Pengertian Seni : Macam-Macam, Fungsi, Tujuan dan Penjelasannya

Pengertian Seni – Siapa si yang tak kenal dengan seni? Dalam sebuah karya, fenomena alam, atau keindahan lainnya pasti dikaitkan dengan seni. Nah, untuk mengetahui lebih luas tentang apa itu seni, maka simak ulasan berikut ini, mulai dari pengertian seni, hingga macam-macam, fungsi dan tujuannya.

Pengertian Seni

Pengertian Seni
Pengertian Seni

Membahas tentang estetik atau keindahan, pasti akan dikaitkan dengan seni. Nah, lalu apa si yang dimaksud dengan seni? Pengertian seni ialah suatu ekspresi dari perasaan manusia yang di dalamnya mempunyai unsur keindahan, dan kemudian diungkapkan melalui sebuah media dengan sifat yang nyata, entah itu dalam bentuk rupa, gerak, nada, ataupun syair, serta mampu dirasakan oleh indera manusia.

Selain demikian, ada juga yang mengatakan, jika pengertian seni ialah segala hal yang dibuat oleh manusia, serta memiliki unsur keindahan dan mampu mempengaruhi perasaan orang lain.

Dimana pada intinya ialah hasil dari aktivitas batin dari seseorang, yang diungkapkan melalui bentuk karya, sehingga mampu mempengaruhi perasaan orang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, pengertian seni secara etimologi sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni dari kata ‘Sani’, yang artinya pelayanan, pemujaan, dan persembahan. Dengan begitu, tak heran jika seni juga memiliki hubungan erat dengan upacara adat atau keagamaan, dimana biasanya disebut dengan “kesenian”.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli
elizato.com

Agar Anda lebih memahami tentang seni, maka berikut ini pengertian seni menurut para ahli;

  • Menurut Aristoteles

Aristoteles menyatakan, bahwa seni ialah suatu bentuk ungkapan serta penampilan yang tak pernah menyimpang terhadap kenyataan dan meniru dari alam.

  • Menurut Plato

Sedangkan Plato, menyatakan bahwa pengertian seni itu ialah suatu hasil tiruan alam serta segala isinya yang dikatakan melalui ungkapan “ars imitator naturam”.

  • Menurut Herbert Read

Herbert Read, berpendapat bahwa seni merupakan suatu ekspresi yang dihasilkan dari dari penuangan pengalaman dan pengamatan, yang kemudian dikaitkan dengan perasaan, psikologis dan aktivitas fisik melalui bentuk karya.

  • Menurut Thomas Munro

Sedangkan Thomas Munro, mendefinisikan seni sebagai suatu alat buatan bagi manusia Menurut agar menciptakan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

  • Leo Tolstoy

Leo Tolstoy, menyatakan bahwa seni ialah ungkapan dari perasaan si pencipta yang selanjutnya akan diungkapkan pada orang lain, sehingga harapannya mereka mampu merasakan apa yang dirasakan si pencipta.

  • Menurut Sudarmaji

Sedangkan Sudarmaji, mendefinisikan pengertian seni sebagai manifestasi batin serta pengalaman estetis manusia, melalui media warna, garis, tekstur, bidang, volume, serta gelap terang.

  • Ki Hajar Dewantara

Sedangkan tokoh pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, mengartikan arti seni sebagai suatu hasil keindahan yang mampu mempengaruhi perasaan orang yang melihatnya, serta seni disebut sebagai perbuatan manusia yang mampu mempengaruhi dan menciptakan perasaan indah.

  • Menurut Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton, menyebut bahwa pengertian seni ialah keindahan serta tujuan yang positif agar menjadikan penikmatnya merasa bahagia.

  • Menurut Drs. Popo Iskandar

Popo Iskandar, mendefinisikan seni sebagai hasil dari ungkapan emosi yang ingin disampaikan oleh seseorang untuk orang lain yang berada dalam kesadaran hidup bermasyarakat ataupun berkelompok.

  • Menurut Immanuel Kant

Immanuel Kant, mendefinisikan seni sebagai sebuah impian, sebab rumus-rumus tak bisa mengikhtiarkan kenyataan.

  • Hilary Bel

Hilary Bel, mengartikan pengertian seni sebagai istilah yang digunakan dalam segala karya yang mampu menggugah hati agar mencari tahu siapa si pencipta karya tersebut.

  • Eric Ariyanto

Eric Ariyanto, menyebutkan bahwa seni ialah aktivitas batin atau rohani yang direfleksikan ke dalam bentuk karya, serta mampu membangkitkan perasaan seseorang baik yang mendengar ataupun melihat.

  • Ensiklopedi Indonesia

Sedangkan pengertian seni menurut Ensiklopedi Indonesia, ialah suatu ciptaan dari berbagai macam hal, sebab keindahannya mampu membuat orang senang untuk mendengar ataupun melihatnya.

Fungsi Seni

Fungsi Seni
www.liputan6.com

Mengacu dengan beberapa pengertian seni diatas, maka secara garis besar fungsi seni sendiri ialah sebagai bentuk atau cara menyampaikan ekspresi dari seseorang agar mempengaruhi orang lain ataupun lingkungan.

Untuk lebih jelasnya, fungsi seni digolongkan ke dalam 2 kelompok, yakni fungsi seni bagi sosial dan fungsi seni bagi individu, yang akan dijabarkan berikut ini.

Fungsi Seni Bagi Individu

Untuk individu, secara umum seni mempunyai fungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bentuk kebutuhannya sendiri ialah:

  • Seni Sebagai Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, dimana salah satu kelebihannya dibandingkan makhluk lain ialah memiliki kecakapan dalam mengungkapkan apresiasi pada suatu keindahan atau penggunaan segala benda.

Dimana untuk proses pemenuhan kebutuhan fisik ini, seniman memiliki peran yang sangat penting ketika membuat benda yang bernilai seni, sebagai bentuk pemuasan kebutuhan fisik serta memberi kenyamanan pada orang lain.

  • Seni Sebagai Alat Pemenuhan kebutuhan Emosional

Sedangkan emosi merupakan suatu perasaan yang ada di dalam diri manusia, entah baik berupa itu perasaan marah, senang, sedih, cinta, haru, benci ataupun lainnya. Dimana semua orang perlu meluapkan segala perasaannya, agar kejiwaannya dalam kondisi yang normal.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya sendiri, manusia memerlukan dorongan yang berada dari luar dirinya. Contohnya, jika seseorang memiliki jiwa seni atau estetika, maka bisa meluapkannya melalui lukisan atau  musik. Atau bila seseorang sedang merasa lelah dan stress, maka perlu waktu untuk berekreasi, meski hanya sekedar jalan-jalan ke taman.

Fungsi Seni Bagi Sosial

Salah satu hakikat manusia adalah sebagai makhluk sosial, yakni membutuhkan orang lain dan lingkungan, meski hanya sekedar untuk berinteraksi. Nah, fungsi seni bagi sosial sendiri ialah;

  • Sebagai Media Agama atau Kepercayaan

Mengacu pada beberapa pengertian seni diatas, maka ada salah satu yang menyebutkan bahwa seni merupakan ungkapan dari agama atau kepercayaan. Yaps, hal ini bisa Anda lihat melalui busana atau pakaian, kaligrafi, upacara kematian, lagu rohani, upacara pernikahan dan lainnya.

  • Sebagai Media Pendidikan

Tak hanya sebagai media agama saja, seni juga memiliki pengaruh terhadap media pendidikan. Adapun fungsinya sebagai media pendidikan dikelompokkan menjadi 3 kategori, yakni:

  • Pendidikan formal, meliputi pendidikan yang berada di lingkungan sekolah
  • Pendidikan non formal, meliputi pendidikan yang berada di lingkungan masyarakat
  • Pendidikan informal, meliputi pendidikan yang berada di lingkungan keluarga.

Dimana, melalui seni, setiap individu mampu belajar mengenai ilmu pengetahuan serta nilai-nilai dengan cara yang menyenangkan. Sebagai contoh, di dunia pendidikan pelajaran seni dituangkan ke dalam bentuk ekstrakulikuler melukis, menyanyi, atau bermusik.

  • Sebagai Media Informasi

Tak hanya sebagai media keindahan atau estetik saja, ternyata seni juga berfungsi sebagai media informasi kepada orang banyak. Sebagai contoh, pembuatan poster bernilai seni, yang memuat informasi mengenai pentingnya imunisasi, bahaya narkoba atau merokok serta menyampaikan program pemerintah.

  • Sebagai media Hiburan

Karena perannya sebagai media keindahan, maka secara tak langsung seni mampu menghibur orang banyak. Bahkan orang lain mampu merasakan apa yang dirasakan oleh si pencipta, entah melalui pendengaran, sentuhan, ataupun penglihatan. Misalnya, dengan pentas tari, pertunjukan musik, atau lainnya.

Macam-Macam Seni

Macam-Macam Seni
www.maxmanroe.com

Mengacu pada pengertian seni dan fungsinya, seni sendiri dibagi ke dalam beberapa bentuk. Yakni dinikmati melalui media penglihatan atau visual art, pendengaran atau audio art, serta kombinasi keduanya atau audio visual art.

Nah, agar lebih mudah, maka seni dibedakan menjadi 4 kelompok, yakni:

Seni Musik

Seni Musik
www.bagjo.com

Seni musik ialah sebuah karya seni yang diungkapkan melalui bunyi sebagai unsur utamanya. Dalam hal ini, musik memiliki unsur lain yang meliputi harmonisasi, notasi dan melodi. Nah, yang terbaru dari media ini adalah, berasal dari media manusia, yakni akapela atau beatbox.

Seni Rupa

Seni Rupa
Seni Rupa

Seni rupa ialah sebuah karya seni yang dinikmati menggunakan media penglihatan, atau disebut dengan visual art. Dimana fokus seni rupa adalah pada karya yang mempunyai rupa atau wujud. Adapun ekspresi dari seni rupa ini biasanya ke dalam bentuk gambar, lukisan, patung, multimedia, kerajinan tangan, atau lainnya.

Seni Tari

Seni Tari
Seni Tari

Seni tari ialah suatu bentuk seni yang menggunakan gerakan tubuh untuk keindahan. Dimana seorang pengarah tari atau yang disebut sebagai koreografer bisa menyampaikan maksud ataupun pesan tertentu dari gerakan tari tersebut. Selain itu, seni tari biasanya digabungkan dengan seni musik, agar gerakan tari bisa lebih sempurna dan indah.

Seni Sastra

Seni Sastra
Seni Sastra

Seni sastra ialah sebuah bentuk seni yang bisa dinikmati menggunakan media pendengaran sekaligus penglihatan. Dimana melalui seni sastra bentuk kata-kata ini, seseorang mampu menyampaikan kesan dan pesan dengan cara indah. Misalnya, seni sastra yang diungkapkan melalui kaligrafi (tulisan) dan puisi (suara).

Seni Teater

Seni Teater
Seni Teater

Seni teater ialah seni yang mengungkapkan pemikiran atau memvisualisasikan imajinasi seseorang, dimana hasil dari imajinasi tersebut memiliki hubungan dengan perilaku makhluk hidup, entah secara individu ataupun kelompok.

Adapun diantara kemampuan dasar seni teater ialah kemampuan dalam menciptakan naskah, memahami tentang karakter, serta mampu mengekspresikan karakter pada naskah tersebut.

Dengan mengetahui bagaimana pengertian seni, hingga fungsi dan macamnya, apakah Anda bisa menciptakan salah satu seni yang bermanfaat untuk orang lain?

Tinggalkan komentar