. Badan pimpinan UNIDO, General Conference, bertemu setiap dua tahun dan menentukan kebijakan serta menyetujui anggaran .

Itu juga memilih direktur jenderal dan Dewan Pengembangan Industri, yang terdiri dari perwakilan dari 53 negara anggota; dewan meninjau berbagai program dan membuat rekomendasi tentang masalah kebijakan. UNIDO bertujuan untuk membantu dalam industrialisasi negara-negara berkembang dengan mengoordinasikan organisasi-organisasi PBB lainnya yang ditujukan untuk tujuan ini.

Kegiatannya membantu merumuskan kebijakan dan program pengembangan industri dengan menyediakan penasihat dan bantuan lainnya, sebagian besar dalam hal informasi, pendidikan, dan penelitian. Jaringan kantor Promosi Investasi dan Teknologi di negara-negara seperti Bahrain, Cina, Italia, Jepang, Yunani, dan Rusia mempublikasikan peluang investasi dan memberikan informasi kepada calon investor.

UNRWA

UNRWA
www.paljounerys.org

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) didanai hampir seluruhnya oleh kontribusi sukarela dari Negara-negara Anggota PBB. UNRWA juga menerima sejumlah dana dari Anggaran Reguler Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang sebagian besar digunakan untuk biaya staf internasional.

Layanan Badan mencakup pendidikan, perawatan kesehatan, bantuan dan layanan sosial, infrastruktur dan peningkatan kemah, keuangan mikro dan bantuan darurat, termasuk di saat konflik bersenjata. Menyusul konflik Arab-Israel 1948, UNRWA didirikan oleh Resolusi Majelis Umum PBB 302 (IV) pada 8 Desember 1949 untuk melaksanakan program bantuan langsung dan bekerja untuk para pengungsi Palestina.

Badan mulai beroperasi pada 1 Mei 1950. Dengan tidak adanya solusi untuk masalah pengungsi Palestina, Majelis Umum telah berulang kali memperbarui mandat UNRWA, yang paling baru diperpanjang sampai 30 Juni 2020.

UNWTO

UNWTO
www.ecotourism.org.au

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) adalah badan PBB yang bertanggung jawab atas promosi pariwisata dan dapat diakses secara universal. Sebagai organisasi internasional terkemuka di bidang pariwisata, UNWTO mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pengembangan inklusif dan kelestarian lingkungan dan menawarkan kepemimpinan dan dukungan kepada sektor ini dalam memajukan pengetahuan dan kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

UNWTO juga mendorong penerapan Kode Etik Global untuk Pariwisata, untuk memaksimalkan kontribusi sosial-ekonomi pariwisata sembari meminimalkan kemungkinan dampak negatifnya, dan berkomitmen untuk mempromosikan pariwisata sebagai instrumen dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diarahkan untuk mengurangi kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia.

UPU

UPU
multichannelmercant.com

Didirikan pada tahun 1874, Universal Postal Union (UPU), dengan kantor pusatnya di ibukota Swiss Berne, adalah organisasi internasional tertua kedua di dunia. Dengan 192 negara anggotanya, UPU adalah forum utama untuk kerja sama antar pemain sektor pos. Ini membantu memastikan jaringan yang benar-benar universal dari produk dan layanan terbaru.

Dengan cara ini, organisasi memenuhi peran sebagai penasihat, penengah, dan penghubung, dan memberikan bantuan teknis jika diperlukan. UPU juga menetapkan aturan untuk pertukaran surat internasional dan membuat rekomendasi untuk merangsang pertumbuhan volume surat, paket, dan layanan keuangan serta meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.

WFP

WFP
www.youtube.com

Dengan membantu 91,4 juta orang daru 83 negara setiap tahun, Program Pangan Dunia (WFP) adalah organisasi kemanusiaan terkemuka yang menyelamatkan jiwa dan mengubah hidup, memberikan bantuan pangan dalam keadaan darurat dan bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan nutrisi dan membangun ketahanan. Komunitas internasional telah berkomitmen untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi pada tahun 2030 sebab satu dari sembilan orang di seluruh dunia masih belum memiliki cukup makanan. WFP memiliki 5.000 truk, 20 kapal dan 92 pesawat bergerak, memberikan makanan dan bantuan lainnya kepada mereka yang paling membutuhkan.

WHO

WHO
www.who.int

WHO dibentuk pada tanggal 7 April 1948  atau tanggal yang sekarang kita rayakan setiap tahun sebagai Hari Kesehatan Dunia. WHO sekarang memiliki lebih dari 7000 orang dari lebih dari 150 negara yang bekerja di 150 kantor negara, di 6 kantor regional dan di kantor pusat WHO di Jenewa. WHO bekerja di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan, menjaga keamanan dunia, dan melayani masyrakat yang rentan kena penyakit.

Tujuan dibentuknya WHO adalah untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki cakupan kesehatan universal, danuntuk melindungi mereka dari keadaan darurat kesehatan, dan memberikan layanan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik kepada mereka.

Untuk cakupan kesehatan universal WHO memiliki fungsi seperti fokus pada perawatan kesehatan primer untuk meningkatkan akses ke layanan esensial berkualitas, bekerja menuju pembiayaan yang berkelanjutan dan perlindungan keuangan, meningkatkan akses ke obat-obatan esensial dan produk kesehatan, melatih tenaga kesehatan dan memberi nasihat tentang kebijakan tenaga kerja, mendukung partisipasi masyarakat dalam kebijakan kesehatan nasional, dan meningkatkan pemantauan, data dan informasi.

WMO

WMO
www.almy.com

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) adalah organisasi antar pemerintah dengan keanggotaan dari 192 Negara dan Wilayah Anggota. Organisasi ini memiliki akar ditanam di Kongres Meteorologi Internasional Wina 1873.

Didirikan oleh ratifikasi Konvensi WMO pada 23 Maret 1950, WMO menjadi badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk meteorologi (cuaca dan iklim), hidrologi operasional, dan ilmu geofisika. Sekretariat, yang berkantor pusat di Jenewa, dipimpin oleh Sekretaris Jenderal. Badan utamanya adalah Kongres Meteorologi Dunia.

Misi WMO adalah untuk:

  • Memfasilitasi kerja sama di seluruh dunia dalam pembentukan jaringan stasiun untuk pembuatan pengamatan meteorologi serta pengamatan hidrologi dan geofisika lainnya yang terkait dengan meteorologi, dan untuk mempromosikan pembentukan dan pemeliharaan pusat-pusat yang dibebankan dengan penyediaan meteorologi dan layanan terkait.
  • Mempromosikan pembentukan dan pemeliharaan sistem untuk pertukaran cepat informasi meteorologis dan terkait.
  • Mempromosikan standardisasi pengamatan meteorologis dan terkait dan untuk memastikan publikasi seragam dari pengamatan dan statistik.
  • Penerapan meteorologi untuk penerbangan, pengiriman, masalah air, pertanian dan kegiatan manusia lainnya.
  • Mempromosikan kegiatan dalam hidrologi operasional dan untuk lebih lanjut kerjasama yang erat antara Layanan Meteorologi dan Hidrologi.
  • Dorong penelitian dan pelatihan dalam meteorologi dan untuk membantu mengoordinasikan aspek internasional dari penelitian dan pelatihan tersebut.

 

ICAO

ICAO
icao.usmission.gov

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) adalah badan khusus PBB, yang didirikan oleh Negara pada tahun 1944 untuk mengelola administrasi dan tata kelola Konvensi Penerbangan Sipil Internasional (Konvensi Chicago).

ICAO bekerja dengan 193 Negara Anggota dan kelompok industri Konvensi untuk mencapai konsensus tentang Standar penerbangan sipil internasional dan Praktik yang Disarankan (SARP) dan kebijakan dalam mendukung sektor penerbangan sipil yang aman, efisien, aman, berkelanjutan secara ekonomi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

SARP dan kebijakan ini digunakan oleh Negara-negara Anggota ICAO untuk memastikan bahwa operasi dan peraturan penerbangan sipil lokal mereka sesuai dengan norma-norma global, yang pada gilirannya memungkinkan lebih dari 100.000 penerbangan setiap hari di jaringan global penerbangan untuk beroperasi dengan aman dan andal di setiap wilayah di dunia.

Selain pekerjaan intinya menyelesaikan SARP internasional dan kebijakan yang digerakkan oleh konsensus di antara Negara-negara Anggota dan industri, dan di antara banyak prioritas dan program lainnya, ICAO juga mengoordinasikan bantuan dan pengembangan kapasitas untuk Negara-negara dalam mendukung berbagai tujuan pengembangan penerbangan; menghasilkan rencana global untuk mengoordinasikan kemajuan strategis multilateral untuk keselamatan dan navigasi udara; memantau dan melaporkan berbagai metrik kinerja sektor transportasi udara; dan mengaudit kemampuan pengawasan penerbangan sipil Negara di bidang keselamatan dan keamanan.

IFAD

IFAD
id.wikipedia.org

Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (IFAD), sebuah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa, adalah salah satu hasil utama dari Konferensi Pangan Dunia 1974.

Konferensi ini diselenggarakan oleh PBB dalam menanggapi krisis pangan awal 1970-an, ketika kekurangan pangan global menyebabkan kelaparan dan kekurangan gizi yang meluas, terutama di negara-negara Afrika di Afrika.

Para pemimpin dunia menyadari bahwa kerawanan pangan dan kelaparan bukanlah kegagalan dalam produksi pangan tetapi masalah struktural yang berkaitan dengan kemiskinan. Ini diperparah oleh kenyataan bahwa mayoritas orang miskin di negara berkembang tinggal di daerah pedesaan.

Menanggapi tantangan yang kompleks ini, diputuskan bahwa “Dana Internasional untuk Pembangunan harus segera dibentuk untuk membiayai proyek-proyek pembangunan pertanian, terutama untuk produksi pangan di negara-negara berkembang.

IMF akan menyediakan pembiayaan terutama untuk proyek dan program yang dirancang khusus untuk memperkenalkan, memperluas atau meningkatkan sistem produksi pangan dan untuk memperkuat kebijakan dan lembaga terkait. Tiga tahun setelah konferensi Roma, IFAD didirikan sebagai lembaga keuangan internasional pada tahun 1977. Sejak itu, proyek yang didukung IFAD telah mencapai jutaan orang.

IPCC

IPCC
www.umweltbundesamt.de

IPCC atau Intergovernmental Panel on Climate Change diciptakan pada tahun 1988 oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP). Tujuan IPCC adalah memberikan informasi ilmiah kepada pemerintah di semua tingkatan yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan kebijakan iklim. Laporan IPCC juga merupakan input utama ke dalam negosiasi perubahan iklim internasional.

IPCC adalah organisasi pemerintah yang menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa atau WMO. IPCC saat ini memiliki 195 anggota.

Ribuan orang dari seluruh dunia berkontribusi pada pekerjaan IPCC. Untuk laporan penilaian, para ilmuwan IPCC menyumbangkan waktu mereka untuk menilai ribuan makalah ilmiah yang diterbitkan setiap tahun untuk memberikan ringkasan komprehensif tentang apa yang diketahui tentang pendorong perubahan iklim, dampaknya dan risiko di masa depan, dan bagaimana adaptasi dan mitigasi dapat mengurangi risiko.

Tinjauan terbuka dan transparan oleh para ahli dan pemerintah di seluruh dunia adalah bagian penting dari proses IPCC, untuk memastikan penilaian yang objektif dan lengkap dan untuk mencerminkan beragam pandangan dan keahlian.

Melalui penilaiannya, IPCC mengidentifikasi kekuatan perjanjian ilmiah di berbagai bidang dan menunjukkan di mana penelitian lebih lanjut diperlukan. IPCC tidak melakukan penelitian sendiri.

ITU

ITU
www.itu.int

Saat ini, ada miliaran pelanggan telepon seluler, hampir lima miliar orang dengan akses ke televisi, dan puluhan juta pengguna Internet baru setiap tahun.

Ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan layanan satelit – baik mendapatkan petunjuk arah dari sistem navigasi satelit, memeriksa ramalan cuaca atau menonton televisi dari daerah terpencil. Jutaan orang lebih banyak menggunakan kompresi video setiap hari di ponsel, pemutar musik, dan kamera.

International Telecommunication Union (ITU) berada di jantung sektor TIK, menjadi perantara perjanjian tentang teknologi, layanan, dan alokasi sumber daya global seperti spektrum frekuensi radio dan posisi orbit satelit, untuk menciptakan sistem komunikasi global yang mulus, kuat, dapat diandalkan, dan terus berkembang.

Jaringan telekomunikasi internasional global adalah prestasi rekayasa terbesar dan tercanggih yang pernah dibuat. Anda menggunakannya setiap kali Anda masuk ke web, mengirim email atau SMS, mendengarkan radio, menonton televisi, memesan sesuatu secara online, bepergian dengan pesawat atau kapal – dan tentu saja setiap kali Anda menggunakan ponsel, ponsel cerdas atau komputer tablet.

Semua ini berkat ITU dan keanggotaannya:

  • ITU memungkinkan panggilan telepon: apakah ke kantor di sebelah atau ke teman di negara lain. Standar, protokol, dan perjanjian internasional ITU adalah elemen-elemen penting yang menopang sistem telekomunikasi global.
  • ITU mengoordinasikan satelit dunia melalui pengelolaan spektrum dan orbit, membawa Anda televisi, navigasi GPS kendaraan, komunikasi maritim dan aeronautika, informasi cuaca dan peta online, dan memungkinkan komunikasi bahkan di bagian paling terpencil di planet ini.
  • ITU memungkinkan akses Internet. Mayoritas koneksi internet difasilitasi oleh standar ITU.
  • ITU membantu mendukung komunikasi di tengah bencana dan keadaan darurat – melalui bantuan di lapangan, saluran komunikasi darurat khusus, standar teknis untuk sistem peringatan dini, dan bantuan praktis dalam membangun kembali setelah bencana.
  • ITU bekerja dengan industri untuk mendefinisikan teknologi baru yang akan mendukung jaringan dan layanan masa depan.
  • ITU memperkuat revolusi seluler, menempa standar teknis dan kerangka kerja kebijakan yang memungkinkan seluler dan broadband.
  • ITU bekerja dengan mitra sektor publik dan swasta untuk memastikan bahwa akses dan layanan TIK terjangkau, adil dan universal.
  • ITU memberdayakan orang-orang di seluruh dunia melalui pendidikan dan pelatihan teknologi.

 

UNCTAD

UNCTAD
old.presidentpost.id

Globalisasi, termasuk ekspansi perdagangan yang fenomenal, telah membantu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan. Tetapi tidak cukup banyak orang mendapat manfaat. Dan tantangan yang luar biasa masih ada.

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) mendukung negara-negara berkembang untuk mengakses manfaat dari ekonomi global yang lebih adil dan efektif. Organisasi dibawah PBB ini juga membantu memperlengkapi mereka untuk menghadapi kelemahan potensial dari integrasi ekonomi yang lebih besar.

Untuk melakukan ini, UNCTAD menyediakan analisis, memfasilitasi pembangunan konsensus, dan menawarkan bantuan teknis. Ini membantu mereka menggunakan perdagangan, investasi, keuangan, dan teknologi sebagai kendaraan untuk pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Bekerja di tingkat nasional, regional, dan global, upaya UNCTAD membantu negara-negara untuk:

  • Memahami opsi untuk mengatasi tantangan pembangunan tingkat makro
  • Mencapai integrasi yang menguntungkan ke dalam sistem perdagangan internasional
  • Diversifikasi ekonomi untuk membuatnya kurang bergantung pada komoditas
  • Batasi paparan mereka terhadap volatilitas keuangan dan utang
  • Menarik investasi dan membuatnya lebih ramah pengembangan
  • Tingkatkan akses ke teknologi digital
  • Mempromosikan kewirausahaan dan inovasi
  • Bantu perusahaan lokal meningkatkan rantai nilai
  • Mempercepat arus barang lintas batas
  • Lindungi konsumen dari penyalahgunaan
  • Batasi peraturan yang menghambat persaingan
  • Beradaptasi dengan perubahan iklim dan menggunakan sumber daya alam secara lebih efektif
  • Bersama dengan departemen dan badan PBB lainnya, kami mengukur kemajuan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sebagaimana ditetapkan dalam Agenda 2030.

UNCTAD juga mendukung implementasi Pembiayaan untuk Pembangunan, sebagaimana diamanatkan oleh komunitas global dalam Agenda Addis Ababa 2015, bersama dengan empat pemangku kepentingan kelembagaan utama lainnya: Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, Organisasi Perdagangan Dunia, dan Program Pembangunan PBB .

Sementara UNCTAD bekerja terutama dengan pemerintah, untuk secara efektif menangani besarnya dan kompleksitas memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, UNCTAD percaya bahwa kemitraan dan kerja sama yang lebih erat dengan sektor swasta dan masyarakat sipil sangat penting.

Pada akhirnya, UNCTAD melayani warga dari 194 negara yang membentuk organisasi kami. Tujuan dibentuknya UNCTAD adalah untuk menciptakankemakmuran bagi semua.

UNODC

UNODC
www.opportunitiesforafricans.com

 

United Nations International Drug Control Program (UNDCP) adalah pemimpin global dalam perang melawan narkoba dan kejahatan internasional. Didirikan pada tahun 1997 melalui penggabungan antara Program Pengendalian Narkoba PBB dan Pusat Pencegahan Kejahatan Internasional, UNODC beroperasi di semua wilayah di dunia melalui jaringan kantor lapangan yang luas. UNODC bergantung pada kontribusi sukarela, terutama dari Pemerintah, untuk 90 persen dari anggarannya.

UNODC diberi mandat untuk membantu Negara-negara Anggota dalam perjuangan mereka melawan narkoba, kejahatan dan terorisme.

Dalam Deklarasi Milenium, Negara-negara Anggota juga memutuskan untuk mengintensifkan upaya untuk memerangi kejahatan transnasional dalam semua dimensinya, untuk melipatgandakan upaya untuk menerapkan komitmen untuk melawan masalah narkoba dunia dan untuk mengambil tindakan bersama melawan terorisme internasional.

Tiga pilar program kerja UNODC adalah:

  • Proyek kerja sama teknis berbasis lapangan untuk meningkatkan kapasitas Negara-negara Anggota untuk menangkal narkoba, kejahatan dan terorisme
  • Penelitian dan pekerjaan analitis untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang masalah narkoba dan kejahatan dan memperluas basis bukti untuk kebijakan dan keputusan operasional
  • Pekerjaan normatif untuk membantu Negara-negara dalam ratifikasi dan implementasi perjanjian internasional yang relevan, pengembangan legislasi domestik tentang narkoba, kejahatan dan terorisme, dan penyediaan sekretariat dan layanan-layanan substantif untuk badan-badan yang berbasis perjanjian dan pemerintahan.

Dalam mencapai tujuannya, UNODC melakukan segala upaya untuk mengintegrasikan dan mengarusutamakan perspektif gender, khususnya dalam proyek-proyeknya untuk penyediaan mata pencaharian alternatif, serta yang menentang perdagangan manusia.

 

UNDP

UNDP
www.globalcitizen.org

Ini adalah waktu yang kritis bagi dunia. Bagi United Nations Development Programme (UNDP), periode ini menjadi peluang besar untuk memajukan agenda pembangunan berkelanjutan global. Pada September 2015, para pemimpin dunia mengadopsi Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini dan memastikan bahwa semua orang menikmati kedamaian dan kemakmuran.

UNDP bekerja untuk memperkuat kerangka kerja baru untuk pembangunan, pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim. UNDP mendukung upaya negara-negara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, atau Tujuan Global, yang akan memandu prioritas pembangunan global hingga 2030.

Rencana Strategis UNDP (2018-2021) telah dirancang agar responsif terhadap keragaman luas negara yang dilayani. Keragaman tersebut tercermin dalam tiga konteks pembangunan luas:

  • Memberantas kemiskinan dalam segala bentuk dan dimensinya
  • Mempercepat transformasi struktural
  • Bangun ketahanan terhadap guncangan dan krisis

Untuk menanggapi masalah-masalah ini, dan lebih memfokuskan sumber daya dan keahliannya untuk disampaikan pada Agenda 2030, UNDP telah mengidentifikasi serangkaian pendekatan yang disebut Solusi Tanda Tangan UNDP:

  • Menghindarkan orang dari kemiskinan
  • TATA KELOLA untuk masyarakat yang damai, adil, dan inklusif
  • Pencegahan krisis dan peningkatan RESILIENSI
  • LINGKUNGAN: solusi berbasis alam untuk pembangunan
  • ENERGI Bersih, terjangkau
  • Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan GENDER.

 

UNEP

UNEP
id.wikipedia.org

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNEP adalah otoritas lingkungan global terkemuka yang menetapkan agenda lingkungan global, mempromosikan implementasi yang koheren dari dimensi lingkungan dari pembangunan berkelanjutan dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan berfungsi sebagai advokat otoritatif untuk lingkungan global.

Misi UNEP adalah untuk memberikan kepemimpinan dan mendorong kemitraan dalam merawat lingkungan dengan menginspirasi, memberi informasi, dan memungkinkan negara dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa mengurangi kualitas generasi mendatang.

Berkantor pusat di Nairobi, Kenya, UNEP bekerja melalui divisi-divisi kami serta kantor-kantor regional, penghubung dan kantor pusat UNEP dan jaringan yang berkembang dari pusat-pusat keunggulan yang berkolaborasi. UNEP juga menyelenggarakan beberapa konvensi lingkungan, sekretariat, dan badan koordinasi antarlembaga. Lingkungan PBB dipimpin oleh Penjabat Direktur Eksekutif kami.

UNEP mengkategorikan tugasnya menjadi tujuh bidang tematis yang luas: perubahan iklim, bencana dan konflik, pengelolaan ekosistem, tata kelola lingkungan, bahan kimia dan limbah, efisiensi sumber daya, dan lingkungan yang sedang ditinjau. Dalam semua pekerjaan UNEP, UNEP menjaga komitmen menyeluruh ntuk keberlanjutan.

Tugas UNEP dimungkinkan oleh mitra yang mendanai dan memperjuangkan misi UNEP sendiri. UNEP bergantung pada kontribusi sukarela untuk 95 persen dari penghasilan UNEP sendiri.

Setiap tahun, UNEP menghormati dan merayakan individu dan institusi yang melakukan pekerjaan luar biasa atas nama lingkungan. UNEP juga menjadi tuan rumah sekretariat dari banyak perjanjian lingkungan multilateral yang kritis dan badan-badan penelitian, menyatukan negara-negara dan komunitas lingkungan untuk mengatasi tantangan terbesar di zaman sekarang ini.  

UNESCO

UNESCO
americanlibrariesmagazine.org

UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB. Ia berupaya membangun perdamaian melalui kerja sama internasional dalam Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya. Program UNESCO berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditentukan dalam Agenda 2030, yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2015.

Pengaturan politik dan ekonomi pemerintah tidak cukup untuk mendapatkan dukungan abadi dan tulus dari rakyat. Perdamaian harus dibangun atas dasar dialog dan saling pengertian. Kedamaian harus dibangun di atas solidaritas intelektual dan moral umat manusia.

Dalam semangat ini, UNESCO mengembangkan alat-alat pendidikan untuk membantu orang hidup sebagai warga global yang bebas dari kebencian dan intoleransi. UNESCO bekerja sehingga setiap anak dan warga memiliki akses ke pendidikan yang berkualitas.

Dengan mempromosikan warisan budaya dan martabat yang setara dari semua budaya, UNESCO memperkuat ikatan antar bangsa. UNESCO mendorong program dan kebijakan ilmiah sebagai platform untuk pengembangan dan kerja sama.

UNESCO membela kebebasan berekspresi, sebagai hak fundamental dan syarat utama bagi demokrasi dan pembangunan. Berfungsi sebagai laboratorium gagasan, UNESCO membantu negara-negara mengadopsi standar internasional dan mengelola program-program yang mendorong arus bebas gagasan dan berbagi pengetahuan.

Visi pendiri UNESCO lahir sebagai tanggapan terhadap perang dunia yang ditandai oleh kekerasan rasis dan anti-Semit. Tujuh puluh tahun kemudian dan banyak perjuangan pembebasan kemudian, mandat UNESCO sama relevannya dengan sebelumnya.

Keragaman budaya sedang diserang dan bentuk-bentuk baru intoleransi, penolakan terhadap fakta-fakta ilmiah dan ancaman terhadap kebebasan berekspresi menantang perdamaian dan hak asasi manusia. Sebagai tanggapan, tugas UNESCO tetap untuk menegaskan kembali misi humanis pendidikan, sains dan budaya.

 

UNFIP

UNFIP
www.insightsonindia.com

Dana Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kemitraan Internasional (UNFIP) didirikan pada tahun 1998 untuk berfungsi sebagai penghubung antara Yayasan PBB dan sistem PBB.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (Yayasan PBB) didirikan pada tahun 1998 oleh pengusaha dan dermawan Ted Turner untuk menyalurkan hadiah bersejarah senilai $ 1 miliar untuk mendukung kegiatan dan kegiatan PBB. Yayasan PBB, sebuah badan amal publik AS, telah menjadi garda depan untuk kemitraan antara PBB dan sektor swasta yang telah menginspirasi orang lain.

Foundation bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mendorong kemitraan inovatif, kampanye, dan inisiatif untuk mengamankan kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat bagi orang-orang di seluruh dunia dengan berfokus pada bidang-bidang di bawah ini:

  • Kesehatan Global
  • Wanita, Gadis dan Populasi
  • Energi dan Iklim
  • Advokasi, Komunikasi dan masalah terkait pembangunan lainnya

Pada tanggal 31 Desember 2015, alokasi kumulatif yang disetujui oleh Yayasan PBB untuk proyek UNFIP untuk implementasi oleh mitra PBB mencapai sekitar $ 1,4 miliar. Sejak awal, 592 proyek telah dilaksanakan atau sedang dilaksanakan oleh 43 entitas PBB di 124 negara. Selama 2016, Yayasan menyalurkan dana dalam jumlah $ 37,08 juta, dengan fokus pada pemberantasan polio, malaria, HIV / AIDS dan pencegahan campak, bantuan kemanusiaan, pengawasan penyakit, perawatan kesehatan reproduksi, pemberdayaan anak perempuan, pengembangan energi berkelanjutan dan perlindungan lingkungan, dan masalah lain.

UNFPA

UNFPA
www.unfpa.org

UNFPA adalah badan kesehatan seksual dan reproduksi PBB. Misi UNFPA adalah untuk memberikan dunia di mana setiap kehamilan diinginkan, setiap persalinan aman dan potensi setiap anak muda terpenuhi.

Dukungan UNFPA:

  • Perawatan kesehatan reproduksi untuk wanita dan pemuda di lebih dari 150 negara – yang merupakan rumah bagi lebih dari 80 persen populasi dunia
  • Kesehatan ibu hamil, terutama 1 juta yang menghadapi komplikasi yang mengancam jiwa setiap bulan
  • Akses yang andal ke kontrasepsi modern yang cukup untuk memberi manfaat bagi 20 juta wanita per tahun
  • Pelatihan ribuan petugas kesehatan untuk membantu memastikan setidaknya 90 persen dari semua persalinan diawasi oleh tenaga terlatih
  • Pencegahan kekerasan berbasis gender, yang mempengaruhi 1 dari 3 wanita
  • Meninggalkan mutilasi alat kelamin wanita, yang membahayakan 3 juta anak perempuan setiap tahun
  • Pencegahan kehamilan remaja, komplikasi yang merupakan penyebab utama kematian untuk anak perempuan berusia 15-19 tahun
  • Upaya untuk mengakhiri pernikahan anak, yang dapat mempengaruhi sekitar 70 juta anak perempuan selama 5 tahun ke depan
  • Pengiriman perlengkapan persalinan yang aman, perlengkapan martabat, dan bahan-bahan lainnya yang menyelamatkan jiwa bagi para penyintas konflik dan bencana alam
  • Sensus, pengumpulan dan analisis data, yang penting untuk perencanaan pembangunan

UNFPA secara resmi bernama Dana Populasi PBB. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1969, pada tahun yang sama Majelis Umum PBB menyatakan “orang tua memiliki hak eksklusif untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah dan jarak anak-anak mereka. UNFPA menyerukan realisasi hak-hak reproduksi untuk semua dan mendukung akses ke berbagai layanan kesehatan seksual dan reproduksi – termasuk keluarga berencana sukarela, perawatan kesehatan ibu dan pendidikan seksualitas yang komprehensif.

UNHCR

UNHCR
www.youtube.com

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dibentuk pada tahun 1950, setelah Perang Dunia Kedua, untuk membantu jutaan orang Eropa yang melarikan diri atau kehilangan rumah mereka. Kami memiliki tiga tahun untuk menyelesaikan pekerjaan kami dan kemudian bubar.

Hari ini, lebih dari 68 tahun kemudian, organisasi UNHCR masih bekerja keras, melindungi dan membantu para pengungsi di seluruh dunia. Pada tahun 1954, UNHCR memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas karya inovatifnya di Eropa. Tapi itu tidak lama sebelum UNHCR menghadapi keadaan darurat besar berikutnya.

Pada tahun 1956, selama Revolusi Hongaria, 200.000 melarikan diri ke Austria. Mengakui orang-orang Hongaria sebagai pengungsi ‘prima facie’, UNHCR memimpin upaya untuk memukimkan kembali mereka. Pemberontakan ini dan akibatnya membentuk cara organisasi kemanusiaan akan menangani krisis pengungsi di masa depan.

Selama 1960-an, dekolonisasi Afrika menghasilkan yang pertama dari banyak krisis pengungsi di benua itu. UNHCR juga membantu mencabut orang di Asia dan Amerika Latin selama dua dekade berikutnya. Pada 1981, kami menerima Hadiah Nobel Perdamaian kedua untuk apa yang telah menjadi bantuan dunia bagi para pengungsi.

Awal abad ke-21 kita dapat lihat UNHCR membantu dengan krisis pengungsi besar di Afrika, Timur Tengah dan Asia.

UNHCR juga telah diminta untuk menggunakan keahlian tim untuk membantu banyak orang terlantar akibat konflik dan memperluas peran UNHCR dalam membantu orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan.

Di beberapa bagian dunia, seperti Afrika dan Amerika Latin, Konvensi Pengungsi 1951 telah diperkuat oleh instrumen hukum regional tambahan.

UNHCR sekarang memiliki lebih dari 16.765 personel. UNHCR bekerja di total 138 negara dan anggaran UNHCR yang pada tahun pertamanya adalah US $ 300.000, tumbuh menjadi US $ 6,54 miliar pada tahun 2016.  Pada 2015, UNHCR merayakan hari jadi ke-65. Selama UNHCR dibentuk, UNHCR telah membantu lebih dari 50 juta pengungsi untuk berhasil memulai kembali kehidupan mereka.

UN-Habitat

UN HABITAT
www.yuothop.com

UN-Habitat memiliki misi dalam mengembangkan kota-kota yang terencana dengan baik, diatur dengan baik, dan efisien serta pemukiman manusia lainnya, dengan perumahan yang memadai, infrastruktur, dan akses universal ke pekerjaan dan layanan dasar seperti air, energi, dan sanitasi.

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, yang berasal dari Agenda Habitat tahun 1996, UN-Habitat telah menetapkan pendekatan strategi jangka menengah untuk setiap periode enam tahun berturut-turut. Rencana strategis saat ini mencakup 2014 hingga 2019.

Sementara setiap rencana strategis baru sejalan dengan yang sebelumnya, pendekatan ini memungkinkan respons yang lebih baik terhadap tren perkotaan yang baru muncul, seperti perkembangan demografis, lingkungan, ekonomi, spasial, dan sosial baru.

Ini memungkinkan penyesuaian yang diperlukan untuk mengatasi perubahan dan evolusi dan menciptakan peluang untuk menggabungkan pelajaran yang dipetik.

WIPO

WIPO LOGO E BLUE
www.fit.-ift.org

Organisasi dibawah PBB selanjutnya adalah WIPO atau World Intellectual Property Organization yang merupakan forum global untuk layanan, kebijakan, informasi, dan kerja sama kekayaan intelektual. Kami adalah agen swadaya PBB, dengan 192 negara anggota.

Misi WIPO adalah untuk memimpin pengembangan sistem kekayaan intelektual internasional (IP) yang seimbang dan efektif yang memungkinkan inovasi dan kreativitas untuk kepentingan semua. Mandat WIPO, badan dan prosedur pemerintah ditetapkan dalam Konvensi WIPO, yang membentuk WIPO pada tahun 1967.

Apa yang tugas WIPO? WIPI membantu pemerintah, bisnis, dan masyarakat mewujudkan manfaat IP. WIPO menyediakan:

  • forum kebijakan untuk membentuk aturan IP internasional yang seimbang untuk dunia yang terus berubah;
  • layanan global untuk melindungi IP lintas batas dan untuk menyelesaikan perselisihan;
  • infrastruktur teknis untuk menghubungkan sistem IP dan berbagi pengetahuan;
  • program kerja sama dan pengembangan kapasitas untuk memungkinkan semua negara menggunakan IP untuk pembangunan ekonomi, sosial dan budaya;

Tinggalkan komentar