Seni Musik : Pengertian, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis dan Penjelasannya

Seni Musik – Bicara soal seni, di dunia ini terdapat berbagai macam seni yang sangat menarik untuk dibahas. Dimulai dengan seni lukis, seni grafis, seni tari, seni musik dan masih banyak lainnya. Salah satu seni yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar adalah seni musik.

Seni di gunakan untuk mengekspresikan diri sedangkan musik sendiri memiliki pengertian sebuah suara yang tersusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu, irama, dan juga keharmonisan yang tercipta dari alat-alat tertentu.

Cabang seni musik ini juga mengalami perkembangan dimulai dari variasi, genre hingga alat musik yang di gunakan. Bahkan, saat ini seni ini tidak hanya dijadikan sebagai bahan ekspresi saja, melainkan juga dijadikan sebagai ajang pendidikan, hiburan dan juga mencari nafkah.

Salah satu bentuk praktik dari seni musik adalah adanya musikalisasi puisi. Dalam hal ini, seni menjadi lebih kompleks dan mudah untuk dipelajari. Karena dalam praktik ini terdapat unsur-unsur seni musik yang terkait di dalamnya.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik
sastrawacana.id

Berdasarkan pengertiannya, seni adalah kemampuan dari seseorang manusia untuk menciptakan sesuatu yang memiliki hubungan dengan upaya untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan gagasan yang spesifik.

Sedangkan musik merupakan cabang seni yang menggunakan suara dan ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah lagu, irama serta keharmonisan dengan tujuan untuk ditangkap oleh pendengaran.

Unsur-Unsur Seni musik

Unsur-Unsur Seni musik
www.ilmudasar.com

Dari pengertian musik di atas, ternyata seni musik terdiri atas beberapa unsur yang sangat penting. Unsur-unsur tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Melodi

Melodi merupakan unsur musik yang pertama dimana melodi sendiri merupakan kumpulan dari beberapa nada atau bumi yang tersusun dalam suatu rangkaian. Melodi ini juga dibedakan menjadi tinggi rendah dan naik turunnya nada.

Adapun melodi sendiri terdiri atas beberapa unsur yang penting seperti durasi, tone dan pitch. Nah, durasi ini bisa dikatakan sebagai waktu yang dibutuhkan oleh not untuk menghasilkan sebuah melodi.

Not yang dihasilkan oleh berbagai alat musik yang berbeda dengan warna suara yang berbeda inilah yang disebut dengan tone.

Sedangkan pitch adalah hal yang mengatur not dengan menggunakan alphabet sebagai lambangnya misal abjad A sampai G. Nah, pitch juga sering disebut dengan warna suara atau orang bisa menyebutnya dengan timbre.

  • Irama

Dalam seni musik, Anda juga akan mengenal dengan yang namanya irama. Irama sendiri juga dikenal dengan nama ritme atau pergantian panjang ke pendek, tinggi ke rendah, nyaring ke lembut dari suatu nada maupun bunyi. Dari irama inilah yang nantinya akan menentukan ketukan yang ada pada semua musik.

Untuk Anda yang ingin mengetahui dengan mendengar irama musik, maka hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu terus menerus. Dengan mendengarkan lagu terus-menerus bisa menghasilkan pola irama. Adapun pola irama ini nantinya akan memberikan perasaan ritmis bagi orang yang mendengarkannya.

  • Harmoni

Harmoni adalah unsur dari musik yang melibatkan nada ataupun kunci yang berulang. Dalam musik harmoni ini Anda akan melihat terdapat keseimbangan antara penekanan dengan pelepasan. Harmoni sendiri tersusun atas tiga hal utama yakni kunci, interval dan juga skala. Interval berada diantara dua nada.

Sedangkan kunci merupakan serangkaian dari not yang memiliki fungsi untuk mengatur harmonisasi melodi dari interval. Lain halnya dengan skala adalah sekumpulan dari not yang memiliki peran sebagai kerangka dari musik yang utuh.

Skala ini digunakan sebagai acuan untuk menentukan not yang akan dimainkan pada musik sehingga berbentuk secara keseluruhan.

  • Tangga Nada

Nada tangga adalah tingkatan nada yang berisikan nada-nada yang berjenjang. Nah, antara satu nada dengan nada lain juga memiliki jarak tertentu. Adapun besaran jaraknya ini ada yang mencapai ½, 1,1 ½ , hingga berjarak 2. Jarak nada inilah yang nantinya akan menentukan adanya variasi nada pada tangga nada.

Jika suatu nada dibunyikan, maka nada ini akan diawali dengan satu nada dan diakhiri dengan nada yang sama pada tangga pertama namun ketinggiannya dinaikkan 1 oktaf. Nah dalam tangga nada terdapat tiga macam yakni tangga nada kromatis, tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.

  • Tempo

Tempo dalam seni musik dapat dikatakan sebagai kecepatan yang ada pada sebuah lagu. Semakin cepat lagu yang dimainkan, maka tempo nya juga akan semakin besar. ukuran yang digunakan untuk menentukan sebuah tempo dikatakan dengan beat. Fungsi dari beat ini digunakan untuk menghitung banyaknya jumlah ketukan satu menit.

Dalam beat juga memiliki satuan tersendiri, nah satuan ini disebut dengan MM atau Metronome Malzel. MM ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tempo dimana alat ini dibagi atas tiga kriteria yakni tempo lambat, tempo sedang dan juga tempo cepat.

nah, tempo juga dibagi lagi menjadi delapan jenis seperti Laego (lambat sekali), lento (lebih lambat), Andagio, (lambat), Andante (sedang), Moderato (sedang agak cepat), Allergo (cepat), vivace (lebih cepat dan juga presto (sangat cepat).

  • Dinamik

Dinamik atau dikenal pula dengan nama dinamika adalah unsur seni musik yang digunakan untuk menggambarkan tingkatan keras dan lembutnya suatu permainan musik. Nah, keras dan lembutnya suatu musik ini digunakan agar musik tidak terdengar monoton saat dimainkan.

Adapun keadaan keras dan lembut ini memiliki istilah dengan tanda yang ada dalam permainan musik.

Berikut ini adalah tanda dinamik lembut:

P (piano) = lembut

Pp (pianissimo ) = sangat lembut

Berikut ini adalah tanda dinamik sedang:

Mp (Mezzo Piano) = setengah lembut

Mf (Mezzo Forte) = agak keras

Berikut ini tanda dinamik keras:

F (forte) = keras

Ff (fortissimo) = sangat keras

Jenis-Jenis Seni musik

Jenis-Jenis Seni musik
Jenis-Jenis Seni musik

Musik juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis musik ini mungkin sudah biasa Anda dengarkan setiap harinya. Adapun jenis musik adalah sebagai berikut:

Musik tradisional

Musik tradisional
digiyan.com

Musik tradisional bisa dikatakan sebagai aset kebudayaan nasional. Biasanya musik ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan setiap daerah dari musik itu berasal.

Jenis musik ini juga menggunakan instrumen serta bahasa yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan instrumen dan bahasa yang sedang berkembang di daerah tersebut.

Adapun biasanya, musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi berbagai macam kegiatan seperti tari maupun upacara adat. Adapun ciri-ciri musik tradisional adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan warisan budaya leluhur yang memiliki karakter yang berbeda antara satu sama lain
  2. Menggunakan alat musik yang khas sebagai instrumen nya
  3. Bersifat informal
  4. Menggunakan bahasa daerah pada penggunaan syair dan liriknya.

Musik Modern

Musik Modern
www.romadecade.org

Musik modern disebut juga sebagai musik yang dinamis dan berkembang mengikuti perkembangan zaman, musik ini dapat di poles baik dalam segi instrumen maupun temponya.

Perubahan tempo menjadi lebih cepat dilakukan untuk mengikuti pola pikir musisi maupun penciptanya sendiri. Dalam musik ini juga sudah diberikan sentuhan teknologi terutama pada hal instrumen dan juga gaya penyajian. Berikut ini adalah ciri-ciri musik modern:

  1. Dijadikan sebagai sarana hiburan maupun sarana berekspresi oleh para musisi.
  2. Diciptakan dengan tema dan pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pencipta.
  3. Cenderung memiliki tempo yang lebih cepat.
  4. Menggunakan bahasa nasional atau bahkan menggunakan bahasa pergaulan.
  5. Gaya musik yang tersampaikan lebih santai dan tidak kaku selain itu peraturannya juga cenderung lebih bebas.
  6. Menggunakan berbagai macam alat musik yang beragam dan modern, bahkan biasanya juga digabungkan dengan kekuatan teknologi.

Musik Kontemporer

Musik Kontemporer
Musik Kontemporer

Musik kontemporer merupakan sebuah musik yang modern namun disesuaikan dengan masa kini. Jika dilihat dari sejarahnya, seni musik ini terdiri atas dua kata yakni co dan tempo.

Co sendiri memiliki arti bersama sedangkan tempo memiliki arti waktu. Dengan kata lain, seni musik kontemporer adalah seni musik yang berjalan sesuai dengan berjalannya waktu. Adapun ciri-ciri musik kontemporer adalah sebagai berikut:

  1. Seni musik ini memiliki jenis dan juga warna bunyi yang lebih beragam. Hal ini disebabkan adanya inovasi musik yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Sumber bunyi dihasilkan dari alat musik yang dikombinasikan. Jadi, musik ini tidak hanya terpaku pada satu alat musik saja, melainkan gabungan dari beberapa alat musik yang saling harmonis.
  3. Sifat musik ini juga lebih variatif terutama dalam hal tempo dan juga dinamikanya.
  4. Nada pada musik ini biasanya tersusun lebih kompleks dibandingkan dengan jenis musik modern maupun tradisional.

Jenis musik kontemporer juga memiliki macam-macam aliran lagu, seperti aliran pop, jazz, blues, reggae, rock, hip hop, dangdut, klasik, punk, dan masih banyak lainnya. Adanya macam-macam musik ini memberikan warna yang sangat berpengaruh terhadap dunia hiburan.

Setiap jenis musik ini juga menggambarkan suatu suasana sendiri yang berbeda-beda. Misalnya untuk musik klasik yang cenderung lebih menangkan dan biasanya dijadikan sebagai musik pengantar tidur.

Lain halnya dengan musik rock yang menggunakan nada keras untuk meningkatkan semangat. Musik dangdut dengan perpaduan melayu dan india membuat orang ingin bergoyang. Musik reggae dengan alunan musik yang energi membuat banyak orang yang mendengarnya ingin berjoget dan masih banyak jenis musik lainnya.

Dari berbagai penjelasan mengenai pengertian, unsur-unsur, hingga jenis musik ini membuktikan bahwa musik itu adalah salah satu seni yang indah. Seni ini juga mudah untuk dipelajari dan juga jika didalami bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang sangat lumayan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang memiliki menjadi penyanyi maupun musisi sebagai jenis pekerjaannya. Semoga adanya informasi tentang musik ini bisa bermanfaat untuk semua dan semakin menambah wawasan tentang musik. Lalu, apakah Anda termasuk orang yang suka bermusik?

Tinggalkan komentar