Gambar Sketsa Wajah, Bunga, Anime, Pemandangan, Flora, Fauna

Gambar Sketsa – Menggambar sebuah sketsa merupakan bagian paling awal ketika Anda akan mulai menggambar atau melukis sesuatu. Biasanya, pada saat Anda menggambar sketsa hanya berupa coretan-coretan pensil saja yang belum tampak sempurna. Di dalam sebuah gambar sketsa biasanya terkandung sebuah gagasan yang nantinya akan dikembangkan oleh si seniman itu sendiri.

Tentu, bagi sebagian orang menggambar sebuah sketsa bukan menjadi perkara yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki bakat untuk menggambar sebuah sketsa. Jangan khawatir, hal ini karena bakat bisa dikembangkan dengan cara latihan yang intensif.

Buat Anda yang bingung bagaimana cara gambar sketsa agar bisa menciptakan hasil gambar yang bagus dan tampak seperti nyata, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan menggambar sebuah sketsa.

Gambar Sketsa Wajah

Gambar Sketsa Wajah
thegorbalsla.com

Pada saat Anda akan menggambar sebuah sketsa wajah, maka hal Anda tidak langsung menggambar bagian wajahnya. Anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Membuat Garis Tepi Wajah

Pertama, buatlah garis tepi. Pada saat Anda membuat garis tepi wajah, jangan membuatnya menjadi sebuah bentuk lingkaran bulat. Akan tetapi, buatlah bagian kepala dengan bentuk lonjong seperti sebuah telur dengan bagian bawahnya yang agak kecil.

  • Menggambar Garis Pemisah

Bagi bentuk kepala tersebut dengan menggunakan garis pemisah. Buatlah garis vertikal pada bagian tengah kepala sekaligus garis horizontalnya. Hal ini untuk memudahkan Anda adalah menggambar beberapa bagian wajah.

  • Menggambar Bagian Hidung

Untuk menggambar bagian hidung, Anda harus membagi garis bagian bawah dengan garis horizontal lainnya. Nah, titik pertemuan garis yang baru saja Anda buat dengan garis vertikal merupakan bagian untuk menggambar hidung.

  • Menggambar Mulut

Untuk menggambar mulut, Anda harus membagi lagi bagian bawah hidung dengan menggunakan garis horizontal. Jika sudah ketemu titik pertemuan garisnya, maka Anda bisa menggambar bagian bawah bibir di atas garis pemisah.

  • Menggambar Mata

Gambarlah bagian mata pada garis utama yang tadi sudah Anda buat. Buatlah sebuah lingkaran yang besar. Setelah itu, gambarlah bola mata yang berada di tengah rongga mata. Penting bagi Anda untuk belajar membuat gambar mata. Hal ini dikarenakan mata memiliki banyak sekali bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk menggambar alis di atas mata.

  • Membuat Bayangan di Bawah Mata

Tambahkan bayangan di bawah mata serta pertemuan antara mata dengan hidung. Hal ini bertujuan untuk mempertegas gambar yang Anda buat.

  • Menggambar Telinga

Untuk menggambar bagian telinga, Anda harus membuat bagian bawah telinga yang sejajar dengan bagian hidung. Untuk bagian atasnya, Anda harus menyejajarkan dengan bagian alis mata. Buatlah bagian telinga yang rata dan proporsional dengan sisi kepala.

  • Menggambar Rambut

Saat Anda menggambar rambut, pastikan bahwa Anda menggambar belahan rambut dari titik hidung ke arah keluar dan jangan segaris dengan garis titik hidung tersebut.

  • Menggambar Leher

Untuk menggambar sebuah leher, Anda harus membuatnya dari titik pertemuan garis horizontal dengan wajah.

  • Gambar Wajah Lebih Detail

Jika semua bagian tersebut sudah Anda gambar, maka langkah berikutnya dengan memperjelas sketsa yang Anda buat. Anda bisa menambah bayangan ataupun garis untuk membuat wajah terlihat lebih tegas dan nyata.

Gambar Sketsa Rumah

Gambar Sketsa Rumah
blog.rumahdewi.com

Untuk menggambar sketsa rumah yang satu ini ternyata bisa dibilang susah-susah gambar. Agar bisa menggambar sebuah sketsa rumah, pastikan bahwa Anda melihat beberapa detail dari rumah tersebut. Jangan lupakan pula bagian-bagian lainnya yang ada di sekitar rumah untuk membuat rumah tersebut tampak lebih indah.

Jika gambar sketsa rumah sudah selesai Anda buat, maka langkah selanjutnya ialah dengan menyelesaikan detail dengan menambahkan garis yang lebih jelas dan tegas. Hapus beberapa bagian sketsa yang menurut Anda tidak perlu untuk membuat gambar terlihat lebih rapi.

Gambar Sketsa Perkampungan

Gambar Sketsa Perkampungan
Gambar Sketsa Perkampungan

Menggambar sebuah sketsa perkampungan memang menjadi hal yang bisa dibilang cukup sulit untuk sebagian orang. Kuncinya adalah, Anda harus memperhatikan setiap detail tempat dari sudut yang Anda pilih untuk mulai menggambar.

Biasanya, pada sebuah perkampungan ada beberapa aktivitas warga. Nah, untuk menggambar sketsa dari beberapa orang tersebut, Anda tidak perlu menggambarnya terlalu jelas atau detail. Terlebih lagi, jika orang-orang tersebut berada di jarak terjauh sudut gambar Anda.

Akan tetapi, jika Anda menggambar beberapa benda ataupun orang yang dekat, maka pastikan Anda menggambarkan detailnya. Lengkapilah gambar yang Anda buat dengan menggunakan finishing yang rapi.

Gambar Sketsa Kupu-Kupu

Gambar Sketsa Kupu-Kupu
alamendah.org

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan cantik yang banyak diabadikan dalam sebuah gambar. Biasanya, kupu-kupu akan digambar lengkap dengan menggunakan berbagai macam warna dalam finishingnya. Namun, Anda juga bisa memperlihatkan kecantikan dari seekor kupu-kupu hanya lewat sebuah sketsa saja.

Bagaimana caranya? Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal menggambar sketsa dari kupu-kupu. Nah, bentuk dari kupu-kupu ini sangatlah beraneka ragam. Jangan lupa untuk menggambar beberapa motif tubuh dari kupu-kupu yang sangat khas.

Akhiri gambar dengan mempertegas gambar yang Anda buat seperti menambahkan bayangan di beberapa tempat dan mempertegas garis gambar. Tambahkan pula beberapa gambar lainnya seperti tanaman atau tumbuhan untuk membuat gambar menjadi lebih cantik. Mudah bukan?

Gambar Sketsa Kartun

Gambar Sketsa Kartun
www.blogteraktual.blogspot.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggambar sebuah gambar sketsa   kartun. Pertama, Anda bisa menggunakan cara untuk menggambar sketsa wajah kartun dengan cara menggambar sketsa wajah yang sudah dijelaskan diatas.

Nah, untuk cara yang kedua, Anda tidak perlu menggunakan cara menggambar sebuah sketsa wajah. Anda bisa langsung menggambarnya secara langsung karena beberapa tokoh kartun pastinya ada yang fiktif dan dibuat selucu mungkin untuk bisa menarik perhatian anak-anak.

Pada bagian finishing, Anda bisa menambahkan warna ataupun hanya mempertegas beberapa detail dengan menggunakan pensil.

Gambar Sketsa Hutan

Gambar Sketsa Hutan
thegorbalsla.com

Jika Anda ingin menggambar sketsa hutan, ternyata hal ini bukanlah menjadi hal yang sulit untuk Anda lakukan. Mengapa? Pada dasarnya untuk menggambar sebuah pemandangan tidaklah susah. Semakin jauh suatu benda dari titik pandang, maka gambar yang Anda buat tidak harus detail.

Nah, hal tersebutlah yang memudahkan Anda saat menggambarkan sebuah pemandangan termasuk hutan. Anda bisa menggambar sebuah pohon yang besar di bagian depan dengan daun dan batang pohon yang memiliki detail jelas. Tak hanya itu, tambahkan pula beberapa hewan ataupun tumbuhan lainnya untuk membuat gambar hutan yang Anda buat menjadi terlihat lebih menarik.

Sedangkan, pada finishing-nya pun sama, pertegas kembali beberapa garis yang sudah Anda buat tadi dan jangan lupa untuk buat detailnya dengan baik. Untuk bagian tanahnya, Anda bisa membuat bayangan dari pohon serta beberapa coretan. Gunakan tisu untuk membuat sketsa yang Anda buat menjadi lebih halus.

Gambar Sketsa Kuda

Gambar Sketsa Kuda
Gambar Sketsa Kuda

Mungkin, sebagian dari Anda akan kesulitan untuk menggambar seekor kuda. Akan tetapi, untuk gambar sketsa sebenarnya tidak harus dibuat sedetail mungkin seperti pada gambar kuda aslinya.

Buatlah beberapa sketsa dari beberapa bagian tubuh kuda mulai dari wajah, telinga, kaki hingga ekornya. Jika sudah, Anda bisa menambahkan beberapa garis untuk detail yang lebih jelas. Jangan sampai lupa untuk menambahkan beberapa bayangan agar kuda yang Anda gambar tampak lebih menarik.

Menggambar bagian depan kuda tentu saja lebih mudah jika Anda harus menggambar semua bagian tubuh kuda. Untuk menggambar bagian depan ini, Anda hanya perlu membuat sketsa wajah kuda saja. setelah itu, pertegaslah dengan beberapa bayangan di bagian wajah yang dalam. Jika Anda masih merasa kesulitan, maka latihlah kemampuan Anda tersebut dengan cara sering menggambar seekor kuda.

Gambar Sketsa Gunung

Gambar Sketsa Gunung
thegorbalsla.com

Seperti yang sudah dijelaskan, bukan menjadi hal yang sulit untuk menggambar sebuah sketsa pemandangan terlebih lagi sebuah gunung. Anda hanya perlu menggambar secara detail beberapa benda yang dekat dengan titik lihat. Begitu pun sebaliknya, semakin jauh benda dari titik lihat, maka gambar yang Anda buat harus terlihat lebih samar untuk membuatnya tampak lebih nyata.

Akan tetapi, saat Anda menggambar sebuah sketsa gunung, Anda akan dihadapkan dengan bagaimana cara membuat gambar sketsa   yang tampak lebih nyata meski hanya lewat coretan-coretan pensil saja. Memang, bagi sebagian orang, hal ini merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Terlebih lagi, untuk bisa menggambar sebuah pemandangan maka perpaduan warna sangat digantungkan oleh para seniman untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan nyata. Nah, tips untuk membuat gambar sketsa pemandangan agar terlihat lebih jelas ialah Anda harus pandai membuat bayangan dari beberapa benda yang ada di gambar tersebut.

Pastikan pula, bahwa Anda mempertegas garis-garis benda yang dekat dengan titik lihat dan dibuat dengan sedetail mungkin. Jangan lupa untuk membuat coretan menjadi lebih halus pada beberapa benda dengan jarak yang tidak begitu dekat.

Gambar Sketsa Makanan dan Minuman

Gambar Sketsa Makanan dan Minuman
Gambar Sketsa Makanan dan Minuman

Saat Anda akan menggambar sebuah sketsa makanan dan minuman, sebenarnya konsep yang harus Anda lakukan sama seperti ketika Anda menggambar sebuah pemandangan. Namun biasanya, jarak dari gambar makanan dan minuman dari titik lihat sangatlah dekat. Hal tersebut untuk membuat para penikmat seni menjadi lebih maksud dengan gambar minuman ataupun makanan apa yang dibuat.

Nah, untuk menggambar sketsa dari makanan dan minuman, pastikan bahwa Anda paham betul dengan detail gambar yang dibuat. Seperti saat Anda menggambar sebuah makanan ataupun minuman dingin yang baru saja keluar dari kulkas, jangan lupa menambahkan tetesan-tetesan air pada bagian makanan ataupun minuman tersebut.

Hal ini juga sama saat Anda akan menggambarkan sebuah makanan ataupun minuman yang panas. Tambahkan asap di bagian atas makanan dengan sketsa yang lebih halus untuk membuatnya tampak lebih nyata. Buatlah bayangan pada beberapa bagian dari gambar tersebut untuk menjadikannya terlihat lebih menarik meski Anda tidak menggunakan permainan warna dan hanya menggunakan goresan dari pensil yang Anda gunakan.

Mudah bukan? Asal Anda sudah paham bentuk dasar dari gambar yang sudah Anda buat, maka bukan menjadi hal yang sulit untuk menggambar sebuah sketsa agar terlihat lebih nyata.

Gambar Sketsa Gedung

Gambar Sketsa Gedung
Gambar Sketsa Gedung

Menggambar sebuah sketsa gedung sama halnya saat Anda menggambar sebuah sketsa dari sebuah rumah ataupun bangunan. Perhatikan beberapa garis dari gambar yang akan Anda buat, hal ini karena untuk menggambar sebuah gedung ada beberapa garis simetris yang tidak boleh untuk dilupakan.

Saat Anda menggambar bagian eksterior dari gedung tersebut, jangan lupa untuk menambahkan beberapa gambar benda yang ada di sekitar gedung. Akan tetapi, jika Anda menggambar bagian interior dari gedung, pastikan bahwa Anda menggambarnya dengan detail seperti beberapa perabotan ataupun benda yang ada di dalam gedung.

Konsep untuk membuat gambar sketsa gedung ini pun sama dengan konsep menggambar yang lainnya. Pastikan bahwa Anda membuat beberapa bayangan dari sudut gedung ataupun benda untuk membuat terlihat lebih nyata dan memiliki ruangan.

Anda juga harus membedakan mana bayangan yang harus dibuat dengan coretan kasar ataupun halus. Semakin dekat suatu benda dengan titik lihat, maka buat coretan terlihat lebih kasar, padukan pula dengan coretan yang lebih halus agar terlihat semakin nyata.

Gambar Sketsa Ekspresi Wajah

Gambar Sketsa Ekspresi Wajah
Gambar Sketsa Ekspresi Wajah

Bagaimana cara untuk menggambar sebuah ekspresi wajah? Ternyata, hal ini sama seperti saat Anda menggambar sebuah wajah. Anda hanya tinggal melakukan beberapa tips yang sudah dijelaskan saat menggambar sketsa wajah.

Akan tetapi, pastikan pula bahwa garis-garis wajah Anda buat dengan sedetail mungkin. Tentu, ekspresi wajah saat orang sedang merasa gembira, sedih ataupun marah pastinya berbeda-beda. Anda harus mengenali dengan baik bagaimana ekspresi wajah tersebut.

Jika sudah, buatlah bayangan pada beberapa bagian wajah yang tampak dalam seperti pada bagian sudut mata, hidung bagian bawah, sudut bibir atau yang lain sebagainya. Latih pula kemampuan Anda untuk membuat beberapa bagian wajah seperti mata, hidung ataupun mulut. Saat Anda membuat gambar sketsa  ekspresi wajah tentu memiliki bentuk yang berbeda jika dibandingkan dengan membuat sebuah gambar wajah yang biasa.

Gambar Sketsa Drum

Gambar Sketsa Drum
Gambar Sketsa Drum

Beberapa benda bisa Anda jadikan sebagai objek untuk menggambar sketsa. Salah satunya yakni drum. Drum adalah sebuah benda dengan bentuk tabung dan memiliki ruangan di dalamnya. Untuk menggambar sebuah drum ini sebenarnya sangatlah mudah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan menggambar bentuk tabung yang sesuai dengan bentuk drum yang Anda buat. Drum pada umumnya memiliki bentuk yang simetris sehingga memudahkan Anda untuk menggambar sebuah drum.

Setelah itu, tambahkan beberapa garis di bagian drum ataupun tulisan. Jika Anda menggambar sketsa dari drum, maka Anda akan ditantang untuk memainkan bayangan dan coretan agar membuatnya terlihat lebih nyata. Meski bukan hal yang sulit jika harus dibandingkan untuk memainkan warna dari drum itu sendiri, akan tetapi membuat bayangan dan coretan drum harus diperhatikan dengan baik agar membuat hasil akhir gambar terlihat lebih menarik.

Gambar Sketsa Domba

Gambar Sketsa Domba
Gambar Sketsa Domba

Menggambar sebuah sketsa hewan domba membuat Anda harus memperhatikan beberapa detail tubuh dari hewan yang satu ini. Cukup berbeda dengan hewan kebanyakan, domba memiliki bulu yang lebat. Untuk menggambar hewan tersebut, tentu saja Anda tidak hanya fokus pada bagian wajahnya saja, akan tetapi juga pada bagian bulu domba.

Sebenarnya tidak sulit untuk menggambar sketsa dari bulu-bulu domba tersebut. Kuncinya adalah Anda harus pandai dalam membuat sebuah sketsa bayangan dari bagian tubuh domba. Buat sketsa tersebut lebih halus dengan menggunakan tisu. Tak hanya itu, Anda juga harus membuat beberapa bagian tubuh domba dengan sketsa yang lebih tegas dan kasar.

Tambahkan beberapa benda atau gambar yang ada di sekitar domba, seperti lapangan, rumput, kandang ataupun beberapa kumpulan domba lainnya. Buatlah gambar sketsa Anda menjadi semenarik mungkin.

Gambar Sketsa Daun

Gambar Sketsa Daun
Gambar Sketsa Daun

Ada berbagai macam bentuk daun. Bagi Anda yang ingin menggambar sebuah sketsa daun, sebenarnya hal ini adalah hal yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Mengapa? Daun memiliki bentuk yang cukup sederhana. Anda hanya perlu menambahkan beberapa serat dan tulang daun untuk membuatnya terlihat lebih nyata.

Agar gambar yang Anda buat tampak lebih menarik, jangan lupa tambahkan beberapa gambar seperti batang, bunga atau yang lainnya. Jika Anda menggambar daun sebagai objek utama, jangan lupa untuk membuatnya lebih besar dan lebih dekat dengan titik lihat. Nah, masih sama seperti Anda menggambar beberapa objek lainnya. membuat sebuah bayangan masih sangat diperhitungkan.

Gambar Sketsa Cangkir

Gambar Sketsa Cangkir
Gambar Sketsa Cangkir

Agar bisa membuat sketsa dari cangkir, maka terlebih dahulu gambarlah bentuk dasar dari cangkir ini sendiri. Anda bisa menggambarnya dengan beberapa coretan saja. Jika dirasa sudah cukup, maka lakukan finishing dengan mempertegas beberapa garis yang ada di cangkir tersebut.

Nah, buat Anda yang ingin menggambar sketsa cangkir yang tampak lebih nyata, pastikan bahwa Anda juga menggambar bayangan dari cangkir yang sesuai dengan datangnya arah cahaya. Tambahkan pula asap pada bagian atas cangkir untuk menandakan bawah cangkir tersebut terisi air panas. Cukup mudah bukan untuk menggambar sebuah cangkir yang Anda inginkan?

Gambar Sketsa Candi

Gambar Sketsa Candi
Gambar Sketsa Candi

Sebagian besar orang pasti akan merasa kesulitan saat mereka akan membuat gambar candi. Sebuah candi tentu saja sangat identik dengan gambar relief yang dimilikinya. Akan tetapi, untuk menggambar sebuah candi, Anda tidak perlu menggambarnya dengan sangat detail.

Gambarlah candi dengan jarak yang tidak terlalu dekat agar Anda bisa menggambar bentuk umumnya saja. Buat juga beberapa bayangan di bagian-bagian candi untuk membuatnya tampak lebih nyata.

Gambar Sketsa Bunga

Gambar Sketsa Bunga
Gambar Sketsa Bunga

Menggambar bunga pun menjadi hal yang mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu menggambar bentuk dasar dari bunga yang Anda inginkan. Jangan lupa juga untuk menggambar putik dan benang sarinya. Buatlah sketsa bayangan untuk bagian yang lebih dalam seperti bagian kelopak yang tidak terkena cahaya.

Gambar Sketsa Anime

Gambar Sketsa Anime
Gambar Sketsa Anime

Saat menggambar anime, konsepnya pun sama seperti saat Anda menggambar sebuah gambar kartun. Anda pun jauh lebih bebas untuk menggambar sebuah anime jika harus menggambar orang.

Gambar Sketsa Angsa

Gambar Sketsa Angsa
Gambar Sketsa Angsa

Keindahan angsa ternyata dapat pula Anda gambarkan lewat sebuah gambar sketsa. Anda hanya perlu mempertegas bulu-bulu angsa dengan menggunakan garis untuk membuatnya menjadi lebih indah.

Gambar Sketsa Alam

Gambar Sketsa Alam
Gambar Sketsa Alam

Gunakan konsep semakin jauh benda dari titik lihat, maka gambar yang harus Anda buat haruslah lebih samar. Hal ini pun sama ketika Anda menggambar benda yang dekat, Anda harus membuatnya sedetail mungkin.

Gambar Sketsa Aktivitas Manusia

Gambar Sketsa Aktivitas Manusia
Gambar Sketsa Aktivitas Manusia

Ketika Anda menggambar sebuah sketsa dari aktivitas manusia, konsepnya masih sama seperti Anda menggambar sebuah pemandangan. Satu lagi yang harus Anda ingat, Anda tidak perlu menggambar manusia dengan detail yang sangat jelas.

Gambar Sketsa Air Terjun dan Pegunungan

Gambar Sketsa Air Terjun dan Pegunungan
Gambar Sketsa Air Terjun dan Pegunungan

Anda juga bisa menggambar sketsa air terjun dan pegunungan dengan sangat indah. Kuncinya adalah hanya pada bagaimana cara Anda dalam membuat sebuah bayangan dari beberapa gambar yang ada di dalamnya.

Nah, sangat mudah bukan untuk membuat gambar sketsa dari beberapa benda ataupun kenampakan alam? Semoga pembahasan mengenai tips gambar sketsa ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *